Beberapa hari yang lalu saya membaca status fesbuk rekan saya waktu kuliah dulu yang isinya memberitahukan bahwa tanggal 11-11-2009 (karena jumlahnya semua 11) diramalkan oleh dua paranolmal terkemuka di Indonesia akan terjadi gempa besar di Jakarta dan Jawa Barat dan Rekan saya pun menanyakan apakah berita ini  bisa diyakini? (walaupun sepertinya rekan saya itu cuma ngetes doang). Gimana sebenarnya cara menyikapinya? Terlebih dahulu mari kita tengok akar masalahnya . . .

Dukun adalah orang yang menceritakan tentang perkara-perkara ghaib di masa yang akan datang. Pada jaman dahulu, Kaum dukun dan atau peramal ini diceritakan memperoleh informasi kejadian yang akan datang yang dicuri dari Langit melalui perantara setan. Nah bila informasi yang disampaikan ke manusia benar-benar kejadian, maka akhirnya banyak manusia yang menjadikan Informasi dukun tersebut sebagai Rujukan hidup. Nah inilah akar permasalahannya . . . Yaitu Syirik !! Oleh sebab itu hukumannya pun berat

Untuk yang baru berniat mendatangi tanpa mempercayai ucapan sang dukun . . . 40 Hari Sholatnya tidak diterima.

“Barangsiapa yang datang kepada peramal lalu bertanya kepada-nya tentang suatu perkara, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari atau 40 malam.” <sahih muslim>

Barang siapa yang berniat mendatangi dan mempercayai ucapan sang dukun . . . . Titel Kafir akan menyemat di Qalbunya !!

“Barangsiapa mendatangi dukun lalu mempercayai apa yang diucapkannya, maka ia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad.”

Karena apa?

“Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.” (An-Naml: 65)

Wallahu ‘alam, semoga bermanfaat, cmiiw

Taufik of BuitenZorg

26 COMMENTS

  1. Allah itu pencemburu lho, jadi jangan sekali-kali menduakan_Nya. selingkuh dibelakang_Nya…
    “Sebenernya akan diampuni segala dosa kecuali dosa Musrik/menduakan Alloh (Menyekutukan Alloh)” cmiiw…
    @Kang Opik…
    Absen kang.. dijamin klo ada artikel bersamaan aku pasti absen kesini terlebih dulu… masalah motor lewat….

    Guest
  2. Lhah freeeet
    Gw gak percaya ma gitu2an..
    Apa qt TAU kalo nanti celaka jatuh dijalan? ato besok mati?
    Nanti aja qt bisa mati,skr aja bisa kiamat..
    Percayalah hanya kpd the one ALLAH SWT.

    Guest
  3. @2.
    Btw 2012 ramalan suku maya kiamat
    Ramalan dr apa?
    Bumi sudah miliaran thn berotasi dgn baik,
    Planet terdekat dgn bumipun jaraknya msh ttp utuh
    Andaipun bumi bertabrakan dgn planet,itupun bs diprediksi 1 dekade sblumnya..
    *baca iptek nasa

    Smua kembali pd ktentuan Allah swt

    Guest
  4. “Yang anda pikirkan itulah yang akan terjadi.” (keingatan Low of Attraction) Itulah modal para peramal. Menciptakan sesuatu (di masa depan) yang membuat orang berpikir ke situ semuanya. So… nggak usah dipikirin. Bersiap saja untuk mengantisipasi itu semua. Gempa bumi, gunung meletus, tanah longsor, tsunami… jangankan tukang peramal, para ilmuwan dengan modal teknologi canggih aja gak bisa prediksi. Orang bodoh saja yang mau percaya pada dukun peramal.

    Guest
  5. trus yg di take me out apa2an itu, ada ustadz cinta segala..

    sepatutnya tdk mempercayai ramalan, tp anggap sbg peringatan biar gak lupa.
    misal tentang kiamat, dah jadi kewajiban utk berjaga-jaga setiap saat.

    Guest
  6. hayyo ngacung sapa yg ngaku lulusan STPDN…??? xixixi… yg msh percaya omongannya dukun berarti mhs hdp djaman jahiliyah… kasihan bngt…

    Guest
  7. kalau dateng ke dukun buat kasih nasehat? salatnya 40 hari masih ditolak gak mas?
    yang udah kasih statement 11-11-2009 gempa besar itu dikasih nasehat biar gak ngomong asal khan udah terbukti kmarin gak ada apa2.

    Guest
  8. tentang syirik/penyembah setan, kemarin lihat2 video berseri di youtube yang sudah diterjemah ke teks Indonesia yaitu The Arrivals…
    Seperti janji setan untuk menyesatkan manusia sebanyak-banyaknya, para penyembah setan ini tidak pernah berhenti berbuat kerusakan…

    Mereka ada di balik banyak revolusi, perang besar dan resesi ekonomi… mendirikan bangunan persembahan dibungkus arsitektur modern, mengontrol apa yang kita lihat, dengar & pikirkan setiap hari, dst…
    Silakan ditonton, semoga menambah pengetahuan & wawasan… 🙂

    Guest
  9. Herannya lg,
    Ada orang yg mau2nya datang ke dukun pengganda uang.
    Bhuaaahahahahaha
    Nih orang yg datang o’on nya ga ktulungan..
    Kalo dukunnya bisa menggandakan uang,knapa repot2 cari mangsa?
    Knapa gak menggandakan uangnya sendiri
    Dukun dodoool wkwkwwkw

    Ga oot lho,ini kan trmasuk rujukan hidup LoL

    Guest
  10. @nick
    huaahahah.. bner2.. orang skarang ada2 aja ya…seharusnya dia lebih percya allah… ehh malah percaya dukun.. dikibulin dehh.. heheheh

    Guest
  11. @fik, bro, ramalan, mungkin hampir setiap orang pernah melakoni/mendengar yang namanya ramalan, entah itu ramalan tentang kehidup pribadinya kedepan, cuaca, musibah, semua bisa di ambil hikmahnya saja buat jaga2, tapi yang menjadi beban kalo ramalan itu malah di jadikan patokan untuk hidup, wah bisa bikin pusing, misalnya: “kamu ngak boleh nikah sama dia, nanti nasibnya buruk(wah kalo dah cinta mati gimana????), kamu harus nikah sama dia, nanti nasibnya bisa baik (walah kalao kagak cinta apa musti di paksa?)”, hal2 seperti ini lah yang bakalan jadi beban bagi seseorang yang percaya akan ramalan tersebut……jadi mengorbankan hidup dan cintanya karena ramalan……, apalagi kalo orang tua dah ikut-ikutan campur tangan….walah tambah pusiiinnngggg……kagak di turuti kualat, kalo di turuti sama aja minum pill pahit seumur hidup…….(ini sekedar berbagi cerita ajah)…

    Wassalam

    Guest
  12. jika.. “beribadah seakan esok akan kiamat dan mencari rizqi seakan hidup selamanya” seimbang dijalankan.. maka 11-11-2009 atau bahkan 2012 ga bakal berpengaruh (kaitannya tentang ramalan kiamat)..

    Segala hal yg baik ataupun buruk (menurut manusia) adalah atas ketetapan-Nya.. tiada sesuatupun yg luput dari pengawasan-Nya..
    jadi meskipun ada hal yg dikatakan oleh seorang peramal / dukun yg menjadi kenyataan, pastilah ada hikmah dibaliknya yg musti kita pahami..
    itu berlaku untuk hal yg menurut kita buruk, maupun yg menurut kita baik..

    ga ada yg namanya “kebetulan” yg ada hanya “kebenaran”..

    OOT :
    (betul berarti benar ya?)

    Guest
  13. klo nurut ane sih…dukun atau paranormal atau peramal,tukang memprediksi,menebak dll itu hanya istilah dari bahasa yg bnyk dipake masyarakat kita saja..Yang jelas mesti di ingat semua ketentuan hidup,kejadian dsb adalah mutlak Allah yang mengetahui dan mentakdirkannya.Yang di ancam oleh Rosulullah tentang dukun atau paranormal atau apapun namanya adalah yang berkaitan dengan hal-hal yang ghoib dan memastikannya.Karena hakikat sesuatu yang ghoib tidak ada yang mengetahui kecuali Allah.Firman-Nya “Wa maa ya’lamulghoiba illalloh”Artinya tdk ada yang tahu sesuatu yang ghoib kecuali Allah..Kata “Maa” adalah menunjukkan “nafi”/meniadakan,lalu di itsbatkan dalam bentu “istitsnaa” yaitu kata “illallooh”..Jadi Selain Allah,tidak ada yang mengetahui termasuk para malaikat dan anbiya.

    Berbeda dengan sesuatu yang tidak ghoib sifatnya dan hanya memperkirakan atau memprediksi tanpa memastikannya,maka dalam ini sama sekali tidaklah syirik.Sesuatu yang tidak ghoib misalnya ada yang ngomong begini”kampas rem ini jika cara ngeremnya selalu begini maka akan terjadi penipisan,dan jika terus2an seperti ini maka akan habis sekian bulan”…ini adalah prediksi sesuatu diluar yang ghoib,prakiraan cuaca dengan alat-alat yang ada sekarang,perkiraan terjadinya gempa dan seterusnya dengan menggunakan alat2 lahiriyyah yang ada…adalah merupakan prediksi atau perkiraan yang satu dengan lain atau antara sebab dan akibatnya ada kolerasi…dan ini diperbolehkan kita memegang perkiraan tersebut tp tetap dengan catatan segala sesuatu tak lepas dari “Ilmu Allah” dan “Irodat-Nya”…

    Berbeda kalau kita melihat Allah adalah Dzat yang “qudrot-Nya” meliputi segala-galanya,maka yang tidak ada kolerasinyapun adalah sewsuatu yang jaiz dan bisa terjadi,serta tidak ada yang tidak mungkin kalau Allah sudah menghendakinya.

    Faktanya…Betapa banyak Hadits2 dimana Rosulullah SAW meramalkan kejadian2 zaman akhir,Umar bin Khoththob dalam riwayat yang shohih bisa melihat pertempuran kaum muslimin di mesir,padahal beliau sedang berkhutbah di madinah!!..Ini adalah khoriqul ‘adat yang dimiliki Nabi SAW (sebagai salah satu Mu’jizat),umar (sebagai bagian dari karomah) yang HAKIKATnya tidak pernah mengerti sesuatu yang ghoib.Tapi ketika Allah memperlihat sifat “qudrot” dan “irodat”Nya maka senbagai muslim yang beriman kitapun wajib mengimaninya.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here