Heboh Filem 2012 buatan industri movie terbesar dunia Hollywood, sungguh terasa impactnya di kalangan masyarakat. Putri saya Nida sempet Tanya kepada saya beberapa hari kemarin ” Yah, apa bener Kiamat akan terjadi tahun 2012? ” . . . deg, Kaget saya mendengar pertanyaan Nida. Inilah yang saya takutkan, dimana hegemoni visual effect dapat langsung melakukan penetrasi dan mempengaruhi Psikologis orang-orang awam termasuk anak-anak yang suci. Trus bagaimana menyikapinya?

Kiamat atau hari akhir merupakan sesuatu yang memang menjadi suatu keharusan untuk di Imani (diyakini) akan terjadi di suatu saat. Percaya pada Hari akhir bukannya salah satu rukun Iman dalam Islam. Kapan sih sebenarnya Kiamat itu akan terjadi? Menurut Islam Waktu terjadinya kiamat sama Ghaibnya dengan waktu kapan dimana kita akan Mati. Sesuatu yang Ghaib hanya Allah SWT yang tahu. Kalau ada makhluk yang merasa tahu kapan terjadi ,dapat diartikan ia sudah mulai mensejajarkan dirinya dengan Allah SWT. Sungguh suatu Kesombongan.

Muslim sejati sudah selayaknya melakukan analisa berdasarkan Ayat-ayat quran dan Hadist Nabi. Termasuk menganalisa kejadian kiamat ini. Tolok ukur kapan kiamat terjadi  hendaknya dilihat dari kedua tuntunan tersebut, bukan dari hasil ramalan Manusia yang Dhoif (lemah). Banyak kok ayat-ayat Quran dan Hadist yang menggambarkan Tanda-tanda Kiamat itu. Salah Satunya :

Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir : “Kapankah terjadinya ?”. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS AL-A’raaf :187)

Lalu sudah sepatutnya kita untuk tidak ber susah payah, ikut-ikutan sibuk untuk memperkirakan kapan kiamat akan terjadi. Kiamat pasti terjadi Cepat ataupun Lambat . . . Allah SWT yang menggaransi hal ini !! Yang paling penting (IMHO) bagi kita saat ini adalah mempersiapkan dirikita untuk menghadapi hari akhir nanti. . . . apa persiapan/bekal kita sudah cukup untuk menghadapNya di hari akhir nanti?

Jadi Bagaimana? Nggak boleh Nonton Filem 2012?. MUI kalo nggak salah tidak merekomendasikan filem ini untuk ditonton. Menurut saya bila dengan dahsyatnya visual efek penggambaran Kehancuran Dunia dalam filem tersebut tingkat keimanan kita bisa bertambah kepada Allah SWT  karena senantiasa selalu ingat akan kematian dan Kampung akhirat  . . . kenapa nggak. Asal jangan terusik keimanan kita dengan angka 2012 nya itu karena waktu Kiamat tetaplah Ghaib dan bersemayam disisiNya sampai tiba waktunya nanti . . . Dan Akhirnya, Bro sekalian

Berikhtiarlah kita semua dalam urusan duniawi yang Halal seakan-akan kita hidup selama-lamanya.

Beramal Soleh lah pagi/siang hari, seakan akan Kita akan menemui ajal kita Nanti Sore

Wallahu alam, cmiiw

Taufik of BuitenZorg

selesai baca artikel . . . nonton Thriler eehh Trailer nya dulu deh 🙂

39 COMMENTS

  1. heboh film 2012 tho…
    halah…film fiksi aja dipercaya….

    kalo nonton…anggap aja kayak nonton armagedon..
    ini film sama fiksinya dengan resident evil, i am legend, X men, dan sebangsanya….

    setuju ma bang taufik lah…
    kiamat mah bisa kapan aja….
    sama kayak kecelakaan….tak diduga dan tak dinyana..

    buat gerombolan binatang di atas…
    kurang godzilla tuh….

    Guest
  2. @all
    kata ustadz sy wktu cramah,dy blang “jika masih ada/masih banyak umat muslim yg mengumandangkan adzan di atas bumi,insyaAllah tidak akan terjadi kiamat yg ssungguhnya,, tetapi mungkin ini adlh tnda2 kiamat kcil agar membuat kita siap dengan amal kita/bekal kita untuk menghadap kepada Allah SWT di akhir kelak”.

    Guest
  3. lagian ini bukan pelem kiamat, ternyata pelem bencana alam.. lagian kasus pergeseran lempeng bumi itu prosesnya ratusan ribu tahun..
    di 2012 malah dibuat dalam waktu 3-4 hari beres ???!?!?!??

    lagian yg namanya kiamat kan bukan cuma mengenai object tata surya bernama bumi tetapi seluruh alam semesta ikut kiamat.. TAMAT

    Guest
  4. @ Supra_600r
    dimana gak ada lagi adzan berkumandang adalah dimana umat muslim sudah gak melaksanakan iman dan taqwanya lagi, tidak beribadah salat sedikitpun.
    Alhamdulilah sampai detik ini adzan tetap berkumandang tiap beberapa menitnya di seluruh penjuru bumi secara bergantian dengan bergulirnya Timezone tiap2 daerah yang disebabkan rotasi bumi.
    So… IMHO, dimana adzan sudah tidak berkumandang adalah dimana manusia sudah terjilat oleh ketakutan dan kepercayaan pada Dajjal yang berhasil menyesatkan manusia2 yang jauh dari Allah… jangan sampe dech…

    Guest
  5. andaikan film ini tidak mengambil judul 2012, kontroversi sekarang ini gak bakalan terjadi. tarohlah benar film ini tentang bencana alam (saya belum nonton soalnya) yang menghancurkan bumi ini, tapi karena kitanya terlanjur dicekokin tahun 2012 mau kiamat, jadinya bagi orang awam itu bisa dijadikan gambaran atau pembenaran tahun 2012 nanti kejadiannya bakal kayak gitu. saya setuju dengan anjuran MUI karena tingkat keimanan dan pengetahuan tiap kaum muslim berbeda, bagi yang ngerasa tingkat imannya tinggi silahkan aja deh nonton he..he…

    Guest
  6. Heboh Kiamat 2012 bermula dari dongeng mistis bangsa Sumeria yang hidup 6000 tahun lalu, tentang adanya Planet Nibiru yang sedang bergerak menuju bumi dan akan menubruk bumi pada tahun 2003. Ternyata di tahun itu tidak terjadi apa-apa. Lalu tahunnya bergeser ke tahun 2012, dan dihubung-hubungkan dengan berakhirnya penanggalan Suku Maya di selatan Mexico atau Guatemala, pada musim dingin tahun 2012. Tepatnya 21 Desember 2012. Ramalan ini bukan milik suku Maya atau bangsa Sumeria saja. Suku Hopi di Mesir juga Kitab Kuno I Ching bangsa Cina juga menyebutkan hal itu?
    Yang namanya ramalan, bisa benar biasa tidak. Pihak NASA sudah mengklarifikasi TIDAK ADA PLANET NIBIRU yang akan menubruk bumi pada tahun 2012, seperti pernah terjadi 65 juta tahun lalu yang memusnahkan Dynosaurus.
    Yang terjadi pada tahun 2012 seperti dilaporkan oleh “NewScientist”, juga pak Bambang S Tejokusumo dari LAPAN adalah peningkatan aktivitas matahari yang terjadi tiap 11 tahun dan akan mencapai puncaknya di tahun 2012-2013. Letupan-letupan bintik matahari (sunspot) bisa menciptakan badai matahari/badai elektrik (solar storm). Jika ledakannya besar ia akan menciptakan Badai Matahari Dahsyat (Solar Blast). Bayangkan, kekuatan ledakannya 66 juta kali ledakan Bom atom Hirosima yang menewaskan 80.000 orang Jepang itu. Ledakan ini dapat melontarkan miliaran ton matrial panas berkecepatan 400km/det. Solar Blast inilah yang dikhawatirkan oleh para ilmuwan yang akan terjadi. Badai ini akan menghujani bumi dengan energi listrik milyaran watt, yangi dapat memengaruhi kondisi muatan antariksa hingga memengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS) dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kehidupan atau kesehatan manusia. Badai elektrik ini pernah terjadi tahun 1859. Saat itu tidak besar pengaruhnya mengingat manusia pada masa itu masih tergantung pada tenaga otot dan sedikit mesin uap. Dalam skala sedang, ia juga pernah menyergap Kanada 20 tahun yang lalu. Saat itu sistem kelistrikan di beberapa bagian negara itu rusak total dan jutaan orang hidup tanpa listrik. Karena itulah pihak LAPAN memberi rekomendasi kepada PLN, Dinas Perhubungan, TNI (Pertahanan Keamanan), Operator Seluler, Perbankan, dll untuk melakukan langkah-langkah antisipatif menghadapi badai elektrik ini.
    Berdoalah, mudah-mudahan badai elektrik yang terjadi yang biasa-biasa aja sebagaimana selama ini terjadi. Allah telah memberikan pelindung bumi berupa lapisan atmoshere, ionosphere dan magnetosphere yang akan memantulkan kembali badai elektrik ke antariksa.
    Yang harus kita lakukan :
    1. RAIDERS: Hematlah penggunaan BBM. Racun CO2 yang dilepaskan knalpot kendaraan kita dalam skala besar mampu merusak lapisan pelindung bumi. Jangan lupa Hijaukan bumi kita. tanam 1-2 pohon di halaman depan-belakang rumah kita (kalau masih punya halaman)
    2. PABRIKAN: percepatlah pembuatan motor hybrid yang ramah lingkungan.
    3. Biasakan HEMAT LISTRIK. Sekali-kali berlatihlah untuk hidup tanpa listrik. Takut kalau-kalau pada 2012-2013 listrik mati bakalan lebih lama. (yang ini kayaknya akhir-akhir ini sering banget kita latihan ya….).
    4. PERBANYAK AMAL SHOLEH; sehingga kapanpun kiamat tiba, insya Allah, kita mati husnul khatimah. Amin ya Rabbal ‘alamiin.
    Maaf Mas Opik, penjelasannya cukup panjang. Supaya kita semua gak dibikin bingung oleh silang pendapat tentang Kiamat 2012. Minimal kita punya jawaban yang tepat dan rasional untuk pertanyaan yang diajukan anak-anak kita.
    Walloohu a’lam.

    Guest
  7. semakin dilarang dan tidak dianjurkan MUI, gue semakin pengin nonton 2012. Dan pasti semakin banyak orang yang pingin nonton setelah ada kabar kalau MUI tidak menganjurkan film ini. Kenapa sih sensitip banget MUI, semakin sensitip semakin terusik rasa penasaran gue. Dulunya biasa aja gak pingin nonton, eh muncul fatwa, jadi pengin banget nonton, kalao gak ada dibioskop ya cari bajakan DVD aja.
    justru dengan semakin sensitipnya dalam melihat kasus ini maka akan semakin menimbulkan reaksi yang berlebihan dan arus penonton. Knapa gak biasa saja kali, itung-itung seperti kata bung Taufik, bila dengan dahsyatnya visual efek penggambaran Kehancuran Dunia dalam filem tersebut tingkat keimanan kita bisa bertambah kepada Allah SWT karena senantiasa selalu ingat akan kematian dan Kampung akhirat . . . kenapa nggak!!! bukankan justru jadi bahan refleksi diri yang ampuh.

    Guest
  8. Kalo setelah lihat iman kita bertambah , jadi semakin ingat allah kenapa gak di tonton aja, tapi jangan lupa cari tebengan jadi gak usah modal ,,,hehehe

    Guest
  9. Ane baca resensinya di salah satu blog, ternyata endingnya bikin eneq. Di sana digambarkan antara lain :
    – Kiamat 2012 itu ‘cuma’ tenggelamnya daratan oleh lautan. Tiada yang selamat kecuali perahu/kapal raksasa yang berisi pemimpin dan orang2 terpilih dari negara maju (AS dan sekutu2nya). Jadi inget sejarah Nabi Nuh as (‘kebetulan’ salah satu tokoh di film itu juga ada yang namanya Noah).
    – Presiden AS sendiri tidak mau ikut kapal itu, dan memilih mati bersama rakyatnya. Emh, sok peduli mode “ON”…

    Bro-bro ingat film “Independence Day” ? Itu film begitu menyihir dengan tekonologi digitalnya, ternyata akhirnya bikin eneq juga : Amerika menjadi pemimpin dunia melawan alien, dan tanggal 4 Juli —yg notabene hari kemerdekaan Amrik— menjadi hari kemerdekaan dunia. Blah…

    Guest
  10. duuuhh, film mah film ajah, kenapa malah jadi dipikirin sich?
    tapi emang bener, mayoritas masyarakat Indonesia masih tlalu percaya sama yang mistis2, mama laurent ngomonk aja banyak yg pada percaya… Kata mama laurent: “Saya masih bisa meramal tahun 2010, 2011 sampai 2012.. tapi setelah itu, saya udah ga kliatan lagi, gelap semuanya” <<<< ya iyalah, sypa tau dia yg mati, ato buta, hahha..

    Sutradaranya tuch, cuma terinspirasi bikin film dari yg katanya ramalan bangsa maya.. selebihnya cuma nyari nilai komersil, bukan maksud mau nakut2in ato ngasih peringatan, dijamin dech..

    MUI kita juga rada norak siichh, gitu aja dipermasalahin.. kalo semua orang norak, harusnya yg lebih keberatan tuch anggota senat orang amrik.. gedung putih udah 2x di obrak abrik sama tuch sutradara, amerika 3x di ancurin (film independece day, the day after tomorrow, yg trakir 2012)…

    mendingan kita nonton emang niatnya cuma nonton film, menghibur diri, bukan buat di teliti..

    Guest
  11. Menurut science yang pernah saya lihat di tv, sebagai benda terbakar matahari akan habis 60 milyar tahun lagi yang berarti bahwa sebelum 60 milyar tahun garis edar tata surya akan hilang karena semakin menghilangnya grafitasi matahari. diperkirakan kiamat terjadi setelah masa ini. Jadi pada saat terjadi kiamat kehidupan dunia sudah tidak ada yang disebabkan karena siytem kehidupan sudah hilang seiring rusaknya sistem tata surya kita.

    Guest
  12. Hebatnya Roland Emmerich, ya… bisa melihat uang di balik ramalan mistis suku maya…. sedikit dibumbui ilmiah-ilmiahan + kreativitas luar biasa dalam pembuatan special effect, jadilah 2012 mesin uang luar biasa. 3 hari penayangan serempak di dunia dapet 2 triliun lebih coy ! Saran ane, Coba duit bail out Bank Century/Mutiara yang 6,7 T itu yang 1T-nya buat nyewa Om Emmerich untuk bikin film yang lebih dahsyat. Mungkin utang Bail Out-nya yang 6,7 T itu bakalan cepet lunas. Dengan begitu selesai gonjang-ganjing seperti sekarang ini he he he

    Guest
  13. nha

    koreksi dikit ya..
    dari beberapa buku teks yang saya baca…
    diperkirakan umur matahari kita tinggal 5 milyar tahun…..

    bintang seukuran matahari hanya memiliki umur 10 milyar tahun..
    sekarang, matahari kita tengah berada pada pertengahan hidupnya…
    dari uji uranium, umur tata surya kita diperkirakan sekitar 4,5 milyar tahun….
    (kalo usia alam semesta sih sekitar 12-14 milyar tahun)

    Guest
  14. ghahahaha, mau 60 milyar, 5 ilyar, 1 milyar kek…
    judulnya masih milyar, kaga bakal sampe kita hahhaa..
    tapi namanya maut mah ga ada yg tau..
    ga usah nunggu kiamat, abis gw ngetik jg bisa aja gw mati..
    jadi, gw minta maaf ya sama loe semua yg baca..
    semoga kita semua selalu berada dalam perlindungannya, amien^0^

    Guest
  15. kiamat kecil yaitu gempa di jogja dan padang dan jawa barat saja tidak bisa diketahui sebelumnya kok waktunya, apalagi kiamat yang besar.

    Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kiamat kecil kemarin.

    Guest
  16. Kalo menurut ane, kiamat pasti dateng kok, cuma kita memang masih agak terlena dan ga liat tanda2xnya aja…

    Langit merah seperti bunga mawar dah ada, payung jamur dari awan ledakan bom atom sudah ada, bencana alam sudah mulai menjamur…

    Sungai Eufrat / Tigris mengering dan menunjukkan emas didasarnya belum terjadi, Nabi Isa turun lagi dan melaksanakan ibadah Haji dengan cara berjalan di udara juga belum terjadi, juga masa kepemimpinan Beliau yang diperkirakan sekitar 70 tahun ( masa keemasan )…

    Mau tau perkiraan kiamat yang bisa diprediksi secara ilmiah ? Lebih baik nonton An Inconvenient Truth, dokumentasi science tentang bagaimana bumi sedang berubah dan ( mungkin ) sedang menuju kepunahannya. Bisa juga ke http://www.climatecrisis.net

    “Kita ini bagai katak yang direbus pelan2x.., tidak merasakan suhu air yang perlahan naik hingga akhirnya kita mati mateng dalem air panas…”

    Contoh extreem perubahan suhu yang tidak disadari manusia, dataran es di antartika seluas 20 mil persegi, setebal 700 kaki, diperkirakan para ahli baru akan mencair habis dalam waktu 100 tahun, dalam kondisi pemanasan global seperti sekarang, tapi nyatanya es sebanyak itu didokumentasikan lenyap habis hanya dalam tempo 35 hari saja, dunia memang sedang memanas yah…

    Bagaimana ini bisa terjadi ? Singkat cerita, untuk setiap kenaikan suhu rata2x 1 derajat di daratan2x dunia, suhu kutub naik 12 derajat. Gampangnya, kalo misalnya ada kenaikan suhu tidak normal 3 derajat selama kemarau / musim panas kemarin dari suhu rata2x kemarau / musim panas yang sudah2x, berarti diprediksi suhu kutub meningkat 3×12 derajat, berarti naik 36 derajat. Es kutub diprediksi memiliki suhu hingga -30 derajat celcius, berarti bila naik 36 derajat celcius suhunya menjadi 6 derajat celcius.

    6 derajat celcius, apa sih pengaruhnya ? toh masih dingin kan ? Kita lupa pada 4 derajat celcius massa air menyusut paling besar, ini bisa menyebabkan keretakan pada bidang es luas di kutub, lalu bila es retak, akan lebih mudah menguap, dst, dst….

    Diprediksi dari film dokumentasi An Inconvenient Truth, mungkin kita cuma punya waktu maksimal 50 tahun bila terus berleha-leha seperti sekarang, atau bisa lebih panjang bila kita mulai darling ( sadar lingkungan ) dan melakukan apa yang kita bisa untuk mulai menyelamatkan bumi…

    Numpang lewat aja, thanx kalo diperhatikan, and maaf juga deh kalo ada salah2x kata….

    Guest
  17. maap bukannya sotoy or sombong tapi yang saya tahu kiamat tidak akan datang sebelum muncul tanda-tandanya, antara lain terbitnya matahari dari barat, munculnya dajjal dll (banyak hadits yang membahas perkara kiamat dan tanda-tandanya). btw komennya bagus2, mantap.

    Guest
  18. aduhhh kemarin ntn 2012…egak bangettt pilemnya..ga bagus efeknya maupun ceritanyaa…huhuuhuhuuu..heran kenape org2 pada rame2 ngomongin tuh pilem..mendingan titanic or armageddon..dahhh..

    ga worth it ntn tuh pilem..percayalahh..daripada ngantri2 di bioskop (ntn 2012),,mendingan ngantri ntn emak ingin naik hajii.

    huuuu sebeell bener tuh holiwod..lebai bener. dinn jangan ntn tuh pilem, bikin kaya raya holiwod ajee..

    Guest
  19. Pendapat saja ya pak. Tidak semua umat beragama di Indonesia harus meyakini kalau suatu saat nanti akan ada penghancuran Bumi (semesta) yang dikenal dengan nama Kiamat.

    Kalau saya lebih setuju dengan konsep Pemurnian daripada Penghancuran.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here