newYMHmaticSeperti Yang bro Ketahui, Selain Varian bebek, Sport, dan Cub-Matic, Yamaha juga tetep menyasar segmen Pure skutik pada rencana penjualannya di Tahun depan. Gambar Calon skutik terbaru Yamaha ini sudah udah wira-wiri duluan di Dunia Maya. Disebut-sebut memiliki fitur pendingin cairan, hal ini bisa dilihat dari tutup grid radiator di sebelah kanan bawah motor ini yang desain  tampilannya nggak jauh dari Produk Vario seriesnya Honda. Disebut-sebut lagi motor ini mengalami pembengkakan kapasitas mesin dari Mio series yang 115 cc menjadi 125 cc, wah head-to head niy sama Ke tiga Jagoan maticnya Suzuki.

Tapi Analisa saya koq sepertinya sasaran Tembak Utama Yamaha bukan mengarah pada produk-produk Suzuki, walaupun sangat head-to head kapasitas mesinnya. Sasaran tembaknya menurut saya adalah Vario series nya Honda ( bro boleh nggak sependapat ) Lho kok?  Analisa ini saya jadikan hipotesa setelah melihat tabiat dari Pabrikan Yamaha yang sering menggunakan value pricing strategy pada penjualan produk-produknya. Sebelum nomongin masalah harga, kita lihat dulu desain basic nya . . . calon  skutik 125 cc Yamaha tetap menghadirkan varian skutik dek rata. Pabrikan yamaha sepertinya sudah belajar banyak dari varian Nouvo  bahwa umumnya konsumen indonesia mematok mindset skutik dengan salah keharusan : memiliki Dek Rata !! cmiiw

Dari segi marketing, Niy motor akan membuat persetruan baru dengan Vario series dengan  Value Added berupa Price Value. Dengan Mamatok bandrol harga Yang sama atau bahkan Lebih murah dari seri Vario, Bisa dapat Motor dengan cc lebih besar, begitu kan biasanya Yamaha kalo jual motor dimarih? Kita lihat saja nanti saat peluncuran, kayak apa strategi harga yang diterapkan Yamaha. Selain itu konsumen akan melihat dulu kiprah Motor ini dijalanan, Gimana kenyamanannya, gimana iritnya, gimana performanya dlsb. Makanya di akhir artikel ini saya mengajukan saran kepadaYamaha agar Motor ini bisa di tes dulu oleh para Blogger se Indomotoblog group he he he . . . betul apa ora dab? cmiiw (lagi)

Taufik of BuitenZorg

110 COMMENTS

  1. o0o… bisa jadi sih mas Taufik. Tapi menurut saya sih. Yamaha melakukan strategi ini, justru untuk menghadang kawasaki yang “katanya” mau meluncurkan skutik. Jadi menurut hemat saya, Yamaha sengaja mengeluarkan skutik yg lebih ‘premium” agar “podium” penjualan skutiknya tidak di rebut oleh pabrikan lain…

    Guest
  2. @Fans
    menurut hemat aku sih . . .ancaman sebenarnya cuma dateng dari Honda dan Suzuki di tahun penjualan skutik 2010 . . . . .ancaman terbesar datang dari pabrikan sayap kepak
    apakah ini strategi untuk mencounter Kawasaki? . . . lho barang yang mau dikounter aja belom keliatan batang setangnya . . . alias skutik kawasaki baru sebatas wacana saja . . cmiiw
    gimana?

    Administrator
  3. meong 110cc aja lebih boros dari bit, apalagi yg 125cc ya… mbok langganan rss dari pada langganan pom bensin..

    Guest
  4. kalo saya prediksi,nouvo elegant..bebek n matic slalu berkiblat dinegeri thai. gerah dng suzuki,semangat inovasi n kompetisinya kurang.

    Guest
  5. @skyrider

    kayaknya belom..wong blog2 di thai pada uplot gambar yang pertama he he he he :mrgreen:

    @nick & and2
    kita lihat saja nanti, apakah yamaha perhatian sama fitur safety dengan menambahkan fitur2 seperti sss . . ..atau Jaim . . .takut dibilang ngikutin honda xixixixixi :mrgreen:

    Administrator
  6. segmen skutik memang masih pantas jadi rebutan, siapa sih yang gak kepingin ngobrak abrik singgasana meong. tapi tetep saya masih menjagokan yamaha. sepertinya meski langkahnya alot di segment ini, YMKI sangat yakin untuk tahun depan masih menjadi raja jalanan dengan meong_nya….
    @ 8. nick69….
    jelas boros makanya jangan pake B**t… nyesel yah…. bhuahahahaaaaa…. kompor nick mlayuo/……

    Guest
  7. ^1001
    jyakakakakak
    gak ik weeeks
    😛
    ..tp jelas bra,
    spadan sama larinya
    Lha wong n250 bisa diasepin beat ditrek lurus

    Granat mode : on

    Guest
  8. @ Mas Taufik
    “Mamatok bandrol harga Yang sama atau bahkan Lebih murah dari seri Vario, Bisa dapat Motor dengan cc lebih besar, begitu kan biasanya Yamaha kalo jual motor dimarih?” Setelah keluar vega zr, terus jupi z, Yamaha sudah berubah Mas, sekarang overpriced.

    Shockbreaker cuma sebelah? Ban kecil? Masih setia pakai nouvo.

    Guest
  9. Yupz,
    di thn 2010 yamaha psti ga akn sesukses skg..
    krn harga ny yg overpriced..

    Menurut pengamatan saya kawasaki dhe yg brtaji d lht dr produk” ny yg mengena di hati konsumen pa lg tar pas Edge Muncul..

    Guest
  10. Buat matic mania …. boros mah adalah hal jamak sebagai kompensasi penggerak matic. Yamaha diuntungkan sebagai market leader (‘otomatis duluan…”) tentunya masih cukup punya celah untuk menyasar skutik gambot. Buat orang tambun kayak ane, naik skywave lebih pede karena bodi mendukung, shock belakang double (gak takut miring). Nah untuk itulah kayaknya Yamaha menyediakan pilihan selain skutik imutnya juga yang gambotnya diatas Soul.

    Peace….

    Guest
  11. @ 16. nick69…
    bener kandamu nick aku nek ning ndalan ketemu beat yo langsung minggir etok2 nilik’i ban… wkwkwkwkwkkkk….

    Guest
  12. YMKI kalo mau keluarin matic gendut, mbok imbangin sama ban yang agak gedean napa? Gua kepaksa ganti ban soul belakang dengan ban rada gede biar si Soul gak keliatan kaya ibu-ibu gembrot berkaki imut…
    Soal boros, ya…semua motor penggerak otomatis pastilah boros. Beda antar merek paling cuma 3-4 km. (liat hasil uji ketahanan motor bebek & matic 500 jam di Tabloid Otomotif edisi akhir Oktober 2009)

    Guest
  13. @ kang opik…
    btw yang bebek matic juga akan meramaikan di tahun depan kang, atau baru sekedar wacana diatas kertas para petinggi YMKI…
    honda mana nih, kok gak ada suaranya… tau jangan2 air tenang menghanyutkan…

    Guest
  14. Maap OOT:iseng2 nanya tetangga yg baru nurunin mx,kok ga pilih jupiter baru saja?jwbnya:bentuk e wagu mas,ga seneng..bodine ngarep aja yg sama dg mx tapi lampunya jupiter(z)…
    Inikah strategi baru yamaha ya?mengeluarkan jupiter z baru untuk menaikkan penjualan mx??
    😀 😀 😀

    Guest
  15. nunggu dijejer dulu dgn skywave, skydrive dan vario..
    tampak depan blum jelas..
    harapan ke ymki:
    selain ngeluarin skutik ini, rubah total juga bodi mio jadi mio zr atau digandeng keluarin fino.. ntar keduluan kompetitor keluarin skutik retro lho..

    Guest
  16. Jiah
    granatku mlempem

    @mario
    Jangan jealous gitu ah
    mionya manaa ayo ymki kasi kompor wkwk
    Btul tu kt bra xb12 blg to bosnya finonya buruan diluncurin plg ga make up dikit biar ga sama tai punya n kasi fitur mp3/mp4 player or wateva
    heuheu

    Guest
  17. nick
    irit nya bisa 73km/ltr buat boncengan, mesin nya di matiin sambil di derek bobil

    awas ranjau mbledous……….

    Guest
  18. tetep gue jagoin yamaha, honda mana sampai detik ini gak ada suaranya… bukan granatnya yang mlempem nick… tapi honda bit mu gak ono suarane… tok no pasukan bitmu….
    kompor pertamax… kaboooorrrrrr…..

    Guest
  19. Menvrut saya
    Harga di atas vario, kira2 sama dengan v techno, karena
    1. Ymki lg pede sama brand image mereka (jupe z aja dibandrol hampir 1 jt diatas blade)
    2. Ymh gak mau jual rugi lg(jual dgn keuntungam tipis)

    Hanya perkiraan saya aja

    Guest
  20. 1001 nick
    klo gw sich masih jagoin matic honda…dah mulai banyak yg beli..( sok tau mode on)

    kompor meledak mode on…

    Guest
  21. weits….
    pasukan gegoro dah pada mulai kluar…..

    aye..setuju bro XB saja …nunggu dijejer…ntar tinggal tunjuk……

    Guest
  22. @ nick 69 & 1001
    lha opo2an iki N250 kok wedi karo beat…
    ayo tak wasiti sing menang oleh ngepek sepeda musuh’e..
    hahahaha

    Taufik:
    hmmm . . .
    * siyap2 ngeluarin si Pingky :mrgreen:

    @ 1001 rugi bandar leh

    Guest
  23. @yahon
    Sampean jg salah satunya
    wkwkwkwkwk

    Eh pak,kmaren liad omr honda hhcc ato ap ya gw lupa di negara wedew ruame bgt..
    Pmnang dr singaraja,kdua tuan rumah,ktiga dr semarang
    Pulangnya to denpasar kr2 100km pas di alas jembrana dihantam hujan petir plus banjir tepatnya di desa mendoyo wew,
    Bener2 adventure menegangkan
    Untung bit gw tangguh nerjang bnjir selutut kurang,..tetep jalan..n irit 45/l
    Ada bebek kompetitor mogok krn banjir dituntun

    bensin eceran mode on

    Guest
  24. ^mario
    Its okay
    Syarat
    *Gak boleh oper gigi :mrgreen:

    @ashley
    stujuh bra
    gw mendukung loe
    mari kita barbeque rame2 wkwkw…

    Perkiraan nanti,body ga beda jauh sm soul
    To ymki please bwt yg ramping n lbh keren dr trio honda pastinya
    *Uda biasa liad matic honda,liad matic yamaha terasa jauh bgt

    Tanker mitan mode on

    Guest
  25. wee,, ada bro yahoon…

    mo nanya neh…kalo kelapa ijo muda..sama gak…maksudnya bisa dibedain gak palsu ama aslinya…apa kalo warnanya ijo..pasti kelapa muda hijau…bisa buat obat…klo kelapa muda yg warnanya kuning/orange bisa buat obat gak…

    sorri oot….

    biar nyambung….
    ah gw jagoin maticnya yamaha deh….hihihihi…

    Guest
  26. kelapa ijo yang dijual obat itu belum tentu warna kulitnya ijo. Untuk tau kelapa ijo asli atau bukan caranya : buka kelopaknya jika kulit/serabut nya berwarna pink berarti itu kelapa ijo yang biasa dipakai untuk obat. .. 🙂 cmiiw

    Guest
  27. wah beat kro nn250
    menang beat
    sek tak mikirkoyo opo balapane
    mungkin nn250 isine es teh bkn pertamax.jiakakakakakakak
    *karbit mode On
    peace
    nek ora nn250 ora ono rantaine.buahahahahahahah

    Guest
  28. @nick…
    permainan kata2 nerjang banjir selutut kurang…. mesti kurangnya dua jengkal jd cuma se-mata…. mata kaki maskudnya….. kikikikik

    Guest
  29. epe
    oh gtu yah….

    mikir..(boleh gtu yah gw ngecek dlu buat beli kelapa ijo…)

    nick
    waduh gw mah kesana sini deh…tergantung mana yang meledak lah…wkakakakakakaka…..
    btw nick seneng bgt yah nerjang2 aer….yg dlu nerjang kolam….skrg nerjang lagi…hahahahahahahahhaa

    Guest
  30. brusan kelar makan ada ….bajaj pulsar 180 dts i dibkin monoshock…widiiiw…( mas taufik mode on)….keren bgt….wah kayanya bajaj musti belajar buat pasar indonesia bajaj series dibikin monoshock keren punya…palagi arm nya pake punya ninin…( yg rada oval..)…

    Guest
  31. paermainan kata yamaha otomatis duluan…???

    sudah pernah kita bahas dulu kala… hasilnya, piagio lah yg pertama kali pake cvt …!! ada yang menyangkal..???

    Guest
  32. beat nya nick kan pernah berenang di empang…

    pulsar di modif monoshock..? gak yakin bisa nandingin shock orinya dlm hal kenyamanan…

    merk lain yg monoshock aja blum tentu lebih nyaman dari pulsar.. cobain deh.. 🙂

    Guest
  33. boleh lah honda dengan senjata andalan2nya, tapi menurut aku untuk beberapa bulan mendatang bahkan sampai tahun 2010 yamaha masih punya kans untuk menang…
    secara Yamaha gitu loh semakin didepan…. yang lain jangan ngikutin…
    @ ashley…
    benernya bro mendukung mana nih, gak papa bro ama nick gabung jadi fansboy honda eke tetep pegang yamaha…
    mario.. ojo seneng sek aku pegang yamaha tapi ogah beli matic lagi…
    @ Fraz…
    tenang fraz tak kancani ayo serang terus nick dengan bitnya…wkwkwkwkkkkkk….
    enteni aku pras ojo mlayu dewekan… mundak diuncali jupe…

    Guest
  34. @ 48. ashley …
    nick kan diciptakan untuk menyatu dengan air… wkwkwkwkkkkkkkk…mulai dari pasukan katak penjinak bom ala matic sampai dengan densus 69….

    Guest
  35. @Nick…
    dab…
    kalo omr jagoin pembalapnya….
    kalo open jagoin nya plus motornya…
    sensasi dan adrenalinnya lebih besarrr…..

    Kemarin sm temen2 masuk hutan…dah masuk..putar-puter nyari jln keluar ndak ketemu2….susah…hampir pasrah..hujan lgi…untungnya ketemu pencari kayubakar…njugkel berkali-kali…perseneleng patah..tuas kopling patah…setiap satu menit berhenti mbersihin lumpur…jalan godeg2…wis…komplet sengsorone…..

    Beat-mu ganti ban blkng 80/90 depan 70/90 standar Mio..bisa lebih ngacir loh…

    @Ashley
    sudah dijawab bro ePe..
    cari bibitnya sekalian…tanam depan rumah bagus kok…2.5 meter dah berbuah…bisa buat obat…es klamud…santannya jg gurih…pas utk ukuran kluarga..

    Guest
  36. ini orang2 emang pd pinter nyari kesempatan… liat fansboy mau perang malah dagang esklamud… semakin panas semakin lariz….. inyong tak melu jualan empal gentong lah…..

    Guest
  37. @56 terong….
    hahahahahahahaha……
    empal gentong prapatan kota Indramayu paling uennak…tinggal pilih dagingnya….mak nyuss…..digrujug kuah….

    @Nick…
    ~500 m….beat OK…( smp dgn putaran menengah )
    ~>500 m …mio..weusssss…..( mnngeh keatas )…

    @1001….
    temenku yg punya KLX malah balik lg ke Suzi TS-nya…..
    sdh mulai mengeluh…..huehuehuee…

    @mario bros….
    ada kabar yg 250cc..kah..? ? ?

    Guest
  38. skuter kawasaki kan udah serng diliput di kaskus , namanya curve 115 yang copy paste nya kymco free LX , mesin utama nya pake free LX …justru matic ini yang kutunggu karena bensin di depan gak perlu turun + deknya lebarrrr luassss

    Guest
  39. @ terong- yahoon
    empal goreng mateng apa “mentah” neeeh..

    yah klo nanem ntar deh…klo beli sering..bis seneng sich…hehehehehe…( thanks inponya)

    @1001 & mario
    gw males dukung2an ah…mpe hari ini belom ada yg nanyain no rekening gw sich..jiakakakakaka…gw mau nya bakar2an aja dweeeh….

    @maria
    iyah tuch pio dibenerin dah punya mesin sangar…malah chasiss/shock yah yg memble…

    @nick
    jgn putus semangat….matic yamaha semakin didepan…pom bensin….jiakakakakaka…

    Guest
  40. @pembuat rusuh diatas-atas

    paling top yo tetep……… “empal brewok”
    😀

    kaburrrrrrrrrr…..ngilang maning.. selak sing nduwe warung nguamuk

    Guest
  41. @ ashley
    no rekeningnya berapa bro….??
    cuma nanya jng GR hehehe
    kok nanyanya ama maria…?
    @ awakku
    ngawur omongane kusruh..mbok yo disensor… awas ditembak karo “pistol gombyok” loh hihiihi

    kaburrrrrr melu awakku

    Guest
  42. mario…
    lewat kantor pos aja deh

    ohya iya…kalo elo mario_ pupuk_ bawang…gw nanya ama maria anak_ bawang_ goreng…alias abg kenyes2…..

    awakkyu
    berarti kategori empal daging ” mentah” dunk..jiakakakakaka….

    Guest
  43. @Awakku
    Wwooo…pancen biyanganee ki…..

    @Marioboros
    penampakan gelap tho….?
    puantess….lha hujan deras…kena lumpur….percuma pakai gogle…yo wis dilepas sj….nyusruk-..nyusruk-lah….hahahahahahahaha….

    @Mas Taufik…
    mohon disepurane yo….
    ono wong ucul…
    xixixixixixixi……

    Guest
  44. kalo kaga salah ccnya :135 cc…..untuk invest menjadi 125 cc sih perlu “Hepeng” lagi …apalagi tahun ini Yamaha Rugi…gitu aja sih kata si dion

    kalo salah di koreksi yah broderssss….

    Guest
  45. wew….mas topik udah ngomong hipotesa neh,, ngomong2 kalo hipotesa itu kan harus ada variabel yang mendukung ya???harus ada survey berupa kuesioner sehingga di peroleh data2 untuk menguji hipotesa dan yang penting harus ada landasan teori,, nah untuk itu berdasarkan teori apa dan variabel2 apa yang digunakan sehingga mas topik bisa menyimpulkan hipotesa tersebut???

    Guest
  46. dagang empal gentong malah dadi empal mentah segede kelapa….. wes2 kentir kabeh….. xixixi
    mbalek maning lah biar ndak oot…. jd ni matic mbrojol 2010 yak… kalo harganya beneran kompetitif pasti yamaha makin didepan….
    hehehe nunggu maticnya kaoskaki… mudah2an bebek matiknya pinter berenang kalo banjir….. (sambil ngelirik bitnya nick…)

    Guest
  47. Hehehehe rame bener nich
    @mas opik
    warga bogor lagi heboh penampakan mahluk halus ya…xixixi ada ada aja ya…Mendingan penampakan motor apa yg mau dikeluarin taun dpn malah seru…

    Guest
  48. Hehehehe yamaha dgan pdnya menargetkan penjualan new jupiterz 50rb perbulan atau naik sekitar 15 rb unit di bandingkan dgn jupiter yg sekarang hehehe hebat ya…kira2 tercapai gak ya…Bro &bra dgn harga 13.8-14.5 jt.

    Guest
  49. @elektric
    melihat respon di beberapa dealer cukup bagus… berada di kisaran 35%-33% dr total penjualan yamaha.
    coba itung sendiri deh kira2 tercapai nggak

    Guest
  50. @52 Nunos
    “….boleh lah honda dengan senjata andalan2nya, tapi menurut
    aku untuk beberapa bulan mendatang bahkan sampai tahun
    2010….tetep HONDA yang mimpin penjualan“.
    Utamanya di seluruh dunia ya Bro….

    wakakakakakakaka

    Guest
  51. ngomong2 soal matic yamaha kemarin habis jual nouvoz’05 kesayangan …..
    rasane sumedhot tenan, tp piye meneh butuh duit je

    Guest
  52. jiakakakakakakak…..cak Dhani wis metu…..
    Halo…halo….apa ada senjata terbaru…..? ? ?
    ( pura2 bego..mode: on )
    xixixixixixixixi……

    Guest
  53. seandainya jd nouvo E yg menetas..dan mengusung mesin 135cc,head2head sm matic apa ya? hem tambah paling dpn nih sepertinya.

    Guest
  54. Aku tetep njago Suzi Spin, Sky series n bentar lagi nongol lagi matic suzi yang 110 cc…….. yang terakhir ini masih rumor juga ( kata bapak2nya dari Indomobil jakarta sih…)

    Guest
  55. ah ngomong apa lo pade… lha mongtornya aja belum pada keluar, kemarin baru keliling si showroom baru ada Jup zzzzzzzz (14.390.000), ama Vixi extrem 20.910.000(lha disebutnya gitu)… mana honda, kemarin kehonda masih yang jadul yang dipajangnya… udah gitu muahaaalllllll… ogah… mulih ah nyumet lilin…
    @ 57. yahonsuwakanja…
    lho kenapa?, klo adikku hanya buat sehari2 pulang pergi kuliah sih jarang dipake X-trem jadi sejauh ini belum ada keluhan… mohon penjelasannya, …
    @ 78. Dani Ramadian…(woi… gw di blow up)..
    aku yo ngerti lha bit mu kae sing warna abang padahal mesine mio… mung isin dadi klambine nganggo klambi bit… ya to….
    wkwkwkwkwkkkkkk… kabur nganggo big single….

    Guest
  56. bener kang taufik….USUL BUAT YAMAHA NICH!!
    Dek harus rata
    body ramping
    bagasi lega….
    powerfull….boros dikit ga masalah…..irit lebih bagus, tenaga GD cc GD OK TUCH!!
    kunci bagasi jangan disatukan sama kunci kontak….pengalaman pake Nouvo Z 2006 rawan macet/susah buka pd pemakaian 3 tahun ke atas…(skrg malah diterapkan di JupiZ baru lagiii……!) juga jangan diterapkan dibelakang kaya vegaZR (kliatan banget rada ribet bukanya)…
    ok smoga yamaha baca….!

    Guest
  57. @ kang taufik…
    sepurane kang dadi acak2an warunge… ben mengko UCUL COMUNITY sing umbah-umbah piring karo sesapu ben resik…
    khusus nick bagian perairan… ngangsuo nick… wkwkwkwkwkkkk…
    mesakno temen yo nick iki kesalahan sekali dimasa lalu bisa membuatnya terpuruk sepanjang perjalanan blog ini… oh nick… mudah-mudahan amal ibadahmu diterima disisi_Nya…..
    kiro2 enak’e kabor nganggo opo ben ora ono sing iso ngoyak… beat lewat, honda pck ngimpi gak mungkin masuk, sutekno inden keburu dikejar, teuteup Meong… wkwkwkwkkkkk….

    Guest
  58. mas taufik
    kayanya kurang neh kemenyannya…pada bermunculan semua mahluk halus…jadi ngacak2 bloge mas taufik…

    1001nick
    ngidupin lilin …terus ngesot tembok yah…jiaakakakaka….

    Guest
  59. @89 Hadi
    hehehehehhe….
    Body ramping …bagasi lega……kontradiksi…..susah bro….body ramping plus Box Bagasi blakang beli sendiri….
    ——————————————————-
    powerfull….boros dikit ga masalah…..irit lebih bagus, tenaga GD cc GD OK TUCH!! ……
    SETUJU……
    ——————————————————
    kunci bagasi jangan disatukan sama kunci kontak
    wah…. makanya dirawat seperti mrawat kabel gas biar ndak seret…
    setiap servis ., semprot dgn WD/Carb.Cleaner & sedikit Chain lube….
    hehehehehehehehehe…..

    Guest
  60. ** menyimak debat anggota UCUL Community jadi bingung mo beli matic apa ya untuk ngancani miminku? ning jakarta suwe2 pegel nganggo koplingan pas macet muleh kantor..

    BeAT apa Mio yah??

    Guest
  61. @ 94 nofun…
    Mio aja ….
    wkwkwkwkkkk….. kecuali beat dengan mesin DN 1 gak popo… Xixixixixixiiiii….

    Guest
  62. @noFun , 1001 , Mario
    kalo mau jadi Mio-Amphibi…hubungi Nick69…dijamin lautan pun disebrangi…
    xixixixixixixixixiiiii…..

    Guest
  63. […. Dengan Mamatok bandrol harga Yang sama atau bahkan Lebih murah dari seri Vario, Bisa dapat Motor dengan cc lebih besar, begitu kan biasanya Yamaha kalo jual motor dimarih?….]

    ah yang bener, mio dan soul apakah lebih murah dari beat ????

    Guest
  64. tapi kalo gitu,mahalan mana ama mio soul???
    kan kalo diliat ini motor upgrade-an mio sporty(mini)
    kalo ditambah aircooled n 125cc kan pasti harga mendekati vario atau skywave???
    5jempol buat yamamah

    Guest
  65. 125 cc? mio yang sekarang borosnya kayak apa? haha. nanti bensinnya 1:100. 1 liter 100 rumah. Yamaha harus belajar bikin mesin skutik yang lumayan ekonomis konsumsi bensinnya 🙂

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here