Ya begitulah kawasaki, perusahaan boleh nggak sebesar pabrikan Honda dan Yamaha. Motor yang laku boleh jadi nggak sebanyak motor kedua Pabrikan tersebut. Akan tetapi setidaknya dalam penanganan isu recall . . . kawasaki bertindak gentelman. Pabrikan Kawasaki seperti dilansir detik melakukan recal terhadap 30 unit motor Premium Ninja 250R dan melakukan perbaikan tanpa memungut biaya sepeserpun pada konsumen. Boleh jadi ATPM Kawasaki Indonesia kaget akan pemberitaan yang saya lakukan tempo hari yang lalu mengenai recall 259 Motor Ninja 250R keluaran 2009/2010 di USA.

Saat memencet tombol “publish” pada artikel tersebut saya sebenarnya sadar bahwa saya akan berhadapan dengan situasi dimana pihak ATPM akan kelabakan dengan berita tersebut dan kelabakan pula melayani pertanyaan dan kegelisahan konsumennya, disinilah kedewasaan Kawasaki diuji. Ya namanya juga Blogger, saya harus berfihak kepihak konsumen dong apalagi ini menyangkut keselamatan berkendara. Ok back to the topic . . . ATPM kawasaki sebenarnya gambling dengan keputusannya merecall Ninja 250R ini, diantara menurunkan Pamor Ninja 250R atau menaikan Image ATPM sebagai ATPM yang peduli konsumen.

Honda dahulu juga melakukan hal serupa untuk kasus anchor pin honda Vario. Yamaha ?? kayaknya management pabrikan Yamaha harus belajar banyak dalam penanganan masalah pada bagian motor, seperti contohnya beberapa waktu yang lalu diberitakan bahwa salah satu Unit motornya mengalami masalah dibagian pompa bensinnya. Apalagi Motor tersebut sedang memimpin pasar penjualan motor sport Indonesia . . . sebenarnya hal ini juga kejadian pada kawasaki, karena Ninja 250R boleh jadi juga merupakan salah satu roduk sukses Kawasaki . . . so mudah-mudahan sikap jantan ATPM Kawasaki bisa menjadi Cermin bagi pabrikan lain demi perbaikan layanan ke depan dan pemihakan kepada keselamatan berkendara konsumen. cmiiw

Taufik of BuitenZorg

* Thks to bro xb for the info πŸ™‚

63 COMMENTS

  1. HUREEEE……..mimpi apa gwa smalem…PERTAMAXX!!!
    atpm laen mungkin masih mikirnya di kita banyak jg konsumen yg ga peduli….lha wong belinya aja pertimbangan cuman krna merk….tul..tul..tul?

    Guest
  2. Mungkin takut dimampaatkan sama kompetitor untuk counter advertising…
    Jadi ingat iklan ikan bau busuk yg ditutupin koran tahun ’97 an.

    Guest
  3. Iya ya, coba Yamaha me Recall Scorpio Z soal shocknya yang ambles, pasti gue doain biar yamaha panjang umur dan enteng jodoh,,,,,,,

    apa sih ???!!! maklum , berharap hujan di padang pasir,,,,,

    Guest
  4. aslkum wr wb
    mas taufik
    tolong kasih info terbaru perkembangan yamaha byson dong
    kapan ni keluar nya???
    makasih ya mas

    lam kenal
    aq hari dari palembang

    Guest
  5. baby ninja gmn yak… harusnya direcal jg lha wong mblayune banter khas mongtor2 K tp kok bensinnya irit ini kan ga adil buat Y yg ngakunya gesit tp boros sm H yg lemot tp ngakunya irit… duh ni bensinnya masih banyak ambil sebagian buat obong2an 2 ATPM lain aja lah… kwakwakwak

    Guest
  6. Ia mas opick..sya bca jg d dtik..klo sya g slah baca,,recall mtor tsb untuk ganti mesin ‘plek’ utuh ya,,apa penyervisan?
    Wah enk dunk klo gnti msin.dpt msin bru..

    Guest
  7. salut buat Kawasaki lewat KMI. ini yang namanya berani berbuat, berani bertanggung jawab… berani bikin motor yang ternyata laris manis kayak kacang goreng, tetapi begitu diketahui ada sedikiiiit saja masalah, langsung pasang badan untuk bertanggung jawab….. n tidak ada dalih apapun……. semoga menjadi teladan bagi (ATPM) yang lainnya….

    Guest
  8. Ni kutipan’y :
    KMI menegaskan akan menarik sekitar 30 unit
    Kawasaki Ninja 250R yang diproduksi pada
    Agustus 2009. Penarikan akan dilakukan untuk
    mengganti mesin motor.

    Guest
  9. satu lagi untuk pabrikan Y, selain gak transparan mengenai recall pada produknya, spt kasus pompa bensin,,juga ada kasus pada motor bebek yg baru keluar berapa bulan lalu mengenai rembesan oli.

    mau jualan motor baru apa motor rusak???

    Guest
  10. Honda udah lebih dulu melakukan hal sama terhadap kasus Vario. Tapi ya kadang gitu. Niatan baik Pabrikan kepada kepuasan konsumennya malah dijadikan senjata Black Campaign kompetitornya yg mengatakan bahwa produk tsb sbg produk gagal.
    Makanya pabrikan yg bersangkutan gak berani melakukan Recall secara terang2an terhadap produk2nya. Contoh kasus rembes oli yg terjadi pd Vega ZR, pabrikan tersebut gak berani scr gentle melakukan Recall. Malah media yg memberitakan kasus oli rembes tersebut dibredel atau gak taulah sebab selang beberapa hari berita itu hilang dari media tersebut.
    Belum lagi kasus2 yg udah jadi rahasia umum tentang bocornya fuel pump, dan amblesnya shock dari salah satu produknya. Kasus terakhir yg gw sebutin ini gak da respon sedikitpun dari pabrikan, padahal kasus tersebut udah terjadi dari generasi pertama sampai yg terbaru sekarang.
    ya kita sih sebagai konsumen cuma bisa berharap pabrikan yg bersangkutan lebih bersikap gentle. Gw yakin kok Honda gak akan balas dendam kalopun pabrikan tersebut melakukan recall terhadap produknya.

    Guest
  11. Mungkin yamaha takut akan image yg sedang dibangun, yg sedang bagus2nya penjualannya di indonesia, memang untuk me”recall” salah satu produk membutuhkan tenaga, waktu, dan tentu saja biaya yg tidak sedikit, dan mungkin saja dengan alasan itu pula yg membuat ymki belum atau tidak ada nyali untuk melakukan recall salah satu produk andalannya, memang….yamaha slalu didepan…, dan ga pernah ngliat kebelakang.., kasihankan konsumen yg dirugikan…

    Guest
  12. YMKI emg gk mikirin konsumen mikirin cuma jual ajah sebanyak2nya… ati2 maticnya ajah sudah mulai banyak ditinggalin jangan terlalu naif dah nanti kena batunya…
    Banyak banget masalah yang dialami produk YMKI tp cm diem2 dari Sok belakang scorpio yang ambles, Pompa radiator MX yang ngadat sampe air radiator bocor masuk mesin, trus terakhir pompa bensin vixion yang ngaco gk fungsi sampe motornya mati sendiri… ada lagi teman2?
    Gimana YMKI?

    Guest
  13. Nambah lagi ah…
    Kalo saya bilang, kenapa takut image rusak? Sbenarnya image malah tambah bagus.. Konsumen tidak perlu ragu lagi membeli produk yg djual.,karena sudah tenang apabila dkemudian hari ada recall, akan dijamin sepenuhnya oleh pabrikan…dewasa bgt kan!
    Karena gk semua hasil produk bs sempurna, walaupun satu cetakan…manusia juga kan gitu,…walaupun kembar, tapi tidak sama.

    Guest
  14. mantap kawasaki !!!!!!!!!!!
    101 % saya dukung kawasaki

    saya pemakai zx130 besok mau ambel matic 115cc nya dah !!!
    merk laen ??? ogahhhhhhhhhhhhh ah ,,…. jadul ah

    yo ben !!!!

    Guest
  15. ^
    ^
    ATPM liyane perang (malah obong-2an) ning trit liyane..
    ATPM yg peduli konsumen itu yg nomer 1… yang lain.. Jadul ahh..

    Guest
  16. Muahahahaha,, go kawasaki goo..
    Puaskan konsumen selalu
    Yang laen..?? Emboh aghh..

    Haduh,, ER-125 kena recall juga ga yahh..
    :mrgreen:

    Guest
  17. Salut sama kawasaki dan Honda yg berani secara gentle melakukan recall pd produknya. gak spt pabrikan Y yg gak peduli sama keselamatan konsumen. padahal ngakunya yg semakin didepan. didepan apaan? Kuburan?

    Guest
  18. Bhuahaha
    Ayo teruskan perjuangan
    :mrgreen:

    @45
    Bukan kuburan.
    Tp jurang..
    @46
    Bwt ymh kselamatan no 99

    *wis tak suntak bensin pisan
    :mrgreen:

    Guest
  19. @49. Chris
    Yg jelas sih yg diproduksi pada bulan Agustus ini aja. Tapi mungkin gak semua. karena yg di recall cuma 30 buah.

    Guest
  20. Kipas radiator MX temen gw jga ga brFungsi pdhl msh baru truz shock Scorpio amblez dll yg bkin kecewa

    mendingan honda dhe yg terang2an pda kasus vario..

    mana nich mario bros,??
    pengen dngr tanggepan ny stlh bc comment brother2 smua..

    go green,
    go kawasaki,!!!

    Guest
  21. Yamaha bener2 ga gentle..mx abang gw 2 kali di ajak ke resto di bandung..orangnya makan2..motornya dikandangin di tenda tertutup..ga tau diapain..pulangnya dikasi duit lg, sampe 2x tuh..abang gw nanya, dijawab cm..’dicek aj ko pak motornya, terima kasih ya’ parah dah..

    Guest
  22. Yamaha bener2 ga gentle..mx abang gw 2 kali di ajak ke resto di bandung..orangnya makan2..motornya dikandangin di tenda tertutup..ga tau diapain..pulangnya dikasi duit lg, sampe 2x tuh..abang gw nanya, dijawab cm..’dicek aj ko pak motornya, terima kasih ya’ parah dah..kejadiannxa awal 2006 kl ga salah..yg kasus coolant bocor di mx..

    Guest
  23. ayo mana nih…jongoz2 Y…giliran ada ginian aja ga ada yang berani keluar….emang ga ada yg gentle alias pengecut…ky ATPM nya…ayo keluar dari sarangmu…hi..hi…

    ni..tak kasih bensol….bullllllll….

    Guest
  24. Gw jongosnya Y, karena produk Y bagus2 banyak dipake sama orang atau instansi perusahaan, mesin nya kuat, awet & tahan lama, berjasa utk memberikan penerangan (lha piye iki…), mesinnya ckp pake Solar aja (lah bingung gw…) dibutuhkan orang saat PLN mati (lah mkn ngaco aja…) itulah gunanya Genset YANMAR he..he..he..

    Guest
  25. Punya Mbahyut Eddy yg suka mati tiba2 itu masuk datarrecall gak ya?
    Mbahyuuut…??? dimana sampeyan???… udah ngecek ke dealer blom???… πŸ™‚

    Sniff… sniff…

    Guest
  26. @ all
    ninjaku diproduksi sekitar juli-agustus.
    kira2 dapet jatah recall gak?
    lubang bocoran itu disebelah mana yah?
    ada yang tahu?biar bisa aku check nih…
    barangkali dapet jatah mesin baru…. hehehehehehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here