Kemarin saya ditawari oleh salah seorang brother Ninja 250R di Depok untuk mencetak Service manual book Ninja 250R menjadi sebuah hard copy. Awalnya saya tanyakan dulu apakah ini manual Ninja 250R edisi 2008 atau manual service Ninja 250R edisi sebelum 2008 (Kawasaki EX 250). Rekan saya menegaskan bahwa Service Manualnya adalah edisi terbaru Untuk Ninja 250R tahun 2008 ke atas. Saya mengiyakan lalu dicetaklah buku itu melalui jasa printer digital miliknya. Kayak apa bentuknya .  . Silahkan Lihat pada gambar di samping.

Buku ini cukup besar dan Tebal, berisi hampir 425 halaman, Ukuran A4 dengan kertas isi HVS 80gsm sehingga memiliki tebal hampir 2 cm !! Covernya dicetak di jasa digital printing dengan Art Carton 260gsm finishing Laminating Gloss. Jilidnya menggunakan sistem Spiral, ini saya minta karena dengan tebalnya buku, saya khawatir patah di jilidan punggung. Biayanya berapa dab? memang terkesan mahal . ..  soalnya cetak satuan…hasilnya pasti akan beda jauh bila dicetak massal menggunakan mesin offset. Tapi masih lebih murah lah dari pada manual service Ninja 250R yang dijual di ebay1 dan ebay 2

Hasil cetakan isinya cukup bagus, bahkan image motornya masih bisa terlihat detail, entah kalau difotokopi lagi, kayaknya bakal hitam karena warnanya gradasi abu-abu. untuk bro-bro yang pengen versi soft copynya, silahkan sambangi Link ini. So . ..  buat pemilik Motor kayaknya manual ini worthy lah untuk dimiliki he he he eh 😀

Taufik of BuitenZorg

ps tambahan link lain (thks victorlego) :

28 COMMENTS

  1. 12.kornet

    gak tau yah lo net…kan klo di blok aja dia naman nick…kalo di jalan palagi malem “namanya neccy bisa 69..kok mas…”

    Guest
  2. @ashley
    bwekakakakak…
    gitu yak… tapi kok bisa tau sihh…
    jangan2 pernah pake jasa pakde nick ya…
    jyakakakakak

    mabur numpak ‘ngatini’…
    xixixxii

    @mig
    lama tak bersua paklek….

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here