Memandang Foto ini selalu memnyisakan pertanyaan besar bagi saya. Apa benar Kawasaki KLX 150 nggak mati mesinnya ketika melewati genangan air setinggi hampir se-ban depan motor ini? Adakah bro bro semua memiliki jawabannya? silahkan di share, sedikit teknis dan teoretis juga tak mengapa.

61 COMMENTS

  1. mtor ga mati asal knalpotnya ga kmasukan air, KLX 150 kn knalpotny tinggi jdi lbih aman, trus yg ngaruh jg tutup kpala businy rapet ga? klw rapet bsa ga mati lwat kubangan air..

    Guest
  2. setelah saya amati. anjriiit lyk kerbau rawa, gk ada matinye..

    Menurut gw yg pertama kelistrikannya sgt save sampe air setetes gk boleh mengganggu arus listrik, terutama dibagian busi.

    Yang kedua, air gak masuk kedalam kenalpot, hal ini terjadi karena banjir yang belum melebihi tinggi kenalpot ato mgkn air lebih tinggi dari kenalpot tp bikernya stabil jaga RPM ketika melalui banjir.. Tekhnik yg biasa gw pake menembus banjir adalah menjaga kestabilan RPM, RPM boleh ditambah asal jgn turun, jalur yg akan dilalui mesti kosong dr hal yg membuat RPM turun. (IMHO)

    Guest
  3. kira2 begitu deh knalpot gak kemasukan air di geber rpm tinggi kepala busi harus rapat.soalnya belum pernah kejadian seperti itu…jdi cuma ki ra2 doang analisanya.coba tanya nick69 kyaknya tau tehniknya xixixixi

    Guest
  4. Om opik Mio sya jg pernah kelelep setinggi ban,knalpot kerendem wktu plg sklh dlu d kwsan Gede bage bdg. Tp mtor gk mati pd awalnya soalnya gas konstan gk turun naik, trus mio kan busi nya ktutup,tmn sya pke matic lain pd mati pdhl tehnik nya sma.. Bkn maksud menjelekan pabrikan lain tp emg itu kenyataannya..
    Stlh maju krg lbh 500mtr bru mati soalnya laju ke halang mbil d dpan otomatis turun gas dan air pun msk knalpot.. Dorong rame2 ujungnya ma tmn2 yg udh mogok dluan..
    Pas udh d daerah yg aman sya kick starter 2x ls nyala lg tnpa hrus buka busi,smentara tmn2 sya pd sbuk bongkar busi..
    (curhat) hhe
    tehnik gas konstan sya dpt dr om2 anggota trabas wktu ktmu gk sngaja d warteg

    Guest
  5. boleh juga tuh,mesin emang gak mati…
    ..tapi takutnya beberapa hari kemudian kelistrikannnya rewel,
    konslet,booom……!!!!!!!

    Guest
  6. @laksito
    hia ha ha ha ha . . .namanya juga metafora xixixixi 😆 maap kalo berlebihan

    @Ranger
    makasih sharingnya tentang mio

    @All..
    jadi the point is..air jangan sampai masuk knalpot…kelistrikan harus waterproof terutama busi..gitu ya cmiiw

    Administrator
  7. KLX kyknya emang dah didesain dan dipersiapkan utk nerjang banjir mas. Namanya jg motor dual purpose. Misal saia pk motor ini kyknya pede nerjang banjir. Pengalaman saia pernah nerjang banjir setinggi roda pake si marun (knalpot dah kerendem) tp alhamdulillah gak ada masalah. Caranya ya itu pake gigi 1, jaga RPM.

    Guest
  8. masalahnya bukan busi atau knalpot. tapi karbu dan kotak udaranya setinggi apa. meski busi karetnya rapat dan knalpot tinggi, selama karburator / filter udara kerendam ya tamat. ngambil udaranya darimana kalo udah air mulu?

    ini klx kotak udaranya dimana ya?

    Guest
  9. setuju sama lekdjie.. jadi kesimpulan sementara :
    1. knalpot jangan kemasukana air.. (RPM stabil jadi ga ada air yg sempet masuk knalpot)
    2. daerah busi musti rapat, jangan sampe air masuk ruang bakar + bikin “short” kelistrikan..
    3. filter udara (karburator).. jangan sampe disusupi antek teroris.. eh, maksudnya jangan sampe kemasukan air..
    klo sampe yg diatas ada yg kemasukan air.. wassalam.. hehehe..

    *pengalaman..
    -pribadi: minerva 150R, terjang banjir 40-50an cm.. pake teknik “@8 : pengamat”.. berjalan lancar..
    – tetangga : Satria FU, terjang banjir 50-60an cm.. teknik yg sama.. juga bisa.. cuma waktu hampir diujung, ada ombak dari mobil arah berlawanan dan masuk ke filter udara.. mogok deh.. hehehe..

    Guest
  10. Mas taufik………..
    waktu banjir 5 tahunan jakarta tahun 2005………..saya juga mengalami hal demikian………tepatnya di jalan setelah jalan layang depan hotel maharaja menuju arah Blok M.klo gak salah disitu ada sungai………. waktu itu malam jam 12 san lebih,saya bingung mau lewat mana semua jalan macet dan banjir……….ya udah saya nekad aja….
    saya berani nebas banjir di jalan itu karena saya tiap hari lewat siti,jadi
    saya tau gak ada lubang di jalan itu……….
    disitu saya inget,udah banyak mobil yang kerendem………..dan orang orang pada dorong motor,………………
    mau balik bingung ,mau lwat takut dorong juga padahal tujuan masi jauh,ciputat………..tapi saya nekad aja………..
    Alhamdulliah motor gak papa tuh.tapi saya gak pakai klx 150.
    saya makai RAJA………………RX KING………………..
    bukan iklan RX KING emang bisa di andalkan,……gak percaya ……..silahkan cuba………..

    Guest
  11. saya juga pernah mas pake vixion, belum sampe setinggi KLX diatas, karena velg vixion kan 17, intinya asal bisa jaga RPM dan busi ga kerendem, ga ada masalah,

    Tapi paling maknyos tetep TS 125 kalo buat banjir…..
    velg depan 21, velg belakang 18, knalpot nempel jok, yang kaya gambar diatas dijamin bisa lewat

    Guest
  12. basis mesin KLX sama dengan mesin seri GL nya honda walao bentuk nya beda menurut saya karena KLX pake peking mesin yg tebal juga bukan karet yg biasa tapi alumunium tebal jadi gak gampang masuk air trus yg pasti juga karna knalpot lebih tinggi dari motor lain yg didesain kalu air pasti masuk knalpot ada beberapa saluran kecil yg khusus mengalirkan air kelau dari bagian motor sebelum masuk ke mesin ditambah karburator yg pake selang pernapasan vakum juga businya He2

    Guest
  13. Kalo menurut gue bisa2 aja tuch.. gak bohong koq iklannya..

    karena gua sendiri pernah nyaksiin kepiawaian rider2 waktu nerjang banjir..
    1. Diperempetan lampu merah cempaka putih.. rider ninja 150 enteng aja ngelewatin banjir, padahal ban depan belakang en knalpotnya udah kerendem gak keliatan, dah gitu pake aksi nyelap-nyelip lagi… huebatttt rek..

    2. rider thunder125, masih ditempat yang sama, juga enteng ngelibas banjir diatas lutut orang dewasa.. aman2 aja koq.. malah ada juga rider rx king (standar) aman2 aja tuch walau bajirnya ampir sepaha…

    3. gue sendiri.. kalo cuma banjir hampir sedengkul mah eces aja koq ngelewatinnya.. gak pernah mogok tuch Vespa gua… paling2 kampas kopling doang yang abis biss. biss biiiissss… maklum selip kopling ama maen gas 3/4 puteran + kampasnya gak ori…. 🙂

    klo banjir lebih dari sedengkul juga bisa nglewatinnya.. cuma kudu sabar.. caranya.. tutup kran karburator, panasin mesin secukupnya sampe bensin di karbutaor abis, terus sumpel knalpot, dorong dech ampe banjirnya lewat.. buka lagi keran bensinnya, idupin mesin… treng teng teng… vespa ku idup lagi 😀

    kalo analisa gue karena karburator vespa itu tinggi (diatas mesin) en ketutup rapat plus dilindungin box samping..udah gitu saluran udaranya ngambil dari sasisnya yang bohai itu.. makanya bisa amannn..

    Apalagi klx yang cuman kerendem setinggi ban depan doang… masih masuk akal laggghhhh… kalo mesinnya tetep eces..

    ukuran ban depan klx 19″ x 2,4 = 45.6 cm ato dibuletin kira2 ampir 60 cm.. wach ini mach cetek kalo buat ukuran motor trail… 😀
    blom nyampe semeter brooo…

    dach achhhh.. salamm

    Guest
  14. kalo menurut ane air hampir ga bisa masuk lewat knalpot kalo kita bisa jaga rpn tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. yang paling penting asalkan air tidak masuk lewat intake pasti motor bisa menerjang banjir. saya tinggal di bekasi, yang umumnya banyak terdapat area rawan banjir. kalau terjadi banjir sekitar dengkul orang dewasa (seukuran ban depan mtr saya), saya selalu berani menerjang banjir tersebut. dan alhamdulillah sampai saat ini tidak pernah mogok karena hal tersebut. oia, motor saya supra 125d standar.

    Guest
  15. Baik KLX 150 ataupun motor lainnya, bebek sekalipun pasti kuat nerjang banjir apalagi kalo cuma setinggi ban depan doank..
    masalahnya sekali masuk air, ngga bisa keluar hidup-hidup
    toh fotonya cuma pas masuk kolamnya doang kan,
    pas keluarnya tidak keliatan..
    he.he guyonan doank

    serius ah,
    sejatinya asal saluran udara bisa terlindungi dari air
    paking mesin dan sil karbu rapet
    juga saluran knalpot bebas dari air
    motornya insya Allah masih bisa hidup dan beroperasi normal
    katanya lho..

    Guest
  16. kwakwakwakwak… ziel ente kelewat tagnya…. maklooom tengah malam buta….. mata udah sepet banget….. tp sumpah waktu nemu nie poto langsung ngakak di warnet inget master pelatih renang motor satu2nya didunia….. kwakwakwakwak

    Guest
  17. @36:
    iku motore plg d barengi karo rombongan iwak rek.
    lha d kira bos-Mafiane iwak, awake uwaaatoosss….d krikiti g cuwel2.
    O’yha..share pengalaman ngramut sarana kelistrikan d musim hujan:
    1. usahakan sambungan2 kabel yg bisa memicu rembesan air masuk, d kasih sealer. termasuk jg chop busi, jgn lupa d kasih sealer.
    2. filter kudu dipasang, biar pas melaju dlm kondisi hujan, karbu g mudah kemsukan air, piston jd lbh awet..
    3. bila motor sering jln menerobos hujan, sering2 bersihken karbu.
    d jamin aman terkendali, kecuali klo nerjang banjir ky d gambar d atas, ampyuuuuunnnnn….!!! kelingan nick aku rek 🙁

    Guest
  18. pernah baca2 artikel nerjang banjir, tapi versi mobil, kayaknya hampir sama n bisa diterapkan di motor nih:
    – yang penting intake udara jangan sampe nyedot air, bisa bahaya, air masuk ruang bakar, stang piston bisa patah, karena sifat aiar gak bisa dimampatkan, sementara momentum kendaraan mendorongnya untuk maju..
    – jangan kawatir air masuk lewat knalpot, gak mungkin, karena tendangan gas buang bisa ngusir air yang mo masuk…
    – distributor relatif aman, karena biasanya cukup rapet, kecuali mobil2 lawas yang udah longgar…
    – usahakan kecepatan konstan, agar air yang tersibak gak buru2 nyatu lagi, gak perlu setengah kopling…
    CMIIW…
    – setelah lewat banjir, jalankan gas sambil nginjek rem, gunanya biar rem yang basah menjadi kering dan mencapai suhu ideal rem lagi..

    Guest
  19. @all..
    kemarin di ULIN BARENG Adventure…dari sekian puluh pengguna KLX150 tidak ada yg mogok ketika melewati genangan..karena memang air tidak masuk intake dan muffler…..hehehehehehehe….

    peace

    Guest
  20. @fraziel
    Asem lu… kekekekekekekekkk… 😛

    Smuanya bener kok… bukan masalah KLX nya… tp ya masalah cara bawa dan antisipasi teknisnya…
    Sepedamotor ya sepeda motor… bukan kapal selam… sepeda motor memang dirancang utk pemakaian di darat… cm memang bagian2 yg “risky” thd aer sebaiknya ya dijauhkan dr aer… IMHO

    Sniff… sniff…

    Guest
  21. waaw, kereenn….
    setuju sama guspur.. perutukan motor tu untuk di darat. klo bisa sekalian yang punya model bagus utk riding di jalan, bisa terapung di air kaya amphibi, sekaligus bisa terbang…
    hehehe
    pasti gak bakal bisa optimal semuanya.
    btw bro taufik rajin juga. bs dapet jepretan yang lucu2
    hehe

    Guest
  22. Aye sih percaya aja, soalnya dulu banjir thn 2002 naik jupiter juga gak mati kok mesinnya, padahal airnya udah hampir satu ban tingginya, malah sempet beberapa kali aye motong bus patas dan kena terpaan ombak dari bannya, gak mati2 juga mesinnya. Aye juga punya kebiasaan pilih jalur yg airnya dalem buat hindarin macet di jalur yg airnya cetek, sambil niruin suara bebek ‘kwek, kwek, kwek…’ buat ledekin pemakai motor bebek yg lain, bebek kok takut air? Yg bener kan doyan main air, tul gak? hehehe…
    Kalo aye sih simpel aja, jaga bukaan gas biar panteng di posisi cukup utk melaju sambil tahan rem depan dan tak lupa kedua kaki turun biar gak oleng motornya. Pas air agak dalem pake gigi 1 dan pas agak cetek baru oper ke gigi 2.
    Pernah sekali doang mati mesin. Itu karena airnya udah dalem banget, di bawah jok sedikit, tapi bkn itu penyebab mesin motor aye mati. Sebebnya motor aye lawan arus air yg deras banget (luapan dari kali deket rumah, krn banjir kiriman), sedangkan cc-nya kecil jadi gak cukup kuat utk ngelawan arus.
    Yang penting sih selain kondisi motor, rider juga hrs tau teknik2nya ngadepin banjir, seperti cara main gas, pemakaian gigi yg sesuai dan tak kalah penting hrs pintar baca situasi di jalan biar gak kejebak dan mandek di tempat.

    Guest
  23. wah kayaknya itu bukan piktip belaka…..

    intinya di knalpot sama busi aja janga sampe kemasukan air, gw pernah punya pengalaman sendiri, RPM juga kudu stabil…

    Guest
  24. Caranya gas terus sambil direm dpan dkit2 bro.
    Karena air besar/tinggi gak bisa diterjang kenceng bgtu saja kan
    (Lht kanan kiri bnyak pengendara jg)
    Mskipun knalpot sdkit tenggelam asal gas trus tetep jalan..palagi matic,busi dibwh jog..wes jalan trus papoblemo

    Guest
  25. Tuh KLX pas di foto bs aj ttp jln, tp hbs itu motor mati. Siapa yg tau kan? Namany jg iklan. Lok ku prnh pke punyaku Yamaha Touch modif trail pnya ground clearance 34cm, amat tinggi. Prnh menembus banjir tingginy sktr 60cm sejauh 100 meteran. Motor2 biasa apalgi bebek smpe cmn klhatan sdkit dada keatas. Ku g perlu jaga RPM konstan, motor ttp jalan. tp besokny motor g hidup wktu di starter, karbuny basah soalny.

    Guest
  26. masih mending bisa jalan…kalo kemasukan air trus ikut di kompres…jebol itu motor…totalan setang seher, klep ama piston….its dangerous for daily use

    Guest
  27. motor BSA Bantam C15 tahun 1956 gue, waktu banjir jakarta 2005 di MH Thamrin setinggi paha juga gak mati… tapi, akhirnya gue yang ngeri takut mogok, terus belok ke jalur cepat lurus terus ke bundaran HI… sampe gue bengong sendiri. pas pulang gue liatin terus2an takut korslet, gak taunya aman2 aja… sayangnya motor gue dah terjual gara2 butuh duit. sial…

    Guest
  28. gak mati soalnya busi ditutup pake plastik khusus… Airklik kalo gk salah mah. Terus kopling ama gas itu maen… Yg jelas, motor gak boleh ampe turun gas az, tapi khan knalpot juga di atas.. Dan masih jauh ama air. Jadi masih tenang2 az. Saya juga ngalaminya waktu itu. Dan memang gk mati tuh.

    Guest
  29. Sebenernya yg penting Jaga Speed di 20 – 30 KM/H trus digas terus kalo pun berhenti dam jangan di geber2 kalo banjir karena kalo digeber itu ngasih peluang air masuk mesin. Itu doang sih triknya.
    Mau klo mau yg aman sih ganti karet busi, dan pasang selang ke atas di knalpot. heheh..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here