Tahun 2009, yang baru saja berlalu menyisakan banyak kenangan bagi Blog TMC. Kemarin saya baru posting di Facebook dimana saya baru ngeh dimana selain Blog ini memiliki pencapaian di Top Post situs BOTD wp.com, ternyata Blog yang selalu dikunjungi oleh bro semua ini ternyata sudah beberapa kali masuk dalam top 100 Blogs di wp.com, sempat membuatΒ  mata saya seketika berkaca-kaca. Sebuah kado akhir tahun dan apresiasi dunia blog yang saya dedikasikan khusus bagi dunia Roda 2 Indonesia. Apa yang dicapai oleh TMC di tahun 2009 bukanlah instant, merupakan sebuah proses panjang, kontinu yang melibatkan selain saya sendiri sebagai penulis, juga keluarga, rekan-rekan blogger Roda 2, Para komentator, dan pengunjung maupun simpatisan blog semua.

Di awal tahun 2009 dulu, saya memulai hari-hari ngeblog dengan self esteem yang cukup, terutama setelah mengetahui saya merasa memiliki semacam ikatan bloggerhood dengan beberapa blogger lain seperti Mr Triatmono, Pak Langitan, Cak Giri, Bro Satar, Mas Adhi, Bro Bona, Pak Nug, Mas Imam, Bro Helmi, Kang Adet, Bro Haryo dan beberapa Blogger lain yang ternyata sampai saat ini pun jumlahnya kian bertambah. kita semua dapat melihat dengan semakin panjangnya daftar blog di situs agregator Indomotoblog. Dengan Komunitas blogger inilah, kami memiliki kesempatan Langka dapat bertatap muka dengan 2 Pabrikan besar Honda dan Yamaha di Tahun 2009 dan juga ATPM Ducati Indonesia.

Dari kedua event tersebut, saya sempat berfikir bahwa Komunitas Blogger Otomotif Roda Dua ini memang BEDA, Solid dan memiliki bargaining position yang kuat sebagai kanal informasi independent yang mau-nggak mau, suka-tidak suka menjadi salah satu kunci kesuksesan marketing dan penyebaran informasi bagi pabrikan. Karena Apa, karena sifatnya yang terbuka dan free of charge salah satu eh duanya. Terbuka artinya Pengunjung dan komentator bisa secara bebas mengutarakan pendapatnya bahkan sampai pada kondisi yang tidak sependapat dengan penulis/ author blognya sendiri. Free of Charge . ..Β  Yaaa itu dia..gretongan xixixixi

Kekuatan Infomasi di Blog bukan hanya an sih berasal dari artikel yang ditulis oleh sang blogger. Komentar dari para pengunjung blog juga memberikan andil yang nggak kalah kuatnya. Bahkan di Tahun 2009 ini, beberapa kali saya sampai menjadikan Komentar yang ditulis pengunjung blog menjadi Artikel tersendiri karena saya menilai tingginya bobot dan value dari komentar yang dituliskan, selain sebagai upaya apresiasi tersendiri dari TMC bagi anda para pengunjung blog.

Di Tahun 2009 ini pula saya sempatkan beberapa kali di hari ahad menuliskan dan men-sharing beberapa yang saya ketahui dan saya kerjakan dalam proses aktifitas nge-blog dalam seri artikel ngeblog itu asyiik. Saya berfikir bahwa nggak selayaknya diri ini menyipan sendirian rasa keasyik-masyukan dalam aktifitas ngeblog ini sendiri. Saya lakukan hal ini selain untuk membuka cakrawala kenapa saya bisa enjoy dalam aktifitas yang sampai saat ini masih saya lakukan dengan tujuan Non-Profit juga untuk mendorong bagi blogger-blogger lain agar kita bisa maju bersama.

Di Tahun 2009 ini juga mengisi kolom artikel religi yang berisi apa-apa yang saya ketahui, rasakan, lakukan dalam aktifitas kehidupan Religius saya. Saya Ingat sekali awal saya posting serial artikel Ngaji di Blog berawal dari keinginan saya mengisi kekosongan artikel religi yang biasa di post mas Triatmono di hari Jumat. Ketika itu beliau sedang terbaring sakit. Dalam percakapan telefon saya utarakan niat saya untuk mengisi kekosongan ini pada beliau, beliau mempersilahkan dengan senang hati . . . siip πŸ™‚

Tahun 2009 ini juga menjadi tahun cobaan yang begitu berat dalam kehidupan pribadi saya. Orang yang mengajarkan agar saya bisa berada di atas roda dua, Ayahanda saya telah dipanggil sang maha pencipta. Saya Harus mengakui bahwaΒ  segala takdir pencapaian yang saya pribadi dan blog ini raih, sedikit banyak, langsung atau tidak langsung telah melalui tangan salah satu orang yang menjadi tauladan hidup saya ini. Saya beruntung bisa bersama sosok tegar ini selama hampir 32 tahun lamanya.

Ok, diakhir artikel data lah yang berbicara. Berikut ini, Selain pecapaian top post di page BOTD, bro bisa simak data perjalanan blog ini sampai akhir tahun kemarin, di chart terbawah terlihat terdapat kenaikan lebih dari dua kali lipat dibandingkan akhir tahun 2008. Terimakasih atas semua kebersamaan yang kita jalin selama ini. Mohon maaf atas segala kekurang sempurnaan saya pribadi dalam mengelola TMC.

Kota Hujan, Kamis 31 Dec 2009 ,Β  22.45 wib
Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. wew… gambar kompi tu kamsudnya apa mas taufik?? πŸ˜†
    ada angka 1 2 3 tapi ga nemu keterangannya :mrgreen:

    Itu gambar Newsroomnya TMC . . . sebenernya ada artikelnya sendiri..udah lama tapi belom rampung ditulis

    Guest
  2. saya juga terimakasih banyak mas taufik .
    terutama wawasan yang mas Taufik berikan .
    meskipun baru mengetahui blog ini th 2009 tp terasa dah lama bgt mengenalnya .
    saya jua minta maaf jika comment saya ada yang berkurang mas Taufik .
    trus berkarya mas ,
    jangan berhenti menulis .
    semoga tambah berjaya blog ini .
    dan tentunya sangat bermanfaat bagi para pengunjungnya .
    terimakasih .

    by .
    zacky_junior berjalan ke zacky master

    Guest
  3. Selamat tahun baru masehi 2010. Semoga kita selalu dalam lindungan dan ridloNya, dihindarkan dari malapetaka. Meskipun tidak diminta saran atau kesannya, berikut sedikit kesan&saran :
    1. Tergerak untuk berkomen alakadarnya karena mas Opick (maaf) lebih santun. Tidak pernah terlihat mas Opick bilang “Gue” dalam tulisannya. (maaf saya bukan dari betawi).
    2.Tulisannya nggak panjang-panjang dan tidak menggurui, jadi nggak “cape” bacanya.
    3. Masih mengakomodasi mongtor “harian” yang notabene populasinya bejibun.
    4.Blognya nggak banyak gambar ato animasi, jadi gampang “kesabet”.
    Saran :
    1. sekali sekali selipkan artikel safety riding (tidak semua orang bisa menikmati cara2safety riding yg diberikan ATPM), meskipun teorinya (bisa berseri), ato tulisan memelihara mongtor.
    2.gugah rider untuk safety dan santun sehingga kesan biker sangar bisa sedikit-sedikit luntur. You’ll meet a nicest people on H (baca:motorcycle). Maaf memang saya H lover.
    3.Karena kelihatannya mas Opick suka nulis, mungkin bisa dipilih beberapa artikel untuk jadi buku siapa yahu ada yg mau nerbitin, jadi kita bisa gretongan terus hi..hi..hi.

    Demikianlah sedikit kesan/pesan untuk menutup garis khayal 2009. Eh Cbnya asik juga tuh …

    Peace ah…

    Guest
  4. setelah saya amati, waaah.. Brotopik matanye berkaca2 ye? Yaeyaaalah.. Brotopik pan pake kacamata.. Wakakakakak

    Poknye tmbh sukses aje deh artikel2nye.

    Guest
  5. masih setia menyimak dari jarak 81cm.
    (lhaiyha….wong nyimaknya d depan monitor qo”..)
    maju teruos Kang…….!!! :mrgreen:

    Guest
  6. Wew ruang ngeblog nya pak taufik mantap
    Layarnya gedhe2

    Aku cukup mengintai dr layar 2,2 inch sadja

    he he he..kanan buat ngeblog . . .kiri buat gawe..dan pesbukan

    Guest
  7. Botd sampeyan dah dari 08 kayaknya pak.bersama pak tri,indobikers,mind genesis dan fanderlaart,kilaubiru..sekarang malah si adul jg pernah botd wordpress,tapi blum masuk indomotoblog…

    Lanjutken!
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

    Guest
  8. Bro Taufik,
    selamet utk top bloggernya,
    met taon baru 2010…tetep semanget…!!
    Sukses dunya sareng akherat…..!!! aminnnnn..

    Guest
  9. Met taon baru dan sukses buat blognya mas ^_^. waktu baru2 di blog ini sedikit yg comment skrng dah gak kalah dg blognya mas tri πŸ˜€

    Guest
  10. Keep writing Mas..
    Emang perkembangan blognya Kang Taufik uedann.. Dlm 1 stengah taun (kurang lbh) truz mengamati.. Skrng udah 2,3 jutaan hits…
    Btw., aye udh ganti nick 2x neh.,tp saya bukan klonengan lho..
    Aseli lho.. Xixixi πŸ™‚

    Guest
  11. met tahun baru ya mas…..tiap hari pasti saya luangkan untuk membaca postingan mas taufik n mas triatmono maupun mas langitan…ga tau tuh diantara kalian punya ciri khas tersendiri….

    keep ngeblog gan.

    Guest
  12. Dah lama ga mampir gara2 tagihan njeblug heuheu..Yg ane suka dsini, penulis ga merasa paling pintar n tidak berkesan menggurui, membuka ruang yg luas untuk pengunjung saling sharing pemikiran n tidak segan2 memberikan apresiasi ke pengunjung.
    Oh ya Kang Opik pernah mbahas layanan mobinity.net gak? Itu tuh layanan onlen 24 jam ala blekberi tapi made in Indonesia. Lumayan bisa pesbukan n buka news dgn murmer

    Guest
  13. Selamat Tahun baru & Selamat Sukses bagi Mas Taufik,

    Yang membuat saya kangen untuk tiap hari buka blog ini adalah karena konsistensi dan kerendahan hati dari Mas Taufik. Blog ini SANGAT konsisten, setiap hari pasti ada sebuah artikel baru (terkadang malah lebih).

    Cara pengutaraan artikel jg sangat sopan & bersahabat. Memang saya jg kangen dengan tulisan2 Mas Ilham di kafemotor. Di sana terlihat kemampuan / pengetahuan mesin motor sang penulis. Hal ini yang saya harapkan dapat di-isi oleh Mas Taufik di tahun 2010 ini.

    Bagaimanapun jg, sudah sangat luar biasa ada seseorang yang dapat secara konsisten, berbagi info bagi kami semua.

    Bravo untuk Mas Taufik….

    Guest
  14. selamat tahun baru

    setuju dengan hampura…kelak kalau bahan sudah mencukupi, mungkin bisa dipikirkan untuk menuangkanntulisan di blog dalam bentuk buku sebagai file kompilasi disertai comment2 yang mungkin bermanfaat..

    maju terus Mas Taufik

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here