jump to navigation

Motor Hybrid Produksi Massal Pertama Didunia !! January 2, 2010

Posted by Taufik TMCBlog in : Green Ride , trackback

Bro pasti sudah mendengar tentang Toyota Prius, mobil pintar buatan Toyota yang menggunakan Konsep hybrid yaitu konsep penggunaan dua mode dapur pacu. Menggunakan bensin dan atau menggunakan tenaga Listrik. Nah untuk urusan Motor hibrid . . . jepang bukanlah yang pertama memproduksinya secara massal. Indialah yang malahan mulai memproduksi motor hybrid. Namanya Eko ET-120, sebuah cub/ bebek buatan pabrikan Lokal India Eko Vehicles yang bermarkas di Bangalore India.

Motor Eko ET-120 digerakkan oleh dapur pacu 70 cc yang diklaim oleh pabrikan memiliki performa sejajar dengan motor-motor 120 cc. Gimana Performanya. Motor ini dapat dipacu dengan kecepatan Maksimum 40 mph ( sekitar 65 km/jam) dengan efesiensi bahan bakar kombinasi pemakaian bensin dan listrik mencapai 280 mpg (sekitar 119 kilometer per liter ). Pabrikan mengklaim emisi yang dihasilkan motor ini hanya sepertiga dari emisi motor motor konvensional. Dijual dengan harga yang bersahabat $850, motor ini mendapat garansi 5 Tahun. Yaaa . . walaupun sedikit terlihat agak cupu, usaha pabrikan eko vehicles untuk menghadirkan Motor yang ramah lingkungan patut diapresiasikan. Semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber : green autoblog | wired.com

Comments»

1. wong_palembang - January 2, 2010

podium

2. wong_palembang - January 2, 2010

lumayan nih motor kalo untuk dipakai kerja…nyantai aja bawaannya..

3. Indro - January 2, 2010

Kpan y org2 d indo pk mtor rmh lngkungan?

Pgna kbut2an mlu d jlan!

Heu..

4. parto - January 2, 2010

lagi2 kalah sama indihe, mongtornya udah murah irit bengsin trus rendah emisi tu yg penting

5. pengamat - January 2, 2010

setelah saya amati, pabriknya punya orang indonesia(jawa) y bro? Pa eko.. Hehehe

6. andrie - January 2, 2010

tp bangsa kta jg sudah lbh dulu punya kendaraa ramah lingkunganl yakni sepedah kumbang…….

hehehhehehehe…..

7. Geeks - January 2, 2010

Mas opik lg bnyak memonitor negerinya Amitabachan neh..btw india top juga ya..perkembangan teknologinya..dari nuklir pe motor hybrid..

8. nick69 - January 2, 2010

65kpj lumayan bwt jalan kota dah cukup kenceng

Kalo disini topspeed 65kpj dah ngomel2
dikasi 90kpj aja kerasa krg.
Bawaannya pengen salip2an.
Satu jln kenceng, nyalip,yg lain gak terima,gantian nyalip ujung2nya trek2an

9. apdri - January 2, 2010

sekali isi bensin cukup buat sebulan kayaknya :)

10. jafo - January 2, 2010

paket hemat dan ekonomis..ya pak eko…hehe

11. g pau - January 2, 2010

wah~ keren tuch.meski cupuw yg ptg bs bwa cwek

12. az147r - January 2, 2010

@nick
ya iyalah mas,90 kpj trs kurang,mn akselerasi kurng,ujung2x mlh nyangkut d mobil gara2 ng s4 ‘keluar’ dari sergapan mobil hehe…

13. Byson - January 2, 2010

India usia 15 thn dah bs bqn TV. . . .
Jepang usia 15 thn dah bs bqn robot. , . .
Tp tetep ja kalah ma bangsa kita. . .indonesia usia 15 tahun dah mahir bikin manusia, . . .haha

14. riderhsx150rr - January 2, 2010

^byson : ha..ha..ha realita ya.. Lalu kmana para jogoan indo yg juar olimpiade matmtika, ipa, robot dll.. Ak yakn sbenarnya qita jg bisa

15. fraziel - January 2, 2010

@nick
Sampeyan iku hobine trek2an
Wkwkwkwk

Bagus inovasinya
Tapi koq modelnya super cupu gitu ya?
Buat dibawa kuliah oke lah
Tp buat ngeceng jangan :P

16. obie - January 2, 2010

modelnya mirip mocin apa itu y namanya lupa

17. Evan - January 2, 2010

Yakin,kalo disini blm tentu laris.. Lha wong di Indonesia yg penting itu modelnya kok :)

18. Indro - January 2, 2010

Wah enak tuh bwt jlan2 sore ma c yayang d jlanan desa pnggir swah,

Ato mlm2 lwat jln braga n asia afrka,

Beuhh..
Ngayal mode on!

Maaf neh mas postngana ngaco, abs bngun tdur sh.

Piss akh.. ^^V

19. Indro - January 2, 2010

Mgkn bsa jd plhan k dpan y ga bro!

Soalna bumi qt ni mkn pnas ajah, ingt wkt pa SBY d copenhagen, m nurunin emisi karbon d indo, nah qt btuh tknologì sperti ini!

Ayoo.. Indonesia jgn m klah m shah ruk khan!!
He

20. noFUN - January 2, 2010

lha bukannya lebih irit sepeda listrik yg bisa digowes? jauuuuuuhh lebih ramah lingkungan, hehehe…

bentuk mirip, bahan bakar doang yg beda, hahaha…

udah ah, cuma absen aja.. mo ke stasiun, mudik ke Malang dulu, gantian ama yg lain yg udah duluan ke Malang..

21. hadiyanta - January 2, 2010

gak ada ya lomba kecil kecilan CC :) pinginya CC gede saja.

22. andi r - January 2, 2010

inspirasi bagus bang topik :D

23. silentlight - January 2, 2010

jelek bgt bentuknya

24. Onthel - January 2, 2010

Suatu saat nanti, semua kendaraan bakal pake penggerak listrik…

25. the riza de kasela - January 2, 2010

Wakaka
Tangkinya rata banget
Ditaroh gelas gak tumpah tuh

26. christie_gituloh - January 2, 2010

bentuknya lucu ya… lumayan buat belanja ke pasar…

27. adul - January 2, 2010

itu yang punya Eko Simulat?

28. jomblo ati - January 2, 2010

Indonesia sih bisa aja bikin, cuma kapan ya? :)

gileee… garansinya 5 tahun….
ckckck…..

29. Elektra - January 2, 2010

Bentuknya mirip jaling kancil…
Kalau bentuknya kyak mio/beat lebih caem

30. asmara - January 2, 2010

weww…jadi teringat jamannya Honda membuat c-70……sempet di remehkan tuh sama dunia….dan akhirnya kita lihat sendiri…trnyata moped menguasai dunia….
Mungkin saat ini motor ini ngak begitu dipandang…akan tetapi besok akan mendunia….sama seperti Honda…karena kecanggihan, kepraktisan, murah dan easy handling

31. ocecoco - January 2, 2010

Desainnya cupu

32. hampura - January 2, 2010

Desain safety nya mantap. Mud Guard, Chain Guard, Sari Guard (pelindung jari-jari/untuk melindungi gadis yg dibonceng yg banyak pake kain sari)…dan boncengan belakangnya itu lho..buat membonceng gadis bahenol… lebar banget…kuchu..kuchu hotahe….

33. jhonfarel - January 2, 2010

Ado jugo budak plembang disini, salam kenal wong plembang.

34. wong_palembang - January 3, 2010

@jhon
iyo jhon
lg nyari info byson nah
dak metu2
malek nunggu ke nyo
pacak pindah ke lain hati ini

35. Arif Vixion - January 3, 2010

harusny dibody bajaj pulsar biar laku di indonesia.. ha2.. ha2… :lol:

36. lifestyle - January 3, 2010

modelnya kok kayak kancil…. tuh lo motor cina..hehe

37. tetembak - January 3, 2010

ohhh buatan india ya… temannya bajaj dong…

38. share 4 you - January 3, 2010

wah…manrep…ne..suka gayanya…xixixi

39. Riderspeed - January 3, 2010

Pesawat hybrid ada ga ya?

40. jhonfarel - January 3, 2010

@Wong plg: byson keluar fearuari, brarti sebulan lg bro, aku jgo nunggu byson. Sbar be, jgn lah kelain hati, tetep YAMAHA bro!

41. jhonfarel - January 3, 2010

@Wong plg: byson keluar februari, brarti sebulan lg bro, aku jgo nunggu byson. Sbar be, jgn lah kelain hati, tetep YAMAHA bro!

42. 150 bRZO - January 3, 2010

sallut untuk india..

43. wong_palembang - January 3, 2010

agek la di tunggu si byson
dak taunyo nak beli kredit dipersulit
smga idak lagi e taun ni
aamiin

44. Si Ijo - January 3, 2010

Jempol untuk India…..Indon kapan ya..???

45. madix - January 4, 2010

WAAAAHHHH…. JEPANG KALAH SAMA INDIAAAAA……

46. sabdho guparman - January 4, 2010

semangat tidak bergantung pada bangsa lain yang motori oleh Gandhi yang menjadi semangat untuk membuat regulasi lebih memberikan “angin” kepada para inovator dalam negeri untuk menciptakan sebuah produk dan diproduksi massal.

kalau di sini sepertinya regulasi lebih berpihak kepada para investor yang bermodal besar agar tetep bisa “jualan” di Indonesia.

inget kasus mobil golf elektrik dan kancil, belum lagi ada penyempurnaan sudah mati.

sebenernya banyak inovator anak negeri yang handal, hanya saja mereka tidak kebagian “angin” dinegeri sendiri dan akhirnya di bajak oleh negara lain . ” inget banget kata Guspur bahwa salah satu designer VW itu orang Indonesia ”

keep brotherhood,

salam,

47. mario_pupuk_bawang - January 4, 2010

sudah bagus…..tinggal modelnya saja dibuat yg lebih keren lagi..
pendapat pribadi modelnya terlihat aneh dan jelek!

48. maskman - January 4, 2010

oya bukanya indonesia juga dah punya motor hybrid.
kalo ga salah kanzen, dah pernah ada pameran motor hybrid
tp kapan ya lupa…….

49. swordfishter - January 5, 2010

wah salut ternyata vw designernya orang indonesia,….termasuk lambhorgini madura yach Om…:)



%d bloggers like this: