Nah, mudah-mudahan artikel ini yang paling pas buat menggabungkan 2 common interest Motor dan religi. Buat yang masih keberatan untuk membeli motor dengan Harga Cash, tentu lebih memilih opsi untuk mencicil atau Kredit. Nah ada dua tipe Perusahaan pembiayaan yang dapat membantu bro semua untuk merealisasikan hal ini yaitu Perusahaan Pembiayaan Konvensional dan Perusahaan pembiayaan Syariah yang notabenenya mengaplikasikan sistem perekonomian Islam. Pembiayaan Konvensional menggunakan sistem Bunga sedangkan Pola pembiayaan Pada sistem Syariah menggunakan sistem jual beli (al-murabahah) atau bagi hasil (mudharabah).

Paket Pembiayaan Syariah Kendaraan bermotor biasanya menggunakan sistem jual beli (al-murabahah), sehingga ijab kabul akad jual-beli sudah ditetapkan di muka dan disetujui kedua belah pihak. Kongkrite gimana? Misalnya bro ingin membeli Motor seharga Rp 12 Juta, Pihak perusahaan pembiayaan akan menalangi pembelian motor tersebut dan secara transparan memberitahukan pada nasabah bahwa perusahaan menjual motor tersebut dengan harga 15 juta untuk di angsur selama 3 tahun. Sehingga Nasabah akan mengangsurnya dengan fixed, bukan Floating. Segalanya diakadkan dimuka dengan transparan termasuk Margin (keuntungan) yang diperoleh fihak Perusahaan pembiayaan.

Apakah Pembiayaan ini hanya dikhususkan bagi muslim, kayaknya nggak deh, cmiiw . . . bro yang non-muslim pun masih dapat memilih opsi pembiayaan syariah ini. Komentar, saran, masukan bro terhadap tulisan ini sangat diharapkan, cmiiw, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

foto paling atas dan appendix : diambil dari situs www.ekonomisyariah.net

AL MURABAHAH (Jual Beli dengan Pembayaran Tangguh)
Al Murabahah adalah jual-beli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang disepakati dengan ketentuan penjual harus memberitahu harga produk yang ia beli dan menentukan suatu tingkat keuntungan (margin) sebagai tambahannya.

Dalam transaksi Al Murabahah harus dipenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Penjual memberitahu biaya modal kepada nasabah;
2. Kontrak pertama harus sah sesuai dengan rukun yang telah ditetapkan;
3. Kontrak harus bebas dari riba (bunga);
4. Penjual harus menjelaskan kepada pembeli jika terjadi cacat atas barang setelah pembelian;
5. Penjual harus menyampaikan semua hal yang berkaitan dengan pembelian.

Aplikasi Al Murabahah pada Lembaga Keuangan Syariah adalah untuk pembiayaan pembelian barang-barang investasi. Al Murabahah adalah kontrak untuk sekali akad (one short deal), sehingga kurang tepat jika digunakan untuk pembiayaan modal kerja.

๐Ÿ™„ foto contoh perhitungan suatu threat di Forum kaskus. Maap aku nggak bisa kasih link sumbernya, takut disangka promosi ๐Ÿ™‚ kalo bro minta silahkan request by email

1 COMMENT

  1. Pilih yg syariah j dh lebih halal dan menguntungkan..hehehe
    Kl sy c pgnny cash.. ๐Ÿ™‚
    Tuk no.4 apakh bs diterapkan oleh penjual? Msh ragu

    Guest
  2. Aku seringnyapernahnya minjem duit ke BMT. Memang apa2 sudah ditentukan dari awal.

    Btw mbak di foto itu manis ya.
    ๐Ÿ‘ฟ
    ๐Ÿ˜ˆ
    Knp ga dipake yang laki2 aja

    Guest
  3. kalo menurut saya, sistem pembiayaan syariah adalah tentang kejujuran… jadi di awal udah dikasih tau, segini lo totalnya yang harus Anda bayar…. mau gak? jadinya gak kagetan lagi pas tau koq ternyata aku bayar mahal ya…… CMIIW….

    Guest
  4. saya buka tabungan syariah karena disuruh..
    ditanya manfaatnya, sampai hari ini belum tau tuh..

    tapi yg seru tiap kita selesai ngambil uang di ATM selalu ditawarin “mau ber sedekah/infaq ?” biasanya 1000 perak

    i like that

    godphrase.wordpress

    Guest
  5. Yes… Syariah…
    Kalo beliยฒ nyicil tapi nggak pakรฉ bunga รฉnak ya?
    “Bbrp” barangku, ku dapat dgn cara begitu…
    Insya Allah lebih enak…

    ๐Ÿ™‚

    Guest
  6. @kang taufik
    yg syariah apakah benar2 halal? soalnya Ribanya ituloh yg bikin takut, kemarin denger kotbah jumatan dosa riba 36 kali lebih besar dr dosa Zina, Naudzubillah
    mohon pencerahan

    Guest
  7. setelah saya amati.. Suasana bank syariah seperti suasana di madrasah sudah 5thn ane jadi nasabah dibank syariah mandiri bekasi..
    Nyaman n islami bgt suasananya..

    Pembiayaan syariah kadang gak tepat sasaran, beruntunglah konsumen yang mendapatkan pembiayaan syariah.. Teman gw yg nonmuslim dapet dana pinjaman 1milyar tuk koperasi perusahaannya, dana tersebut setelah dipinjamkan kepada anggota koperasinya (muslim dan non) cuma habis 700jt, sisa 300 jt dipake sendiri buat usaha (gile! 300jt dipake sendiri buat usaha? Gw jg mau bgt, yg penting cicilan kebayar.. Penghasilan bertambah!!!)..

    Menurut gw pinjaman diutamakan buat jama’ah muslim dulu.. Dimudahkan prosesnya.. Agar muslim dimari bisa makmur dan kuat..

    Guest
  8. @Aseen_bonsai
    husss . . .maksute bukan begitu he he he ๐Ÿ˜€

    @XXL
    Insya Allah bro Halal bro
    kan di akad jual beli dimuka transaksi semua nya jelas
    pendekatannya adalah jual beli
    segini lhoh harga motor
    saya ambil untung segini
    sampeyan tinggal cicil
    [(harga + margin + asurasnsi)- DP] / jumlah bulan

    @pengamat
    makasih komentarnya . .. mantebb..panjang lebar ๐Ÿ™‚

    Administrator
  9. Dosa riba setara dengan berzina dengan ibu kandung, demikian dalam sebuah hadits Nabi. Na’udzubillah. CMIIW.

    Riba di jaman modern ini memang susah dihindari. Kata Nabi minimal pasti kena ‘debu’nya. Lha, mata uang rupiah aja adalah produk ribawi, dan kita ‘terpaksa’ menggunakannya.
    Tapi bukan berarti kita ga berupaya menghindarinya sebisa mungkin. Salah satunya dengan menggunakan jasa keuangan berlandaskan Syariah.

    Kemarin ane tanya ke Bank Muamalat, punya tabungan Dinar nggak. Jawabnya: nggak. Lha koq piye to???
    Dari dulu ibadah haji biayanya segitu-gitu aja (secara Dinar) … rupiah kitanya aja yang jeblok.

    Guest
  10. pernah iseng2 nanya ke bank syariah mandiri, apa ada KPR syariah untuk rumah, meskipun bukan rumah baru…
    jawabnya ada, dan bank menanggung maksimal 70% dari harga rumah, tapi rumahnya tidak boleh masuk gang karena tidak bisa ditanggung asuransi kebakaran…

    Guest
  11. @Puwi
    thats right . . .
    kayaknya menarik niy kapan2 ngomongin emas dan dinar . . .sipp bro
    you’re the inspiration ๐Ÿ™‚
    aku sendiri sudah mulai ngelirik emas dan dinar soale ๐Ÿ™‚

    @apdri
    woh githu ya . . .bari tahu saya
    nice info bro ๐Ÿ™‚

    Administrator
  12. Ane juga ngambil kpr syariah, alhamdulillah cicilannya fixed selama 10 tahun, lebih menentramkan, beda ama konvensional. Go syariah..go!

    Guest
  13. Apakah Pembiayaan ini hanya dikhususkan bagi muslimgak lah, gak ada persyaratan agama tuh

    gak sekalian aja sebutin dimana aja yg ngelayanin pembiayaan syariah dan gimana prosesnya?

    Guest
  14. thx artikelnya mas Taufik..dulu pernah denger nih beginian modelnya, beda di perjanjiannya doang ya..
    baru tau juga rumah boleh kredit model gitu
    wah bisa toh…

    Guest
  15. @slight
    yup bro . .. model pembiayaan buat rumah pun mirip . .. cuma cicilan bisa lebih lama cmiiw

    @All
    Rapublika hari iniada artikel menarik yang menyangkut transaksi murabahah
    ternyata pajak ganda dari regulator masih mengganjal penetrasi sistem ini, sehingga ssedang diusahakan proses netralisasi pajak pada transaksi murabahah . . . lebih lanjut baca disini

    Administrator
  16. ada bebrapa bank yang menerapkan Syariah, secara tampilan semua nampak iskami, pakai peci kerudung, dll
    pengalaman saya dengan bank-2 ini
    maksud hati mereka saya yakin baik semua, tapi secara pelayanan terkadang kurang profesiaonal, mungkin karena bank baru.
    banyak data yang kurang lengkap sehingga menimbulkan beberapa kesalahan.
    contoh ketika sya mencoba pinjem 20 jt dengan perjanjian bla …2, dengan jaminan …..
    dengan sistem angsuran autudebet ke rekening saya
    diangsur 715 ribu perbulan setelah lunas, jaminan saya ambil, ternyata rekening saya masih dipotong angsuran, saya protes dibalikin, eh temen sya ternyata sudah berkali2 sipotong setelah lunas, dia marah2 karena setiap bulan harus pdotes biar uangnya balik. Bahkan dia ancam tu basnk akan di kirim ke mass media sebagai penipuan. Lumayan banknya kalang kabut, tapi kasusnya belim terselesaikan juga.
    saran saya ambil bank syariah yang induknya sudah mapan, biasanya administrasinya lebih teratur.
    yang jelas kita husnudzan aja maksud mereka baik tapi belim profesional, maklim pendarang baru.

    Guest
  17. saya baru menyelesaikan thesis saya mengenai syariah, dan sejauh ini memang inilah cara ekonomi islami yang mengangkat derajat si miskin yang kerap terjerat hutang karena ekonomi liberal ๐Ÿ™‚

    yok. mulai syariah…

    Guest
  18. @rindu
    finally nongol juga akhirnya setelah beberapa lama ๐Ÿ™‚
    btw . ..boleh juga tuh di share abstraksi desertasinya ๐Ÿ˜‰

    @elsa
    sama-sama mas . . . share info aja ๐Ÿ™‚

    Administrator
  19. mas taufik, emang lembaga pembiayaan apa yang menggunakan system syariah?. saya cukup berminat nih, cuman setau saya didaerah saya tinggal – cikarang – gak ada. saya males berurusan dengan leasing karena hitungannya gak transparant, akhirnya pinjem kebank buat beli motor, riba juga sih cuman hitungannya lebih jelas.

    Guest
  20. (promosi ) salah satu bank syariah yakni bank mandiri syariah, kantor cabang, capem, kls seluruhnya udah lebih dari 300 di seluruh indonesia, cikarang juga ada,

    Guest
  21. Alhamdulillah… kesadaran bersyariah lambat laun semakin maningkat. Syariah memang solusi hidup. Trnyata tidak hanya bermanfaat buat muslim. Non muslimpun merasakanya.. Selamat hidup di dunia bahagia diakhirat… Amien…

    Guest
  22. Alhamdulillah…. kesadaran bersyariah semakin hari makin meningkat.. Syariah memang solusi hidup. Bermanfaat tidak hanya bagi muslim. Non muslimpun merasakanya….
    Sy nasabah Muamalah, kalau setor sering ketemu ama engkong cina..
    Trims mas Taufik… moga tercerahkan buat yang baca….

    Guest
  23. Terima kasih ulasannya mas. Saya emang dah menghindar dari bank knvnsional, takut dosa ribanya. Minimal sy sendiri ga buka akun d bnk knvnsnal. Mslh asuransi gmn mas? Kan ada yg blng boleh ada yg ga.
    Memang kalau mengikuti syariah ada yg bilang ‘repot skali hdp km, ini itu g boleh’ tapi ini hub dgn prtggung jwban d akhirat bahwa kita bnr2 menaati aturan hala-hrm dr Allah swt.

    Guest
  24. motor gw dulu beli secara syariah…. seperti yg ditulis diatas…. rasanya beda…. lebih nyaman…. motornya pun masih awet sampe sekarang….

    Guest
  25. @hadiyanta
    betul bro,…emang seperti permainan kata kata aja.
    Tapi hanya dengan kata-kata itu saja bisa membedakan halal haramnya suatu hal. Ga percaya…? Contoh sederhana hanya dengan berkata “saya terima nikahnya si anu binti anu dengan mas kawin bla bla bla….” sah??? saaaahhhh…..!! Lha kalo dah berkata demikian, yang tadinya haram bisa jadi halal…. betul tidak? (AA Gym mode : on)

    Guest
  26. Saya save mas.

    Mas Taufik.. Kalau Asuransi itu menurut hukum islam gimana ya ?? Secara ane kerja di perush. Asuransi.

    Tolong bahas juga dong mas tentang Dinar dan Dirham.

    Makasih Mas Taufik

    Guest
  27. Kalau aku pilih syariah, lebih nyaman dunia akhirat, Insya Allah. Mas Taufik salut deh kalau nulis artikel selalu yang komen banyak…banget. Di wordpress blog Mas Taufik masuk 5 besar terus! Pengen deh seperti Blog ini, kapan ya…? Salam jendelakatatiti.wordpress.com.

    Guest
  28. Sebenarnya lo menurut Islam, akad yg dilakukan oleh Bank Syariah tsb adalah batal dan terlarang krn dia menjual barang yg belum jadi miliknya. dan ini sekedar untuk mengelabui Syariat… bisa dibaca di fatawa ulama dalam hal ini… Yg benar harusnya pihak Bank syariah telah membeli motor tsb sebelum melakukan akad dg nasabah (masalah motornya laku atau tidak itu adalah resiko)…. Krn jika dia hanya seolah2 membeli cash lalu nasabah membeli kepada si Bank maka tentunya motor itu sudah dia miliki dahulu (spt dealer)….
    Sayangnya. . kaidah jual beli ini tdk mereka fahami

    Guest
  29. Ass..Nama Muhammad Rizky usia 22 th.jakarta pusat mau bertanya
    klau mau beli rumah tp cicilannya murah dengan cara islam bagai mana sich….tp maunya saya tinggal bayar kerdit nya aja langsung tanpa uang muka,,,,kalau bisa uang mukanya dah termasuk cicilan,, mohon bantuannya
    Ass..
    02192226177

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here