Ternyata foto-foto awal yang masuk ke meja redaksi TMC ada benarnya . .. Honda menggunakan garis desain Honda Wave atau Honda Absolute Revo untuk bebek matiknya, dengan penambahan semacam lampu DRL di tebeng depannya. Jika bebek matik Yamaha Lexam memilih Vietnam sebagai tempat pertama launchingnya, kali ini kembali Thailand menjadi negara pertama tempat peluncuran Motor Bebek Matik Honda yang secara resmi dinamakan Honda Wave 110i AT ini. Tercatat, mulai maret nanti motor ini akan resmi dijual Honda Thailand. Yup terbukti Thailand memang masih menjadi pusat riset Honda untuk kawasan asia.

🙄 : ini bocor halus yang diterima TMC dahulu 🙂 gak jauh beda kan?

Berdasarkan Press release yang dikeluarkan Honda tanggal 18 kemarin, Setelah Thailand, negara lain yang akan menjadi tempat rilis selanjutnya adalah Vietnam dan negara-negara di kawasan ASEAN lainnya. Tujuan Perilisan Model ini menurut mereka adalah untuk menunjang diversifikasi keinginan konsumen terhadap motor. Motor dengan yang nama resminya cub type automatic scooter ini mengantongi 14 patent Honda. Yang mearik adalah pemilihan Desain Honda wave yang merupakan varian cub atau bebek entry level Honda. Sebuah Strategi Marketing Bottom-up, yang menyasar kaum urban yang mayoritas mengisi segmen entry level.

🙄 Kick Starter di Kiri dan gak ada tuas gear

Seperti yang telah saya ungkapkan di artikel pertama dulu, Mesin CV Matic Honda memiliki Keunggulan di desain yang kompak dan sistem pendinginan belt yang prima sehingga belt akan memiliki ‘life cycle‘ dan durabilitas yang lebih baik dibanding belt-belt yang nemplok di Motor-motor CVT sekarang ini. Jarak antara kedua Pulley pun so pasti dipangkas habis menjadi sangat dekat sehingga Belt CVT yang dibutuhkanpun nggak panjang-panjang amat. Prediksi saya . . . memperpendek CVT akan juga memperkecil persentasi Power loss sehingga efesiensi Power terjaga.

🙄 sepertinya tebeng ini bakal jadi desain face lift Revo mendatang  😉

Bagaimana di Indonesia . . . terlihat memang Baik Honda maupun Yamaha akan  melakukan riset penerimaan konsumen dan hitung-hitungan bisnis yang cermat dulu sebelum ngebrojolin motor ini. Kenapa ? . . . Ya kembali lagi, Karena Market bebek nilainya segitu-gitu saja . . . Munculnya segmentasi baru bukan berarti menciptakan sekompok konsumen baru akan tetapi menurutku lebih merupakan perpindahan konsumen dari segmen yang sudah ada. Belum Lagi perlu riset yang cermat tentang segi kepraktisan Motor ini dibanding bebek konvensional. Karena pada Motor ini setidaknya dua bagian musti selalu dimaintenance yaitu rantai dan belt. cmiiw Silahkan share komentar bro semua, Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

🙄 panel spedometer dan bagasi 6 Liter

🙄 Ini semacam rem parkir githu . . . nice 😀

🙄 Desain buntutnya ada sedikit perbedaan minor dengan Absolute revo

🙄 nah ketauan deh tombol rem parkirnya di dek sebelah dalam kiri

1 COMMENT

  1. haa ini calon calon mongtor yg akan melahap di treek drag race ,,, seperti mio yg bore up sampe 200cc ,,,, mungkin ni mongtor yg akan melahap ninja juga … he,,he,,,,,

    Guest
  2. Semlm jam 2 artikel mas Taufik blm ada, ya dah tidur aja. Kirain betik pake rantai, pake belt jg ya? Desainnya Revo abizz. Bener jg kata mas Taufik, blm tentu menciptakan segmen tersendiri. Paling2 dari bebek pindah ke betik, lha wong modelnya bebek. Kalo matic boleh dikata modelnya fun, cocoklah bwt anak2 gaul sm ibu2.

    Guest
  3. Padahal d artikel yg dulu ada yg mengira pake sotoshop ya… 😉 padahal nyatanya 11-12 keluarnya

    prediksi saya, tambah mumet orang2 yg mau beli motor, lha wong akeh tenan pilihane matic, betic, sportmatic, tutic :mrgreen:

    Guest
  4. Menurut penglihatan saya:
    -Knalpot lebih bagus dari pada knalpot Abs. Revo yang elips kayak kaleng
    -Footstep boncenger kembali ke model lama, yaitu gak gantung, tapi sejajar ama swing arm, terlihat seperti kepunyaan Supra Fit (LEXAM juga fooftsrep boncengernya turun)
    -Begel lebih keren dengan bahan full Babet, bukan yang pake keret hitam yang kita tidak tahu apa isinya (jangan2 besi bulat itu)

    Guest
  5. hm…. iya nih mesti ada 2 bagian yg rajin di tengok.
    Kalo biasanya ngencengin rantai aja ato ngecek kekencangan belt aja, motor ini mesti dua dua nya di periksa. Tambah ribet gak ya…?
    Kaya’nya model matic sekarang masih banyak diminati, betik masih lama nih nongol di sini….

    Guest
  6. Ta’ kirain merknya ; HONDA REMATIC (Revo Matic). Taunya Wave AT. Desain buntut dan snalpot jauh lebih oke ini ya dari Abs revo.

    Guest
  7. wew keren lampu senja nya..
    Ayo siapa yg jd pertamaax..
    Sy pribadi sih suka modelna yamaha lexam
    Btw lampu sein merah boleh gak yah?
    Sy skrg sering lht mtr sein merah.
    Opel blazer kyknya juga merah cmiiw

    Guest
  8. Permisi….. Numpang lewat…. Pagi2x dingiiiiin habis hujan semalaman…. Mau cari tukang bubur dulu…. Permisi……. 🙂

    Guest
  9. mas taufik…
    ni betik kayaknya bakalan sulit diterima disini… karena yg udah2 pangsa pasarnya jg tidak begitu besar… lalu mindset konsumen tentang mongtor matic yg ada deck bagasi luas… lalu perawatannya rante dan belt… lalu bentuknya yg abs revo banget memang kalo dilempar dimari jadi ada 2 varian tetapi apa tidak menimbulkan efek bosan… lalu image mongtor matic yg boros konsumen bakalan mikir lha bentuknya abs revo tp lebih boros… jd kalo mo dipasarin dimari mungkin perlu penyegaran model yg sama sekali baru…
    hehehe sotoy mode on….. kewarasan ditambah ah biar komennya ga ilang…..

    Guest
  10. konsumen mumett, yg punya pabrik jg mummett.
    gimana g.., dg makin bynk varian produk, tentunya bikin bingung kita2 saat mau beli.
    lhawong dasarnya manusia slalu ingin mendapatkn apa2 yg dia suka.
    liat ninja suka, liat revo suka, liat vega suka, bajaj suka, liat gambae wave at jg suka, srasa pingn mbeli. yhah…tmbh binun dweh..
    d sisi lain, pabrikan jg binun, wong ngluarin bnyk varian, tp pinginya laris smua.
    pdhl.., selera&kmampuan konsumen kan beda2..
    jls ada 1, 2, produk yg bakal g sberapa laku.
    ky kasus cs-1, nouvo, yhah…jd rugi dnk klo g laris.
    wong modal investnya besaaaaarr..
    pye, mundhak muzmet kabeh to..!!?

    Guest
  11. Skutic laku bukan hanya karena CVT (kalee), namun lebih kepada desain “scooter”…kaki lebih selesa, bagasi luas, engine compartment compact. Lha kalau pake desain bebek artinya ada usaha untuk menggeser (ato menciptakan) market bebek khususnya diperkotaan. kacuali kalo powernya bisa diandalkan untuk beban dan kontur jalan di republik ini. Ingat mayoritas entry level bike digunakan untuk aktifitas kerja…ada juga yg disiksa siang malem jadi “taxi”. Buat Ojeker tentunya ada tambahan biaya belt, roller, olie khusus untuk miara betik-nya. Alhamdulillah di negara kita entry level bike bukan merupakan status sosial, jadi yang penting murah, kuat, irit…tiga tahun bosen…lunas …ngridit lagi….. :). Di Vietnam untuk R2 masih ada unsur status sosial…apalagi motor matik……

    Salam

    Guest
  12. Jadi tergoda, apalagi jauh lebih murah drpd pcx. Oya, katengkasnya jangan dilepas. Lebih jarang kasih oli tapi rantai tetap awet.

    Guest
  13. Klo menurut gw, dari segi desain akan sangat mudah diterima pasar spt juga saudara sepupunya abs revo. kita semua tahu klo mindset konsumen kita lebih kpd desain bebek konvensional. jd bukan bebek sporty spt blade, mx dan cs1. desain bebek sporty hanyak disukai di blog2. inget kan dulu waktu mx, cs1, dan blade lahir mendapat pujian2 di blog2. tp justru mlempem dipasaran. abs revo yg hadir dgn desain modern konvensional yg sambutan kalangan blogger biasa2 aja malah meledak dipasaran. dari sisi desain gw…..

    Guest
  14. @Lekdjie
    kalo yang biasa matik . . .ngengkol dikiri udah biasa . .. skutik kan engkolnya dikiri 🙂

    @Terong dan Hampura
    yup . . .itu bisa dijadikan pemikiran jika yang dimaksutkan perpindahan konsumen skutik ke betik . .. akan tetapi patut riset juga sasaran pemakai bebek konvensional yang digoda untuk pindah ke segmentasi baru ini dengan iming2 pemakaian yang lebih user friendly (tanpa tekan2 tuas gear) . . . mari kita tunggu hasil riset pabrikan 🙂

    Administrator
  15. dari sisi desain gw sangat optimis. tp masalahnya apa dgn desain bebek dan bermesin otomatis akan mudah diserap pasar? perlu ada study khusus ttg hal ini. produsen pasti gak mau invest besar2an klo blon pasti. tp klo berkaca pd kasus skutik, siapa sangka klo skutik akan sebesar ini. asalkan produk itu bisa ngasih sesuatu yg lebih gw yakin akan bisa diterima pasar. agar tdk terlalu rugi klo seumpama model ini kurang diterima pasar, mungkin kapasitasnya jgn terlalu besar. 5000 unit/bln mungkin cukup realistis

    Guest
  16. Strateginya bisa spt sutekno. start awal 10.000 unit/bln. klo permintaan pasar semakin besar baru tambah kapasitas produksi. paling gak klo seumpama pasar kurang bisa menerima kerugian yg ditanggung tdk terlalu besar

    Guest
  17. hm… kalo yang gak tahu akan bilang revo baru ganti mesin kali yah. masalah bodi wave /revo, ane gak komen deh, selera masing2. btw blom ada yang bakar2an neh.

    Guest
  18. kalo desain seh menurut saya masih keren yamaha lexam, tp kalo ntar absolute revo mang bener jd kayak gini bakalan tambah laris manis.
    lha yg sbs revo yg ‘bokong’ nya nggedibel ora seksi babar blas aj dah laku banget koq.

    Guest
  19. dlu ada yg bilang desain revo 100 lbh oke dari revo…jadi dipadu2…nah ini neh kayanya hasilnya…btw yg putih- gold…kayanya soft bgt…kaya wanita yg lembuuut bgt….klo masalah desain..yg beginian yg bakalan laku….( walau gw sendiri “objective” gak terlalu suka modelnya)…….btw gw setju klo ini lebih keren dari abs rev…..masa iyah namanya rematic…wakakakaka…revatic….kan soft bgt kaya liat revalina….

    Guest
  20. ***wahh kalo gambar”nya udah beredar,, mungkin pabrikan MIN*RVA bakal duluan launching REVO abal” mereka.. kayak kasus New Jupiter body lama lampu baru…. hahahhaaaa.. dassar PLAGIAT. . . .

    ***bagusnya tombol BRAKE LOCK ditarok di bawah aja,, jadi bisa cegah maling… 🙂

    Guest
  21. saya pikir abosolute revo laku bukan karena semata2 desain yang konvensional, tapi karena pricenya juga lebih merakyat. andai kata blade dipasarkan dengan harga abs revo saya rasa penjualannya gak sememprihatinkan sekarang ini. model abs revo bagus kok, dibanding dengan kompetitor bagusan abs revo malahan.
    desain depannya cakep tuh, tapi kalo disini mah mubajir, ketutup sama NoPol soalnya. ngomong2 kalo dithailand ada peraturan harus pasang nopol didepan gak sih?

    Guest
  22. buat brake lock nya kenapa gak nganut kayak sistem Parking Brake Lock yang ada di matic nya honda aja ya?? kan lebih simpel.. malah jadi kayak cigarette lighter yg ada di mobil.. :mrgreen:

    Guest
  23. Engkol enak di kanan ah, jadi bisa slag (kick starter) nyalain motor sambil duduk. Trus gimana tuh kalo skutik kan harus sambil rem belakang (tuas tangan kiri), kalau yang ini kaki kiri mau slag tapi rem belakang (tuas kaki kanan) diinjak, kaki jadi ga napak dua2nya dong??
    Gubrakk…

    Guest
  24. @tongsam
    Injiiihhh… Corsa lebih keren lagi… Ada posisi Netral and Drive… Jadi gak kalah safe… pdhl mtr jadul… 🙂

    Sniff… sniff…

    Guest
  25. @mas taufik
    iya juga ya gak ada tuas rem belakangnya…
    kalo gitu di pindahin aja jadi di sebelah kanan di tuas rem depan brake lock nya.. :mrgreen:

    Guest
  26. Menurut gw pribadi, secara keseluruhan desain wave 110i AT lebih baik dari abs revo sekarang. cuma ada beberapa bagian aja yg menurut gw masih bagusan abs revo yaitu footstep dan knalpot. entah mengapa gw kok lebih suka footstep model gantung spt abs revo, blade dan mx. untuk knalpot kok jadi kayak suprafit, vega zr, jupiter z lagi yah? jadi kelihatan jadul lagi. jauh ebih bagus punya abs revo yg berwarna item dan oval. kelihatan lebih modern spt juga edge dan ninja 250 terbaru juga udah item.

    Guest
  27. AHM Boyong Wave 110i AT

    Astra Honda Motor (AHM) hampir dipastikan akan memboyong varian terbaru, Wave 110i AT, menyusul dirilisnya sepeda motor bertransmisi otomatis (matik) itu di Thailand. Wave 110i AT dipasarkan mulai Maret mendatang khusus untuk kawasan Asia Pasifik

    Guest
  28. @67
    Kalau nongol…ngridit ah…biar nyoba narik… Revo Manual (Reman) aja masih sanggup drag sama RK King (yang kurang nyali kalee 🙂 mohon maaf…)..nah kalau Rematic pasti nariknya OK nggak putus2…cuman engine brakenya ade kagak ye….. — you’ll meet the nicest people on Honda —

    Guest
  29. bentuknya keren om…kesannya Luxury bgt…ngk murahan….
    efek yg baiknya yaitu ngk perlu ngoper gigi, trus perwatannya lebih mudah…ngk perlu kuatir rantai putus setiap saat…
    Efek jeleknya yah itu….kehilangan sensasi menaiki motor underbone yg sebenarnya…(ngk ada suara ceklek2 nya…hehehhe )… 😀

    Tapi konsumsi bensin boros kayak matic ngk om Taufik??

    Guest
  30. bututnya wave jauh manis! g kayak revo abs norak bgt body buntutnya mungkin dibuat dr plastik ember! wkakkawkawkk
    harusnya buntut blade, revo dan beat jgn bisa niru kyk wave ini! biar tambah laris manis tanjung kempo! gak kyk AHM yg norak! ember plastik dipake di motor! motor bagus jdi jelek!

    Guest
  31. Tuas rem Rematic sama kayak bebek di tangan kanan dan kaki kanan. Beda dengan Lexam. posisi remnya kaya matic, dua-duanya di tangan. Kira-kira praktis mana, ya? Dari desain, memang Lexam keliatan lebih fresh. Karena beda dari yang ada. Beda dengan yang ini. Basisnya ikut desain yang sudah ada. Jadi kesannya… bosenin ya?! Untungnya ketolong sama lampu senja dan knalpot!

    Guest
  32. wave kok dibandingin sama lexam ya jauh banget lah. yg ini udah pake injeksi yg lexam masih setia dgn kejadulannya. lexam desainya nyontek revo lama mesin ikut2an pake matic. dasar yamaha gak kreatif.

    Guest
  33. Haram! Kalau Nggak Pakai Helm

    Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia terbilang tinggi. Penyebab utama adalah faktor manusia, seperti tidak menggunakan helm saat mengendarai motor. Berkaitan dengan itu, Road Safety Associtation (RSA) meminta dukungan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar melahirkan fatwa bahwa ‘mengendarai sepeda motor tanpa helm hukumnya haram. Nah! Lho……

    Guest
  34. @ dian
    di mana2 bagusan lexam, lexam niru revo lama ga slah tuh koment-nya, klw kwalitas mesin h*nda trmasuk bndel, tpi nh kbiasaannya gonta ganti body doang tuh h*nda-nya indonesia atw *HM mngkin hemat budget biar untuuung terus kaleee aplagi dibikin overprice, udh gitu bkin desainnya payah, kualitas body mesin harusny dperhatiin, tu h cntohny motor supr* x 12* yg klw sdh 1 thun lebih pada geter tuh body pada setangnya, megapr* shock belakngnya bsa mletat-mletot, padahl baru 3 tahun…

    Guest
  35. hehehehe kang taufik hobi ngalong juga ternyata 😀

    keren juga bagian depan, sayang secara keseluruhan masih futuristis betic kompetitor.. tapi kalau segmen pasarnya beda yah ceritanya bisa beda 😀

    Guest
  36. bebek maintain rante..
    skutik maintain belt..
    bebek matik maintain rante dan belt..
    trus piye jal?
    perawatannya lebih njelimet..

    Guest
  37. menurut gw sangat akomodatif…terutama rem belakang ada dikaki, jd lebih safty…walau model kalah garang dari yamaha lexam…kalo dianderol setara honda revo abs…wow bakalan laris neh…salam

    Guest
  38. napa gak dibikin ada netralnya ya..pake tuas persneling kayak biasa..jadi lebih safety dan bner2 beda..tuas persneling hanya untuk posisi Drive dan netral..IMO

    Guest
  39. saya suka arif vixion kalo ngasih komen,,kayaknya yamaha fans boy bgt. Kmaren dibantai abis komen2nya di warung juragan janda…..

    Kira2 ada yg tau perbandingan spek mesin rematic sama lexam ga? Kalo fitur sih ga usah diomongin lah siapa yg lbih baik

    Guest
  40. Setuju Bang Davied, dibuat ala Matic-nya roda-4. jadi dari sisi keamanan lebih OK.
    CMIIW, banyak kasus motor matic ‘ngeloyor’ pas lagi std kondisi mesin hidup–gara2 si empunya gak sengaja betot gas…

    **wondering kalo ninja 250 ama scorpio dibuat versi matic**

    Guest
  41. ^dian
    Mesin ikut-ikutan matic. Siapa ngikutin siapa gak jelas. Yang jelas seminggu setelah AHM bekoar-koar ngenalin mesin matic di sini, seminggu kemudian Yamaha malah brojolin motor jadinya di Vietnam. Kasih komen tuh jangan malu-maluin pabrikan napa? Peace Boys!

    Guest
  42. @c70
    siip bro, tpi klw menurut gwe sih motor di indonesia selain mesin juga modelnya bagus-bagus ya yamaha, sesuai filosofi yamaha global “THE ART OF ENGINERING”

    Guest
  43. @97 Maticgaya
    Ini ngomongin apa Bro?
    Mbandingkan di Indonesia apa juga di
    luar negeri skalian? Ayo kita buka sejarah
    ber-sama² kalo begitu…

    Piss

    Guest
  44. @99
    -Suara mesin klothok2,
    -cvt ngorok,
    -knalpot jedar jedor,
    -boros bbm.
    Sesuai dgn filosofi THE ART OF ENGINERING
    wkwkw lol 😀

    Guest
  45. @nick69
    yg lol tuh loe, klw mio biasa emng boros karena lebih mentingin ke performa, karena bukan dirancang bwt ngirit tpi ga kyak idolanya loe ngeden jalannya apalagi bwt kenceng, yg jadi raja drag maupun balap matic tu mio, lihat di kejurnas motorsport di indonesia, kelas apalagi ntar mio 125 bntar lgi mo keluar bakal mkin laris, loe gak pernah baca koran mtorsport, ya klw kenyatannya emang bgitu?, coba loe tanya matic mana yg paling disuka, pasti si mio, karena dia paling mudah bwt di oprek2 baik harian maupun ekstrim, di segmen motor sport si megipret, dari fitur mesin & tenaga sdh kalah sma si vixi, body apalagi, siapa yg terdepan? yg paling bikin ketawa, setelah 2-3 taon tuh shock belakng motor megipret sudh mletat-mletot, kata orang emang ini penyakit bawaan dari pabriknya sono

    Guest
  46. Whuaaa.. Sabar Sob… Pabrikan yang saingan, jangan sampe kta yg ribut. basicly semua motor (merek/tipe) itu OK, tergantung selera pengguna sajah. Doyan Speed mungkin cocok motor Tipe A, doyan Turing Tipe B, Speed Turing Tipe C dsb dsb….

    Sabar… sabar… hihihihi.. santai aja kaya di pantai…

    Guest
  47. @arif vixion
    something strange
    who was wrong?
    emank gw LOL koq
    Bhuaahahahahaaaaa…
    Ngakak gw
    Situ jam terbangnya kurang kali
    wkwkwkwkwkwk LOL

    Guest
  48. emange kowe 😆 koq nick, wahahahaha…..
    yup mio emang matic yang sangat mudah dioprek2. sama persis dgn tiggy atau megapro yg jauh lebih mudah dibore up daripada vixy…wkwkwkwk…

    Guest
  49. ya samalah, pelek mio juga gak sampe satu tahun kejedot udah mletot mletot. bawaan orok tuh…. soal power, jelaslah kalah ama si canggih vario meski cc vario imut

    1 vs 1 kan?

    Guest
  50. @propus
    Eit jangan salah
    Vixi bs tembus 160kph loh
    wTF

    Untuk vario vs mio jelas vario unggul mutlak..
    Pdhal cc cm 108 vs 113,7
    Buat apa cc sak genthong tp larina kek keong
    wkwkw

    Guest
  51. @106 Nick69
    Arif Vixsyen itu kamus LOL-nya beda ma
    kamu Bro….
    Jadi nanggapinnya juga béda……

    wakakakakaka…

    Guest
  52. @114 GusPur
    wakakakaka….
    Debi Sahertian…rajanya kamus haul…
    Sampéan rajané opo Gus?
    hahaha

    Bdw, pirang² ndino gak ketok Gus???
    Akéh sing nggolék’i karo ngrasani lo
    héhé…

    Guest
  53. udah di test otomotif tuh. yaa cuco lah buat ibu2/ ato remaja ce yg baru naek motor. tapi ngapain mereka pilih bebek matik kalo ada skutik

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here