Bro sekalian, salah satu yang mengesalkan hati saat nyemplak si Guntur Thunder 250 adalah saat hari hujan karena Nyipratnya air dari Ban depan. Spatbor Standar Suzuki Thunder kurang bisa menahan air cipratan sampai bisa bisa mengotori daerah di bawah tangki. Nah pada Atikel Sok Ohlins beberapa hari yang lalu bro Busa_tio21 memberikan masukan solusi untuk spatbor depan si guntur, begini komentar beliau :

Sekedar usul, gimana kalo spakboard depannya diganti? Bisa dicoba pake punya P200/P180 ug4 karna desainnya minimalis tapi manis (halah,,, gula kali) trus bagian belakangnya lebih panjang dibanding yg ori udah gitu ada tambahan kepetnya (bener ga ya istilahnya?) jadi kalo dipake becek2an cipratan ban depan ngga sampe ke blok mesin.

Ternyata sehari berikutnya, bukan hanya sekedar komentar, beliau mengirimkan e-mail ke newsroom TMC, lengkap dengan gambarnya, terima kasih sekali lagi buat bro Busa_tio 🙂 FYI ada Tiga gambar Gambar yang beliau kirimkan

Gambar Pertama 🙄 : Spatbor Ninja 250R murni . . . memang bagus sih, tinggal tempel saja, tapi tidak menyelesaikan masalah, bagian belakang spatbor ninja 250R lebih kecil dari spatbor Thunder 250 . . . efek nyipratnya bakal lebih parah lagi 🙂

Gambar ke dua : Spatbor Bajaj Pulsar 200, mantab lah . . . tinggal beli langsung tempel dengan melakukan penyesuaian braket, ada semacam ‘kepet’ untuk menahan cipratan air

Gambar Ke tiga : Spatbor Dengan Kombinasi, Ninja 250R dibagian depan dan Pulsar 200 di bagian belakang . . . ini sebenarnya mantab banget, memberikan solusi lebih . . . selain menahan cipratan air, membuat spatbor lebih ‘stylish’ . . . menurut bro sekalian gimana?

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. @om opik

    bagus yang ketiga mas..bagian depannya udah ngejar sportinya…yang bagian belakang spatbor ngejar fungsionalnya..biar air ga nyiprat ke mesin..

    tapi ,kalo dipakein langsung punya P180/P200 UG4..udah keren kok mas..gagah jadinya..kek gambar ke 2

    Guest
  2. kalo saya melihat gbr di ats lebih baik mas aplikasikan spakbor P200 murni… sesuai dengan aura Thunder yaitu cruiser bike.

    Guest
  3. setuju bro wahyu, selain menyelesaikan maslah juga ga banyak keluar ongkos. kalau yg gambar3 memang lebih wah tapi budgetnya lebih besar karena harus beli 2 macem & harus kreatif, nyambungonnya mungkin gak susah & karena kalau ga rapi malah elek tenan….( jelek)

    Guest
  4. kayak kata bro lilypud aja..
    mau stylish nmr 3,,
    minimalis no. 2,,
    asal jgn nmr 1 mas,, malah banjir nanti kakinya kena cipratan air.. Hihi 😀

    Guest
  5. emang yg no.3 udah ada di pasaran ya….bikin pake fiber aja mas, gampang kok asal ada 2 model spakbor itu (Pulsar n Ninin) tinggal di molding

    Guest
  6. yang nomer 3 bagus mas, keyeen…
    tp kalo mo usul sih, yg modelnya kayak spakbor depan lexam, idenya bagus, terpisah gitu, udara masih bisa lewat dan pastinya hambatan berkurang (sok tau mode)

    Guest
  7. nggak cocok om …. kayak elvis prusle punya jambang ,,,, norak mendingan yg asli di kasih kepet ,,, semua bagus yg ori bung bhuuaaaaaaaaa

    Guest
  8. jangan aneh aneh bung ,,, tetep pertahankan yg ori ,,, kalau masalah performen tetep bagus yang asli tapi kalau lainya nggak ok ,,,,

    Guest
  9. cocok yg no.2 om….yg punya pulsar krn kesan mtr turingnya msh ada
    oiya tolong dibahas dong masalah handle koplingnya yg terlalu keras sampe2 bisa bikin tangan kekar hehehe
    saya pernah liat ada yg jual pengenteng kopling atau kopling hidrolik ya CMIIW

    Guest
  10. – Udah nyoba yg punya Vixi om?
    – Kalo pake yang ori tapi bagian bawah mesin pake guard yg kayak tameng (apa ya namanya?) bagus ga ya?

    Guest
  11. Walah diangkat jadi artikel tho padahal cuma kerjaan iseng2.

    Komen diatas itu berawal dari perubahan lingkar roda depan si Guntur yang aslinya berukuran 18″ jadi 17″. Efeknya jarak antara ban dengan spakboard jadi terlihat jauh.
    Jadi supaya tampilannya lebih greng muncul deh usulan supaya ganti spakboard.
    Kenapa cuma rekomen dari P200 sama N250? Karna setauku hanya spakboard itu (yg ori) yg desainnya lebar jadi kalo dijejelin velg dan ban gede ngga nggesrut udah gitu modelnya juga bisa bikin si Guntur jadi tambah lebih ganteng. 😀

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here