Bro sekalian, pada pekan-pekan yang lalu saya sempat membahas tampilan Sosok bebek-Matik dari dua pabrikan berbeda : Honda dengan Honda wave AT dan Yamaha dengan yamaha Lexam. Keduanya hadir dengan kesan yang berbeda. Yamaha lexam, hadir dengan desain baru, sistem transmisi YCAT fresh, menyudut dan terkesan futuristis khas Yamaha sedangkan wave AT tampil menggunakan teknologi CV-Matic, mengadopsi desain pendahulunya yang cukup laris di Thailand (honda wave) maupun di Indonesia (honda abs revo).

Secara desain, Saya sendiri menilai lexam memiliki keunggulan desain . . . banyak pengunjung blog pun memujinya seperti : “lekuk bodynya tajam2..so agresif”, “modele serem ,, futuristik ,,” disain bodinya mantap tenan!!!” dan komentar senada lain yang bisa bro baca di artikel sebelumnya. Sedangkan Honda Wave AT Walau sudah mengalami face lift desain yang lumayan signifikan dari Honda Wave sebelumnya, sedikit lebih inferior dari segi ke-sporti-an desain atau (imho) mungkin nggak berlebihan bila saya bilang Wave AT lebih bergaya Konvensional desainnya.

Tapi apakah desain yang lebih sporty dan futuristis akan bisa lebih berprestasi dibanding desain konvensional? seperti juga komentar beberapa pengunjung blog seperti bro ‘au-ah’ . . . kenyataan mindset market konsumen indonesia umumnya masih nggak lepas dari desain bebek konvensional, mungkin lebih dikarenakan bagi kebanyakan konsumen Indonesia  bebek  merupakan alat transportasi dibanding life style.  Blade dan Absolute revo adalah salah satu contohnya . . . siapa yang jauh lebih laku? Walaupun ada lagi parameter yang menentukan yakni Harga . . .  ini pun bisa dijawab dari fenomena persaingan market antara Honda Supra X dan Yamaha Jupiter Z . . . nama yang lebih miring harganya? mana yang lebih sporty desainnya? mana yang lebih laku? . . . . walaupun tetaplah, masih Terlalu dini untuk menjudge 🙂

Cukup menarik  untuk disimak nanti persaingan kedua motor yang segmentasinya sama-sama baru ini, segala hal masih dapat terjadi, kita tunggu saja nanti tanggal mainnya, silahkan share komentar bro semua, semoga berguna dapat menjadi bahan pertimbangan

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. kelihatannya wave AT lebih manis deh ketimbang lexam yang terlalu jauh “melanggar” pakem. jadi ingat kasusnya blade. bukan tidak mungkin bakal terulang lagi pada lexam jika kelak jadi diluncurkan di Indonesia. sementara wave yang kalo di Indonesia adalah abs revo udah familiar banget dengan kebanyakan masyarakat Indonesia.

    Guest
  2. Klo melihat dr kasus terdahulu mmg desain yg mruncing cm bgs/ngangeni bbrp bln sj stlh itu jd klhtn biasa2/mboseni

    Guest
  3. kalau aku lebih suka pijakan kaki nya lek sam… gaul banget gitu lho… 🙂

    yang lain kuno…! wek..ke..ke..

    beli tabung gas dulu ah, 3 kg cukup

    Guest
  4. revo matik kayaknya lebih laku, pertama karena dia nongol duluan efeknya dia dikenang sebagai trensetter (kayak mio), kedua orang indonesia seleranya tidak neko neko contoh kasus blade vs absolute revo, mio vs beat/vario. pertanyaan : 1. apa memang bakalan laris manis? secara perawatan seperti harus miara belt ama rante (double cost). 2. stategi yamaha apa sama dengan sebelumnya yaitu melebihi cc dari honda sebagai keunggulan tenis. 3. yamaha kayaknya sengaja nunggu honda duluan untuk mengetahui pricing honda spy tidak salah taro harga.

    Guest
  5. @Jabrix
    mereka menamakannya ‘Eagle Eyes’ xixixixixi 🙂

    @beranda
    maksute ada kemungkinan revo matik yang bakal jadi first mover, githu?

    Administrator
  6. @11beranda
    setuju bro yamaha memang lg nunggu harga revo matic dulu yg keluar,setelah itu ane yakin Lexam langsung di luncurin,secara model Lexam msh unggul.:D

    Guest
  7. kelihatannya kalo pake lexam, awalnya mesti kagetan deh. dek-nya rata kayak matik, tapi pegangannya bebek. pasti kaki bawannya nyari-nyari tuas rem ama persneling.

    *bawa jagung se-truk. dibuat jagung bakar ajah di sini

    Guest
  8. menurut saya…
    revo matic vs revo. akan menjadikannya seperti tornado vs shogun atau f1zr vs vega. yaitu satu desain tapi beda mesin.
    salah satunya akan kurang sukses.

    Guest
  9. Lihat motor baru sekarang ngeri, ngeri membayangkan nyucinya. Dengan alasan ini, mungkin laris rematic drpd lexam.

    Guest
  10. honda remnya masih di kaki ….. pedehel kalau slahannya dikiri apa masih hidup kalau gak sambil rem?

    Guest
  11. ^ Orang dah tahu kok, “First Mover” Betik di Asia tetep Lexam. Di Vietnam dia nongol akhir tahun lalu. Honda baru bulan kemarin brojol di Thailand. Untuk harga di Indonesia, spertinya tinggal konversi saja tuh Bath Tailand atau Dong-nya Thailand. Mungkin kisaran 13-13,5 jutaan.

    Guest
  12. Secara model/design dah anggaplah fifty2
    (Menurut sy lexam lbh sdikit elegan)
    Skarang tinggal nilai tambahnya
    Ada apa saja disana

    Guest
  13. Persaingan Honda dan yamah sepertinya jarang terjadi secara apla to apple atau bahkan belum pernah terjadi sama sekali. Mulai dari motor sport yang Vixion lawan mega pro, scorpio lawan tiger. Kedua kelas ini secara cc beda, secara tampilan antara vixion dan mega pro juga beda, scorpio dan tiger secara tampilan memang mirip yakni sport naked bike sama2 sohck dan berpendingin udara, namun beda cc.
    Dulu kektika supra x menjadi raja, lawannya adalah jupiter z yang ccnya beda, yang satu 100 yang satunya lagi 110, mx juga katanya lawan dari cs1 tapi secara model dan cc berbeda.
    Kalau kita menengok lebih dulu lagi zamannya prima yang 100 cc 4 tak lawannya adalah alfa yang 2tak. apakah demikian strategi antara honda dan yamaha dalam berbisnis atau memang itu perjanjian antara kedua fihak, hanya mereka berdua dan Tuhan yang tahu.

    Guest
  14. Gw sich milih wave karna benar2 betik (bebek matik), kalo lexam kaya matik biasa bukan betik pijakan kaki menyatu, sama kaya nouvo keliatannya…

    Guest
  15. menurut gw sih,,penjualannya mgkin ga booming2 amat,,
    mengingat tipikal masyarakat indonesia yang sulit menerima perubahan,,,
    kecuali diimbangi sama strategi marketing yang mumpuni,,
    liat aja contoh CS1 sama MX yang digadang2 bakal booming,,,penjualannya biasa2 aja,,
    namun waktu absolute revo dengan model biasa aja rilis,,,penjualannya,,,wow,,,
    melihat kultur indonesia yang cenderung konvensional,mgkn wave akan lbh cepet diterima,,,

    Guest
  16. lebih suka lexam ….
    gw heran kenapa honda nggak bikin design yg fresh ya?? atau kejar tayang gara2 lexam dah beredar di vietnam biar nggak terlalu ketinggalan

    Guest
  17. Klo emang lbh laku wave, gw pilih lexam d. Biar beda. (suka males ktmu motor yg “identik” d lampu merah he3)

    Guest
  18. Yg pasti bikin pusing milihnya. Tp bagusan lexam sih. Cm 1 kekurangan lexam dimata sy, spido meter yg kurang informatif. Itu aja, selebihnya OK bgt! 😀

    Guest
  19. Menurut ane lexam pasti laku keras..
    Kita liat aja dulu si revo cepek berdesain meruncing yg lepas dr pakem honda aja laris manis, itu kalo dr segi desain lho, ga tau ntar konsumen kebanyakan menilai dr segi yg lain dlm memilih antara lexam dan Revo matik…
    Yg pasti klo dua2nya keluar kan konsumen diuntungkan dgn 2 pilihan sesuai selera mereka masing2. Yg berjiwa sporty pilih lexam dan yg berjiwa konvensional tinggal pilih revo matik.. Ya tow???
    Jadi ga usah dibanding2kan sampe bakar2an…

    Guest
  20. laku apa nggak tetap pasar yang menjudge…namun secara pribadi saya lebih suka disain lexam….hehehehehe…..
    *cuma pedalnya itu ho…….coba kalo disain pedalnya kaya wave AT…..

    Guest
  21. kl sm2 velg CW,trs hargax sm sy yakin lbh laris lexam…seandainya vega zr d ksh velg cw,harga d bwh abs. revo,sy yakin penjualan zr lbh bagus dr yg skrg…

    Guest
  22. Wave AT betik sebenarnya, rem blkg masih dikaki & footstep spt bebek… Mungkin sasarannya para pengguna bebek yg ngga mau repot pindah gigi.

    Guest
  23. lexam akan banyak dipilih pengguna matic yg kpengen handling maupun manuver senyaman bebek (bs diliat dr rem n pijakan kaki yg sama dg matic) sedangkan wave AT akan menyasar pengguna bebek yg nenginginkan kemudahan berkendara spt matic (rem n pijakan sama dg bebek)
    tp secara pribadi saya lbih menyukai design dr lexam yg lbih futuristic dibanding wave AT …

    Guest
  24. Biar lek sam lebih fresh dari wave tapi kalo harganya masih di atas wave ya siap2 nyemplung kelaut belum boorosnya leksam di banding wave yg udah injeksi.

    Guest
  25. kenapa sih..yamaha ngga ngeluarin motosport yang full fairing kaya r15 & YZF R125 di indonesia ..malah bison yang dilauncing bulan juli ini..
    padahal vixion & scorpio udah telak cukup tangguh buat lawan megapro & tiger.

    Guest
  26. kalo betik ini kan pasti buat santai n untuk aktivitas sehari2 aja,,gw yakin yg laku pasti honda betik,,soalnya lekuk bodynya elegan,,terkesan motor untukk jalan2 saantai dan kebutuhan sehari2,,sedangkan lexam bodynya terlalu sporty n tajam2,,gak cocok untuk jalan2 santai,,kalo betik ini memang bisa buat ngebut okelah pilih lexam, tapi untuk ngebut paling enak kan pake yg manual dan semi manual,,ada yg bilang lexam untuk anak muda,,tapi yg muda2 pasti lebih milik MX, cs1, jupe Z or supra x, or blade kalo mw yg sporty,,jadi motor betik ini sebenrnya untuk orang yg gak mw capek seperti memakai motor matik.
    kegunaan sebenernya matik ini kan untuk kenyamanan dan ergonomis,,kalo mw yg nyaman gw rasa abs revo or honda AT ini udah terbukti,,apalagi kalo desainnya sama,,secara abs revo udah terbukti kenyamannya

    gw vote untukk wave AT

    Guest
  27. mas taufik
    actually neh…..yang bikin macho tuch..dari maxxel..tone colour, lampu sein, atau garis2 tajem……..masalahnya revatic tuch tone colour nya soft banget….gold – white pearl…emang tone colour lexam tuch ” gw banget”…hitam doft- dark red disertai grafis tribal2…..keren bgt….tapi kalo di mirror deh tone colour nyah…masih kah?….lebih serem maxxel dari revatic….

    Guest
  28. Aq nggak pilih Revo 100cc
    maka nggak milih Lexam
    Aq tetep suka & milih CS1
    maka tetep milih Wave AT

    Bdw, nantikan Rossi di
    DBL Arena Surabaya

    xixixi

    Guest
  29. boleh jd, di betik honda bakal kedodoran. kecuali kalo honda terus dengung2in soal jumlah bengkelnye yg bejibun.
    tp, lexam itu mmg jelass potongan e very memikat..!!!

    Guest
  30. kalau wave AT aka abs revo dilaunching…mungkin bisa senasib dengan suprax pgmfi, karena orang cenderung membandingkan antara revo manual dgn revo matic. Berbeda dengan lexam, dari desain dan nama sudah jauh berbeda dengan seri bebek lainnya, tinggal masalah advertising dan kalau perlu diganti nama yang lebih familier di Indonesia.

    Guest
  31. kalo istilah penamaan buat mesinnya CV-Matic laebih gampang di ingat dan diterima oleh masyarakat yang masih awam atau pun sudah ngerti..
    jika dibandingkan dengan YCAT?? opo kui?? singkatan dari apa?? sama hal nya dengan YPVS, YCLS dll istilah dari yamaha yang gak semua orang ngerti..
    just IMHO

    Guest
  32. mas taufik 1- 2 bln dari sekarang ditunggu reportnya tentang penjualan maxell dan revatic yah di thai atau vietnam..pokoknya yg dol2an awal….

    Guest
  33. all
    eh sorry neh katrok…..dah berbulan2 nongkrong..apa sich singkatan dari:

    IMHO
    OOT
    CMIW….

    bhuahahahaha…( jadi malu..)

    Guest
  34. krn fitur2 blum tau, saia coba beropini berdasar desain dan kapasitas aja..
    terkait artikel seblmnya yg menyebutkan bahwa betik tidak menciptakan pasar sendiri tapi mengambil porsi dari bebek, jadi tergantung harga betik terhadap saudara2nya..
    * bila mereka (lexam dan wave) ditempeli harga bebek low end..
    abs revo ndak banyak terganggu oleh wave, krn desain mirip2 dan maintain wave lebih njelimet..
    disisi lain, lexam jelas ‘menghabisi’ vega zr.. liat desainnya aja dan hilang sudah alasan lain..
    imo, dikisaran harga segmen ini, lexam akan lebih laku dari wave..
    * bila ditempeli harga disegmen mid-low..
    penjualan blade dan new jupiter z sama2 tergerus..
    tapi krn new jupiter z harganya terlalu jauh diatas blade, lexam bisa menggerus new jupiter z lebih banyak dgn desain yg sama2 fresh..
    jadi, imo, disegmen ini beda tipis, bisa hampir sama atau lexam lebih laris dari wave..
    klo ada yg ndak stuju, jangan dibata ya gan..dicuekin aja :mrgreen:

    Guest
  35. Phuahaha lg pertama nongol jg banyak tanda tanya tu ama singkatan2 itu… Akhirnya cr di google… Imho: in my honest opinion… Cmiiw: correct me if i’m wrong…

    Guest
  36. neh bocorannya..
    CMIIW – Correct Me If I’m Wrong = Perbaiki saya jika saya salah
    FYI – For Your Information = Untuk informasimu (biasanya untuk memberikan informasi tertentu)
    IMHO – In my humble opinion = dengan kerendahan hati, pendapat saya….
    TTFN – Ta-Ta For Now = idem CU
    IRL – In Real Life = dalam kehidupan sesungguhnya
    IMO – In My Opinion = dalam pendapat saya

    oot malah gak ada…hahahahaha

    Guest
  37. Dr poling terlihat lexam juara… Tp pasar ga bs ditebak sih… Liat aja nanti siapa yg sukses…

    Guest
  38. Lexam sporti Abis. Cuman namanya kurang familiar kalau masih menggunakan lexam coba di ganti yang lebih keren lagi deh..! Jupiter cobra ke. he he he

    Guest
  39. @ashley
    Kalo lol itu bukan lough out loud tp tolol
    WK.WK.WK.WK

    btw gak suka betik.
    Lbh suka skutik,
    Sedan nya dapet 😛

    Guest
  40. tebakanku selisih harganya lumayan bnyk seh 2 mtr ini…..yg wave matic tbknku 13-14 jutaan…..yg lexam klo msk sini 15-16 jutaan…..jup z aja yg alakadarnya 14,5an….. 😛

    Guest
  41. menurutku honda wave lebih elegan dan eye catching daripada lexam
    sepintas Lexam memang tampil future racing ala yamaha spt biasanya
    tapi kok ada nuansa skutiknya jadi kurang bersahabat.

    Guest
  42. vote to lae samnya yamaha. desain lebih fresh. btw kalo diproduksi ymki nih si betik apa ngak berubah jadi vega zr ya ? mengingat nama vega zr kan udh memasyarakat.

    mungkin bakalan jadi mimpi buruk kalau lae sam dari yamaha di tempelin zama body vega zr. ngak kebayang dah.truz namanya bakalan vega br. xixixi………

    Guest
  43. waduh…
    sering berlalu-lalang di dunia maya
    tapi banyak belum tau singkatannya toh…

    kirain yang jadul motor doank…
    xixixixi…..

    Guest
  44. menurut ane neh om…lebih baek lagi kalo yamaha ngeluarin lexam pake livery Fiat Yamaha team…..pasti cepat mendongkrak penjualan….dan ju2r aja….buat Honda Wave matic….walaupun body monoton (sama dengan yg pakai persneling) tapi brand Honda gitu lohh….ttp banyak peminatnya…dan andalannya adalah (irittt)….

    Guest
  45. @ashley
    Beli???
    Nuntun aja gak kuat
    wkwkw
    Mo dijual bro
    Msk sini ajah
    http://m.facebook.com/photo.php?r261b42bf&pid=117393&id=100000592782802&fp=1&refid=17#comments_104351869594572
    😛

    Biar gak oot
    Lexam keren yah
    😀

    Guest
  46. pilih wave karena injeksi dan pastinya menang fitur….(14 paten..)
    Om topik tau 14 paten itu apa aja???

    kalo lexam tampang depan keren dan seperti biasa minim fitur (ada yang tau fitur baru nya? )

    Guest
  47. he he he…
    nama gw dibawa2….

    tapi emang begitulah konsumen kita, mindset masih kearah desain yg konvensional. contoh yg sangat kentara adalah blade vs abs revo. blade yg mempunyai desain sporty futuristik seolah gak begitu diterima pasar, sedangkan abs revo yg datang dgn tampilan konvensional malah meledak!!
    klo menurut gw harga gak begitu pengaruh. klo udah jadi mindset susah emang untuk ngelawan. contoh yg paling nyata adalah MX vs HSX 125. harga hampir sama malah waktu muncul HSX dibandrol lebih mahal dari MX tapi toh konsumen lebih menyukai HSX 125.
    contoh ketiga mio vs beat. beat yg lahir belakangan dgn tampilan yg lebih sporty masih kalah penjualan dibandingkan mio, padahal selain desain yg lebih sporty beat udah dijejelin berbagai fitur safety modern! itu juga gw paham mengapa AHM buru2 merombak desain sparkbor depan beAT yg semula sporty dirubah jadi konvensional. karena emang begitulah selera konsumen.

    Guest
  48. @ Mas Taufik
    huhahahahahahah
    ngakak habis aku mbaca koment nomor 89

    sudah mengira akan ada “tanggapan”, tapi tidak mengira tanggapannya akan sperti itu
    😀
    bentar…mau ketawa lagi
    **megangi perut kegelian**

    Guest
  49. Kalo soal desain vote ke Lexam, tapi soal teknis vote ke Wave.
    Masalah mana yang lebih diterima pasar menurut ada dua faktor lagi yang jadi penentu yaitu soal harga dan brand image.

    Guest
  50. Yo’i kang maskur nyong cah mromong tepate ngarep sroto ni tiwen. Nanging siki nyonge nang Bontang(kaltim) lagi blajar koreh. Salam kenal.

    Guest
  51. Kalau aku sih lebih pilih Lexam, gak peduli nanti disini kasusnya kayak Blade. Toh IMHO ebih keren dan unik, dibanding wave yang sudah terlanjur pasaran disini.

    Cuman masa sih Konsumen sini lebih pilih konvensional ? Lihat New Jupi Z deh, dimana-mana berkeliaran, padahal umurnya masih baru. Gua rasa New Jupi Z ini termausk salah satu motor sukses Yamaha. Baru Launching aja udah banyak yang punya. Desainnya ? Gak bisa dibilang konvensional dong, kalau mau konvensional kenapa para Fanatik Yamaha gak ambil Vega R ?

    Cuman kalau memang model ini kira-kira kurang diterima masyarakat, kenapa gak coba desain yang udah ada kayak New Jupi Z tapi dikasih fitur lexam ini.

    Guest
  52. Lexam, lah!

    Wajah Wave masi tkesan dull ….

    Lampu depan utama Lexam lebih cakep ketimbang Jupie baru, bahkan ….

    Guest
  53. Honda wave salah milih warnanya sih… jd keliatan pucet gitu (kaya ayam pop)… sama velgnya msh jari2…. kl warnanya agak disesuaikan plus velg diganti, sptnya akan 50-50 sm lexam… gitu kan..?!

    Guest
  54. wave bwt cew lexam bwt cow stju g?

    dr segi mesin bgusan mana?

    bsk bwt pa lagi stlah matik bebek?

    ulas dong jap’s styl

    Guest
  55. Mau meluruskan posting2an di atas kemungkinan honda wave kalau masuk di Indo sudah dipretelin tuh injeksinya. Di Thailand Vario, Beat (Icon) dah injeksi semua, di Indo???? Karena disini konsumen harga & kemudahan perawatan masih jadi pertimbangan utama beli motor.

    Ada info gak ya penjualan lexam di vietnam gimana sambutan konsumen di sono?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here