Bro sekalian, Advertising merupakan salah satu kekuatan Utama marketing suatu Produk. Percuma banget suatu produk yang memiliki kualitas bagus digelontorkan tanpa dukungan Advertising yang kuat. Informasi mengenai kekuatan, kelebihan dan value motor tersebut nggak akan sampai ke konsumen. Banyak sekali chanel-chanel promosi bertebaran, tapi sampai saat menurut saya ini yang paling signifikan adalah pola advertising audio Visual menggunakan Pola Movie advertising. bagaimana caranya membuat sebuah advertising bisa berkarakter dan dapat membekas di mindset Konsumen . . . kali ini kita akan membahas studi kasus kecil advertising Yamaha.

Semua Orang tahu Honda adalah pelopor Motor 4 tak . . . dulu, dimana hampir semua motor jepang main di 2 tak, Honda berani manantang Arus dengan menjagokan 4 tak dan bervisi ke depan. Yamaha waktu itu masih ketinggalan. Tapi dua-tiga tahun yang lalu, saat yamaha belum menguasai puncak tangga penjualan Motor, mereka berani sesumbar sebagai raja baru motor 4 tak . . . saya sendiri selaku pengamat pengen lihat dulu apa benar Yamaha bisa melampaui Honda yang begitu Kuat imagenya di hati Konsumen Motor Indonesia. Dan ternyata, Walau masih prematur untuk menyatakan Yamaha Menguasai penjualan Motor 2010 . . . data dua bulan terakhir bisa menjawabnya

Salah satu kekuatan yamaha adalah di Advertising nya. Saya sempat Nonton sequel Filem Iklan Yamaha di DDS cempaka Putih akhir tahun lalu. Sequel sequel tersebut membuka kembali arsip arsip filem advertising jadul yamaha, yang kalau ditarik garis desainnya . .. hmm memang ada kesamaan . . . Ringan, Lucu dan menonjolkan figur. Ketiga karakter ini dikemas dengan apik dengan menonjolkan pula kelebihan-kelebihan Motor Yamaha yang notabenenya terfolkus di variabel Performa dan Style. Honda Pun sebenarnya tetap setia dengan pesan pesan keutamaan motor Honda yaitu Irit . . . sehingga jangan heran segala aktivitas advertisingnya pun nggak Jauh dari pesan ini seperti Lomba Adu irit dlsb

Gak tau deh . . . Indonesia ini Konsumennya lebih suka sesuatu yang lucu, ringan dan figuritas . . . (mohon maaf bila contohnya oot) bro bisa cek penceramah mana yang lebih disukai Oleh pendengar/ peserta pengajian . . . Penceramah yang pandai guyon dan menyampaikan materi religi dengan gaya santai, ringan dan membumi tho. Naggh begitu juga dengan Iklan . . . sehingga dengan begitu impact nya di marketing bisa terasa. Saking berkarakternya Iklan Yamaha . . . Penggambaran Desa Cibebek yang penuh dengan dinamika sosial dituangkan dalam opsi layar lebar oleh Square Box Film & THE Agency dengan Judul bebek belur Yang menurut rencana akan gala Primer malam ini (kayanya dibintangi sis Rini Lho πŸ˜‰ ), Silahkan Share Komentar Bro semua . . . So Mudah-mudahan berguna, next . .. kita bedah Iklan Honda, suzuki, kawak dan lain nya πŸ™‚

Taufik Of BuitenZorg

Gambar adu irit revo : Blog Mas tri

1 COMMENT

  1. Mas Taufik…
    Apakah hal ini hanya terjadi di Indonesia
    saja, or di sluruh dunia???
    Kok setahu saya, kalo kita liat iklan di LN,
    nggak semua pakΓ© icon bintang…
    Apakah “figur” itu masih jd sesuatu yg
    harus ada?
    (KSKSS…JA : ON)

    Guest
  2. @mas dani
    percaya nggak percaya . .. karakter indonesia umumnya . .. terutama yang awam ya begitu mas he he he he
    gak di dunia politik . . . (bisa diartikan sendiri ya πŸ˜‰ )
    gak di marketing
    sama aja . . . nah oleh sebab itu sebenarnya Suzuki harus bisa bangkit tahun ini sejalan dengan bersinarnya Haslam di WSBK
    Oleh karena itu pula Honda merekrut ambasador2 yang kinyis2 untuk mewakili produknya . . . siapa yang gak kenal Agnes, Cinta laura dan Afgan? sekarang tinggal Gimana Honda mengemas iklan yang ringan sehingga info yang di tebar bisa cepet nempel di mindset Konsumen, cmiiw

    Administrator
  3. kreativitas dlm beriklan memang sangat d perlukan tuh ! Mengingat ketatnya kompetisi penjualan d indonesia, sudah seharusnya produsen ngeluarin produk2 yg ngetren baik dari segi model maupun teknologi mesin. Ya contohnya si giant kiler itu “vixion” produk yg mengikuti trend masa kini ! Kira2 begitu.

    Guest
  4. bener bang,, iklan yang membumi itu yang bener2 mengena di mayoritas konsumen indonesia,,

    bei de wei,, laporan lap ke 3 nya mana bang,,, dah lama nggak bakar2 gurame nih,,,

    πŸ˜€

    Guest
  5. TVC yamaha di manapun mmg konyol, lucu, sedikit nuansa ugal2an.. TVC honda di luar sana jg, sedikit ugal2an, menarik.. cmn AHM dsini yg ngiklan trllu serius, iklan CS1/Vario/CBS/Blade/ smuanya garing.. cmn iklan beat/revo niatnya pengen dibuat menarik/lucu, tp ujung2nya malah norak dg dialog2 yg ga bermutu.. cmn pesan terakhir yg bikin gue demen, jangan lupa pake sarung ya.!! xixixi πŸ˜€

    Guest
  6. Salut bisa dapat gambar iklan Yamaha jadul.. seingat gw tuh iklan beredar antara tahun ’76 s/d ’77-an. (cmiw).. waktu gw masih SMP, dan gaek (red=bokap) lagi milih2 motor, semua iklan/brosur dikumpulin termasuk iklan Yamaha 2 tak. Akhirnya gaek milih motor laki Honda CG 125. Btw, motor CG 125 ini dulu pernah dijajal bro A.S Nugroho sbg step awal pake motor kopling. Tanya aja dia.. πŸ™‚

    Guest
  7. @11 Mas Taufik
    Iya Mas…
    Memang kalau disini masih ikutan sapa
    yg jd brand ambassadornya….or iconnya

    Bdw, untung aq gak pingin kayak mas
    Taufik pakai N250R….. muna : ON
    πŸ™‚
    πŸ˜€

    Guest
  8. Wah kok sepi mas hihihi…. dpt ke-22

    Market segment yg di berikan yamaha memang sangat ngena di hati masyarakat coba anak kecil aza tau semboyan yamaha… “Yang laim makin ketinggalan…. πŸ˜€ “

    Guest
  9. sodara-sodara kita ngliat iklan masterpeace malah nggak mudeng…ra nyanthol….
    tingkat pendidikan rata2…adat & budaya…harga produk…beda jauh dgn di LN sono…

    Guest
  10. saya pernah karaoke sama temen2 saya mau nyanyi lagune nidji lakok sebelum vidio klip nidji nya keluar yang keluar absolute revo. wis2…
    tapi nggak selalu terpengaruh iklan mas topik, buktinya satria f sama cbr 150 jarang iklan tapi berseliweran di jalan…..

    Guest
  11. @obiezone
    nah itu dia ada pedalaman lagi . . .barang mana yang paling butuh komersial dan barang mana yang nggak terlalu perlu komersial . .. kita bahas lain kali

    Administrator
  12. Iklan memang penting tapi harus diinget klo iklan harus TRUTH, jangan sampe membohongi konsumen..Klo secara perkembangan, sepertinya Honda menunjukkan perbaikan lewat new advertisement-nya…We’ll see…

    Guest
  13. Yang duluan maen sinetron : Pendekar Balado (saat launching)
    Yang duluan maen pelem : Suzuki (lupa judul pelemnya)
    Yamaha sebenarnya cuma NGIKUTIN kok!
    Hanya saja momentumnya pas…. lagi perang puputan…!
    Jadi terlihat lebih SMART githoo lhoo…

    Guest
  14. tungguin aja, ntar beli motor yamaha gratis dvd bebek belur the movie. kaya padle pop gitu deh, kalo honda kan dapet cd cinca lawra. o yeah.

    Guest
  15. iklan akan efektif / sejalan dengan produk dan performa serta harga yang terjangkau. masy. ngak terlalu perduli dengan yg namanya iklan. liat aza fu yg jarang diiklankan tho di jalanan dan di dunia maya rata2x org tau apa dan bagaimana fu.

    bandingkan jupe lama yg iklannya sejalan dengan penjualannya / booming. lha kalau jupe baru kayaknya ngak terlalu booming kok , walaupun iklannya wara-wiri di tv.

    Guest
  16. lha kalau dijalanan new jupe masih jarang, beda dengan jupe lama yg sampai saat ini lalu-lalang di jalanan.

    Guest
  17. @ 33
    Klo gak salah film Liar..,
    yg Rafi Ahmad pake Satria…,
    Klo kawasaki udah juga, langsung impor dari Jepang malah…
    “Ninja Hattori”
    xixixiixixii

    Guest
  18. kemampuwan marketing merebut hati konsumen melalui berbagai media iklan menjadi senjata utama. Marketernya jagoan bangettt.

    Guest
  19. Masih sj ada yg nulis iklan “sudah mengalami perbaikan”. “sudah ada kemajuan”..”truth”…
    Bagi pengiklan…tidak mengatakan semuanya bukan bo’ong dan tetap benar…
    Kalo produk mau sukses dan terkait kuat dipikiran …maka harus buat iklan yg nilai psikologinya kuat.
    Gak ada iklan banyak tapi produk tetap terjual…ya memang bisa tapi TIDAK SUKSES berat.
    Mana sih perusahaan berhasil yg biaya iklannya dikit tapi laku laris produknya?

    Guest
  20. Hebat-hebat ..
    Bdw nyang jadi bintang iklan v75 di atas siapa gan?..apakah mak wok nya sidoel waktu muda..xyxy

    Guest
  21. hum…….yamaha V80…..motor yang pake CDI dijamannya……3percepatan…sayang di iklan gak ada keranjang didepannya…yang iklan masih mpok-mpok none betawi…………..

    Guest
  22. @Jaos

    “….Mana sih perusahaan berhasil yg biaya iklannya dikit tapi laku laris produknya….”

    Perusahaan yg punya pabrik tempe ama tahu mas Jaossss…

    Guest
  23. @52
    emang ada? apaan tuh namanya?

    kalo dipikir-pikir yamaha tuh yang g ada iklan TV nya cuma MX yach…?
    heran juga…
    trus suzuki, satu iklan untuk semua motor suzuki… hehe,
    blade juga, iklanya doank kenceng, tapi di jalan langka

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here