Bro sekalian Susah dan senang merupakan sunatullah yang pasti hadir dalam gelombang kehidupan kita semua dalam mengarungi kehidupan. Saya ingat sekali ketika saat pertama kali saya cukup rapuh melihat Ayah saya tergolek Lemah tak berdaya di kamar ICU (Happy B-Day Dad) . Rapuh . . . . , karena hampir tak tahu lagi kemana saya harus mengadu . . . ya Allah Maafkan Aku karena hanya merasa dekat dengan mu saat-saat sulit 🙁 Di dalam Al-Qur’an surat Al Ma’arij ayat ke 19-20-21 dijalaskan secara gamblang dan leterlek oleh Allah mengenai sifat umum duniawi manusia :

terlihat sekali memang benar, apa yang tertulis dalam kitab suci tersebut .. . kita bro, mudah sekali berkeluh kesah saat menerima kesulitan/cobaan/hambatan. Tak Jarang Kita bawa kesumpekan masalah kantor ke rumah kita dan sebaliknya. betapa mudahnya kita mendengar panggilan Allah untuk sholat di masjid saat hati ini gundah dan butuh tempat mengadu . ..  akan tetapi betapa pelitnya kita berbagi saat memperoleh kelebihan rizki . . . subhanallah, Allah sudah ngerti banget watak jelek duniawi kita ini bro

Tapi Allah punya Obatnya lho bro, bila bro baca lanjutan tiga surat ini akan bro temui beberapa ciri-ciri manusia yang dapat menghindari kedua sifat jelek tersebut yakni :  Istiqomah Menjalankan dan memelihara Sholat,  berinfaq, ingat selalu akan hari akhir,  selalu waspada terhadap azab-Nya bila salah bertindak, memelihara amanat, berpegang teguh terhadap kesaksian . . . dan yang cukup sulit dilakukan dalam dunia modern seperti saat ini . . . memelihara nafsu Syahwatnya (Al-Quran menuslikan dengan kata memelihara kemaluannya).  Wallahu Alam Bi shawab, Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

44 COMMENTS

  1. Salah satu tanda wujud syukur kita ketika memperoleh rezeki, jgn lupa bagi yg penghasilannya sudah memenuhi nishab zakat, wajib u/ menyisihkan 2,5%nya

    dan bagi yg dapet rezeki ‘nomplok’ ex.:hadiah quiz,undian dll. yg d serupakan seperti harta temuan yg tanpa ada kerja keras dari keringat sendiri dan juga telah nishab, maka wajib juga menyisihkan 20%nya

    walallahu a’lam

    Guest
  2. kalo seneng bakar-bakaran d waroeng, trmasuk sifat buruk g yhah….!!?
    xixixixiii… ngadhem sek, sblm nanti bakar2an lageeeeeee…. 😉

    Guest
  3. semoga kita bisa menyeimbangkan antara saat sedih dan bahagia dalam ketaatan kepada Allah. memang berat rasanya kalau kita berada dalam saat-saat senang untuk dekat kepada Allah. kalo menurut saya, yang paling sederhana untuk menunjukkan bahwa baik keadaan susah atau senang kita tetap dekat kepada Allah adalah shalat2 sunnah (muakkad)… pskss

    Guest
  4. Kalo kita mo berbagi di saat kt di beri rezeki yg lebih oleh Allah adl sesuatu yg wajar. Yg berat & hebat adl ketika kt bs & mau berbagi ketika kt sedang kekurangan, itu baru luar biasa, gmn ustad taufik, benar ga? Cmiiw,

    Guest
  5. bener tuh..

    karena biasanya saat senang kita jadi lupa.. sehingga ada yg bilang kalo nikmat yg berlebih itu adlah fitnah (ujian) juga…

    disitulah peran sahabat dan keluarga, yg bisa memberitahu kita untuk ingat kpd Allah swt saat kita sedang diberikan kenikmatan ya Kang…

    (USUL : bikin juga artikel ngaji ini bukan hanya pas jumatan, tapi saat kita2 baru pd gajian…. atikel ngaji ekstra tgl 25 buat swasta ato tgl 1 buat yg pns)

    Guest
  6. Nyampe pabrik, ngaji sek’ buat ngilangin sifat buruk, , ,
    Soal’a biz ini langsung senam sambil ngliat celengan yang kinyis kinyis. . .

    Guest
  7. Kita gak akan miskin karna sering memberi..
    Ada kenikmatan bathin saat kita bisa memberikan sesuatu buat orang lain
    subhanallah..

    Guest
  8. Selain ruh..yang pertama sekali di ciptakan allah untuk manusia adalah nafsu..kemudian allah menciptakan akal…akal dan nafsu seolah musuh bebuyutan di dalam diri maunusia..kesimpulannya:jaga dan peliharalah nafsumu dengan akalmu..

    Guest
  9. Selain ruh..yang pertama sekali di ciptakan allah untuk manusia adalah nafsu..kemudian allah menciptakan akal…akal dan nafsu seolah musuh bebuyutan di dalam diri maunusia…kesimpulannya:jaga dan peliharalah nafsumu dengan akalmu..,

    Guest
  10. @34. Basho
    Iya..ya… hati jadi adem… Tapi kenapa ya kalo tema-nya tentang NGAJI yang nimbrung cuma dikit… apa pd lebih seneng yang tema-nya yang bikin ati panas ya… jadinya suka bakar-bakaran…Qiqiqiqi…

    Guest
  11. ad hadits yg kurng lbh isinya:s“eorang mukmin tidaklah berzina kecuali dlm keadaan tdk beriman..(lp periwayatny)
    yg nmnya iman2 sering bolak-balik ssuai t4ny, qalbu
    tp gmn g susah om, kita d jalan, market, public place dpaksa untuk zina mata. smoga pemimpin kita lbh arif menyikapinya

    Guest
  12. terimakasih mas taufik untuk ulasan ngaji-nya… Dunia adalah tempat-nya manusia di-uji oleh sang Khalik untuk membedakan mana yang betul2 beriman dan tidak… Hopes kita selalu mendapat petunjuk dari Allah..

    salam,
    husni
    ex biker jakarta

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here