Bro sekalian, Skutik emang banyak bikin pemiliknya gemes untuk ngutak ngatik. Salah satu bagian yang umumnya sering dijarah adalah bagian kaki kaki terutama Roda. Adayang digedein sampe lebar bannya nya melebihi ban mobil plus di panjangin pake ‘undur-undur’, tapi nggak jarang juga yang ngecilin ban sampe nggak ada bedanya sama ban sepeda . ..Β  semua ini tergantung utilitas dan tema modif yang disasar pemiliknya tentu. Nah Kali ini kita akan saring topik yang kedua yakni Skutik dengan Profil ban kurus rim 17

Dua skutik yang pernah dimiliki TMC bannya nggak pernah diutak-atik, jadi nggak pernah tau apa rasanya naik skutik berroda kurus 17 inchi. bagaimana sih secara Performa? apakah tambah ngacir-atau mesin jadi tambah berat narik? bagaimana sisi safety nya? ( soale pernah malem-malem liat tukang ojek berskutik ban kurus 17 inchi jatuh gara-gara nggak sengaja ngelibas kerikil) Bagaimana cara aman membawa skutik ber ban kurus ini? . . . Artikel ini murni sharing . ..Β  silahkan bro semua bagi pengalamannya . . . semoga bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

*gambar : Motore seorang kaskuserΒ  xixixixixi :mrgreen:

214 COMMENTS

  1. Ga suka ngeliat skutik pake ban sepeda
    Tp temenku ada aja yang pake ban tipis gitu, emboh biar apa

    Guest
  2. wakaka.. gambare ga keliatan.. picture-nya diblock ama kantor..

    absen aja klo githu.. masih capek riding 130km.. mana kalideres-ciputra macet lagi..

    Guest
  3. pernah baca hasil tesnya, akselerasi meningkat..karena diameter ban tambah gede…tapi konsumsi BBM jadi lebih boros, karena kerja mesin lebih berat…tapi gatau kalo ban profil kurus, mungkin ngga gitu ngaruh sama konsumsi BBMnya..

    ane pernah coba pasang ban standarnya vario di mio ane, akselerasi + topspeed meningkat…itu cuman beda dikit loh ya..sama2 14′ cuman lebih tebel aja profilnya…

    nah, kalo pake ban profil kurus sendiri itu pengaruh juga sama safety, ban kurus bahaya buat nikung rebah…karena luas bidang ban yg nempel di aspal lebih kecil…tapi buat trek lurus, boleh laaahh…makanya motor2 bebek/skutik drag bannya kurus2 πŸ˜€

    Guest
  4. daya cengkram caliver ke disk >> dr pd cengkraman ban ke aspal … ngeri slip ….

    Guest
  5. Waktu nonton drakbike di PRJ kemaren..

    selain bodi yg tinggal sasis semua motor dari nsr ninja sampai skutik smua pake ban kecil..menurut saya cuma buat mengurangi beban aja..jadi kalo buat umum rasanya ga pas dan ga pantes…ini menurut saya lo..

    Guest
  6. paling aman ya standart pabrik ….
    kadang2 kegi jg liat motor ban nya sekecil ban sepeda sdh gitu ban belakangnya maju ampe mepet mesin
    heran aja mana enaaak naik motor begituan

    Guest
  7. Blm pernah ganti pake nyang begiuan soale kelihatan aneh,skutik yg berimej techno g klop dgn velg berkesan retro gt.
    Body gambot tp kaki kelihatan kurus kering,hmm

    Guest
  8. di bandung banyak tuh yg kek gitu. tapi cuma skutik dengan body kecil aja. vario, skywave atau skydrive belum lihat.
    biasanya dipake drag liar di tempat nonton bareng motogp semalam.
    dulu kalo pak polis masih rajin razia biasanya ban itu langsung disobek ditempat.
    *info: sekarang malah ada ban yg lebih kecil dari yg di atas loh, jupie mx & satria fu yg pake.

    Guest
  9. klo saya trauma pake ban kecil, coz ketika belok and rem dikit aja udah delosorrr ! Sering ngalamin tuh aku ! ^_^

    Guest
  10. enak buat drug, gak bisa buat cornering, tidak aman untuk pemakaian harian sebab luas permukaan ban yg menempel di aspal kecil shg rawan ngesot saat dilakukan pengereman mendadak, hati2 jg dengan jalan berlubang sb velg bisa dipastikan lsg peyang klo kjeblos lubang yg dalem

    Guest
  11. @elektra
    Naga2nya begitu om..
    Xixixi

    Klo ban kurus bakal ngaruh ke topspeed yg meningkat ga yah?
    Kayaknya perna baca dimana begitu katanya..

    Guest
  12. saya pake ban kecil di pio, rute bekasi-jakarta, untuk jalan muacet seperti jakarta, saya sangat terbantu sekali dengan ban kecil, karena proses manuver jadi lebih ringan, memang sih jadi gak boleh belok sambil ngerebah, soalnya jadi sangat gak stabil, tapi dikarenakan dipake buat ngelewati jakarta yg macet banget, masih ada nilai plus lah pake ban kecil gitu πŸ™‚

    Guest
  13. kalo pendapat saya.. jd kliatan cakep πŸ˜€ Tp kalo bannya kekecilan g usah dipake harian aja lah.. kagak aman.. g aman karena traksinya kurang + g aman dari pleki.. polisi mksdnya :D..

    Guest
  14. kalo pendapat saya.. jd kliatan cakep πŸ˜€ Tp kalo bannya kekecilan g usah dipake harian aja lah.. kagak aman.. g aman karena traksinya kurang + g aman dari pleki.. polisi mksdnya :D.. paling ga lebar peleknya standar aja.. dpn 140 blkg 160. jangan 120.. itu mah pelek sepeda πŸ˜€

    Guest
  15. kalo menurut saya:

    1. karena profil ban semakin kecilll otomatis gaya gesek dan gaya tekan kebawah berkurang, sehingga top speed mudah dicapai.

    2. cuma mantap dipake di jalanan mulus

    3. haram dipake di jalanan rusak apalagi berpasir, kembali lagi ke no.1 karena profil ban kecilll menyebabkan mudahnya “ngeesoooottt” kalo ngerem pada kecepatan tinggi

    itu pendapat saya, saya pernah jatuh pake vario yg dimodif ban kecil tp diameter rim nya standar)

    Guest
  16. klo ban kecil tpi gigit banget gak pa2…,
    cuman biasanya yg dpake ban2 biasa., jdi kurang safety…
    mending pake yg 16″ tpi tpi bannya agak gedhe, kan sama aja 17″… lebih safety n gak wagu…
    CMIIW

    Guest
  17. Apapun motornya, hanya para alay yang pakai ban begitu di jalan raya.

    Korban? Banyak, nggak bisa dihitung. Terakhir yang saya dengar ngebut boncengan sambil nyalip tau2 ban-nya pecah, limbung, dan akhirnya nyungsep di kolong bus

    Kepada Yth. Pak Polisi : β€œTangkep aja dah pak kalo ada yang pake ban kaya gitu di jalan. Nyusahin orang lain aja…”

    Guest
  18. ^stuju bro..ban kecil kayakx klo ga dipake bwt dragrice yaa dipake ma alay-alay yg sok gaya-gaya an sembalap…
    palagi trend alay sekarang pada pake satria fu pake ban kecil lagi…
    Dijalan maen kebut2an,macam jalan punya mak dya aja….

    *sydromdongkoldisenggolalayalay mode:on

    Guest
  19. @propus
    Dulu di Sby sempet ngetrend di kalangan bapak2 polisi… trend “nggrajeni” pelek2 kurus… jadi kalo ada razia, pake ban kurus, langsung digraji di tempat… kekekekekekkk… ciamik to?

    Sniff… sniff…

    Guest
  20. ^stuju bro..ban kecil kayakx klo ga dipake bwt dragrace yaa dipake ma alay-alay yg sok gaya-gaya an sembalap…
    palagi trend alay sekarang pada pake satria fu pake ban kecil lagi…
    Dijalan maen kebut2an,macam jalan punya mak dya aja….

    *sydromdongkoldisenggolalayalay mode:on

    Guest
  21. @guspur
    Ciamik banget! Saya dukung polisi dah…Saya juga gak mau banget ketabrak motor2 ginian. estetika? nggak dapet, safety? parah banget.

    pernah sekali nyaris ketabrak motor ban kurus yg sok2an ngebut, dia ngerem sampe ngesot2 gak keruan. langsung keluar “KATA2 SAKTI” saya

    Guest
  22. buat top speed nya lebih cpet nyampai,jg akselerasi nya..tp kan buat lurus tok,kalo belok merebah pasti jatoh alias ndlosorrrrrr……secara teoritis kan pelek 14″ lebih banyak putaran nya untuk mencapai jarak yg sama dengan 17″..misalnya aja pelek 14″ butuh tiga putaran sedangkan pelek 17″ cuman butuh 2 putaran aja…jadi kan ada efek lain,yakni efisiensi BBM,dan juga kerja mesin ndak terlalu berat…

    itu menurut say….tp mending yg aman aja lah…kalo emang mau pake pelek 17″ mending beli skywave sekalian..bener to…

    Guest
  23. Di Tajur sering liat motor jatoh.. Dan banyak yang pake ban profil kurus begini… Jadi soal safety kurang…

    Guest
  24. saya pernah pake sekali, kalau melibas pulisi tidur nggak begitu kerasa, tapi pas mau belok ngeri…rasanya gimana gt. not recomended

    Guest
  25. @propus
    Dash-ku kan jg pernah dipasangin ban kurus gt… cuma umur beberapa hari… Soale suatu ketika pas aku lg ngetes tiba2 ada org nyelonong nyebrang, takrem malah pontang-panting… Bar kuwi pelek sak-bane takguwak neng lowakan langsung… πŸ˜›
    @yahon
    Ban 16 sedikit alternatifnya Dab…
    @A seen
    Amit2 jabang motor… :mrgreen:

    Sniff… sniff…

    Guest
  26. Kreatif menurut aq. Klo masalah safety..Ya tgtung pengguna jg, asal tdk dipake ngebut ya aman. ganti ring 17 jd tambah tinggi lho posisi pengendaranya.

    Guest
  27. ban cilik bin tipis mbikin apes d jalan umum.
    taon 2004 prnah jatoh d area mjokerto. mongtor seng t tunggangi ringsek, awak trlempar smpe sktr 6m, gulung2 g karu2an, untung cuma lecet2, g ada yg patah.
    gara2ne, naek supra-x tmen, ban dpn d kasih ukuran 200/17, lhuadhalah…pas ada mobil yg nyebrang ngawur, motor d rem g brenti2, akhire yho kenalan karo plat numere mobil yg nyebrang ngawur itu. pdhl wkt itu lari g lbh dr 70kpj.
    asseeeeemm…, smpe skrg anti ban kecil bin tipis aku…
    mending modip ala roadrace (ban gede), drpada ala dragrace dg ciri khas ban kecil profil tipis.
    seng kurus2 g whuenak blas. d tumpaki athos, miring bahaya.
    mending seng lemu2, d tumpaki empuk, d ajak rebah oke, d rem jg g nyloonoooooong wae.

    Guest
  28. ya ampun itu motor gue bro, foto gue ambil 5-6bln lalu, waktu itu lg dikost kostan..

    ==============================
    kang taufik sengaja nih.. πŸ˜€

    Guest
  29. tebakan semua komentator betul, akhirnya bro thole mengakui . . hihih
    bro thole jadi anak kesayangan mang bro taufik nih . . prikitiww!!

    Guest
  30. he he he he . . . akhirnya yang punya motor angkat bicara xixixixixi
    gimana testimoninya motor profil kurus kayak githu bro thole . . . a.k.a . . . . . . bro Yud ? :mrgreen:

    Administrator
  31. hore,, hore,,,
    akhirnya thole nduwe mongtor..

    xixixixixixixixi,,

    πŸ˜€

    Guest
  32. gw malah lebih prefer ban extra lebar loh…wlau gak enak buat betot gas…yah yg penting keren aja lah….toch gw jarang betot2an kok….dijkt malah selain matic kecil jg dipasang di rx king atau FU yah…

    (mudah2an gak banyak siluman klonengan ngerusak suasana…kaya ditrit sebelumnya..–jd gak enak dibaca…)

    Guest
  33. @74
    coba nikung 45 derajat le,,,

    kalo masih aman,, coba nikung 35 derajat le,,,

    kalo masih aman,, coba nikung 25 derajat le,,,

    πŸ˜€

    Guest
  34. mang thole,, mongtornya sampeyan pasti bisa kayak lorenzo juga ya,,,,

    Guest
  35. nah ashley ditantangin temenan di fb xixixixixi . . . yo wes bro . . . gelar aja di marih fb mu .. . banyak fans nya lho xixixixixi :mrgreen:

    Administrator
  36. ^
    ndaaak punya pesbuk kang, udah tak tutup.. dulu Onthel jg nanya gituan.. πŸ˜€

    kl ada yg asli jogja, mampir aza bro, boleh.. πŸ˜€

    Guest
  37. nah ikutan kopdar indomotoblog chapter jateng-DIY tuh . . . he he he he
    * nyariin kepala sukunya . . mas hadiyanta πŸ™‚

    Administrator
  38. @86

    halah,, thole wedi pesbuk’e di bajak,,,
    xixixixixixixixi,,, πŸ˜€

    Guest
  39. @thole…
    safety first..dab….
    ketok’e saiki raine malih abang…..
    xixixixixixi…..

    Guest
  40. Bnyak komen diatas bilang tuh motor gayanya para alay-alay. . .
    Jadi si***** = alay dong. . . .

    T4pI TuMb3n 4lay k3t1k4ny4 94 4n3h2 !

    Guest
  41. kalo yang biasa pake vaelg ring besar trus jadi ring kecil efeknya gimana ya ??

    misal tiger asli ring 18 ganti tring 17 ama nouve dari ring 16 ganti ring 14 punya mio ??

    adakah pemborosan BBM ??

    Guest
  42. walah telat lagi neh. . .

    mas taufik, tadi aku juga ngeliat mio soul pake velg yang begituan pas di U turn di prj serem banget . . . . ndelosor. . .
    modip si modip . . . . tapi kalau bikin celaka pigimana. . . . ?

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  43. @elektra
    yup bro . . .
    tapi kalo aku bilang benar jadi nggak seru dong . . .nunggu yang punyanya angkat bicara πŸ™‚

    Administrator
  44. Yang pasti trend kyk gini hasil ngikut bikers thailand.
    Modif ban kurus untuk arena dragrace dibawa ke harian.
    Bner kata Thole, bwt motor jd enteng tarikannya, penunjuk speedo jd lebih lambat. Odometer lebih singkat. Gak tau kalo bbmnya lha odometernya ngaco. Safety kurang krn traksi menurun, ban kurus gampang bocor.

    Guest
  45. thole
    kalo gw nanya ke elo..pasti gak dijawab ( alasannya dah di close)…..makanya nanya ke mas T…hehehehe…

    gpp bro banyak temen kan makin asik….gw jg jarang open FB kok…kdang aja klo lagi gak banyak kerjaan…

    Guest
  46. @thole

    pasti kalo nanbah angin di tukang tambal bang bayarnya cuma separo dong,,,

    kan anginnya dikit,,,

    :mrgreen:

    Guest
  47. Masdab thole,28/29 mei kondangan ng nggone j.a.sp tau sampeyan luwih bejo,iso kepethuk mbah guspur yg masih bikin penasaran.tumut mboten?hub.alrozi atau pak hadiyanta.

    Kyne aku malah gak iso melu neh iki..hwaduh..

    Guest
  48. wkwkwkwkwk…. iki seng ndue mongtor kbakaran ban, eh jenggot…!!!
    jarene sapety first, lhaqo’ beginul….!!?
    xixixi…mblayu sek aaaaahh, timbang d sawat ban cungkring πŸ˜‰

    Guest
  49. sorry to say ya kalo udah ada yang komen sebelumnya, tapi kalo ngeliat model velg di skutik kayak gitu, koq ya gak sesuai dengan safety riding ya? harusnya yang kayak gini termasuk yang ikut ditilang karena bisa saja turut membahayakan pengendara lainnya…

    nyuwun ngapunten…

    Guest
  50. @110 lekdjie

    mas dab! mau ke mana neeh ❓
    kuq gak ikuut di walimahannya mbokde JA

    ➑ kesempatan ketemu mbah Guspur 😯

    Guest
  51. @mbahe…
    sampeyan yo podho ae yo…
    korban modif roadrace…
    knalpot’e mbrebeki tonggo….
    kekekekekekek…….

    Guest
  52. @yahon..
    opo maneh nak mlebu gang sempit seng kiwotengen di tembok….di tambai motore setelan mbrebet…weh koyo gledek… xixixi

    peace mbah…

    Guest
  53. ngomong2, bro thole ini udah ditongolin belom ya di artikel “Gerbong penampakan para pengunjung TMC”?

    Guest
  54. hihihihihihihi,,, mongtore tole ajaib,,, ora di stangdart iso ngadeg,,,,

    :mrgreen:

    Guest
  55. Coba sharing yaaaaa…..
    Dulu waktu masih di KEDIRI pernah punya Honda GL PRO yg kumodif pake ban kecil F 200/17 dan R 215/17 di ceperin pula, hehehe…klo ga salah waktu itu bannya merk Bla**sTo** pas pasang di motor, gileee ringan banget larinya kayak ga nyentuh tanah, dan sering kubawa PP Surabaya – Kediri, suatu ketika waktu pulang kerja hujan, biasanya klo ga hujan ngebut sambe 120 Kmh nyantai aja tapi krn ga terpikir krn waktu itu hujan aku geber aja sampe 80 kmh (ugal – ugalan) pas ada tikungan main rebah aja, daaaaaan terseliplah aku dan jatuh (malu – malu’in) motor lecetnya lumayan parah sisi kanan mulai tangki sampe buntut (beset kabeh). dan esoknya baru bw kebengkel. Namun aku masih belum lepas tuh ban yg bikin celaka, masih pake aja, dan saat ada sweeeping dari kepolisian tuh ban langsung bikin aku kena tilang dan harus bayar 100 ribu jaman semono. Trus di ancam sama pak polis waktu itu gini “klo sy masih liat motor kamu masih pake ban ini lagi, langsung ku gergaji ban kamu” kontan aja aku langsung pulangnya ganti pake yg F 2.75 – 17 dan R 3.00 – 17.
    sbnrnya untuk safety ga jamin deh, buat rebah enakan yg lebar n ceper namun buat penggila drag wajib pake ban ginian, untuk mencapai akselerasi maupun to speed yg max…
    just sharing bro, moga2 jadi masukan yg apik

    Guest
  56. @Mbahe
    jo nggatekne yahon mbah kui mono omong thok, umbluk gitu boso “Mbagi” ne

    Guest
  57. THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    THOLE Terok-Terok GUSPUR
    sok misteri guest
    semprul
    tempe goreng
    mirangne kaprawiran

    Guest
  58. kayanya enak2 ajah tu….
    w dah hampir 2 thn pake plk 17 inc…
    n dah d pake touring k mana….

    Guest
  59. wah, thole cah jogja tho?
    kapan2 kalo kesana lagi saia mampir deh,,
    ati2 ya, nanti velg nya digergaji sama polisi lho…

    Guest
  60. Untuk semua aja…
    Jangan contoh gaya tholΓ© yg kayak gini
    miring/rebah 50ΒΊ bilang masih aman…
    Semoga memang aman buat thole aja
    yang lain semoga tetep bisa berpikir lbh
    bijak dan nggak asal ikutΒ² begitu…

    Ayo pentingkan keselamatan…
    Aq yakin RnDnya semua pabrikan nggak
    asal kok bikin ini-itu seperti standart….
    Karena kenyamanan dan keamanan sdh
    mereka fikirkan….

    Beda kalo tholΓ© orangnya….

    Guest
  61. hari ini mongtore thole,,, sesok mongtore jaos y abang opik,,,

    πŸ˜€

    Guest
  62. @mercon simonceli..
    kekekekekekek…..

    @125 mbokkenyeng….
    sanes’e mawon nggih….

    @129 harmi…
    Mx ‘e arep dikapakk’e meneh tho….

    Guest
  63. imho : pengalaman yang ada adalah karena kinerja berbeda kalau di honda ada namanya bearing bambu (needle bearing) itu pasti sering kena alias rusak, karena beban yang di tanggung beda.

    dan kalo pengalaman pakai ban tipis (di mobil) nyusahinnya minta ampun, apalgi jalanan di area saya (bekasi) ga ada yang bener, bikin rusak kolong mobil (koq jadi ngebahas mobil)

    jadi IMHO mendingan variasi namun yang masih tergolong nyaman, jangan mengorbankan keamanan dan kenyamanan buat keren menurut saya sih ga sebanding.

    Keep the manner…

    Guest
  64. kirain ngulas piaggio zip 100 4T, kan sama2 dirilis SKN…:) mungkin mio thole mewakili……setelah mengulas aprillia 125…:)

    Le…le…..

    Guest
  65. kl ada, ambil positifnya aza, kl ndaak suka ya jangan dicontoh, jangan ditiruu!!! bahaya!!! okee?? oke bro..

    ========================================
    yang penting ladies first aza lagh… safety first maksude..

    Guest
  66. Pantesan nggak suka motor yg aman. Yg nggak aman saja dibikin lebih nggak aman. πŸ™‚

    Ada yg bisa kasih tahu, mio / nouvo bisa di upgrade pakai mesinnya xeon nggak? Berharap krn strokenya sama.

    Guest
  67. kang thole mendingan ganti yg tapak lebar aja deh :D. 185 bwt dpn n 215 bwt blkg.. kyk pnya saya.walopun g ganti bannya. napaknya ban k aspal jd + .. hehe komengtatornya yg dr jogja banyak juga ya.. saya jg dr jogja tp bagian barat yg masih ndeso πŸ˜€ (kulon progo)

    Guest
  68. @karismanis
    pernah nyoba bro, 160-185 dpn-blkg, ban 60/80 dpn, 215 blkg, asli buat nikung ga enak, itu mnrut gue.. masih mending 140 dpn-blkg.. πŸ˜€

    Guest
  69. kang thole.. beda mgkn ya kalo bebek kwek kwek sama matic.? hehehe.. dulu saya malah pake 215 n 250.. karena g nyaman buat nikung.. yg dpn tak jadiin blkg n bli yg 185 bwt dpn.. skg dah top menurut saya..

    Guest
  70. dl malah pas awal2 pake, lg jarang2nya yg pake, pas ada razia.. pak pol nya mlh nanya, (masih muda orangnya) itu mio nya pake pelek gedhe bikin sendiri ya, habis brp maz?? gue tanya balik, mmg knp maz?? gpp nanya aja.. ya sudah dibiarin aza gue lewat.. kmrn2 pun ada razia, ndaak ditilang ya.. harusnya kena tilang ya?? aneh πŸ˜€

    *asli, bner2 trjdi.. sekali waktu itu πŸ˜€

    Guest
  71. kang thole..ya dua lah bannya.. masak tiga.. hehe :D.. yg dpn pake mizzle pwr vtx 60/80. blkg fdr genz i 70/80.. cuman karena pake tapak lebar g kliatan ceking.. nah dah aman deh dari razia.. πŸ˜€ handling nya jg enak menurut saya..

    Guest
  72. Belom lama ini gw sempet tuker pake motor sama ade gw, motor dia Y***** J****** Z. Blok mesin dah diganti sma blok mesin Y***** J****** Thailand. Dah dimodif segala macem, smpe ban’a pun ikut d’modif ban kecil. Persis ban mtr’a thole x.
    Sumpah tuh motor klo buat safety emang bener2 nga enak, jangan’kan buat rebahan. Buat jalan lurus aja posisi gw dah harus miring kearah kiri mesin, dah gitu ban’a nyendul2, dah kaya motor maenan (apalah itu nama’a)…
    Tpi klo buat akselerasi, gw acungin dua jempol deh, enak banget, lebih enak dri motor H**** M****** gw.

    Guest
  73. Tyt bener dugaan sy
    Didlm pikiran sy uda tergambar mtrna thole spt apa
    Persis sm mtr alay yg ada dtmpt sy
    Ciri2 mtrna
    -spion cm 1(kdg mlh gak ada).
    -lampu sein warna warni slain kuning.
    -lmpu stop warna kuning nyolok mata.
    -roda ceking
    -mesin dibore up sgala
    -jarang dikasi standar
    -knalpot bobokan
    Ciri2 orgna
    -jarang pk helm
    -pake jaket klebat2 gak dibetulin kancingna
    -Gak mau kalah kalo disalip
    -dibilangin ortu slalu membantah plgi org lain.
    -jalane zigzag kalo dikota2

    Smoga thole bukan beneran alay ya le
    :mrgreen:

    @yahon
    Wkwkwkwk
    biar ramping tp gak njadug dab
    gede soale Xixixix

    Guest
  74. wakakakak…oalaaaaaaaaaaghh leeeeeeee….motormu to le???
    yo wes ngati2 ae nang dalan dab…rasah miring2…

    Guest
  75. @157 harmi…
    kalo cm upgrade perform , mesin pakai block & piston set Vixion , 1.5 jt sdah cukup…..
    tapi merubah gender….bisa berjut-jut….lho dab…
    mendingan MX dilego bwt uangmuka Vixion…

    Guest
  76. @Joko
    mau upgrade Nouvo ke xeon…
    meskipun stroke sm…blok xeon ada kisi2 lubang air radiator…ini sulit…
    bore-up blok bawaan mtr…lubang crankcase harus dibesarin…cmiiw

    Guest
  77. setau saya kalo di mio pake ring 17, ga bisa pake ban standar bebek, musti pake ban kecil soalnya mentok.
    @nick, padune pengen kui,, xixixixixii

    Guest
  78. @164.joko
    contoh motor yg aman itu kyk apa, bro?? xixixi πŸ˜€

    *jangan sebut yang itu, gue kurang suka alarm blethaaak nya.. πŸ˜€

    @propus
    oow..injih…. siaaaap ndaan!! πŸ˜€

    @dhuwur
    wiih, pinter maz bro ini.. xixixi πŸ˜€

    @joko
    udah bro, nouvo nya jual aza.. tuker beat aza, lbh aman, bro.. ada rem parkir + alarm blethaaknya.. gimana, oke kan?? kaaaann… πŸ˜€

    Guest
  79. @ yahonsuwakanja
    Rencananya sih headnya. Sapa tahu bautnya tinggak plek. Radiatornya nggak usah, nanti pendingin udaranya dibantu pendingin oli. Kalau cuma jadi 125, seharusnya bisa to? Wong 350cc saja bisa. Ditempatku banyak yg pakai head fu utk cb.

    @ thole
    Tuh dah tahu motor yg aman. Nggak suka shock cuma sebelah, walaupun itu dari H.

    Guest
  80. @joko…
    klo cuma head-nya kemungkinan besar bisa..sekalian sm klepnya…
    penyesuaian lubang baut di head juga mudah …cmiiw..

    @169 dhuwur..
    yg pas dgn ban standar pakai ring-16 dab…

    Guest
  81. itulah sedikit dari sekian banyak orang yg menggambarkan gmn fby, semua telah menjadi jelas dan terang benderang… jelas2 alay, masih mau mungkir? itulah motor yg dulu dibangga2in bisa ganti2 casing sampe 3 warna…. kasihan y*ki “pelihara” alay stadium lanjut yg seperti ini, bnr2 kontra produktip… ati2 aja kroni2nya, bisa bikin antipati orang trhdp produk yg dibelanya…

    Guest
  82. @ yahonsuwakanja
    Soal presisinya gimana tuh? Masih berharap bautnya langsung pas. Ada yg sudah ukur?

    Guest
  83. @ bro yahon + bro thole yg ahli yamaha & all
    ane mo ganti neh mio soul ke velg ring 16 ban 80/90-16, belakang mungkin ga masalah, depan pernah coba pake suzuki skydrive (pdhl bannya 70/90-16 IRC) mentok ke spatbord/dek klo lagi shock nya turun, klo gampang sih ganti pake shock nouvo or mx, tapi neh pengen nya mo pake aslinya aja biar irit, tolong pencerahan ,matur nuwun bro

    Guest
  84. @dhuwur…
    wuakehh..dab…
    ra sah kwatir..
    IRC NR72 70/90 80/90
    Dunlop
    Swallow..2.75 ~ 3.00
    Vee Rubber
    Battalx…( mahal dikit ..tapi dijamin..)
    Commet
    Indotire..? ( ragu-ragu )

    Guest
  85. @baroto…
    aq cm tahu sekedarnya bukan ahlinya lho…guspur lebih ahli…
    bisa pilih 3 cara ….
    1. tambahkan oli shock supaya redaman lebih keras…( Rp 8000 )
    2. ganti as shock depan pakai jupi mx ( Rp 150 rb sepasang )
    3. ganti semua pakai Nouvo ( Rp. 1 jt-an ) lengkap segitiga atas…

    hehehehe…kira2 seperti itu..

    Guest
  86. wah mtr thole nampang di blog ini …good-la.

    Skutik jrg2 pake ban kurus, 17″ lagi…..biasanya mtr sport.
    Di mdn, rata-2 mtr sportnya pake ban kurus baik scouzy maupun ninja. Jadi kaya mtr vixy, sdh pasti digemari di sana krn bannya sdh ‘kurus’. Di sana susah nyari mtr sport yg bannya diupgrade gede…
    Soal kenyamanan ….mesti berkurang-la….

    Guest
  87. gak aman dan ga enak dipandang, buat apa pake ban kurus2?
    mending yg lebar, keren dan enak dipandang mata..

    Guest
  88. @baroto
    paling susah mmg mio soul, cover dek depan ga seluas mio sporty.. πŸ˜€
    kalo pelek 16, ban 70/90 kyk nya aman2 aza bro, ga gesrot cover dek.. πŸ˜€

    pelek 16 ga ada alternatif ukuran lain ya? 70/80 mungkin?? πŸ˜€

    Guest
  89. Pengin Skutik khusus cowok yg pake kopling + persneling kayak Vespa…. Wah klo gene namanya bukan matic lagi dong >>> 4 speed, kopling + persneling di tangan kiri… Wah asiiikkk nih. Klo ada ane pasti beli dah…. he…he….minpi disiang hari bolong kah???

    Guest
  90. @174.mareman
    kalo tau jelek ya ndaak usah ditiru, jelas kan bahaya.. xixixi πŸ˜€

    yang penting safety first aza bro, oke?? πŸ˜€

    @joko
    knp cuman 125 bro? tanggung ah, nyusahin pula.. pake seher gl pro neotech aza, bro.. dah jadi 150cc.. buat harian udah pas.. πŸ˜€
    ndaak perlu lah maen bubut sana sini.. bbm jg tambah irit dikit.. πŸ˜€

    Guest
  91. @ thole
    Kalau asal modif nggak suka, susah risetnya. Kalau niru pabrikan kan sudah nggak perlu coba2, langsung tiru saja.

    Guest
  92. @ bro yahon
    Klo itu ga kuat beli >>>>> seharga mobil bekas, pasti nya diatas 50 jeti, maksud ane ya nyang harganya sekitar vario-mio gito lah. Ban juga terlalu kecil, paling tdk 14″ baru nyaman. Vespa buatan Pulo Gadung (Dan Motor Indonesia) dulu cukup bersahabat ampir seharga bebek jepang tapi sayang 2 tak. tapi msh banyak berkeliaran dijalan.

    Guest
  93. @jaos

    bro jaos asli medan ya,,,

    biar nggak oot,,

    bro tole, tromolnya kok klinclong banget,, diapain tuh bro,,,???
    :))

    Guest
  94. @189
    gak asli amat, campuran-la….org kalo liat sy sdh nyebutin kira2 dari 7 macam suku-la….:)

    Guest
  95. itu (topiknya) namanya mothai…. gw sendiri heran kenapa ban di kurusin gitu… dasar gak punya modal… pengen cepet mah.. sana beli suzuki hayabusa jamin wusss..wussss

    Guest
  96. ^
    niatnya cmn pengen pake pelek lbh gedhe aza dr standar, krna pake ban rada gedhe ga muat, ya sudah pake ban ceking.. πŸ˜›

    @jaos
    sampeyan kmn aza, bro? kog baru kliatan, ndaak kangen apa sama sales2 tetangga sbelah.. xixixi πŸ˜€

    Guest
  97. @187.joko
    o,gitu ya.. πŸ˜€

    ==============================
    ngomong2, ndaaak tertarik sama xeon nih, bro?? mesin oke, tenaga manteb.. bodi udah aduhai.. kurang apalagi? (coba tanya nick69, kurang apalagi si xeon ini, bro) xixixi πŸ˜€

    Guest
  98. @thole
    Kurang side stand switch le.. wkwkwkwk :mrgreen:

    *clingak clinguk ngumpet takut ketahuan erik prabowo

    Guest
  99. sangat membahayakan , celakanya di bandung banyak banget yang pake ginian tuh anak sma ama kuliahan ,biasanya dipake balapan di malam hari atau monumen yang bisa ngebahayain orang “-.-

    Guest
  100. wah kayanya gw kenal nih foto velg 17 inch yg gw jual..hihihihii…sama latar kamar gw gw apal bgt,.hihihi.. gpp deh πŸ™‚

    Guest
  101. ini velg 17 ban 200 sengaja gw jual karana ya ga safety bgt deh…skrg akhirnya mio soul gw ganti pake ring 16 ban pake ban 2.50 dan dijamin untuk safety pasti safety banget..memang bagian dek depan bagian bawah ada yg harus dicoak dan di fibberglass ulang supaya rapih…dan skrg pakenya enak..masih tetep terlihat manis dengan velg ring 16 (TK) dn ban 2.50…. πŸ™‚

    Guest
  102. motor honda beat gw terlihat manis dan siip bnt pakek velg 17 n ban ukuran 200. menurut gw mengENAI SAFE YA SAH – SAH AJA.. SOALE GWE GK PERNAH LARI KENCANG N TERBURUR – BURU…. KLO YG SUKA NGEBUT2N Y JNGAN…

    Guest
  103. share aje bro sekalian yah
    plus na ban kecil : hrg lbh murah,tapak lbh awet,manuver lbh lincah,anti ranjau paku,bbm lbh irit,kaki2 lbh awet.,gear set awet,rante gk gampang kendor
    minus na : tergantung jokinya bro
    so bagi yg suka ngesot trus nyunsep ‘loh musti sekolah lg bw mtr bro’.kesimpulan nilai positifnya jauh lbh bnyk dibanding minusnya toh ‘jd cb dolo jgn ngomong tok,gk di cb mn tau’
    cat : mbok yo pk ban kecil yo jgn terlalu kecil ckp dpn uk.60/80 & blkng uk.2.25 jenis tapak disesuaikan sm karakter supir.lah kalo pas bs super stabil bosurah,tapak lbh awet,manuver lbh lincah,anti ranjau paku,bbm lbh irit,kaki2 lbh awet.,gear set awet,rante gk gampang kendor
    minus na : tergantung jokinya bro
    so bagi yg suka ngesot trus nyunsep ‘loh musti sekolah lg bw mtr bro’.kesimpulan nilai positifnya jauh lbh bnyk dibanding minusnya toh ‘jd cb dolo jgn ngomong tok,gk di cb mn tau’
    cat : mbok yo pk ban kecil yo jgn terlalu kecil ckp dpn uk.60/80 & blkng uk.2.25 jenis tapak disesuaikan sm karakter supir.lah kalo pas bs super stabil bos

    Guest
  104. kalo faktor kenyamanan bener bener GA NYAMAN. soale aku jg pake ring 17 di mio j ku. pake ban aslinya aja keras, apalagi diganti ban lebih tipis 60/80 depan belakang. 70/80 ga muat buat belakang. ane pake velg asli (bukan velg variasi yang warna warni) memang tujuannya lebih aman buat nyemplung lobang

    cuma dilihat lebih ganteng, soale ga suka ban ring kecil, takut kecemplung lobang. kalo ring gede kan lobangnya jadi ga gede amat. inget jaman naek vespa yang rodanya kecil hehehhe

    kalo masalah bikin kecelakaan, tergantung pengendara nya. ane pake ban duro malah lebih enak. pilih kembangan yang alurnya bolong sampe samping. biar ga licin. jangan beli ban cuma karena kembangannya bagus. ban asli dunlop pun malah garis alur ga sampe samping…. jadi licin kalo jalan basah.

    jadi bukan masalah ban kecil ato ring 17 yang bikin kecelakaan, tapi pengendaranya. naek motor standart pun, kalo ugal2an tetep aja bikin celaka, baik dia sendiri ato orang lain.

    Guest
  105. kalo ring 17 itu unggul di speed n handling nya bro, tapi gak stabil saat lewat jalan yang buruk rupa, so yang pake ring 17 mesti alon” waton kelakon kalo lwat jalan remuk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here