Bro sekalian seperti kita ketahui bahwa Thailand menjadi pusat RnD dan produksi berbagai pabrikan motor Tidak Kurang Kawasaki Ninja 250R, KLX 250, ER6, Suzuki Satria (raider), Honda PCX, Honda Supra, Wave AT, Yamaha Mio 12 (Xeon), dan banyak motor-motor lain yang berseliweran di sini merupakan hasil riset dan pengembangan Thailand. Kenapa Thailand jadi Pusat RnD dan Produksi Motor? Padahal seperti kita ketahui setelah lengsernya mantan PM Takhsin . .. Kondisi politik Thailand cenderung kalah stabil dibanding kondisi politik negeri kita. Saya dan mas Adhi Nugroho sempat berbicara dengan Pak Paulus S Firmanto Chief DDS Yamaha Jakarta, Yang menurut gosip ala SL.com akan menggantikan Pak Bambang Asmara Budi yang akan memasuki masa pensiun sebagai GM Promosi & Motorsport PT YMKIΒ  saat launching yamaha Xeon mengenai hal ini . . bagaimana tanggapan beliau?

Menurut Pak Paulus, hal ini semata-mata dikarenakan Kecepatan waktu pengembangan manufaktur otomotif di Thailand. Maksute opo bro? begini sebagai ilustrasi menurut pak paulus, di Indonesia untuk membuat mootor dari desain gambar sampai motor utuh dibutuhkan waktu sekitar 6-8 bulan lamanya. Sedangkan Thailand berhasil memangkasnya menjadi sekitar 3 bulan saja. Lho apa yang menyebabkan? apakah karena SDM nya? atau apanya? . . . Pak paulus kembali membeberkannya . . . karena Di Thailand menguasai pabrik manufaktur support otomotif dari hulu ke hilir yang kesemuanya dipayungi oleh pemerintah sana. Sehingga akan didapatkan kemudahan memperoleh support pengembangan yang akan mempercepat proses.

Sehingga tidak heran pula hal ini pun berimbas ke bisnis aftermarket. Kita tahu sendiri dan akui bahwa untuk masalah asesoris Aftermarket, kitapun masih cenderung condong melihat ke produk negeri gajah putih, banyak pengusaha variasi yang bolak balik Jakarta-Bangkok untuk bisa mengupdate dagangannya, cmiiw. Nah bagi yang sering ke Thailand, kayak Guspur dan yang lainnya monggo di share pendapatnya, Semoga berguna

Taufik of ButenZorg

Gambar : SL.com, http://www.pictures.reuters.com/

285 COMMENTS

  1. guspur lagi berendam air panas di pataya mas, jadi ogah koment dulu, nanti kalau dah balik baru.

    bakar kemenyan ah, siapa tahu gus pur dan mahyut bisa nampak…

    Guest
  2. Dl gus pur pernah jg nyinggung soal ini,misalnya mslh birokrasi,infrastruktur yg buruk,jln k bandara srg banjir..jd kt krg dilirik u R&D

    Guest
  3. memang pemerintah Thailad sudah jauh mendukung perkembangan industri otomotif. Gak heran begitu jauh ama negeri sendiri, contohnya pajak kendaraan bermotor yang terlalu tinggi, begitu susah mendapatkan kualitas yang sama dengan harga sama, apalagi pajak buat motor CBU, pemerintah kelihatannya kurang mendukung perkembangan industri otomotif (motor, mobil) tapi pengahasilan dari pajaknya aja yang diincar dan ditinggian terus tiap tahun

    Guest
  4. bro taufik,

    knapa koq gak semua produk2 motor di thailand diluncurkan ke indonesia. kan market mirip2, apalagi disini demand untuk motor masih besar, apalagi motor aneh2 kayak ninja 250, honda pcx, suzuki rider (satria)

    apa keterbatasan kapasitas produksi atau masalah SDM? toh banyak produk thailand diadopsi dimari, knapa setengah2 yah masukinnya.

    Coba semua produk mbrojol dimari, pasti peta market share dan persaingan nggak bakalan monoton kayak skrg πŸ˜€

    Guest
  5. yang jelas para pejabat di negeri kita bermental preman, yang selalu meras dan korup. mungkin itu sebabnya investor ogah menjadikan RI basis R&D, yah nasib jadi rakyat yg pemimpinnya dzholim. (geram mode=on). :angry:

    Guest
  6. yg jelas mental birokrasi disini masih menganut paham “kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah??”
    shg sizuki ajah yg RnD x dah dimarih, jg sulit bwt nelurin kreasi baru

    Bwt SDM ane kira kagak ad yg slh ma SDM kita sbenarx..

    Guest
  7. nasib dah jd negara konsumtif, dijejali produk macam apa pun laku juga…
    Trus klo da produk ditelan mentah-mentah, ga ad alih teknologi babar blas..
    Yah mngkin selamax siap2 bngsa qt cm dijadiin sapi perahan penghasil susu terbanyak, namun tak bisa memilih/ mendapatkan makanan yg layak….
    -dongkol-

    Guest
  8. indonesia masih sebatas menjadi negeri konsumtif. jadilah sasaran jualan produk berbagai negara, ya termasuk R2 ini… ATPM yang ada di sini – mudah2an tidak termasuk suzuki – sebatas jualan motor aja, bukan ngembangin motor sesuai karakter dan maunya pengendara R2 indonesia…

    mungkin pemerintah juga turut andil kenapa indonesia belum bisa jadi pusat RnD, tapi kalo ATPM mau bersusah payah dan berpihak pada pengendara R2 di indonesia, mereka bisa sedikit menekan atau bahkan “mengancam” pemerintah indonesia agar bersungguh2, konsen, n perhatian pada pengembangan R2 di indonesia.

    Guest
  9. Iri ma Thailand, masyarakatnya udh dpt kan yang terbaik utk roda dua drpd negeri ini. Kalo datang kesini produk otomotif dr thailand (motor) pasti Downspec, kapan yah dapatkan yang terbaik sesuai dengan harga yang kita bayar πŸ™

    Guest
  10. @ayume
    sepertinya sih karenasifat komsumennya yang berbeda . . .kalo Honda dan yamaha misalnya, mayoritas duluan di Thai dibanding di maruh launchingnya . .. nah beda tuh sama N250R . . . kalo ngak salah Indonesia dulu negara Pertama Launching niy motor di Asean, cmiiw
    maksutnya .. . gak semua yang laku di Thai .. . bisa laku juga di sini . . .yaah ini semua hasil RnD internal pabrikan juga kayaknya

    @ObieZone
    nah itu dia .. . saya juga heran . . .kalo di marih ada kerusuhan kayak yang di Thai . . . investasi pasti udah macet . . .tapi koq di sono . . . . embuh dah xixixixixi

    @jabrik feat sastro
    disinyalir ada juga faktor birokrasi . . .

    Administrator
  11. Harapan satu2nya,mari buat motor sendiri.dulu pernah ada jatayu,pernah ada bembi,sekarang ada fais motor.mungkin masih banyak yg lain lagi yg belum ketauan…

    Guest
  12. baca di detik.com harga all new odyssey 2x lipat harga di U.S.. ya trnyata pajaknya mahal! mungkin krn pajak kali πŸ˜€

    Guest
  13. Tampaknya perlu seorang presiden yg merupakan biker.. Mas taufik ato mas tri gitu.. 230 jt pengunjung indomotoblog siap mendukung..
    πŸ˜€

    Guest
  14. gara2 dulu pas orde baru, investor gak berani masuk sini, mental pemerintahan korup banget, pemimpin dari mulai camat, bupati, gubernur sampe mentri semua tentara..
    lha tentara disuruh megang ekonomi, gimana?? yg ada pengusaha kena tekan terus, industri gak berkembang… πŸ™

    coba lihat, cikal bakal infrastruktur asean itu ya periode 1980 sampe 1990 an,, muncul industri dalam skala besar. sedangkan di sini hancur.. merek2 lokal semacam bintang terang (binter) pun gulung tikar, pdhl jika didukung pemerintah bukan gak mungkin bintang terang itu sekarang udah lebih besar dari bajaj atau bahkan bbrp merek jepang, malah mungkin sdh masuk team motogp..

    toyota pun yg buka pabrik disini dibebaskan utk pake merek toyota,, pdhl shrsnya kijang only,, beda sama tetangga yg menamakan produk mitsubishinya dg proton, skrg proton sdh berdiri sendiri..
    wis ah…

    Guest
  15. Mas taufik, kerja di RnD tu butuh ketelatenan, biaya besar, siap menerima gagal uji coba, dan gak instan.
    Nah, pemerintah n pengusaha kita mana ada yg mau investasi besar2an utk RnD. Selain krn biaya yg besar jg krn gak siap dg ujicoba bkali2. Sebagian kita udah enjoy sama hal2 instan, mie instan, sekolah instan dll. Tapi anehnya kalo urusan birokrasi kok gak instan ya? Malah ribet.

    Guest
  16. Skrg ja byk mobil nasional yg 250-800cc,ms mesinnya gak bs dimanfaatin u bkn moge ya..duh pemerintah2 pdhl tu mobil dijual 30-60jt
    IPTN ja hmpir2 gulung tikar gara2 tak di dukung & diproteksi

    Guest
  17. Ga ngerti politik
    Ga ngerti R n D
    ngerti ny cm beli truz d pake jalan klo ada yg rusak minta duit ma nyokap buat ke bengkel…
    Hahaha

    (ALAY.com)

    Guest
  18. Koment foto paling atas:
    Ceritanya ada seorang pewarta yang mewancarai pejabat ATPM, dengen muka yang mendongak menantang,
    Yang diwanwancarai menjadi marah
    xixixiixixixixixi
    ***mencoba membaca arti sebuah gambar***
    :mrgreen:

    Koment artikel:
    Penguasaan oleh pemerintah bagus, jadi prosesnya cepat seperti keterangan di atas.
    Jika diserahkan swasta juga bisa bagus, karena persaingan terbuka hanya yangterbaik yang diterima.
    Sepertinya birokrasi disini yang juga berperan.Disiplin juga berpengaruh.
    Walapun dari hulu ke hilir ditangani oleh swasa semua, asal semua disipilin tanpa birokrasi yang menyusahkan juga sepertiny bisa lancar.
    Sebagai contoh gampang saja adalah pengiriman barang. kalo birokrsai mudah kan bisa lebih cepat

    Guest
  19. konsistensi penerapan peraturan yang dilakukan aparat dan kepastian hukum dalam berusaha yang jadi jaminan untuk berinvestasi…itu yang jadi pertimbangan utama.

    Guest
  20. @ 48 …aoyama ; maka dr itu sesekali Fiat bkin motor sport colobrasi am Yamaha di Thailand, kali aj bgus gtu sbagus YM1 nya rossi tuh kan bkinan Fiat Yamaha tau wkwkwk πŸ™‚

    Guest
  21. motor dengan roda 3 termasuk usaha litbang di Thailand juga ya?
    *Cagiva Stella dengan gambar gajah putih*

    Guest
  22. konsistensi pemerintah & peraturan perundangan kuncinya, gak cuma disektor industri, klo diterapkan disemua sektor insyaAllah bakal maju lawong secara SDM orang Indonesia kie pinter-pinter.

    Guest
  23. @ 55 a seen:
    tidak hanya pemerintah, tapi masyarakatnya juga. Mana mau orang buka warung kalo lokasi usahanya tidak kondusif alias tidak aman dan tidak nyaman, walau pembelinya banyak.

    Guest
  24. Pagi2 atrikelnya dah nyang berat2 mas taufik. Ngko,… tak mikir ndisit ( tegalan mode :on )

    Guest
  25. Setuju bngt klo dibilang pemerintah sbg yg menetapkan regulasi jd faktor yg penting.
    Tp klo faktor konsumenny ndiri gmn ya?Mksd ai,pengaruh ke hasil riset R&D g sih klo mereka ada dilingkungan konsumen yg standarnya msh rendah (no offense please)?Scr konsumen indo mayoritas asal modelnya bagus udah laris.G peduli ada fitur safetynya ato g,performa mesin,teknologi mtr,dsb

    Guest
  26. iya neh pemerintah cm mentingin dri sndiri aj. cb R&D smua motor d pindah d sini, pasti harganx lbih terjangkau + lapangan pekerjaan. huuh… payah neh pemerintah, OOottt..!!!!

    Guest
  27. @KIlibil
    setuju bro, tapi kan masyarakat dh mendukung, tinggal kebijakan pemerintah menentukan hal ini. setidaknya di mari kan tenaga murah, konsumen banyak, regulasi politik lebih stabilan di mari daripada di tailand

    Guest
  28. Foto yg paling atas itu malah terkesan kayak menawarkan Teh cap Gardoe deh..daripada mewawancarai…..xixiixixiix….
    kaborr ah ntar yg difoto mrh….xixiixixixi :mrgreen:
    *Berusaha menjual Teh Gardoe*

    Guest
  29. Imto, perlu adanya reformasi ( yg sebenar- benarnya-bukan hanya slogan pd wktu kampanye doang di sektor birokrasi pmerintahan ( trutama dan utama), prlu jg adanya regenerasi yg mnyeluruh pmbuat kbijakan di marih, -ini yg sangat sulit, krn mental pejabat kita nyang “kalo dah duduk (pura2 lupa & oggaah) utk berdiri” πŸ˜› & mental poli’tikus’ yg slalu mmikirkan partai & perut mereka doang. Cmiiw…

    Guest
  30. Apa yg bisa dibanggakan dari negri yg terkenal korup oleh banyaknya oknum pejabat bermental penyakit kanker

    DARI HULU KE HILIR ….isinya KORUPTOR, PEMALAK dll

    Guest
  31. OOT,,

    Bang opik, di thai sono lebih cepet merealisasikan dari desain gambar menjadi motor utuh karena faktor industri manufaktur nya dari hulu ke hilir dipayungi pemerintah,, contohnya apa bang opik,, apa semacam regulasi pemerintah atau ada departemen khusus yang membawahi industri RnD motor di thai sono,,

    Guest
  32. Yes Pertamac!!!

    Oiya,knapa ya harga2 disana lbh murah drpd sini?
    Di india jg lbh murah lhoh.
    Apa pajaknya sini yg bsar?
    Trus lari kmana?
    Jalanan ttp rusak
    Lalu lintas tmbh smrawut

    Suudzon off

    Guest
  33. @68 nick

    pertanyaan jebakan,,,,

    buahahahahahaha,,,,

    :mrgreen:

    Guest
  34. alasan klasik pemerintah adalah untuk melindungi produk otomotif dalam negeri, dulukan ada Binternya Edy Tansil sama Timor+Bimantaranya pangeran Cendana yah walaupun 2-2nya bangkrut karena asal comot produk orang (kawak KZ200/KIA/Hyundai) makanya di zaman ORBA Birokrasi untuk pabrikan luar R&D di Indonesia dipersulit tapi karena sudah terbiasa, sampai sekarang pun tetap sulit. (didikan ORBA) sampean tau sendirikan, nggak usah lihat yg uangnya gede kek diatas, bikin KTP/SIM yg wajib aja repot . . jadi wajar kalo Pabrikan R2 rada enggan R&D di Indonesia
    @52 rey: YM1 itu memang bukan produk yamaha jepang, tapi juga bukan produk fiat, tapi yamaha italia . fiat hanya membuat koil/magnet/apalah yg diadaptasi dari mobil F1 Ferrari untuk M1.
    regards.

    Guest
  35. NEGRI KEBANYAKAN REGULASI TP NGGA KONSISTEN HULU KE HILIR D PENUHI PUNGLI CARA GAMPANG NGGA MIKIR TEMPEL DOLAR BERES BAH NGESELIN

    Guest
  36. @mercon
    itu katanya pak Paulus . .. bukan kata aku xixixi . . .tambahan dari beliau . .. mayoritas industri hulu macam baja dan logam2 lainnya benar2 mudah mengakomodasi kepentingan produksi dalam negeri, imho, mungkin karena adanya campur tangan pemerintah sana ya, cmiiw

    Administrator
  37. sebelum para preman yg pake jas & dasi di berantas…hem…susah untuk menarik R n D di mari mas…
    untuk itu mari kita dukung hukuman mati bagi koruptor….!!!!!!

    Guest
  38. Kerusuhan di sana beda, rusuh lawan pemerintah ya lawan pemerintah,
    kalo di sini rusuhnya ngrampok, menjarah, memperkosa minoritas…ngancurin barang orang dan fasilitas umum…

    R&D di sini, baru setengah jalan, bisa2 insinyurnya pindah, atau lebih parah lagi dibocorin/dijual ke saingan, selesai R&D langsung dijiplak, masalah paten, masalah duit & KKN, sekarang aja kerja di diler/beres/atpm aja sudah nyebar2 spyshot, ngga pake duit lho, gimana kalo diiming2i duit? (entah kalo disengaja ya..)

    Pasar memang lebih besar, tapi malingnya lebih banyak..
    Kredit motor aja untuk dibayar DP doang, dipake habis2an, dipretelin..itung2 nyewa..katanya..

    Penjualan motor lebih besar, tapi sudah begitu jadi motor tarikan semua?? yang bonyok lembaga pembiayaan, ujung2nya ada bank collaps lagi, krismon lagi..

    cape deh.. mending ngga usah cape2 ngembangin, terima jadi aja, ga laku, ganti model lain..
    gampang toh?

    yang jelas lebih murah dikerjakan di sana, karena harga motornya saja lebih murah di sana kan?
    ada yang lebih murah dan gampang, ngapain cari yang susah dan mahal?

    Guest
  39. apa yang dipikirkan adalah hasil cerminan itu sendiri.
    Kalau di thailand memang ada kaus merah namun disini lebih banyak kaus2 yang lain yang senangnya demo bikin rusuh sepanjang hari. tanpa jelas tuntutannya apaan. (apa ini kondusif untuk pengusaha)

    Pemerintah juga ngga mendukung investor masuk dengan rumitnya birokrasi yang ada dan undang2 yang berlebihan.

    bener kata bro yang di atas bikin KTP aja susah, KTP saya agamanya non muslim (sorry no offense) harus nambah biaya lagi buat merubah agama yang memang agama saya dari dulu. (maaf kalau contohnya ekstrim dan tidak bermaksud menyinggung)

    Pengalaman pribadi saya, buat akte lahir anak saya aja “MASIH” menggunakan SKBRI yang notabene sudah dihapuskan sama presiden sendiri, (kalau ngga ada surat itu nambah biaya lagi)
    koq jadi curhat sichhhh

    intinya mental korup tetap susah mau maju, karena moto nya
    “Gue Untung, Bangsa Buntung”

    Guest
  40. memang sulit tidak ngomong kejelekan pemerintah dalam hal ini….
    yang merasa dikacungi pemerintah sabar aja…
    yang merasa negara ini begitu jelek, ubahlah dari diri sendiri dan mulai dari yang mudah dulu (mode aa gym)…

    lanjut om taufik….

    Guest
  41. menurut akyu : tidak ada minatan sama sekali dari pemerintah utk menciptakan iklim investasi yg benar2 baik ! Terbukti dari sarana dan prasarana yg ada, bikrokrasi, politik, keamanan, dan juga pemanfaatan sdm semua itu diurus dgn tidak maksimal alias seadanya ! Kita tunggu saja kedepannya apakah ada perubahan yg dilakukan pemerintah skrng menggingat janji2 politik di masa kampanye !

    Guest
  42. pemerintah kayakna cari gampangnya aja dengan narik pajak gede2. coba bikin regulasi kalo setiap produsen mesti mengembangkan risetnya di Indonesia sambil jual dagangan. intinya bikin regulasi yng meragsang industri. selama ini kan alurnya industri bikin produk->jualan->pemerintah dompleng dapat untung dg menaikkan harga berlipat2->konsumen(rakyat). kesannya kan mirip makelar! gmn kalo dibalik. Pemerintah ada dibelakang dgn menetapkan regulasi kepada produsen yg bertujuan merangsang industri lokal dan memaksa produsen sbg subject untuk membangun(mis. harus ada pabriklah, mesti ada RnD di marihlah, etc)->produk->jualan->konsumen.
    begitulah kira2. πŸ™‚

    btw salam kenal sama mas Taufik. biasanya saya cuman lewat doank di marih, sekalinya komentar langsung panjang.. :-). maklum hasil resume bbrpa kali lewat….
    btw lagi.. saya setuju artikel2 yg spt ini kykna kudu sering diulas sma rekan2 bloger. sbg masukan buat pemerintah plus kita konsumen jadi makin ngeh apa yg kita spend harusnya sesuai dg what we get.

    Guest
  43. well…
    saya setuju kalo kita kalah sama thailand, apa nih tugas saya? masak mau menggantungkan diri sama pemerintah terus?
    minimal saya nabung buat pendidikan anak cucu saya, biar anak cucu saya nggak goblok lagi (atau mau digoblokin).
    jangan deh duit saya abis buat beli barang2 sekunder (atau malah tersier) melulu, sedangkan buat pendidikan anak cucu ngeluarin duit kayak susaaaah banget. saya akan kasi pengertian ke anak cucu kalo pendidikan itu penting, dan mendampingi mereka.
    sudahlah kalo emang sekarang saya goblok, yang penting anak saya gak goblok.
    teman-teman, doakan anak saya jadi presiden yang soleh dan mengabdi pada negara yaaa. amiiin….
    πŸ™‚

    Guest
  44. @[email protected]
    yupss……
    demo di thailand sangat jarang berakhir pengrusakan….
    di sini hampir setiap demo pasti diakhiri pengrusakan..dari demo pelajar-mahasiswa…smpai kampanye kepala-desa , aset-aset negara..prasarana umum dirusak…
    sodara2 kita mudah marah…pemimpin kita nggak peduli….
    sampai kapan entahh..lahhh….
    ( melas . mode: on )

    Guest
  45. Terimakasih kepada bro Taufik atas artikel ini
    sekarang saya jadi tahu jawaban atas pertanyaan saya selama ini
    thanks banget

    ———
    ‘btw saya juga setuju sama komentar bejoo…
    ———
    jadi ngerti saya akhirnya | pemerintahnya mendukung industri ^_^

    Guest
  46. kenapa banyak pengusaha dan pabrikan macam sony dan nike hengkang dari negri kita…?

    Tanya kenapa ..?

    Guest
  47. 77. stoner27

    Kata ente ;

    “Pasar memang lebih besar, tapi malingnya lebih banyak..
    Kredit motor aja untuk dibayar DP doang, dipake habis2an, dipretelin..itung2 nyewa..katanya..”

    “Penjualan motor lebih besar, tapi sudah begitu jadi motor tarikan semua?? yang bonyok lembaga pembiayaan, ujung2nya ada bank collaps lagi, krismon lagi..”

    ====================
    hi hi..hi
    itu saran gua diartikel yang lalu.. tapi gak pake pretel2an..

    abis gimana yachhhh…
    namanya juga pabrikan gak punya RnD jadi produknya banyak yang babak belur pas baru dipake beberapa bulan…
    daripada dapet produk busuk, en duit kita ilang, jadi win-win solution-nya, mau gak mau, suka gak suka yachh seperti itulah…
    tapi tetep gak pake pretel2an.. πŸ˜€

    Guest
  48. coba deh para komentator yg hebat2 ini ikut andil jadi birokrasi, siapa tau bisa merubah..

    Ayo2 kampanye…

    Guest
  49. Stoner 27 & Ban kai

    Betul bro
    Kaum minoritas di negara ini slalu di injak2 sm kaum mayoritas coba klo bs hdp slng berdampingan psti negara kita/yg trcinta ini akan lbh indah & damai

    Soal R & D
    Ga bgtu penting krn mrupkan kbthan sekunder, lbh baik primer ky lapangan kerja, pendidikan, dll

    Guest
  50. Vespa ijo
    Slm SOG bro,
    Salute gw ma anak2 club vespa
    anti kemapanan & kompak bngt…

    Pngn pnya vespa classic tp blm ksampean (kog jdi curhat)

    Guest
  51. mbaca artikel mas Opik.. bikin saya jadi miris..

    pernah mbaca artikel mobil ESEMKA.. keliatan produknya bagus, sayang dibagian tertentu disainnya agak ke china-china-an.. πŸ™
    (bikin desain sendiri ngapa..?? jangan ber kiblat ke “china style”)

    pernah juga mbaca artikel Motor ESEMKA.. ato Laptop ESEMKA..
    sayangnya disain motornya koq 100% mirip supra lawas.. en produk Laptop-nya gak booming… πŸ™

    saya sendiri kepingin produk2 tersebut jadi maju dan besar..masalahnya, saya sendiri gak pede kalo beli produk2 tsb.. alasannya cuma satu “PURNA JUALNYA BAGAIMANA..?? ”

    jadi untuk saat ini saya hanya suka beli produk2 yang di riset bangsa sendiri yang sifatnya “habis pakai”
    Misal helm, ban, asesoris / sparepart kendaraan, en konco2nya..

    Guest
  52. Kenapa Thailand jadi Pusat RnD dan Produksi Motor?
    Jawab :
    1. Budaya diThailand, sangat menghargai tamu dari luat negri
    Buday Indonesia, kalo ada tamu dari luar negri diperas duitnya

    2. Pemerintah disana sangat mendukung pengembangan industri
    Pemerintah disini yang penting bathi

    3. Kalo diThai, mendirikan perusahaan birokrasinya gak seribet disini
    Kalo disini, mendirikan perusahaan harus ngasih “Mel” RT,rw,
    lurah, camat, bupati dll dan kalo udah berdiri, pasti ada moto
    “Tiada hari tanpa sumbangan”…ixixixixi…

    Guest
  53. Sejauh pengamatanku kenapa RND di Thailand..

    karena industri motor disono udah berkembang lebih dulu dari Indonesia, memang sekarang penjualan jauh lebih besar di sini, tapi saat kita masih naik astrea prima, di Thai udah naik motor berfairing……

    lha kalo menggeser dari Thai ke Indonesia kaya’nya gak se-simple itu, ada infrastruktur disana dan harus bikin ulang di sini, belum lagi para expert-nya…. dan kesiapan2 ATPM bersama supliernya.

    nyumet Lilin… ben guspur menampakan penampakannya yang jarang tampak
    πŸ˜€

    Guest
  54. Aku baca dari atas kok jadi jarang orang lama yah…
    apa pada rame2 ganti nickName gara2 udah guyup di FB….
    @ Yahon…
    ketemu lagi mas….
    gmana kabarnya??
    @ Kang Opik…
    punten ya kang OOT….
    itung2 temu kangen ama komengtator…
    pikiranku udah jebol klo di suruh mikir serius….
    kang sekali2 review ZX6R Performa Edition yang di sebar di pasaran eropah dong,…
    mak Nyuzzzzz kang….
    @ Bonsai…
    Xixixixiiiiii…..

    Guest
  55. @103 1001..aka sewusiji…
    abdi mah damang kang….kamana wae…
    oh ya….tgl 8 ~ 9 Mei , ini sy mau off-road ke Tasik ( Panjalu )
    motor sudah dikirim ke Tasik hari minggu kemarin….
    sy & temen2 berangkat Jum’at sore…
    ayo gabung…2 hari loh….
    tgl 8 pagi off-road event malam nginep di gn panjalu…pagi ulin bareng jeung off-roader Tasik..skalian silaturahmi….minngu malam pulkam…

    Guest
  56. Salut ama thailand…. negri lagi kacau balau gitu…. masi dipercaya jadi pusat RnD …. hehee…. btw. kmaren liat di tipi yg demo banyak yg pake nasir euuyy…. padahal disini langka….. wkwkwkw

    Guest
  57. pemerintahe kelewat rakus bin korup, pabrikan lgsg ngeri mbayangkan jd kurus kering gara2 prmintaan birokrazie seng mbulet dan menuntut pelumas extra licin dan banyak..!!

    Guest
  58. warung ini lebih asyik, lebih nyaman daripada warung juragan sebelah yang sangat condong ke AHM! Senenge ngejelek2in ATPM tertentu dan membela habis2an AHM!

    Bravo Mas Taufik, aq yakin bisa ngalahin warung juragan sebelah deh. Apalagi metode fixed posting tiap jam 4 pagi, terbukti maknyusss…. Bikin orang pada bangun pagi, sholat tahajud de el el…

    Guest
  59. @ 102. Awakku – Mei 4, 2010

    Kata ente ;

    Sejauh pengamatanku kenapa RND di Thailand..

    karena industri motor disono udah berkembang lebih dulu dari Indonesia, memang sekarang penjualan jauh lebih besar di sini, tapi saat kita masih naik astrea prima, di Thai udah naik motor berfairing……
    ==================================

    he.. he…
    iya betul tuch mas…
    saya baru inget pas awal taon 90an jaman masih sekolah STM en sering baca2 tabloid..

    di tabliod itu sering ditulis gimana majunya industri roda2 di thailand..
    jaman anak muda pada demam tiger ama ninja 150 “standard” eh ternyata motor sport kelas 150 cc two stroke disana udah lebih maju.. en varian produk yang pake “mesin” tiger juga lebih mantep..contohnya yaaa.. phantom 200cc itu..

    hasilnya keliatan pas balap road race asean kelas 150 2tak..
    yang menang dari thailand semua..
    Naeknya ninja krr 150 ama NSR 150 sp.. (alias motor2 full fairing)

    gimana pembalap kita ??
    masih pada pake ninja 150 standard/trondol, rgr 150, malah ada juga yang nekat naek rx king.. πŸ™

    dari situ jelas sekali keliatan.. betapa ketinggalannya industri otomotif R2 kita…

    Guest
  60. @yudibatang : bener banget tuch, kalo orang indo ke thailand mereka very welcome, ga kaya di indo, orang luar masuk, malah di mahal2in aji mumpung.

    contohnya simple aja, orang jakarta dah banyak yang tiap minggu ke bandung (sejak ada tol cipularang -memudahkan) namun efek sampingnya, makanan di bandung jadi mahal2 semua, kaya di daerah aja kalo liat PLAT B langsung pada ijo matanya.

    Guest
  61. Hem…walaupun cangkeme nyampe mumplog(berbusa)mereka(pemerintah)tetap gak mau menggubris…
    yg ada malahan kalau ada anggota dewan kena kasus hukum temen temen di lembaganya malah pada pasang badan…
    tapi….kalau ada rakyat yg tertindas ee…h..boro boro pasang badang muncul aja enggak…gitu aja ngomong wakil rakyat…hem…

    Guest
  62. dari blognya mas taufik gw dpet ilmu ilmu + info info yg fresh.. walo kdg ada bakar bakaran.. xixixi.. sukses bwt mas taufik n smua komentatornya πŸ˜€

    Guest
  63. dari blognya mas taufik gw dpet ilmu ilmu + info info yg fresh + bermanfaat.. walo kdg ada bakar bakaran.. xixixi.. sukses bwt mas taufik n smua komentatornya πŸ˜€

    Guest
  64. 111. era

    ga gitu kalee, situ aja yangsensi, atau ga bisa menyesuaikan. mungkin juga Lo yamaha banget sehingga sensi kalo diulas atpm lain…makanye Lo bikin blog sendiri yang 100% mengulas yamaha toq. dijamin deh…..

    Guest
  65. @111. era – Mei 4, 2010

    warung ini lebih asyik, lebih nyaman daripada warung juragan sebelah yang sangat condong ke AHM! Senenge ngejelek2in ATPM tertentu dan membela habis2an AHM!
    ==========================================

    wah..kita sebagai komentator yang baik, gak boleh lho berprasangka buruk pada orang, apalagi ini blogger yang bikin artikel berdasarkan keinginan hati alias gratisan gak ada yang bayar. Artikel warung juragan sebelah juga objektip kok bro menurut sy lho..

    Salam bikers

    Guest
  66. walaupun thailand lagi kacau balau…..itung-itungan pabrikan buat R&D dan Pusat Produksi motor di sana jauh lebih menguntungkan (masih dapet untung….), beda kalo disini yahhh lebih banyak dipotong biaya & pajak ini…itu…dll jadi setelah dihitung lagi jadi rugi donk….. (banyak markus sih….. )
    Jadi kalo mau R&D dan Produksi motor pindah ke Indonesia, tuh markus2 mesti dibasmi dulu pake racun markus…….

    Guest
  67. era
    wah masih ada aja neh orang kaya geneh,,,,,hehehehe,,,pdhal pernah diulas…..ambil baiknya buang buruknya…….

    btw warung juragan yang mana neh…kasih tau duuunk….

    Guest
  68. Monggo2 dikoordinir warga indomotoblog pindah kewarganegaraan. jadinya apa ya? Thaimotoblog. ntar kalo dah bosen ngarain jadi warga thailand sapa tahu rindu jadi warga indonesia. soalnya mungkin jadi warga indonesia lebih terasa kalo idup diluar negeri hehehe….

    Guest
  69. emang ada blog yang condong ke atpm y? kyknya independent smua.. juragan sebelah yg mana? :D.. maaf pendatang baru.

    Guest
  70. haaaaaaaaaaaaaadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr……………………………………………………………………………………………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    walaupun telatttttt……………

    :mrgreen:

    Guest
  71. contohnya di daerah inyong, beberapa investor dibidang manufaktur/asembly elektronik dah hengkang dari sini, gara2 birokrasi yang berbelit2, mereka kabarnya banyak yang buka pabrik di china, alasannya tenaga kerja lebih murah, stabilitas politik (jarang ada demo), tapi kasian nasib karyawan2 yang perusahaanya pada tutup. ada tutup terang2an artinya setiap karyawan yang di berhentikan/phk mendapatkan sesuai dengan haknya, tapi yang lebih kacau lagi ada yang perusahaan yang tutup secara diam2, dan tidak memberikan hak2 nya kepada karyawannya,,

    Guest
  72. kehabisan kata2 kl ngomong masalah ini, perlu perubahan besar2an buat pengambil kebijakan (pemerintah)
    @all
    mau nanya nih
    benar nggak sih suzuki memindahkan RnDnya ke sini?
    apa Titan tuh termasuk hasilnya?
    waduh jangan2 cuman berita doang ……

    Guest
  73. ^^

    tititit,,, tititit,,,

    trap detected…..

    :mrgreen:

    Guest
  74. @ 107. yahonsuwakanja…
    kebetulan sekali Panjalu dari rumahku yang di Tasik +/- 30 menit…
    tapi sayangnya saat ini saya sedang melancong mas.
    sukses aja buat kegiatannya….
    wilujeng sumping di Tasik, Ciamis tanah pasundan Timur mas…

    Guest
  75. warna…
    indah klo gak cuma terdiri dari 1 warna…
    semisal pelangi, coba klo berdiri sendiri, pasti gak akan kelihatan eloknya.
    begitu juga Bloger dan Komengtator…
    penuh warna…
    111 contohnya, dengan warnanya yang berbeda,
    atau juragan rondo (pasti itu yang 111 maksud), juga dengan warna yang lebih terang benderang, so…
    calm aja bang…
    kita campur adukkan warna,,, kita nikmati keragaman yang tersaji…

    keep brotherhood
    salam…
    wkwkwkwkkkk….

    Guest
  76. @1001
    wah enaknya…belum liburan sekolah sdh melancong…..asik ya melancong tapi dpt duit….
    okelah kalo begetho…

    Guest
  77. OOT kang….
    Coba bikin ilustrasi percakapan pada gambar pertama…
    hayo siapa paling lucu nanti jadi Coment of the Day…..

    Guest
  78. @107 yahon
    Lha wong 1001 udah nggak di Indonesia kok.
    Makanya dia request minta review itu…
    wong yg sering dilihat jg motor itu di “sono”

    Guest
  79. ya udah tebak2 an aja warung mana yg suka membela mati2an ahm….

    setau gw ada sich…tpi mbela in celengan…..warung apa hayoo….

    Guest
  80. @ Dani…
    oo ngono tha….
    mungkin jg 1001 mau naik kelas yo…cak…
    naik kelas dr 250 cc —> 600 cc

    @ashley..
    tapi celengannya sudah reyot …nggak keurus…piye jal…
    xixixixixixi…

    Guest
  81. @ Dani…
    opo melu2 ae…
    iki urusane cah nom wong umuran gak oleh melu…
    Xixixixiiii…..
    mlayuuuu… nyangkeng none belanda prikittiwww…..

    Guest
  82. wah..menurut saya Indonesia juga seharusnya dapat melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan di Thailand…
    masalah kualitas SDM sudah tidak diragukan lagi..masalah teknologi juga ga kalah…

    berari sudah saatnya SDM dari Indonesi dikirimkan ke Thailand agar belajar pada suatu epriode tertentu..

    Guest
  83. @ Ashley…
    klo bandar celengan gak da lain lagi klo bukan warungnye mbokdhe jomblo…
    taruhan berapapun berani pasti nominasi satu2nya dan juaranya pasti warung pink….
    heheheee…..
    @ Yahon….
    amiin…
    pingine sing seliter sisan mas….
    mung pingin oleh kan lha gratis iki….

    Guest
  84. 111.

    udh kau buka warung sendiri beli di warung sendiri komentar di warung sendiri dan tutup warung sendiri biar puaz.

    Guest
  85. waduh….kok gampang bgt yah ditebak…..warung pink terlantar, juraganene…arep nikah..( bahasa jawa nikah apa yah…gw kok lupa…)…..

    yahoon
    celengan na reyot…maksudnya…..ala2 krupuk kulit….

    Guest
  86. @142
    sekalian buka celengan sendiri,,,
    wakakakakka..

    Guest
  87. Mungkin kita harus merubah prilaku kita dulu menjadi lebih baik, tularin ke orang-orang.
    Soal KEPARATUR NEGARA cuekin aja, yang penting kita kreatif dulu, biar bisa gampar muka KEPARATUR KEPARATUR yang perutnya buncit tuh.

    Guest
  88. lagian hari gini orang udah melangkah kemana ngomongin apa, masih aja mikin yang condong kemana dan siap…
    biarin aja mereka condong…
    biar rame….
    biar berwarna…
    biar asyik di pake bakar2kan…
    hidup etugas DAMKAR…..

    Guest
  89. 147…
    bhuahahaaaa….
    asli luchu…
    tapi aku emoh di kei celengane 111….
    pait njetit……

    Guest
  90. @ 152…
    tapi masih kalah set ama bro Thole saya….
    dan gak ada lawan juga sekarang, bro Daped keknya udah pensiun dari AHM…
    lirak-lirik nyari Wiro S.P…
    Xixixixiiiiii……

    Guest
  91. @all

    sesama spesialis kobong-kobongan dilarang saling mendahului,,,,

    :mrgreen:

    Guest
  92. @ 156 ..
    scnk kali yah si empunya Palkeb…..
    @ Ban-Kai…
    tenang aja mas bro, bro dani sekarang udah lungguh kok gak beringasan lagi…
    hahahaaaa…..
    malu ma umur kali….

    Guest
  93. lho,,,
    komene inyong kok ora ucul,,??

    Guest
  94. @mas taufik
    4 bulan yg lalu… lho…sampean gak di undang tah…padahal rame lo mas…tukeran cedramata anti bletaak segala je…xixixixi

    *fitnah mode on*

    Guest
  95. karena disini serikat pekerja metal yg suka demo nyebelin…
    kabarnya kemarin sabtu sampai sweeping ke pabrik”.
    hormati hak orang yg mau lembur kenapa seh… emang kalau dipaksa demo mau bayarin lemburannya ?

    Guest
  96. percakapan di gambar 1

    orang 1 : “pak,, ma’af pak,,, kayaknya di gigi bapak ada sisa cabe tuh pak,,, liat deh,, tuh ada merah2 nepel,,, tadi bapak makan sambel blacan kan,,,, hayo ngaku,,,”
    orang 2 : “nggak kok mas,,, itu keypad cemilan saya ini yang lagi nyangkut di gigi saya mas,,,,”

    Guest
  97. walah nama2 nama lama pada nongol slamet bercengkrama deh

    CUMAN ADA SATU YANG MEMBUAT HERAN

    kok BISA
    Mario Devan ama Dani Ramadian sakitnya bareng gitu, sehati banget mereka berdua.

    Guest
  98. @Ban-Kai gua dapet YM yg katanya foto dari saudara gua trus gua klik tuch eh secara otomatis YM gua send file yg sama ke semua orang yg ada di account YM gua….ampunnn gua udah ganti password masih sama aja aneh…

    Guest
  99. @169
    inyonge ikut dong kalo ada angaktan bersenjata,, eh,, angkatan mercon reunian,,,

    πŸ™‚

    Guest
  100. Mas mercon melandri van der sar van tastis bom bastis tajam aktual terpercaya orang Cirbon, Tegal, purwokerto, Banjarhegara apa Cilacap????…

    Guest
  101. ^^
    isuk mau ono,, mboh awan iki,, ora ketok ket mau,,,,

    Guest
  102. itu mister 1001 kok bilang keep brotherhood salam
    kan gayanya sbdo guperman

    Guest
  103. bh bankai
    tuch komputer ente banyak virus suka donlod pake lime wire yah….coba di control alt del…pasti di task manager ada download manager…….gw jg dah install ulang ym sama aja bro…coba ganti versinya…

    iyah neh warung pink tuch…sok sibuk sednriri..rabi..rabi karo “opo”

    gosip, pura-pura gak liat koment 166……

    Guest
  104. 1. birokrasi yg masih sulit,banyak pungli
    2,peraturan yg kurang mendukung keberlangsungan produksi
    3,infrastruktur yang kurang memadai,,mgkn klo org jwa g krasa,,coba liat luar jawa,kyk sumtra,klimantan jalan masih ampun2an
    4.moda transportasi distribusi (kaitannya sama infrastruktur)
    5. Tuntutan tenaga kerja yang tinggi menjadi beban berat perusahaan
    de el el,,
    hehehee,,,

    Guest
  105. @mas bro yudibatang

    mboten mas,, saya pujakesuma,, asli kebumen,,

    Guest
  106. @ashley…
    seng ndhuwe warung reyot wis njedul…
    ( yg punya warung reyot dah keluar..)

    @JA…bersin..bersin nguiing-nguiing
    kklo luluran ya luluran…
    tapi pelan-pelan nanti kerobohan…
    jangan lupa pakai helm…
    xixixixixixixixix…….

    @Bonsai…
    koyo c l b k …..

    Guest
  107. masMercon melandri wong kebumen toh…. yawis salam kenal bro… lagi pada siap-siap menuju 200 nih pasti…..

    Guest
  108. @ 176.
    sengojo ki bro bergarap sabdo guparman njedul, tapi gak metu2 ae..
    mosok kudu di sumetke lilin….
    @ Bonsai…
    adeuh meni perhatian banget ama madev….
    ada yang mau jadian nih…
    prikittiwwww……
    @ Dani…
    siap2 patah hati di tinggalin madev….

    Guest
  109. tetep nungguin komentar/testimoni guspur . . .

    kok belom nongol2 yah . . . apa kudu bakar kemenyan cap KLX dulu baru nongol xixixiixxi :mrgreen:

    Administrator
  110. ^^
    wes klop,,
    tri masketir,,,

    xixixixxixixi,,

    @masbro yudibatang
    salam kenal juga masbro,, iya nih,, siapa ya nanti dapet 200 cc jadul takiwul kiwul,, pake sok belakang tabung isi kentut,,,

    πŸ˜€

    Guest
  111. @191

    iya bro mercon C, banyak memang orang indo pinter,,, tapi ya itu,, minteri wong tok kerjanane, contoh wong pinter nang indonesia yo si gayus keparat kui,,,,,

    Guest
  112. @Bjubah: coba uninstall program tersebut,

    kemudian pada waktu start up coba bersihkan file yang tidak diperlukan, karena biasanya virus jalan pada saat start up
    klik start – run – ketik msconfig – pada tab kanan ada startup, nah buka tab nya kemudian uncheck file yang tidak dibtuhkan pada saat start up.

    biasakan menerima file dalam bentuk binary / di save dulu, jangan di run jadi kita bisa tau extensi nya seperti apa.

    kalau memang tidak bisa silahkan ke vaksin.com, kalau ngga salah mereka pernah mengulas virus yang membuat ym mengirimkan virus.

    Guest
  113. @mas Taufik…
    wah kangen sama nick-nick lama ya…..
    kopdar sekalian mas…..jangan kalah sm Jateng-DIY..

    @Aseen…
    hahahaha…
    bukan mampir lagi…
    soalnya nggaruk-nya memang di alas…2 hari 1 malam…

    @Mercon Melandri…
    Kebumen ato Batam ya….

    Guest
  114. pemerintahnya yang berkuasa korup, ada yang bersih dikit melempem, swastanya juga kemaruk maunya jadi tukang jahit doang, rakyat kecilnya jadi linglung…..kaya lingkaran setan.

    so…revolusi sosial suatu keniscayaan.

    Guest
  115. @193
    trap detected,, xixixixix

    bokap asli kebumen bro,, lahir/besar di sumatra,, sekarang lagi nyari sesuap nasi dan sebongkah emas di batam bro,,,

    πŸ˜€

    Guest
  116. wah congrat buat mercon C dateng-2 ngamuk langsung dapet
    1.tiger mercy 200cc
    2. tiger revo 200 cc
    3. Pulsar 200 cc

    Guest
  117. wah jadi g cuma jawab pertanyaan jebakan doank donk,..
    dah serius2 nich,…

    perasaan g kena jebakan mulu, setelah dulu kena jebakan rem hidrolis, eh ada yang nanya rem tromol, pas dijelasin ternyata jebakan,..

    fiuhhhh susahnya jadi orang baik, selalu dipermainkan hehe

    Guest
  118. @ 193. yahonsuwakanja…
    ning alase tepate ning daerah ngendi mas??
    ning panjalune opo neng ngendi…
    @ Bonsai…
    wes rampung urung nggonmu mbonsai gunung lawu..
    ra sah mblakrak adoh2 mundhak lalu dalam muleh bingung….

    Guest
  119. warunge mercon c kok pakek bahasa manca raiso aku mbaca,
    mbok ya pakek wordpress aja, pakek blogspot susah komennya

    Guest
  120. 195 arin
    neh arin lady biker yang di minerva kemaren yah…..iyah kan….klo ada projek kerja brg lagi yah…tpi ngobrol dunk jangan diem aja…ntar dipinjemin lakban deh….

    Guest
  121. @sewusiji…
    neng panjalu-ne….

    @Bankai…
    ndak apa2 dab…nanti akan tahu sendiri tabiat pengunjung warung ini….

    @Aseen…
    wah yo ora kober..no…

    Guest
  122. Saya enggak ngerti apa yg dia bicarakan,
    Tapi kedengarannya lebih ke ngeles, vendor kita juga gede gede kok, swasta pula, lebih profesional lah..
    i don’t buy it.

    Guest
  123. @ban kai
    nggak boleh gitu dong bro,, kok susah jadi orang baik,,???
    kita2 pengunjung warung ini juga orang baik2 kok,,,

    @all
    ada yang nggak setuju nggak nih kalo kita2 para pengunjung warung orang baik2,,,,???

    Guest
  124. @Ashley
    lho sama sampeyan diem aja tho . . .lha kalo sama saya dan Mas tri ngobrol ngalor ngidul tuh xixixixixi πŸ™‚

    @mercon A

    ada yang nggak setuju nggak nih kalo kita2 para pengunjung warung orang baik2,,,,???

    wah kudu pelan2 baca pertanyaannya . .. trap detected ni !! :mrgreen:

    Administrator
  125. @ 215…
    klo aku sih gimana tuntutan aja, kadang jadi kompor, kadang jadi provokator, kadang jadi tukang terror, tapi banyakan OOT..
    klo kek gitu masih bisa di bilang baek ga???

    Guest
  126. all
    ati2 apabila ym anda menrima pesan dari temen yang klo anda klik bakal mendonlot sesuatu kayaknya virus…klo da sempet kedonlot dan di instal dia bkal ngirim ke semua tmen ym ente hal yang sama…

    Guest
  127. @ 217. Taufik – Mei 4, 2010…
    kamsude sampeyan karo mas tri ngobrol ngalor, mbak arin ngobrolnya ngidul,
    ungkur-ungkuran kang…
    gak nyambung…
    heheheeee… becanda…

    *) perasaan semua komenku dari pertama sampai yang sekarang gak ada satupun yang menyinggung artikel…
    wah bakalan jadi Koment OOT of the day ini…
    hahahaaaa….
    mlayuuuuuu…
    mundhak di cekal juragan ijo…….

    Guest
  128. Industri otomotif salah satu conto saja…

    mungkin mentalitas bangsa kita yang masih miskin yang hanya mikir nasi & duit seadanya tanpa mikirin jangka panjang..

    jepang yang sudah di bom atom.. ancuuur.. bangkit lagi dengan industrinya dan di-support oleh masyarakat-nya yang cinta produk dalam negri…

    sebaiknya dipromosikan dari top ke bottom untuk cinta produk dalam negri… dimana berlaku jg insentif pajak, bonus, award…

    Guest
  129. @nuno
    yap hampir bear
    aku ngobrol ngalor
    mastri ngidul
    arin ngetan

    ngobrol sendiri sendiri . . . ben nuno PUAS PUAS
    * tukul style xixixixi :mrgreen:

    Administrator
  130. 215
    gw setuju….kecuali elo…wakakakakakaka

    kidding bro….

    214
    ngana coba baca dari atas satu persatu itu comment

    Guest
  131. @ 222. husni…
    apa indonesia mesti di BOM atom dulu kek jepang biar bangkit….

    *) mumpung lagi gak di rumah…
    Xixixixiiiiiiiiiiiiii……..

    Guest
  132. mas taufik

    kalo diterjemahkan….
    saya sama mas rudi dan mbak arin berbicara kekanan kekeri….

    hahahahaha…kalian ber 2 kekanan..mbak arin kekiri…

    iyah neh mas…pdhal changing roomnya seruangan, gw ama anak2 EO aja duduk2 nunggu acara, terus dia ngobrol ama temennya b3…eh pas kita saling bicara cmn gini dialognya
    mbak arin: mas minjem lakban dunk
    kita: eh buat apa mbak, ada jg plester bening neh…
    mbak arin: cmn tersenyum…sambil nunjuk kaki…

    pas Gr ke2 kalinya baru terjawab…( ternyata buat sepatunya yg licin)..

    dialog ke 2
    kita: eh mbak dah ada neh lakbannya…
    temennya mbak arin: oh ya boleh deh…
    kita: licin yah mbak
    temennya mak arin: iya neh liat neh ampe biru2 menunjuk ke betis nya…
    kita: gleg…

    klo temen sich ngobrol brpa kali..lah dia PIC nyah..

    Guest
  133. @225

    Jangan dibom brur.. udah lagi susah, kecuali gak nyadar..

    Dulu dunia menganggap all the bad stuff made in Japan.. nah lho sekarang? sama kayak beberapa waktu lalu tudingan ini jatuh ke produk China… lah faktanya mereka sekarang akan jadi 2nd largest economi..

    sebagai market yg super besar (240jt? manusia) indonesia meng-incourage saja dirinya untuk menyerap produk domestik-nya.. amiinn..

    tapi kok kurang ya promosi & penerapannya … ada yg aneh..

    Guest
  134. bener kata bro opik, ” kalau ga bangun lagi bgmana hehe

    ga di bom aja ga maju2 apalagi di bom,…

    Guest
  135. @229

    kalo nggak “bangun” lagi,,, impoten dong,,,,

    wakakakakakakakaka,,,

    :mrgreen:

    Guest
  136. @jaos

    jaos,, jaos,, hare gene masih seneng maen2 kompor,,
    sekarang lagi musim maen jebakan,,,

    buahahaha,,,
    :mrgreen:

    Guest
  137. @236
    wah..tidak ada itu, gak ada itu….jangan maen tuduh ya, mari kta terapkan azas praduga tak bersalah, inikan negara hukum….
    he he he..

    mercon..saya cuma mau tahu infonya lebih jelas sj kok,..sukur2 kalo ada komentator yg mau jawab. Gak juga gak masalah-la…

    Guest
  138. jaos neh orang turunan 7 negara apa 7 suku apa 7 apa neh…katanya di tred sebelah…..

    Guest
  139. @239
    bukan begitu sodara….maksudnya org suka nebak saya berasal dari ini dan itu, dan saya itung sdh ada sekitar 7 macam suku yg telah disebut org yg berbeda-beda.

    Guest
  140. Kalau di sana ada kerusuhan jelas krn ada masalah, kalau di kita, nggak jelas ada apa sudah bisa kerusuhan. (Ingat kasus Mbah Priok) Soal birokrat, kan kita yg milih mrk, investor liatnya, koruptor kok dipilih, rusak semuanya.

    Guest
  141. @ 245. ScooterMan = ScoopyMan Wanna be – Mei 4, 2010
    Banyak di Indonesia, liat artikel sebelumnya. πŸ™‚

    Guest
  142. @ 242. jaos
    Kualitas Jepang waktu mrk belum makmur, makanya diamblesin dikit, susah naiknya kalau ketinggian.

    Guest
  143. wah,.. ada yang nyiram pertamax nich,…

    tinggal nunggu korek nya aja nich,..

    ternyata koreknya ketimpa shock ambless

    kabuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

    Guest
  144. mau sampe kapanpun scouzy tetap terbaik handlingnya….mau dibilang ambless, atau apa terserah deh….penting tu mtr gahar,,,,aus dan nz sgt suka tu mtr …sangat komuter sekali.

    Guest
  145. Back to topic…
    Thailand jadi pusat R & D
    Malaysia sudah punya Modenas & Proton
    Indonesia jadi produser SINETRON TV….
    acara2 TV sudah meracuni…membuat rakjat kita terbuai…akhirnya menjadi MIMPI yg OVERDOSIS….
    anak2 kita lebih suka nnton tv..main internet..ps….dan ibu2 nya asik nonton sinetron…ketika anak2 kita menghadapi ujian dan ketika menemukan kegagalan yg ada hanya demo…..dan keputus-asaan….

    SOLUSI…
    Batasi acara TV…
    Jam 17.00 s/d 21.00 hanya boleh ada 1 acara saja yaitu BERITA…..
    ……

    Guest
  146. @Ban-Kai…
    betul bro…
    tapi untuk jam 17.00~21.00 sebaiknya jangan….itu jam wajib belajar…
    kartun sebaiknya jam 15.00-an …sesudah anak tidur siang..dan mandi sore…bisa sambil nyuapin makan….

    Guest
  147. kok jadi ngumungin acara telepisi,,,,,???

    inyong paling suka acara spogebob,,,

    πŸ˜€

    Guest
  148. @257… bener banged bro…

    Produk Sinetron, movie & lagu kita bukan hanya laris manis di Indonesia, negara serumpun kelihatanya sudah jadi penggemar sinetron kita…

    Salah saktu bukti kalo orang kreatip & artistik…masih banyak di Indonesia….

    kok jadi ngumungin acara telepisi,,,,,??? (mercon, 2010)

    Guest
  149. baru baca skilas, kok pada menyalahkan pemerintah?
    Coba lht diri sndiri, apa sudah lbh baik? Buang sampah aja msh sembarangan kan? Antri jg msh ga mau tertip. Kyk gt kok bs bilang pemerintah yg salah?
    Kadang qta jg mau gampang nya aja. Ikt tes masuk universitas, ga lu2s trz d tawari jalan laen, tp harus bayar te2p aja mau. Pas ada pemilu, klo ga d kasih uang sama partainya ga mau ikut milih. gimana korupsi bisa d brantas klo qta sndiri jg mendukung?
    Klo pengen pemerintah brubah, knapa ga d mulai dari diri sndiri dulu?

    Guest
  150. ^
    hiya bener…mulai dari mengganti mtr hnd ke ymh …..trus kalo pake motor jgn lupa USE YOUR HEAD bukan jgn lupa pake helm….trus mtr tu gak ada yg jadul sebenernya kecuali atpm yg merasa bersalah…truss..

    Guest
  151. Turut prihatin dengan kondisi Rusuh di Thailand, karena saya berpandangannya dari segi perkembangan Automotifnya, nanti malah jadi terhambat…., kalo basis motor2 CBU pindah dari Thailand ke negara lain bisa bakalan mahal sampai sininya

    Guest
  152. kelak 1 persatu akan pindah kemari…..khusus buat anak cucu adik supaya belajar yg rajin biar bisa bersama membangun dengan RND lokal, sapa tau bukan mimpi produk berkualitas lokal bisa ngalahain atpm all japan…kan ada alih tehnologi…hehehehehehe

    Guest
  153. alih tehnologi…jepang ke indonesia : tehnologi otomotif….indonesia ke japan : tehnologi pangan….

    Guest
  154. I think that what you posted made a bunch of sense.
    But, think on this, suppose you added a little information?
    I ain’t saying your content isn’t good, however what
    if you added a post title that makes people want more?
    I mean Kenapa Thailand jadi Pusat RnD dan Produksi Motor?
    | TMCBlog – Motorcycle News is kinda vanilla. You should glance at Yahoo’s front page and see how they create news headlines to grab people interested. You might add a related video or a related pic or two to get people excited about what you’ve got to
    say. In my opinion, it might make your posts a little bit more interesting.

    Guest
  155. Hey I am so grateful I found your site, I really found you by error,
    while I was researching on Yahoo for something else, Regardless I am here
    now and would just like to say many thanks for a incredible post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time to
    read through it all at the minute but I have saved it and also included
    your RSS feeds, so when I have time I will
    be back to read a great deal more, Please do keep up the awesome work.

    Guest
  156. I’m not positive the place you are getting your information,
    but great topic. I must spend a while finding out more or working
    out more. Thank you for excellent info I used to be searching for this info for
    my mission.

    Guest
  157. It is the best time to make some plans for the future and
    it is time to be happy. I’ve read this post and if I could I desire to suggest
    you few interesting things or suggestions. Perhaps you could write
    next articles referring to this article. I desire to read
    more things about it!

    Guest
  158. What i do not realize is actually how you are not really
    much more neatly-liked than you might be now. You are very intelligent.
    You realize thus considerably with regards to this topic, produced me in my view consider it from numerous various angles.

    Its like women and men don’t seem to be interested until it is one
    thing to accomplish with Girl gaga! Your personal stuffs nice.
    At all times handle it up!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here