Sebagian dari kita mungkin masih bingung saat berinvestasi, terkadang masih kurang nyaman menabung di bank konvensional . . . yaaah jujur aja . . . Fatwa Haram Bunga bank (riba) Konvensional bagi beberapa dari kita memang masih membuat nggak tenang. Tapi kita tidak akan membahas tentang fatwa Haram tersebut bro . . .masih terlalu berat ahh. Banyak cara berisvestasi pasif . . . seperti membeli tanah salah satu contohnya dan ada satu lagi Solusi yang menurut saya cukup aman dan Smart dalam berinvestasi pasif sekarang ini adalah membeli logam Mulia emas

Jujur aja Saya juga masih menggunakan jasa bank konvensional untuk tujuan kelancaran bisnis aja bro . . . sedangkan untuk investasi saya juga sudah melirik emas ini.  Bahkan Bila bro berniat untuk naik Haji, membeli emas murni dalam berbagai bentuk (koin, batangan, dinar, perhiasan dll) merupakan cara yang cukup baik. Kenapa karena apresiasi kenaikan nilai emas cenderung lebih tinggi dari mata uang internasional seperti dolar AS. Lha kan biasanya biaya ONH haji pemerintah  bergantung nilai Dollar .. . manteb tho?

lalu setelah itu nyimpennya dimana . . kan nggak aman ditaroh di balik bantal . .. tips saya . ..  sewa satu Kotak save Deposit Box di bank . . . lalu taroh disana, bisa sekalian sama surat-surat penting macam BPKB motor . ..  eiit tapi jangan lupa .. . memiliki emas, nggak kayak memiliki tanah .. . tanah akan keluar zakatnya saat kita menjualnya ..  . sedangkan emas ada zakat tahunannya lho bro. Gimana aturan Zakatnya?

  • udah mencapat treshold (nisab) 85 g emas
  • mencapai jangka waktu (haul) satu tahun
  • besar zakat = 2,5 persen dari nilai emas saat jatuh tempo haul

semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

56 COMMENTS

  1. duit masi minta orang tua…
    buat pertmax aje kurang..aplgi buat invest emas……wakakakakakakk

    Guest
  2. tau beda bank syariah ama bank konvensional gak mas ? kok rasanya sama aja ya ?

    yg satu bunga satunya bagi hasil. teorinya kalo bagi hasil & hasilnya minus alias rugi, bank harus ikut nanggung kan ? wong nanya bagi.
    tapi mana mau bank ikut rugi ?

    kesimpulannya dua jenis bank itu sama aja

    Guest
  3. Tertarik juga mas, sempat ditawari temen yang kerja di pegadaian. Tapi ya kuwi…nyimpene dimana? Lha wong di daerah saya belum ada bank nyang nyewaken kotak deposit.
    Sayang ya Mas Taufik. Padahal dari pada kelamaan nunggu motor idaman yang gak metu2…rak mending nggo tuku emas mulia to…xixixixixi.

    Guest
  4. @seto7
    salahsatu yang bisa terjamin keasliannya adalah beli di BUMN pemerintah . . . aneka tambang

    @Pri
    ada yang bisa ikut njelasin?

    Administrator
  5. sekarang harga 1 g berapaan kang? trus nyewa safe deposit box di bank berapaan kang? sekian dan terima kasih… hehehe….

    Guest
  6. kalau saya pribadi investasi untuk jangka panjang lebih baik beli tanah…bisa di perkebunan persawahan…
    poin yg di dapat dari tanah tsb adalah bila persawahan tiap taun bisa menghasilkan keuntungan(hasil panen)sedangkan tanahnya tiap taun juga ikut naik…
    enak lagi kalau perkebunan (karet/sawit)tiap bulan dapet gajian… apalagi seperti saat ini yg harga 9-12rb perkg (karet)sangat menguntungkan…poinya juga sama tanahnya tiap taun naik dan tiap bulan dpt penghasilan…
    kalau jangkanya panjang 5-7 tahun penghasilan yg kita dapat bisa setara harga unit tanah yg kita beli…sangat menguntungkan kan…?

    Guest
  7. adakalanya lho mas harga emas di pasaran juga turun…
    hanya saja lbh stabil dan aman untuk inves…

    Guest
  8. Punya akun di bank konvensional gak papa bang cmiiw. Asal itu bunga d pantau terus jumlahnya. Uang bang taufik berarti saldo minus bunga. Bunga itu kan uangny bank d kasih k kita. Jadi kalau kita gak mau kn g pp :-).
    Yg susah kalau pinjem uang, karena mau g mau kita yg bayar bunga (tdk bisa menghindar dr riba)

    Guest
  9. @Pri, ya emang gt, pbedaanx ga bgt signifikan. dosen ane crita kt ptinggi bank syariah tkemuka. b syariah tuh masih 30psen syariah 70psen konvensional. jd ky mobil bodi mcedes mesin msh hyunadi. ato bodi cbr mesin minerva. tp ane ttp milih bank syariah. min ada 30psen. ma kl dtg ucapanx assalamu’alaikum. lbh enak aja. slain karyawanx bkrudung smua.

    Guest
  10. wah kemaren ane abis ngebahas emas juga yang kenapa gak dijadikan standar atau penjamin nilai uang. sebab emas lebih stabil dibanding dolar sekalipun. silakan di cek di blog mas tri artikel tentang bu Sri Mulyani.

    @ pri

    waktu ceramah / kuliah peringatan maulid nabi kemaren ada yang nanya kenapa pake bank syariah koq rasanya sama saja bahkan untuk produk tertentu jatuhnya lebih mahal dari pada bank non syariah? jawabnya, dalam perekonomian Islam tidak ada yang namanya perbankan. perbankan itu asalnya bukan dari islam tapi oleh orang sekarang diadopsi atau katakanlah di islamkan. nah jika ada suatu produk baru mau menyaingi produk yang sudah ada dengan cara ikut-ikutan (caranya, modelnya dll) apakah produk baru tersebut bisa lebih baik dari pada produk yang ditirunya? lihat aja contohnya hp yang niru BB, motor yang ngikutin cbr dll apakah bisa lebih baik? ya ngak tho, meskipun lebih murah.

    seharusnya umat Islam membuat suatu sistem baru yang lebih sesuai dengan prinsip Islami. contoh jaman Rasul dulu pasar dipegang oleh Yahudi dengan sistem yang tidak sesuai bahkan jauh dari prinsip Islami, lantas apa yang Rasul lakukan? Rasul menciptakan pasar sendiri yang dimakmurkan oleh umatnya. kalo sekarang bukannya orang Islam gak bisa bikin sistem sendiri tapi umat Islamnya sendiri tidak percaya dengan sistem tersebut yang lebih Islami. wong dari kecil pikirannya dah dicekokin pikiran barat, contoh : pelajaran ekonomi, orang melakukan usaha untuk jadi KAYA. jadi orientasinya dibentuk untukKAYA, gak peduli gimana caranya. gak salah sih jadi kaya asal halal.

    sebenernya sistem ekonomi yang paling mendekati Islami itu ya sistem koperasi yang dari dulu digaungkan sesepuh negri ini, tapi ya gitu deh. maaf kalo penjelasan kurang memuaskan maklum bukan ahlinya.

    Guest
  11. Ternyata kita bisa beli emas batangan dari ANTAM cash ataupun nyicil lewat pegadaian di seluruh Indonesia. Trus bisa juga nitip/nyimpen emas di Pegadaian. Tarifnya lebih murah daripada di safe deposit box. Itu kata temen yang kerja di Pegadaian.

    Guest
  12. ^ otak ikan
    nice info banget mas…
    dari dulu pengen nabung emas antam, tapi kecil2an..
    bingung gimana dapetinnya, soale hidup di daerah..
    kapan2 maen ke pegadaian ah..

    Guest
  13. Maaf mas, saya gak setuju dengan judulnya.. emas bukan buat investasi karena jumlahnya gak akan naik.. kita simpen 5gram, sampe kapanpun ya dia gak akan jadi 10 gram… Emas itu buat preserve value, daripada harta habis sedikit demi sedikit karena inflasi, lebih baik, minimal diconvert ke emas.. kalau mau lebih, investasilah ke usaha.. nah yang terakhir ini baru investasi, karena ada gain. Kalo nabung emas gak akan ada gain 😀

    Menurut pengalaman, beli LM di toko emas lebih murah ketimbang di pegadaian karena ga ada biaya administrasi atau transport. Tapi kalau gadai paling enak di pegadaian.

    Sekali lagi.. emas bukan investasi 😀 Nyimpen 5 gram ya akan tetep jadi 5 gram 😀

    Guest
  14. eh lupa.. LM yang di toko emas juga sama produksi ANTAM kaya yang dijual di pegadaian, kenapa mereka bisa punya, ya karena dulunya ada orang butuh duit trus jual LM ANTAM itu ke toko emas. Ada sertifikatnya juga kok!

    Guest
  15. @wisnu
    mungkin menjadi investasi bila sudut pandang kita mengacu pada value emas tersebut dibanding uang kertas
    soalnya biasa orang juga invest tanah 2 hektar . . . sampe 100 tahun juga itu tanah tetep 2 hektar
    orang investasi 100 lembar saham . . .100 tahun kalo nggak dijual2 tetep 100 lembar saham

    cmiiw

    Administrator
  16. ya tapi kalo 5 gram pas beli setara 1 kuintal beras.. tar waktu dijual, walau harganya naik.. tetep dapetnya 1 kuintal beras 😀 soalnya harga beras juga dah naik ikut harga emas hehe

    Taufik:
    perlu dianalisa lagi . . .apakah kenaikan value emas linear dengan kenaikan value dari beras
    kalau tetep lebih tinggi emas . . .masih tetep bisa dibilang investasikan?, cmiiw
    investment is about Future value, cmiiw

    Guest
  17. Menarik sekali postingnya, sukses untuk anda.
    Kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru yang berjudul : “Pompa Turbin Pertama di Kabupaten Sikka”, dan artikel lain yang berguna.

    Guest
  18. skedar sharing bwt bro smua
    mgkn berguna
    slain di pegadaian utk investasi / pembelian emas dgn cicilan sesuai kmampuan bro” dgn ijaroh yg terjngkau & kompetitif, serta bebas mnentukan jangka waktu cicilan bisa diproleh di bank me** syariah…
    dengan fasilitas gadai syariah me**
    utk pilihan emas batangan sertifikat antam mulai 5 gram s/d 1 kg
    fleksibel bgt deh….
    aq dah ngebuktiin koq….
    skedar sharing mgkn berguna

    Guest
  19. – Bagi yg ingin tahu banyak soal bank syariah, bisa klik ke :
    http://ib.eramuslim.com/

    – Ngomong2 soal emas, saya pernah tanya ke Bank Muamalat & Bank Syariah Mandiri (BSM), sungguh sayang, mereka belum menyediakan layanan itu. Kalau ada mah udah pasti ikut nih. Abisnya search di internet ada yg jual2an dinar/dirham gitu, tapi ragu sama kredibilitasnya. Harusnya MUI dan pemerintah turun tangan menggarap ini.

    Guest
  20. kalo pingin inverstasi jangka panjang, panjangnya bener2 panjang.., sumbangin ke panti asuhan/rumah zakat atau sejenisnya aja.., dijamin ga bakal nyesel dunia akhirat 😀

    Guest
  21. http://www.logammulia.com/

    Alternatif reksadana juga ada yg syariah.
    ada equity syariah, ada fixed income syariah, beli langsung juga ada sukuk retail.

    Guest
  22. kalo kata salah satu pakar impestasi..
    kata beliau ;
    ” emas gak akan membuat orang menjadi kaya, tetapi emas akan menjaga anda tetap mejadi orang kaya..”

    wuuiiihhh… hebat euy.. bertaun taun gua baru sadar ama pernyataan beliau..
    kenafa..??
    kalo sekarang misalnya kita punya duit 3,5 juta terus dibeliin emas 10 gram..
    maka bertaun-taun yang akan datang kekayaan kita gak akan berkurang karena “dirampok” implasi..
    jika emas tersebut kemudian diuangkan..maka nilainya sama dengan nilai kekayaan kita bertaun-taun yang lalu..
    alias duit kita gak akan berkurang gara2 implasi..
    alias.. kagak miskin karena implasi… 🙂

    TTOOOPPPPPP…!!! 😀

    ingat gak kisah tentang sahabat nabi SAW yang meminjam uang pada nabi sebesar 1 dinar, kemudian dibelikan seekor kambing dan dijual kembali seharga 2 dinar.
    dari 2 dinar tersebut lalu dibelikan lagi seekor kambing seharga 1 dinar, dan sisa 1 dinarnya dikembalikan pada nabi SAW..
    Kemudian Nabi mendoakan beliau atas kecerdasannya dalam berdagang..

    kalo diitung2 ;
    harga kambing (dahulu) 1 dinar = 2,5 gram emas (CMIIW)..
    harga kambing (sekarang) = 850.000 Rp setara 1 dinar..

    Kesimpulan harga kambing dari dulu sampe sekarang “SAMA”
    sama-sama 1 dinar (2,5gram) emas..
    berarti nilai emas gak berubah, yang berubah nilai kambingnya..

    beda halnya kalo pegang rupiah..
    Dulu harga kambing 500.000 Rp.. sekarang 850.000 Rp..
    berarti yang pegang rupiah jadi miskin karena dirampok inflasi..
    tabungan kita yang dulu sebesar 500.000 Rp , ternyata sekarang gak bisa buat beli kambing.. Nasssiiibbb.. 🙁

    Waaaww EMAS emang MANTAPPP..!!!

    Guest
  23. kalo mau cek harga buka aja logam mulia.com alhamdulillah ane dah punya, dinar juga bisa tapi di gerai dinar.

    Guest
  24. @ puwi

    dinar aman koq coz bersertifikat dan diterbitkan oleh PT antam juga, dikelola oleh orang yang juga krdibel (punya jabatan di mui kalo gaksalah) coz yang kemaren ngisi ceramah maulid ya beliau itu. tapi untuk jual beli dinar memang sepertinya agak sulit sebab hanya di gerai dinar (belom nanya di toko emas).

    perbedaan antara dinar & logam mulia PT antam adalah dari kadar emasnya. kadar emas dinar seperti emas perhiasan sekitar 22-23 karat (tidak tahu berapa %) sementara untuk logam mulia 24 karat 99,99%. makanya harga logam mulia lebih mahal dibanding dinar atau emas perhiasan.

    @ vespa

    1 dinar = 4,25gram kalo dipalembang bilangnya suku.

    Guest
  25. @ 41. Lord Ubay

    trims koreksinya… 🙂
    Tapi.. samakah ukuran & beratnya dinar arab dan dinar palembang (suku)..??

    Guest
  26. mungkin karena dasarnya saya pelit untuk bersedekah,zakat,dan infak…maka susah sekali memiliki harta berupa emas.

    Guest
  27. Saya setuju 100% mas…
    Emas memang alat tukar yang paling sah dalam islam, bukan uang kartal…
    Dimana2 diseluruh penjuru sudut dunia, emas pasti akan selalu dianggap sebaai logam mulia yang berharga walau sebesar kacang polong. Tapi uang kartal, nggak akan selamanya tetap dipandang berharga, bahkan rokok bisa saja disebut sebagai uang kartal bila kita hidup dipenjara bawah tanah…
    Tapi sayang, saya sndiri msh belum mampu. InsyaAllah dalam waktu dekat bisa investasi logam mulia. Amin

    Guest
  28. mo tanya neh, mungkin terdengar nyeleneh tapi ini serius. Klo beli Emas dalam bentuk Koin baiknya dimana ya?? soale ada yang mengatakan bisa di ANTAM, bener ga y ?

    Guest
  29. @wisnu
    investasi emas sekarang bisa lebih cerdas lagi dengan metode kebun emas…beli terus gadai,beli lagi gadai lagi..demikian seterusnya…samapai kita merasa cukup…emas yang terakhir tetap disimpan…selengkapnya di :

    http://KebunEmas.com/?id=rudiyana

    Guest
  30. mau tanya, dimanakah kita bisa beli mas batangan untuk investasi dan bgmn cara invesnya bila digade di bris misalnya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here