Yamaha Xeon memang di seting positioningnya sebagai skutik yang mengedepankan Performa . . . yaaah dalam hal ini ya Tenaga, torsi dan parameter-parameter seperti akselerasi, top speed dan Lain sebagainya. Oleh Karena alasan itu mungkin Yamaha mengadopsi beberapa teknologi tingginya pada motor ini seperti diAsil Silinder dan Piston Tempa plus pendingin cairan . . . maksute biar secara durabilitas motor ini pengennya bisa digeber lebih kenceng untuk mendukung Performanya. So Dari awal memang motor ini nggak di gembar-gemborkan dengan parameter lainnya seperti Keiritan konsumsi bbm . . . Apakah Motor ini Boros atau irit? . . .perlu pembuktian lebih lanjut yang komprehensif . . . Tapi namanya Motor bukan Tanpa kekurangan . . .

Saat acara Gethering dengan media beberapa Wartawan mengeluhkan spion yang kurang bisa maksimal menggambarkan keadaan daerah belakang rider. hmmm sepertinya emang ada benarnya . . . spion yang digunakan oleh Yamaha Xeon sama blas dengan yang digunakan oleh mio lama dan beberapa motor Yamaha lain seperti V-Ixion. Posisi Ujung spionnya memang agak di dalem setang. IMHO Spion Terbaik Yamaha sejauh ini adalah spion Jupiter Z baru . .. dan dengan alasan safety ini pula, bro mungkin masih ingat saya sampai mengganti spion Si Marun Vixion dnegan spion Jupiter Z baru . . .Mungkin di masa mendatang Yamaha dapat mengevaluasi Spion Yamaha Xeon ini

Hal-hal Lain menurut saya, masih bisa dikategorikan Layak Jalan . . . memang sih Performa menjadi fokus utama . . . diferensiasi sudah pasti di lakukan oleh semua produsen. So nggak heran jika produk A mengunggulkan kenyamanan, produk B mengunggulkan mileage atau konsumsi bbm yang irit, produk c mengunggulkan desain, dan produk D mengunggulkan Performa . . . semuanya ini sah-sah aja tho? tinggal nanti bagaimana penilaian konsumen . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

145 COMMENTS

  1. perlu nengok belakang dulu niih kalo mau belok..

    http://tikunganlurus.wordpress.com/2010/05/31/sekilat-infoinden-yamaha-xeon-nembus-3000-unit/

    Guest
  2. mungkin lebar setang harus di sesuaikan dengan bentuk spion. jadi, ya sama-sama enak πŸ˜€

    dari mulai vega sampe ke mio spion yamaha gak ada bedanya ya. ya kecuali scorpio aja lebih beda…

    Guest
  3. klo menurutku sih spion emang mesti gak boleh lebih panjang dari ujung stang, buat jalan di perkotaan klo melebihi stang susah buat selap-selip….

    Guest
  4. wuihhh siang2 nongol jajanan baru di warung nich,..

    di lihat2 dulu ahhhhh,…

    siapa tau tiba2 ada kompor mbledug,..

    Guest
  5. kalo seperti itu ujung-ujungnya ngurangi safetynya, kan motor dibuat bukan untuk nyelakain yang punya……

    Guest
  6. Sebaik part motor kudunya bagus yg ori atau bawaanya.
    Tp klo tak memungkinkan emang hrs di permax . Bukan soal mau ngelibas di tengahx2 himpitan mobil aja klo panjang dan luas pandangan ke belakang stidaknya kita mau main zig zag bisa kontrol penuh jgn sampai take kanan mo duluin kendaraan di dpn tahux2 ke sruduk dr blkang bukan di sirkuit yg kudu ngejar podium. Di jalan raya bisa dapat yodium(betadine).
    So emang ymki harus benahin bila ingin ikut kampaye safety riding. Peaaacee..

    Guest
  7. klo selera sepion sih tergantung oranya ya, klo sering selap-selip, mending yang agak pendek. klo terlalu panjang takut2 nyakut lagi ke motor orang. tapi bwat kenyamana pandangan ke belakang sih mending yang panjang kaya si jupi z.

    Guest
  8. @guspur,… hehe

    ketahuan deh pertamaxnya di tuangin,…

    tinggal koreknya aja nich yang belum nyala hehe

    Guest
  9. rearview mirror atau Spion model ujung bulat melengkung begini mirip dengan yang terpasang di hampir semua motor Suzuki. Mestinya menyesuaikan bentuk dominan desain bodi. Kalo bodi lancip maka spion juga lancip begitu, kalo membulat maka cocok model ujung membulat begini.

    Guest
  10. @20 njum: bro spion itu bukan selera,..

    hanya meluruskan, fungsi spion adalah melihat ke belakang samping dari kendaraan kita, jadi kalo pas mau belok ngga di seruduk orang bro.

    spion itu hukumnya wajib buat bikerz biar safety, jangan sampe kata bro yang di comment no.19 herry, mau nyelip malah benjut.

    kalo punya sim A duluan pasti terbiasa lihat spion deh, No offense cuma pengalaman pribadi aja bro.

    Guest
  11. Klo menurut saya sh spion itu selain hrs memperhitungkan sisi safety juga hrs menyesuaikan dng ergonomi dr si mongtor itu sendiri jd ini mungkn yg bikin spion si xeon jd mirip mio secara kan mirip tuh.

    Guest
  12. begini neh. . . . kalau urusan sama bloger
    ndak peduli udah di tanggung akomodasinya , jangan harap kekurangan xeon ditutupi . . . . :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  13. spion ga ada hub nya sama motor kali yahhhh,..

    spion dilihat dari utilitas nya bukan masalah maching nya sama bentuk motor.

    yang penting bisa melihat ke belakang dengan baik (tidak terhalang oleh bahu) baru tuch oke namanya.

    masa pabrikan design spion aja ngga bisa sih,….

    motornya katanya hi-tech, masa spion jadul.? ngikut sama adeknya

    pertamax mode : on

    Guest
  14. ^
    jadi memang kenapa…bukankah yg ngundang itu sdh sangat berani?
    Itu hal biasa…-la

    saya nunggu hnd ngundang komentator hue hehehe

    Guest
  15. Berita hangat nich,…. masih fresh.

    baca dulu ahhhhh,…

    yang aneh kalo tutup tangki ngga bisa dibuka,.. gimana orang dealernya ngisi bensin buat nge-tes motor yah,…
    apa emang ngga di test drive di dealer.?

    http://suarapembaca.detik.com/read/2010/05/31/132250/1366648/283/motor-bajaj-xcd-125-baru-sudah-bermasalah

    Guest
  16. ^36
    hmmm….komen yg sgt bercirikan honda-isme, dilihat dulu itu…..semua mtr atau cuma berapa…trus yg ingkar siapa , dilernya kan?…

    Guest
  17. @37 newbie
    bukan itu…
    cewek kan badannya gak selebar org-org yg ngetes mtr xeon di atas….
    pokoknya Xeon INA banget…

    Guest
  18. kalo aku ikut aliran alay ajah..spion tak copot..buat koco -pengilon pas sogok2 untu………..soale hobby riddin’ nya malam….gak butuh spion………

    Guest
  19. @jaos: wahhh kalo gitu bro opik bukan orang INA yah…?

    baru tau aku,… emangnya blasteran mana yah.?
    dan emang badan bro opik lebar yah…?

    jadi kaya container donk hehehe (no offense)

    Guest
  20. @ Bonsai…
    maaf yah eke orang sibuk, gak biasa nunggu jadi mau gak mau mesti selap-selip…
    Xixixixiiiiii….

    Guest
  21. setuju sama yg punya warung,,
    kayaknya model spion nya biasa banget,, kudu diganti pake punya new jupiez tuh…

    Guest
  22. yaaa.. spion standar skutik yamaha memang terlalu ke dalem.. buat nginceng kebelakang aza bukan rider dibelakang yang keliatan, malah lengan sampe pundak sendiri yang kliatan.. spion matik honda udah pas, cuman kadang kalo gue pake cak rio, selap selip pasti spion nyampluk stang rider/spion samping gue.. cepek deh.. bingung dewe..

    Guest
  23. @46 newbie
    lihat saja foto terbawah di artikel atas…mtr kedua dari kiri masih kelihatan spionnya kan…jadi masih safety…..
    soal kurang atau tidak…..itu soal preferensi pribadi….

    yg komplain soal spion duluan itu para wartawan, tapi gak tahu soal lebar badannya…

    spion lebar….cenderung merhatiin yg belakang terus daripada yg di depan…..
    spion macam xeon…..proporsional-la…yg jelas bisa tahu ada apa di belakang

    Guest
  24. ya sudah, kalo yamaha masih pake spion lama.. beli aza spion new jupiz.. trakhir kemaren gue beli buat jupiz dirumah.. sepasang ga nyampe 60k πŸ˜€

    ==============================
    martini bilang, motornya malah ga pake spion, kluar malem doank.. yaaa motor kalo ga pake spion malah lebih enak diliat.. hehe

    Guest
  25. lalu, kalo gitu, gimana dengan nasib 3000 orang yang udah telanjur inden xeon? akankah mereka mendapatkan xeon dengan spion yang tidak cukup membuat perjalanan mereka akan aman kelak??? sebaiknya harus terbuka menganjurkan ke 3000 orang tersebut untuk mendatangi diler2 yamaha untuk mengganti spion yang lebih aman… keselamatan tidak bisa digantikan dengan apapun…..

    Guest
  26. judulnye serem banget bro… (kaca spion… salah satu kekurangan Xeon 125?)

    berarti lebih dari 1 kekurangannya ?

    Guest
  27. Jaos : yg komplain soal spion duluan itu para wartawan, tapi gak tahu soal lebar badannya…

    ========================================

    wah saya ngga tau dah urusan itu,..
    silahkan complain ke yang punya warung,…

    saya ngga mau ikut2an ahhh,…
    saya sih cuma mengikuti artikel aja.

    Gimana bro opik,….
    ada yang complain tuch,…

    Guest
  28. martini bilang, motornya malah ga pake spion, kluar malem doank.. yaaa motor kalo ga pake spion malah lebih enak diliat.. hehe
    ========================================
    kalo motorku dilihat bikin sepet gak ada enaknya..tapi kalo di naiki..bikin pengen turing…….lebih adem liat UG yang dibonceng cowoknya…trus ngikutin deh dibelakang…sambil nyalain hazard…………..wow……..tembus………

    Guest
  29. baca lagi ahhhh,…..

    http://oto.detik.com/read/2010/05/31/153106/1366787/648/belum-2-minggu-inden-scoopy-tembus-3000-unit?o991101638

    Guest
  30. motor hitech,
    safety nya dipertanyakan…
    gampang…
    tinggal ganti saja spion bron???
    itu ngabisin stock lama mio….xixixixixixix
    WAJAR- la

    Guest
  31. paling gampang nyari kekurangan dan kesalahan,…
    itu hal yang wajar….
    lanjoooooottttttt…….

    Guest
  32. 61. newbie …
    iya bro….

    gw kemarin muter muter didaerah bogor,
    yang indent scoopy hampir nyamain yang indent techno..
    kata salah satu pemilik dealer dijalan baru bogor
    (adira motor)…

    gw kebagian no diatas 200 …
    padahal dealernya ga gede gede amat yang gw temuin…
    dan kira kira nyampe tangan gw,
    paling cepat 2.5 bulan…atau pertengahna agustus….
    ckckckckckckck…

    ga disangka sangka memang..
    kirain cuma gw yang suka design retro modern….

    yah dengan sabar gw kasih duit gw 200rb, buat tanda indent….

    sabar sabarrrr….

    Guest
  33. @ 65. bonsai…
    ngomong2 soaltarik menarik eke punya tebakan nih,…
    pintu apa yang gak bisa di tarik, meski ama orang sepuluh sekalipun tetep gak bisa di tarik/di buka…..
    nek gak iso njawab…
    tirev_mu tak pek……

    Guest
  34. @ 68. pemain baru….
    udah aja kasih spion Rosalia Indah, Harapan Jaya, Maju Lancar, atau klo masih kurang puas kasih spion Kereta….

    Guest
  35. yah maaf maf nih…
    beli motor irit terusssss..
    habis
    saya khawatir dengan lingkungan bron…
    meski beda cuma satu sendokdengan kompetitor..
    tapi kalau ada 3 juta motor …berarti ada 3 juta sendok BBM…’

    heemmmmmnnn…..
    saya sih mau pakai motor
    tapi yang ga boros boros amit…

    kasian nanti anak cucu gw…

    yah itulah kiranya pemiiran ngawuuuur
    dari seorang awam…
    yang agak sedikit memperhatikan lingkungan sekitar
    tempat kita hidup…

    ya bro j

    Guest
  36. @ 74. museind…
    pemikiran yang jenius, sayangnya otak_ku belum sanggup untuk implementasi kesana….
    @ 75 bonsai….
    salah…..
    ayo yang lain FBH yang lain bantuin bonsai donk…
    masak bakar2an, nyari kelemahan kompetitor bisa jawab pertanyaan no 70 aja gak bisa…..

    Guest
  37. Oalaagh…xeooon…xeon…aya naon?
    sudah bagus pake porget piston
    malah kesimpret spion
    xeooon…xeon…

    Guest
  38. Semua produk pasti ada kekurangannya πŸ˜€

    motor ane udah pake spion meruncing dan lebih panjang kek gambar di atas, tapi bukan punya Yamaha Jupe Z, ulirnya beda

    Guest
  39. @74 museind
    ya memang pemikiran sodara tampaknya benar…tapi itu cuma SETENGAH KEBENARAN….krn faktornya terlalu sangat amat banyak sekali…

    mesti salah satu alasanmu adalah minyak bumi segera habis….

    soal mau perhatikan lingkungan…..setiap mtr sekarang sudah berusaha lebih mengurangi polusi, banyakan yg berusaha memenuhi standar tertentu soal polusi…….TAPI itu berarti tetap ADA polusi kan?

    Guest
  40. mau bagaimanapun spion xeon sudah pas…
    mau ganti sama yg kayak jupiter baru….cuma agak mending dikit…

    Guest
  41. Selain SPION, juga BAN DEPANnya kekecilan. Mestinya dengan ban belakang 90/90, ban depannya 80/90… (Mio Soul saya terpaksa ganti ban. Ban belakang pindah ke depan. Ban belakang ganti 90/90. Biar agak kekar). Mumpung belum bikin banyak… mending segera diganti aja keduanya.

    Guest
  42. dari judul artikel yang pake tanda tanya itu….menunjukkan spion bukan sebuah kekurangan yg ‘pasti’…..
    judul yg ‘safety’….

    ni xeon bagaimanapun friendly buat lingkungan lho….

    Guest
  43. So Dari awal memang motor ini nggak di gembar-gemborkan dengan parameter lainnya seperti Keiritan konsumsi bbm . . . Apakah Motor ini Boros atau irit? .
    ===
    bukan big issue….yg penting ada fitur ngurangi polusi…itu yg sgt esensialnya….

    Guest
  44. @jaos n thole
    ane ulangi sekali lagi ya… :mrgreen: :mrgreen:
    Sory banget bro ane ga percaya sama opini-opini ente berdua IMHO kita butuh jawaban netral..dan tidak menyesatkan.. :mrgreen: :mrgreen:

    Orang Netral kaya kang taufik aja bilang gak pas, kalo kang tofik yang bilang aku percaya…
    kalo kang tofik bilang bagus ane juga percaya.. πŸ˜€

    Guest
  45. lupa kalo ngebut pake abang Hayabusa aja yaaa hehehehehe,,, ngebuuuuuuuuuuut sampe tanah abang trus diuber BM tetep ngebuuuuuuuuuut

    Guest
  46. slogan yamaha :

    sing penting kenceeeeennnnnggggg …. bodo amat mo safety mo engga .. sing penting KUENCEEEEEENNNNNNNNNNGGGGGGGG ….

    hahahahahaha …. Iya ga Le??

    Guest
  47. Betul Spion memang harus bisa memantau keadan belakang mau bentuknya bulet, runcing, opal yang penting fungsinya, mungkin kalo yang pake kendaraan sini dah mawas semua mereka akan cari spion yang kacanya bagus dan bagus lagi kalo sesuai bentuk kendaraannya

    Guest
  48. Yang bilang jadul… di warung sebelah ada tulisan bagus tentang teknologi Piston Tempa yang dipake Xeon. Biar nambah elmu, gitu !

    Guest
  49. Kayaknya bukan masalah bentuk kacanya, tapi memang gagangnya kurang panjang… Kayak gini nih masukan yg bagus buat Yamaha… dapet feedback lgs dr konsumen… Kok masih ada yg nanggepin dg defensif membabi buta??… πŸ™

    Sniff… sniff…

    Guest
  50. breaking News

    Carlos Checa gagal pertamax di Race 1 WSBK Amerika

    http://just-motorkencang.blogspot.com/2010/06/balap-superbike-usa-race-pertamax-max.html

    sayang banget

    Guest
  51. 113. maticgaya
    Baca komennya juga dong, biar lebih nambah lagi ilmunya, tidak sekedar ilmu baca brosur.

    119. guspur
    Siap2 dikeroyok lho!

    Spion karisma dulu sudah cukup lebar, tapi model yg nggak ada baut setelan (coba bandingkan 2 spion di atas), kalau sudah longgar, yg di belakang jadi nggak kelihatan. Sudah diganti punya legenda yg ada setelannya dan sudah 4th belum ganti. Ini kalau peduli keselamatan saja, yg nggak peduli silakan mencela.

    Guest
  52. Hmmm….betul bro, masalah spion itu masalah safety, walaupun banyak yang menyepelekan tapi sebenarnya penting banget lageee….

    Guest
  53. awalnya semapt tertarik tapi kok ternyata spionnya sama dengan Beat ya pendek susah melihat kenbelakang, Thanks ya info nya, siip bener

    http://ceritanovel.wordpress.com/

    Guest
  54. mending pake spion new jupie z…

    oya,Scoopy booming nih.. πŸ˜€
    http://tikunganlurus.wordpress.com/2010/06/01/booming-skutik-retro/

    Guest
  55. kalo bagi gw gak ada masalah… mau panjang atau pendek… toh spion asli pasti gw ganti yang variasi πŸ˜€

    Guest
  56. slm knal bro… klo menurut ane justru spion yamaha paling safety. cuma yamaha yg desain ulir spionnya beda dgn motor merk lain (yg sblh kanan)..jadi klo kesenggol dari depan/beradu pasti mengendur, ga makin kenceng beradunya… klo soal model mah tinggal di ganti aja sesuai selera…

    Guest
  57. coba liat foto diatas, ane perhatiin itu jaket yamaha bagian tangan sampai bahu emang lebar sih jadi pandangan spion ketutup separo apalagi kalau badannya ndut wah amblas. jadi bukan salah spion nya.

    Guest
  58. @Jaos 29
    Selera nenek loe kingkong……??

    Masalah panjang dan kemampuan spion liat view dibelakang itu ada regulasinya Dul, bukan asal…
    dan masalah di atas memang bukan masalah bulet atawa runcing, tapi masalah panjang tangkai……..

    Guest
  59. slm knal bro… klo menurut ane justru spion yamaha paling ga safety. tujuan si pion itu utk view keadaan dibelakang, agar mtr klo mo jln zig-zag ga disundul mtr dr belakang…bgmn sich kok mtr 15,5jt dikasih si pion 8ribuan yg super yjadul abiz sich πŸ˜€

    Guest
  60. @137
    ow…kotor kali kau ini…
    jadi memangnya spion merk mtr ini melanggar regulasi? Kalo saya tulis sesuai selera body….berarti bodynya juga melanggar regulasi …begitu???

    Guest
  61. Halaman Quiz nya ilang http://ninja250r.wordpress.com/2010/05/31/quiz-statistik-penjualan-sepeda-motor-indonesia-mei-2010-berhadiah-sepatu-riding-rvr/ -_-

    Guest
  62. bro,tlg ane,pk xeon th 2010,mslh stater ktnya acu soak,sya gti bru bohlam pst ada yg pts,gk lama pst stater gk ngangkat,ktnya pengisian g normal,ane cervice plg kuat 3hari kumat lagi staernya,utk para suhu,yg pya mtr penyakitnya sama,tlg bagi2 ilmunya

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here