Bismillah . ..  Bro sekalian, Zina di wikipedia adalah perbuatan bersenggama antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh tali pernikahan. Saya tergerak merilis artikel ini karena merasa Miris sekali dengan bombardir berita yang menghegemoni jagad Blogosphere dua pekan terakhir dengan hadirnya artikel-artikel yang memuat berita aksi syuur sepasang manusia, nauzubillah 🙁  Zina, di hampir mayoritas muka bumi ini dicap sebagai kegiatan Yang Hina dan memalukan.

Oke tapi apakah ini akan membatasi hubungan sosial perkawanan kita dengan orang lain? Tentu tidak bro, Berkawan tetap di bolehkan sebatas kewajaran . . . hati-hati bujuk Rayu setan, hendaknya tidak terlalu rapat berhubungan dengan lawan jenis yang bukan muhrim kita !! Soale kalo udah bedua, setan dengan sukarela menjadi yang ketiga . . . Astaghfirullah !!  Oke Marilah kita mereview kembali apa sih bahaya dan akibat buruk dari zina . . . berikut saya Tampilkan (repost) ulasan blog Mutiara hati . . . mudah-mudahan bisa menjadi bahan renungan bagi saya pribadi dan bro semua . . . semoga bermanfaat

Di antara akibat buruk dan bahaya Zina adalah :

  • Dalam zina terkumpul bermacam-macam dosa dan keburukan yakni berkurangnya agama si penzina, hilangnya sikap wara’ (menjaga diri dari dosa), buruk keperibadian dan hilangnya rasa cemburu.
  • Zina membunuh rasa malu, padahal dalam Islam malu merupakan suatu hal yang amat diambil berat dan perhiasan yang sangat indah khasnya bagi wanita.
  • Menjadikan wajah pelakunya muram dan gelap.
  • Membuat hati menjadi gelap dan mematikan sinarnya.
  • Menjadikan pelakunya selalu dalam kemiskinan atau merasa demikian sehingga tidak pernah merasa cukup dengan apa yang diterimanya.
  • Akan menghilangkan kehormatan pelakunya dan jatuh martabatnya baik di hadapan Allah mahupun sesama manusia.
  • Allah akan mencampakkan sifat liar di hati penzina, sehingga pandangan matanya liar dan tidak terkawal.
  • Pezina akan dipandang oleh manusia dengan pandangan mual dan tidak percaya.
  • Zina mengeluarkan bau busuk yang mampu dihidu oleh orang-orang yang memiliki ‘qalbun salim’ (hati yang bersih) melalui mulut atau badannya.
  • Kesempitan hati dan dada selalu meliputi para pezina. Apa yang ia dapati dalam kehidupan ini adalah sebalik dari apa yang diingininya. Ini adalah kerana, orang yang mencari kenikmatan hidup dengan cara bermaksiat kepada Allah maka Allah akan memberikan yang sebaliknya dari apa yang dia inginkan, dan Allah tidak menjadikan maksiat sebagai jalan untuk mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan.
  • Penzina telah mengharamkan dirinya untuk mendapat bidadari yang jelita di syurga kelak.
  • Perzinaan menyeret kepada terputusnya hubungan silaturrahim, derhaka kepada orang tua, pekerjaan haram, berbuat zalim, serta menyia-nyiakan keluarga dan keturunan. Bahkan boleh membawa kepada pertumpahan darah dan sihir serta dosa-dosa besar yang lain. Zina biasanya berkait dengan dosa dan maksiat yang lain sebelum atau bila berlakunya dan selepas itu biasanya akan melahirkan kemaksiatan yang lain pula.
  • Zina menghilangkan harga diri pelakunya dan merosakkan masa depannya di samping meninggalkan aib yang berpanjangan bukan sahaja kepada pelakunya malah kepada seluruh keluarganya.
  • Aib yang dicontengkan kepada pelaku zina lebih membekas dan mendalam daripada asakan akidah kafir, misalnya, kerana orang kafir yang memeluk Islam selesailah persoalannya, namun dosa zina akan benar-benar membekas dalam jiwa kerana walaupun akhirnya pelaku zina itu bertaubat dan membersihkan diri dia akan masih merasa berbeza dengan orang yang tidak pernah melakukannya.
  • Jika wanita yang berzina hamil dan untuk menutupi aibnya ia mengugurkan kandungannya itu maka dia telah berzina dan juga telah membunuh jiwa yang tidak berdosa . Jika dia ialah seorang wanita yang telah bersuami dan melakukan kecurangan sehingga hamil dan membiarkan anak itu lahir maka dia telah memasukkan orang asing dalam keluarganya dan keluarga suaminya sehingga anak itu mendapat hak warisan mereka tanpa disedari siapa dia sebenarnya. Amat mengerikan, naudzubillah min dzalik.
  • Perzinaan akan melahirkan generasi individu-individu yang tidak ada asal keturunan (nasab).  Di mata masyarakat mereka tidak memiliki status sosial yang jelas.
  • Pezina laki-laki bererti telah menodai kesucian dan kehormatan wanita.
  • Zina dapat menyemai permusuhan dan menyalakan api dendam antara keluarga wanita dengan lelaki yang telah berzina dengannya.
  • Perzinaan sangat mempengaruhi jiwa kaum keluarganya di mana mereka akan merasa jatuh martabat di mata  masyarakat, sehingga kadang-kadang menyebabkan mereka tidak berani untuk mengangkat muka di hadapan orang lain.
  • Perzinaan menyebabkan menularnya penyakit-penyakit berbahaya seperti aids, siphilis, dan gonorhea atau kencing bernanah.
  • Perzinaan menjadikan sebab hancurnya suatu masyarakat yakni mereka semua akan dimusnahkan oleh Allah akibat dosa zina yang tersebar dan yang dilakukan secara terang-terangan.

HUKUMAN ZINA

Demikianlah besarnya bahaya dosa zina, sehingga Ibnul Qayyim, ketika mengulas tentang hukuman bagi penzina, berkata: “Allah telah mengkhususkan hadd (hukuman) bagi pelaku zina dengan tiga kekhususan iaitu:

  • Pertama, hukuman mati secara hina (rejam) bagi pezina kemudian diringankan (bagi yang belum nikah) dengan dua jenis hukuman, hukuman fizikal yakni dirotan seratus kali dan hukuman mental dengan diasingkan selama satu tahun.
  • Kedua, Allah secara khusus menyebutkan larangan merasa kasihan terhadap penzina. Umumnya sifat kasihan adalah diharuskankan bahkan Allah itu Maha Pengasih namun rasa kasihan ini tidak boleh sehingga menghalang dari menjalankan syariat Allah. Hal ini ditekankan kerana orang biasanya lebih kasihan kepada penzina daripada pencuri, perompak, pemabuk dan sebagainya. Di samping itu penzinaan boleh dilakukan oleh siapa sahaja termasuk orang kelas atasan yang mempunyai kedudukan tinggi yang menyebabkan orang yang menjalankan hukuman merasa enggan dan kasihan untuk menjalankan hukuman.
  • Ketiga, Allah memerintahkan agar pelaksanaan hukuman zina disaksikan oleh orang-orang mukmin dengan maksud menjadi pengajaran dan memberikan kesan positif bagi kebaikan umat.

BEBERAPA PERKARA PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN

Orang yang berzina dengan banyak pasangan lebih besar dosanya daripada yang berzina hanya dengan satu orang, demikian juga orang yang melakukanya berkali-kali dosanya lebih besar daripada yang melakukannya hanya sekali.

  • Penzina yang berani melakukan maksiat ini dengan terang-terangan lebih buruk daripada mereka yang melakukannya  secara sembunyi-sembunyi.
  • Berzina dengan wanita yang bersuami lebih besar dosanya daripada dengan wanita yang tidak bersuami kerana adanya unsur perbuatan zalim (terhadap suami wanita), boleh menyalakan api permusuhan dan merosak keutuhan rumah tangganya.
  • Berzina dengan jiran lebih besar dosanya daripada orang yang jauh rumahnya.
  • Berzina dengan wanita yang sedang ditinggalkan suami kerana perang (jihad) lebih besar dosanya daripada dengan wanita lain.
  • Berzina dengan wanita yang ada pertalian darah atau mahram lebih jahat dan hina daripada dengan yang tidak ada hubungan mahram.
  • Ditinjau dari segi waktu maka berzina di bulan Ramadhan, baik siangnya ataupun malamnya, lebih besar dosanya daripada waktu-waktu lain.
  • Kemudian dari segi tempat dilakukannya, maka berzina di tempat-tempat suci dan mulia lebih besar dosanya deripada tempat yang lain.
  • Pezina muhson (yang sudah bersuami atau beristeri) lebih hina daripada gadis atau jejaka, orang tua lebih buruk daripada pemuda, orang alim lebih buruk daripada yang jahil dan orang yang berkemampuan (terutama dari segi ekonomi) lebih buruk deripada orang fakir atau lemah.

BERTAUBAT

Bertaubat ini bukan khusus hanya kepada penzina, bahkan kepada sesiapa sahaja yang menunjukkan jalan untuk terjadinya zina, membantu dan memberi peluang kepada pelakunya dan siapa saja yang ikut terlibat di dalamnya. Hendaknya mereka semua segera kembali dan bertaubat dengan sungguh-sungguh, menyesali apa yang pernah dilakukannya dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak kembali melakukannya. Dan yang paling penting adalah memutuskan hubungun dengan siapa sahaja dan apa sahaja yang boleh menarik ke arah perbuatan keji tersebut. Dengan demikian diharapkan Allah akan menerima taubat itu dan mengampuni segala dosa yang pernah dilakukan, dan ingatlah, tidak ada istilah ‘putus asa’ dalam mencari rahmat Allah.

Allah berfirman, mafhumnya:
Dan orang-orang yang tidak menyembah ilah yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka mereka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ” (QS. 25:68-70)

Disaring dari risalah Daarul Wathan judul Min mafasid az-zina, karya Muhammad bin Ibrahim al Hamd.

95 COMMENTS

  1. Untung ane blom sempet nulis berita :ngariel gan.

    Kaskus rame banget lho semua membernya ngumpul di satu thread, mau reply di page yg kita maksud aja susah banget. Bayangin aja 1 thread dalam waktu kira2 6 jam bisa 10.000 reply. 😆

    BTW, ane PERTAMAX. 😀

    Guest
  2. Emang miris…sebagian orang zina kl ketangkap pun kadang masih menambahi dosa,berkilah dgn berbohong sudah menikah siri…

    Guest
  3. beribu-ribu terimakasih mas sudah di ingatkan .
    terutama bagi saya yang masih singgle .
    semoga semua yang mas sampaikan akan selalu teringat oleh diri ini .
    semoga kita semua terhindar dari zina sekecil apapun , Amin …….

    Guest
  4. mudah2an mereka semua yang telah melakukan atau berencana melakukan zina cepet2 mendapat Hidayah dri Allah SWT. Amieeeen.

    Guest
  5. Kalo di dunia ngga’ melakukan zina, ntar di surga mendapatkan bidadari yg cuantik? hmm, menggiurkan banget nih..

    Guest
  6. Sekarang hal itu sudah marak dimana-mana….Tiap hari ada saja berita zina…Mungkin banyaknya bencana alam ada hubungannya dengan ini

    Guest
  7. Biar kagak berzina..bayangin aja terus bidadari syorga yang ngeliat betisnya aja kagak nahan apalagi liat yg lain….gua mau mesen sepuluh ah..

    Guest
  8. pengaruh pergaulan bebas dan pengaruh televisi sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan zina dalam kehidupan dinegara ini. bisa dilihat bahwa saat ini sangat banyak acara-acara televisi yang mencontohkan perbuatan zina dan tanpa sadar telah mempengaruhi para penontonnya yang telah menganggapnya sebagai hal biasa. Nauzubillah……

    Guest
  9. Orang berbuat zina BUKANNYA MALU tapi MALAH dipertontonkan dimana-mana, mereka BANGGA DENGAN DOSA ZINA.

    Selama hukum RAJAM belum diterapkan bagi para PEZINA, maka kita akan liat perbuatan ZINA itu semakin hari bukan SEMAKIN REDA, tapi justru semakin merajalela.

    KALAU SUDAH DEMIKIAN, TUNGGULAH SAATNYA !! AKAN SEGERA TIBA ADZAB ALLAH SWT YANG DAHSYAT, YANG TIDAK HANYA MENIMPA PARA PEZINA SAJA TAPI JUGA AKAN MENIMPA SELURUH PENDUDUK NEGERI INI… NA’UUDZUBILLAAHI MIN DZAALIKA.

    Guest
  10. Allah maha pengampun..bertaubat lah sebelum ajal memanggìlmu….
    Berkacalah pada cermin dan perhatikan dirimu di dalam cermin
    itulah dirimu yang sesungguhnya di hadapan allah
    manusia itu lemah
    tidak bisa apa2
    kecuali dengan..lahaula wala khuata illa billah
    tiada daya upaya yg dapat kita lakukan..kecuali dengan ridho dan pertolongan nya

    Guest
  11. Artikel yang sangat bagus,
    sesungguhnya di Indonesia meskipun mayoritas muslim, tapi banyak penduduknya yang berbuat zina, baik orang muda maupun para orang tua yang sudah berkeluarga, karena Islam mereka hanya di KTP saja tapi di hatinya Kafir, salah satu penyebabnya karena kurangnya pendidikan agama dari orang tua mereka & karena faktor lingkungan (pergaulan) yang buruk.
    Sebenarnya Allah sudah memberikan peringatan kepada kita berupa bencana-bencana yang terjadi di negeri kita ini, tapi tetap saja para pembuat dosa tidak mau bertobat.
    Semoga para pendosa di negeri kita ini, mendapatkan pencerahan dan segera bertaubat serta memperbaiki semua kesalahan yang pernah mereka lakukan. Amiiin….

    Guest
  12. Itulah om kita ini sebagai bangsa yang mayoritas MENGEDEPANKAN Budaya Barat alias mau berpikir se LIBERAL2-nya alias sebebasnya tanpa ada batasan dan hukuman Coba kita kembali pada fitrah kita masing2 kita ini hidup paling lama 80 tahun sisanya akan dipertanggung jawabkan semua perbuatan dan amal kita Juga jangan lupa harta yang ada di rumah kita yang diberikan ke kita alias rejeki akan dipertanggung jawabkan apa aja yang udah kita investasikan untuk nanti ditanya di pengadilan akhirat

    Liat aja perrempuan berinisial M***A E*A ada di metro TV dengan lantang santai dan tanpa penyesalan apalagi malu ngomongin dan ceramahin orang soal video porno saat ini
    ASTAFIRULLLAH ALAZIM !!

    Apalagi artis A***L P******PORN ha2 jagoan ranjang,
    Ane kasian ama anak dari mantan istrinya apalagi anaknya
    itulah contoh keterlaluan seorang bapak buat anaknya
    mudah2an anaknya jadi anak yang Sholehah selamat dunia akhirat AMIN

    Guest
  13. udah bulan juni kok masi turun ujan aja yach hampir tiap hari? apa bumi ini sudah sangat sedih sekali dengan kedzoliman manusia seperti zina dan lain-lainnya?

    Guest
  14. zina tidak memandang SARA. semuanya tergantung kepada sikap moral seseorang. hanya zaza dalam kazuz ini haruznya dizikapi dengan bijak. jangan menghakimi zezeorang yang berbuat zina dengan menuding ini dan itu dengan mengatakan ini dan itu dengan mengumpat ini dan itu.

    setuzu dgn bro scnk
    hendaknya dengan kejadian tzb kita lebih zering bercermin. ibarat kata pepatah belek di mata orang / teman kita lihat sedangkan gajah di depan mata sendiri tidak dilihat

    adanya kejadian ini hendaknya diambil hikmahnya

    zelamat menjalankan ibadahnya buat bro2x zekalian

    Guest
  15. artikel yang tepat ditengah kondisi yang tepat pula. . . .

    salah satu dosa yang mendapat azab langsung di dunia adalah zina .

    semoga Allah menjauhkan semua penghuni warung ini dari dosa yang menjijikan itu . . . amin ya Robbal alamin. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  16. Gara2 chatting,knln sm ce lama kelamaan jd hot,baru rencana2 mau indehoyyy kl ketemuan eh ketauan dulu deh sm istri…ampun deh,g lagi2…pdhl istri lbh cuakep,sholeh,pntr,baik…mgkn namax setan ngajakinx suruh nyoba kebun tetangga y lbh ijo…tp skrg gue dah insaf.

    Pengalaman pribadi.

    Guest
  17. naudzubillah min dzalik..
    om, mgkn bs dtmbah tips2 wat mnghndri zina, trtma wat yg blm nikah, ky aq, hahaha..

    Guest
  18. Artikel yang bagus bro,..
    walaupun saya bukan muslim,..

    namun apa yang baik adalah baik walau berbeda kiblat yah bro,..

    keep up the good work there…

    Guest
  19. mantap,Gan!!! salah satu tanda kiamat adalah ketika zinah dilakukan secara terang-terangan… ini bukan sok suci,tapi apa kita memang tidak ingin menjadi pribadi yg ‘suci’ jika itu memang hal baik dan akan mengarahkan kita kepada kehidupan yg baik??? memang,hawa nafsu selalu menggoda… tapi ‘mampu menahan nafsu’ bukan ‘munafik’,dunk… bagaimana sikap kita terhadap pelaku zinah (dan dosa-dosa lain)? 1.salahkan ‘perbuatannya’,salah tetap salah,tapi bukan mencela ‘pribadi’ orangnya; 2.mawas diri,setiap orang punya kekurangan dan kelemahan,bukan tidak mungkin kita juga bisa terjerumus; 3. dukung ‘dia’ secara moral untuk bertobat dan mempertanggungjawabkan kesalahannya… wallahu’alam

    Guest
  20. @31
    alhamdulillah….karena zina termasuk dosa besar…

    saya juga merasakan bahwa perkawinan menyelamatkan dari zina…
    kadang masih kepikiran…beneran gak yah kita dah nikah
    karena kita lagi hot2nya…-maklum masih pengantin baru- :D..

    tipis memang, bekal mas kawin ama penghulu doang, hubungan beda jenis jadi halal, di luar itu haram….
    ahhhh…Tuhan emang gak salah suruh manusia tetap menjalani islam secara istiqomah…

    tapi mengapa orang masih mau melakukan zina? direkam lagi!?

    boleh gak sebar ilmu bro
    …setahu saya kalo merasa nonton blue film buat baik2 aja, gak dosa, dengan alasan buat perangsang dalam hubungan suami istri….itu salah besar bro!….karena nonton blue film aja awalnya dah dosa karena melihat aurat orang lain….jadi pakailah cara lain..

    teuteup say no to pornografi

    Guest
  21. silahkan mampir.. dijamin sangat-sangat bermanfaat..!
    Rugi berat kalo gak mampir!

    http://annajahsolo.wordpress.com/

    Guest
  22. Lama hidup di dunia di ibaratkan meminum secangkir kopi dan menghisap sebatang rokok pada saat anda melakukan perjalanan keliling dunia dengan berjalan kaki, sisa waktu/perjalanan adalah kehidupan Akhirat.

    Akan tetapi Dengan waktu yang se-sempit itu pula yang menentukan apakah kita akan meraih Kebahagian/Kesengsaraan di Akhirat kelak.

    Manfaatkan-lah waktu yang sempit ini Kawan…..

    wassalam,

    Guest
  23. Mending sama istri aja deh… Semoga kita termasuk yg Allah ‘cukup’kan dengan istri kita. Amin…

    “Sesungguhnya apabila seorang suami menatap isterinya dan isterinya membalas pandang (dengan penuh rasa cinta-kasih) maka Allah SWT menatap mereka dengan pandangan kasih mesra. Jika suami membelai tangan isterinya maka dosa mereka jatuh berguguran di celahan jari-jari tangan mereka”. (Riwayat Maisarah bin Ali daripada Abu Said Al-Khudri)

    Guest
  24. Saat ini islam liberal tmbh d indo . .aliran sufi jg bnyk tp knp zina jg msh bnyk? Indo jg sbg slh satu pendownload vidio porno terbesar d dunia .!!OOT

    Guest
  25. ^25-Fey… hati-hati klo ngomong kafir bro, apalagi pada sesama muslim.

    eniwe pelaku dosa besar belum bisa dikategorikan kafir.
    sama kasusnya dg pencuri motor, tidak seharusnya mrk dibakar hidup-hidup 🙂

    Guest
  26. Naudzubillah min dzalik
    Semoga generasi muda Indonesia dapat bertahan dari gempuran budaya2 barat / orang kafir yg tengah berusaha keras untuk merusak keimanan….dan jangan sampai budaya free sex menjadi hal yang biasa terjadi di sekitar kita.
    Artis kita sekarang ko’ banyak yg lebay….baru ngetop dikit dah bikin ulah…gimana mau jadi artis legendaris. Inikah contoh public figure bagi generasi muda yg akan dijadikan idola & panutan ??? saya harap tidak !!!

    Guest
  27. Thanks artikelnya bro. Gw jd ngeri atas apa yang pernah ane perbuat di masa lalu. Allah Rabbku, ampuni hamba..

    Guest
  28. Wah gak usah nyari-nyari ustadz, yang punya warungnya aja dah ustadz … baguslah …. setuju …. mudah-mudahan sebelum lebaran semuanya udah saling memaafkan … and ZINAAA …. no …. that’s satanic’s way …

    Guest
  29. Alhamdulillah ga punya tv, jd keluarga masih bisa selamat dari tontonan infotainment yang ga jelas.

    Guest
  30. @ yamaha 46 Andi Honda
    di forum ini mah gak usah ngomong gituan …. norax … gak sopan … for eqin dkk fby .. jadi sebenarnya siapa yang gak sopan tuch …. tolong sekarang urus dirimu sendiri bung Eqin dkk …. ketauan dech sekarang

    Guest
  31. @ H J
    loe juga gak sopan …. jangan ngomong gituan dech … norax abizzz seperti yamaha 46 ama yamaha anti Honda … semuanya norax gak bermoral …. bego …

    Guest
  32. @ Udin Petot
    Gak usah nyabit-nyabit nama gw … dasar klonengan fby …
    dah kehabisan akal buat ngalahin Udin asli yahh…. but di forum ini mah gak usah ngomong gituan … orang-orang pade tahu …. gak pantes and gak sopan

    Guest
  33. @ Udin Petot
    di forum ini mah pantas marah gw … . sebab bukan tempatnya …. kalo mo ngomong gituan di tempat sampah aja ….

    Guest
  34. Hidup Suzuki n Kawasaki.
    Honda n Yamaha
    Salesnya bangsat2 semua.
    Pada main klonengan.
    Ngaku luh semua!
    Jgn pada ngakak diblkng layar luh pada!
    Kshn si udin jd sewot bgtu.

    Guest
  35. Bau busuk yang berasal dari kelamin penzina akan menyegat dan mengganggu penghuni neraka.
    Inilah salah satu tanda akhir jaman, banyak orang terang-terangan berbuat maksiat dan bangga akan perbuatan kotornya.

    Guest
  36. Yamahmud, Garpu Talanya pake kondom dong!
    Biar ngga kena rajasinga.
    Bhua ha ha ha ha.
    Yamahmud najis dan diharamkan.

    Guest
  37. @tante: mekinya dicolok pk garpu tala mau ga?
    Coz kutu busuk Y-FB pada cabul and sukanya bgtuan tuh!!

    Guest
  38. USUL AMA MAS TOPIK …. KHUSUS DI FORUM INI … YANG CABUL-CABUL LANGSUNG DIHAPUS …. MAU DARI FB MANAPUN …… FBK DAN FBS JANGAN KEGEERAN …. TANTE BRENTI NGOMONG …… BLOON LU … (CENGENGESAN LAGI …)

    Guest
  39. EQIEN DI MANA YA… GILIRAN NGAJI KOK GAK MUNCUL-MUNCUL KALAH AMA NEWBIE AND THOLE ….. OH LAGI NGAYAL KALEE …. MANIS BANGET DE ….. KASIH KONTRIBUSI BUAT BRANTAS YANG CABUL-CABUL GA SOPAN ITU …. CEPET QIEN ….

    Guest
  40. bro semuaa istigfar….. malu sama mas tofik….

    saiki jamane EDAN
    yen gak Edan gak komanan
    sak bejo-bejone wong sing edan
    isih bejo wong kang ELING lan WASPODO (joyoboyo)

    Sekarang jaman Edan
    kalo gak edan gak kebagian
    se-beruntung-beruntungya orang edan
    MASIH BERUNTUNG ORANG YANG SELALU INGAT (TUHANNYA) dan selalu WASPADA.

    Guest
  41. @ Gigolo
    Gue Curiga sama Loe Gigolo ….. yang jadi Udin Petot Loe ya… yang jadi Udin no. 85 Loe yah ….
    Terserah loe pade …. keliatan sekali loe ngulang kata di Udin no. 85 … dasar loe mesum …. terserah gue mau dibilang siapapun yang terpenting bagi gue Usul Ama Mas Topik Sekali lagi ….. yang cabul-cabul di forum ini segera hapus … setiap muncul hapus lagi … muncul lagi hapus lagi terutama pekerjaan si Gigolo ini yang nyebarin fitnah …

    Guest
  42. gw jd yakin (klo mmg benar)Video si Aril peterporn dan Cut tali kutang atu taun 2006 lha yg membuat MALAPETAKA SUNAMI di ACEH sodara sodara, merka lha yg berbuat, anudujbilah Cut tali itu kan org aceh udah berswami …

    Guest
  43. Mautanya. Ada wanita berrbuat zina sesudah itu ia bertobat seetelah setahun kemudian ia nikah dgn laki laki tp bukan yg zina sama dia. Gmn dosa zina nya di ampuni allah atau di pertanggung jawabkan.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here