Salah satu Teknologi yang dibenamkan pada skutik premium Honda, Honda PCX 125 yang akan dirilis esok Rabu 16 Juni 2010 adalah Teknologi Idling Stop System. Teknologi ini bertujuan menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang denganย  cara ‘mematikan’ mesin sesaat diwaktu motor terpaksa diam semisal di Lampu merah atau saat terjebak di kemacetan Total. Teknologi ini sebenarnya telah di benamkan di Skutik retro Scoopy-i 50 cc tahun 2001.ย  Dan Hasilnya konsumsi bahan bakar scoopy i dapat di hemat sebanyak 5,5%, emisi Co2 dapat direduksi menjadi 5,2%, emisi CO dapat direduksi sebanyak 8% dan Emisi HC dikurangi 2% tanpa tambahan sistem pengontrol emisi lain. Kayak apa sih Teknologi Canggihnya Honda ini?

:rool: idling stop system schematic

Dengan Teknologi Iddling Stop System, Mesin akan dimatikan dalam waktu 3 detik setelah berhenti di Lampu merah dan dapat dinyalakan lagi dengan hanya ngebejek/membuka throtel Gas. Oke begini konsepnya . . . baca pelan-pelan yaaa he he he. Otak dari sistem ini adalah ECU, so biasanya Skutik yang mau mengaplikasikan Idling Stop System haruslah berfitur Injeksi (PGM Fi kalo di Honda). ECU ini akan membaca beberapa input / Variabel sensor seperti : sensor kecepatan untuk mendeteksi kecepatan motor, sensor temperatur untuk mendeteksi temperatur mesin, throttle sensor untuk mendeteksi bukaan gas, Generator pulsa untuk mendeteksi putaran mesin, dan sensor jok untuk mendeteksi ada atau tidaknya rider yang nyemplak . . . guna sensor-sensor ini bagi idling stop system buat apa?

๐Ÿ™„ Diagram keadaan idling stop system

1. Pemakaian Awal/Saat Skutik di start awal dengan Normal

Saat Pemakaian Awal semisal dipagi Hari, Biasanya Motor butuh pemanasan kan? Oleh Karena itu Mode “idling stop” dimatikan Oleh ECU, soale kalo nggak, maka motor nggak bisa dipanasin karena 3 detik berhenti . . .mesin langsung mati doong he he he. Gimana ECU Taunya, menggunakan sensor temperatur. Sensor akan mendeteksi suhu air coolant, jika masih dibawah 50 derajat selsius maka ECU akan menyatakan mesin akan tetap dalam Konsisi Idle walau motor nggak jalan lebih dari 3 detik, makanya disebut mode idling.

2. Saat Skutik berjalan

Jika kecepatan skutik telah melampaui 10 km/jam dan temperatur d 50 derajat celsius keatas dan variabel ini terdeteksi via sensor ke ECU maka ECU akan menyatakan mesin dalam keadaan Mode “idling Stop”

3. Saat Skutik berhenti

Ketika Skutik berhenti dengan kondisi grip gas tertutup, dan ridernya dalam posisi duduk maka ECU akan otomatis mematikan mesin 3 detik setelah berhenti. Delay 3 detik ini dibutuhkan agar mesin nggak mati saat kita menggunakan skutik saat berputar atau berhenti sejenak kurang dari 3 detik

4. Saat Restart

Ketika Ridernya akan kembali berjalan, sensor bukaan gas akan mendeteksi bukaan grip gas lalu ECU akan memerintahkan starter motor menyala untukmenghidupkan mesin. Waktu yang dibutuhkan antara membuka Gas sampai berjalan kembali adalah 0,9 detik menurut Klaim Honda. Nilai ini lebih lambat 0,4 detik dibanding motor yang tidak menggunakan teknologi idling stop. Starter motor untuk system ini lebih spesifik, dinamakan ACG Strater yang memiliki dwi fungsi sebagai starter dan juga sebagai Alternator atau Kata bro Imam : ACG singkatan Alternating Current Generator yaitu alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), sedangkan starter yaitu alat untuk memulai kerja suatu alat lain atau mesin. Lho, jadi keduanya dikombinasikan jadi ACG starter . . . Banyak Fenomena Fisika di ACG Starter ini, makanya saya tertarik. UNTUK ACG Starter sendiri Bro bisa baca Ulasan:

Bro Imam bengkel sepeda Motor

Bro Triatmono

Sumber Pusataka

Semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

326 COMMENTS

  1. Bagaimana pun juga Honda emang lebih unggul, gak cuman slogan! ๐Ÿ˜€
    Gmn jd gak minang PCXnya, kang? Dulu pernah nulis ktnya niat minang si PCX or Xeon? ๐Ÿ™‚

    Guest
  2. motor canggih.. ga bisa di obok-obok dah.. ๐Ÿ˜€

    kalo aza teknologi honda dipadu design keren yamaha.. pasti mantaabz, cuy.. perfect.. ๐Ÿ˜€

    Guest
  3. Dengan pengalaman n penge-
    tahuan yg memadai, sdh spantas
    nya mas Taufik memboyong
    PCX ini ke barisan penghuni
    garasi di rmh mas Taufik….

    Secara pribadi mendukung utk
    hal tsb.
    Ayo mas Taufik….
    ๐Ÿ™‚

    Guest
  4. Mas taufik, mesin mati waktu Idling stop durasinya brapa lama?
    Saya berfikir kalo kena traffic light yg diatas 150 detik. Ato yg extrem 540 sampe 999 detik. Apa mesin nya langsung respon lagi?
    Apa kalo kelamaan ECU nya ngira mesin nya emang dimatiin?

    Guest
  5. @19 dani: setuju! Biar kang opick bs explore lbh dlm & banyak lg, jd kita2 yg gak sanggup beli tetep dpt ilmunya ๐Ÿ™‚
    Ayolah… Boyong si PCX ke rumah, kang opick… ๐Ÿ™‚

    Guest
  6. @20 mas ipan: kyknya selama variabelnya terpenuhi, systemnya ttp bekerja. Dlm hal ini sy kira suhu air radiator bkln msh ada dikisaran 50 drjt celcius kl cm berhenti di lampu merah mah. CMIIW.

    Guest
  7. @Mas Ipan
    mati waktu idling stop? misalnya saat lampu merah? ya selama bro menutup grip gas dan duduk diatas jknya, cmiiw
    karena saat idling stop ECU mantengin data dari kedua sensor tersebut sensor tempat duduk dan sensor bukaan gas.

    nah untuk maksimum waktunya, saya juga belom tahu . .. di sumber bacaan belom ada petnjuknya euuy

    Administrator
  8. Heem, hanya bisa geleng kepala, edan ni motor. Bagaimana kalau kita usulkan ke petinggi AHM agar kang Taufik suruh boyong ni motor dengan nebus 50% aja, agar bisa ngedukasi masyarakat, khususnya pembaca blok ini, seperti usul-usul yang di atas tuh. Sambil promosi. Tapi KKN gak ya umpama bener.

    Guest
  9. To TMC n all bro : “Apakah kalau kita mematikan motor matic selama lampu merah efek pnghematan bensin n pngurangan polusi yg dihasilkan bisa sama?”

    Guest
  10. Absen ja ah smlm hbs k PRJ eh d stand probike ada PCX bgs jg bentuknya..plg2 lwt jln garuda byk celengan,sarkemnya jkrt x ya,mklum org kmpung

    Guest
  11. Kalo maced gimana yah …. kadang kalo macet kan lebih dari 3 detik kita diem trus mati yah? ….. trus jalan lagi …… mati lagi ….. apa malah gak boros ???

    Guest
  12. Hmm,,,, menurut noobie sih,
    sensor2 itu emang ditugasin untuk bedain kondisi2 tsb. Apakah lg dipanasin, kena traffic light atw macet parah/ sensor bekerja. Atw mmg sdg sengaja dimatikan. Mau mati selama 150 detik, 500 detik, atw lebih pun, selama masih didudukin, & KUNCI dlm posisi ON, ya berarti itu statusnya “Idling Stop”
    Beda kalo mesin emang dimatikan “manual”, lewat stop kontak menjadi posisi OFF. Ya berarti emang motor udah sampe di tujuan.
    CMIIW

    Guest
  13. 40.mas soga
    kayaknya sih gak mas,teknologi ini dibuat pasti didahului dengan survey dan perhitungan.dan jga udah ada data (di tulisan mas taufik di atas) yg menunjukkan bahwa teknologi ini memang dapat mengurangi konsumsi BBM.CMIIW

    Guest
  14. 42.mas soga
    kayaknya sih gak mas,teknologi ini dibuat pasti didahului dengan survey dan perhitungan.dan jga udah ada data (di tulisan mas taufik di atas) yg menunjukkan bahwa teknologi ini memang dapat mengurangi konsumsi BBM.CMIIW

    Guest
  15. wih canggih banget ya Honda.
    klo udah lihat PCX ini trus lihat mio, mio soul dan xeon jadi kelihatan culun banget.
    pantesan aja ya lama2 mio semakin gak laku.

    Guest
  16. betapapun canggihnya terlihat di atas kertas, PCX 125 ini tetap harus dibuktikan di jalanan dalam prakteknya. ada yang pengen nyoba pertama kalinya? mungkin mas taufik barangkali ๐Ÿ™‚ ?

    Guest
  17. Absen absen… ๐Ÿ™‚
    Pelayanan ahass Servicenya gimana?, apakah para mekanik sudah ditraining, atau harus service di ahass tertentu?

    Guest
  18. mas taufik bahas juga donk perkembangan market skutik honda seperti warung sebelah yg bulan kemaren udah bisa memukul ko si jadul.
    dijamin warungnya kobong!!!

    Guest
  19. benar2 teknologi yang canggih, sepertinya sesuai dengan harga yg dikeluarkan oleh honda ndiri, hmmm, yamaha gimana nih??

    Guest
  20. beberapa pertanyaan terbesit di hati, sepertihalnya kebiasaan baru untuk yang model seperti ini apakah semua konsumen akan serta merta eazy going menerima, atau malah akan terjadi kontra?
    perbandingan karbon yang keluar dengan model ini apa iya seperti yang dikabarkan di atas akan bisa mereduksi co, ataukah hanya merupakan promosi bombastis fihak hondaa?

    Guest
  21. Siapa yang setoedjoe mas taufik mboyong nih mongtor ke garasinya,ayo ngacung.. (ngacung sambing clingak clinguk)

    Guest
  22. ayok maen kuis
    “adakah kang taufik inden pcx saat launching besok…?”
    hadiahnya si pinky…

    *email : [email elo]
    *jawaban : [ya/tidak]

    Guest
  23. Mantap neh skutik….PCX gitu loh, sayang kemampuanku tak ada terpaksa cuma Scoopy yang masuk dalam realita….

    *Semoga kalo masuk di Indonesia harganya 20 juta ajah…..berharap

    Guest
  24. @All:
    Kalo menurut test ride yg udah dilakukan mas Tri di Thailand sono (kalo ga salah waktu touring bulan2 kemaren), fitur ‘Idling Stop System’ ini bisa kita non aktifkan kok, ada semacam switch gitu untuk memilihnya. So, bagi yg nggak pengen ribet dengan fitur ini (saat situasi kemacetan yg parah) ya tinggal dipilih di mode non-aktif saja. (sotoy bgt dah ane xixixi)

    Tapi ngapain beli matic mahal2 yg ada teknologi ginian tapi gak dipake? :mrgreen:

    CMIIW

    Guest
  25. ealah malah nebek2 juragannya xixixiixxi

    @ndar
    iya tho . .. warunge mercon . . .ok akan ku cek lagi
    draru#58
    artikelnya dah siyap . . .tinggal nyari waktu yang asik buat brojols

    Administrator
  26. juga mempesulit dalam hal reparasi…
    gak tahu soal ke-awetannya karna stop idling systemnya ini yg suka kerja …apalagi kalo terjebak kemacetan…

    Guest
  27. saya lebih tertarik soal KEKURANGAN system mati-hidup mesin di skutik ini…drpd kelebihannya….
    kalo kekurangannya atau efek jangka panjangnya gak signifikan, baru bisa dikatakan system ini cukup oke…
    tapi kalo kekurangannya bisa ‘horribly’ …ni system selain menekan polusi juga menyedot kantung konsumen di masa depan…

    Guest
  28. @Neni Sujarwo:

    bwuahaha…wong kok katro nemen, pathing pecothot lambene…koyok sing wis tau numpaki/ndhemek motor kuwi wae

    ngompor yo ngompor tapi mbok sing ‘elegan’ sithik la… (jaos:mode) ๐Ÿ˜†

    Guest
  29. memang gak terasa kayaknya, soal mati hidup mesin ini krn langsung pelintir gas …jalan lagi seperti biasa…
    yap, di kemacetan yg merayap…pengendaranya gak perduli, sistemnya yg ‘kalang kabut’ di dalam….semoga awet seperti hnd di bawah tahun 2000 an….biar di 40 thn lagi fbh masa depan bisa banggain ni skutik kayak c-70 dst….
    semoga….kalo dunia belum hancur …

    Guest
  30. @Neni Sujarwo:
    nih terjemahannya:

    bwuahahaโ€ฆorang kok katro bangetz, asal njeplak bibirnyaโ€ฆkaya yang udah pernah naikin/nyentuh ini motor

    ngompor ya ngompor tapi mbok yang โ€˜eleganโ€™ dikit laโ€ฆ (jaos:mode)

    Gw masih mending seneng komennya bro thole meski sering kontra dengan pabrikan H tapi alasannya jelas, lha kalo dirimu tak perhatikan kok asal mecothot wae, gitu lho jeng…. ๐Ÿ˜†

    Guest
  31. idling stop system……riders tidak perduli
    ini adalah mungkin sistem yg paling REPOT sendiri bila di jalanan INA, cnth di Jkt….terrible…
    VERY BUSY system (pdhl mesin sdh sibuk)…..tapi mungkin sudah disetting utk tahan sampe 1.000.900. kali system stop idling…mungkin ya…

    kaya’ shutter kamera di tes sampe 300.000 kali gitu…begitu juga system ini….

    Guest
  32. Ciri khas Orang kolot, primitif adalah suli menerima perubahan. Selalu berpikir skeptis, pesimis dan negatif thinking apabila ada seuatu yang baru dan asing asing menurutnya. Ya seperti neni dan jaos itu, begitu ada sistem idling masuk langsung aja beraksi, apa itu idling, malah bikin ribet mempersulit dab. Mestinya kalau ingin mengambil pelajaran dari prestasi orang lain, suruh aja tuh bosnya bikin yang sama atau bahkab lebih. Masak bikin motor matik yan gditingkatkan malah kencengnya, matik kan cocoknya untuk kota, bisa nabrak-nabrak dong. Kalau untuk ngebut dan luar kota pakai motor batangan, gak boros, pingggang juga pegel, salah-salah bisa bongkok.

    Guest
  33. orang yang ”kuno/jadul”
    langsung bilang ”ribeut” sebelum dicoba….

    susah memang ngomong sama orang yang ga melek teknologi

    tahunya cuma si JADUL DUL DUL….
    yang sudah hampir terkubur…menjadi BUBUR

    Guest
  34. @86 nhd
    itu namanya konsumen yg kritis….harus pesimis dulu kalo mau beli barang….itu caranya kalo mau dapat barang bagus dan gak nyesal…
    beli barang gak boleh pake emosi…mesti pake otak ….begitu kira2-la

    Guest
  35. orang kaya gini nieh
    yang ga bakal maju maju…

    yang membuat Indonesia susah berkembang…’

    HAHAHAHAHAHAHAHAHA

    Guest
  36. namanya tehnologi itu ya harus jelas mempermudah liat misalanya radiatornya fixcion jelas mendinginkan, nggak pakek hidupin atau matiin pakek swit segala, terlalu sok inofatif, ee belum apa2 udah di recall

    Guest
  37. JAOS ga tahu kalau PCX produk GLOBAL….

    yah kalau orang di Indonesia kaya JAOS dan NENI GENDEREWO

    bakal ketinggalan terus nieh Indonesia…

    MAkanya Skutik YAMAHA KALAH

    itu gara gara

    “”SKUTIK JADUL EWUL EWUL..MASIH DIBANGGA BANGGAIN”
    bukannya diganti……ASSSSOYYYY

    Guest
  38. @8 mercon c
    lah kutipan ari artikel di atas “Dengan Teknologi Iddling Stop System, Mesin akan dimatikan dalam waktu 3 detik setelah berhenti di Lampu merah dan dapat dinyalakan lagi dengan hanya ngebejek/membuka throtel Gas”
    gimana?…
    trus lihat di tabel kolom 4…tulisannya ‘engine stopped…’

    tapi masih dalam pemikiran saya ini bukan berarti mesin mati dalam arti sebenarnya …
    yg jelas ini system y sangat sibuk waktu di tengah kemacetan…

    soal dalam kota….kalo jalan lancar di dalam kota….gak perlu mtr beginian yg pake sistem begini…

    Guest
  39. @antiklongen
    bukan fixcion, vixion cuy.. saya tau betul itu.. ๐Ÿ˜€

    ada masalah lagi ya soal vixion?? radiator nya kena recall?? waaahh.. parahh.. padahal dulu FUEL PUMP nya yang bermasalah.. xixixi ๐Ÿ˜€

    Guest
  40. @Thole
    maksudku itu yang vixion kan pakek radiator, jelas dia mempermudah konsumen dan mendinginkan mesin, nggak perlu di hidupin matiin kayak fitur yang di PCX itu bro
    yang di recall bukan fixionnya bro tapi kata anda yang pcx itu

    Guest
  41. tetap akan ada tech.yg bikin repot di masa depan….

    bagaimanapun, stop idling system adalah salahsatu system terSIBUK di dunia kalo lagi ditengah kemacetan yg MERAYAP….
    very very busy….

    dikota yg perlu skutik injeksi bukan stop idling system!

    Guest
  42. Idling Stop System, dijual ketengan ngga ya sama ahm?? kalo iya, pesen 1 dah.. pasangin ke si jyadull, biar kliatan hitech dikit gitu.. ๐Ÿ˜€

    Guest
  43. @92 jaos
    duh gimana ya… yang jelas mesin tuh sekan-akan mati tapi tinggal gas juga langsung jalan gitu, jadi kayak komputer nyala didiemin beberapa saat langsung redup layarnya, begitu mousenya digerakin dia lansung terang lagi…
    mesin mati ama idle tuh BEDA, cobalah tanya ama yang udah test ride…

    kalo Yamaha kan udah punya OCT yang kalo idle 20 menit, motornya mati,,, di yamaha Fz8 2011

    Guest
  44. khawatirnya pas hidup blethak rum gitu, gimana mempermudah, bisa jadi malah mengagetkan konsumen

    Guest
  45. @yang ngeributin recall

    tergantung recalnya dulu dong,,,
    kalo di recall sama mabes polri bisa bahaya tuh,,,

    :mrgreen:

    Guest
  46. @109 mercon c
    tampaknya itu benar2 mati…kalo ngebaca uraian no.3 dan 4….saat restart lalu jalan butuh 0.9 det…
    yg saya kuatir kan buka systemnya, tapi isi mesinnya…..ha ha ha…
    lain kalo idle setelah selama 20 menit….kan itu terlalu lama idle seperti itu….

    Guest
  47. @Mercon Klonengan
    emang anda pernah test ride yah
    @SCNK
    ini juga lagi baca, cuman kebanyakan fbh hanya mengandalkan fiturbaru dstrsnya, tidak mempedulikan apakah fitur itu membantu apa justru merepotkan
    @MErcon Aseli
    wah kalau yang itu saya baru ngeri bos

    Guest
  48. sebenarnya sensor seperti ini cukup bagus, dan merupakan fitur yang lumrah.
    ada nilai plusnya dan ada juga minusnya, tergantung mana yang lebih dominan.
    klo fitur yang ini kayaknya ditujukan untuk keiritan konsumsi BBM.

    sama aja dengan lean angle sensor di vixion, kalau motor miring 65 derajat maka sensor langsung bekerja dan memerintahkan ecu mematikan mesin, karena motor miring demikian kemungkinannya adalah motor jatuh.
    keuntungannya adalah safety…..
    tapi bagaimana kalo yg mengendarai tuh vixion orang seperti lorenzo..? yang pasti di bakal kerepotan.

    sama juga dengan Throtle position sensor (TPS) di jupie mx atau xeon.
    TPS mengirimkan data posisi bukaan gas ke CDI sehingga cdi dapat mengatur timing pembakaran sesuai kebutuhan mesin pada posisi bukaan gas tertentu.
    keuntungannya adalah efisiensi, karena timing pembakaran jadi sangat tepat.
    kerugiannya adalah apabila posisi sensor kurang tepat maka kerja CDI juga menjadi kacau.

    Guest
  49. @103 neni sujarwo, IMHO yang repot itu sistem idling di dalem motornya, bukan pengendara. kita sebagai pengendara tinggal pake aja. buka tutup gas sama main rem. gak usah diurusin sistem ini, wong udah bisa bekerja sendiri kok.
    kalo menurut saya, lebih nyaman gak usah matiin kunci kontak di lampu merah untuk hemat bbm. kalo menurut saya ini sistem pintar.

    Guest
  50. biasanya yang banyak ngloneng itu fbh
    berapa banyak jaos dikloneng
    berapa banyak thole dikloneng, demikian juga dengan aku. dikloneng abis

    Guest
  51. @eqien
    canggih juga tuh si cungkring.. (vixi maksudnya) ๐Ÿ˜€

    ada yang pernah buktiin ga, cuy?? nikung rebahan 70derajat, mesin beneran mati ga?? coba tanya yang punya warung.. xixixi ๐Ÿ˜€

    Guest
  52. @97 jaos….

    susah banget sih mikirnya….
    kalo gak mau tinggal matiin aja fitur idlingnya…kan ada switchnya tuh….
    mau sibuk mau…nggak yang mikir kan juga ECU….yang naek mah gak perlu ambil pusing

    he….

    Guest
  53. 2. Saat Skutik berjalan
    Jika kecepatan skutik telah melampaui 10 km/jam dan temperatur d 50 derajat celsius keatas dan variabel ini terdeteksi via sensor ke ECU maka ECU akan menyatakan mesin dalam keadaan Mode โ€œidling Stopโ€

    3. Saat Skutik berhenti
    Ketika Skutik berhenti dengan kondisi grip gas tertutup, dan ridernya dalam posisi duduk maka ECU akan otomatis mematikan mesin 3 detik setelah berhenti. Delay 3 detik ini dibutuhkan agar mesin nggak mati saat kita menggunakan skutik saat berputar atau berhenti sejenak kurang dari 3 detik
    =====================
    Ketika jalanan macet di mana banyak berhentinya dan kalau jalan dalam kecepatan 5 km/jam, maka fasilitas Idling Stop System hanya jadi penyakit sebab mesin sering-sering mati nyala mati nyala terus menerus, bukannya malah akan menyebabkan semakin borosnya konsumsi BBM dan memperpendek usia komponen elektronik dan mesin. Kalau ketika berada di lampu merah memang fasilias ini ok, tapi kalau di jalanan macet seperti kasus di atas maka fasilitas Idling Stop System malah tidak menarik sama sekali. Honda PCX tidak cocok di negara macet seperti di Indonesia, apalagi bodynya yang bongsor membuat PCX tidak lincah ditengah kemacetan.

    Honda saat ini memang memasang strategi menggelontorkan banyak produk skutik untuk menggempur MIO Series, tetapi sayangnya banyak produk-produk Honda termasuk PCX yang terlalu dipaksakan untuk masuk ke pasar Indonesia. Lebih disayangkan lagi banyak konsumen Honda yang mau saja dibodohi oleh Honda.

    Guest
  54. @122 thole

    inyong pernah kok thol,, tapi bukan nikung rebahan,, lupa ngelepas kunci cakram,, msin idup,, tarik kopiling, masuk gigi satu (nggak di cungkil,,, ๐Ÿ˜€ ) bejek trotel,, lepas kopling,, gubrak,,,, mesin langsung mati,,, beda waktu dulu naik suprit,, kejadiannya sama juga,, mesin tetap idup,,,

    Guest
  55. Betul bang mercon, tapi gak perlu mreteli ngadepi jaos and neni. Sudahlah gak usah dijelaskan terlalu banyak, malah ngibaratkan dengan komputer, Orang yang masih primitif ya gitu itu, sudah tau celana itu lebih bagus tapi tetap saja pilih pakai kulit pohon. Ya itu alasannya, ribet, gak biasa, kalau kulit pohon kan gak pakai nyuci lebih praktis. Repotkan. Maunya itu, ya itu terus, pokoknya tetap pertahankan yang sudah ada, meskipun jadul, dul…dul.

    Guest
  56. makanya kalo ada produk baru….selama ada kemungkinan test ride….test ride lah…
    jangan cuma katanya…menurut itu…menurut anu….try and feel it….
    belum “ngrasain” udah pada ribut….
    taunya nanti malah jadi malu sendiri….

    sudah banyak info yang diposting, jadikan referensi buat test ride produk2 baru…juga ilmu semisal ditanya sama yang belum tau…

    open mind bro….open mind….

    Guest
  57. hemat 5,5 %…masih terlalu kecil dan tidak signifikan….
    yg penting pengendaranya aja dulu, jangan suka geber gas..apalagi di daerah macet…

    Guest
  58. masih bingung…
    mas taufik, lha misal nih ye, pas asyik berhenti di lammer nah pas 3 detik kita mo jalan dikit ke depan, trus gimana ntu mas? mesinnya sempet mati atau kagak?
    trus yg kedua, bila ada di jalanan yg kebetulan turun dan mesin udah panas, apakah mesinnya akan mati? trus lampunya ikutan mati gak? sori mas, biar gak penasaran

    Guest
  59. @Mercon c
    karena saya dikloneng, makanya tak pakek avatarnya yang ngloneng saya biar dia malu sendiri. atau anda mau tak pakek gravatar anda?
    dari kemarin-kemarin banyak sekali yang bikin klonengan dengan nama yang sama, seperti jaos thole, dll, tapi itu kan bukan jaos asli atau thole aseli, hanya klonengan, makanya membperkeruh suasana.

    Nah untuk masalah satu ini saya salut sama anda dengan Gentle mengatakan mercon niru mercon aseli.
    bukan kayak klonenger yang tas nama jaos tapi bela FBH

    Guest
  60. @neni : pinter bgt nie ngelesx,masa fitur canggih gt dblng merepotkan,tu profesor honda dah mikirin kalo ni motor sewaktu2 terjebak kemacetan,gak kayak elu yg bego amat,liat mio yg borosx minta ampun tp akselerasix kalah jauh ma beat,irit nya juga jauh,udah akui aja kalo masalah mesin ymh g tau apa2,kalo cm mw boros bensin ya bengkel2 disini juga pada pinter,jd kesimpulanx mekanik ymh kelasx sama dngn montir2 amatiran,kalo ada yg irit ngapain boros?yg lain jadul ach(neni katrok) huahuahuahua….

    Guest
  61. buat apa ada fitur kalo sering dimatiin….

    @130
    saya pikir kamu juga gak paham kok dgn system itu…

    btw, test ride sangat berbeda dgn mempertanyakan cara system itu bekrja….paham? Test ride itu apa yg kamu rasakan….feeling-nya..
    mempertanyakan cara kerja system….itu namanya ‘mau tahu’….bukan ‘mau test ride tahu’…

    Guest
  62. bwt bung jaos sadari kenyataan mas,ymh shrusx instropeksi diri,cz kelas skutik dah berhasil di patahkan ma HONDA,bentar lg HONDA akan menjajah kelas sport,jangan sampe ymh mati mengenaskan,silahkan anda usul ke ymh agar segera brojolin motor br yg canggih n kaya fitur,jgn cuma taux ngeles/ngelawak di blog dgn comment yg menggelikan,orang dah pade pinter bro..

    Guest
  63. @Salman
    ya begitulah fanatisme FBH
    nama aja harus sama dengan atribut H
    pakek nama Pedrosa kek, dani kek, tekek kek.
    saya tau tuh ingsisnyur honda pinter, prongpesornya pingter, tapi tetep aja namanya manusia ada lemahnya, lha wong produk toyo0ta aja direcall segitu banyak di amrik tu kan juga huiman eror. nggak usah sok pinter deh, urusin aja tuh lumpur di belakang rumah tar tenggelam lagi

    Guest
  64. para fby dah pade pinter ngeles ya..mungkin sudah terbiasa kemakan iklan ymh yg g masuk akal itu,huahuahua

    Guest
  65. @147 bro salman

    cuman ngelurusin aja bro,, iklan ymh dan hnd sama2 nggak masuk akal juga kok bro,,,

    Guest
  66. Namanya iklan dimana2 pasti ngecap, makanya perlu dianalisa, dikritisi, biar lebih bagus, jangan malah ngambek kalau dikritisi, toh kalau honda bagus yang untung kan semua baik konsumen maupun produsen, bukan produsen doang yang mau untung, jual mahal2 isinya tetp tempe

    Guest
  67. neni tuch maaf yah…OOT banget…. masa avatar resmi bisa dkloneng!!!

    ckckckckckck…canggih juga nieh…atau buat diphotoshop dulu yah…….

    coba di check IP addres nya…..

    xixixixixixixixi

    Guest
  68. @155 bro salman
    nah,,, tuh,,, maaf nih,,, ngelurusin lagi,,,
    tuh,, bro sendiri yang tukang ngeles,,,, artinya,,,,, apa hayo,,,,,

    ๐Ÿ™‚

    Guest
  69. ini nieh yang merusak citra YAHAMA….
    nyadar ga sieh…… ๐Ÿ™‚
    apa jangan jangan mereka sebenarnya
    FBH atau FBS… ๐Ÿ™‚ hayyooo

    yang bikin ill feel …semua terhadap YAHAMA

    time will tell – la ๐Ÿ™‚

    Guest
  70. Daftar Presensinya dimana???
    Kok semua pada absennn???
    Brarti pada nggak hadir ya???

    Wah kasian yg ngasih kuliah nih,
    banyak yang absen (nggak hadir)

    CPD….
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ˜€

    Guest
  71. @Utha yang pinter
    oo jadi anda si pinter ingsinyurnya H ya, pinter amat, dalam bahasa jawa kalau nggak salah anda keminter
    @Salman
    ya mamang bro saya cuman petani miskin, bukan ingsinyur pinter kayak orang H
    saya bergelut dengan lumpur tiap hari, tapi limpur beneran bukan lumpur semburan lapindo seperti delkat rumah anda itu:
    piss bro

    Guest
  72. tapi ga ada neni genderewo ga rame…
    komenya bikin ngakak gw terus………..

    ko di warung sebelah lo ga muncul ….
    cuman thole aja…

    yang ngebahas kekalahan skutik JADUL EWUL EWUL
    kebanggaan mu itu…

    jadi kurang seru…..

    ga ada lo ga rame!

    Guest
  73. hadir kembali…kembali ngeksis!!!
    hahaha,,,warung hijau2 orange kadang merah……..

    117 eqien
    kayanya di satria FU jg dah ada yah….klo miring bgt mesin mati yah…

    all
    welcome aja untuk fitur2 yah….

    Guest
  74. 131 Mercon mreteli
    Betul, betul, betul…asal ada lambang sendoknya
    138 mercon melandri
    Tanya tuh, ama yang pakai teknologi kulit kayu, katanya kalau sudah biasa ya gak papa. kan senangnya yang sudah biasa, bukan yang baru.

    Guest
  75. HHA ini dia Bos FBH dani porwani, selamat datang di bubat bro dani pedrosa, eh dani purwani!
    saya kangen sama perut anda yang hamil itu

    Guest
  76. 163. gw cuma pencari ilmu….’
    tapi yang untuk kemajuan diri gw…
    kalau baca koment koment elo mah
    ga nyambung banget dan terkesan anda itu ‘
    ga berfikir sebelum nulis
    kalau dalam bahasa jawa “”asal b*chot””
    SADARLAH brader, ini ajang mencari ilmu…

    KOMENNTLAH YANG REALISTIS DAN BERBOBOT
    AGAR ORANG AWAM SEPERTI SAYA
    BISA BELAJAR BANYAK!!!!!!

    Guest
  77. @Utha
    justru anda yang nggak mikir, masak ba..t bahasa jawa, itulah bro cobak anda koreksi sendiri diri anda betul nggak yang itu, jangan mengomentari sesuatu tanpa berpikir. kata itu aku lihat dalam kamus bahasa jawa dimanapun itu nggak ada. itu karangan anda aja sebagai orang pinter
    setahuku kata itu sering dipakek orang jakarta yang lagi marah

    Guest
  78. Saran buat Kang Taufik
    Kalau ngluarin artikel penjualan metik bulan Mei, judulnya jangan terlalu panas/provokatif. Misalnya, ” RUNTUHNYA KERAJAAN SKUTIK”, nanti blok Kang taufik bisa iku kebakar loo, yang dingin-dingin saja, saya yakin sudah banyak yang banyak kompor nanti.

    Guest
  79. @173.neni
    bhuaahaha a a a a a a a a a a a a a a a a a …… ๐Ÿ˜€

    siapa yang bunting, cuy.. ngakak gue.. hahaha a a a a a a a a …. ๐Ÿ˜€

    Guest
  80. @ Madev…
    iku klakuane bonsai mar, gak usah di gagas..
    wong tuwek sitok kuwi emang kokean pethakilan…
    hahahaaaa….
    mlayuuuuuu……

    Guest
  81. Saya hanya heran, kalau artikel yang muncul ngebahas H, komennya langsung berjibun. Ini tanda banyaknya org yang suka H, benci H, atau sakit hati sama H. Atau ketiga-tiganya. Anah ya? Siapa bisa ngejawab.

    Guest
  82. neni sujarwo
    jarwo kawat
    antiklonengan
    mo gonta ganti nama tapi ismailnya sama semua….ya ketahuan la…jaos.com….

    Guest
  83. @juragan warung
    koreksi dikit om, kalo’ katanya juragan rondo yg dah pernah nyoba langsung di thailand sono. saat posisinya restart setelah idling maka motor starter tdk serta merta menyalakan mesin. tapi motor starter tsb digunakan u/ menggerakkan roda, sehingga tdk ada jeda antara ketika throthle diputar dan skuter langsung jalan.

    nah…setelah skuter jalan menggunakan motor starter tsb. mesin akan dihidupkan dlm kondisi skuter berjalan. kemudian jalannya skuter akan diambil alih lagi oleh mesin dari motor starter. dan prosesnya halus buanget tdk akan terasa oleh pengendara (smoot as silk kata juragan rondo).

    itulah dia kenapa dinamai ACG Starter. Kalau diberi arus maka dia akan berfungsi sebagai motor listrik, sebaliknya kalau poros diputar dia berganti fungsi menjadi generator listrik.

    semoga bener dan gak ngasal seperti mayoritas sales disini….:)

    Guest
  84. @predik
    saya nggak akan mengklonung sebelum di kloning, saya hanya akan membalasorang yang mengkloning saya

    Guest
  85. @All:
    Kalo menurut test ride yg udah dilakukan mas Tri di Thailand sono (kalo ga salah waktu touring bulan2 kemaren), fitur โ€˜Idling Stop Systemโ€™ ini bisa kita non aktifkan kok, ada semacam switch gitu untuk memilihnya. So, bagi yg nggak pengen ribet dengan fitur ini (saat situasi kemacetan yg parah) ya tinggal dipilih di mode non-aktif saja. (sotoy bgt dah ane xixixi)

    Tapi ngapain beli matic mahal2 yg ada teknologi ginian tapi gak dipake? :mrgreen:

    CMIIW
    ———————————————————-
    ane stuju komen 69 cak poer, yg nggak pengen ribet dengan fitur ini (saat situasi kemacetan yg parah) ya tinggal dipilih di mode non-aktif saja
    nih pic bentuk tombol ny :
    http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews/Content/0/0/1/7/9150

    nih videony l
    [youtube=(http://www.youtube.com/watch?v=ynl1aH6vdWg)]

    Guest
  86. oh iya..katanya PCX ada built in alarmnya…
    kaya mobil githu….

    canggih ya….

    atau kalau kata neni genderewo bagaimana?

    Guest
  87. tapi ingat bro..
    PCX cuma symbol AHM aja…

    prajuritnya tetap ada di BeAT, Vario, Scoopy, Techno….

    PCX ga bakal banyak karena harganya yang mahal…

    Harga berbanding lurus dengan product…

    Guest
  88. CPD…..
    SEGERA GANTI PARADIGMA NI FORUM
    KO KEBANYAKAN SALING MENJELEKKAN
    BICARA KEKURANGAN AND KELEBIHAN BOLEH
    TAPI KALO ADA UNSUR LEDEK-LEDAK GAK USAH
    COBA ADU ARGUMEN … TAPI TETAP DALAM BATAS KESOPANAN
    SUSAH AMAT …..
    MASING-MASING DIRI SALING MENAHAN DIRI
    TOCH YANG COMEN-NYA GAK BERMUTU AKAN KELIATAN
    TOCH YANG NGOMONGNYA ASAL MANGAP AKAN MALU SENDIRI ….
    KENAPA GAK BISA DARI SEKARANG RUBAH KELAKUAN
    CPD

    Guest
  89. kalo ini baru bisa bilang “yang lain jadul ah”.
    kalo menurut saya sih komponen yang paling sering perlu dimantenance dan lifetime-nya ga lama yah AGC itu.

    Guest
  90. sampe sekarang gak ada yg bisa ngasi tahu KEKURANGAN ni system…
    berarti ni system benar2 BURUK utk ke depannya….mesin dibuat mati idup terus kalo di jalan macet MERAYAP….

    keuntungan nya GAK signifikan…..reliabilitas di masa depan DIRAGUKAN..pastinya gak setangguh hnd di bawah tahun 2000an….

    oh ya pastikan buat yg beli ni mtr …utk memakai aki kualitas tinggi dan sering dicek….

    Guest
  91. @214 uta
    Harga berbanding lurus dengan productโ€ฆ
    ===
    ah masa’…..kamu terlalu menyederhanakan masalah yg ‘rumit’…

    Guest
  92. GUE GAK NGERTI MOTOR
    TAPI GUE PUNYA MOTOR
    GUE AMA ADIK GUE MOTORNYA BEDA MEREK

    DI LAPANGAN ADA SAJA MASALAH
    NAH MINTA SOLUI DARI ENTE-ENTE YANG PINTER
    MALAH SALING NGELEDEK SATU SAMA LAEN

    GUE JADI RAGU NYEBUTIN MEREK MOTOR GUE
    NANTI DIKIRANYA PENDUKUNG SALAH SATU FB
    ATAU MERUGIKAN FB YANG LAIN

    KALO ADA YANG TAHU KE MANA GUE HARUS KONSUL
    ATAU KALO KE KANG TOPIK LANGSUNG BISA GA
    GUE PENDATANG BARU

    TOLONG DECH GUE…
    TOLONG JUGA DECH SAMA FB-FB …. SEGERA RUBAH PARADIGMA LAH….

    Guest
  93. non aktifin fitur ini gak beda sama beli gadget yg ada wi-finya….cnth.camera yg pake wi-fi…
    kalo dipake jalan2 dan wifi on terus ….bisa ngabisin batere…
    nah, demi irit batere, wi-fi di off-kan…
    kalo gitu buat apa ngeluarin duit mahal dgn fitur wi-fi tapi sering dimatiin demi irit batere? Toh masih ada kelas yg di bawah nya yg SAMA merk tapi non wi-fi…

    jadi sama dgn system SIBUK ini….kalo gak mau konsisten digunakan….hmm wasting money-la….terrible…

    Guest
  94. @Penyusup
    ini bukan masalah jelek-menjelekkan. suatu produk memang harus dikritisi, dibela di cela dimaki dan dipuji untuk mencari kekurangan dan kelebihannya, suatu produk jangan cuman di ouju doang seperti iklan terlepas dai itu produk Y atau H atau K atau s ataukah yang lain. Kita bedebat juga nggak pakek emosi kok, berdebat menggunakan fakta yang ada. itu wajar reaksi akan sebuah produkibarat kita jangan sampai membeli kucing dalam karung

    Guest
  95. @220 mercon c
    saya sdh buang waktu ngeliatin video tadi….hmmmm gak jelasin apa-apa…itu video PENJUALAN…..

    Guest
  96. mercon c…
    kbnaran yg mana? Kelemahannya saja belum tahu dan belum ada yg jelas…
    jadi sekarang baru diperkirakan dulu kelemahannya utk di jangka waktu ke depan dgn sikap yg pesimis……
    itu gak berlebihan-la…..

    Guest
  97. hehe,..

    sepertinya para sales Yamaha ini tetap ngga kehabisan akal yah

    ada produk bagus tetap aja di caci maki,..

    andai saja lambangnya di rubah jadi garputala, pasti di bela habis2an

    fanatik boleh, overdose jangan.

    realistis aja lahh,
    kalo ngiri itu tandanya bagus karena punya keinginan untuk berubah
    namun di sikapi secara sehat lah,..
    suruh aja ymki buat yang bagusan lagi.

    cermin keputusasaan karena pabrikan yang dibela ternyata ngga memberikan barang yang bagus hehe

    Guest
  98. @ all
    GUE NYADAR ….. DI SINI GAK SEMUANYA OMDO
    TAPI TETAP AJA BANYAK YANG OMDO
    DAN BANYAK PULA YANG NGOMONGNYA GAK SOPAN
    YANG MERASA TERSINDIR SILAKAN RUBAH PARADIGMANYA
    YANG GAK MERASA TERSINDIR BERARTI ENTE-ENTELAH YANG BAIK
    TRIMS… KAYAKNYA GUE MO LIAT BLOG LAEN AJA
    TAPI SEKALI-KALI MAMPIR GPP
    TERUTAMA GUE SENENG BANGET AMA PEMBAHASAN MAS TOPIC
    DAN SENENG PULA AMA DEBAT FB-FB NYANG ARGUMENTATIF
    TIRU MEREKA …
    SAYANG YANG BIKIN RUNYEM TUCH YANG OMDO DAN YANG GAK SOPAN ….

    Guest
  99. @236. Penyusup

    AMAIKAN KOMEN2 INI BRO,….
    BACA AJA TREADNYA.
    EMANG EKBANYAKAN YG KOMEN DISINI OMDO.
    TERMASUK GW KLO KEPANCING OMONGANNYA FBY YG GAK ADA JLUNTRUNGGANNYA DAN ASAL JEPLAK ITU….

    Guest
  100. @235. Newbie

    GW GAK BISA BAYANGIN KLO SEUMPAMA PCX INI DILABELI GARPUTALA.
    PASTI DI SEMBAH2 SIANG MALAM GAK BERHENTI2 SAMA THOLE, JAOS, DKK..
    MIO YG JADUL EWUL2 AJA DIPUJA2, GMN PUNYA PCX….

    Guest
  101. ^ndaru
    disembah2….ngences2 liur….love-2an….cinta mati…..dipuja2….SEMUA itu GAK ada di dalam kamus saya thp mtr ymh….kupikir di fby juga gak ada…
    itu HANYA ada di fbh…perhatikan saja komen2nya….

    BTW, gak mungkin-la ymh bikin design se-jelek pcx…..ah kamu ini dapat pikiran dari mana lagi? Dari hongkong?

    Guest
  102. Penyusup
    Gak usah terlalu diambil hati lah. Ya sperti depatnya biker, gak usah kaget, gak akan berantem beneran, kok. Kalau Anda mau lihat di blog lain, mereka malah berdebat masalah agama dengan bahasa yang jauh lebih tidak sopan. Biasa sajalah, saya ngerasa seperti anak kecil yang dinasihati orang tua. Padahal saya hanya gurau dengan cara yang mungkin tidak dipahami ortu.

    Guest
  103. @all

    BAGI ANDA YANG INGIN POSTING PESAN, GUNAKAN ‘name’ DAN ’email’ ANDA SENDIRI… SEBELUM ANDA MENULIS PESAN, ISI DAHULU KOLOM ‘name’ DAN ’email’… JANGAN MENGGUNAKAN ‘name’ DAN ’email’ MILIK ORANG LAIN, APALAGI UNTUK POSTING PESAN-PESAN YANG ISINYA TIDAK SOPAN / MERENDAHKAN PIHAK LAIN.

    Guest
  104. Kalau komennya kayak si PENYUSUP semua, erntar jadi dialog agama. Saling menasihati. Lho debat masalah motor, kok malah saling amenasihati. Kira-kra gimana, ya. Seru gak. Entar malah lucu. Gak boleh ngungkap kekurangan orang, gak boleh sombong, Kalau dicaci balas dengan diam. Trus jadinya gimana?

    Guest
  105. @255 nhd
    yah…kamunya saja yg kurang krestif gimana caranya…di hongkong banyak kok idenya…

    @udin
    penyusup haw-haw….

    @257
    kayaknya yang ini kemarin yg suka kloneng?

    Guest
  106. @248 Jaos
    Seharusnya pertanyaan itu jangan
    disampaikan disini. Tapi ke merk
    pujaanmu…
    Apakah ada techno yg lebih dr itu
    dipasang pada motorยฒ Yamaha…

    Gitu seharusnya….
    Iya kan???

    Salah alamat cuy kalo kamu tanya ke
    sini atau ATPM lawan….

    Hayo, coba tanyakan ke merk pujaanmu

    Guest
  107. @dani
    Wah,kata ‘pujaan’ gak laku sama saya, gak ada dlm kamus sy. Itu cuma ada di fbh, kupikir.
    Klemahan system ini gak ada/blm bisa jawab utk skrg…jadi mnurut saya ini ftur yg gak trlalu baik,merugikan bisa jadi utk jgk pjg.

    Guest
  108. @ 262 jaos
    Wah-wah …. jaos udah ngeluarin kamus yach…sudah berapa edisi
    kalo kata mancing apa artinya menurut kamus jaos … xixixixi

    Guest
  109. @262 Jaos
    Katamu “…Klemahan system ini gak ada/
    blm bisa jawab utk skrg….”
    Memang ini adalah yang terbaikkkkkkkk
    untuk saat ini
    . Ntah masa akan datang

    Lha kamu harusnya punya usulan untuk
    ATPM or merk yg kamu sukai, supaya bikin
    fitur or sesuatu yg lbh baik dr yg ada itu.
    Dan terpasang saat ini…
    Gitu lohhhhh…

    Guest
  110. wah mantab tuh kalo vixion bisa di upgrade seperti itu..haha( ngayal kali ya )..

    tp ane mau nanya neh bang taufik…
    kl tu motor di bawa ke daerah yang ekstrim, (secara ane seorang geograf) biasa ke daerah2 seperti jalan2 di gunung yang ga beraspal nan curam, jalan berlumpur dan berpasir dll,, asumsikan ketika kita sedang bawa motor itu ke jalan yang terjal dan curam,, otomatis mesin udh panas dari tadi, dan motor kadang berhenti pas kita coba nanjak, karena emg sebenarnya jalanya ga bisa(susah dilewati) nah mau gak mau kan kita berhenti sejenak tuh,capek gan nanjak terus, apa trus sensornya nganggep kita sedang di berhenti dilampu merah trus mesinya mati sendiri, padahal kita cuma stagnan aja beberapa detik 10 detik paling lama, karena susahnya ngelewati batu yang ngehalangi kita dijalan.. wah kalao iya merepotkan banget tuh..belum lagi kalo sensornya rusak, bisa kacau tuh..

    Guest
  111. @267 dani
    memangnya kelemahan itu harus nunggu waktu lama? iya nggak-la, mulai dari sekarang , dimulai dari adanya produk itu sendiri….

    menurut komen mercon c …itu sdh ada di fz8 (tapi stlh idle cukup lama dulu..BUKAN 3 dtk)…tapi bagaimanapun fitur itu GAK cocok di jalanan yg sering macet merayap.
    Baca aja komen2 di atas….fitur ini bisa di off-kan…
    terrible…

    Guest
  112. @268 vix rider
    benar saya tulis….kamu itu klonengan dan juga suka gonta ganti nickname…bersikap jadi laki2-la dan fair…huh

    Guest
  113. @ 268 vixion rider
    Wah, seorang ngeongraf yach,
    menurut saya yang seorang fishnger
    motor itu gak usah diasumsi-asumsikan
    sekalian aja banting tuch motor
    ente kan vixion rider
    banting juga vixion loe
    ribet amat
    mending mancing ama gue
    hahahahahahahh

    Guest
  114. @268
    sori bro,, cuman ngelurusin aja,, kalo medannya seperti itu,, cocoknya ya naik motor SE sekalian bro,, bukan matic,, atau yang versi murahnya pake KLX aja,, (bukan promosi lho,,,)

    Guest
  115. @276 mercon
    Wkwkwkwkwkwkwkwkwkkkk… Mercon pinter… tumben… bhuahahahahahaaaaaaaaaa… :mrgreen:

    Sniff… sniff…

    Guest
  116. @ jaos dan mancing mania…yah ini kan pengalaman pribadi saya sehari-hari yang ga tahu motor, saya cuma nanya aja kl tidak berkenan ya maaf…
    khususnya buat JAOS wah maaf sekali saya baru pertama kali comment disini, DAN SAYA TEGASKAN SAYA BUKAN KLONENGAN! kalau tidak percaya tanya bang taufik, saya baru berkenalan beberapa minggu yang lalu nama saya RIZA. silahkan check! ya sudah saya tidak akan comment disini lagi.

    P.S : maaf bang taufik, saya tersinggung dengan ucapan rekan2 bang taufik disini, saya bertanya baik dan pengen berdiskusi secara saya ga paham apa2 tentang motor tapi tanggapanya seperti itu.

    Guest
  117. @ fby
    mana gembar-gembor bahwa fby itu baek-baek, sopan, bicara dengan otak bukan dengan emosi,
    buktikan eqien ……
    buktikan nenei sujarwo …..
    buktikan yahonsuwakanja ……
    buktikan thole ….
    nach sekarang keliatan belangnya ….

    Guest
  118. @284

    MAKLUM BRO…jaos dan kawannya gak punya latar belakang pendidikan tinggi, mungkin mereka baru bisa internet doank n ngetik2 doank..jadi asal ngomong

    Guest
  119. @vix rider
    jadi sodara BUKAN klonengan ya…..kalo gitu MAAFkan saya-la….saya sdh bikin kesalahan thp sodara….

    Guest
  120. saya sangat bosan meihat klonengan…..! Gak pernah saya ketemu yg beginian sebelumnya….
    mending jarang2 atau gimana gitu….ini sdh keterlaluan!

    @288 udin
    bikin kesalahan sesekali TIDAK MENGHAPUS kesan soal fby….fby kan manusia , paham? Kalo sering lakukan itu baru namanya sudah POLA atau lama2 KARAKTER….paham?

    @ardinang
    kotor sekali komenmu ini!

    Guest
  121. @jaos
    kalau menurut saya sih teknologi baru pasti punya kelebihan dan kelemahan, tinggal kita memaksimalkan kelebihan dan meminimkan kekurangan, kalau bro jaos mempertanyakan kekurangannya sih wajar saja, cuman tetep harus dilihat mana yang lebih banyak ? positif atau negatifnya…kalau idle stop system ini bikin durability mesin jadi berkurang, sedikit banyak itu pasti ada, cuman masa insinyur2 honda di jepang sana gak memperhitungkan masalah durability ini ? pasti sudah ditest sehingga mereka berani lempar ke pasar….yah kalau nanti ada masalah karena market indonesia yang khusus itu kita harus buktikan dulu…dan kalau para FBY masih mempertanyakan sistem idle stop ini, yah wajar saja, karena setau saya sistem ini ud dipatent ama Honda (sistem idle stop and go yang pakai acg yang dibalik fungsinya) jadi mungkin yamaha tidak bisa bikin sistem yang sama dengan ini…iri tanda tak mampu…..piss all bro…

    Guest
  122. ^
    saya pikir ini komen bagus awalannya….lalu sampe pada ujungnya….ternyata ni komen gak beda sama yg di atas2…
    iri tanda tak mampu itu siapa? Saya-nya atau ymh? Kalo saya …gak ada iri sama sekali, krn sdh saya komen…fitur ini gak baik kalo di jalanan INA yg sering macet merayap!

    mau dipatenkan atau tidak …pabrikan yg gak bikin pun gak akan pusing krn sdh punya pertimbangan sendiri….JADI apa hubungannya sama iri tanda tak mampu? hhh….sami mawon…
    (BTW, ada juga yg mampu tapi masih iri)

    terlalu naif….krn di sana insinyur2 jadi apa saja dipercaya! Kan manusia juga…di test iya…tapi buat ke depan..kan sdh tahu juga, tapi gak diungkapkan.

    konsumen mesti mikir juga dong…meski hal itu tampak hi-tch….namun masalahnya jalanan INA ini ternyata gak cocok buat jangka panjang!

    Guest
  123. @ 296 C5W
    Jangan heran ama jaos, dia gak mau nerima keunggulan produk lain, gak mo bicara objektif, kerjaannya ngeledek, fby yang duluan bilang … tiger dikeluari lagi, jadull…. nah mereka sendiri bilang tuk membela mio-nya yang jadul habis-habisan…. ya itulah POLA dan KARAKTER fby … paham??

    Guest
  124. @299 udin
    sok tahu kamu…avatar saya pake lagi utk sementara…nanti balik lagi ke sperti biasanya…

    kenapa saya harus malu kalo bikn kesalahan? Org sombong yg malu….malu ngakui…..

    @298
    karakter fby memang begitu…ngeldek produk ahm hnd….BUKAN orangnya! kamu tahu karakter fbh…? Salah satunya suka bilang fby yg duluan….ya iya-la…mental korban!

    Guest
  125. @297. jaos2000
    Kalau anda yang merasa iri berarti anda mewakili yamaha, kalau anda tidak merasa berarti anda bukan fby…he.he…
    masalah naif atau tidak,,anda percaya pada akang insinyurnya yamaha gak ? kalau anda percaya juga berarti anda yakin produk yamaha bagus…kalau anda tidak yakin berarti anda juga tidak percaya kepada insinyur yamaha donk…11 – 12 aja bro…jangan memutarbalikkan kata2 deh…pake logika sederhana saja.
    kalau anda bilang tidak cocok untuk jangka panjang ada buktinya gak ? kalau sudah ada buktinya dan terlihat baru bicara…kalau belum terbukti itu asumsi namanya….
    asumsi sih boleh2 saja tapi jika terlalu jauh berarti anda sudah mengasumsikan di luar design itu sendiri…yah gak salah juga sih tapi kejauhan aja mikirnya……salut buat anda yang mikirnnya jauuuuuuhhhh banget…kita lihat saja next produknya yamaha seperti apa oke…dan pertahankan konsistensi pemikiran anda…piss bro…

    @298. udin
    paham sih bro…cuman saya bingung saja masih ada orang yang kekanak-kanakan seperti ini masih berani nulis di forum…tapi sekali lagi gak ada jaos yah gak rame…hehe.he.he..harus diakui kita butuh orang2 seperti jaos…he.he.he.he…piss bro jaos…Just my 2 cents

    Guest
  126. @ all…
    maaf saya ga paham tentang motor, tp saya mau sharing saja. saya pernah kunjungan ke pabrik yamaha maupun honda di indonesia..dan disana rata2 enginer di sana adalah lulusan ITB dan UGM teknik mesin dan elektro, yang salah satunya adalah kakak tingkat saya yang dari UGM bekerja dibagian QC, ato quality control, dan pernah bekerja di QC honda maupun Yamaha, dan menurut dia semuanya itu ga ada bedanya mau kerja di honda maupun yamaha, yang beda hanyalah gajinya saja, jadi sering pula enginer di honda ditawari gaji lebih tinggi untuk bekerja di yamaha, dsb,,khususnya kalau orang tersebut pintar. yang bikin saya bingung hubungan antar yamaha dan honda di tingkat engginering nya baik2 saja, tp kenapa ditingkat konsumen sampe saling menjatuhkan??
    padahal menurut kakak kelas saya ini, di dalam persaingan industri motor itu ada namanya kode etik yang mengharuskan para industri motor tidak boleh memiliki design dan fitur yang sama tanpa ada perjanjian..jadi yamaha dan honda saling bersaing secara sehat untuk menggaet konsumen..pertanyaanya kenapa malah konsumennya yang ribut??

    Guest
  127. @C5W
    utk kali ini saia setuju sama jaos…
    kondisi jalan jakarta kalo pas pagi dan sore, berhenti 3 detik aja mesin langsung mati, bener gak efisien (walaupun gak perlu pencet tombol starter lg).
    saia yakin kalau engineer2 itu memang menciptakan teknologi dg hal baru yg baik, hanya saja belum tentu pas utk diterapkan di semua tempat/negara…

    kalau soal paten masalah lain, jika memang diperlukan, yagh siapapun bisa pake asal dengan membayar royalti..
    seperti rem ABS deh, semua perlu, dan semua mau gak mau harus mau di charge utk paten nya….

    Guest
  128. @302csw
    pendapat org soal saya bisa berbeda2…tapi saya gak perduli apa yg org pikirkan…

    soal naif…lihat dlm konteks apa saya tulis itu. Hanya krn enginer bikin prduk bagus TIDAK berarti itu pasti cocok di semua tempat. Jadi yg NAIF adalah konsumen bila ia berpkiran bahwa semua fitur cocok di semua tempat, cnth: stp idlg systm…

    memang saya sdg berasumsi….dan berpendapat.

    kamu tulis saya ke kanak-kanakan dan supaya forum ini rame….tampaknya saja itu benar….kekanak-kanakan itu ada pada semua orang dalam area tertentu dan dalam waktu tertentu….bukankah anak2 yg biasanya kritis dan ‘to the point’ drpd yg SOK DEWASA tapi MR.Nice Guy atau cari hormat dari org?

    soal ngeramein , bisa jadi benar tapi bisa jadi salah….yg bikin tempat ini rame dikunjungi karena hospitability pemilik blog ini DAN partisipasi SEMUA komentator….

    jadi…itu bukan sekedar saya sama sekali….sorry friend.

    Guest
  129. @298 udin
    o iya emang kerjaan fby ngeledekin produk ahm…jadi sudah paham to?
    ok pelajaran selanjutnya….apa beda org yg suka ngeledekin produk tetangga dgn org yg fanatik produknya?

    Guest
  130. Bagi saya yang membaca, perdebatan anda memang telah menjurus kepada hal yang kurang produktif, tidak enak untuk didikuti, bahkan menambah beban pikiran. Meskipun terjadi perdebatan, akan lebih baik bila memakai kata-kata yang bisa membuat pembaca tersenyum sendiri. Saya yakin mayoritas pembaca blok ini hanya mencari tambahan hibura dan intermeso.Sukur-sukur sedikit promosi dan nambah pengalaman. Sorry kang Taufik, ini terutama mewakili diri saya.

    Guest
  131. Scoopy….scoopy….scoopy,( murah mau beli berapa?)
    Fino……..fino…….fino, (tapi belum kulakan tuan)
    Jelato…….jelato…jalato, ( baru kedengaran, bos)
    …Hayo mau pilh yang mana?

    Guest
  132. @306 Jaos…
    Ok bro…sekali lagi kalau anda bilang saya salah..dan itu bukan anda…yah itulah namanya asumsi…bisa benar bisa salah…he.he…asumsi saya untuk anda mungkin salah…dan begitu juga sebaliknya bro…he.he….asumsi anda untuk PCX juga bisa salah kan bisa juga benar…time will tell…he…he.he…
    kalau soal insinyur yang membuat produk tidak cocok di semua tempat…lagi2 kita lihat saja nanti bro…biarkan pasar yang menilai apakah produk ini gagal atau sukses…lagi2 kita hanya berasumsi berdasarkan logika OK..bro…piss….

    @305. Onthel
    betul bro…kalau dengan logika seperti itu memang sangat membebani mesin…tapi yah kita buktikan saja dahulu…daya tahan mesinnya sejauh apa akaan berkurang..jika digunakan dalam kondisi jakarta. saya sih pribadi optimis fitur ini berguna untuk menghemat BBM dan emisi, tapi seberapa besarnya untuk kondisi jalanan di ibu kota kita ini yah perlu penelitian yang detail dan lebih lanjut….singkatnya mari kita buktikan dahulu, bukankah dalam penelitian itu perlu pembuktian dahulu bukannya dengan teori saja….berpikir kritis itu perlu, tapi berpikir kritis itu harus didasari logika dan tanpa bias untuk menjudge suatu produk baru…
    mungkin dengan keluarnya PCX akan membuat para petinggi yamaha juga memasukkan produk2 baru yang tidak kalah canggihnya…kan yang untung kita juga sebagai konsumen…diberikan banyak pilihan.
    just my 2 cents..bro

    Guest
  133. @314 csw
    ok sip -la…selamat berasumsi…dulu

    @Taufik
    mesin moderasi telah bekerja…komen no.307 sdh muncul. Tx.

    Guest
  134. @314 C5W
    kalo daya tahan mesin keseluruhan sih emang perlu pembuktian, tp secara teori bisa lah diperkirakan, elektrik starter yg digunakan 5 kali dalam sehari akan lebih awet dari elektrik starter yg digunakan lebih dari 30 kali sehari… (itu dengan kualitas elektrik starter yg sama lho)

    btw, saia salut sama pcx ini, terutama dynamo starternya yg dah gabung sm alternator,,
    tp tetap saja dg semua fitur dan dimensi yg cukup gambot membuat motor ini kurang cocok utk penggunaan sehari2 disini, cocoknya utk weekend aja, sama deh dg N250 atau moge2 lain dg cc yg lebih besar, cocoknya buat weekend aja,, soale kena macet malah bikin pegel.
    just IMHO…

    Guest
  135. Di motornya ada saklar, idling stopnya mau aktif atau tidak, kalau posisi non aktif ya seperti motor biasa saat berhenti mesin tidak dimatikan.

    Kalau soal awet motor staternya ya awet banget karena anggak ada bagian yang bergesek atau akan aus seperti motor starter konvensional, yang pakai brush/areng/sikat.

    salam,
    bengkelsepedamotor

    Guest
  136. oo..gini ya maksudnya idling stop system…

    tp klo pas mau muter arah, tp lg padat, bisa2 motor mati donk… ๐Ÿ˜€

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here