pict : www.cartoonstock.com

Dalam upaya menghadirkan berita dan pesan kepada pembaca dan pengunjung blog, Kadang seorang blogger akan berhadapan dengan nara sumber. Dalam Dunia Motor nara sumber ini bisa berbagai macam bentuknya, petinggi pabrikan, karyawan pabrikan, penjaga toko, tukang parkir jalanan, SPG Dealer dan lain sebagainya. Nah kadang (atau boleh saya bilang “seringnya” ) statement dari nara sumber bisa jadi sumber ide penulisan artikel blog. Tapi kadang, lontaran statement dari nara sumber akan terasa aneh ataupun menimbulkan tanda tanya besar bagi kita. Gimana seharusnya menindaklanjutinya?

Apa terus dengan alasan kebebasan berekspresi kita terus tuliskan keanehan ini tanpa konfirmasi dulu dengan nara sumber, untuk seterusnya dipublish menjadi suatu artikel. Kupikir inilah salah satu contoh migrasi pendapat yang seharunya merupakan ranah pribadi menjadi ranah publik. Bagaimana jika dengan artikel kita ini khalayak publik menjadi memiliki stigma negatif kepada pribadi sang nara sumber . . . Bukankah ini bisa bermuara kepada character assasination? Padahal bisa jadi maksut sebenarnya sang nara sumber jauh dari apa yang dipikirkan sang pewarta . . . wii seremm bro

So mari Kita bersama-sama mengedepankan konfirmasi, cover both side, atau apapun namanya dalam mewartakan suatu berita/pesan/message dan jangan lupa . ..Β  musti menyiapkan sumbu yang panjang. . .Β  semoga bermanfaat

Taufik of BuitenZorg

54 COMMENTS

  1. klo kita menurunkan berita tanpa konfirmasi, bisa dipidanakan? Klo brt kt it salah n dianggap menyesatkan,benarkah itu?
    Tp klo komentar yg menyesatkan d forum ini,kayakx kt dah tahulah…hehe…harap maklum aja,dibawa ketawa aj lagi prikitiew…..

    Guest
  2. Untuk yang nuils artikel, harusnya demikian,Kang. Tetapi bagi yang komen, tentunya tidak harus seperti itu. Mengingat latar belakang mereka bermacam-macam sehingga komenrat yang disampaikan sering bersifat subyektif. Kalaupun fakta, sering bersifat kasus perkasus namun disampaiakn seakan-akan fakta yang bersifat umum. Dari sinilah sering terjadi perdebatan yang tiada titik temunya. Dan dari hal semacam inilah sebuah blok bisa jadi hidup (rame0 Gimana kang yang demikian ini.

    Guest
  3. …dan harus rela “ditumpaki” para ” iklaners blog ” … Motorcycles Parking Only All Others Will Be Crushed …waduh arogan buanget ya para rider… πŸ™‚

    Guest
  4. Ini artikel tentang kesabaran”..mesti nyiapin Sumbu yang panjang..”kalimat ni terpakai sama saya mas buat ngasih wejangan..

    Guest
  5. kalo mau jdi informan gmna mas taufik?sbenernya ane pnya adik kndung yg kerja di yamaha sebagai rider untuk tester/uji kelayakan mtor yg akan dikeluarkan pihak yamaha..tpi takut ntar adik ane yg kena damprat sma bosnya kalo infony bcor kmana2..contohnya fazer 250..dah dua tahun fazer ada di garasi yamaha,ane sndiri bahkan dah liat lngsung tuh mtor!!..rencananya mau dikeluarin tahun 2009,brhbung yamaha global punya fazer 250 dngan design baru,akhirnya urung dikeluarkan tuh fazer..jauh sebelum vixion facelift,vega zr,new jupiter z diluncurkan pun ane dah liat n megang tuh mtor..waktu itu jupiterz masih hitam polos warnanya,cuma kalo vixion pake motor lama warna biru,jadi yg di uji coba kelayakan cuma lampunya doank..ane pun dah liat tuh jupiter MX model terbaru..byson pun begitu dari akhir tahun 2008 tuh motor dah nangkring di plant yamaha..kalo adik ane ditanya kpn mau dikeluarin tuh motor dia cuma nyengir doank..mungkin tnggal nnggu wktu yg pas kali y??

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here