foto : fifa.com

Setelah beberapa hari yang lalu saya sempat mengulas strategy Tootal Footbal nya tim Oranye kali ini saya akan mencoba membawakan analisa Suburnya penampilan Tim Panzer Jerman dan kemungkinan pengaplikasiannya dalam strategi marketing Roda Dua. Bro sekalian . . . Walaupun akhirnya Diajari Oleh Spanyol bagaimana bermain cantik dalam sepak bola dan harus terhenti di fase semi final akibat sundulan pemain paling Gondrong (Carlos Puyol) dipertandingan kontra Negeri Matador, Banyak Khalayak berpendapat bahwa Jerman adalah yang cukup efektif dan subur di piala dunia 2010 ini. Salah satu penyebab Jerman Bisa Efektif adalah karena Mereka sudah terbiasa menggunakan Bola adidas JABULANI semenjak Bulan Februari yang lalu di Bundesliga . . . Bola ini kerap menjadi bahan kritik tim-tim yang kalah dan merasa tidak puas !! Yup Jerman Menggunakan Strategi CURI START . . . ini mengingatkan saya pada ajaran Prinsip Sun Tzu dalam buku hebat  “Art of War for Manager”  karya Gerald A Michaelson yakni . . .  Make Time Your Ally !!

salah satu cuplikan buku tersebut ayang artinya cukup dalem adalah:

The speed with which a position is occupied is critical. Those who own a position early may need to expand less resources defending it than those who come later and must try to occupy that position. The defense of an occupied position is always less costly than the expenditure required to take that position.”

Cuplikan diatas bila dianalisa merupakan penjabaran keuntungan dari menjadi sang First Mover. Itulah Mengapa image yamaha Mio sepertinya Masih cukup kuat dan mengakar di hati konsumen skutik tanah air. Di awal pemunculannya dulu, Yamaha menepis segala keraguan akan kegagalan dengan memposisikan Yamaha Mio ini terlebih dahulu sebagai Matik Pertama yang sukses penjualannya. Sinyalemen saya, Honda yang sekarang sudah mulai dapat mengimbangi penjualan matik yamaha telah mengeluarkan Cost yang bisa jadi lebih banyak dibandingkan Cost yang digunakan Yamaha untuk mempertahankan posisi puncak nya di segmen skutik. . . wallahu alam

Walaupun akhirnya usaha Honda terlihat tidak sia sia beberapa bulan terakhir . . . Imho, akan tetapi kupikir kalau korporasinya tidak sekuat  Honda . ..  agak mustahil bisa menyaingi keperkasaan Sang First Mover, cmiiw. Honda yang akhir-akhir ini terlihat sedikit ‘mapan’ disegmen skutik ini mencoba mengaplikasikan Prinsip Sun Tzu dengan berikhtiar menjadi yang pertama sukses di segmen skutik Retro modern dengan merilis Honda Scoopy . ..  Hasilnya . .. imho, daftar indenan di PRJ terhadap Scoopy bisa menjadi cerminnya  . . .  silahkan share komentar Bro semua . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

108 COMMENTS

  1. wuih, banyak banget yang nungguin pertamax.. punten oot kang.. pantesan jerman subur pisan..

    sepakat kang, rasanya kalo bukan honda, akan-sangat-sangat susah menyaingi mio yamaha..

    Guest
  2. td jerman tdk terlihat efektif mainnya… terlalu banyak kehilangan bola… terlalu bertahan… efektivitas permainan waktu lawan inggris sm argentin ga keliatan sm sekali… mungkin juga ditambah pengaruh mistik dukungan dr inyong yg banyak menjerumuskan team yg inyong dukung malah jd kalah… :mrgreen: final dukung spain agh… kalo ntar spain kalah, inyong mau jd pembawa sial profesional… xixixi :mrgreen:

    Guest
  3. baaahh.. kampezz, ketiduran ga liat jerman-spanyol.. pdhl 30menit lagi dah mau dimulai.. gpp lah nonton siaran ulang ntar aza.. :mrgreen:

    *mau jerman/spanyol, jagoan gue tetep belanda.. :mrgreen: gara2 thole muller ga ikut maen kali ya, kalah dah.. xixixixi :mrgreen:

    Guest
  4. begitulah kl pemain muda yg blm berpengalaman, kehilangan tandem spt kehilangan separuh nafas.
    terlihat skl jerman spt bermain tanya sayap kanan… seharusnya ozil tetep di kiri spt biasanya lha ini di taruh kanan, nggak jalan lagi!! hufffft
    tp yo wis lah jeneng’e ae bal2an kadang menang kadang kalah

    Guest
  5. inyonge g liat gole si kribo puyol..pdhl dr pas nyanyi dah mantengi..eh !br 10 mnt kick-off..ketiduran.
    pas bangun ko tau2 spain pd lari2 ko jerman pd nangis…ooo…spain menang…
    ya udah lah!akhrnya belanda-spanyol…..

    Guest
  6. Absen dulu,,
    gak ngerti bola :mrgreen:

    ➡ tapi yamaha jangan terlalu terlena dgn kedigdayaan mio sekarang, 💡 saran buat yamaha tambah varian dgn ngeluarin mio soul versi injeksi donk supaya konsumen ada pilihan lagi 😛

    Guest
  7. Suatu produk yang begitu menguasai pasar, lambat laun akan menurun ke arah keseimbangan alami. Mio yang muncul sudah 7tahunan, sangat wajar dapat menguasai pasar, minimal sampai saat ini.
    Apalagi satu dua tahun lalu, seakan hanya motor itu yang sruntulan di jalan.
    Kini kondisi sudah jauh berubah. Matik honda sudah begitu mewarnai jalanan. Dan kalau kita lihat penjualan perbulannya sudah cukup berimbang. Umtuk itu bisa jadi kjadian di Mei akan terulang di bulan yang lain.
    Kesimpulannya, first mover , tetap akan mengalami titik januh. Konsumen akan kembali kepada fanatisme/pilihan awal,sepanjang apa yang ditawarkan oleh sang first mover bisa ia dapatkan pada pilihan (merk) awalnya,
    Ada mio ada Beat
    Ada Xeon ada Airblade (harusnya)
    Ada lexam ada revo betik
    Ada vixi ada cbr (harusnya)
    dst

    Guest
  8. Mana nih fansboy jerman?

    Wah wah selamat ya anda kalah

    wkwkwkwkwkw
    :mrgreen:

    Tragisnya,udah kalah,
    Permainan jg gak bejaban,gakisa ngimbangin kecepatan ,ketangkasan,skill/technique n kekompakan spain…
    Apapun lawannya,permainan spain tetep mengurung
    xixixixi

    Guest
  9. Nonton pertandingan Spanyol kaya nonton Team barca aja, hampir seluruh pemainya dari barca… Hehehe

    jd ngono tha strategy sun tzu… Yup, kalo produk
    keluar pertama emg bs jd leader yg bagus buat penjualan tp Penting jg utk mempertahankan kualitas ntu, utk skrng2 ni agaknya mio udh mulai ditinggalkan tuh…
    Tp yg terpenting jerman KO dulu hahahb

    Guest
  10. ngeliat 2 link artikel diatas.. gitu kog masih dibilang honda perkasa.. coba tanpa program seperti itu.. honda sudah kalah dari bulan2 kemaren kali ya.. mana sekarang produk yang memang disukai konsumen & mana produk yang dipaksakan agar disukai/dimiliki konsumen.?? xixixi :mrgreen:

    Guest
  11. apamungkin ahm juga ikut2an honda jepang ikut pangkas harga.?? eiittz.. tunggu dulu, cuy.. DP 0% / pot. angsurang masih manjur dengan dibumbui sedikit Blek Kempen.. ntar kalo sudah ga mempan, baru potong harga.. makin ditinggalkan konsumen aza ni honda.. :mrgreen:

    Guest
  12. @ kang opik…
    koment bolanya aja boleh gak???
    Xixixixiiiii….

    nama yang nyundul bola sama kayak Vixynya BJL, tugiyol….

    padahal spain termasuk jajaran negara kelas 2 di eropah, negara miskin namun bisa yah menekuk jerman si kaya dengan industri otomotifnya….

    lha kok masih tetep gak nyambung…..
    padahal udah disambung-sambungin lho..
    suer takkewer-kewer….

    Guest
  13. Kang Taufik
    Kalau kemarin udah dikupas strategi total football, disusul strategi curi start. bagaiamana kalau disusul strtrategi MAN TO MAN MARKING. Satu motor harus digawangi/dijaga/diadu dengan satu motor yang sepadan.
    Misalnya,
    -Tigi v Scouzy
    -Supra X 125 v Jupi MX/ New Jupi Z
    -ABS v Vega zr
    -Mio series v Vario series+ beat
    -Megi/(new megi)V (bison)
    -(lexam) v (revo betik)
    – Xeon v (airblade)
    -vixi v ( cbr)
    -Scoopy v (fino)
    -dsb.
    Catatan: (……) masih dalam TPT atau dalam bayangan.
    Nah kalau misalnya dua ATPM besar ini bersaing seperti itu, saya yakin pertempuran akan menjadi pertempuran barathayuda.
    Maaf Merk lain tidak saya ikutkan dalam daftar.

    Guest
  14. @nhd
    Ya ampun,sdh prnah d bhs soal blue ocean…dan gak bjk head to head….masih pula kau komen mnta soal man to man? Ah kau ini…bljr sama saya lg deh soal ngelantur.

    Guest
  15. tambah rame….konsumen tambah ngelu…sing penting kualitas gk bisa bohong,…..ttp yang semakin di depan yang menang…..wkwkwkkwkwkwkwkw

    si ndahon da kebakaran jenggot tu…..keluarin senjata takut kalah…wkwkwkwkwk…ya biar waktu yang berbicara….xixixixixix

    Guest
  16. heee..kemaren bokap beli beat..eh baru 85.2km dah ada yang rontok..mesin nyala..tapi kalo digas roda belakang diem aja…setelah diderek ke diler..masuk bag.keluhan pelanggan..dan sehari setelahnya..pas gue datang motor dah rapi!! mekaniknya bilang kalo masalahnya cuma baut kipas pendingin yang lepas!!
    asli aku ketawa ngakak…”wooo..teloo..kayak anak SMP aja bisa dibohongi!!!” trus aku bilang..bisa jalan kan motornya..advisornya bilang..”gapapa kok pak!!”
    padahal ketika yang komplain bokap..respon lambat banget dari dealer!!! begitu gue telpon…”bos ini motor-ku..kapan direpair?? kalo u kirim mekanik kemari aku ga masalah juga kok..itung2 bisa dibikin artikel di 5osial.wordpress”..langsung hari itu juga diambil..padahal dah jam 4sore…..

    Guest
  17. @martini
    Mgkn d pabrik hnd ada yg kcapek’an makanya lupa pasang baut, atau brgkl habis komen d blog atau trima telpon pas jam istirahat,jd lupa jg…atau krn lembur terus..

    Guest
  18. @martini
    bhuaahaha.. kena tipu, mar.. apa hubungannya baut kipas pendingin lepas sama roda gamau jalan.. wkakakakkk.. :mrgreen:

    gimana perkembangannya, mar?? CVT nya di vonis apa?? masuk angin, po meriang?? xixixixi :mrgreen:

    Guest
  19. @54 Martini:

    memang beres yang kaya gitu yang membuat konsumen kecewa
    no offense kepada merk tertentu,
    hampir semua pasti ada yang kaya gitu.

    padahal mereka yang benar2 menjadi ujung tombak dimana yang akan menentukan apakah konsumen akan setia atau ngga.

    namun memang setelah di tilik dari sisi lain, beres pun kurang mendapat tanggapan yang berarti dari main dealer, seperti reward dan lain-lain.

    yang diperhatikan selalu divisi penjualan, mungkin karena bengkel di nilai recehan kali yah,…

    masih belum nyadar juga tuch, kalo jualan bisa banyak karena di dukung after sales yang baik.

    Guest
  20. perasaan gue sih….geli campur dongkol..gimana enggak,pas yang komplain orang dah sepuh dicuekin aja….giliran dah jadi bilang kalo baut kipas yang jumlahnya ada 3biji itu ada yang lepas….abis pulsa ku buat hal yang gak penting..hilang waktuku untuk ngurus kompalin yang ribet..belum kerugian2 lain yang aku derita…..padahal kalo bukan barang baru dah tak bongkar sendiri tuh motor..palingan harga drive pulli + belt gak nyampe sejuta….
    seandainya dibilang mas motornya gak jalan gara2 STNKnya terlipat pun aku gak papa..asal pelayanan cepet..mosok cuma dibilangin”tunggu ya pak kami akan koordinasi dulu!!”..glek……….

    Guest
  21. @62 Martini:

    kalau di bengkel teman ku yang beres merk sayap juga sih ngga begitu bro,..
    seperti saya bilang memang pasti ada yang model kaya gitu,
    padahal kalo service (pelayanan) beres memuaskan, tentu efeknya akan dirasakan bengkel itu sendiri, at least mouth to mouth promotion.

    bahkan yang extreem konsumen bisa jadi pelanggan setia walau jauh dari rumah.

    namun kembali lagi, ngga semua orang concern akan hal seperti itu.
    andai konsumen selalu di perhatikan dengan baik, maka pasti sepi kolom suara pembaca di media.

    kalo di ancem pasti nurut soalnya setau saya CMIIW
    di beres sayap itu kalo ada komplain yang memang kesalahan beres itu sendiri bisa kena SP atau bahkan kena denda s/d 20juta.

    Guest
  22. Thole
    Jangan sok tahu lah!
    Strategi blueocean memang setrategi yang berbeda dari strategi lain. Tetapi yang jelas produk yang keluar harus tetap ada yang hed to head dengan kompetitor, terutama produk yang diterima konsumen. Contoh, beat keluar untuk ngelawan Mio. Nah vixi akan melenggang sendirian kalau tidak dilawan dengan yang sepadan.
    Rupanya anda takut kalau kasus terjungkalnya raja matik bisa dialami vixi. Menurut saya AHM tetap harus ngeluarin yang setara/lebih. Itulah yang sampai saat ini masih ditunggu FBH.

    Guest
  23. @martini
    masukin surat pembaca kompas aja….ato masukin ke detik tuh biar masalahnya clear.kalo cm koar-koar disini sih malah jadinya ga jelas ujung-ujungnya jd bahan bakar2an ama black campaign….

    itupun kalo emang itu terjadi dan ente pny keberanian buat komplain….biar semua tau..^_^

    Guest
  24. untungnya gue bukan orang yang konyol juga katrok….soale bila suatu produk mengalami kegagalan fungsi di salah satu part-nya itu buakn kesalahan pedagangnya!! kesalahan jelas berada dipihak produsen yang mana banyak faktor yang mempengaruhi: mulai dari desain,proses produksi,checking kualitas sampai hitungan effisiensi dari kapasitas terpasang vs beban produksi….itu semua ngaruh banget……..so, ati aja dalam ngejar keuntungan..soale jika kualitas diabaikan..brand image yang dibuat akan pudar dan hancur..kejadian ini juga bukan kali pertama..dulu..2tahun yang lalu revo-bokap juga kelupa-an kalo rem depannya belum diisi minyak!! begitu nyampe dealer..kenapa kepala mekaniknya yang diomeli,dicacimaki……..katanya lalai….

    Guest
  25. @gee: ini bukan omong kosong (koar-koar) bro..juga bukan ajang bakar2an!! gue juga bukan orang yang suka masukin masalah kesurat pembaca..just share aja..kalo kita beli suatu produk kemungkinan terburuk itu ada!! dan ini gue alami…….
    ini juga bukan black-campaign..soale semua kendaraan gue mereknya honda..bahkan yang tahun jebot (sebelum gue lahirpun) ane punya………
    kalo ane yang penting motor jalan dah clear…..gak minta yang aneh2..toh kalo mo bikin kenceng…dari smp-pun (thn-94) gue dah korek tuh honda prima…agar bejaban ama suzi kristal di sunday-race stadion manahan solo……..

    Guest
  26. @ martini
    makanya gw bilang percuma ente koar2 disini kalo sang produsen tidak tau….

    gw rasa cm butuh 5 menit buat ngetik komplain…trus kirimin tuh ke redaksi kompas…ato ke hotline nya sayap kepak….beres deh

    itu jg kalo itu memang bener dan ente berani…^_^…piss ah..

    Guest
  27. @66 Gee:

    bener banget bro,…
    kalo bener ada yang ngga senang mendingan complain aja,..
    nah ntar kalo dah masuk surat pembaca jangan lupa post link nya yah

    jadi ngga cuma bullshit doank bro,..

    kalo emang bro ngerasa bener kenapa mesti nyari alasan untuk tidak melakukannya.
    itu kalo bener kejadian lho,…

    kalo ngga berani yah namanya menjelekan suatu produk doank

    Guest
  28. @gee: ini bukan koar-koar (omong bull-shit)
    ini juga bukan ajang bakar2an dan black campaign……..
    ini juga benar2 terjadi..dan keberanian buakn diukur jika orang itu masukin suatu masalah ke surat pembaca………ini pembelajaran jika kita beli suatu produk..kemungkinan terburuk itu ada dan sungguh2 terjadi……..kebetulan aja terjadi pas bokap gue beli beat….

    Guest
  29. @martini
    ini memang bukan masalah berani ato tidak…tp pikirkan manfaatnya buat org banyak….biasanya bila satu masalah muncul ke permukaan dan sang produsen tau lewat media massa….maka akan muncul solusi dan akan ketauan langkah2 yg mereka ambil selaku pabrikan. dan ini bisa jd cerminan buat konsumen lain…apakah mereka sang produsen bertanggung jawab? apakah menyalahkan keadaan? atau hanya mengaggap sebagai kasus yg bisa dikesampingkan?…kita sbg konsumen jg hrs ngasih feedback apabila memang produk tsb bermasalah…mungkin saja diluar sana memang ada kasus serupa tp kita tdk tau…iya tho???

    jng lupa klo dah tau masalah sbnrnya apa..dan solusi yg pabrikan tawarkan apa (bukan dealer lho ya…^_^)…share di mari biar semua pengunjung tau…..mungkin itu jauh lbh bermanfaat drpd cm share masalah yg masih abu2 kebenarannya..

    Guest
  30. @Martini

    Mungkin gak cocok aja pake honda
    Xixixixixi :mrgreen:

    Anyway,bro martini kan cm curhat yah,jd hmm sah sah saja.
    Mungkin lg apes aja dpt brg defect n sy yakin semua pabrikan pasti punya mslh yg sama..
    Jd diambil positifnya aja sebelum ada intruder yg datang n membakar warung
    :mrgreen:

    Guest
  31. @gee: makanya ini di share..kalo feed-back ke produsen jelas sudah lah…lha wong setiap beli produk baru..pabrikan selalu ngasih angket untuk di isi ama customer…dan gatris..ngirimnya gak usah pake prangko…dan berhadiah lagi………(moga2 dapat hadiah motor lagi…hehhe…)
    dari guyonan diatas kan juga dah jelas..seandainya itu motor gak jalan gara2 stnk kelipat juga gak ngaruh bagi gue….tapi mana ada stnk, wong belinya juga baru seminggu…….

    Guest
  32. to all…..
    yang penting bisa diselesaikan dengan damai aku kira ga apa2……temen aku juga pernah komplain ke beres masalah beat yg baru shok depannya jedak-jeduk, nunggu seminggu trus diganti, beres. daripada komplain dibenerin tp ga bener2 ampe bolik-balik……..
    ya…namanya jg buatan manusia, ga ada yg sempurna……
    ambil hikmahnya saja bro…..agar ke depan kita bisa lebih berhati2 dlm membeli produk……

    Guest
  33. Kalau cuma cerita sepertini si martini itu, bisa saja terjadi di produk manapun. Tinggal mereka-reka kejadian, ya kaya cerita fiksi begitu. Alias semua terjadi hanya di khayalan penulis. Silakan yang lain kalau mau menghayal juga bisa. Misal, beli mio baru sehari, pelek sudah peyang depan belakang. Gitu aja kok repot.

    Guest
  34. yang perlu diperhatikan QC nya lebih diperketat.. jangan ngejar kuantitas, asal jadi.. kualitas dijadikan nomer sekian, ah itu payah.. kalo sudah begini, konsumen bakal kapok.. kecuali sudah percaya banget sama merk kebanggaannya.. :mrgreen:

    Guest
  35. @75: kalo aku kemaren cuma 1x24jam dah woke…bahkan sebelum gue nyampe rumah..motor yang abis repair dah ngejogrok dipojokan rumah…so minggu kompalin (gak ada respon) senin pagi juga gak ada respon..giliran senin sore saya komplain lagi langsung diderek..dan selasa pagi dah dianter kerumah….

    Guest
  36. @hadi : iya sih memang bener,..
    kalau yang shock bunyi itu memang bener kejadian soalnya komplain banyak. dan itu masih grade B.

    nah kalo kaya martini kan grade nya dah grade A menyangkut keselamatan.
    jadi IMHO saya rasa wajar kalau di blow up agar pabrikan tau.

    bayangkan (jika bener apa kata martini mengenai beatnya)
    setiap hari satu plant bisa memproduksi 5500 unit motor.
    jika dalam sehari kesalahan di buat berarti banyak yang rusak juga
    tentunya feedback dibutuhkan agar tidak kejadian lagi.

    yah itung2 bantu konsumen yang lain agar diperhatikan oleh pabrikan laghhh…

    seperti masalah over torsi pengencangan baut cover yang biasanya terjadi.
    kalau beres ngga mengeluh, pabrikan mana tau ada yang salah dengan torsinya.

    gitu yah bro martini.
    semoga mendapat pencerahan dan ga asal ngomong doang,
    soalnya cuma situ dan Tuhan yang tau kebenarannya.
    unless bro martini rela post surat pembacanya buat kami-kami disini

    Guest
  37. @nick: iya bro….padahal ini unit ke 2 dikeluarga gue..dulu juga ambil yang kayak sampeyan pakek!! so jika cuma belt dodol ya menurut gue gak masalah…toh dirumah punya serepnya juga…(namanya juga karet)..bisa molor..trus putus……….

    Guest
  38. hahahahaha….
    gw jd inget pertama kali ambil motor siluman di dealer sayap kepak…motor lambat dtg 2 minggu pdhal janji 3 hari..stnk…3 bln bro…gw ampir 3 kali seminggu nelpon,,,sampe pernah di “putus” tuch telpon ama client servise nya…pas week end gw datengin tuch delaer…gw MAKI-MAKI tuch client sevise didepan manager, debt collector, dan ada tamu jg..sbnernya gak etis..cmn gw kesel bgt…trus lanjut gw masuk ke ruang bos nya……gw ancem besok stnk gak jadi ..dp balikin motor gw balikin….

    Guest
  39. sekarang baru berani bilang,mengakui kesalahan dalam produksi adalah hal biasa, wajar.. :mrgreen:

    dulu kasus new jupi yang 3 bulan sudah turun mesin.. dijadikan olok2 & sengaja ga dibikin selesai jadi bahan olok2.. :mrgreen:

    ini motor jalan aza belom nyampe 100kilo, sudah ada masalah.. aneh memang ya.. yasudahlah.. :mrgreen:

    Guest
  40. Numpang curhat jg klo begitu
    Beat saya buat jarak jauh 1500km lari cepat 14jam finé2 aza tuh..
    Lebih cepat dari jupez biru kakak sy th2003 dulu 14,5 jam,mio 16,5 jam dan karisma ipar 15jam meskipun rekor jupez saya sblmnya (hitam putih) 12,5 jam blm terpecahkan(gak jd patokan sih,macet,kondisi tbh blablabla bisa jd faktor).
    Sekarang beaty dapet 10.752 kilometer.
    (Ini jg bukan bullshit)
    Kmaren service gak ada masalah apa2.
    Nanti rencana akan di gebuk 1500km akhir tahun ini n tahun 2011 rencana akan di gebuk lagi 6000km.

    WHAT ABOUT YOU?
    :mrgreen:

    Guest
  41. week end kemaren lg..gw nganter sepupu ke BERES,,,dah lama pelayanan nya..eh skrg mio nya bunyi nyit2…gw males sich ngurusinnya…gw mikir ntar akhir bulan gw servise ke bengkel lain deh……cape ngamuk2 mulu ah……kalo ke beres mang enak yg dah kenal…kaya motor siluman gw…dah tau aja..mekaniknya….bsa 2 jaman deh di bongkar..emang jd enak banget sich…semuanya dibersehin..dah gw kasih tips ceban aja…

    Guest
  42. makanya gw sich gak mikir itu sayap kepak atau garputala…tinggal owner atau personalitynya aja sich….pelayanan nya bagus atau tidak…mahal dikit gpp..mo dekil, kotor, ber ac, besar kecil…asal dipake memuaskan….memuaskan…

    Guest
  43. @80: ini dah ditangani bro…..buat apa masuk ke surat pembaca..ini juga bukan mainan baru..cuma geli aja kalo dibilang baut kipas lepas…….(soale dah tahu jeroan beat)
    dan dongkolnya kenapa harus komplain berkali2 baru direspon….itu aja….makanya dishare………
    soale pas kejadian direvo pagi ditelpon setengah jam dah nyampe tuh mekanik..dan gak pake diderek balik ke dealer…langsung ditangani ditempat..gue malah suka yang kayak gini..gak ribet!!

    Guest
  44. jd curhat

    kemaren baca postingannya bro onthel..tentang ninja..itu kayanya lebih miris deh bro….duch klo diposisi gw…g tau deh….gw gak peduli sich tuch dealer gede or kecil..mo bos atau bkan..kalo dah kesel..gw demen maki2 eh gak maki2 sich..kalo kata sepupu ane..ceramah…….hihihi..pdhal gw orangnya kecil loh…

    Guest
  45. @thole: masalahnya ini benar atau tidak .?

    seperti yang saya bilang tadi “cuma bro martini dan Tuhan yang tau”

    kalo emang bener, saya rasa ngga ada salahnya menyuarakan kebenaran melalui media yang sudah ada yaitu suara pembaca.

    namun kalo ngga berani, yah jangan salahkan penonton yang memberikan pandangannya bahwa anda berbohong.

    Kebenaran adalah kebenaran walaupun menyakitkan, dan keburukan walau di lakukan dengan sebaik mungkin tetap saja keburukan.

    Guest
  46. @newbie..cek aja testimoni gue pas beat baru di kilometer 0 (5osial.wordpress.com)!! gue gak demen cerita yang isinya cuma kata si A ato si B…

    Guest
  47. maaf ya bro martini dan bro thole.

    kalau begitu bisa saja saya bilang beli Xeon kemudian rusak namun baru 10 kilo, tapi udah di tangani sama bengkel jadi ngga perlu masuk surat pembaca.

    atau bahkan saya beli Fischer rusak baru 5 kilo.

    atau apapun itu.

    bisa aja donk,…
    so where is the proove??

    kita bukan hidup di jaman “katak dalam tempurung”
    yang mudah dibodohi.

    ga jaman main kata2, bukti aja dechhh
    (ntar malah di suruh ke rumahnya ngeliat sendiri motornya)

    capek deh ngeladeni yang kaya gini. Hoax…

    Guest
  48. testimoni yang sah yah di surat pembaca kali yahhhh

    maaf ya bro martini dan bro thole.
    no hard feeling, hanya mengemukakan opini saya.

    kalau begitu bisa saja saya bilang beli keong kemudian rusak namun baru 10 kilo, tapi udah di tangani sama bengkel jadi ngga perlu masuk surat pembaca.

    atau bahkan saya beli Fischer rusak baru 5 kilo.

    atau apapun itu.

    bisa aja donk,…
    so where is the prove??

    kita bukan hidup di jaman “katak dalam tempurung”
    yang mudah dibodohi.

    ga jaman main kata2, bukti aja dechhh
    (ntar malah di suruh ke rumahnya ngeliat sendiri motornya)

    capek deh ngeladeni yang kaya gini. Hoax…

    Guest
  49. @95: emang isih ono pelajaran PMP???
    @ thole: sante aja bro..wong temen2 yang jogja juga tau kok masalah ini..pas kopdar kemaren…….soale arep dipake turing ke pacitan..jebule dicancel acarane!!!

    Guest
  50. @om topik ; ups..sorry juragan….wah kuwalat ikie..yang punya acara ikutan komentar………enggak nyindir kok..lha semua juga padat acaranya….kalo diundur kan lebih baik…….

    Guest
  51. @juragan: malah pada mo ke solo tuh gan…obat pengganti turing ke pacitan..sapa tahu bisa kesasar nyampe tawangmangu ato magetan….heeee…kunjungan balik untuk brother2 yang ada disolo..soale mereka rajin ke jogja je…….

    Guest
  52. all…….
    yah..namanya sharing bro……..
    jagi gak usah pake kirim surat ke kompas or detik toh masalahnya dah selesai…kasian juga kalau sampe mekaniknya kena pecat gara2 masalah seperti itu dia juga kerja untuk menafkahi anak istri……
    nrimo wae…….toh urep wes eneng sengatur………..

    Guest
  53. tidak selalu begitu juga…
    yang pertama ngeluarin metik kan kymco. tap apa daya kymco sepertinya terlalu “kecil”. akhir cerita, ya disikat “the first mover “, yamaha, memerlukan faktor pendukung yang lain yang memenuhi syarat untuk jadi the first mover. product is not the only important one.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here