Bro sekalian, Honda Scoopy bisa jadi merupakan Motor Paling Laris pada ajang PRJ 2010 yang baru berakhir ahad kemarin. Scoopy terjual sebanyak 4.361 Unit menurut Press release yang dikeluarkan Honda Khusus untuk media . ..  Itu berarti Dalam satu hari rata-rata Scoopy laku sekitar 140-an unit, sebuah pencapaian yang Fantastis untuk ukuran penjualan skala event Pameran. Sebenarnya Tanda-Tanda Fantasinya statistik Scopy di ajang PRJ ini sudah dapat diduga sejak awal . . . saya pernah membuat artikel awal yang menunjukan sinyalemen ini di awal-awal PRJ sebulan yang lalu.

FYI, angka 4.361 Unit ini sudah melebihi setengah dari angka Penjualan Scoopy secara nasional di Bulan Juni 2010 yang lalu ( 9.500 unit). Diferensiasi serta kekuatan Promosi disinyalir merupakan dua kunci melambungnya Pamor Scoopy dalam waktu yang relatif singkat. Mo dibilang mesinnya sama dengan vario atau beat kek . . . konsumen nggak terlalu mikirin hal tersebut ternyata. Kebanyakan Konsumen yang meminang Scoopy merasa Jatuh Cinta pada pandangan pertama dengan Penampakan Motor retro ini. Yup penampilan Fisik yang memiliki aura ‘beda’ ini lah sepertinya yang merupakan variabel terkuat Scoopy.

Tapi Seperti yang telah saya sampaikan di artikel awalan . . . Butuh waktu beberapa bulan kedepan sampai Grafik penjualan relatif stabil untuk bisa menarik kesimpulan Scoopy ini sukses atau tidak. Penjualan di awal-awal bisa jadi banyak ‘terkontaminasi’ aspek  emosional pada diri konsumen, hal ini berlaku bagi setiap produk, bukan hanya Scoopy saja, juga Xeon dan motor-motor baru lainnya. Yang jadi misteri selanutnya adalah Jika Scoopy ‘sukses’ akan kah Pabrikan lain akan mengikuti? ini hanya pendapat pribadi saya, silahkan Share Komentar bro semua .. . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

280 COMMENTS

  1. @maskur
    disini pak dhe,saat ini kndisi trbalik banyakan scoopy dijalan drpd xeon, ntah esok hari, lusa dst..

    Guest
  2. Makanya gw heran knp kapasitas produksinya cuma 10 ribuan per bulan?
    di cibinong sini aja kang taufik, buat ngedapetin scoopy dan vario techno harus indent 3 bulanan.
    malah untuk sebuah dealer besar di cibinong aja cuma dijatah 2-3 scoopy padahal kata salesnya yg indent bisa sampai puluhan orang per harinya…

    Guest
  3. kalo bener skupi laris.. :mrgreen:

    buat yamaha, tak tunggu fino ne.. kalo ga keluar juga, mending ganti baju soul aza dah, kelamaan.. kemaren nanya2, kostum mio soul fullset ga nyampe 2jt.. xixixixi :mrgreen:

    Guest
  4. @au_ah
    jangan terburu nafsu dulu, liat animo masyarakat.. :mrgreen:

    kalo memang positif bagus, ya bisa ditambah.. tiap2 daerah, belom tentu sama lho minatnya.. utamanya di daerah kota.. :mrgreen:

    *soal indent panjang, gue sering denger.. dari orangnya sendiri, sutekno indent nya bisa 1-2bulan, tapi sapa yang nyangka 1-2minggu barang sudah ditangan.. biasanya indent panjang kayak gitu, paling banter di jabodetabek.. yang lain belom tentu.. :mrgreen:

    Guest
  5. betul sekali mas taufik … ini adalah sinyal positif untuk peningkatan bonus akhir tahun … hehehe … :mrgreen:

    Guest
  6. @Maskur
    beda daerah beda kali ya…
    klo pengamatan gw di sepanjang jln raya bogor (cibinong-ps rebo) malah sering lihat scoopy, xeon malah sama sekali belum lihat…
    ya… beda daerah beda seleranya sih…

    Guest
  7. @Kang Taufik
    Sebenernya klo lihat dari fenomena indent yg segitu lamanya apa ahm gak mengantisipasi dari awal ya?
    knp juga ahm gak pede masang target yg besar.
    xeon aja berani pasang target 25 ribu/bln, knp ahm cuma pasang target 10 ribu/bln ya?
    klo cuma 10 ribu sih buat pasar jakarta aja gw yakin bakalan kurang, apalagi untuk nasional?!
    Org di PRJ aja bisa laku 4.361 unit, gmn seluruh jakarta dan nasional??!

    Guest
  8. Jd inget, kebetulan temen gue 1/2 bulanan yg mau beli scoopy, tp karena lamanya antrian indentnya jd terpaksa beli beat yg sekarang udah ready stok.
    gw pikir, untung aja gak beli merk lain, klo sampai pindah merk apa gak rugi tuh ahm?
    malah ada lagi cerita tetangga gw yg beli vario techno, karena panjangnya antrian indent jd ngambil merk lain.
    tp beberapa kemudian dikirim juga vario techno, setelah vario technonya dateng gak lama kemudian yg merk x dibiarin ditarik dealer…
    wuih… strategi smart nih…

    Guest
  9. Menurut gw nih, mumpung ahm masih terkendala pd kapasitas produksinya, kompetitor terutama yamaha mengambil kesempatan ini dgn ngeluncurin fino.
    siapa tau org yg males indent scoopy sampai berbulan2 buat jd lari ngambil fino…
    lumayan kan?
    mumpung sekarang lagi booming retro style…
    ya gak Kang Taufik?

    Guest
  10. Keliatannya daftar indenan tidak hanya di kota besar saja. Ya, kita lihat sajalah. 1-2 bulan ke depan.Lebaran (2bl lagi) mungkin akan ada warna baru di jalanan INA. Yang sruntal-sruntul jadi beragam. Gak bosen aja ngliatnya.
    Tapi apa yang terjadi PRJ pasti akan merambat ke daerah. Jakarta adalah kiblat. Semua yang terjadi di jakarta pasti jadi perhatian dan panutan di daerah. Salam Scoopy. The mover Skutik

    Guest
  11. seperti biasalah….. 3 bulan pertama seperti kena demam……. lagi tinggi-tingginya……. nah kalo setelah lewat 3 bulan panasnya belum turun juga, berarti positif demam berdarah…… 😉

    kalo setelah 3 bulan demam scoopy belum juga turun, berarti emang scoopy laris banget dan jadi trendsetter…..

    Guest
  12. 31 Rider 125
    Kalau jalanan penh sesak sih banyak penyebabnya.
    – Penduduk INA yang hampir 350 jt
    -Jalannya tuh dari nenek moyang gak pernah nambah. Kalau pemerintah mo nambah/perlebar kadang malah di demo.
    -masih bisa beli, meski kredit
    -rakyat lebih makmur
    -budaya

    Guest
  13. 35 Darmawan
    Aku inden tekno item 3 mggu bru dpet, scoopy? wah tmbh jamuran nunggu
    ==================================
    Wah enak tuh
    Ikut dong inden scoopy, itung-tung jamurnya bisa di sop. lumayan, sayur lagi naik harga.

    Guest
  14. kemarin dapet tabel harga waktu ada acara perkenalan scoopy+live band Vierra. Harga utk area Banjarmasin scoopy Rp 13.931.000
    PCX Rp 32.864.000
    Megapro cw Rp 21.003.000
    Tiger Rp 25.356.000
    Ya…..klo meliat harga,gimana th dgn dlain (hargax lumayan)

    Guest
  15. @32 nhd
    Tapi apa yang terjadi PRJ pasti akan merambat ke daerah. Jakarta adalah kiblat. Semua yang terjadi di jakarta pasti jadi perhatian dan panutan di daerah.
    ===
    wah, pantas saja kau gak mau dtg ke saya belajar ngelantur, ternyata ilmu mu lebih tinggi dari saya soal ngelantur…he hehe..
    sejak kapan jkt jadi panutan dan perhatian di daerah…?
    Kalo prj, ya wajar aja, tapi hanya sbg berita…
    mau laris di prj, ya itu laris di jkt…itupun bisa ;spike’…ha ahaha

    Guest
  16. @34 arif
    yah demam awal kan itu gejala penyakit…mesti dicari akarnya, lalu kasih obatnya, sembuh deh….perlu penanganan dini.
    tapi kalo demam panggung, yg ini sih cuma sesaat alias ‘spike’…

    laris di prj sdh lama saya baca….tapi terlalu biasa….scopy belum sanggup lawan mio…+ xeon.

    siapa sih yg mau jadul terus? baik pemakai maupun yg liat mesti bosan-la…he hehe..

    hidup spike….

    Guest
  17. 18000 unit xeon itu terlalu banyak, walau target 25.000.
    Krn harganya termasuk di atas rata-rata, jauh dari scopy yg cuma 12jtan (cmiir …harganya sopy).

    jadi mau laris di prj, ya itu baru prj…..memangnya INA sebesar PRJ?
    Jkt bukan tolok ukur laris tidaknya sebuah (kelas; jenis) produk tertentu…mesti main market share saja-la…

    saya harap hnd mesti kerja keras lagi promonya……yah walau produknya biasa…….

    Guest
  18. Emang ada orang jakarta pake dialek Jogja. Tapi lihat, tuh ABG_ABG di daerah, mereka pada ngomong , elu, gue, ngapain. Apa artinya? Jakarta adalah kiblat.
    Jangan -jangan si retro ini telah membuat yang lain ketir-ketir.

    Guest
  19. @nhd
    Kayaknya itu bukan alasan bagus deh, kok seakan2 malah membela pabrikan yang jualan motor jor-joran yah… 😕 jangan2…..
    Bukannya tetep aja penjualan motor jor2an bikin jalanan makin sesak? Memperlebar jalan sih, sama aja… mau diperlebar ampe 100 meter juga sama aja kalo tiap hari populasi kendaraan pribadi nambah terus…

    Guest
  20. Laporan dari Banyumas-Purwokerto, semenjak Scoopy launching & selama ane PP BMS-PWT belum pernah sama sekali keliatan si Scoopy, tapi kalo Xeon udah 3x, malah pertama ane liat Xeon white-blue lg dimodif ditempeli scotchlight di body antigoresnya.

    Memang sih kata tetangga yg orang FIF yg indent scoopy cukup banyak tapi juga lama nunggunya. Padahal kebanyakan dealer PWT disupply dari jogja, dan kata si thole stok Scoopy di sana melimpah, apa AHM kewalahan permintaan ya?

    * Eh iya mbok ada paham, kenapa ya harga motor AHM di Purwokerto lbh mahal (bahkan ada yg bilang termahal d Jawa) dibandingkan dgn contoh di Madiun JATIM, yg notabene jarak+ongkos kirim pasti lbh besar yg ke daerah Jatim tho? selisihnya bisa 200-300rb (harga cash), kayk beAT bulan april hrg mencapai 12,9jt, thx 4 the attention 😉

    Guest
  21. klo dimari (ngawi) yg notabene kota kecil sekali, xeon malah blm nampak penampakanx..
    Tp scoopy dah ada beberapa biji yg berseliweran…
    Mmg tren skutik retro bakalan naik kayakx..
    Minerva udh positif ma benelli pepe x… (mas opik nti dibahas khusus yak)
    lha yamaha gmn nie??
    Tp heranx bulan juni kok marketshare skutik yamaha maning yg jd raja ya??? :mrgreen: :mrgreen:
    silahkan share komentar bro smua…
    Xixixixiixix :mrgreen:
    ijik copas gaya mas taufik

    Guest
  22. Harap semua mongcompare apple to apple
    aku nggak berani mengcompare Scoopy dan Xeon karena jump startnya udah beda
    Xeon dah jalan duluan dibanding Scoopy . . . secara Logika akan berbeda . .. Makanya Nggak dibahas komparasinya . . takut terkesan berat sebelah dan tidak obyektif
    paling asik emang nanti di compare saat kedua motor ini penjualannya sidah sama2 stabil nanti, itupun harus memperhitungkan asas keadilan lagi karena keduanya berada di segmen yang berbeda harganya, cmiiw

    Memang benar PRJ Bisa Jadi Bukan Indonesia, Walaupun sempet ngobrol dengan jajaran Managemet top level yamaha bahwa Penjualan Jabodetabek tetap menjadi tolok ukur ( ini ngobrol waktu di bali lho 😉 ). . . makanya artikel ini tidak terlalu bombastis memilih kata-kata . .. saya sudah memikirkan kata-kata yang cukup tepat da tidak terkesan berlebihan . . . dan akhirnya terpilihlah kata :
    SINYAL POSITIF

    *lagi ngetik artikel spy shot u/ dirilis jam 10 nanti 🙂

    Administrator
  23. sepanjang jalan kenangan kemarin udah sering banget liat scoopy bersliweran,
    tadinya mau ku itung, tapi keburu jari2ku abis buat ngitungnya….

    Guest
  24. Kalau yamaha ngeluarin fino 115cc yg edisi 2006 akan semakin membuat image jadul yg dilekatkan honda semakin lengket. Sebaiknya keluarin edisi baru fino 125cc mesin xeon velg jari2 harga turun 500rb dari xeon.

    Guest
  25. wah, Bravo honda, Yamaha gimana nich? ayo donk lawan!!
    Klo bisa facelift tuh mio soul, suruh diet aja biar bodynya gak gemuk!!

    Guest
  26. @ay
    haaaa . .. bikin kageeet . .. pemilihan kata-kata di Judulnyanya itu lho .. . Koq bisa sama ixixixixixixixi 🙂

    @Cak Poer
    sama-sama mas .. . maaf atas ketidak nyamanannya 🙂

    Administrator
  27. Taufik
    Kayaknya ada yang memaksakan mengompare Scoopy dengan Xeon. Ya jelas gak pas. Atau kalau mau dipaksakan, mungkin dari pejualan bisa saja jumlah terjual : jumlah hari. Berapa laku perhari.
    56 CakPor
    Kalau anda perpedoman datanya thole, apalagi tentang AHM, ya repot. Kalau harusnya dikit, pasti dibilang banyak. Kalau harusnya banyak, pasti dibilang sedikit. Memang logikanya serimg terbalik.

    Guest
  28. Di Jatim, scoopy sudah mengaspal di pusat kota, Surabaya, maupun kota kecil di sekelilingnya, seperti Kediri, Jombang. Mungkin karena bentuknya yang unik, sehingga tampak sekali. Kalau Xeon, barangkali karena tidak terlalu berbeda( dari depan) dengan yang lain, jadinya kayak belum lihat. Maklum kita jalan kan konsen ke depan, biar gak nyungsep.

    Guest
  29. penyebab scoopy ato xeon blm banyak keliatan di jalan:
    1. STNK+Plat nomer blom jadi, so ga berani masuk jln besar.
    2. Msh bnyk yg inden.

    scoopy violet vintage ku dah 2 minggu cm buat2 muter dkt2 rmh aja, jd smntara pake Jupie MX dl deh.

    Guest
  30. xeon di tmpt saya aja masih gak ada saya liat….nunggu udah rame aja-la…..gak sreg sama inden-indenan…

    Guest
  31. scoopyku ga nginden mas, malah masih ada yg pink. trs smpt ditawarin sm dealer tuker sm yg yg putih, tp gamau. posisi di kuningan jabar.

    Guest
  32. Klo gw sih percaya klo dijalanan terutama di daerah lebih banyak xeon daripada scoopy.
    kapasitas produksinya aja jauh banget, xeon 25 ribu sedangkan scoopy cuma 10 ribu.
    hampir 50 % penjualan scoopy disedot utuk prj yg komitmen awalnya emang pembelian di prj akan dispesialkan.
    50 % sisanya baru bisa didistribusikan didaerah2.
    maka gak heran juga banyak dealer2 di daerah yg belum dapet distribusi scoopy bahkan cuma untuk sekedar buat display!!
    jgnkan didaerah dijabotabek aja harus indent berbulan2 kok…

    Guest
  33. Taufik
    Mumpung lagi ngomomg Scoopy. Sekedar tanya/ mengingatkan.
    Gimana rencana pengganti si pinky. Kalau melihat vote, kayaknya PCX terbanyak. Tapi kalau melihat peruntukan, scoopy labih cocok.

    Guest
  34. penting eksis di jalan, daripada eksis di prj….he he he..
    mtr ymh,1-2 bulan setelah launching, belum ada di jalan..paling 1 atau 2 mtr, bulan besoknya langsung rame….ha hah a…
    very cool…

    Guest
  35. Menurut gw, daripada kemaren ahm menambah kapasitas produksi untuk beat & vario masing2 10 ribu unit mendingan buat memperbesar kapasitas produksi scoopy yg menurut gw lebih prospektif.
    sekarang aja setelah brojolnya scoopy antrian indent buat beat udah berkurang.
    malah untuk cibinong beat udah ready stok, padahal sebelum scoopy brojol masih indent 2-3 mingguan.
    klo penambahan kapasitas vario techno memang tepat, skrng aja masih panjang banget antrian indentnya.
    ini di dealer cibinong, tempat lain gak tau..

    Guest
  36. 76
    Betul sekali, di dealer kabupaten, diantara 3-4 dieler paling baru 1 yang sudah pasang disply. Tapi kalau xeon,saya sudah lihat disply nya di dealer kecamatan.

    Guest
  37. Absen gan, numpang eksis 😀
    *biar nga OOT
    Sya bru liat Scoopy 2x. Kemaren sama pagi ini, beruntung d’pabrik ada temen yang punya, so jadi puas mandangin’a (sayang’a nga d’kasih buat ngetest.. Nasib…)
    Sya juga ada temen yang sudah indent Scoopy dri awal pembukaan PRJ, tp sayang masih indentttt…

    Guest
  38. @77. jaos: 😆 wkwkwk..bisa aja ente, wah dgn semakin bertambahnya penggemar, mas Taufik jadi ada kerjaan extra nih, narikin komen yang nyantol, terutama yg panjang2 xixixi semoga keikhlasan mas Taufik menyelamatkan komen2 yg nyangkut mendapatkan balasan yg lbh baik dari Allah swt. amin

    * lebay ga ya :mrgreen:

    Guest
  39. dua orang bengkel umum (dua2nya pemakai mio) yg aku kenal punya pendapat beda pas liat scoopyku.
    1. Yg pertama blng ngapain ambil scoopy, tenaganya loyo (tau dr mana? pdhl di tanjakan aku boncengan aj scoopy enteng aja).
    2. Yg kedua nyesel keburu beli mio, coz gatau klo honda ngeluarin scoopy. Tp dia dah nyobain scoopy, ktnya enteng handlingnya, klo mio handlingnya berat, trs boros (ini asli omongan dia lo).

    Yg jelas MX sm scoopy di rmh rukun2 aja. peace bro ^^.

    Guest
  40. @nhd
    yaaaa.. kalo sampeyan gapercaya sih monggo aza.. kan gue sudah bilang, kalo mau dibuktikan, monggo silakan muter2 dealer ahm di jogja.. gampang kan.?? :mrgreen:

    Guest
  41. di daerah bogor kabupaten,,,, xeon baru liat 1 ajah…
    sedangkang scoopy sudah banyak (terutama anak SMA 1 bogor) tetangga gw ada 4 orang pake scoopy anak sma …

    ternyata pas gw datang ke dealer buat pesen scoopy indentnya 3 minggu dan khusus yang putih indentnya 6 minggu minimal….BUSYET,,,,

    kondisi JATINANGOR juga sama….
    XEON kurang diminati …

    SCOOPY malah jadi motor paling dicari mahasiswa ke orang tuannya…
    kata adik gw yang kuliah di UNPAD….

    dia juga indent scoopy ….(baru 3 minggu , tapi belum nonggol juga)
    s scoopy nya…

    XEON ga usah nunggu,,,,, stok banyak, warna apapun ada… DP 500 rb bisa….

    BEGITU -LA kira kira….laporannya

    Guest
  42. ^
    au_ah sendiri bilang 50% skupi disumbang PRJ.. event PRJ kan ga setiap bulan, 1taon se-X..
    apa jangan2 nanti kedepan, bulan depan maksudnya, the real demand skupi baru kliatan aslinya?? gatau lah.. :mrgreen:

    Guest
  43. kayaknya dan gelagatnya
    YAMAHA akan KEMBALI

    MENJILAT LUdaH SENDIRI….. (emang SERING) gak gak gak

    tapi tidak apa apa…

    ASAL jangan buat IKLAN menyesatkan diakhir TAHUN aja!!!!
    JUARA 1* (dengan tanda bintang yang nyaris tidak kelihatan penjelasannya)….

    Guest
  44. justru krn tau scoopy pake mesin beat, aku pilih scoopy. drpd pilih fino pake mesin mio/soul. ogah boros+trauma naik mio mertua sm tetangga mogok akinya gmpg soak.

    beat/scoopy bletaknya ngangenin soalnya. ^^V

    Guest
  45. yg warnanya pink..gw lihat pemilihan warnanya kurang gimana gtu, karena mengejar warna pastel…jadi kesannya kaya terlihat ringkih, tapi jadi warna favorite bagi cw abege2..kaya di jakut dah luamayan…yg warna pink lebih banyak…..kalo menurut gw yg warna hitam lebih nice, terlihat mewah…..yg putih sich lom liat…cmn look like pcx colour yah…tpi tetap hitam lah….mewah…kalo xeon jg dah lumayan tabur…malah dah ada yg listnya di tutup….warna putih terlalu candy menurut gw….lebih nice yg hitam, biru…keren….( kayanya gw subyektif hitam yah…)..kalo warna candy lebih oke yg cbs sich….

    Guest
  46. absen dulu ahhh

    terbukti bahwa masyarakat indonesia butuh refreshment,..
    ngga melulu dari segi mesin namun dari segi tampilan.

    membandingkan scoopy to xeon.??
    ngga bisa lagh lagian kan beda segmen
    dari harga pun sudah berbeda

    semoga ymki membaca ini dan melihat perkembangannya
    terbukti yang katanya pasar retro sudah kelewat 3 tahun
    namun masih membuahkan efek yang positif
    walau memang mesti lihat 3 bulan ke depan

    namun kalau bulan depan dijamin laris manis
    mengingat sudah memasuki bulan puasa
    dimana motor akan menjadi alat transportasi yang efisien

    apapun kata komentator, tetap saja motor indent.
    waktu saya plant tour ke plant 3 ahm.
    disana memang sedan produksi scoopy terus
    namun memang aneh kebutuhan tidak terpenuhi
    apakah minat terlalu banyak
    atau memang kapasitas produksi belum memadai

    at leats ymki harus melihat ini sebagai signal positif pasar retro

    semoga konsumen yang di untungkan dengan banyaknya pilihan.
    CMIIW yahhhh

    Guest
  47. baru liat scoopy 1 di daerah ciawi…itu juga punya tetangga…
    yg xeon belum liat di jalan, baru liat di dealer

    Guest
  48. @juragan : bos emang sih si kupi ama keong beda segmen…tapi pembelian yang nyampe ribuan ini kan gak semuanya cash………punya duit 500K juga bisa nderek motor2 tersebut……………ya gapapa kan sekali2 mengcompare barang baru……toh sama2 kredit……..yang satunya bodi lama mesin baru…..pesaingnya mesin lama body baru…………

    Guest
  49. absen dulu ahhh

    terbukti bahwa masyarakat indonesia butuh refreshment,..
    ngga melulu dari segi mesin namun dari segi tampilan.

    membandingkan scoopy to xeon.??
    ngga bisa lagh lagian kan beda segmen
    dari harga pun sudah berbeda

    semoga ymki membaca ini dan melihat perkembangannya
    terbukti yang katanya pasar retro sudah kelewat 3 tahun
    namun masih membuahkan efek yang positif
    walau memang mesti lihat 3 bulan ke depan

    namun kalau bulan depan dijamin laris manis
    mengingat sudah memasuki bulan puasa
    dimana motor akan menjadi alat transportasi yang efisien

    apapun kata komentator, tetap saja motor indent.
    waktu saya plant tour ke plant 3 ahm.
    disana memang sedang produksi scoopy terus
    namun memang aneh kebutuhan tidak terpenuhi
    apakah minat terlalu banyak
    atau memang kapasitas produksi belum memadai

    at leats ymki harus melihat ini sebagai signal positif pasar retro

    semoga konsumen yang di untungkan dengan banyaknya pilihan.
    CMIIW yahhhh

    Guest
  50. walah,, kalo positip,,, tinggal nunggu 9 bulan aja lagi,,,
    brojol deh anggota keluarga baru,,,

    *mengharap.com

    Guest
  51. ini baru strategi jitu dari AHM mengeluarkan skubek model retro,dimana modif skubek yang ada seperti vario dll ke arah retro

    Guest
  52. di dipati ukur(bandung) uda lihat scoopy tapi cuma dipake ke pasar tok karena plat nomornya belum ada 🙂
    tapi kalo buat saya ada yg bikin “ilfeel” selain velgnya yg CW, yaitu “spakbor” belakangnya yg merusak estetika . . bentuknya mirip sekop buat ngangkut pasir. padahal kali dipermanis lagi bentuknya kemungkinan yg suka pasti lebih banyak SEMOGA . .

    oiya, kalo menurut pengamatan saya sebagai orang awam, yg membuat masyarakat tertarik dengan scoopy adalah [ulah] pengguna Mio berdana lebih yg telah mengganti body Mio-nya dengan body Fino (secara bentuknya sealiran) sehingga masyarakat telah terpikat(jatuh hati) dengan bentuk motor tersebut.
    sekian dan terima kasih.
    regards

    Guest
  53. disurabaya kok ga ada tuh scopy berseliweran aku kok ga pernah liat ya, padahal di pusat kota nie….sembunyi di gang2 kali kan stnk-ny paling lum keluar hehehe, sempet liat sekali waktu lwt dealer H, tpi yg test kayaknya teknisinya H cow…emang cupu kalo cow yg bawa 😀

    Guest
  54. Wah komen gw kok gak nampil2 Apa komen gw mengandung unsur SARA?? atao memfitnah pabrikan atao menjelek-jelekan pabrikan lain???

    Guest
  55. Weekend di blitar ketemu scoopy pink ama hitam 3x.Waktu beli pecel bu bari mlh ketemu 2scupy lg dikirim.Klo di gresik dah lht xeon dan scupy plat L.
    Imo,striping xeon g ymh bnget

    Guest
  56. @kang opik

    artikel spyshoot apa kang ??
    gl 150 kah ??
    masih kurang puas nih kang mungkin kalo udh tau kapan brojolnya baru puas kang . .

    hheheheheh . . 😀

    Guest
  57. Percuma dong ngunjungin dan baca blognya om taufik kalo komen2 dari tadi gak nampil2

    Kan kita para komentator berhak menyalurkan aspirasi dan pendapat sebagai sesama pengguna internet yang sehat
    Tapi dari tadi komen gw gak nyinggung atao ngefitnah pabrikan ,suku atau ras dan agama kok gak dikeluarin

    Guest
  58. @thole
    pembelian di prj kata petinggi honda memang di prioritaskan.
    makanya gak heran hampir 50%nya dari kapasitas produksi hanya untuk memenuhi lonjakan permintaan di prj.
    makanya waktu gue nanya salesnya scoopy kudu indent 3 bulanan karena kesedot ke prj semua.
    yg tinggal di sekitar cibonong monggo dikonfrontir bener gak omongan gw.

    Guest
  59. @andikaQren
    komen yang nyangkut karena emang belom sempet di liat dashboardnya

    mohon maklum bro, soale Ngeblog Bukan kerjaan Utama
    jadi yaaa.. githu deh
    mohon maklum dan mohon minta sedikit aja empatinya

    Administrator
  60. mudah2an dengan lakunya motor ini, tidak menambah daftar orang tewas karna kecelakaan sepeda motor…. (maaf),

    metik, mudah dikendarai

    Guest
  61. @90 singo edan
    Sampéan indén ndik ndi?
    MPM, Chandra, Mason, Kartika,
    Tiara, MKP, opo dealer endi???

    Ayo tukar info kalo sampéan butuh…
    🙂

    Guest
  62. 126. martini – Juli 13, 2010

    @ thole………udah le kalo mo retro pake tuh body vespa trus cantolin mesin mio ke situ…hahaha……
    ============================
    Cocok, thole kan gak suka plastik.

    Guest
  63. Ayoooo… ayooooo… bekerja giat lagiiiii…. hahahahahahaaaa… seneng liat tingkah polah para “pekerja keras” ini… :mrgreen:

    @thole
    Fina fino fina fino… Ngemis dulu noh ama pak Dyon… kata dia gak bakal maen, karna trend-nya udah lewat… 😛

    “Trend gak harus selalu diikuti… tapi bisa juga DICIPTAKAN.”

    Ayooooooooo… ayooooooooo…. speak louder!!… work harder!!… wkwkwkwkwkwkkkkkkkkkkkk…. 😉

    SNiff… sniff…

    Guest
  64. Keren..keren…go Honda go Honda go….Selamat y penjualannya naek terus, emang sih ga da apa2 bwt gwa, tp gwa fanatik Honda…seru z liat pertempuran ni

    Guest
  65. @142. Dani R:
    Iku daerah ndi bro? alun2 tah? koyok pernah ngerti aku (mbiyen 3 tahun nang malang daerah mBhetek) :mrgreen:

    Guest
  66. @133 Mario
    Gak tau erohhh???
    Lha ancén bendino nglumpuk ndik
    njero gedung (kantor) gak tau mubeng²
    pas jam 7 isuk sampé jam 5 soré…
    Katéeroh yok opo? Moléh² wis soré
    kesel, gak kuat mbales sms, opo manéh
    ndelok Scoopy? Wis kesel pol…

    Pancet ndekem ndik Basuki Rahmat to??
    😀

    Guest
  67. @guspur:

    emang ymki kayanya banyak alesan,..
    nanti bentar lagi dia ngeluarin fino

    alesannya si slank minta di produksi masal
    wakakaka,..

    so pathetic.

    Guest
  68. @151 Cak Poer
    Iyo bro…brarti sampéan masih kuat
    ingatannya. Iku etan alun² bunder aka
    Alun² Tugu. Jadi timur Balai Kota karo
    Gedung DPRD. Mbéthék gang piro?
    Opo kuliah opo kerjo ndik Malang??

    xixixi

    Guest
  69. @155. Dani R:
    Yo’i bro kuliah neng kampus sing saiki pindah nang Soekarno-Hatta, waduh rodho lali aku gang piro, pokoke daerah sing akeh pengrajin keramik-e, lha sampeyan malang-e ndi (walah tiba’e yo podho plat N juga tho) :mrgreen:

    Guest
  70. wah bingung, mau bilang apa, mau ngasih selamat ama WSP nggak enak ama jaos, MD, yahon dll, kalau nggak ngasih ucapan selamat dikira nggak sportif

    Guest
  71. aku suka scoopyyy… bentuknya lucuu.. genduttt, imut2, kaya pokemon. girly banget.. + bentuknya ngingetin kaya piaraan di rumah. wakakakak

    Guest
  72. ada berita duka….
    kembali menambah korban meninggal karna adu kebut (kecepatan).
    sabtu mlm kmaren. VEGA ZR vs JUPITER Z dr arah berlawanan dengan kecepatan tinggi.

    salah satu nyungsep ke aspal dan meninggal di RS. satunya aku kgk tau.. ngeri bangt

    buat semuanya, hati-hati di jalan ya, jok kebut2an. klo mau ngbut di sirkuit aja ya…

    peace, love, and gaul…

    Guest
  73. @162 Cak Poer
    Kampus sing pindah Sukarno Hatta???
    Opo yo? Sak erohku POLINEMA iku tetep
    ndik asli u bbrp jurusan. Lha sing anyar
    ancén ndik Sukarno Hatta. Tambah sip
    lék ngono…
    Aq ndik Singosari saiki mulai tahun 1990.
    Sak durungé yo ndik Blimbing…

    Sampéan sak iki ndik ndi???

    Guest
  74. beberapa waktu yang lalu inyong ketemu scoopy putih di lampu merah…
    waah..bodynya plastik banget 😀
    trus..tengak-tengok samping kana kiri koq ga ada yang nglirik si sccopy ia..?? :mrgreen:
    apa mungkin dikiranya motor vespa 😆

    naaah…kemaren sore pas pulang..ketemu xeon dilampu merah juga…
    tengak-tengok lagi…ternyata pengendara lain pada ngliatin juga gan :mrgreen:

    ada apa ini..??

    *takbermaksudmembakarhanyainginmenyulutapi :mrgreen:

    Guest
  75. kemungkinan untuk jangka panjang penjualannya akan menyerupai Beat dan Vario, kalau masalah bentuk sama saja mau retro atau bukan, tapi pastinya bila konsumen sudah banyak mendengar review maka angka penjualan akan berbeda, bisa naik atau bisa malah turun.
    http://ceritanovel.wordpress.com/

    Guest
  76. @ dani & nhd….

    basrah…omah ketintang..lah aku muter2 yo malam toh…sekalian wisata bengi..nek awan kan ngantor….wkwkwk…tpi suer takewer-kewer ra tau ketok nang dalan gede….darmo dan sekitarnya brngkat ker trus muleh ra tau ketok eh…iki kantor nyang basrah sebelahan kaca da langsung bisa lihat TP dan jalanan basrah ra tau ketok blas…..xeon malah mek sekali ketok wkwkwk

    Guest
  77. sinyal positif emang…. di semarang dah pada nongol scoopy na .. kl di daerah xeon dah pd pd ngebut larinya 😀

    Guest
  78. Yang jadi misteri selanutnya adalah Jika Scoopy ‘sukses’ akan kah Pabrikan lain akan mengikuti?
    ===
    mungkin ini akan tetap misteri kayaknya, itu opini saya lho sebagai konsumen biasa.

    Guest
  79. Penjualan di awal-awal bisa jadi banyak ‘terkontaminasi’ aspek emosional pada diri konsumen, ….
    ===
    biasanya kontaminasi yg terjadi di penjualan awal2 itu produk siapa ya?
    saya krg mengerti soal ini…he he he

    Guest
  80. seputaran komplek dah ada yg punya scoopy,, msh pake puter2 aja tuh,, belom ada plat nya..

    kalo xeon, dan mabur kemana2, dah pake plat, tp jalannya pada nyantai gak kenceng2 kayak iklannya…

    Guest
  81. @Jaos#183
    sampeyan copasnya setengah2 . . .kan udah kutulis dengan jelas :

    Penjualan di awal-awal bisa jadi banyak ‘terkontaminasi’ aspek emosional pada diri konsumen, hal ini berlaku bagi setiap produk, bukan hanya Scoopy saja, juga Xeon dan motor-motor baru lainnya.

    adil tho? . . . dua duanya disebut xixixixiixxi :mrgreen:

    tapi tetep pendapat yang kutulis tidak lebih dari pendapat pribadi alias IMHO 🙂

    Administrator
  82. @taufik
    aduh….disengaja-la itu setengah2…he he he….
    yah, itu pendapat pribadi taufik soal kontaminasi, tapi saya jg setuju soal itu krn itu jg pendapat saya lho…makanya saya copas (walau setengah) sambil kasih lanjutan ‘biasanya kontaminasi yg terjadi di penjualan awal2 itu produk siapa ya?saya krg mengerti soal ini’….

    he he he…sip

    Guest
  83. sinyal positif tuk scoopy…
    sinyal negatif tuk matik honda lainnya…
    bayangkan aja:
    scoopy bisa laku 4361
    tapi…..
    secara keseluruhan, seri motor skutik Honda (Beat, Vario, Scoopy, dan PCX) terjual sebanyak 6.591 unit.
    berarti….
    Beat+Vario+PCX=2230 unit
    berarti scoopy makan market skutik honda lainnya.
    Emang secara keseluruhan skutik honda lakunya kebih banyak tapi tidak akan terlalu banyak karena sebagian penjualannya ada yang turun.
    Jadi AHM juga harus lebih pintar pintar lagi supaya Scoopy laris tapi yang lain jangan turun.
    bayangkan total penjualan (8264) – scoopy (4361)=3903 unit (tanpa scoopy penjualan masih kalah dari 2009 yg mencapai 4200 unit) itu berarti target 6000 unit tidak terpenuhi tanpa scoopy.
    Ini kalo menurut analisa gue, silahkan kalo analisa yang lain gimana…

    Guest
  84. Mario
    Saya , sabtu, 3 juli mulai bunderan waru sampek puteran lor IAIN ketemu papat.Sing siji isik nang grobak. Opo kebetulan saj ya? Soale omahku sik kulone Sby.

    Guest
  85. @ 170. Dani Ramadian:
    Aku saiki neng Banyumas-Jateng, rabi oleh wong kono xixixi + penggawean yo neng kono juga. Tapi lek asli ku wong Plat N …. Z/W/Y hayo lek sampeyan wong Plat N mesthi ngerti xixixixi

    * sorry ya bro baru OL lagi, jd lama ngresponnya

    Guest
  86. sales2 hnd harus semakin bersemangat …ayo…tunjukkan taringmu….(eh bener gak ya?)…..ayo tunjukkan gigimu ayo….he heh e…mumpung sinyal lagi positif….he hehe

    Guest
  87. eeeeh…gw lumayan bingung deh..kalo cabe bakal melonjak …pdhal bulan puasa belom tiba…..gmn yah…..

    Guest
  88. @189 mas Taufik
    Sabar ya Mas?… plintir kanan, plintir kiri… xixixixixiiiiii… 😀

    Sniff… sniff…

    Guest
  89. jakarta kok kalah ma ungaran…..aq wis dwe scoopy 2 minggu yg ll…malahan jok dahg tak ganti kulit….

    Guest
  90. jujur dech….secara klo di liat secara fisik

    material kualitas gak seberapa bagus..

    mungkin karena penampilannya ya…

    Guest
  91. komentator boleh berkata apa aja,..
    namun data ngga akan bohong,..

    terbukti bahwa animo masyarakat terhadap scoopy.
    menunjukan hasil yang memberikan signal positif (niru bro opik)

    apakah kompetitor akan narik kata2nya dengan meluncurkan trend retro juga.?

    gerah juga kue nya kemakan sama strategi blue ocean hehe.

    trend itu di ciptakan, bukan di ikuti.

    Guest
  92. scoopy bakalan jadi trendsetter nieh .
    good job bwt ahm .
    biarin aja yg lain pada caci maki .
    toh ntar jg ada yg nyamain .hehehehe
    secara gw jg punya scoopy nih .
    love at the first sight .hehehehem :p

    Guest
  93. @thole:

    tetangga apa ngga,..
    yah kita lihat reaksi kompetitor yang kebakaran jenggot nanti
    lalu mulai ngeluarin model serupa.

    gampang kan,..

    Guest
  94. @thole:

    bagus sich untuk konsumen jadi banyak pilihan
    yah semoga konsumen di untungkan.

    namun untuk pelajaran juga agar “petinggi” ga semabarangan bicara
    bahwa trend retro sudah ketinggalan
    dan ngga akan mau ngikutin.

    namun akhirnya,….
    time will tell laghhhhh

    Guest
  95. @asin
    Ra iso menggok nabrak tembok bathuke… kekekekekkkkk… 😀
    Bathuke Semakin di Depan lak’an??… 😛

    @thole
    Halah, “Punk Borok” lu… ngaku anak punk (rambut doang) tapi fans berat Peterpan ama Ungu…. :mrgreen:

    Neverprets,

    Sniff… sniff…

    Guest
  96. Kalau fino, memang keliatan modelnya sudah lewas. Kayak produk china SANEX (SATURN). Jaman ramainya mochin. Jadi benar juga kata Petinggi YMKI, masa retro udah lewat. Tetapi kalau scoopy kan ada unsur modernnya, jadi yang sinyalnya positif, sinyalnya kuat bisa diterma di penjuru INA.

    Guest
  97. @thole:

    hehe bener banget bro,..
    cuma jangan keseringan khilaf yah
    dan bisa dijadikan pelajaran,..
    kan orang dinilai dari omongannya bro,.. CMIIW

    Guest
  98. @jaos:

    wah ngga mau ngelantur ahhh
    udah ngga jaman saya,..

    kalau jenengan mau monggo.

    kalau saya sich berusaha se-netral mungkin
    dan mengambil hikmah dari semua berita yang ada.

    walau kadang ter-provokasi juga hehe

    Guest
  99. @215 + 217
    ada apa ini ngomongin saya? tanya aja langsung, kan beres…..(tapi gak dijamin dijawab ya he he he) ….

    Guest
  100. @ a-seen

    umur banyakan Saos tapi wajah masih muda lo soalnya komen suka pakai ka la di belakangnya kayak abg 🙂 🙂 🙂 🙂 🙂

    Guest
  101. klo keluar sih rasanya g mungkin fino keluar secara masal, mungkin hnya limited edition bwt pendamping mio…..

    Guest
  102. 235 Ali
    Baru bangun bro, trus komen. Maksud modern itu secara penampilan.
    lampu depan-belakng, speedometer, dll. Scoopy tidak memakai kobsep retro yang sesungguhnya. Ini yang aku maksud. Kalau asalnya sih bukan dari hongkong. Tapi dari Thailand. hehehehe………………

    Guest
  103. @230 nhd
    body scoopy itu bedanya apa sama fino? kan itu sama2 jadul…
    ah sodara mesti belajar dulu sama saya apa itu jadul.

    Guest
  104. Padahal bnyk yg berdialek suroboyoan,,tp koq g pernah ada liputan kopdar nang cak mis yo??
    Mbayangin judule “mbok enom+dengkule cino ditengah kopdar Sby c*k”
    wekekek..
    *no SARA,itu memang benar2 nama menu di cak mis

    Guest
  105. perasaan dijudul ga ada kompare sama xeon tapi malah dibanding2in… xeon tuh sebenarnya cocoknya dicompare sama vario, walau dari kubikasi udah beda hampir 15cc pasti fby akan bangga dengan performanya yang bisa ngalahin vario.. giliran dicompare sama pcx yang secara kubikasi sama2 125 cc pasti fby akan mengelak dengan alasan pcx premium class… wekkkk… sama aja kaya mx yang perorma diatas suprax, giliran kalah sama cs1 alesnnya overstroke overbore overdomeh…

    Guest
  106. hehe, lucu banyak fby yang mengidam2kan fino di indonesia… udah jelas bos lu aja bilang desain retro udah 3 taon yang lalu… kalo emang ternyata fino ditelorin juga diindonesia gak malu apa dah makan omongan sendiri…

    Guest
  107. @242 pur
    silahkan berdalih-la….saya sih komen aja…

    @241 ashley
    wah, gak mau ah…saya mau yg tetap standar aja…he he he…

    Guest
  108. @235 nha
    wah…tahu dari mana lu eh salah…… tahu darimana sodara ini……? he he he…dari tulisan aja?

    Guest
  109. @Jaos
    buat jawa aseli Sampean
    buat mertuaku yang batak Kau cukup sopan
    buat tetangga baikku yang betawi tulen lo paling bersahabat
    buat soheb turunan arab ente paling akrab
    buat pak guru kamu paling sesuai juklak dari diknas

    hahahahhha
    soktau .com

    Guest
  110. @aseen
    enakkan pake ‘kau’ ya….tapi masih gak sreg kalo di sini…
    turing sih gak pernah …coba kau tulis dulu-la di blogmu soal turing sendirian…he hehe

    Guest
  111. @jaos
    takada yang lebih akrab selain kau bagi orang batak macem bini aku itu
    lah ini udah, monggo silakan diliat, tapi baru tahap satu
    @nhd
    gara gara protes.com

    Guest
  112. Tapi, bagus, lah…Lo kok melu Batak.
    Tidak ada niat merendahkan pribadi, apapun panggilannya. Bahkan kalau Surabaya, ada yang manggil : Cuk!

    Guest
  113. Lapor om
    Saya ketemu scoopy udah 2 kali semuanya warna hitam, pertama di jalan Kerta Jaya surabaya, kedua di jalan Darma Husada Surabaya

    Kalo xeon, 3 kali, pertama di depan ITC Mega Grosir surabaya, di lampu merah (lupa lokasinya) di jalanan (lupa juga lokasinya) 😀

    tapi kalo liat Scoopy dari belakang, alamak, bohay banget, jadi nafsu liatnya, mantaf abisss, lebih sexy dari Matic yang lainnya, tapi kalo pegangan belakangnya di modif lagi pasti lebih sexy :crot:

    Guest
  114. Barusan liat di dealer, yang warna pink lagi dibungkus

    Imut kesannya…yah cocok but remaja, kalo ane nunggu megipret baru aje

    Guest
  115. 240. jaos – Juli 13, 2010

    @230 nhd
    body scoopy itu bedanya apa sama fino? kan itu sama2 jadul…
    ah sodara mesti belajar dulu sama saya apa itu jadul.
    ==========
    pakarnya jadul y mas … ????

    Guest
  116. buset…di ampera pademangan dan gunung sahari…enci encinya banyak pake scoopy..buat antar anak sekolah padahal platnya banyak yang belon jadi…gw sendiri heran kenapa kaum hawa dari chinese people lebih suka sama produk scoopy…boleh di cek gan….

    Guest
  117. payah ah banyak yang pesen tapi ga ready stock.inden lagi inden lagi ampe berbulan2.kasian konsumennya bung

    Guest
  118. Ho’oh, bung Dimas bener bgt…
    gw aja pesen dari bulan juli kaga turun2 sampe sekarang,
    malahan kemaren dapet kabar klo indentnya malah tambah parah..
    masa pas gw ngambil ktanya indentnya paling lama cuma 1setengah sampe 2bulan,eh ditengah jalan dapet kabar, klo indentnya jadi 3-4 bulan..padahal udh 1stgh bulan berjalan….
    e.e.q…T_T’

    Guest
  119. HONDA mengerti kebutuhan konsumen, maka diproduksi lah skuter matic bergaya retro.. laku keras pula.. webaaat…!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here