Membaca Bebberapa Media Online Yang memberitakan Penutupan beberapa Unit Plant Nya di jepang . ..  Kupiki koq aneh baru Santer sekarang . . . soalenya bagi saya berita ini sudah di dengar semenjak Bulan februari 2010 yang lalu, Bahkan dalam proses sampai bulan Juli ini beberapa ratus karyawan yamaha sudah di ‘Transfer Ke ‘ Pabrik  Mobil Toyota dan Nissan . . . Yang seharusnya kita lihat dan ambil lesson learn dari berita ini adalah bagaimana caranya Yamaha untuk berfikir Strategic . . . Kalo ini pabrik dipertahankan maka yang pasti akan terus merongrong Yamaha secara keseluruhan . . . dan ini tentu tidak sehat.

Dengan Menutup beberapa Lokal Plant Di jepang, Yamaha dapat lebih Fokus untuk berkreasi di Negara-negara yang memang lebih pasarnya masih jauh lebih potensial dibanding pasar Jepang . ..  salah satu contohnya adalah daerah Asia tenggara yang terus berkembang.  Yamaha dapat meneruskan risetnya mengenai konsumen dengan lebih independen di Indonesia, sampai sampai bisa jadi nanti dapat bermuara kepada keputusan motor dengan kubikasi lebih dari 250 atau boleh dibilang Moge.  Kalo untuk sekarang . . ya nggak usah ngomong Moge dulu . . . Imho, Kualitas motor  250 cc ke bawah aja dimaksimalin . . . Buat Motor 250 cc multi silinder  DOHC asli di indonesia, jual dengan harga dibawah Ninja 250R kalau perlu hanya di Kisaran tiga puluh jutaan . . .bakalan rame ceritanya !!  Semua ini akan berproses dengan berjalannya waktu . .. kita tinggal tunggu saja . . .  semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

92 COMMENTS

  1. Kalo di mari motor dipake alat transportasi…jadi pasti rame ….kalo moge biasanya buat hobi…bayangin kalo petugas PLN, Pak Pos, Delivery Order, anak sekolah, Bapak Guru. tukang sayur, tukang siomay, tukang roti….dll semua pada pake moge…waduh kebayang ribetnya ….. makanya pade pindah aje kemari…buat motor2 kecil….

    Guest
  2. Cuma turut prihatin lihat kondisi yamaha global yg terus menerus merugi…
    moga aja ymki sbg satu2nya harapan yamaha global bisa bersikap lebih hati2 lagi…
    gak usahlah selalu bermain api, bikin iklan yg lebih elegan sedikit…
    jgn sampai sang raksasa bener2 marah dan melumat abizz!
    klu itu sampai terjadi, hmmm…

    Guest
  3. paragraf terakhir di tulisan kang opik harusnya touching ymki heart…

    250cc… kalo bisa harga dibawah 30jt…

    *sent from my heart…

    Guest
  4. @Hampura
    nah itu dia .. .yang bro jelaskan adlaah bentuk potensinya
    kalo udah menyangkut urusan perut . . . dipastikan lakuuu
    kalo buat keperluan hobi .. . ya sepanjang sejarah sih . . .belom pernah ada yang jumlah penjualannya menyamai jumlah total motor kecil
    paleng manteb sih kao tetap ada motor kecil dan ada juga motor gede . . . jadi konsumen tinggal pilih sesuai kemampuan dan peruntukan 🙂

    @Husni
    husss aku nggak bilang dibawah he he he he

    @au_ah
    kupiki (imho) r Yamaha Jepang cukup menempatkan segala effortnya di Market Indonesia akhir-akhir ini . .. karena boleh dilbilang . .. lumbung padinya emang di negeri Nusantara seribu pulau ini

    Administrator
  5. Itu cuma di jepang? Gimana di Amerika atau Eropa?..
    Tadi jalan-jalan di yamaha motor brasil, produk dibawah 200cc kesannya biasa, ada nouvo, vega zr dan sport 125cc . Yang keren cuma XJ6F dan XJ6N stylenya sama dengan kawak Er6F dan Er6N, Knalpot kolong, footstep dan gaya street fighter.

    Guest
  6. Klo ngelihat kondisi yamaha global sekarang yg cukup memprihatinkan dan hanya ymki sbg satu2nya yg masih tumbuh positif, apa gak lebih baik klo segera menjadikan indonesia sbg basis R&D sekaligus basis produksi?!
    toh tenaga kerja disini jauh lebih murah kok daripada di jepang…

    Guest
  7. moga-moga bisa investasi di indonesia,sapa tau Harga R6 bisa di bawah 150 juta klo di produksi disini…..mimpi punya moge bisa terealisasi,tdk main modif doang…..

    Guest
  8. Untuk urusan daya beli ane yakin orang Indonesia banyak yg mampu beli jika moge diproduksi n dijual bebas disini (dengan didukung penurunan tarif PPnBM),akan tetapi dengan kondisi jalan yang supermacet trus penuh lubang-lubang kayak gitu apa gak malah berbahaya buat si pengendara moge maupun pengendara di sekitarnya jika moge makin banyak berkeliaran?? bermanuver di antara kemacetan n lubang-lubang jalan tentu gak seleluasa motor ber-cc lebih kecil.
    SO menurut ane, kalaupun Indonesia dijadikan basis RnD motor, mending difokuskan ke motor ber-cc kecil-medium (max 400cc). Kalo moge (600cc ke atas), cukuplah dijadiin basis produksi aja untuk diekspor ke luar negeri

    Guest
  9. Untuk urusan daya beli ane yakin orang Indonesia banyak yg mampu beli jika moge diproduksi n dijual bebas disini (dengan didukung penurunan tarif PPnBM),akan tetapi dengan kondisi jalan yang supermacet trus penuh lubang-lubang kayak gitu apa gak malah berbahaya buat si pengendara moge maupun pengendara di sekitarnya jika moge makin banyak bersliweran?? bermanuver di antara kemacetan n lubang-lubang jalan tentu gak seleluasa motor ber-cc lebih kecil.
    SO menurut ane, kalaupun Indonesia dijadikan basis RnD motor, mending difokuskan ke motor ber-cc kecil. Kalo moge, cukuplah dijadiin basis produksi aja untuk diekspor ke luar negeri

    Guest
  10. Boleh saja kita berharap apa saja. Tapi kalu berharap moge berseliweran di jalan ya nati dululah. Akan dicabut subsidi BBMnya saja udah pada ribut, mau nunggang Moge. Malu ah.
    Tutup pabrik, bukan berarti bangkrut. Tapi tanda-tanda menuju…..

    Guest
  11. Memang sangat kontradiktif,kondisi honda dan yamaha jepang.
    Yang satu mem-PHK karyawan hingga ratusan, bahkan ribu. Semantara honda malah bisa memberi potongan harga dan tetap mempertahankan karyawan. Secara sederhana bisa kita pahami bagaimana perbandingan kondisi kesehatan kedua perusahaan itu.

    Guest
  12. ane pikir karena Y jepun telat melakukan effisiensi cost.sedangkan H jepun udah duluan melakukan effisiensi cost salah satunya yg keliatan yaitu brenti dari F-1 dan brentiin ratusan karyawan yg terkait team F-1 nya diawal 2008…CMIIW

    Guest
  13. mgkin 10 th lg indonesia bakal jd rnd yamaha, era moge dimulai saat itu tp gw udh mulai tuwir dunk, udh g pantes lg naik motor sport..hik..hik..knp g skrng aj produksi motor 300-600cc dijual murah..

    Guest
  14. Hond* memang hebat.
    Penjualan No.1
    Banyak uangnya
    Konsumen loyalnya banyak, trmasuk diblog jg bnyk komen yg fanatik n bela Hond* bila dibandingkn dgn Yamah* bs trhitung jmlhnya.
    Tp knpa Hond* khawatir dgn Yamah* ?
    Apa krn Yamah* slalu mnempel ketatkah?
    Wajar aja, Hond* khawatir thdp Yamah*, krn Hond* trbiasa mnjadi No.1, masa sih mau dilewatin Yamah* yg modalnya kurang bila dibandingkn Hond*
    Trz, bnyk jg yg senang Yamah* bangkrut atau tinggal nama.
    Siapa lg kalo bkn kompetitornya yg khawatir.
    Tp konsumen sprti aku maunya Hond* punya kompetitor yg kuat, slama ini di INA cuma Yamah* !
    Lah kalo ga ada kompetitor yg kuat atau plng tidak penyeimbang, apa jadinya?
    Bisa2 ky dulu lg, AHM-ATPM Hond* sprti tutup mata dan telinga trhdp kemauan konsumen loyalnya.
    Bruntung ada YMKI-ATPM Yamah* yg menyeimbanginya. Jadi produk2 AHM-Hond* skrg jauh lbh bagus dari yg kmrn.
    Bisa kita lht bgmana AHM skrg beda dgn kmrn.
    Skrg produknya bisa menuruti selera konsumennya.
    Yamah* pun hrs bangkit lagi, setidaknya biar modal ngepas tp bisa jd penyeimbang bg Hond* di INA.
    (Opini pribadi)

    Guest
  15. Hond* memang hebat.
    Penjualan No.1
    Banyak uangnya
    Konsumen loyalnya banyak, trmasuk diblog jg bnyk komen yg fanatik n bela Hond* bila dibandingkn dgn Yamah* bs trhitung jmlhnya.
    Tp knpa Hond* khawatir dgn Yamah* ?
    Apa krn Yamah* slalu mnempel ketatkah?
    Wajar aja, Hond* khawatir thdp Yamah*, krn Hond* trbiasa mnjadi No.1, masa sih mau dilewatin Yamah* yg modalnya kurang bila dibandingkn Hond*
    Trz, bnyk jg yg senang Yamah* bangkrut atau tinggal nama.
    Siapa lg kalo bkn kompetitornya yg khawatir.
    Tp konsumen sprti aku maunya Hond* punya kompetitor yg kuat, slama ini di INA cuma Yamah* !
    Lah kalo ga ada kompetitor yg kuat atau plng tidak penyeimbang, apa jadinya?
    Bisa2 ky dulu lg, AHM-ATPM Hond* sprti tutup mata dan telinga trhdp kemauan konsumen loyalnya.
    Bruntung ada YMKI-ATPM Yamah* yg menyeimbanginya. Jadi produk2 AHM-Hond* skrg jauh lbh bagus dari yg kmrn.
    Bisa kita lht bgmana AHM skrg beda dgn kmrn.
    Skrg produknya bisa menuruti selera konsumennya.
    Yamah* pun hrs bangkit lagi, setidaknya biar modal ngepas tp bisa jd penyeimbang bg Hond* di INA.
    (Opini pribadi.)

    Guest
  16. kalau saya ngarep pabriknya juga pindah ke indonesia bikin produk global di sini ben rakyatnya makmur harga moge turun ..
    bisa jadi balapan ngga kelas bebek doang

    moga moga kedengeran yamaha global

    Guest
  17. H memang hebat.
    Penjualan No.1
    Banyak uangnya
    Konsumen loyalnya banyak, trmasuk diblog jg bnyk komen yg fanatik n bela H bila dibandingkn dgn Y bs trhitung jmlhnya.
    Tp knpa H khawatir dgn Y ?
    Apa krn Y slalu mnempel ketatkah?
    Wajar aja, H khawatir thdp Y, krn H trbiasa mnjadi No.1, masa sih mau dilewatin Y yg modalnya kurang bila dibandingkn H
    Trz, bnyk jg yg senang Y bangkrut atau tinggal nama.
    Siapa lg kalo bkn kompetitornya yg khawatir.
    Tp konsumen sprti aku maunya H punya kompetitor yg kuat, slama ini di INA cuma Y !
    Lah kalo ga ada kompetitor yg kuat atau plng tidak penyeimbang, apa jadinya?
    Bisa2 ky dulu lg, AH*-ATPM H sprti tutup mata dan telinga trhdp kemauan konsumen loyalnya.
    Bruntung ada YMK*-ATPM Y yg menyeimbanginya. Jadi produk2 AH*-H skrg jauh lbh bagus dari yg kmrn.
    Bisa kita lht bgmana AH* skrg beda dgn kmrn.
    Skrg produknya bisa menuruti selera konsumennya.
    Y pun hrs bangkit lagi, setidaknya biar modal ngepas tp bisa jd penyeimbang bg H di INA.
    (Opini pribadi.)
    Maaf nulis pnjang lebar.
    Mdh2n ga nyangkut lg.

    Guest
  18. @10
    wakz..!! dedengkot milizzz pake ikutan rebut podium disini… Wakkawakkakkakkz… turun martabat bozz..!! 🙂 hehehe j/k aja…

    Guest
  19. Sekilas info

    Sabtu, 17 /07 / 2010 20 :32 WIB
    Kualifikasi MotoGP Jerman Lorenzo Pole , Rossi Kelima Arya Perdhana – detiksport Sachsenring – Valentino Rossi memetik hasil yang tidak mengecewakan di kualifikasi GP Jerman dengan merebut posisi lima. Sedangkan posisi terdepan jadi milik Jorge Lorenzo. Melakoni kualifikasi di Sirkuit Sachsenring, Sabtu ( 17 /7 /2010) , Rossi mencatat waktu terbaik 1 menit 22 ,395 detik. Catatan ini berselisih 0 ,5 detik lebih dibanding torehan Lorenzo. Hasil ini cukup bagus buat Rossi mengingat ini adalah kali pertama ia turun ke lintasan dalam sebuah GP usai cedera patah kaki setelah jatuh dari motor di latihan MotoGP Italia enam pekan lalu. Pada kesempatan yang sama Lorenzo mencetak waktu terbaik 1 menit 21 ,817 detik. Dengan membukukan waktu tersebut, Lorenzo akan start dari posisi terdepan saat lomba, Minggu (18 /7). Pembalap Ducati Casey Stoner akan start kedua dengan catatan waktu 1 menit 21 ,841 detik. Di belakangnya, ada Dani Pedrosa (Honda) yang membukukan waktu terbaik 1 menit 21 ,948 detik. Melengkapi posisi start di dua baris terdepan adalah Andrea Dovizioso (Honda) yang duduk di posisi keempat serta Hector Barbera yang memperkuat Ducati Aspar di posisi keenam.

    Guest
  20. @44 @gee :
    Setuju gan, pemikiran awamku pun demikian.
    Hnd sdh lama melakukan effisiensinya, sprti mundur dari balap F1 yg menguras uang bnyk.
    Stdknya skrg Ymh pun demikian dgn menutup bbrpa pabriknya diJepang.
    Trz gaji Valentino Rossi diYmh brpa ya?
    Sejak thn 2004 s/d skrg brapa pngeluarn Ymh utk Rossi seorang.
    Bs jd thn dpn Ymh melepasnya, dismping krn sdh tua dan mahal. Dan ada gantinya pembalap2 muda brbakat yg gajinya lbh bisa ditekan.
    Memang Ymh tdk sndri byr Rossi, ada Fiat, Petronas dan sponsor2 pendukung, trmasul YMKI yg menyokongnya.
    Nah kalo Rossi keDucati siapa yg byr? Ducati tdk akan sanggup byr sndri, msh ada Marlborro yg kaya atau plng tdk Pemerintah Italia sana yg mendukung Ducati n Rossi jd klop.

    Guest
  21. Sebenarnya gini lho, bahasa sederhananya…
    Dengan kapasitas produksi yang ada, Yamaha menciptakan supply,
    But, supply doesn’t creates its own demand…
    Produksi kalo nggak ada yang beli, gimana?
    Berarti jualannya kurang laku, dan kalaupun laku tidak menutupi ongkos produksi…
    Biaya lebih tinggi dari pendapatan, besar pasak daripada tiang…
    Yo uwis, pabrike ditutup, lha wong kurang laku…

    Tapi pabrik ditutup bukan berarti bangkrut, mungkin mendekati bangkrut, hampir bangkrut, atau sakarotul maut…

    Guest
  22. @44 @gee :
    Setuju gan, pemikiran awamku pun demikian.
    Hnd sdh lama melakukan effisiensinya, sprti mundur dari balap F1 yg menguras uang bnyk.
    Stdknya skrg Ymh pun demikian dgn menutup bbrpa pabriknya diJepang.
    Trz gaji Valentino Rossi diYmh brpa ya?
    Sejak thn 2004 s/d skrg brapa pngeluarn Ymh utk Rossi seorang.
    Bs jd thn dpn Ymh melepasnya, dismping krn sdh tua dan mahal. Dan ada gantinya pembalap2 muda brbakat yg gajinya lbh bisa ditekan.
    Memang Ymh tdk sndri byr Rossi, ada Fiat, Petronas dan sponsor2 pendukung, trmasul YMKI yg menyokongnya.
    Nah kalo Rossi keDucati siapa yg byr? Ducati tdk akan sanggup byr sndri, msh ada Marlborro yg kaya atau plng tdk Pemerintah Italia sana yg mendukung Ducati n Rossi jd klop..

    Guest
  23. kayax klo buat pindahin R&D yamaha ke Indonesia berat deh. kecuali pemerintah RI mau buka pintu birokrasi (gak mempersulit), lha jangan2 blom apa2 sdh pada nanya berani ngasih “upeti” brp? pasti itu yg di tanya duluan..

    Guest
  24. Kan kalau diskusi kaya begini enak dibacanya.
    Jangan ada lagi yang mulai bakar-bakaran dech.
    Awalnya saling menjelekkan antar H & Y lama-lama ntr jadi OOT lagi….
    Jangan mulai jelek-jelekkan lagi ya, Juragan-juragan anu kasep, bageur….

    Guest
  25. ngebayangin gimana gaya abg srunthulan pake r6 di kalimalang,bila yamaha mau jual murah mogenya dimarih..
    250cc under 30jt?satu2nya harapan ymh hanyalah skorpiro..tapi kalo dibuat dohc kok costnya semakin mbengkak ya sepertinya..solusinya pasti fiturnya disederhanakan..seperti xj6 itu..

    Guest
  26. @Kang Taufik.
    Usul ke Kang Taufik anu kasep.
    Gmna kalau ada comment’ yg mulai menjelek’kan merek tertentu, langsung didelete saja Kang….!
    Dari situ awal gontok”an sprti yg sdh”

    Guest
  27. @Kang Taufik.
    Usul ke Kang Taufik anu kasep.
    Gmna kalau ada comment’ yg mulai menjelek’kan merek tertentu, langsung didelete saja Kang…..!
    Dari situ awal gontok”an sprti yg sdh” ok.

    Guest
  28. @juragan bebek, siiippp, Indonesia bakal jadi target lahan investasi untuk pabrikan Jepang yang tutup. Sekalian ajah pabrikan di Eropah pindahin di mari.

    @rifslak, busetttt…..mau dunk bro…R6 nya..di komplimenin buat aye 🙂 🙂 🙂

    Guest
  29. Maap oot, ada komen h0nda mundur dari f1, nanya nih antara h0nda mobil (logo letter H) dan h0nda motor (single wing) apakah sama? Setahuku yang satu atap tapi punya produk mobil dan motor adalah suzuki, bmw dan peugeot. -cmiww-

    Guest
  30. ➡ mungkin ini langkah bisaa bagi corporate sebesar Yamaha… tapiiiii kayaknya berdampak sistemik deh…. [opooooo ikiiiiii]… absen malem… :mrgreen:

    Guest
  31. Monitoring
    Sebetulnya kalau diskusinya lebih mengedepankan logika, itu memang bagus. Tapi namanya manusia, punya rasa dan punya hati. Kadang ada kata yang bagi sebagian orang biasa saja tapi bagi yang lain sudah termasuk menyakitkan. Akhirnya ya, terpancinguntuk membalas.
    Selain itu, sulit mencari siapa yang memulai. Saya yang kebetulan mulai moyang saya sudah pakai honda, S90 ’68, CB Twin 125 dan 175, CB Glatik,sampai MAX dan Skutik, awalnya ya baca saja kome-komen di sini, tapi lama-lama terpancingjuga kalau pas ada komen yang asal bunyi, tanpa data, bahkan cenderung emosional dan kasar. Meskipun demikian saya tetap yakin, semuanya hanya dalam kata-kata. Semoga.

    Guest
  32. Intinya segala senjata amunisi bom atom torpedo tank howitzer yamaha yang di jepang mau dipindahin ke indonesia, dan kalopun seandainya yamaha gak bisa ngelewati honda di indonesia ya rugi besar,secara armada honda indonesia cuma sebagian kecil dari honda global, sedangkan armada yamaha udah poll-pollan disini.

    Guest
  33. ada yang lain malam ini…..
    kynya malam ini ga ada nyanyian dari trio macan…eh salah trio sales yamaha……….. lagi manggung di jepun kali ya?

    Guest
  34. Ini salah satu kekurangan, kalau komennya tidak ada yang menggigit lawan, ya sepi begini. Kadang dalam kondisi jenuh dan capek dengan kerjaan, kita cenderung untuk malas untuk komen serius, bahkan komen canda. Tapi dengan sedikit bakar-bakaran kadang justru bisa mengendorkan saraf. Jadi komen membakar tetap diperlukan, dalam batas tertentu.
    Lihat, begitu tukang elpiji dari SBY, kaya thole, jaos dan eqien, trus dari FBH, gak muncul, ternyata ya kangen juga. Sepi rasanya.

    Guest
  35. bang opic & mas tri artikelx sama2 ngebahas yamaha tutup bbrp plantx,kmrn2 jg sama,saling overtaking nih….hehehe

    Guest
  36. @71. Monitoring
    Usul ke Kang Taufik anu kasep.
    Gmna kalau ada comment’ yg mulai menjelek’kan merek tertentu, langsung didelete saja Kang….!

    @75. earphane – Juli 17, 2010 [Edit]

    Honda Motor dan Mobil kayaknya masih satu atap bro . . . cek aja id situs Honda Global

    @76. alrozzzi coolrider 2
    husss . .. disamaain sama bank xixixixixixi :mrgreen:

    @82. karena itu
    mirip tapi bahasanya mudah-mudahan beda 🙂

    @81. SkyrideR
    Nha itu dia . . . nice quote

    Administrator
  37. bulan juli??? kok baru sekarang beritanya beredar…???
    semoga y tetap berkarya di ina…menambah semarak 2 wheels kita…

    …tungak-tengok…
    gak ada perusuh lagi khan ???
    sipzz

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here