Bro sekalian, Hari Jum’at ini disela-sela kerjaan kantor saya sempatkan memenuhi Undangan dari pihak Bridgestone Indonesia untuk hadir di arena Indonesia International Motor Show di Jakarta International Expo. Bridgestone melalui PR agencynya mengundang saya dan 3 Blogger lain secara Private untuk hadir, selain saya ada mas Triatmono, Bro Stephen Langitan dan Bro Henry Bodats. Sampai disana saya diberikan selembar Undangan VIP khusus acara hari perdana yang memang dikhususkan untuk Undangan Khusus dan Media ini. Booth Bridgestone dikemas dengan Tema Go Green . ..Ā  kenapa? hmm karena mereka merilis sebuah Ban Mobil yang diklaim ramah lingkungan . ..Ā  maksutnya?

Ya Ban Mobil tersebut adalah Seri ECOPIA. Ban ini didesain Bridgeston menggunakan bahan pencampur silikon pada karet ban untuk menggantikan karbon sehinga memiliki sifat mekanis yang kecil daya hambat putarannya. Akan tetapi walaupun daya hambat putarannya kecil, daya cengkeram ban ini tidak dikorbankan. Bridgestone mengklaim telah mengujinya dengan cara

  • meluncurkan kendaraan tanpa mesin dinyalakan dan tan[a rem ditekan dari kecepatan tertentu sampai diam. Ternyata mobil dengan ban Ecopia lebih jauh jarak hentinya dibanding mobil tanpa ban Ecopia

  • mencoba mengerem mobil dari kecepatan tertentu di trek genangan air. Ternyata Mobil dengan ban ecopia berhenti dengan jarak yang lebih dekat dari pada mobil dengan ban non ecopia

So tujuan dari bridgestone disini jelas . ..Ā  dengan dikuranginya friksi putar ban, diharapkan penggunaan bahan bakan menjadi lebih efesien lagi. Bridgestone mengklaim dengan tester Car Honda Civic dengan penggunaan Ecopia penggunaan BBM akan lebih efesien sebanyak 3,1 % . . . cukupkah angka ini? bergantung, tapi paling tidak ada niat untuk lebih bersahabat dengan emisi gas buang šŸ™‚

Saat Sesi Tanya jawab Mas triatmono mempertanyakan Ikhwal kenapa bridgestone Indonesia tidak tertarik memproduksi ban Motor? Padahal Jika dilihat Marketnya cukup luas dan bridgestone nggak akan mengawalinya dari Nol kenapa? Nama besar Battlax sudah kadung dikenal dengan baik oleh para Motoris disini. Apalagi Jika Bridgestone mau memproduksi Battlax sevcara Localy . ..Ā  let say misalnya memproduksi varian BT 39 SS yang dikenal cukup baik performannya di jalan raya oleh motor-motor kecil termasuk bebek . ..Ā  belum lagi dengan adanya pangsa Motor sport yang mengenal dengan baik varian BT45Ā  BT 92 dan varian Lain.

Lha dengan bila diproduksi lokal, maka konsumen Roda Dua dapat lebih terbuka peluangnya mencicipi ban Varian Battlax karena mungkin harga jualnya bisa lebih ditekan he he he he . ..Ā  Ngarepnya sih githu. . . tapi jawabannya . . . Mereka belum tertarik tuh .. . paling enggak dalam waktu dekat ini. Coba bayangin Jika Bridgestone membuat battlax varian Ecopia dan dijual disini . . . ambillah efesiensi 3 % . ..Ā  lalu di kalkulasi jumlah penggunanya . . . whuuua efek multipliernya akan dahsyat !! Bridgestone akan terukir sejarah karena telah membantu biker menghemat penggunaan BBM dan mengurangi emisi kendaraan . . . apa nggak bangga tuh, cmiiw . ..Ā  silahkan share komentar bro semua semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

90 COMMENTS

  1. makanya pake pertamak… apalagi ban… jangan pilih sembarang ban yang murahan..

    padahal mampunya beli archilless… šŸ™‚

    Guest
  2. Eko pia?Perkembangan teknologi pembuatan ban .
    Numpang oot ,”Aku lihat ban bermerk seperti matic piagyo jadul, kembang nya mirip batllx BT(?), tp harganya jauh dibawahnya”.

    Guest
  3. @mas taufik
    Mbrojol artikelnya koq bsa barengan sm mas3 mas,apakah mmng mw berbarengan mas……xixixixixi

    Guest
  4. Iya nyangsang di genteng komen nya
    Jadi sponsor drift dulu..pasti ga bakalan bisa.
    Suzuki carry pick up pake ini mantap kali ya?.
    Padahal lebih untung tuh kalo bikin yg untuk motor..bahan baku jauh lebih sedikit tapi harga ga beda jauh sama ban mobil.terbukti kan battlax sampe 700 an.
    Ditambah nitrogen makin sip
    Mahalkah??..anti slip?

    Guest
  5. semoga saat Black Coyote ku minta ganti telapak kakinya, bridgestone dah produksi yang lokal dan dapet murah. Amin.

    Guest
  6. SAYA SANGAT SETUJULAH JIKA BRIDGESTONE “memproduksi ban untuk motor” alasannya, say itu sama seperti mas taufik, nama udah ada dan dikenal sebagai ban mumpuni di mata konsumen melebihi ban2 ecek2 lainnya…

    Guest
  7. @Karismanis: WAH!! yg dr jogja tuh PIAnya…kalo ECOnya dari Jakarta..peace

    KAlo gak pengen slip…dlapisin GT Man aja…kan anti slip..wkwkwkwkw

    Guest
  8. Analisa yg tajam kang Topik..mudah2n pihak produsen ngabaca dan tergugah..produksi battlax versi ecopia(kepanjangnya apaan sih)

    Guest
  9. Kalau produsen ban saja mikir efisiensi BBM, bagaimana kalau mongtornya malah kurang peduli. Padalah yang paling menentukan efisien tidaknya BBM ya mesin motornya. Marilah mulai sekarang kita galakkan Eco, dalam segala hal demi anak cucu kita. Selamat teknologi boros. Kita sambut teknologi irit dan ramah lingkungan. Dari kita-kita yang melek informasilah semua bisa dimulai. Apakah kita masih ingin menutup mata, tak peduli, atau pura-pura sehingga tidak beda dengan mereka yang awam.

    Guest
  10. pake bridgestone yg potenza aja dah enak … pa lg yg in ya … mantep kaya’a … pa lg da bwt motor … lbh mantep lg …

    Guest
  11. mungkin BridSt belum trtarik, krn biarpun jadi murah…ya tetap masih lebih mhl dibanding ban2 lokal yg sdh ada. Toh efisiensi di ban mtr gak terlalu signifikan…ntar krn make nama BS, malah dipake ngebut krn merasa aman…lagipula mtrkan sdh jauh lebih irit dibanding mbl.

    ngelantur.lho

    Guest
  12. kalaupun jadi jual ecopia.. pasti harganya 11-12 sama battlax.. teknologinya kn lebih mutakhir.. bisa2 malah lebih mahal dari BT..
    sementara saya pake ban bawaan pabrikan.. belum abiz.. mau ganti eman2.. hehehe..
    klo pabrik bridgestone lokal dmn c mas opik?
    oia, kmrn d prj kn Ban diskon lumayan gedhe..apakah itu stock lama (tahun < 2008) ?
    btw ban ada expirednya atau ga mas opik??

    Guest
  13. Itu mah lumpia..
    Kaya project p..bakpia-lumpia. Bakpia patok.makan satu badan menjadi montok.

    Hai softex.baru absen nih?.

    Tadi kebetulan aja.pas mau komen eh ada artikel baru..pertama cuma satu komen.eh ga taunya banyak yg nyangkut..kirain mah kedua.

    Guest
  14. Baca warung mas tri deh..katanya dengkul nya mau copot di kejar warung ijo..ngakak bacanya.

    Uber terus kang pake gigi 6.

    Guest
  15. mbah masih on kh?ni gw baru aja on….?td jaringanx henk…..jd tlmbt online,,,,,

    Guest
  16. Liat sebelah!!!!..warung rondo ngamuk…

    Ga mau di over take warung ijo.
    Hari ini 7 artikel..gileeee.pake nooosss.

    Guest
  17. Ga ketemu2 ya?..mbah lagi baca warung rondo pelihara ikan dimakan sama yg punya warung..ngambek soalnya yg lain di bantai.

    Guest
  18. Sayang Ban batlax ku dah tipis, diganti ama Swallow deh šŸ˜€

    Numpang promosi om šŸ˜€
    Penampakan Xeon VS Scoopy di jalanan sby
    http://motorkencang.wordpress.com/2010/07/23/penampakan-xeon-vs-scoopy-di-surabaya/

    Guest
  19. Mbah
    Lelenya udah ‘matil’ belum kok ga tidur2.. Jga kondisi aj Mbah.. Pa perlu tak lempar susu Bima dulu…

    Guest
  20. Hey hourex..ngeronda juga di RT sebelah?..bukannya tdi di sono??..gmana bibit bawal jadi piranha??.hahhahha

    Guest
  21. Hourex.

    Susi bima mbah tetep ga mau..asem..
    Yah kalo ga ngerepotin ya susu rossa aja.ga nolak.

    Guest
  22. Yeh ogah…ketek lagi kena nya..secantik2 nya cewe cantik tetep aja yg namanya ketek tuh sepet

    Guest
  23. kang taufik, dl saya sempet baca dulu sempat baca tp lp dimana, di Indonesia kan udah ada IRC, katanya mereka 1atap, biar ga saling merusak pasar Bridgeston ga diproduksi disini. Tp saya liat animo masya rakat sangat tinggi terhadap bridgstone. harusnya entry level buat yg IRC yg premium produksi yg Bridgeston. yg mau ekonomis pilih IRC yg mau peforma prima pilih yg Bridgeston.. CMIIW

    Guest
  24. @mas Taufik

    mungkin pemain lokal untuk ban motor sudah banyak dan managemen bridgestone belum melihat ada peluang sehingga masih bertahan di segmen mobil dan untuk motor impor ajalah. . . :mrgreen:

    battlax memang bisa dibilang ban impian setiap biker ( awet,daya cengkeram bagus ) memang harga nya lebih mahal jika di compare ban lokal sih. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here