from : pranowosu.wp.com

Bro sekalian, Memang sediki aneh bila ada orang yang telah mendapatkan titipan amanah nggak mau bertanggung jawab bila titipan amanah yang dipegannya Raib. Jadi masksute Uang parkir itu hanya untuk menyewa lahan Thoq he he he padahal alasan utama konsumen menyewa lahan parkir adalah selain tertib juga aman . . . Nah Sepertinya mulai saat ini para pengelola parkir tidak bisa seenak udelnya sendiri untuk bebas dari tuntutan gantirugi bila kendaraan yang dititipkan hilang, karena Mahkamah Agung telah mengeluarkan  putusan Peninjauan Kembali (PK) yang menuliskan bahwa pengelola parkir harus mengganti rugi kendaraan yang dititipkan kepadanya seperti yang saya petik dari detiknews (thks kang barto for the link). . . whuah anginsegar bagi para Konsumen pengguna Lahan Parkir.

Memang bro, selama ini konsumen pengguna lahan parkir mau-tidak mau menerima klausul yang berat sebelah seperti pernyataan :

“Pihak Pengelola (parkir) tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerusakan, kecelakaan atas kendaraan ataupun kehilangan barang-barang yang terdapat di dalam kendaraan atau yang menimpa orang yang menggunakan area parkir pihak pengelola (parkir)”.

ini pun biasanya diperkuat pula oleh pasal 36 ayat (2) Peraturan Daerah No 5 tahun 1999

“Atas hilangnya kendaraan dan atau barang-barang yang berada di dalam kendaraan atau rusaknya kendaraan selama berada di petak parkir, merupakan tanggung jawab pemakai tempat parkir”.

dua pernyataan diatas lah yang biasanya menjadi benteng para pengelola parkir untuk mangkir dari tanggung jawabnya atas kehilangan kendaraan yang dititipkan di area parkir yang berada dibawahkelolanya. Akan tetapi setelah keluar keputusan MA, bahkan Pemda DKI pun akan mengubah perda perparkirannya . . . silahkan share komentar bro semua, semoga berguna

Taufik of ButenZorg

Update : Barusan Dapet pesan BBM dari Bro Zaka, Admin Forum Ninja 250R yang juga praktisi Hukum, beliau tulis begini :

Pak, Sebenarnya tanpa ada putusan PK MA . . . si pengelola parkir tidak boleh lepas tanggung jawab. Karena sudah ada ketentuan dalam UU perlindungan Konsumen. Jadi sifat dari PK MA ini hanya sebagai yurisprodensi kalau ada kasus serupa

123 COMMENTS

  1. Share : Pengalaman parkir di sebuah pusat perbelanjaan terkenal di daerah Tangerang, kehilangan helm tapi petugas parkirnya gak tau, payaaahhh,,,, padahal bayarnya aja gak murah, waktu itu blm ada penitipan helm pula …. ;mr.green:

    Gak cuma kendaraan aja yg harus diganti, mereka jg harus antisipasi sediain CCTV untuk memantau keadaan di lahan parkirnya …

    Guest
  2. masak kalah sama tukang parkir pinggir jalan di kota Malang yang sedia kardus buat lindungi motor dari panas……

    Guest
  3. wahh ini dahhh kabar baik bagi pengguna parkir =), moga2 aja dengan gini tidak ada oknum lagi yang menyamar jadi tukang parkir yang ujung2nya malah mencuri kendaraan bermotor yang diparkirkan.
    maju terus Indonesia =D

    Guest
  4. Sebenernya di UU Perlindungan Konsumen ada pelarangan pencantuman klausul baku yg mengalihkan tnggng jawab dr produsen ke konsumen.

    Karena ini di atur UU, maka klo ada peraturan yg lebih rendah (yaitu, Perda) bertentangan dgn UU..maka yg berlaku adalah UU.

    Jd seharusnya tnp ada putusan PK pun, klausul yg ada di karcis parkir itu batal demi hukum

    Guest
  5. semoga dengan begini, tidak ada ;lagi oknum2 tukang parkir yang memanfaatkan pekerjaannya sebagai penjaga parkiran untuk mencuri kendaraan bermotor. maju terus Indonesia =D

    Guest
  6. koment di Indomotoblog Group On Facebook:

    wah, bagus sih, tapi jangan sampai terjadi…
    pasti pengelola parkir akan memperketat penjagaan, CCTV ditambah dll dll</blockquote

    Guest
  7. memang perlu tuh…. kang… masa mo lepas tanggung jawab…
    kadang2 petugasnya aja suka maen tembak….
    klo begini kan jadi gk was was klo parkir, tapi tetep harus pake second security alias gembok… hehehehehe…

    Guest
  8. setuju pisan bung taufik … selama ini emang terkesan enak yg punya parkir … motornya ga ilang sukur … klo ilang jg y tinggal maaf ….

    Guest
  9. wah mas taufik pinter banget ngelesnya
    dihujani artikel
    biar gak mbakar.com
    tapi yang masih setia membakar
    bikin bakaran sendiri
    dipostingan tua
    :”blambir mode”

    Guest
  10. bagaimana dengan yang parkir di pinggir jalan (yang di sana ada petugas parkir berseragamnya juga …. )

    tarif parkir naek dong ……

    Guest
  11. Alhamdulillah… akhirnya para pengguna jasa parkir bisa bernafas lega ….karna pengelola parkir tidak bisa melepaskan tanggung jawabnya….namun walau bagaimanapun kita2 sebagai pemilik kendaraan tetap harus berhati2 …..

    Guest
  12. setelah saya amati.. Yupz! Pengelola parkir kudu tanggu jawab atas rusak ato hilangnya kendaraan yg dititipi.. Lah, karcis parkir hilang aja aye kena denda ceban..!!! Belum biaya tambahan perjamnya.. Uuuugh… :@

    Guest
  13. @aseen
    nggak lah . . .kerena kupikir info tentang perparkiran ini harus cepat sampai di publik he he he :mrgreen:
    soal bakar-bakaran . .. silahkan . .. asal tertib dan sesuai norma 🙂

    Administrator
  14. Sippp…

    aje Gile buat Anny R Gultom… 10 tahun berjuang… akhirnya dapat haknya (60 juta)
    habisnya buat sidang berapa ya …?

    Guest
  15. @ 16
    setuju bro, emg posisi UU diatas PP apalagi Perda, cuma banyak peraturan yg tidak memperhatikan UU, trus yang salah siapa dong?

    semoga saja dengan putusan MA ini segera terbit peraturan yang berpihak ke konsumen.

    hidup rakyat..

    Guest
  16. oooh makanya kemarin tukang parkir se.purwokerto pada demo…
    pada bawa tulisan tolak kapitalisme perparkiran????
    mungkin mereka juga tak tau apa yg mereka suarakan.ya itulah jika suatu aksi digerakan oleh pihak2 yg berkepentingan dan maunya lepas tanggung jawab trus…
    saya sangat setuju pada keputusan MA tersebut karena hampir tiap hari ada helm yg hilang dan hampir tiap bulan motor hilang dikampus saya. dan pihak kampus maupun security dan petugas parkir dengan enaknya lepas tanggung jawab.

    Guest
  17. klo parkiran ilegal gmn tuh??? secara klo lg ke plaza sudirman kan ga da parkir motor tuh … yg ada parkir ilegal di blkng ..

    Guest
  18. Hsrusnya kerusakan yang terjadi pada saat kendaraan di titipkan di parkiran harus jadi tanggung jawab pihak pengelola.

    Guest
  19. mending di kampus gw .. kalo keluar minimal cek stnk dulu … dr pd di tmpt gawe gw … cuma modal kartu parkir doank … ilank g ketauan dah ..

    Guest
  20. sayangnya memang banyak yg tidak tahu mengenai UU Perlindungan Konsumen ini….sehingga banyak kejadian dimana pengelola parkir lepas tanggung jawab begitu saja…..
    dgn tambahan PK ini semoga menjadi pengetahuan tambahan bagi masyarakat awam spt aq……

    Guest
  21. Pengelola tempat parkir gak bakalan rugi…sisihkan aja 200 rupiah per karcis parkir utk premi asuransi.sehari dah dapat berapa ya..kalo seribu mobil aja (gak mungkin sekecil ini), dah dapat 200) sehari..dah bs bayar premi 1 mobil per bulan..jadi dia bisa cover sampai 30 mobil per bulannya…lagian kan nggak mungkin 1 hari ilang 1 mobil…jadi, masih untunglah itu pengelola parkir..mana per juli ini baru naik….
    Nah

    Guest
  22. setuju….
    harus bertanggungjawab tuh si tukang parkir soalnya banyak kejadian yg di usut ke kanttor polisi tukang parkir ikut bermain juga terhadap hilangnya kendaraan di parkiran karna mereka mempunyai tameng seperti bunyi klausul di atas….
    yang tragis pernah menimpa tetangga saya dia kehilangan motor di parkiran samsat padahal motor tsb lagi di pajakkan….
    dan tak dpt ganti rugi….

    Guest
  23. kalo yg pengelola parkir dr pengelola gedung gmn ??? yg hitungannya msh pake biaya flat per kunjungan, gak parkir jam2an kayak yg profesional ntuh ??

    Guest
  24. saya pernah ‘nyolong’ motor sendiri pake karcis palsu…
    bisa diambil tuh motor… 😀

    lokasi di parkiran mall malioboro…

    perlu ada aturan yg tegas… jadi kang parkir gak cuman duduk diem aja pas jam kerja, harus tetep awas… 😀

    Guest
  25. Ane kira mungkin yang ngilang tuh di parkir2 yang “nyeleneh”… low di parkiran gedung2 atau mall, biasanya saat mobil atau motor kelar parkiran, suka di pinta STNK buat nyamain sama mobilnya…

    mungkin hal itu musti di ikuti oleh parkir2 “nyeleneh”, biar aman dan tertib. gak apalah ribet dikit. daripada tukang parkir yg pengasilannya xxxxx harus ganti kendaraan yg ilang.

    Guest
  26. tukang parkir, palagi yg liar, hasilnya gede lho…
    di tempat yg rame dia parkir satu motor Rp. 1000, dalam 1 jam kerja di wilayahnya ada 20 motor yg parkir aja dah Rp. 20rb, coba aja kalo dinesnya 3 jam ato 6 jam, itungannya shift n meteran… 😀
    sehari dapet minimal Rp. 50rb, sebulan dah berapa.. 😀

    Pantes aja yg jaga parkir di depan dinas pajak kodya jogja motornya H5X 125 baru… 😀

    padahal saya cuman pake crypton jadul… 😀

    Guest
  27. nah akhirnya ….
    bisa ngerasa lebih aman di parkiran …
    selamat tinggal gembox ku yang 3 biji ..
    heheheh

    Guest
  28. nah semua pabrikan motor juga wajib ngasih sks
    paling tidak bs meminimalisir terjadinya pencuriannnnn
    😛

    Guest
  29. ane pernah punya pengalaman lucu, jaket ane ilang, dah muter nyari gak ketemu, ya sudah saya pasrah,maksud hati mau lapor ke pos petugas parkir ternyata…. eng ing eng… jaket ane ada di dalem pos… xixixixi… dah gitu yang jaga kekeh ngakui kalo itu jaket punya rekannya setelah saya kasihtau isi di jaket itu apa aja dengan muka merah, mereka langsung kasih jaket saya sambil berkata: “pak untuk alasan keamanan jadi jaket bapa saya amankan” WAKWAAWWWW……

    Guest
  30. iya ko mas bener
    kita bisa minta ganti rugi,udah ada putusan hakim ttg masalah kendaraan yg ilang di parkiran.
    yh ud ada yurisprudensiny tinggal dpake aja mas.
    klo nyari dgrmedia ato TB.gunung agung ad ko bukunya ttg mslh ini mas.
    monggo dicari
    yg namanya perda klh ma UU mas sesuai tata urutan peraturan perundang-undangan mah
    perda paling buncit..

    Guest
  31. wuihhhh….bener juga nih kang!
    masak ilang motor gak diganti, tapi kalo ngilangiin kercis parkir kita didenda!? ya sama-sama lah….
    dah berlaku di seluruh indonesia belon?

    Guest
  32. biar konek sama artikel..
    parkir dimana-mana pasti perlakuan tukang parkirnya kasar,motor dipindah paksa,,,
    hikz..
    ya meskipun gak semuanya gitu,ada juga yang baik..
    kembali lagi ah sama orangnya,,,

    Guest
  33. di malioboro jogja..
    malah tambah parah..
    kdang onkos parkir minta 2x lipat..
    alasannya.. “mas yg 1000 lagi buat kemanan helm.. 🙁

    Guest
  34. kalo tukang parkirnya yg suruh ganti kasihan juga. mending dibuat aturan yg memperberat pencuri, potong tangan misalnya. termasuk yg nyuri uang rakyat alias koruptor.
    bukankah perangkat hukum kita selama ini hanya menjerat kaum lemah seperti pak tukang parkir?

    Guest
  35. kadang seneng juga klo ktemu sm tukang parkir yg klihatan brtanggung jwb dgn menjaga mtor yg diparkir, dgn senang hati aku membayar tarif parkirx.

    Guest
  36. Kang Taufik & yang lain
    Bagaimana kalau parkirnya berlangganan, yang dibayarkan bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan. Siapa yang harus bertanggung jawab.Parkir yang demikian ini jelas tidak ada yang bertugas secara langsung di tempat parkir karena dana langsung masuk ke kas Pemda.

    Guest
  37. nick 69
    nah semua pabrikan motor juga wajib ngasih sks
    paling tidak bs meminimalisir terjadinya pencuriannnnn
    ==================================
    Hayo ATPM, kasih tu motor SKS. Kalau gak, nanti tukang parkir gak mau tanggung jawab lho. Habis, bawaan motornya udah gak aman.

    Guest
  38. to : all ,

    ya iya lah…dari dulu kali semestinya seperti gini….dah bayar , moso ngak dijamin keamanannya, apalagi paling rese kalo kudu titip2 helm segala ke tempat penitipan helm terpisah…….

    Guest
  39. Setuju dengan bro zaka. ya harusnya pengelola parkir tanggung jawab penuh donk dengan motor yang kita titipkan. Jangan cuma mau duit kita doang tanpa tanggung jawab. karcis parkir aja ilang mereka minta ganti rugi, motor kita ilang mreka cuci tangan. kan tolol…bener gak…Brengsek kan…

    Guest
  40. Weleh2 jd kbayang tukang parkir pinggir jalan suruh ganti motor parkir yg hilang dg jasa parkir 500 rupiah. Brpa tahun tuh ngumpulin duitnya. Jangan2 jd pd takut jd tukang parkir tuh.

    Guest
  41. @ 92. nhd
    tetap aja tukang/pengelola parkirnya meminta duwit ke pemilik motor/mobil…malah kita jadi bayar lagi.

    Guest
  42. […] Pengelola Parkir sekarang Harus Tanggung Jawab Bila Kendaraan Titipan Hilang !! Bro sekalian, Memang sediki aneh bila ada orang yang telah mendapatkan titipan amanah nggak mau bertanggung jawab bila […] […]

    Guest
  43. Saya sangat setuju dengan peraturan baru ini, karena peraturan ini membuat kita sebagai pemilik kendaraan menjadi tenang dan tidak merasa dirugikan.

    Guest
  44. namanya kalau udah buka usaha, pasti ada tanggungjawabnya..jadi lahan parkir memang disewakan, tapi keamanan sudah termasuk dalam biaya sewanya..kalo kehilangan juga nggak ditanggungjawabi, trus buat apa ada penitipan?

    Guest
  45. tepat juli 2009 motor yamaha vega tahun 2008 ku hilang di parkiran resmi mega kuningan jakarta, alhamdulillah pihak mega kuningan mengganti biaya kehilangan 100%, saat itu motorku dihargai 8 juta (berdasarkan perkiraan polisi saat lapor ke polsek setiabudi jakarta).

    Thanks bu Gita Mega Kuningan Jakarta yang udah mengganti biaya kehilangan motorku, walau melalui obrolan panjang, karena kunci motorku memang saat itu tertinggal di jok motor, btw polisi tetap menjadikan pihak parkiran mega kuningan salah, karena stnk+karcis parkir masih ditanganku dan di komputer plat nomor B 6065 KOF belum keluar.

    Guest
  46. waduh, belum lagi kasus parkir berlangganan yang dibuat oleh pihak samsat yang kabarnya parkir dimana aja masih bayar, ditambah lagi untuk kasus parkir tapi motor bisa ilang, mau ga tanggung jawab kah pihak penjaga parkir? waduh,waduh, apa kata dunia? klo parkir ga bayar,motor ilang mah wajar, tapi klo udah bayar parkir, tapi masih ilang juga motornya,brati sistem pada penjagaan kurang aman. tapi moga aja pihak parkir bertanggung jawab atas apa saja yang terjadi, karena kita membayar jasa yang mereka tawarkan.terima kasih

    Guest
  47. Kemarin pas penutupan PRJ ngalamin kejadian bukan motornya yg ilang tapi CDI Shogun kebo 97 ane diembat maling. Lapor ke petugas ternyata ada 3 motor lain yg jadi korban, semuanya Shogun 110.

    Rembuk punya rembuk pengelola akhirnya ngasih ganti rugi 50:50 dari harga CDI-nya. Lumayan, tapi pas ditanya “selama PRJ ada berapa motor yg jadi korban?” pihak pengelola ngga mau jawab.
    Ada konspirasi? Entahlah….

    Guest
  48. lalu gimana dgn t4 parkir liar dimana distribusi ato uang hasil parkir disetorin ke preman setempat ? sy rasa klo di Jakarta sdh pasti ada t4 parkir liar dimana sbenarnya t4 parkir tesebut bebas parkir yg disediakan oleh pemda, namun oleh preman2 ato “penguasa wilayah” menjadikannya lahan parkir liar. Karena di Ambon t4 seperti ini banyak sekali.
    boro2 mo minta ganti rugi, kita malah bisa rugi 2x

    Guest
  49. kalo tukang/pengelola parkir disuruh ganti rugi terhadap kehilangan motor/mobil yang dititipkan, maka mereka akan mengenakan tarif spesifik berdasarkan harga motor/mobil. contohnya: tarif sedan beda dengan niaga, motor sport beda dengan bebek, mobil lama beda dengan mobil baru, dll dsb…hayo gimana?

    Guest
  50. Temen saya pernah kehilangan motor si salah satu tempat parkir (mall kalo ga salah). Yg ilang KRR, dan yg punya tempat partik ga mau tanggung jawab, waktu diminta liat cc tv juga banyak alesan, katannya cc tvnya yg satu rusak dan yg satu lagi burem… ckckck….

    Guest
  51. Baiknya seperti itu jadi ada rasa tanggung jawab antara kedua belah pihak, pertama pengendara harus memarkir kendaraan dengan dilengkapi kunci ganda, baik dan benar. dan dari pihak pengelola baik digedung, diluar gedung harus profesional dalam menjaga kendaraan yg diparkir jadi tidak sembarangan. jadi cukup lumrah kalau pihak pengelola dikenakan ganti rugi tuk kendaraan yg hilang… berarti pihak pengelola harus meningkatkan standar pengamanannya…..

    Guest
  52. mohon ijin pak bro..kalo posting mohon di cantumkan dasar hukumnya agar blok nya berbobot..
    solusi dan saran juga harus ada….
    saran untuk membangun bukan menjatuhkan…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here