Bro sekalian, pada file PDF mengenai cara membersihkan injecktor vixion beberapa pekan yang lalu, sempat terselip grafik penggunaan bbm hasil survey terhadap pemakai motor vixion dan MX yang dipetakan berdasarkan 3 daerah yakni Jakarta, bandung, medan dan makasar. Terlihat pada grafik bahwa penggunaan premium pada ke empat kota besar ini masih sangat dominan. walaupun untuk jenis dan merk lain bisa jadi berbeda perwajahannya, akan tetapi banyak hal menarik yang bisa kita simak. Di Grafik tersebut dapat dilihat juga pola penggunaan  bbm Non subsidi juga beragam pada setiap kota.

Di Jakarta terlihat pengguna pertamax sudah melebihi persentase pengguna premium, sedangkan dibandung ada yang lebih mengejutkan bahwa walau persentasi pengguna Pertamax masih kalah dari pengguna premium akan tetapi pengguna pertamax plus cukup signifikan yakni sekitar 15,38 %. Di medan dan makasar jumlah persentasi pengguna pertamax ke atas sangatlah kecil. Tapi apakah nii mengindikasikan bahwa pengguna motor dikedua kota tersebut tidak aware akan kualitas bbm? Imho, saya kira belum tentu begitu. Bisa jadi karena masalah infrastruktur distribusi bbm non subsidi yang belum merata di kota tersebut yang menjadi penyebabnya

Seperti kita ketahui bahwa ada baiknya kita selalu menyesuaikan mesin motor kita dengan bbm yang akan digunakan. Salah satu variabelnya adalah nilai rasio kompresi. Artikel referensi saya adalah artikelnya blogger Om Saftari dimana bisa bro lihat di tabel berikut. (juga nyantol dari blognya Om saft)

semoga berguna .. .  Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. di kotaku(kediri,jatim) gag da pom yg jualan prtmax plus,,yg prtamax biru 92 aja khusus kota kediri cman ada 3 pom ajah

    Guest
  2. numpang lewat, saya orang baik2…

    mungkin ada daerah2 yg pemikirannya soal hemat uang dalam membeli BBM..selain masalah distr. di SPBU yg ada.

    ah gak sabar nungguin mtgp hari ini…

    Guest
  3. Selamat menyantaf sahur

    Hasil kualifikasi MotoGP Ceko:

    1 Dani Pedrosa      Honda HRC       1 : 56.508 ( q)
    2 Ben Spies     Yamaha Tech 3     +00.338
    3 Jorge Lorenzo     Yamaha Factory     + 00.357
    4 Casey Stoner     Ducati MotoGP     + 00.360
    5     Valentino Rossi     Yamaha Factory     + 00.551
    6     Andrea Dovizioso     Honda HRC     + 00.609
    7     Colin Edwards     Yamaha Tech 3     +00.714
    8     Nicky Hayden     Ducati MotoGP     + 01.127
    9     Hector Barbera     Ducati Aspar     + 01.452
    10     Loris Capirossi     Suzuki MotoGP     + 01.473
    11     Randy de Puniet     Honda LCR     + 01.581
    12     Marco Simoncelli     Honda Gresini     + 01.661
    13     Mika Kallio     Ducati Pramac     + 01.674
    14     Marco Melandri     Honda Gresini     + 01.922
    15     Alex de Angelis     Honda Interwetten     + 02.014
    16     Aleix Espargaro     Ducati Pramac     + 02.192 ( a2 s / roz )

    sahurr
    sahuurrr
    sahuuuurrrrrr

    Guest
  4. Absen,
    Wah dijogja aja pertamax bisa diitung dng jari, apalagi pertamax +, jd saya ngisi pertamax kalo pas dikota, kalo didesa saya nggak ada pertamax, ada sih tp cuma tulisan tok, nggak ada stok e.

    Guest
  5. sahur sahur hehehe
    kompresi tinggi ya pertamax minimal lah
    btw masih bingung penyebab jebol nya fuel pump ituh gara2 gonta ganti bbm atau premium yang kotor atau tangki penyimpanan spbu nya yg kotor??

    Guest
  6. Gimana dengan kualitas premium kita kang Opik? Masih amankah untuk motor sehubungan dengan tentang berita kapan hari bahwa banyak mobil yang rusak fuel pump nya gara gara nenggak premium. Ini kalau nggak salah dengar lho… CMIIW

    Guest
  7. Di daerah pertamax mahal…terakhir di makassar pertamax 6900…di manado malah 9200….lagian kalo di buku panduan masih boleh pake premium, ngapain pake pertamax….kan sesuai dg anjuran pabrikan…

    Guest
  8. di daerah ane banjarbaru, harga pertamax 7rb itu pun yg menyediakan ada 2 SPBU saja. kalau mau kepelosok lagi ga ada jual pertamax

    Guest
  9. d subang pengen pertamax harus meluncur dulu sekitar 15 – 20 km ke arah purwakarta…. heheu…. klo agga salah….. ^^

    Guest
  10. Mas taufix, mx kan dah 5 tahun. Apa ada laporan kalo mx make premium servis besarnya habis parts lebih banyak?
    Gw pake mx second beli km 3000, 7000 pertama pake pertamax, p+ terus abis itu lebih sering pake bio premium. So far gpp tuh km s 24rb. Gw tiap hari pp 50km, isi di spbu pertamina besar.

    Guest
  11. @8. thinx_speed C-039
    maksutnya mungkin penggunanya nggak konsisten pake satu jenis bbm, jadi campur2 githu, cmiiw

    @7. test123
    sebenarnya ada di tabel yang sy cantolin dari blognya om saftari .. . tapi koq nggak nongol ya?. .. nanti deh sy coba tulis ulang

    @All
    jam 4 ada artikel baru tuuh

    Administrator
  12. absen gan…
    di pom deket2 tempat saya gak ada yg jual pertamax dan pertamax plus ada juga jauh 50-70km dari tempat tinggal saya…kalau niat pengen ngisi pertamax paling pas lewat tempat itu aja…di pake P-P juga habis tuh pertamax (ukuran tangki bebek mentok di 4ltr)hehehehe

    Guest
  13. @daris 32
    di amuntai dsatu2nya spbu yg jual pertamax tgl 1-12 agustus Rp 6800/ltr,tgl 13 agus Rp 6600/ltr.padahal harusx kalsel dari tgl 1-15 agus harga pertamax sesuai d web pertamina adalah 6600. Anehkan yg jualan

    Guest
  14. Saya sebenernya suka pake Pertamax tapi……SPBUnya jauhhhh banget, mungkin Pertamina perlu memperbanyak SPBU yg menyediakan Pertamax.

    Guest
  15. @om opik
    assalamualaikum..sy pngunjung bru om,salam knal..hehe
    @xyz
    kdiri mana bos?
    Kyakna cuma 2 ya..d joyoboyo ama mrican doank..hehe..
    Btw kalo dkasi minum pertamax emang lbh jos n irit..supra 125 ane sanggup 70an kmpl untk lukot dg kcpatn kmbinasi..hehe

    Guest
  16. kalo di pom dekat rumah, ada spanduk: hari gini pake premium, gengsi dong….
    (lha emang org di jalan tau apa kalo sy pake premum atau pertamax?)

    Guest
  17. selain infrastruktur yg blm merata ..layananya SPBU blm semuanya bagus !! curhat dikit mas 😀 wkt tu saya mau beli Pertamax di SPBU satu2 nya yg jual pertamax di kota saya ……tapi kok di suruh antri premium ?? padahal di pompa ledeng pertamax kosong gak da yg antri …mengecewakan…akhrnya beli premium dah 🙁 🙁

    Guest
  18. Terlalu sederhana kalau hanya mengandalkan perbandingan kompresi utk menentukan jenis bahan bakar. Biasanya karbu vakum dan pendingin air akan menurunkan tuntutan oktan, bahkan bentuk squish ruang bakar juga menentukan. Makanya vario Mas Taufik masih aman pakai premium padahal kompresinya tinggi. Bukankah begitu Mas Taufik?

    Guest
  19. bandung – bekasi – kota bumi lampung pakai honda grand black engine cuma habis 6 liter pertamax. dgn speed rata” 60-80 km/h

    Guest
  20. Info: Jombang Jatim, SPBU favorit ada di simpang 3, kualitas BBM oke sekali, persis Shell Gatsu n Petronas Lenteng yg biasa ane pake dulu. Klo lg lewat, pasti isi Pertamax Plus di SPBU itu. Dicombine premium jg gampang aja, coz dispenser dah jd satu. Truly Recommended…
    Piogambot bisa 1:31 dgn speed up to 130kpj, maklum jalan super mulus n lebar…

    Guest
  21. Betoel mas, jbg mlg pasuruan, hehehe… Termuter tiada henti jua.
    Yak apa, ada agenda halal bihalal ndak, barangkali waktu n lokasinya pas, tak meluncur lagh…. 🙂

    Guest
  22. @töngsam
    Jbg malang via pujon gak berani masbro! Kalo via gempol boleh lah…. Hehe. Pernah jg koq, pas jalan malem via gempol. Tp 130kpj tu ndak konstan bro… Sekedar nyentuh aja. Tetep msh pake itung2an lagh… Jgn sampe konyol kan…?

    Guest
  23. harga pertamax & pertamax + di luar jabodetabek jauh lebih mahal drpd jabodetabek, mungkin itu penyebab penggunaan pertamax & pertamax + di luar jabodetabek lebih sedikit

    Guest
  24. rupanya ymki mengamati perilaku pengguna vixion ya (pasti survei nya di-bengkel2 resmi saat service berkala). pantesan mereka bikin byson, buat yg gak kuat bayar pertamax, tetap gaya walau disubsidi :mrgreen:

    Guest
  25. sebetulnya shell, petronas dan total, ambil base fuel dari pertamina lalu mereka oplos sendiri dengan formula additive sendiri,

    demikian juga oli, kebanyakan oli semi sintetis mengambil base oil group 3 dari pertamina lalu mereka oplos dengan ramuan masing-masing

    Guest
  26. terserah yg mau jualan, kalo didaerah….
    adanya premium..ya pake itu aja…

    seandainya yg dijual hanya pertamax ya pasti dibeli…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here