Bro sekalian,  pada saat test ride Honda new megapro kemarin . . . hampir semua blogger yang mencoba new Megapro berjar bahwa Motor baru Honda ini cukup responsif. Nah pada artikel khusus ini mari kita sama-sama share apa kira-kira penyebab nya? Setelah mendapatkan penjelasan Produck knowledge dari Honda, saya mengambil kesimpulan Fokus kerja pada enjenir Honda tertumpu pada dua hal . . . Mesin dan Body. Kedua bagian ini ditune sedemikian sehingga power yang dihasilkan dapat lebih efesien ditransformasi menjadi energi Gerak. Oh Ya menurut Klaim Honda .. . new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj dengan gambaran akselerasi 0-200 meter dengan kecepatan awal 0 km/jam ditempuh dalan 11, 7 detik.

Dari mesin, New megapro menggunakan Roller Rocker arm yang cukup signifikan mengurangi gesekan mesin, plus bobot piston yang dikurangi dari 144 gr megapro lama menjadi hanya 89 gram NMP 150cc. Ini membuat kerja mesin lebih efesien, power loss di tekan. Kedua effort di efesiensi ini ditambah pula sistem pendinginan yang maksimal dengan penggunaan Oil jet untuk menurunkan suhu piston dan Teknologi 2 way air jacket yang mendingankan inlet dan busi. hmmm hampir mirip dengan apa yang dilakukan Yamaha dengan teknologi Air RAM yang mendinginkan juga daerah busi . . . apa karena sama-sama dari india ya?

Untuk Efesiensi kerja dan performance  yaa ..  paling mudah kita lihat power to weight ratio, selain efesesnsi power, aspek Bobot Motor pun harus juga dipertimbangkan Oleh karena itu Honda berusaha meminimalisasi bobot yang tidak perlu terutama yang letaknya jauh dri titik Konsentrasi massa/ Centre of Gravity. Apa saja yang dilakukan Honda : menggunakan monoshok, memperingan bobot pelat cakram, penggunaan pelk alumunium alloy, menggunakan alumunium sebagai bahan dasar footstep, Triple T dan juga penggunaan bahan nilon pada grip belakang. selain itu menggunakan ban yang tidak terlalu besar juga dapat mengurangi potensi friksi yang dapat mempegaruhi keresponsifan akselerasi motor, silahkan share komentar bro semua, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. Mungkin karena ini yang membuat NMP powerfull tapi tetep irit:

    Untuk dapur pacu, unit ini menggendong model baru Extra Responsive Performance berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5-percepatan. Dilengkapi throttle position sensor + CDI dengan 12 ignition mapping. Fungsinya, meningkatkan ketepatan respons mesin pada putaran gas dan membuat pembakaran lebih sempurna.
    (kompas.com)

    Dari sisi mesin, New MegaPro dibekali dengan mesin baru XRP Engine (X-tra Responsive Performance Engine) berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5 percepatan, yang bertenaga.

    Mesin baru ini juga telah menggunakan Low Friction Parts seperti Piston Bertekstur (Rough Surface Piston), Roller Rocker Arm dan Crankshaft Bearing yang berfungsi mengurangi gesekan sehingga membuat mesin menjadi lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar.
    (detik.com)

    Guest
  2. Mungkin karena ini yang membuat NMP powerfull tapi tetep irit:

    Untuk dapur pacu, unit ini menggendong model baru Extra Responsive Performance berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5-percepatan. Dilengkapi throttle position sensor + CDI dengan 12 ignition mapping. Fungsinya, meningkatkan ketepatan respons mesin pada putaran gas dan membuat pembakaran lebih sempurna.
    (kompas.com)

    Dari sisi mesin, New MegaPro dibekali dengan mesin baru XRP Engine (X-tra Responsive Performance Engine) berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5 percepatan, yang bertenaga.

    Mesin baru ini juga telah menggunakan Low Friction Parts seperti Piston Bertekstur (Rough Surface Piston), Roller Rocker Arm dan Crankshaft Bearing yang berfungsi mengurangi gesekan sehingga membuat mesin menjadi lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar.
    (detik.com)

    .

    Guest
  3. Totally New… Wah nga nyangka banyak juga yang dirubah yach!!! :mrgreen:

    Trus dengan penggunaan 95% produk lokal, apakah hal ini mengurangi/menambah kemampuan NMP dibanding dengan Dazzler di India sana mas Taufik?

    Guest
  4. bannya keliatan kecil, kebalik sama headlampnya, keliatan indihe banget, tapi lumayan keren lah di banding kakanya megipret yang lama
    ada kemajuan…. gak pelit ngeluarin barang bagus sekarang AHM,

    udah nyadar ada pesaing berat di sebelahnya secara MS

    Peace ah

    Guest
  5. jadi binun… byson yang hp-nya lebih gede dari NMP tapi kok kalah responsif..? apa memang nggak ada kaitannya antara horse power dan kerja responsif dari mesin? piye to ki kamsudte…???

    Guest
  6. NMP responsif, kenceng tp tetap iritttt…hmmm hanya Honda yg bisa spt ini…

    salam
    motor irit ya pasti honda lah….

    Guest
  7. @get4rich
    Nyantai aja mas bro, klo mas taufik’a OL dijamin langsung dikeluarin koq… Sing penting sabar…
    *mendelik2 liat juragan warung…pasca insiden tadi pagi…

    Guest
  8. om topik..kalo memang masalah bobot yg jadi persoalan ,secara berat bison hanya 1kg lebih berat dari NMP,
    kalo dibandingin dengan yg naek motor berat badannya juga bisa beda 1-2kg jika ditotal keseluruhan kan bisa aja sama .
    kenapa hasilnya bison bisa dibawah NMP ?

    Guest
  9. Hmmmmm,
    kayaknya bakal seru nih persaingan NMP n Byson,
    yang satu jual Comfort and “technology”
    yang satu jual Body Muscle, alias Tampang-Otot Gahar

    Let’s the time answer 😀

    Guest
  10. wah engineer y harus kerja lebih keras lg neehhh…..
    masa udah di tunggu2 sampe 2x lebaran ternyata tdk sesuai dengan ekspektasi yg di harapkan…hmm

    salam
    motor irit ya pasti honda lah….

    Guest
  11. IMHO
    H dan Y menggunakan 2 pendekatan yg berbeda utk improvement daerah pembakaran. kalo Y dengan improvement material di daerah comp head dan dengan tambahan forged piston dengan harapan ruang bakar jd lbh keras dan licin sehingga tahan gores ketika piston turun naik. klo pabrikan H mungkin lebih fokus utk mengurangi atau memperkecil volume terjadinya gesekan itu sendiri dengan yg mereka sebut low friction engine….yg mulai diterapkan di bberapa produknya.

    khusus kasus NMP kyya low friction engine berpengaruh besar terhadap responsifitas unit motor itu sendiri. tp menilik byson kynya akan kemahalan bila diacyl cylinder dan forged piston disematkan di mtr ini makanya tenaganya sedikit ngedrop…blm lg tambahan sistem exhaust yg makin menghambat tenaganya…..sprtinya konsumen byson butuh sedikit usaha dan uang utk mengupgrade powernya spy bisa setara vixy….
    CMIIW

    Guest
  12. kalo yamaha gak semaju sekarang, di jalanan mungkin itik2 masih mendominasi. supra dan klonengannya..

    Maju terus AHM dan Yamaha, suzuki jangan mau ketinggalan ya. biar lpg 3kg gr makin banyak yang meledak, Duarrrrr,hihihi

    Guest
  13. @23. Ariel
    ada bro, ntar ta cari dulu

    @28. servoG
    memang paleng fair bila di test satu orang independen dengan track yang sama dan mengunakan alat seperti vericom, cmiiw

    @24. Juragan Bebek
    masih belom bisa saya simpulkan terlalu dalam mas . .. lagi menganalisa spek mesin nih

    Administrator
  14. Yg gue salut dari motor2 honda sekarang ya itu…. responsif, powerfull tapi tetep bisa irit banget!!
    padahal cc-nya lebih kecil lho…??
    jd kinerja enginenya bener2 efisien…

    Guest
  15. yups, aplikasi roller rocker arm meminimalisir gesekan, daripada system konfensional dimana rocker arm bergesekan langsung dengan permukaan cam/ noken as.

    aplikasi roller rocker arm pertamakali di aplikasi pada motor lokal: bebek kharisma

    nah di kharisma juga sebenarnya ada pendinginan yang mirip air jacket coba diceck, di bawah tutup setelan klep out ada lubang air scoop, nah lubang tsb ber ujung pada bagian disekitar busi…… mohon diralat jika salah (tapi saya pernah bongkar sendiri)

    sedangkan oil jet pendingin piston juga pernah ada di jupiter-Z & satria FU (2-2nya juga pernah bongkar)

    bener to mas fik?

    Guest
  16. selain karena desain dan pemilihan part yg bagus, yg membuat engine NMP begitu powerfull tapi tetep irit disinyalir karena teknologi XRP dan LFP seperti teknologi EFT-nya abs revo.
    (sotoy.com)

    Guest
  17. 35. mangjaja – Agustus 22, 2010
    ……………………………….
    yang satu jual Body Muscle, alias Tampang-Otot Gahar
    ===============================
    Bagaimana kalau yang ini kita ganti nama Bang Tigor. Itu yang TV, kan berotot.

    Guest
  18. Seharusnya begitulah paradigma yang harus digunakan produsen motor. Mengacu ke efisiensi BBM, dengan power meningkat. Wujud tanggung jawab dalam hemat energi demi anak cucu ke depan. Salut Honda.

    Guest
  19. mungkin dari yang berotot itu masih ada kekuatan terpendam buat di permak sama ahlinya biar larinya macem Badai… “””” WUUUSSSSSHHHH”””

    seperti komplotan lamanya yang kalo standart kaya kuda, kalo dah di permak kayak kuda di pasang NOS trus di kasih minum pertamax plus, anunya di kasih balsem biar hot, dll. ngacir dah tuh

    “teramat sangat sotoy mode on”

    Guest
  20. Gear ratio persneling dan finish gear juga ngaruh bro. Kalo di entengin top speed berkurang sedangkan kalo diberatin topspeed nambah.
    Tapi yang ini walau enteng tapi konsumsi bensin tetep irit.
    Nggak kayak kucing tetangga.

    Guest
  21. sama kayak Mega Pro lama dibandingin ama Pio ane. Ringan Mega Pro, cuman tiap produk punya kelebihan dan kekurangan masing2. Kalau mau ringan dan gampang, pakai New Mega Pro, kalau mau yg mantab, pakai Byson.

    Guest
  22. NMP X-Tra Responsive’y Yahuuuuut.

    Tentunya cukup objektif & rasional…
    but semua’ny tergantung selera Ummat betul Tidak?

    Guest
  23. Top Speed 106.6kpj itu di trek 200meter dg kec dari 0kpj.dg waktu 11,7 detik..
    Jadi kalo Treknya lebih dari 200m Top speednya gak segitu kale

    Guest
  24. Stuju 1000% dg Bro Taufik.
    Ulasan yang sangat genius mengapa NMP lebih responsif dari Byson. Kuncinya efisiensi power.

    Parnah baca di artikel MotoGP, pabrikan2 harus keluar duit milyaran hanya untuk nurunin bobot motor beberapa gram saja supaya lebih kompetitif. Walau memang ada batas bobot minimum, tapi kalau bisa ngurangin bobot yang tidak perlu untuk meningkatkan power.. itu kuncinya..

    Terjawab sudah kenapa Byson cuma jual tampang.. karena banyak bobot yang tidak perlu..

    Guest
  25. @ Bang taufik

    Oh Ya menurut Klaim Honda .. . new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj
    ===========================

    klo menurut Mas3 : Beberapa rekan Bloggerz seperti Bro Satar aka Dukun Beranak… bisa membejek top speed 116 km/h.

    hem…., bro satar yang jago ngebut atau spidometernya yang jago…?

    Guest
  26. @76. masterXeon
    spertinya 106,6 itu real speed yang diukur via alat khusus seperti vericom atau GPS
    setahu saya bro Pringgo mengaku geber motor sampai 104 atau 108 githu tapi yang tercatat di GPS cuma 97 . . . saya ada bukti oto data dari bro pringgo
    jadi bisa jadi ada benarnya kalao 116 di speedo merupakan angka 106 di real speed
    mudah2han ini mengakhiri kontroversi

    Administrator
  27. hem…
    tetap pilih byson…..
    kalau Catalytic Converter ini di lepas, maka berat/bobot turun 5 kg, dan yang paling penting perangkat yang paling menghambat performa ini (read:catalytic converter) ini lepas.

    udah kebayang…
    bobot turun 5 kg, dan penghambat performa juga lepas…
    hem…pasti moncer….

    performa jadi meningkat, dan tampilan udah gak butuh upgrade.

    Guest
  28. 61. earphane – Agustus 22, 2010

    Kalau NMP ini trus gimana? Tarikan enteng, topspeed boleh. Dua-duanya bisa berpadu. Ini namanya nilai plus dari inovasi teknologi.

    Guest
  29. 78. Taufik.

    good info…
    baca salah satu hasil compare NMP vs FZ16 versi india Top speed NMP real memang sekitar = 108-110 Kmph, FZ16 =105 kmph.

    Guest
  30. 80. masterXeon – Agustus 22, 2010
    ======
    Mongtor anda jadi gak ramah lingkungan/ketinggalan zaman/kuno/jadul/gak standar URO2

    Guest
  31. 83. kucrut_bike’s

    hahaha…,
    apa bedanya dengan motor yang gak pake catalytic…..?
    Catalytic itu bukan untuk menghilangkan asap bro…?
    Jupi MX yang ganti knalpot juga gak jadi ngebul asapnya tuh…

    Guest
  32. AHM selalu mengikuti trend dunia dalam melincurkan produknya. Tidak sekedar menuruti maunya konsumen yang kadang-kadang tanpa pertimbangan matang.
    Contohnya NMP ini. Konsumen mintanya performa. AHM menjawabnya, dengan tanpa mengorbankan efisiensi dan emisi yang rendah.

    Guest
  33. @masterxeon
    emang gak bakal ngebul.. cuma kadar emisinya itu lho.. yang gak ramah lingkungan lagi.. 😆

    Guest
  34. @80
    I think 5 kg of exhaust not only the reason why Byson have a bad performance comparing to New MegaPro.

    I am sure that Mr. Taufik quite lighter than Mr. Satar.
    But you know, Mr Satar can reach 116 kmph.

    Guest
  35. 88. masterXeon – Agustus 22, 2010
    ========================
    Bahan racun dari gas buang, bukan hanya yang tampak ngebul saja itu, bro. Justru yang tidak kelihatan, yang lebih berbahaya. Masih ingat, kasus beberapa pengendara mobil meninggal, beberapa waktu lalu? Mereka menghirup racun dari gas buang yang sama sekali tidak kelihatan, bahkan tidak berbau.

    Guest
  36. jadi penasaran nih.. berat total catalyc converter ninin 150 brp kilo yak?? klo lebih ringan dari catalyc nya byson, berarti ni byson emang lebih parah emisinya daripada mesin 2tak.. :mrgreen:

    Guest
  37. 88. kucrut_bike’s

    ahahahaha…, tunggu saya konfirmasi ke Bang Opik dulu..

    Bang Opik, Byson ini udah pake AIS juga atau belum ya…?

    Guest
  38. @80. masterXeon

    gak kebayang asepnya kayak apa byson klu dilepas Catalyc Converternya.
    Yg pake Catalyc converter segede gaban aja baru lulus euro 2 gmn klau dilepas???
    kalah donk truk tronton…….???

    😆 😆

    Guest
  39. @100. nhd – Agustus 22, 2010
    @Mastexeon
    Anda mulai tidak ilmiah dan gak peduli lingkungan.
    Mengira emisi gas buang hanya yang ngebul saja.

    ==================================

    emangnya FBY ada yg ilmiah??
    bukannya cuma asal jeplak doank???

    😆 😆 😆

    Guest
  40. Q: kenapa Hnd NMP cukup responsif?
    A: karena kalo enggak SEDIKIT lebih responsif malu dong sama saingan yg lebih sangar tampangnya. jd minimal punya senjata laaagh. mosok seh mau maju perang cm bawa wajan buat tameng doang sementara lawan bawa basoka yagh minim bawa ketapel laah buat nyerang balik… mbuekekekek…. (becanda yah kondisi bisa berbalik Hnd yg bawa basoka Ymh yg bawa ketapel seiring pembuktian di lapangan…. ini jawaban cm iseng njawab pertanyaan judul artikel…. xixixixiixi :mrgreen: )

    Mbeeek….. :mrgreen:

    Guest
  41. waduh, ojo do tawur……….!

    sebenarnya niat hati ga pengen bakar2 an, dan

    sebenarnya saya sangat senang atas kelahiran 2 varian kompetitif dari YAMAHA ataupun HONDA ,yang menjawab tantangan suara hati konsumen….

    walaupun saya lebih cinta CBR saya……. ahhihihih… 🙂

    so…….. yang pada akur yo mas……..

    Guest
  42. coba catalyc converternya byson yang segede gaban itu dipasang di NMP bisa lulus euro 5 kali yak nih NMP nya.. :mrgreen:

    Guest
  43. @106. kucrut_bike’s – Agustus 22, 2010
    coba catalyc converternya byson yang segede gaban itu dipasang di NMP bisa lulus euro 5 kali yak nih NMP nya..

    ==========================

    bhuahahaaaa…………

    bisa aja ente…

    😆

    Guest
  44. waduh… ojo do tawur…..

    sebenarnya maksud hati ga pengen bakar2 an, &

    sebenarnya saya sangat senang dengan lahirnya 2 varian dari HONDA ataupun YAMAHA , yg sama2 kompetitif dan menjawab tantangan, suara hati konsumen,

    walaupun saya lebih cinta CBR saya……. ahhihihihi :

    keep brotherhood mas dab! pilih selera masing2 😀

    Guest
  45. Sudah pada tahu cara kerja catalytic converter belum ?

    kalau belum sini gue kasih tahu :

    catalytic converter ( CC ) gunanya adalah untuk membakar sisa hydrocarbon ( HC ) dan carbon monoxide (CO) dengan memanfatkan panas dari gas buang mesin itu sendiri

    nah apa itu HC ? sini gue terangin lagi deh :
    saat bekerja mesin membakar bensin dan udara menjadi emisi gas buang, lihat rumus pembakaran dalan mesin bensin :

    bensin + udara = Carbondioide + air + emisi
    atau kerennya :

    CxHy + Udara (70% Nitrogen + 20% Oxygen + 10% dll) ==> CO2 + H2O + emisi (NOx, CO, HC/bensin yang tidak terbakar, dll)

    nah disinilah tugas CC, membakar sisa HC dan juga CO,
    HC dibakar menjadi CO2 dan H2O,
    CO dibakar menjadi CO2 yang mudah diuraikan oleh tanaman

    CC terbuat dari logam khusus seperti platinum atau palladium, bentuknya mirip sarang tawon tapi agak panjang, saat kena panas gas buang mesin, sarang tawon ini membara kayak obat nyamuk bakar, nah bara ini yang membakar HC dan CO tersebut mirip tukang sate

    sebetulnya mesin dengan settting bagus dari awal kadar CO dan HC-nya pasti rendah, CC hanya sebagai pelengkap saja,
    lihat saja hasil uji emisi yang dihitung selalu CO dan HC,

    CO rendah artinya desain ruang bakarnya bagus dari pabrik atau kondisinya bersih kalau buat mesin yang sudah dipakai lama, sedangkan HC rendah juga demikian desain timing katupnya bagus atau kondisi carburator atau injectornya bersih

    gue sebetulnya anak mobil bukan anak motor,
    tapi lihat anak-anak motor gontok-gontokan kayak gini asyik juga lho ….HA..HA….HA…

    salam dari si ganteng

    Guest
  46. setelah menyimak artikel2 tentang testimoni test ride Byson and NMP,
    saya melihat ada suatu “kecerdikan” yang ditampilkan oleh H, dan ini merupakan suatu permainan yang “cantik” dan gemilang ….

    saya setuju dengan pernyataan om taufik bahwa Ergonomi dari megapro ini lebih bersifat Daily Touring Bike, dibanding sebuah street fighter tulen …. Sehingga beraura beginner user frendly
    ( inilah kunci dari pemainan AHM …. )

    dengan cerdas H cepat-cepat merilis nich motor dan mengusung THE REAL STREET FIGHTER …..

    wow … begitu berani H mengusung the real street fighter, padahal kata om toufik lebih bersifat Daily Touring Bike

    euleuh-euleuh …… pintar sekali nich H

    dengan mengusung the Real Street Fighter …. konsentrasi Y menjadi lebih terfokus kepada Real Street Fighter, sehingga aspek
    power to weight ratio, efesesnsi power, aspek Bobot Motor kurang dipertimbangkan ….

    walah-walah ……..

    ketika NMP dirilis, kontan saja pihak Byson “mencibir” tampilan NMP, dan dengan bangga Byson cepat-cepat diekspos melalui dunia maya dengan strategi mulut besarnya ….

    wow ….. jelas sang Byson sudah masuk ke dalam jebakan Betmen
    huhuhuyyyyyyyy

    dengan pede Byson menampilkan display yang gahar, gagah dan lebih street fighter ketimbang NMP …

    bahkan NMP diledek, ban-nya seperti ban bebeklah, dst……

    dan jelaslah sudah sekarang :
    siapa yang akselerasinya lebih responsif????
    siapa yang powernya dirasa lebih gede????
    siapa yang lebih bisa ngacirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr?????

    dan cerdiknya lagi….
    NMP lebih familiar di iklim Indonesia
    dia lebih mudah dikendalikan di jalanan INA baik di perkotaan maupun di luar kota ……
    selain itu easy ride menjadi point tersendiri, yang mana tentunya aspek kemudahan mengendarai sepeda motor sudah bukan lagi suatu hambatan berarti, ketimbang Byson yang harus ada penyesuaian terlebih dulu

    dan point lainnya :
    – harga lebih murah
    – inden juga antara 2 – 4 minggu saja

    sekarang terjawablah kesangsian2 masterXeon da saudara jaos
    siapakah yang mengendalikan permainan sekarang ini bung jaos????

    huhuhuhyyyyyyy

    Guest
  47. @100 nhd & ndaru DJL.

    hahahahaha…,
    pantas jadi agak aneh tanggapannya, ternyata komenku di 89 yang mengomentari bro Kucrut kelebihan tanda “?”.

    85. kucrut_bike’s
    beda-la antara byson 4 tak dengan bajaj ngebul yang 2 tak”, kadar emisi-nya pun besa.

    Guest
  48. H cerdik dengan strategi tutup mulutnya, tapi cukup para tester saja yang bicara …. terjawablah segala kesangsian

    Y …. hmmmm terlalu over dosis dengan strategi mulut besarnya, dan cukup terbungkam dengan testimoni para tester ….

    ulasanku yang panjang lebar nyangkut di atas awang-awang

    huhuhuyyyyy

    Guest
  49. Satu lagi mengenai roller rocker arm atau pelatuk klep dengan bantalan laher,

    itu sudah dipakai oleh mitsubishi dari tahun 1980-an di model dan-gan dan eterna, jadi itu teknologi “jadul” tapi sakti lho

    teknologi jadul tapi sakti yang lain adalah TURBOCHARGER, .. ohh yesss,… ohhh nooooo, …….

    Guest
  50. ulasan pendahuluan untuk ulasanku yang panjang

    menurut saya (IMHO) :
    NMP menganut style minimalis, engine maksimalis
    Byson menganut style maximamil sehinga menghambat maksimalis engine

    Akselerasi NMP lebih responsif dan power yang dirasakan lebih kuat sehingga lebih bisa ngacirrrr ketimbang Byson …..

    Tampang memang lebih sangar dan lebih kekar Byson
    tapi ya itu, karena kelebihan beban alias bongsor sehingga menghambat akselerasi ….

    jadi secara tampilan Byson = The Street Fighter
    secara maksimal engine NMP = The Street Fighter

    kesimpulan saya :
    Byson = The Display Street Fighter
    NMP = The Real Street Fighter

    Guest
  51. @115 Kang Udien,

    he..he.he.. itu mirip dengan kasus fortuner vs pajero sport

    satunya gagah dengan body segede gaban tapi kaki-kaki kayak lidi takut sama jalan jelek dan lumpur,
    satunya langsing tapi siap buat dicemplungin ke lumpur dan trabas jalan jelek

    Guest
  52. mnurut gw NMP lebih pas dsebut sport cruiser mengingat gaya riding yg diusung beda tipis sama MPJadul + style NMP yg kurang SF tapi lebih ke SC

    Guest
  53. 115. uDien D’Kabayan

    hahahaha…,
    tak tambah-in…..

    NMP = The Tag Street fighter.
    NMP = The Real Touring Bike (kata Bang Opik)

    Guest
  54. 114. uDien D’Kabayan

    Bearati yang pertama untuk dipajang doang
    Yang kedua untuk benar-benar dikendarai.
    Kalau gitu ya pantes, semuanya serba maya.

    Guest
  55. @ 113. van bhrengozh
    Satu lagi mengenai roller rocker arm atau pelatuk klep dengan bantalan laher,
    itu sudah dipakai oleh mitsubishi dari tahun 1980-an di model dan-gan dan eterna, jadi itu teknologi “jadul” tapi sakti lho
    ==================================

    he he bener mas, nah yg saya omongin sebelumnya bener juga to? (versi bebek lokal)

    nah versi tekniknya sering juga disebut dengan TOMBLER”

    nah, teknologi tombler digunakan di mesin produksi sejak th 70 an….. (spt yg lagi saya setting sekarang ini di pabrik) hi hihi hi sambil manteng blog nya kang taufik

    maap om fik OOT

    Guest
  56. istigfar, istigfar, bagi yang puasa dan eyel2an cepet istigfar,,,
    bagi yang ngga monggo dilanjoooottttt……………

    Guest
  57. @ kucrut_bike’s, nhd.

    motor 4 tak tanpa katalis pun sebenarnya gak masalah….apalagi klo udah pake yang namanya AIS, atau SASS dan lain2, masih ramah lingkungan.
    lain halnya dengan 2 tak.

    Guest
  58. Yaa elaaah… Pada ngehina catalyc converter Byson….
    Mas Taufik bahas juga dunk aplikasi teknologi pada knalpot byson…
    Bahan katalisator nya pake bahan eksotis yg ga murah , platinum, rodium ama paladium yg bisa mengubah NOX atau CO jadii H2O, trus teknologi air induction system…
    BC aja neeeh………………..wkwkwkwkwkwkwk…

    Guest
  59. 114. van bhrengozh

    ohh yesss,… ohhh nooooo, …….
    ======================

    bah…, belum buka puasa ni bro…
    masih di larang mamakai bahasa ariel peterpan.

    xixixixixixixi…

    Guest
  60. Kang Taufik/bro yang lain

    -Apakah catalytic conferter juga dipasang di Bison Indihe?
    -Apakah peraangkat ini baru dipasang kalau pihak yang terkait(pemerintah/dephub/depperin) mewajibkannya?
    Serius, oot nih.

    Guest
  61. Berarti byson pembakarannya belum sempurna, belum menghasilkan tenaga maximal, mix gas masih terbuang sia-sia, hingga butuh katalisator. Dan lagi friksi yang belum diminimize. Hasilnya akselerasi kurang, power ngedrop topspeed kalah, bensin boros.

    Guest
  62. ^^^^^
    Yaelah pake logika darimana tuuuh… Make knalpot berteknologi yg ramah lingkungan apa salahnya………………

    Guest
  63. ada yg BC bilangin knalpot kondom ga yaaa….. wkwkwkwkwkwkkk..
    Teknologi ramah lingkungan apa salahnya.. Emang paling mahal seh komponen catalytic conferter tuuh, dicopot bisa turun bgt harga byson…

    Guest
  64. bandingin hasil emisi gas buang nya aja biar ga BC…..
    catalytic converter emang teknologi mahal buat saluran gas buang…
    Buat yg ga sadar lingkungan mungkin ne teknologi yg lebay buat motor 4 tak…

    Guest
  65. bro…catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…

    yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
    kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…

    NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…

    selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…

    Guest
  66. teknologi ramah lingkungan suatu keharusan um…tp kontruksinya apa harus segede gaban gitu????…scara mtr2 pny H,S dan K..jg pake catalytic converter di mufflernya tp ga segede gaban ky pny byson….. butuh penjelasan yg rasional…^_^

    Guest
  67. yang jelas dengan mengusung the real street fighter, ini merupakan jebakan betmen bagi Y … dan sang Byson pun masuk perangkapnya

    huhuhuyyyyyy

    Guest
  68. bro….. catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…

    yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
    kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…

    NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…

    selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…

    Guest
  69. Lebih gede ya lebih awet, ga perlu sering diganti..Kan bahan2 eksotis nya mahal2.. Harusnya dikecilin aja yaa biar lebih murah.

    Guest
  70. @ 130. Dasa

    rasanya kalau utk motor 4 tak meskipun dengan alasan peduli lingkungan pasang CC segede dan secanggih itu agak2 lebay deh..

    kecuali memang kalau misalnya tanpa CC emisinya luar biasa jelek… jadi mau gak mau daripada dikataian bajaj roda 3 sama FBH…
    ya dengan sangat terpaksa karena NMP udah launching dan gak ada waktu riset settingan.. ya udah kasih CC aja.. :p

    hehehe.. bukan nuduh lho .. cuman opini aja..

    Guest
  71. @123
    masih perlu dikonfirmasi ke pihak YMKI mengenai bahan penyusun catalytic converter-nya Byson. mengenai catalytic converter secara umum, saya menemukan tulisan berikut hanya tentang catalytic converter, bukan secara khusus membahas tentang CC-nya Byson:

    http://triatmono.wordpress.com/2009/08/04/penerapan-pada-motor-catalytic-converter-buat-ngurangin-polusi/

    bisa saja CC-nya Byson pake bahan-bahan yang disebutkan itu, yang tentu saja mahal — berimbas ke harga jual??? –; tapi, bagaimanapun juga, kita masih perlu mendapatkan klarifikasi resmi dari ymki.

    Guest
  72. @141 Penerjemah
    menurut mas3 disinyalir CC-nya Byson termasuk yg paling manteb, dari segi bahan penyusun CC…

    Guest
  73. responsif,mungkin juga karena:
    1. final gear ratio lebih besar angkanya,
    2. overstroke type dimana panjang langkah piston lebih besar dibanding diameter,
    3. kompresi ruang bakar tinggi,
    4. desain pengapian lebih fokus di putaran bawah dan menengah,
    5. apalagi ya?

    Guest
  74. @kampret
    warung tetangga…
    cuma skedar sharing info aja, lagian kang opik n agan rondo kan cs-an
    hehehee 😀

    Guest
  75. komentsku yang nyangkut dah nongol
    pertanda barusan kang taufik sempet nengok warungnya
    thanks kang …. sekarang lagi taraweh ya
    kalo aku gak taraweh…biasa-lah…. terjebak kerja
    ( ini sudah bakat …. bakat ku butuh …..)

    huhuhuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

    Guest
  76. Buat yg bisanya cuman BC aja…..

    copas dari blog Mas Tri aaah

    triatmono – Agustus 22, 2010

    @ndaru
    Bozzz … ndak mungkin laaagh motor 4 tak macem Byson… lebih parah daripada 2 tak… !!! Coz tidak ada oli samping yang dibakar… !!! 😀

    @aaa
    Catalytic converter yang dipakai di byson… yang beratnya 5 kg, menurut gue yang paling mantep yang pernah gue lihat. Bahannya juga nggak murah bozzz…. !!! Jadi kalau soal bicara eco friendly… ataupun yang paling ramah lingkungan… menurut gue Byson ini termasuk yang top markotob. Namun kembali… ada yang dikorbankan… yaaa apa lagi kalau bukan performance.

    Guest
  77. @ 155. gerorogunso – Agustus 22, 2010

    betul bro kang taufik sama agan tri rondo itu CS-1 ( kikikikik…… )

    Guest
  78. @ Dasa
    berarti perlu satu atau beberapa langkah lagi agar penerapan CC ini tidak mengorbankan performance ….

    tapi kalau bicara ramah lingkungan, seharusnya sektor bebek & matic harus lebih mendapat perhatian karena populasinya yang lumayan buanyak …..

    lagian Byson ama NMP mengklaim sudah lulus emisi Euro 2 (kalo gak salah) ….

    dengan demikian memang banyak hal yang dikorbankan oleh Byson dalam head to head dengan NMP, selain mengorbankan performance … juga mengorbankan pangsa pasar, sebab Byson menjadi lebih segmented …. sedangkan NMP lebih frendly ….

    Guest
  79. @ 159. yuda p –

    aku gak ikutan, pokoke itu perkataan mas ganthole (mas ganteng thole), silakan tunggu teguran dari pihak warung ijo dan juragan rondo ……..

    kikikikik……

    Guest
  80. @ 158. gerorogunso

    mlesetin sedikit dari perkataan nt

    lumayan low budget hight impact … seperti strategi Y …

    kikikikik…..

    Guest
  81. @ gan thole
    ya nyambung ujang ….
    maksud saya segmented di sini hanya terbatas kepada yang haus sebagai “streetfighter sejati” ….

    NMP itu frendly, bisa “merambah” berbagai kalangan ….. tidak terbatas “streetfighter sejat” — itupun dari tampilan doang …

    sehingga konsumen byson itu mengkerucut sedangkan NMP itu terbuka …

    sok disambung-sambungkeun jang …

    Guest
  82. kata Dasa nich
    harga CC itu mahal
    otomatis mempengaruhi harga
    sehingga harga NMP lebih kompetitif dibanding Byson .

    sok pasti nyambung kalo dipikirkan jang ….

    Guest
  83. ntu CC.nya byson klo dcpot ngaruh ke handling gag ya??
    scara letaknya yg di Konsentrasi massa/ Centre of Gravity…
    da yg taw gag brow??

    Guest
  84. @ 119. van bhrengozh – Agustus 22, 2010
    @115 Kang Udien,
    he..he.he.. itu mirip dengan kasus fortuner vs pajero sport
    satunya gagah dengan body segede gaban tapi kaki-kaki kayak lidi takut sama jalan jelek dan lumpur,
    satunya langsing tapi siap buat dicemplungin ke lumpur dan trabas jalan jelek
    =========
    xixixixi….. oh di mobil juga ada yang kasusnya sama tho …. :mrgreen:

    Guest
  85. Berbicara masalah psikologi konsumen. Sekecil apa pun selisih harga, tatap banyak pengaruhnya. Contoh,banyak temen ambil meong, alasannya lebih murah. Padahal, hanya 100-200 rb.
    Kalau NMP dan bison beda 400-1100, jumlah yang lumayan bagi kosumen yang mayoritas datang ke dealer dengan dana pas-pasan. Apalagi kalau pas-pasan untuk DP saja.

    Guest
  86. IMHO, mengapa bison tidak bisa kasih harga kompetitif. Mungkin Y sudah terlalu banyak berkorban untuk ngangkat Vixi melawan MGL pada tahun-tahun awal kemunculannya. Nah sekarang, mengingat beban Y yang lebih berat, termasuk di motoGP, hal itu tidak bisa dilakukan lagi pada bison. Konsumen harus ikut mikul.

    Guest
  87. sebuah catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…

    yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
    kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…

    NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…

    selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…

    Guest
  88. Dasa wrote :
    Yaa elaaah… Pada ngehina catalyc converter Byson….
    Mas Taufik bahas juga dunk aplikasi teknologi pada knalpot byson…
    Bahan katalisator nya pake bahan eksotis yg ga murah , platinum, rodium ama paladium yg bisa mengubah NOX atau CO jadii H2O, trus teknologi air induction system…
    ============================
    hodooooh…..
    honda dah lama pakai cc gan… dari jamannya mega pro, vario, beat, cs1…..
    ( lihat belahan knalpot di stand OEM honda waktu event balap HRC )

    Guest
  89. sambungan 111. uDien D’Kabayan

    Tag : “The Real Street Fighter”
    benar-benar suatu kecerdikan yang cemerlang ….

    Byson yang merasa lebih Fight daripada NMP segera mengekspose dirinya di dunia maya, malah sampai membuka inden online
    Byson sangat merasa pede bahwa dirinya lebih Street Fight ketimbang NMP … bahkan test ride bersama blogger pun digelar lebih dulu ketimbang NMP …..

    wow ….. walau Byson belum dilounching, tetapi sudah di test sehingga Byson masuk jebakan Betmen-nya NMP tanpa bisa keluar lagi ….

    giliran NMP di test-ride oleh para blogger, ketauanlah bahwa Byson itu mengutamakan tampilan street fighter sehingga performa terkorbankan …..

    hohohoh …… sudah kita tahu semua bagaimana testimoni dari para blogger …
    – akselerasi NMP lebih responsif
    – power lebih terasa kuat
    – dan nmp akan lebih ngacirrrrrrrrrrr ketimbang Byson

    sadarlah byson bahwa performa terkorbankan …
    tapi apa mau dikata … Byson udah ditest .. udah digembar-gemborkan bahkan udah buka inden onlien ….

    one again : shiipppp dech jebakan betmennya H …

    salam

    D’Kabayan

    Guest
  90. @172 masterXeon , betul betul betul, juga rx king generasi terakhir…

    @173 uDien D’Kabayan, nampaknya yg akan terjerat jebakan batman lagi adalah sport 225 cc face lift yg akan diluncurkan…..

    Guest
  91. Oke deh jangan mempermasalahkan katalis Byson, belum tentu cuma katalis byson yang mencekik tenaga byson. Lagian byson udah diimbangi cc yang lebih besar dari Nmp.
    Gimana dengan mesinnya,
    Bore stroke Byson: 58×57,9 (153cc).
    Bore stroke Nmp: 57,3×57,8(149,1cc)
    Durasi & ukuran klep: ?
    Timing pembakaran: ?
    Gear ratio: ?
    Desain inlet&outlet gas:?
    Disinyalir perhitungan efisiensi mesin bagusan Nmp.
    Byson perlu diutak-atik lagi.
    Dagrex juga udah siap dengan part pendongkrak performa byson. Akhirnya keluar duit lagi.
    😆

    Guest
  92. @ 173 Moonraker
    apakah itu ?????

    @ 177 earphane
    katanya Byson ini sudah mumpuni sebagai kelas streetfighter, tapi harus dikotak-katik lagi, malah CC-nya harus diganti dengan yang lebih ringan ….. (kata masterXeon lho)…. ckckckckck….

    Guest
  93. ROUND 4 PETRONAS ASIA ROAD RACING CHAMPIONSHIP
    Madras Motor Sports Track, India
    UNDERBONE 115cc – RACE 1
    OFFICIAL RESULT

    1.Fitriansyah Kete/INA/Bikers Indonesia BRT Racing Team/
    Yamaha
    2.Hadi Wijaya/INA/Kawasaki NHK Rextor MTR Manual Tech Racing
    /Kawasaki
    3.Denny Triyugo/INA/Yamaha TOP 1 FDR/Yamaha
    4.Hokky Krisdianto/INA/Yamaha TOP 1 FDR/Yamaha
    5.Md Rozaiman Md Said/MAS/Motul Yamaha Y Y Pang Racing Team/Yamaha

    Guest
  94. @ byson

    itulah ungkapan keputus asaan dr byson………

    tetep aje yg paling yahuddd y NMP lah…….

    🙂 🙂

    Guest
  95. 180. moonraker – Agustus 22, 2010
    ……………………………………
    hodooooh…..
    honda dah lama pakai cc gan… dari jamannya mega pro, vario, beat, cs1…..
    ( lihat belahan knalpot di stand OEM honda waktu event balap HRC )
    ==================================
    Ternyata tetap responsif.

    Guest
  96. @fik, kitiran RPM-nya masih dilimiter atau sudah bisa over red line Kang?, kalo masih di limiter speed sudah 106,6kph (dan itu di peroleh di gear berapa yach?), begitu di unrestricted bisa bablas bener nih motor speednya….., tapi kalo dari pengalaman aye kang, ganti ban gede juga ngaruh ke akselerasi loh..

    Guest
  97. @187 & 188

    byson sama NMP sama2 motor bagus.. 🙂
    saking bagusnya saya ga bisa beli.. cman bisa mengatakan 2 motor ini motor bagus & keren .. 🙂 saya juga suka vixi..karena ane juga pake..saya suka tigi soalnye ane juga pake.. 😀

    2 motor ini udah beda genre..
    satu emang genre nya light streetfighter..satunya emang genre light sport touring.. so kembali lagi keselera masing2.. 🙂
    maaf kalo jadi curhat.. 😛

    salam brotherblog & brotherhood

    Guest
  98. Td nonton just alvin, liat aa gym…ya ampun orang kya dia sempet tergelincir, yg bagi dia negatif tapi bg orang2 biasa…gila yah, kya kta ini pernah gak yah intropeksi diri….

    Guest
  99. 191. uDien D’Kabayan – Agustus 22, 2010

    Pokoknya, strategi omdo yang diumbar hampir dua tahun, berantakan setelah review hasil tesride para blogger. Strategi melalui dunia maya, berantakan oleh dunia maya pula. Kalau dunia nyata, yang realistis yang akan eksis.

    Guest
  100. Iklan samsung champ dah beredar di tv….dian sastronyah hadooooh….

    Udin
    Intropeksi apa neh bro…wakakakakaka, bsa aja

    Guest
  101. Dah selesai???? Ayo istirahat…bsk kerja lagi…masak air, mandiin anak, anter ke sekolah….aduh, bapaknya yg nganter aja belum mandi…hehehe

    Guest
  102. @203
    mono=satu, cross=silang, shock=kejut ….
    monoshock = satu peredam kejut
    monocros = satu disilang-silang…hmm bingung gw.

    xixixi

    Guest
  103. monggo aza plh sesuai selera..byson n nmp puny plus minus..hehe..
    Pake cc kalo gak dirawat jg cpet jebol n emisi gas buangny ancur2an..gak pake cc tp ud da teknlg lain yg mengurangi emisi kalo dirawat jg bgus..
    So,pabrikan ud memperhtgkan..yg pnting dirawat n sfty 1st.
    Salam damai buat bro smua

    Guest
  104. Monocross istilah dari yamaha, kawasaki ngasih istilah Unitrak, honda dengan proLink, suzuki juga tapi lupa istilahnya.
    Itu semua istilah untuk konstruksi monoshock yang dimana sokbekernya tidak berhubungan langsung dengan swingarm.
    CmiiW.

    http://i270.photobucket.com/albums/jj84/sfsaelendra/ShockMountLower700p.jpg

    Guest
  105. detik.com
    ——–
    Minggu, 22/08/2010 16:08 WIB
    Jelang Sahur, Perampok Bersenpi Beraksi di Bekasi
    E Mei Amelia R – detikNews
    Jakarta – Kawanan perampok bersenjata api beraksi di sebuah warnet di Jalan Raya Kusuma Barat Blok AA1 No 10 RT 10/18 Duren Jaya, Bekasi Timur. Mereka berhasil membawa kabur 2 motor yang diparkir di depan warnet 24 jam itu.

    “Pelaku diduga membawa senjata api jenis revolver,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kompol Ade Ari Syam Indradi saat dihubungi wartawan, Minggu (22/8/2010).

    Ade menjelaskan, peristiwa itu terjadi menjelang sahur atau sekitar pukul 03.00 WIB. Pelaku yang berjumlah sekitar 6 orang itu kemudian mendatangi warnet yang buka 24 jam itu.

    Dua pelaku di antaranya, mengambil motor Yamaha Mio milik pengunjung warnet dengan cara merusak kunci dengan Letter T. Sementara 4 lainnya berjaga-jaga sekitar 100 meter dari lokasi.

    “Dua motor merek Yamaha Mio dibawa pelaku,” katanya.

    Aksi itu sempat diketahui oleh penjaga warnet bernama Hendra dan Iqbal. Mengetahui aksinya yang dipergoki, seorang pelaku menodongkan senjata api ke arah saksi.

    “Senjatanya diduga revolver rakitan,” ujarnya.

    Karena takut, saksi kemudian mundur. Sementara pelaku berhasil meloloskan diri dari kejaran warga.

    Hingga kini, polisi masih menyelidiki kasus tersebut. “Saksi yang sudah diperiksa enam orang,” tutupnya.

    ——————————

    bison ada secure key-nya gak ya ?…hati2 dimalingin…hehehe
    feature…feature ….dong…bukan kondom plastik ….

    Guest
  106. Wah seru banget ya baca-baca komen temen-temen dari AHM, emang ga percuma AHM punya team Sales dan PR yang hebat, sampe-sampe merambah ke Blog-blog buat bikin opini produknya superior dari produk kompetitor. Untung aja dulu gw ga jadi kerja sama buat campaignnya AHM. Kalo nggak dosa banget deh harus Takabur :P.

    Jadi inget sama AHM yang perang iklan sama Beijing, (Mandra vs Rano Karno)

    Keep riding My Grand Impressa, ampe ngacir dah…
    Salam AHM ya Guys

    Guest
  107. Dulu sebelum byson di rilis, katanya alasan utama gak juga di rilis karena lagi di tes & untuk penyempurnaan & kata petinggi yamaha juga, Byson yang di indonesia spek nya lebih tinggi dr di India, tapi nyatanya sama aja, lalu apa gunanya dong testing lama-lama kalo gak ada perbedaan signifikan, bilang aja gak ada modal buat produksi….

    Guest
  108. Menurut hemat saya, kenapa kecepatan Byson di kebiri. Agar tidak memakan pasaran Vixion. Kalau mau head to head dengan NMP untuk pemakaian dalam kota. Yamaha cukup melawannya dengan Vixion, secara lebih superior dari NMP.

    Lagi pula analisis saya, berdasarkan warung ini dan warung tetangga. Mungkin segment Byson, lebih kearah touring. Berkaca pada ergonimi ketika mengendarainya. Dan pemakai Byson tidak terlalu pusing dengan pemakainan bahan bakar dengan Oktan tinggi, yang jarang di dapat di luar kota-kota besar di Indonesia.

    Lalu kalau NMP menurut saya sih. Hanya melanjutkan kasta GL-Pro yang sudah ada. Dia didesain masih konservatif, tidak out of box. Agar semua segment bisa dirangkul. Sesuatu yang menjadi ciri khas Honda selama ini.

    ======================

    Kalao berkaca pada sejarah kedua pabrikan tersebut sih. Kesimpulan saya seperti ini.

    Honda = Produk-produk Honda diciptakan agar semua orang dapat memiliki motor pada waktu itu. Waktu dimana Warga Jepang kesulitan memiliki kendaraan ketika pasca perang dunia.

    Dengan dasar filosofi itulah. Honda selalu menciptakan mesin-mesin yang bagus. Yang dapat di miliki semua orang. Mereka menciptakan mesin sesuai kemamuan mereka, berdasarkan kebutuhan pasar yang ada. Sedangkan ;

    Yamaha = Pada awalnya, Yamaha hanya perusahaan pembuat alat-alat musik. Tapi ketika pasaran roda dua mulai membooming. Yamaha pun mencoba peruntungannya di kancah roda dua.

    Karena basicnya dari perusahaan musik. Mereka selalu menciptakan kendaraan yang nyaman di kendarai. Yamaha lebih menggunakan pendekatan personal terhadap setiap produknya.

    Karena atas dasar itulah, budaya kedua pabrikan begitu berbeda. Yang satu budaya Kerajaan, sedangkan yang lain lebih Humanis. Yang pada akhirnya ber imbas pada produk-pruduk mereka masing-masing..

    – Sorry OOT –

    Guest
  109. Motor Honda sudah jelah tarikan gas nya lebih responsive drpd produk motor Yamaha yg sekarang2 contoh new Jupiter Z dg Blade, klo pas baru start yg lebih ngotot nge-gas ya New Jupi, Blade ditarik gas dikit aj dah bergerak, di gigi2 bawah new Jupi lemot bgt dibandingin am Abs Revo… Nah bgtu jg NMP dg si byson ini yak..,

    Guest
  110. @masterXeon
    apakah yakin jika alat tersebut dicopot jadi lebih responsif dari NMP… KAlo lebih respon dari sebelumnya iya… tapi lebih responsif dari NMP perlu ditest dulu bro…

    Guest
  111. hehehe ko’ pada ngeributin Byosn sama NMP sih…..dah pada punya belum ???
    masing2 punya pilihan…..semua motor punya plus minusnya….nyantai aja bro….

    Guest
  112. @fans_ayanami
    sya setuju sama pendapat mas…. performa byson dikebiri biar gak banyak makan pasar vixy…..

    http://barudakgudang.wordpress.com/2010/08/22/menilik-hasil-test-ride-honda-new-megapro/

    Guest
  113. “new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj dengan gambaran akselerasi 0-200 meter dengan kecepatan awal 0 km/jam ditempuh dalan 11, 7 detik”
    ——————————————————————–
    Kayaknya udah jelas (atau saya yang salah menafsirkan :D) bisa dipacu sampai 106,6 km/jam dengan gambaran akselerasi 0-200m dalam 11,7 detik, itu artinya untuk menempuh 200m dari posisi diam dibutuhkan waktu 11,7 detik dengan speed pada saat menyentuh jarak 200m adalah 106,6 km/jam. Bukan begitu kang opik 😀

    Guest
  114. kang taufik, nitip dikit yah catatan soal niat byson dan new megapro ngacak-ngacak kelas 150cc, trims http://edorusyanto.wordpress.com/2010/08/23/byson-dan-new-megapro-obrak-abrik-150cc/

    Guest
  115. @218 m.Jikson,
    Banyak bro yang telah diriset.
    Selama hampir setahun ymki telah memodif fz16 menjadi byson diantaranya:
    -Ban lebih kecil
    -setang lebih pendek
    -ada kickstarter
    -spek lebih tinggi yaitu 19.9juta.
    Soal mesin lebih halus atau lebih berperforma? Hmm(?).

    Guest
  116. di jakarta yang matjet ato di kota2x besar yang matjet ngapain beli yang lebih sedikit responsif ……..gak ngaruh….kena matjet……pake cakram belakang juga ngapain…lha wong top speed cuman 106km/jam

    Guest
  117. Makin malem makin rame…
    Seperti yang dibilang mas taufik, NMP cocok untuk pemakaian dalam kota…..

    Jangan lupa mampir ke lapak ane…. (Mas Taufik nitip…)
    Diam-diam AHM launch stripping baru Vario Techno tanpa seremonial, mo tahu lebih lanjut stripping baru Vario Techno

    http://cbr250r.wordpress.com/2010/08/23/stripping-baru-honda-vario-techno/

    Guest
  118. kalo liat performa NMP, emang beda ama tiger..jadi gw nganggap kalo NMP nggak bakalan ngambil segment Tiger..
    nah yang gw bngung, antara Byson dan Vixi..kayaknya saling menyerang tuh..pembagian segmentnya kurang jelas..

    Guest
  119. Kenapa New Mega Pro Responsif ??
    IMHO ya karena Motor kompetitor ( Byson ) tidak responsif ….Klo Motor kompetitor responsif judul artikelnya ya nda kaya gini…Gt aja kok repot………………..
    :peace

    Guest
  120. @ Agan-agan

    Gan…Catalitic Converter mah bukan cuma ada di Byson ajah atuh..itu NMP juga ada..Infact, Honda malah dah ada di semua motornya, kecuali yang kelas entry level…Itu Vario keluaran awal juga dah ada kok..belek ajah knalpotnya nti juga keliatan

    BTW iya yak..kamana nih Mr. YMH..AKA JAos???

    Guest
  121. Byson VS NMP std pabrikan.. ditest barengan di sentul aja.. ane yakin seyakin2nya pasti Byson lah yg lebih unggul.. Motor Honda mana ada bisa lari sih.. honda skrg sih yg penting murah dibikin dari material yg murah,biar cepet rusak,biar cepet ganti onderdil yg baru dan pada akhirnya harus mengganti dengan model honda yg terbaru, gak kaya Honda zaman dulu..
    HIDUP ASTREA

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here