Bro sekalian, beberapa dari Bro sudah mengetahui bahwa salah satu kegemaran saya adalah tanaman . . . beberapa tahun yang lalu saya cukup sibuk memelihara beberapa Spesies tanaman Buah yang Unik .. .  nah salah satunya adalah Kecapi bangkok. Kecapi (Sandoricum koetjape) mungkin sudah tidak asing lagi bagi bro sekalian yang tinggal di daerah Jakarta. Dulu sewaktu kecil keluarga saya tinggal di perkampungan pinggir timur jakarta (daerah Ciracas) nah disana banyak banget Pohon Kecapi yang besr buahnya  seukuran Bola tenis. Nah Yang saya tanam di kebun kecil saya adalah kecapi bangkok . .. dimana-mana yang namanya bangkok biasanya memiliki penampilan yang gede ya he he . ..  nah Ukuran Buah Kecapi bangkok ini bisa mencapai 3 kali lipat kecapi biasa

Ini adalah Musim Berbuah Kedua setelah musim  pertama akhir desember 2009 lalu . . . Bila Akhir tahun lalu saya hanya memperoleh 4-5 buah saja . ..  kali ini lebih buanyak, saya sendiri yang ‘nyengget’ sambil naik Pohon yang tingginya masih sekitar 3,5 m ini. Bobot dari buah yang terberat bisa mencapai 1 kilo gram . ..  yang mengherankan . ..  koq batang/tangkai buahnya bisa kuat begitu ya? he he eh eh. rasanya, kalau sudah matang sih manis asem-asem githu, daging buah yang menempel di biji tidak ngelotok seperti rambutan.  Oh ya Bibit dari kecapi bangkok ini saya beli dari Nursery bapak Mubin Usman di Bilangan Depok sekitar 4 tahun yang lalu . . . kecapi ini saya bawa ke Yogyakarta, dengan maksut agar benihnya bisa ditebar di Yogya .. .  kali-kali aja bisa bermanfaat he he he

ada yang mau? . . . dateng aja ke newsroom tmcblog.com ..  . manjat sendiri/nyengget sendiri xixixiixxi :mrgreen:

Taufik of BuitenZorg

69 COMMENTS

  1. Kang opik,
    Belum pernah makan buah kecapi kang.. 🙁
    daging buahnya mirip buah apa?
    Hebat bisa gede gt.. Jd penasaran, boleh dong mampir ke kantor kang opik ngambil..kl ke bogor kejauhan..hihi.. 😀
    Kalo cabai yang dr gurpur yg dibawa dr tailand udah ada buahnya kang?

    Guest
  2. gile buahnya segede gaban hahhaha
    kalu buah bangkok mudah menyebar di mari kalu motor bannkok(ckd thailand) kok susuah ya..

    Guest
  3. @buat yang penasaran sama kecapi siahkan cekidot di :

    http://id.wikipedia.org/wiki/Kecapi_%28buah%29
    http://www.tradewindsfruit.com/santol.htm

    btw ini gambr bentuk fisik kecapi ‘biasa’ :

    coba lihat bentuk daunnya . . . . sedikit beda kan dengan daun pada gambar kedua artikel ini
    kecapi bangkok memiliki daun yang lebih ‘bangkok’ juga dibanding kecapi biasa xixixiixxi :mrgreen:

    Administrator
  4. reminds me of childhood memories..
    pohon kecapi dimana2, kalo lg musim buah pada jatuh & terbuang sia2 (saking banyaknya),

    waktu SD, karena susah buka kulit kecapi nya, saia jepit pake sisi dalam daun pintu… he he he

    yg paling enak tuh kecapi daun, warna hijau,,
    daging buahnya lebih tebal dg biji yg lebih kecil.. mmmmm… yummy…..

    Guest
  5. Di tempat nenek jg ada kecapi, dl ane pikir buah apaan n ane kira ga bisa di makan, jadi dibiarin terbuang, setelah itu liat bibi makan, oh ternyata bs dimakan.

    Guest
  6. Gede banget mas, aku minggu kemarin ke Jonggol, lihat kecapi ngegantung dipohon orang, bawaanya pengin manjat aja. Untung kita berjauhan boss. Manis nan asem asem, kalo sudah matang daging buah kleyer kleyer semi pasat…hmmmm..

    Guest
  7. Dah ditanem sama pak hadiyanta mungkin juragan.. :mrgreen:

    asli baru tadi malem liat yang namanya kecapi
    http://adhanihoree.wordpress.com/2010/10/03/kopdar-bersama-tmc-gus-tri-pak-edo-sl-com-di-jac-hotel-novotel/

    Guest
  8. enak tuh…..bagi donk… jadi inget waktu kecil nyolong kecapi di kebon babeh betawi di bekasi waktu pulang sekolah…..hehhehee

    Guest
  9. kecapi… hmm acemm, itulah kesan makan buah kecapi yang dulu pernah ada didaerahku (sekarang udah langka)
    tapi gak tau deh rasa kecapi bangkoknya kang opik ini, yang pasti kayaknya warna ama sizenya menggoda gitu ya..
    mau dong kang, 1 aja…

    ngomong2 kecapi duluan mana ya, penamaan pohon/buah kecapi atau kecapi yang alat musik tradisional itu..??
    anybody knows..??

    Guest
  10. berbuahnya musiman ga mas.. niat koleksi juga kalau ga musiman…
    kalau kengkeng yg saya tanam buahnya terus terusan keluar.. tp pupuknya ada kandungan potasium klorat sih. dapat beli di www.pupukag.com
    terbukti pada aplikasi ke lengkeng aroma duren, puangrai, itoh, pingpong aun lebar dan diamond river. info dapat dari blog ayoberkebun mas hervin.

    Guest
  11. entar kalo maen ke buitenzorg tak nengget sendiri mas, wahwah wah, semalem tak kira kelapa gading 😀

    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/10/03/kopdar-indomotoblog-jogja-meet-greet-again-juragan-tmc-sl-com-rsa-bang-edo-juragan-rondo-gus-tri-angkringan-jac-novotel/

    Guest
  12. tadi aku liat acara motomaxx di antv liputan tentang launching bison dan new scorpio z di bromo.. kog mas taufik gak keliatan yach..?

    Guest
  13. mas Taufik..
    punya sy kecapi lokal tingginya 15m….
    buahnya kecil2..
    kemarin lebaran mungut yg jatuh banyak skali…
    insyaallah 2 thn lg dipanen kayunya.
    hehehehe…

    panen kayu kecapi.

    Guest
  14. @uDien
    kayu kecapi ini menjadi kayu pilihan untuk bikin rumah setelah kayu nangka..
    seratnya padat.
    tapi kayu jeunjing atau sengon paling banyak yg pakai, soalnya mudah ditanam.
    ntar kalau nebang dibawa pakai Tiger saja…
    hehehehe…

    Guest
  15. Kecapi bangkok ada juga tho ? tak kirain cuma jambu sama pepaya aja yang bangkok,
    Daerah Ciracas sekarang dah hampir punah juga pohon kecapinya Om Taufik,
    Waktu sd saya kenyang kecapi, duku sama duren kebon, sekarang jadi pemukiman semua.

    Guest
  16. ngiler bacanya..waktu jaman saya sd masih banyak taneman ini. sekarang ud punah tergusur perkembangan jaman

    Guest
  17. @Moonraker

    Iya bro.. sebelum buka tmcblog, tadi searching di google, dapet artikel di kompas “Mubin, Spirit Menghasilkan Bibit Unggul”. Ehh gak taunya di tmcblog udah dijawab sama mas bro.

    Thanks ya.

    Guest
  18. Jogja dmn mas? tepatnya dijalan apa? kebetulan lg ngidam bgt…udh hampir 15taunan ga makan tuh buah,soalnya dijkt udh jarang nemuin tuh buah..klo sy minta dipaketin bs ga yaaaaaaa???? ^_^ …klo bs harga/kgnya brp(klo bs jgn mhl2 mas..^^) sekalian ongkir ke jkt… ^_^

    Guest
  19. maap mas, mgkn artikel nya udah 2 tahun lalu.
    boleh tanya, dimana saya bisa cari dan membeli buah kecapi? syukur2 kalo ada yang bisa dikirim. boleh mohon informasinya? thanks before.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here