jump to navigation

Kenapa sih di SPBU Shell Kalo Isi bbm harus turun Dari Motor? October 6, 2010

Posted by Taufik TMCBlog in : Safety Defensive Riding , trackback

Bro sekalian, Mungkin sudah banyak blog dan Forum yang mengulas SOP pengisian bahan Bakar di SPBU Shell dimana pengendara Rodadua (motor), nggak perduli jenis Bebek, Skutik maupun Motor sport  harus Turun dari kendaraannya. Akan tetapi kali ini saya mendapatkan pernyataan resmi dari Ibu Fathia Syarif, Manager – Media Relations, External Affairs & Communications PT Shell Indonesia yang ternyata didasarkan atas kepedulian SHell terhadap Keselamatan Pengendara motor itu sendiri . .. berikut jawaban ibu Fathia yang dikirim langsung ke news room TMCblog.com.

“Ada beberapa alasan kenapa kita meminta pengendara motor roda dua  untuk turun pada saat pengisian BBM:

Api akan terjadi  jika ada udara, bahan bakar & panas. Kebanyakan sepeda motor mempunyai tanki BBM diatas mesin,  sehingga jika terjadi tumpahan BBM besar kemungkinan akan terjadi api. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadinya tumpahan atau kebakaran, reaksi pengendara motor akan lebih cepat jika tidak berada di atas motor. Selain itu,  jika  saat mengisi BBM si pengendara motor duduk di atas motornya, maka ‘biasanya’ posisi motor tidak di standar, tapi ditopang oleh kaki si pengendara. Jika ada keadaan darurat,   maka motor bisa  terjatuh dan bisa juga jatuh  ke si pengendara sehingga efek insiden akan lebih fatal.

Hmm penjelasan yang lugas dan jelas diatas hampir tidak terpikir oleh saya sebelum ini. Coba bayangkan bila ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi misalnya ada percikan api, memang akan lebih sulit bagi kita yang duduk di atas jok motor sport untuk bisa sigap dan cepat menghindar karena posisi kita yang tidak Siaap. Hebatnya, adalah Pengendara motor sport (termasuk saya sendiri) bila di spbu Shell bersedia turun dari motor, akan tetapi bila mengisi bbm di spbu lain . ..  yaaa tetep nangkring lagi he he he.

Oke deh sekarang udah tahu kan Latar belakang SOP ini . . . kalo saya sih Mulai saat ini bertekat untuk turun dari motor sport saya saat mengisi bbm di spbu manapun . ..  Kalo naik si Pinky sih dah pasti turun soale tangkinya ada di balik jok xixiixxi :mrgreen: Dan saya berharap SOP semacam ini menjadi standar Baku untuk semua SPBU di indonesia apapun Brand nya . . . gak usah malu jadi attitude follower demi keselamatan !! Silahkan share komentar bro . . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

foto terakhir : SL.com

Tags:,

Comments»

1. ADI7MCG - October 6, 2010

Podium. . .

2. vendhyx - October 6, 2010

pertamax

3. ADI7MCG - October 6, 2010

Keduaxx?

4. Dani Ramadian - October 6, 2010

Keduanya…

5. Maskur® - October 6, 2010

10 besarrrrrrrrrr

6. Maskur® - October 6, 2010

Pertamax yang : LIKE THIS

7. aris - October 6, 2010

wow

8. Eda - October 6, 2010

ketiga… wah baru tau juga ane.. ikutan ah.. turun juga dr motor

9. Dani Ramadian - October 6, 2010

Aq mesti turun kok dari jog motor
Kan motor di rumah “bébék” semua
Kalo nggak turun nggak bisa…

DAN YANG TERPENTING ADALAH SOPAANNNN!!!
:)

10. JuLiUz - October 6, 2010

wah ternyata kepedulian keselamatannya sampe segitu broo..
hebat..

sekalian absen deh

11. ADI7MCG - October 6, 2010

Dapat pertamax dulu baru turun dr mongstor. . .

12. bynewmustkid - October 6, 2010

kenceng bener yaks…

13. BYONIC - October 6, 2010

inilah perusahaan standar international….

semua sangat teliti dan hati2

14. aanhamzah - October 6, 2010

owalah..,
SOPnya keren. Sampe hal-hal yg sedetail itu..

15. bynewmustkid - October 6, 2010

emang bener saat kita ngisi di shell tanpa disuruh langsung turun dari motor, tapi saat di pom lain pasti tetep nangkring gak mau turun…. padahal bahaya selalu mengintai…

16. BRAM - October 6, 2010

SAFETY FIRS

17. aan - October 6, 2010

mobil jg harus turun yaa?

18. chi - October 6, 2010

turun dr motor + matiin engine motor .. mantap tuh …

19. Sendal bolong - October 6, 2010

Kalo bebek, PASTI harus turun dulu gan, kalo gak, ngisinya dari mana…? :mrgreen: :mrgreen:

20. Mbahrowo - October 6, 2010

Emang harus begitu, tapi kadang kitanya yang “bandel”

21. elsabarto - October 6, 2010

kebetulan selalu turun dulu, maklum baru bisa kebeli bebek

22. uDien D'Kabayan - October 6, 2010

gancang teuing brojolna trit teh euy …
lieurrrr… sare heula ah …. zzzzzz

23. cak poer - October 6, 2010

He.he.he padahal salah satu alasan kenapa aku milih mongtor sport ya biar ga usah capek2 turun kalo lagi ngisi bensin di SPBU :P

tapi emang ada benernya, datangnya musibah kita ga pernah tahu, yg terpenting ada pencegahan/antisipasi sebelum kejadian ;)

24. Youngrider - October 6, 2010

Takut belum bayar trus kabur :D

25. satria_120r - October 6, 2010

SETUJUUU !!!!
soale tangki bensin motor ku jg dibawah jok , hehehe :mrgreen:

26. blognyamitra - October 6, 2010

Safety First !!! :)

27. R1EZ - October 6, 2010

waktu ane di Jepun juga sama, semua SPBU menerapkan hal yang sama

28. ashley soulsick - October 6, 2010

saya cinta kerang kuning dah….

29. Taufik - October 6, 2010

@26. blognyamitra
selamat ulang tahun yang ke 32 bro :) :)

30. tigerpiceks - October 6, 2010

walah mulai sekarang harus TURUN!!! :nohope:

31. biyon - October 6, 2010

lagian kalo ngga turun dari motor, ngga akan dilayanin…..:D..:D

32. Sepang Lover - October 6, 2010

banjir artikel weeezzzz di TMC

33. Soga - October 6, 2010

Merepotkan kalo menurut saya, kejadian yang ditakutkan sama sekali belum pernah saya dengar; Umumnya motor dalam keadaan mati pada saat pengisian BBM, dan BBM nya Shell butuh suhu yang relatif sangat tinggi untuk bisa terbakar dan saya yakin panas mesin motor gak bakalan memicu terjadinya kebakaran; lagipula kalo kita mengikuti logika berpikir Shell, Bukankah lebih berbahaya pada saat kita mengendarai motor hal itu (kebakaran) terjadi? Mesin menyala suhunya pasti lebih panas dibandingkan jika diam ditambah dengan segala kelistrikannya yang aktif lebih memungkinkan percikan Api bukan? Trus demi keamanan kita ngga jadi Pake Motor? Please deh ah.

trus keadaan darurat macam mana yang bisa bikin motor kita jatuh saat kita tahan sama kaki2 kita. Lampu merah Jakarta bisa sampe 5 menit nyala dan saya belom pernah mendengar ada orang gak kuat nahan motornya dan motornya jatuh.

Ngisi Pertamax aja, or Total; BTW Total juga nerapin hal yg sama awalnya, tapi sekarang dah ngga :)

34. Taufik - October 6, 2010

@32. Sepang Lover
banjir kiriman . . .bogor ujan kang

@30. tigerpiceks, 8. Eda
alhamdulillah :)

35. chi - October 6, 2010

23. cak poer – Oktober 6, 2010

He.he.he padahal salah satu alasan kenapa aku milih mongtor sport ya biar ga usah capek2 turun kalo lagi ngisi bensin di SPBU :P
===================

uap bensin’a itu lho mas .. buahaya ..

36. Kenapa sih di SPBU Shell Kalo Isi bbm harus turun Dari Motor? (via Taufik & Motorcycle™) « Just Share It - October 6, 2010

[...] Kenapa sih di SPBU Shell Kalo Isi bbm harus turun Dari Motor? (via Taufik & Motorcycle™) Oleh fiqr Emang bener sih pengendara motor seharusnya menyadari arti keselamatan ini disaat mengisi bensin. Tetapi rata-rata pemilik motor bebek lebih banyak mematuhinya karena harus turun kalo ga turun mana bisa isi bensin wong ada di bawah jok. Sebetulnya ga semua spbu shell melakukan hal sama saya beberapa kali lihat di spbu shell fatmawarti dan bintaro ada beberapa pengandara motor sport tidak turun dari motor ketika mengisi bensin. Bahkan ada beberapa kali saya melihat pengendara harley tetep nangkring di motornya sambil mengisi bensin. Seharusnya petugas spbu tidak segan mengingatkan bahaya tersebut. Jika tidak semua akan dirugikan. Masyarakat juga harus sadar jika diingatkan oleh petugas spbu demi keselamatan bersama. Bro sekalian, Mungkin sudah banyak blog dan Forum yang mengulas SOP pengisian bahan Bakar di SPBU Shell dimana pengendara Rodadua (motor), nggak perduli jenis Bebek, Skutik maupun Motor sport  harus Turun dari kendaraannya. Akan tetapi kali ini saya mendapatkan pernyataan resmi dari Ibu Fathia Syarif, Manager – Media Relations, External Affairs & Communications PT Shell Indonesia yang ternyata didasarkan atas kepedulian SHell terhadap Keselam … Read More [...]

37. Sepang Lover - October 6, 2010

Tambah 1 lagi Gan biar lima tar rekor artikel of the year

38. Fraziel is back - October 6, 2010

Oo masuk akal juga ya..
Baiklah mari kita praktekkan bersama2..

39. Moncer - October 6, 2010

wah brarti desainer bbrp motor kayak ZX130 atau Kanzen n matik Kymco gak merhatiin aspek safety dong soale bisa ngisi bensin dari bagian depan sih

40.    noboy    - October 6, 2010

ke spbu shell…..

cuma ngejar isi angin digital gretooonngg….

kelak,
kalo motor baru isilah bensin di shell…..
kwaliti is premium..

^_^

41. Taufik - October 6, 2010

@33. Soga
menurut saya bukan berasal dari percikan api karena pertemuaan bbm-panas-udara seperti yang ibu Fathia saja yang menjadi potensi bahaya . . . pointnya disini adalah posisi seperti ini:

memang jikalau dipikirkan bukan posisi yang siap dalam menghadapi sesuatu yang terjadi di sekitar .. . bayangkan kaki kita – yang biasa kita pakai untuk berlari saat reflek terhadap sesuatu hal – digunakan untuk menopang beban motor .. . so posisi inilah yang menurut saya dianggap sebagai posisi yang TIDAK siap

sedangkan kita semua tahu SPBU termasuk lingkungan yang harus diwaspadai karena disana banyak sekali bahan bakar, bahaya ledakan/kebakaran entah disengaja, kelalaian ataupun tidak disengaja atau hal lain bisa terjadi kapanpun .. . so it will be beter if we prevent the bad thing to happen cmiiw

42. Fraziel is back - October 6, 2010

Haha, udah mulai ada percikan api ini :P

43. Engki - October 6, 2010

iya kang taufik,
kalo demi keselamatan kenapa gak mau repot turun dari kuda besi

44. roby - October 6, 2010

Gk prnh ngisi minyak di Sell :(

45. jon lontong - October 6, 2010

kalo gitu bsk gue kalo bawa mobil jg hrs trn kalo mau isi bensin, hmm..:)

46. in - October 6, 2010

bagian dari strategi penjualan

trus kenapa petrona# nggak laku ya//

47. Soga - October 6, 2010

@41 kang Taufik. Kalo kang taufik pernah ke pertamina plumpang disana knalpot kendaraan yang melintasi tangki2 segede gaban di kasih tambahan alat penutup sebagai safety. Hal ini aja menurut saya agak lebay, tapi kemungkinan pihak asuransi menuntut demikian. Kalo alasan kenapa kita kudu turun dari motor seperti yg diatas menurut saya sih lebay banget. kita dengan mudah bisa lelarian kemana-mana kalo ada sesuatu :D tinggal angkat kaki sebelah trus ngibrit dah. cuman motor bakal terguling dan bisa bikin kebakaran SPBU nya.

Pointnya adalah ini untuk keselamatan siapa? Kita ato SPBU nya.

48. Dark Sky - October 6, 2010

@kang taufik
bukan di Shell doang kang, sy suka ngisi “dark sky” di SPBU Total deket kantor jg mesti turun… tapi ada 1 yg kualitas pelayannya menurun di SPBU asing dibanding dulu, skarang isi angin ban self service, dulu pas awal2 isi di Shell klo isi angin ada yg jaga. :(
mungkin krn sepi pelaggan kali yah, jd petugasnya diefisienkan/dikurangi… :)

49. yuda - October 6, 2010

di jogja belom ada.. :)

50. Arif rakhman a.k.a Penerjemah - October 6, 2010

mmmhmm….. mungkin khawatir kalo bensinnya kecampur ama urine yang merembes dari celana :mrgreen:

uppsss….. biar gak OOT, saya pengen nanggepin. hm, ini bisa jadi langkah awal untuk bikin setiap biker motor batangan jadi tertib. coba aja bayangin. pas dapat giliran, standar ganda, buka tutup, trus diisi. biker2 yang belakang – yang suka grasa-grusu – pasti udah dorong2an tuh. nah sebaiknya kudu dibiasain SOP-nya Shell neh. belajar tertib… belajar sabar….

51. Hayabusa sekali bilas - October 6, 2010

tar gw modif Hayabusa gw, tangkinya jd 5m diblakang motor.. more safety kan?

52. roby - October 6, 2010

^^
Uups H nya kurang,ntar dikira ngisi di tahanan lagi :mrgreen:

53. fauzi nc - October 6, 2010

amankan 45 dan 46

ANE SELALU TURUN MAS TAUFIK
LHA PAKE JUPI MX KESAYANGAN AND SELAIN ITU YA UNTUK SIKAP SANTUN KITA.

54. fauzi nc - October 6, 2010

yah …. 45 dan 46 dah direbut ckckckckckck…

55. electra - October 6, 2010

berarti selama ini yg saya lakukan betul selalu turun dari motor pda saat ngisi bensin di pertamini(pedagang bensin eceran)maklum motore sek matik…xixixi

56. Propus - October 6, 2010

Dulu pernah si, petugas isi BBM ngelamun isi hingga meluap luber (kondisi mesin mati) tapi saya tetep diatas motor. alhasil itu benda keramat puanasnyaaaa…ampe kelojotan. :evil:

57. satriafu150 - October 6, 2010

Safety….

58. Adi Nasir Ahmad - October 6, 2010

wah, keterangan yang sangat bermanfaat, kang…
nuhun sudah di-share di sini, yang awam pun jadi tahu :)

59. yuda - October 6, 2010

idem sama yang diatas.. harusnya di smua spbu juga sama, turun dulu.. suka emosi aja, maz/mbak petugas nya dah nyapa, ngasih salam, senyum pula.. liat motor batangan ngisi bbm, rider ga mau turun, apalagi sama boncenger.. “methengkreng” kae koyo ra duwe dosa.. ra sopan.. :mrgreen:

60. bejo - October 6, 2010

suruh turun + dikipasin UG + kasih softdrink ..

ngayal.com

61. ADI7MCG - October 6, 2010

Nah.. Yg kejadian petugas melamun sering tuh terjadi..
Tp ada juga yg disengaja oleh petugasnya mengisi hingga luber,karena mungkin malas u/ mcarikan uang kembalian..

62. masdiisya - October 6, 2010

kalo saya sih lebih nyaman tidak duduk, soale bebek sih…dan ini juga faktor kenapa tidak <!– mampu –!> beli motor sport hehehehe

63. Cah Nglegok - October 6, 2010

mantaf…boleh poto2 di SPBU…

64. az147r - October 6, 2010

berarti lebih aman bebek hehehe….

65. ADI7MCG - October 6, 2010

Wah..nyangkut yah..xixixi..

66. ADI7MCG - October 6, 2010

Enam Puluh. . .

67. ashley soulsick - October 6, 2010

dulu di shell gn. sahari yg jaga ada yg cakep loh…klo skrg g tau deh jarang keliatan….

68. ADI7MCG - October 6, 2010

Sdh sepi kyknya nih,disinyalir bakal ada artikel baru lg…
Siap2 rebut podium..pertamax..

69. electra - October 6, 2010

nyangkuter…

70. hsp - October 6, 2010

soga 33
Merepotkan kalo menurut saya, kejadian yang ditakutkan sama sekali belum pernah saya dengar…
—————————————————-
apakah kita harus nunggu kasusnya kejadian dulu baru bertindak bro? mencegah kan lebih baik daripada mengobati :)

71. jabul2 - October 6, 2010

akir2 ini mulai sering turun dari jok kalo ngisi tengki… asik aja ndinginin bokong…

72. terong amnesia - October 6, 2010

oh gitu ya… waduh…
*ngelirik si gambot… :mrgreen:

73. cegukan - October 6, 2010

SOP yang bagus dan layak ditiru.
Sayang belom punya motor sport jadi gak bisa praktek. h.h..h..

74. sof - October 6, 2010

Apa supaya menghindari kejadian : habis isi langsung kabur dengan alasan :”OOO iya lupa” :P :P :P

75. uDien D'Kabayan - October 6, 2010

itu mah standar yang harus berlaku di semua SPBU
secara keselamatan dan kesehatan sangat bagus

di samping itu sekarang ada fenomena menarik
yang mana sekarang banyak cewek yang bekerja di SPBU jadi tukang ngasih minum kendaraan

coba kalo rider motor semprot gak mau turun pas ngisi bensin
secara sengaja ataupun tidak si cewek akan ngelirik ke wilayah terlarang …(sensor.com)

ini berbahaya, mengganggu konsentrasi si cewek
bisa-bisa tuh bengsin tumpah dan membasahi tunggul ametung … wedew …

dan yang jelas ini tidak sopan dan tidak beradab ..

(serius.berbalut.banyol.com)

heheheh … :mrgreen:

76. shandybt - October 6, 2010

lebih nyaman ngsisi di shell yang sudah bener2 menerapkan SOP yang bagus untuk pengisian bahan bakar.
konon katanya klo di Shell pas kita ngisi bahan bakar jika yang pertama keluar cuman angin saja tapi meteran pompanya muter itu gak kena cas, mereka langsung menghentikan pengisian dan tidak kena bayar, mereka ulang kembali setelah bener2 bahan bakan keluar dari selangnya dan meterannya jalan.
hebaaaat, salut buat shell dan patut ditiru oleh pom bensin lokal yang banyak problemnya

77. uDien D'Kabayan - October 6, 2010

xixixi … nyangkut euy … di pohon buah kecapi
maen kecapi lagi ah …

cing cang keling manuk cingkleung cindeten …
blos ka kolong bapa satar bolenang …
:P :P :P

78. crossplanecrankshaft - October 6, 2010

Intinya biar kalo motor kebakar kita bisa cepet cepet kabur kan?p

79. Tulus Budi - October 6, 2010

so gimana donk untuk para Difabel?, secara temen2 ane yg difabel pernah juga disuruh turun pas isi di shell ?, ya akhirnya nyari pom bengsin pertamina dech…. itulah peraturan kalo diberlakukan secara Frontal … harusnya lihat juga dunk pada kondisi tertentu…

80. adrishta - October 6, 2010

jadi motor bebek lebih dipaksa safe daripada motor lanang… :D

81. hi hi hi - October 6, 2010

@47
Pointnya adalah ini untuk keselamatan siapa? Kita ato SPBU nya.

———————————————–
namanya juga safety, kalo gak pernah ngalami pasti tak acuh, coba kalo kena! nyesel deh.
plumpang kebakar, se jkt gak ada bahan bakar? mau naek kuda?
tuh org org safety memang kaya bawel, tapi pasti sdh dipirkirkan dg masak-masak.

82. Embuh - October 6, 2010

mungkin perlu ditiru SOP jasa pencucian motor/mobil, kita tinggal serahkan kunci saat mau mencuci (isi bbm). sementara kendaraan dicuci (di isi bbm), ya kita santai2 aja diluar, duduk2 sambil ngopi, baca koran, nonton tv, pijat, atau pergi shoping dll.. begitu selesai, kunci langsung diserahkan, kitapun tinggal bayar.. (hehehe, bisa antri seharian kalau untuk spbu pe*t*min*)

tapi lebih safety khan.??

btw, kebijakan shell cukup masuk akal, kepuasan kenyamanan dan keamanan konsumen diutamakan..

83. Setiawan - October 6, 2010
84. wong ndeso - October 6, 2010

47. Soga
ngeyel banget ni anak…

85. wong ndeso - October 6, 2010

ada yang tahu kabarnya LEKSAM?
bebek matik tetangga sebelah?

86. wong ndeso - October 6, 2010

@ 47.Soga
ngeyel amat ni bocah…

87. Goyip - October 6, 2010

Asli pengennya mah gw nangkring dah…
1.Mesin motor gw tidak ada dibawah tangki BBM
2.tapio paling Disangkain gokil…Ngisi Vario tapi gak turun.

88. aditninjamaniac - October 6, 2010

di Polda Jabar tadi ada iring-iringan motor Harley Davidson sampai jalan ditutup sebagian. Adakah yg tau?saya ga sempet foto soalnya lagi ngebut :D

89. penyuka produk motor bagus - October 6, 2010

alasan lain kenapa di spbu shell harus turun saat ngisi bensin biar saling hormat-menghormati kiakakaka

90. bagas - October 6, 2010

Sebenarnya kalau naik kawasaki zx-130 tidak perlu turun, lhawong jauh didepan sono ngisinya.

91. abe_norickid - October 6, 2010

mas taufik, mau ngasih masukan nih. Setahu saya di SPBU juga ada larangan untuk memakai HP dan juga memotret. Nah klo melihat foto ketiga, rasanya ngasih contoh yg tdk benar, kenapa tidak boleh menggunakan HP atau kamera terutama menggunakan blitz/flash, penjelasannya begini:

Sebuah HP, selain mengeluarkan frekwensi tinggi, juga mengeluarkan bunga api walaupun hanya dalam jumlah yang kecil sekali (1 mikron. 1 mikron = 1/100 mm). Percikan api tersebut keluar dari sekitar antena koil, yang disebabkan karena beda potensial tegangan yg cukup tinggi. Disamping itu kebanykan HP juga ada lampu LED (Light Emitting Diode) yg juga mengeluarkan cahaya. LED yg dipakai pada HP berbeda dg LED yg dijual di pasaran elektronika. Pada saat lampu LED menyala, akan timbul pijar.

Dalam keadaan biasa, percikan api dan pijar LED tersebut sebenarnya tidak cukup untuk menyulut uap bensin (benzena C4H8O12) di udara terbuka. Tetapi bensin adalah salah satu bahan bakar yg mudah menguap. Oleh sebab itu bisa saja udara disekitar SPBU sudah jenuh (dipenuhi oleh upa bensin), maka uap bensin tersebut akan dapat terbakar oleh percikan yg cukup kecil tersebut. Efeknya ya ledakan DUARRR di udara.

nah hal ini juga yg berlaku untuk kamera, terutama yang menggunakan blitz/flash, malah untuk lampu flash dapat menghasilkan percikan yg lebih besar dari HP

Jadi….safety first..for you, and the others…
salam brotherhood…

92. Ewidh - October 6, 2010

Kang, ada motor baru bermesin diesel 800cc..
http://m.okezone.com/read/2010/10/06/53/379734/large/large

93. yuda - October 6, 2010

shell seliter berapa sih boz.. nilai oktan nya berapa aja.?? maklum disini shell belom masuk :)

94. hadiyanta - October 6, 2010

kemarin sempat lihat di tvOne ada narasumber mengatakan bahwa bangsa indonesia ini bisa tertib kok, dia memberikan contoh saat isi bensin di Shell pada mau turun, tapi saat di pertamina enggak mau turun, jadi yang penting adalah aturan ditegakkan dan ada kepastian hukum, jika beli di shell ya harus turun dan distandarke, kalu gak mau ya gak dilayani. Mari jadi bangsa yang tertib.

95. hadiyanta - October 6, 2010

masuk sepang deh

96. yuda - October 6, 2010

@ewidh
jan persis koyo walang kadung.. :mrgreen:

97. tapaagung - October 6, 2010

weeww… ducatinya plat D

98. Mercon C niru Mercon A Aja Yaa... - October 6, 2010

keren, sampai hal kayak gini aja diperhatiin…

99. Mercon C niru Mercon A Aja Yaa... - October 6, 2010

98

100. Mercon C niru Mercon A Aja Yaa... - October 6, 2010

99

101. Mercon C niru Mercon A Aja Yaa... - October 6, 2010

100 ya… :mrgreen:

102. om zai viksyen - October 6, 2010

jujur aja aku kalo ngisi c vixie jarang (tak pernah)turun…,

103. Amamoto - October 6, 2010

wah jadi ingat kejadian kemaren, pas ngisi petugas SPBU enak2nya ngobrol,tuh bensin tumpah ngena celana,ehhh si petugas cuma bilang,sori mas lupa,otomatise mati….

104. touringrider - October 6, 2010

absent mas…

105. Amamoto - October 6, 2010

benarkah Honda 250cc siap brojol tahun ni..numpang iklan bang
http://newmegapro.wordpress.com/2010/10/06/honda-serius-for-new-250cc/

106. touringrider - October 6, 2010
107. Mang Bohay - October 6, 2010

Itu motor Plat Nomornya palsu, soalnya pas di cek ke website samsat jabar, ternyata data-nya kosong. hehehe…
Motor bodong ternyata. :D

108. detailroda2 - October 6, 2010

good news
jempol bwat shell dah
safety first
gmana masbro smua penghuni blok neh mari berjanji bakal turun dr mongtor bila mengisi bhan bakar demi kselamatan sendiri, okok.. sepakkTTT..?
hayooo yg d ujung sepakat juga….hehheee
.:peace:.

109. van der syur - October 6, 2010

masih kurang aman tuch…. harusnya selain turun juga harus distandarin tuch motor …. lalu kita tinggal lihat diisi dari ruang tunggu…baru aman… :D

+ garansi motor terbakar :D

110. stoner27 - October 7, 2010

dulu saya bawa mobil isi bensin selangnya mbledos, bensinnya muncrat kemana2.. mobil dan saya mandi bensin..!
dalam hitungan detik pom bensin yang lagi rame kabuurr semua..! langsung kosong!, tinggal saya dan tukangnya berusaha matiin muncratan bensin, mobil seperti dicuci pake bensin, dengan istri (dulu pacar) masih didalam mobil…

lalu setelah pada teriak2, pusat listrik spbunya dimatikan semua baru bensinnya berhenti muncrat…

mobil didorong perlahan2, lalu berusaha diangin2kan biar kering.. sembari keringin badan baju celana kepala rambut dari bensin…

setelah beberapa puluh menit baru berani nyalain mobil..jalan.. spbunya langsung tutup.. bensin tergenang dimana-mana..
untung ngga ada yang mainan korek, bisa jadi sate gue…

baru tahu begitu ada bahaya semua orang ngabur..! boro-boro nulungin.. hehe

111. azizyhoree - October 7, 2010

1 lagi, mas taufik, ga boleh njepret pake kamera :D
kecuali ga pake xenon light /flash ( nah dokumentasi tmc blog pake apa?, disinyalir pake BB curve :D )

112. KillBill1 - October 7, 2010

bisa jadi contoh buat SPBU lain. Safety is no.1

113. Top Posts — WordPress.com - October 7, 2010

[...] Kenapa sih di SPBU Shell Kalo Isi bbm harus turun Dari Motor? Bro sekalian, Mungkin sudah banyak blog dan Forum yang mengulas SOP pengisian bahan Bakar di SPBU Shell dimana [...] [...]

114. Wan ! - October 7, 2010

he…he…he… itu menunjukkan kalo anda orang Indonesia Asli !!!

115. Vespa Ijo Rider - October 7, 2010

@ 33 ama 47..

soga.. soga..

kalo dik soga keberatan ama aturan itu.. mbok ya dilanggar aja… tapi ngelanggarnya jangan tanggung2.. coba dech dik soga ngisi bensin sambil ngerokok..

nanti tinggal diliat.. siapa yang nyalinya ciut, yang matiin / nyuruh matiin rokok duluan..
dik soga apa petugas spbunya..???

dicoba ya dik..!!!

116. Marcus - October 7, 2010

@ All,…

jangankan menyangkut topik diatas …. orang kita belajar NGANTRI aja kagak mampu… apalagi yang nyangkut SAFETY…
Ntar kalo bensinya tumpah ke SELANGKANGAN …(gak usah pake kebakar) udah pasti ….

ingat rame2 ,handphone di pesawat terbang??, trus handphone di spbu???

117. Tukang Dodolan - October 7, 2010

Go… Safety

118. blade_us - October 7, 2010

setuujuuuu……….
saya pun kalo isi bensin selalu turun dari kendaraan
entah itu mobil / motor :mrgreen:

119. blade_us - October 7, 2010
120. Pierre-Irwan - October 7, 2010

Iya betul, saya sering isi bensin di SPBU Shell.
Katanya safety betul tapi “Selain itu, jika saat mengisi BBM si pengendara motor duduk di atas motornya, maka ‘biasanya’ posisi motor tidak di standar, tapi ditopang oleh kaki si pengendara.”
nah kalau itu saya kurang setuju, memang kalau saya sudah turun saya harus pegang motor erat2 biar rata. Tapi kalau di pertamina, duduk jauh lebih rata dan gampang. yah kurang-lebih dari dua2nya :D

121. f41z - October 7, 2010

makanya gw males beli bensin di shell, lah wong di pom bensin pertamina aja ga pernah beli pertamax, he3… coba bayangin klo yang isi bensin itu motor sport pake box belakang trus bonceng istri+ anak kecil ditengah2. kasian naik turunnya. toh ngisi bensin mesin harus mati kan? jadi ga ada aliran listrik dari komponen pengapian.

122. f41z - October 7, 2010

kok belum pernah denger motor meledak pas isi bensin ya? dari jaman kakek ampe sekarang baek2 aja aja tuh ngisi bensin tanpa turun dari motor. asal ga ngrokok, dan matiin mesin.

123. aa - October 7, 2010

109. van der syur
wakakakakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

124. Ha Ge - October 7, 2010

satu lagi alasannya biar gak bisa langsung kabur sebelum bayar :mrgreen:
Kalo saya kebeneran yah selalu turun kalo isi BBM….sebab kalo gak turun yah gak bisa buka jok (maklum naek bebek :D )
Kalaupun pas ke SPBU bawa anak & istri mereka saya turunkan ketika baru masuk SPBU disuruh nunggu ditempat yg aman, yah karena WASPADA tadi….(seperti kata kang Taufik SPBU adalah salah satu tempat yg harus diwaspadai)

125. aa - October 7, 2010

satujuuu…aku ikut akang Taufik..

126. aa - October 7, 2010

satujuu.. aku ikut akang Taufik.. wah… asyik ikutan baca blog kaya gini banyak dapet elmunya… hatur nuhun akang..

127. silatcimande - October 7, 2010

ngiringan kang …. Silatcimande.wordpress.com ….., salam kenal. Dina blog akang ieu seueur pisan berita pulunganennana. hatur nuhun pisan .

128. Bakwan_Jagung - October 7, 2010

wah, saya sama sekali gak kepikiran kesana, saya pikir shell takut pengendara abis isi bensin langsung kabur, karena harga shell kan lebih mahal… makanya disuruh turun. hehehehe

129. vectoroutlet - October 7, 2010

mantap gan^^…*anesetuju*

130. pran - October 7, 2010

hmm.. kalo begitu metode di atas bisa kita terapkan di pom bensin manapun.. demi keselamatan kita juga.. :)

131. davidkaka - October 8, 2010

wah bener nih harus diterapin di pom bensin manapun, biar kita aman :D

mampir yaa gan ke http://highschoolscholarships.co.cc/

132. begomoore - October 8, 2010

ya. . .semua SPBU harus memperhatikan hal sekecil apapun demi kenyamanan bersama. . .soalnya resiko di SPBU bisa dibilang fatal. . .banyak bahan mudah terbakar!!!
mampir juga ya kesini : http://b3gomoore.wordpress.com

133. herbalajaib - October 8, 2010

agree, safety first !!!

“ikhtiar meju sehat alami”
http://herbalajaib.wordpress.com

134. plentiswae - October 8, 2010

Begitulah standar keselamatan Internasional, selalu utamakan keselamatan. Trim’s infonya

135. MELILEA - October 8, 2010

nice info ./
good job .:)

136. Admin - October 8, 2010

pertamina soal ginian aja telat bikin SOPnya… baru urusan pasti pas………..

137. indonesiancharcoal - October 8, 2010

ya motor ane kan kl ngisi bensin kudu turun dari motor, trus buka jok dulu..baru deh isi tuh “jerigen” ^_^

Tapi walopun telat tuh nerapin SOP tuk motor-motor dg “Jerigen” didepan, but ikuti aje.. sangt berguna.

nais impo Gan..

btw, ada yg mo manfaatin Peluang Usaha ga ni? mampir sini tuk usaha arang ekspor/ lokal
http://indonesiancharcoal.wordpress.com/

thx Gan

138. andi - October 9, 2010

hebat nya shell berati mereka sangat megerti perilaku konsumennya dan menjadikannya patokan untuk keselamatan konsumennya itu sendiri beda dengan spbu yang lain yang pemikirannya baru sampe “yang penting pas” kalo sebelum pas motornya udah meledak duluan ya repot.. xixixi

139. Farid21 - October 12, 2010

siiippp,,bener banget lho bro,,kudu turun,,kan qta ga tau nti ada apa didepan,,siip,sip,aman dan pasti pas..^-^

140. Farid21 - October 12, 2010

siip,,siip dah,pentingkan keamanan juga,ga asal jualan dan pas,,

141. jasmes - October 20, 2010

Pada dasarnya,
Shell, petronas, Total itu sm saja prosedurnya,
Karena mereka mengambil prosedur internasional,
Tp ada yg bilang kl isi ditotal ga seperti di shell,
Itu kemungkinan Total melanggar prosedur internasionalnya,

Karena diseluruh negara,
Jika ingin mengisi BBM di SPBU, para pemilik kendaraan bermotor, harus mematikan mesin kendaraan mereka masing2, dan harus turun juga,
Jadi kl kita mengeluh prosedur seperti itu,
Gimana negara kita mau maju n setara sama negara2 lainnya,
Hal yg sepele begini aja kita mempermasalahin,

Ini si cuman masukan aja.

142. Kenapa sih di SPBU Shell Kalo Isi bbm harus turun Dari Motor… | Kenapa sih ini??!!?? - March 25, 2011

[...] Source: tmcblog.com/2010/10/06/kenapa-sih-di-spbu-shell-kalo-isi-bbm-harus-turun/ [...]

143. Motor Mewah Vs Mobil Mewah: Saat Logika Dan Rasa Malu Dipertanyakan… « Asmarantaka's Personal Blog - May 9, 2011

[...] Moge mania sendiri ogah ngisi pakai pertamax (Gambar embat dari TMC) [...]

144. fadhli - August 2, 2011

Shell harusnya nambahin kalo biker masih nangkring diatas motor ada cipratan bahan bakar yang mengenai pakaian bukan tanggung jawab SPBU

145. Ikhsan - February 25, 2012

Klo yg motor harus turun… kenapa yg bawa mobil ngga… kan gerak reflek lebis susah klo mobil… menurut saya ga logis, klo hanya motor saja yg turun…

Hari ini tgl 25 Februari 2012 saya ga jadi isi di shell di warung jati, saya sudah minta tolong untuk tidak turun karena pinggang saya sedang sakit, klo saya turun untuk naik keatas kendaraan agak susah… tetap aja orangnya bilang, sudah peraturan pak… ya udeh saya langsung nyalain motor lg abis itu langsung pergi dr situ…

146. ENo ARies - April 16, 2012

numpang nyambut komentar tentang kronologis kejadian turun dari motor :
banyak manusia di indonesia lebih memiliki ego yang sangat besar tapi tidak memikirkan keselamatan dan lebih mementingkan ego nya saja coba deh gan bayangkan mahal mana harga nya kalau kita sudah mengalami kejadian yang kita tidak inginkan. lebih baik kita menghindari dari pada kita membuat sebuah kejadian. toh banyak yang kita dapat seperti yang di utarakan di atas.
1. kalau ada tumpahan bensin yg tidak di sengaja yang rugi siapa??
2. kalau ada kebakaran lebih mahal mana harta atau nyawa??
3. kalau orang sakit apa boleh mengendarai motor??

dari ketiga tersebut tinggal pilih deh jawaban dari sobat masing2.
kesimpulan nya keselamatan (safety) lebih di utamakan selebihnya keamanan. oke deh sekian dulu dari saya kalao mau sharing tentang keselamatan email aja ke : [email protected]

terima kasih

147. minyak angin aromatherapy - April 3, 2014

Hi there! This post could not be written much better! Looking at this article reminds me of my previous roommate!
He constantly kept preaching about this. I’ll send this information to him.
Fairly certain he’ll have a good read. Many thanks for sharing!

148. turboranker - June 5, 2014

Whoa! This blog looks just like my old one!
It’s on a totally different subject but it has pretty much the same page layout and design. Great choice of
colors!

149. roni - August 27, 2014

Shell dii Bangkalan Madura kokk masih belum adaa ..
Request donkk buka spbu shell dii daerah Bangkalan Madura ..



%d bloggers like this: