Bro sekalian, bro bisa sama-sama lihat di side bar kiri blog ni telah ada banner salah satu perusahaan dealer yang mensuport  tmcblog.com. Terlepas dari apa pun jenis, bentuk, bendera yang dikibarkan . . . posisinya jelas adalah pensuport blog ini secara materi belaka . . . tidak ada sangkut pautnya dengan keputusan tentang apa yang akan saya tulis setiap harinya, silahkan buktikan sendiri. Saya Sadar sepenuhnya . ..  bahwa hadirnya banner disamping sedikit banyak bisa mempegaruhi psikologis pembaca. Oleh Karena itu bukan suatu yang murah untuk bisa mengibarkan bendera di side bar tmcblog.com. Karena ada sesuatu yang paling mahal disana yang harus dibayar oleh para pensuport . . . yakni kesangsian awal pembaca terhadap kredibilitas sang blogger, yang ternyata sudah mulai terasa riaknya hari ini he he he he 🙂

Bagi saya pribadi . . . saat hadirnya banner disamping kiri berarti saya pun harus sadar sepenuhnya bahwa saya telah memasuki erabaru dalam menulis . . .era yang tantangannya jauh lebih berat dimana nilai kredibilitas lebih rentan untuk diusik dan tergadaikan. Oleh karena itu bagi saya pribadi akan terasa lebih berarti dibanding waktu yang lalu bila saya tetap bisa menulis apa adanya. Kalau bisa adil saat tak ada banner disamping itu mah biasa, siapapun bisa melakukannya . . . kalau bisa adil dengan adanya banner disamping . . . itu menurut saya lebih dari Biasa dan telah mencapai tingkatan yang lebih tinggi.

apakah saya sudah lebih dari biasa? bagi saya perjuangan ini baru saja di mulai dan Hanya para pembaca yang tahu dan menilai, So monggo di nilai tulisan-tulisan saya kedepan. Ada yang bilang menjadi adil saat ada yang mensuport itu sulit, tapi saya merasa tertantang untuk mencobanya 🙂 Saya siap pasang badan untuk hal ini . . . Blogosphere ini kejam . ..  jika kredibilitas sang blogger sudah tergadaikan, jangan harap bisa diterima dengan lapang dada, semoga bro sekalian bisa maklum adanya

with honour and respect

Taufik of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

208 COMMENTS

  1. Wekkk, mas Taufik langsung terangsang, eh tertantang untuk membuktikan kemandiriannya yah. Emang iyah mas Don’t bite the hand that feed you. Dalam hal ini, bukan sponsor yang Feed you, tapi para pembaca yang Feed/grow you this big. Cheers, keep up the good work.

    Guest
  2. podium, kang opik saya dukung, biarlah bendera-bendera lain menyusul biar lebih “powerfull lagi” tmc blog.

    Guest
  3. walah,dilambung ditikungan 😀
    jangan diambil pusing kang, sampai saat ini,isi blog TMC masih kredibel,terpercaya,up to date & independen,suer kang, tetap berkarya kang Taufik, smoga makin jaya 😀
    Salam sukses dari Balikpapan,east borneo

    Guest
  4. Pertahankan independensinya Bro Taufik, semoga dengan adanya banner tersebut membuat Bro Taufik lebih tertantang untuk meningkatkan “isi” dari blog ini. Terima kasih juga One Heart untuk mendukung blog ini.

    Guest
  5. terus berkarya mas..
    walaupun saya blm memiliki blog apalagi dpt kontrak iklan seperti itu.. tapi saya bisa mengerti.. memang menjadi tantangan buat mas taufik.. tapi saya yakin dalam menyajikan suatu tulisan mas taufik itu blogger yg adil, independent dan “looww proofiillee”(di baca ala madit musyawaroh.. hehe).. keep figthing mas..!!
    semakin tinggi pohon maka angin yang menerpanya akan semakin keeuuunnnceeeng..

    Guest
  6. 20 ajah..deh
    ditunggu deh bendera2 yg laen…hehehehe…kotaknya ke gedean mas…biar bsa muat 3 bendera lah….

    Guest
  7. @Kang taufik: Menulis secara objektif merupakan suatu tantangan dalam mengelola blog ini. Sebagai pembaca yang newbie saya mengharapkan, walaupun disupport oleh suatu pabrikan, isi berita diblog tetap mengedepankan objektifitas dan dengan tantangan seperti ini saya yakin kang taufik sudah “Tahan Uji”. Tetap menulis….!

    Guest
  8. Bloger juga manusia butuh makan, salut buat Honda Cengkareng Motor.com yg sdh mensupport blog ini, yang lain mana …..? DASAR PELIT !

    Guest
  9. well memang ada aja yang berfikir miring bro,..

    contohnya, waktu saya buka blog bro opik dan mas 3, ada teman yang nyletuk “itu kan di bayar sama (salah satu pabrikan)”

    nah disitu saya menjelaskan kalo blogger ada yang independent dan ada yang tidak.

    semoga ngga menyurutkan semangat untuk terus berkarya yah bro,..

    Guest
  10. Kalo abis disalip bis nusantara / die9 symphonie dikaca belakang ada stiker gede seperti sponsor pembalap f1, nah di bis itu sebagai sponsor atau cuma sekedar bikin keren doang ya?
    :oot:

    Guest
  11. Pertama…, saya ucapkan selamat kepada bang taufik.
    Mengenai adanya iklan di blognya bang taufik menurut saya adalah hal yang wajar. Yang penting sisi independen bang taufik sebagai penulis tetap terjaga.

    Pendek kata yang punya iklan cuma nyewa / bayar space di blognya bang taufik. Untuk urusan isi / materi blog tidak ada urusan apalagi sampe berusaha nyetir bang taufik. Titik.!

    Dengan ada atau tidak adanya iklan, blog ini sudah sukses diminati banyak pencari info otomotif. Dan saya berharap semoga bang taufik bisa bersikap nothing to lose akan hal tersebut. Semoga bang taufik dapat berkata kepada yang beriklan “Ada ga ada Loe tetap rame (happy) karena gw ga jualan motor, gw jualan kopi sama bakwan buat temen ngobrol motor” wkwkwkwkw… peace.
    Karena kontributor utama dari sebuah blog adalah pengunjung/pembaca.

    So… Rock & Roll bro.

    Guest
  12. semoga hal itu gk mengganggu kredibilitas penulis, dan semoga penulis memberikan wawasan berdasarkan fakta dan bukti sesuai pd porsinya….

    Guest
  13. santai bro..,
    pasang aja Logo Garpu Tala, dan Lainnya..
    Plus Independent Mas TauFik.
    Pasti Ilang tuh kesangsian pembaca.
    Gampang Toh…

    Guest
  14. apa pun yang terjadi, saya rasa blog ini adalah “salah satu” dari sekian sedikitnya blog mandiri yang rela berjuang demi pengetahuan roda dua di negeri tercinta ini, banyak informasi dan pengetahuan yang saya pribadi rasakan dan juga banyak bagi sahabat yang lain dari blog Om taufik.. jika ada sedikit kucuran dana 😀 saya rasa itu wajar dan sangat wajr bahkan..
    tetap lah memberikan info yang sejujur-jujurnya bagi kita semua, agar lebih pintar dalam “memilih dan menentukan” sesuai hati kita..
    semoga tetap berjuang demi pengendara indonesia..
    Congratulation !!

    Guest
  15. semoga dengan ikatan tersebut informasi lebih cepat didapatkan. termasuk kepastian sport 250cc honda yg bakal muncul disini.he3….
    ngarep tiger 250 cc dirakit disini. klo cbr 250 cc mah ga pengen, apalagi klo masuk sini lewat IU, udah harga bakal berlipat, suku cadang susah didapet.

    Guest
  16. didunia ini tidak ada yang ‘independen’ semuanya ‘dependen’ bahkan ‘interdependen’ apapun motif-nya… godaan untuk meng-kapitalisasi blog memang tidak harus disikapi dengan ‘miring’ tapi bukan berarti samasekali tanpa efek samping loh kang… Bagi kita para pembaca setia saat ini… Hanya tinggal mengamati saja, apakah tmcblog larut dalam strategi marketing pabrikan atau tetap konsisten layaknya ikan dilautan, yang tidak latah menjadi asin walaupun berenang dilautan air asin…

    So, dua kata saya untuk kang taufik… ‘SALUT’ atas pencapaiannya hingga saat ini & ‘AWAS’ kalo berubah…!!!
    :mrgreen:

    Guest
  17. ok kang ane dukung, tapi sekali aja ada suatu kecenderungan, ANE HUJAT ABIS!!!!! TETAP NETRAL!!!!!
    (ane jg netral kok kang, ane benci terikat ama merk, ane cuman pengen ride my bike!!!!!!)

    Guest
  18. aku ngerti koq mas, hosting klo ga domainnyanya bayarnya emang pake daun 😀

    tapi meski dengan atau tanpa banner disamping, saya yakin kang opik pasti mengedepankan netralitas dalam setiap ulasannya 🙂

    Guest
  19. salut buat tujuan mulia dari mas Taufik …..pesan saya…adalah

    == SEORANG PRIA SEJATI DIPEGANG DARI PERKATAANNYA ..upss TULISANNYA ====

    Thanks atas kesediaan dan amalnya selama ini dalam menyumbangkan pikiran di era otomotif

    Guest
  20. Hidup itu perlu dinamika bro, mari kita nikmati aja era baru blog ini 😉

    💡 eh judul artikelnya juga mengandung iklan sendal tuh mas taufik :mrgreen:

    Guest
  21. maju terus kang taufik,saya yakin kang taufik gak akan mengelus atpm yg masang iklan di warung kang taufik. semoga..

    Guest
  22. kasih saya satu unit byson, akan saya dukung habis2an berturut2:

    ymki
    tim yamaha (motogp dan wsbk)
    jorge lorenzo
    ben spies

    dalam blog saya :mrgreen:

    Guest
  23. Ane pribadi sangat yakin Kang Taufik pasti bisa Independent dalam menulis, cuma saran nih kang, klo bisa banner nya gak usah banyak2, kesian klo browsing dr rumah. Mending banner dan iklan dikir tapi harganya yang dinaikin buat sewa space itu, secara warung ijo ini top siter yg di kunjungin pecinta otomotif.
    Makin mahal kan makin ekskusif + perjanjian gak ada interfensi soal isi blog.
    Maju terus kang Taufik.

    Guest
  24. WEW,moga ga mengurangi kejujuran dalam mengulas suatu produk ya gan,secara ada bolg sebelah dari tulisannya keliatan bgt mendukung atpm tertentu. jadi males bacanya kayak promosi gitu.

    Guest
  25. gak ngaruh gan walau seribu banner yang penting nggak bikin lelet waktu bukanya, toh mau condong ke merek a-z sekalibun tetep aja Bonsai Biker menjadi pengunjung setia TMC blog
    nyang penting jangan sering2 ke sepang ya gan

    Guest
  26. Gw rasa kang taufik tau konsokuensinya kalo nerima pemasangan iklan di blognya,lagi pula kalo pun terlihat mengelus-elus atpm yg pasang iklan di blognya pasti penghuni/komentatornya berkurang alias kabur,kaya blog sebelah komennya sedikit.IMHO

    Guest
  27. tulisannya mencerminkan seseorang yang bersikap jantan dan ksatria…laki2 sejati (eits bukan iklan ya)…
    hmmm…sekarang blogger tmc sudah lanjut kelas…domainnya sudah berubah…tinggal file hostingnya nih…biar gak ada yang nyangkut …

    @kang Taufik
    btw..kalo ada artikel yang dirasa ‘merugikan’ bagi sponsor, apakah sponsor bisa menarik lagi uangnya?
    …(kayaknya rahasia perusahaan nih!)

    Guest
  28. Ga pa2 lah kang Taufik, selama tetep netral sebagai blogger. Terus menulis bro saya yakin banyak dari pembaca yg merasakan manfaat blog ini, termasuk saya. Haturnuhun…

    Guest
  29. semoga masih bisa independent..n pasti garputala segera menyusul terpasang di ini blog,atau mungkin lagi nego soal nilai kontrak sm juragan warung…biarkan waktu yang bicara…

    Guest
  30. Dalam dunia saya di bidang auditor. Independen itu ada 2. Independent In Fact dan Independence In Appearance. Dua duanya penting. Saya percaya in fact Kang Opik bisa independen, tapi blog ini sudah kehilangan independennya secara in appearance. Conflict of interest pasti akan ada..

    Guest
  31. begini gan,
    saya malah khawatir sampeyan mikir dua kali kalo mau nulis kelebihan dari pabrikan sponsor..
    ato setiap nulis hal positif ‘harus selalu’ dibarengi sisi negatif, biar terkesan netral!!
    mmm..
    semoga kekhawatiran saya tidak terjadi en semoga sampeyan bener2 bisa nulis netral yang sebenarnya.. karena netral itu sendiri relatif subjektif!
    begitu gan

    Guest
  32. Memulai saja yang terasa berat
    ntar juga akan terasa ringan

    ibarat usaha
    memulainya itu yang sulit
    ke sananyah, apalagi setelah tau celah-celahnya
    pasti akan nyantei dan profesional

    *toh pihak sp*nsor pun sudah tahu kode etiknya …

    Guest
  33. Memulai saja yang terasa berat
    ntar juga akan terasa ringan

    ibarat usaha
    memulainya itu yang sulit
    ke sananyah, apalagi setelah tau c*lah-cel*hnya
    pasti akan nyantei dan pr*fesional

    toh pihak sp*nsor pun sudah tahu k*de *tiknya …

    Guest
  34. hahaha, seperti dugaan saya saat baca komen salah sesorang diartikel sebelumnya (Duke,,,) yg intinya mersa sdh mulai ada keberpihakan ke atpm tertentu, maka mas taufik akan counter dengan tulisan resmi (dan bukan balas komen-nya).
    mantap mass,,, lanjutkan.

    Guest
  35. @73 abb… setuju, supaya balance YMKI pasang iklan jg… & selain 2 kumpeni ini dilarang ikutan ngiklan.. he he, karena kalo kebanyakan iklan, nanti buka page-nya jd lambat…

    Guest
  36. Semoga independensi juragan TMCblog alias warung ijo tetap terjaga.
    Walaupun akhir2 ini banyak artikel berhubungan dengan merk Honda.. hehe..
    nyangkut jaring gak ya ???

    Guest
  37. menurut saya gak masalah dengan banner2 disamping. Toh itu adalah hak setiap blogger termasuk mas Taufik. Blogger juga manusia, butuh makan butuh uang. Kalau cuma hobby-hoby aja tapi gak menghasilkan nanti lama2 malah jadi bosan dan bisa bubar. mending kayak gini, jadi ada semangat untuk tetap nge blog. heheh

    Tetap Semangat !!

    Guest
  38. terima kasih Pak Taufik, banyak yang dapat saya ambil dari blog ini sebagai inspirasi…mengapa ganti tmc blog pdhl sdh nyaman di WP. langkah2 yang teratur….salut buat konsistensinya dalam menulis. BRAVO

    Guest
  39. tes (takut nyangkut jaring)….tak tunggu artikel yang katanya “era baru”…penginnya lebih berbobot….kayak jaman kafe motor…
    ada pemeo orang jawa “wong jowo ki nek dipangku mati”…semoga juragan bukan orang jawa, jadi pemeo diatas tidak berlaku di TMC…mau pasang selusin banner gak papa kok mas..yang penting itu isinya, bukan bannernya..jadi artikel yo artikel..bukan advetorial…

    Guest
  40. daripada ribut, monggo dari dealer y atau yang lain ikut ngisi logo bannernya… modal dikit napa???? mosok promo cuma bisa lewat koment2 BC… rak mutu golek sing gratis thok…

    Guest
  41. mau ada atau tidak ada benner.asal masih kayak dulu mah ga maslah kang. paling yang ributin tuh benner dari sales merek lain (IRI)

    Guest
  42. kalo saia sih ngeliatnya propesional aja mas..
    sebelum teken MOU kan dah ada perbincangan, gimana arahnya..
    kalo dah disepakati, yah tinggal dilaksanaken aja…
    bila ternyata tetep netral, alias gak kekiri-kekanan, wah..bagoooos banget tuh mas..
    sampeyan tetep di pihak konsumen berarti 🙂
    artinya indepensi jurnalisme sampeyan tetep diakui..
    salut buat blogger KOBOYS…
    (kapan ya bisa kayak mas Opik 🙁

    Guest
  43. Biar adil, bisa nyontoh Mas Stephen Langitan. Semua merk motor diberi ruang dan kesempatan. Di atas ada One Heart, di tengah ada Semakin Di Depan, di bawah ada goyang Indihe lewat Bajaj atau TVS. Kan tambah seru jadi tempat bakar-bakaran skalian he he he ….

    Guest
  44. kalo saya yang ngisi banner satunya, berapa ya harganya kang opik? buat jasa terjemahan saya :mrgreen:

    Guest
  45. Objetif atau tidak, bisa terjadi pada siapa saja. Seobjektif apa pun TMC nulis, akan tersa subjektif, bagi yang berpikiran sujektif.
    Piye to?
    Pengunjung sendiri telah berlaku subjektif, saat mengatakan sesuatu yang objektif sebagai sesuatu yang subjektif.
    Terus maju, terus berkarya.

    Guest
  46. Nah ketakutan Mas Taufik tidak terbukti. Nyatanya banyak yang mendukung dan berharap Mas Taufik tambah eksis di dunia perBlogger-an Otomotif. Yang penting tetap independent secara content-nya.

    Saya sendiri tidak merasa terganggu dengan kehadiran Banner di sisi kiri.

    Tuh sudah ada contoh dari Mas Stephen Langitan…

    Guest
  47. @ 117. Wong Banyumas – Oktober 11, 2010

    keep on writing. Banner di samping kiri atas adalah akibat, bukan sebab untuk terus ideal kok mas bro…
    ==================
    sengtuju
    good … good…. goood

    d^_^b

    Guest
  48. Sayah harap para fby tidak salah faham
    ini masalah waktu sajah
    kebetulan yang duluan nongol itu sayap kepak
    mudah-mudahan dalam waktu dekat garputala juga bakalan nongol
    atau yang laennya ….

    Guest
  49. @ 121 kang uDien

    mungkin juga ……….. kuda “jingkrak”, atau gigi biru, atau huruf2 ya :mrgreen:

    *jelang tidur, saatnya berteka-teki….

    Guest
  50. jika ada iklan diblognya kang opik, yaah anggap aja itu tanaman kecapi di sebuah lahan kosong yang subur milik kang opik (hayoo, siapa lagi yang ada niat nanem pohon lain, misalnya ; durian, rambutan, kedondong, nangka dsb..) hehehe…

    jika ada yang meragukan independensi kang opik disebabkan hal itu.., ya wajar2 aja, tiap orang kan beda, rambut sama hitam tapi uban pasti putih toh? hehehe..

    jika kang opik merasa ada beban atau tanggung jawab moral terhadap salah satu fihak, ya manusiawi dan lelaki sekali kan?

    yang penting buat ane sih tetep suka roda dua bermesin (apapun merek, jenis dsb buat ane sama aja) disini ane cuma suka baca komen dan mengomentari sesuatu yang menarik minat ane (kadang suka juga liat kebakaran yang terjadi, rame, panas tapi lucu..)
    ane suka komen apa adanya aja, dengan bahasa yang juga alakadarnya..
    dan ane berharap komen2 ane akan selalu nongol meski isinya agak konyol, mengharukan atau malah menyakitkan (tapi semoga tidak dianggap menyudutkan ya, hehehe..)

    oke, nuhun kang Opik..
    salam buat pengunjung warung semua…

    Guest
  51. baru tau istilah gigi biru,xixixi.. :mrgreen: ning hp banner ra ketok bos.btw,mbukak indomotoblog skrg 84kb..walahwalah..tambah abot..

    Guest
  52. netralitasnya harus tetap di jaga, meskipun dapat seponsor, coz ada bbrpa blogger* yg kurang netral dan hanya condong pada merk tertentu…

    Guest
  53. Saya kecewa sama mas Taufik. Ternyata gak ada bedanya sama steven langitan yang terbuai pemasukan dari iklan di blog..

    Saya juga kecewa mengetahui bahwa honda berpengaruh banyak dalam pembentukan KOBOYS. Lebih sedih lagi ketika tahu ada mas Taufik yang terlibat di dalamnya sama steven langitan juga.

    Betul2 honda alias ahm ini berniat merasuki dan meracuni bloggerW otomotif yang masih tulus menulis dari hati. Apakah mas taufik rela jika mereka harus didoktrin oleh atpm sejak awal? Sepertinya mas taufik setuju2 aja ya?

    Turut berduka cita atas berkurangnya blogger yang menulis bukan karena uang.

    Kalau komen saya disensor sama mas Taufik berarti mas taufik telah membatasi kebebasan berkomentar saya.MUDAH2an mas taufik bukan tergolong orang susah yang sampai harus cari penghasilan dari blog

    Salam dari jawa timur.

    Guest
  54. Menurut saya,sudah sangat2 pantas tmcblog.com disinggahi sponsor, saya bukannya sangsi lagi dngan kredibelitas blog ini,tapi saya salut,hebat,…
    Skaligus blog ini jadi acuan,dan sarana belajar saya tuk mengembangkan blog milik saya, speedlover.tk

    Guest
  55. @ Ayumi
    Salut sama ente
    berani mengeluarkan kontraopininya
    ini masukan bagi TMC.blog

    kita lihat saja, apakah kang Taufik akan seperti yang ente khawatirkan????

    secara latar belakang
    saya memahami benar dengan kemunculan iklan ini
    saya tahu percis tentang motivasi di balik munculnya iklan ini, dan saya menyambut positif, sebab TMC mempunyai visi misi serta idealisme yang mendasar dan kuat

    sekarang ajang pembuktiannya
    dan baru berjalan beberapa hari saja
    sudah kelihatan tidak ada intervensi dari sponsor terhadap tulisan kang Taufik

    dan semoga bukan sayap kepak saja yang nongol, secara waktu memang sayap kepak yang duluan nongol, tapi tidak bisa di judge bahwa kang taufik terdoktrin oleh sayap kepak,

    secara logo saja masih si ijo (kawasaki)

    time will tell laaaghhh….

    Guest
  56. @ Ayumi
    Salut sama ente
    berani mengeluarkan kontraopininya
    ini masukan bagi TMC.blog

    kita lihat saja, apakah kang Taufik akan seperti yang ente khawatirkan????

    secara latar belakang
    saya memahami benar dengan kemunculan iklan ini
    saya tahu percis tentang motivasi di balik munculnya iklan ini, dan saya menyambut positif, sebab TMC mempunyai visi misi serta idealisme yang mendasar dan kuat

    sekarang ajang pembuktiannya
    dan baru berjalan beberapa hari saja
    sudah kelihatan tidak ada intervensi dari sponsor terhadap tulisan kang Taufik

    dan semoga bukan sayap kepak saja yang nongol, secara waktu memang sayap kepak yang duluan nongol, tapi tidak bisa di judge bahwa kang taufik terdoktrin oleh sayap kepak,

    secara logo saja masih si ijo (kawasaki)

    time will tell laaaghhh….

    (edited)

    * sorry, emailnya kurang satu huruf

    Guest
  57. kita lihat saja kedepannya, artikel apa yang lebih banyak terbit dan perubahan redaksi seperti apa yang mungkin menyebabkan perbedaan setelah ada banner di kiri atas . . .

    secara pribadi saya yakin mas Taufik bisa independen dan tetap seperti yang dulu

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  58. gue harap kang opik tetep netral dengan konten blognya, kalo bagus katakan bagus, kalo jelek katakan jelek! jangan sampe gara2 embel2 honda di blog kang topik, trus akang jadi males nulis bagus2nya honda karena takut dibilang DIDIKTE honda, or jadi sering nulis jelek2nya tuh spongsor karena alesan yang sama.

    untuk yang ngatain kang opik matre, ato kekurangan duit, harusnya kita sadar, otomotif sama motorplus aja butuh sponsor buat nyajiin info yang uptodate, mari kita hargai dedikasi kang opik yang rela update informasi tengah malem demi kemajuan roda 2 tanah air, hidup kang opik!!!

    Guest
  59. selamat mas Taufik…semoga menjadi penyemangat…tetapi obyektifitas terus dipegang…walaupun ada ulasan yang bersinggungan dengan banner tsb… ya kita ngasih masukan kepada mereka sehingga kedepan produknya akan lebih baik lagi…jadi bukan sebagai pengganjal untuk selalu obyektif…tetap bebas tetapi betanggung jawab… betul!

    Guest
  60. Insya allah Mas Taufik bisa lah. Toh selama ini tulisan2 di TMC ini gak pernah ada yg kejam, adil tapi gak menjelek-jelekan juga. Nah misalnya AHM ngeluarin produk ato kebijakan yg emang pantas di caci maki gimana? hayooo?

    Guest
  61. @105 kripikpedas
    Kalo dilihat “modelnya” sih, semua
    siap di akomodir oléh mas Taufik kok.
    Tinggal ATPM or Dealer mana yang mau
    masang. Itu saja.
    Toh semua sudah dimulai dengan survey
    terlebih dahulu. Baik oléh empunya
    blog, maupun yang masang…

    IMHO n KSKSS

    Guest
  62. ayumi…

    Anda terlalu berlebihan dengan ke-khawatiran
    anda yang mungkin tak berdasar…

    Kita semua meng-agung²-kan “kecerdasan dan
    kedewasan” pembaca blog, yg lebih dibanding
    konsumén biasa…maka tidak mungkin kalo
    tuduhan anda itu 100% dan mutlak benar.

    Time will tell

    Guest
  63. saya copas lagi koment saya di blognya bung bennythegreat

    uDien D’Kabayan (14:15:53) :

    setiap blog dan blogger punya visi, misi dan idealisme
    ketika tiba2 muncul iklan, kita gak boleh menjudge langsung
    bahwa blogger tersebut sudah terintervensi oleh atpm tertentu
    tentu di sini blogger yang punya kendali, selama tidak
    bertentangan dengan visi, misi dan idealismenya, ya silakan iklan
    tapi kalo sudah mulai mengintervensi sehingga merusak visi, misi dan
    idealisme, ya sudahlah …

    kok gitu aja repot ….

    lagian, para pengunjung blog bukanlah orang-orang yang maaf “bodoh”
    saya yakin, mereka sudah memaklumi dan memahami
    kalau di antara mereka belum maklum dan faham
    di sinilah peran blogger dan komengtator lain untuk memberikan pencerahan dan pendewasaan ….

    bro ayumi ini memang kontrofersi
    dan sudah saya katakan bahwa saya sendiri salut sama beliau
    tapi belum tentu semua pemikirannya benar
    justru yang dituntut adalah kedewasaan

    saya mau tanya
    apakah para blogger dan komengtator sudah dewasa ?????

    Guest
  64. @154 Scoopy
    Kan bbrp bulan sebelum ada banner
    di kiri atas tersebut sudah meminta
    pertimbangan visitorz boss…

    Kan buang² waktu aja…
    Semua mengikhlaskan dan memperboléhkan
    kok waktu itu, asal tetep Netral…

    Lha mas Taufik kan masih netral…

    Jadi nggak perlu polling… IMHO KSKSS

    Guest
  65. rejeki tidak boleh ditolak….. harus nya para pembbaca juga sadar punya blog sampe kaya punya TMC ini ga mudah, aku yang belom tentu 2 hari nulis 1 artikel aja kadang capek, apalagi mas taufik ini bisa sehari 2-3 artikel, belom lagi mantengin dashbord moderasi, memilah2 koment yang layak tampil, yg tidak mengandung sara, (pastilah banyak menguras waktu dan energi)

    lalu apa salah nya kalo orang lain dapat rejeki? akan kah kita memincingkan mata? hanya karena cemburu? perlukah ?

    (bukan bermaksud materialistis)

    misal: saya adalah “mangga” lover’s namun ternyata “rambutan” mensupport saya yang nota bene “mangga” lover apa kah kita harus menolak si “rambutan”? sedangkan tanpa support “rambutan” belum tentu usaha kita akan berlanjut…..

    kapan kita akan maju, jika pemikiran kita masih sempit?

    wis lah, maju terus mas taufik… terus berkarya, apapun enderanya….! 😀

    http://azizyhoree.wordpress.com/

    Guest
  66. nanti duit hasil iklan klo dah banyak belikan racelogic aja juga kang,biar data2 motor itu tetap valid,supaya nanti tdk dibilang condong ke atpm tertentu. Terus berkarya……..n netral

    Guest
  67. mmhhh…cukup terusik waktu saya melihat halaman blog kang taufik….saya pribadi sebagai pembaca merasa ada yang mengganjal di hati…semoga kang taufik bisa mengerti akan hal ini…saya punya keyakinan akan ada efek seolah2 pemasang iklan diblog kang tofik merasa menang secara psikologis…mmhhhh…cukup kecewa ….maaf kang taufik ini hanya perasaan yang saya rasakan…tapi tetap saya salut dengan tulisan2 kang taufik selama ini…yang saya yakin penuh dengan keihlasan hati…berkata apa adanya…yup…semoga kegundahan saya hanyalah perasaan saya saja…kita lihat saja kedepannya…

    Guest
  68. Tetep dukung kang taufik dengan tulisan2nya yang TIDAK PERNAH PROVOKATIF/KOMENTAR MIRING terhadap blog2 lain. Istiqomah aja kang, maju terus dengan update motor2 baru via TPT. It’s so you!

    Guest
  69. FOR AYUMI : KOBOYS memang dibentuk saat adanya buka bersama TMC + Stephen langitan….tapi saya pribadi (5osial’s Blog) tidak setuju kalo anda menganggap KOBOYs gampang di doktrin oleh AHM!!!
    Kami punya market sendiri di area Jogja!! Kami bukanlah organisasi yang punya AD/ART..jadi tidak ada komando dari ketua atau siapapun!! Kami adalah Komunitas blogger yang suka R2….dari latar belakang yang berbeda dan tujuan ngeblok juga beda!! komunitas Koboys punya kemampuan yang unik dibidangnya masing2….Bahkan Kebanyakan anggota Koboys tidak kenal orang2 pabrikan..termasuk juga 5osial’s Blog…bagaimana mereka bisa mendoktrin?!! Saya Begawan Kolor Ijo sebagai wakil dari Owner 5osial’s Blog keberatan kalo Koboys adalah blogger yang diracuni AHM,Steven langitan maupun TMC…..

    Guest
  70. bumi gonjang ganjing :mrgreen:
    hempasan dan benturan mulai menghempas
    gelombang ujian menerjang
    di sinilah saatnya menguji diri
    bisakah diri tetap ikhlas …
    bisakah diri tetap sabar …

    faidzaa ajamtu fatawakkal ‘alalloh
    “jika engkau telah berazam (bertekad bulat) maka bertawakkal kepada Alloh”

    hanya satu senjatamu kang taufik
    bertawakkalah kepada Allah

    (dramatisir.com)

    Guest
  71. saya dukung independensinya mas bro…saya sering bca blog-blog lainnya dan bagi saya blog TMCBLOG.COM & OTOMOTIFNET.COM adalah yang paling independen dalam isi artikelnya

    Teruslah berkarya..

    Guest
  72. Mas taufik, tetap semangat…….
    Dalam hidup adalah hal yang sangat biasa : dikritik, dinilai adil dan gak adil, dibenci, disukai. Semakin Pelik masalah yang kita hadapi, itu adalah tanda bahwa Allah telah memberi kemampuan lebih untuk kita dalam menghadapinya.

    Selama niat baik dalam hati terjaga, Allah-lah yang akan menolong….Insya Allah.
    Bravo Mas…tetap menulis dengan hati….
    Salam kenal buat semua komentator.

    Guest
  73. Lha wonk tinggal baca gratis aja kok ribed bgt yak? Kl emg udh gak sreg ma hati, jgn dibaca… Ngapain jg pake protes2 segala… Si empunya warung juga manusia merdeka, yg sama merdekanya dg pembacanya…
    Maju terus kang Taufik! Biarkan yg menggonggong, Kang Taufik tetep nulis… Ane tetep baca… 😀

    Guest
  74. Semoga Anda mas Taufik…
    masih seperti yang dulu..
    masih “setajam silet”, membahas suatu ulaan

    Dan.. jgn menyerah dan gentar untuk para FBY… hihihihi

    Guest
  75. Hadir, Kang! (walaupun telat, :mrgreen:).. Walau belum pernah ketemu, saya yakin dengan kredibilitas seorang Kang Taufik untuk menyampaikan artikel dengan objektif, adil, independen. Saya sudah merasakan hal itu dari sejak pertama kali mengunjungi blog ini. Saya selalu mendukungmu, Kang!

    Guest
  76. Sebenarnya kasus Ayumi biasa-biasa saja, tetapi terlalu dibesar-besarkan, mungkin hal ini baru pertamakali (kah?), so dengan adanya “gempa” ini kita bisa menilai, siapa blogger atau komengtator yang dewasa dan siapa blogger/komengtator yang kekanak-kanakan ….. :mrgreen:

    Guest
  77. @ ( Ayumi & All)

    Ayumi mengkritik sebagai tanda perhatian dan “kecintaan” terhadap blog(ger), tapi dia sendiri harus “bertanggung jawab” dengan kritikannya tersebut, coba muncul dan berdiskusilah, jangan hanya bisa mengkritik, siapa tahun saya/kami atau anda sendiri mendapatkan pencerahan dari diskusi tersebut, jangan-jangan cara berpikir Anda ada yang perlu dikritisi juga….

    Guest
  78. @ Ayumi & All
    Kecintaan Anda terhadap blog(ger) terlalu berlebihan, sehingga ketika Anda mengunggapkan kekecewaan Anda berlebihan juga, saya melihat Anda menyampaikan kritik tidak berdasarkan analisa logika yang benar, tetapi lebih dipengaruhi oleh peasaan campur aduk yang berlebihan …..

    Guest
  79. buat kang taufik….
    walaupun ada iklan dari sana sini…independen harus tetap terjaga…ane sebagai pembaca setia ninja250r.wordpress.com a.k.a tmcblog.com yakin kalo kang taufik bisa tetap independen….:D

    Guest
  80. gara2 banner…doang…sampe banyak bgt comment…sampe artikelnya segala…..seandainya banner itu bukan honda?…..ck..ck…ck….

    Guest
  81. @ Udien
    Iya mang kasusnya biasa aja, tp krn ada amplified dr bloger papan atas kw 1, jd besar deh,

    nanti dibahas lg deh bolger papan atas ma kw 1nya…

    Guest
  82. @ Legenda Rider

    ayumi cuma sekali dua kali koment pedas
    kok orang laen yang ributnya

    udah saya “tantang” Ayumi untuk diskusi dan mempertanggungjawabkan kritikannya

    tapi sampe detik ini belum nongol-2….

    aneh, koment yang sepintas lalu ditanggapi secara berlebihan, apa gak ada koment yang laennnnn…

    (sorry ya Ayumi – kalo memang ente ada)

    kikikikikik ….

    Guest
  83. @ ashley

    “seandainya honda itu bukan banner” lho jadi lain tha maknanya padahal cuma pindah urutan kata

    saya baru tahu lho kalo ini jadi semacam pro kontra setelah baca artikel di warung mas maskur tadi pagi, kemarin waktu baca ya biasa aja. lha wong kerjaan saya sekarang kalo buka blog cuma baca artikel trus sudah, nulis komen jika merasa perlu, untuk nyimak dan berbalas kometar seperti dulu kayaknya kurang sempet.

    Guest
  84. AYUMI membuar blogger TMC hancur karena dianggap berat sebelah (menampilkan iklan HONDA.

    awas kang ..”samkin tinggi pohon, semakin kuat juga angin yg menghantamnya”

    Guest
  85. saya yakin kalo kang taufik tetep independen, nyatanya kang Taufik ampe sekarang juga membuat artikel dari berbagai merk motor, dan beritanya bener paling terpercaya dan terbukti,
    MAJU TERUS KANG TAUFIK !!!

    Guest
  86. @all,
    kalo banner sebelah kiri baru nongol udah ribut. Apa bedanya dengan HEADER yang warna IJO.
    Toh selama ini bro taufiq juga gak ngebahas melulu si IJO dan gak pernah keliatan intervensi si IJO dalam kontens blognya.
    Grow up mate!!! enggak ada yang gratis didunia !!!

    Guest
  87. Kayaknya komen2 yg ga sejalan dgn pesanan penulis atau sponsor jadi susah masuk yach.
    Sudah mulai keliatan pengaruh pemberian sponsor sepertinya,masihkah layak dibilang independent?????

    Guest
  88. Biasa aja klo mnurut saya, mencari nafkah yg penting halal ya gpp lah.

    Perihal pendapat ttg postingan artikel yg “diduga” akan terpengaruh iklan itu lebih pasti bersifat subyektif, yg menduga sudah jelas adalah orang2 yg berburuk sangka (udah pasti orang2 spt ini termasuk kategori orang BERSALAH, org kayak gini kok malah dipuji, keblinger), blum tentu blogger melakukan hal yg didugakan, hrs dilihat postingannya satu per satu secara obyektif.

    Memangnya kita ini sebagai pembaca dianggap BODOH & tidak bisa membedakan mana postingan yg pro ATPM tertentu dan mana yg PURE dari hati si blogger.

    Pasti kliatan jelas, mana analisa beneran sama racun marketing yg dibumbui kata2 “independent”.

    Pernyataan PEMBACA :
    Blogger silahkan kalian pasang iklan untuk mendukung operasional blog, teruslah berkreasi dgn artikel2nya, biar kami pembaca yg menilai utk diri kami sendiri ttg objektifitas artikel kalian.

    FULL SUPPORT 4 BLOGGER

    Guest
  89. @Morheno
    Kalau nggak nyaman yah cabut aja…disini bebas kok datang gak diundang,pergi gak diusir… 😀
    Itulah bukti kita diuji seberapa luas wawasan kita…dunia maya amat2 luas… peace ah..

    Guest
  90. @ 199. Morheno – Oktober 14, 2010
    Kayaknya komen2 yg ga sejalan dgn pesanan penulis atau sponsor jadi susah masuk yach.
    Sudah mulai keliatan pengaruh pemberian sponsor sepertinya,masihkah layak dibilang independent?????
    ==============

    wkwkwkwkwkwkwk… terlalu prematur dalam berpikir
    lihat tuh Bonsai Biker
    dia itu pengunjung tetap warung ini
    tapi selalu nyepang mulu

    anda tau gak nyepang … nyepang itu nyangkuuuuttt
    alias susah masuk ….

    kakakakkakakk

    Guest
  91. saya pribadi yakin, bahwa kita yg berselancar di dunia maya adalah orang2 yg memiliki pemahaman yg baik, dan tidak mudah untuk dipengaruhi oleh apapun dan siapapun….tetep eksis bro….semakin tinggi pohon makin banyak anginnya….ciayooooo

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here