Ilmu ini saya terima setelah mendengarkan penjelasan tentang Mesin Injeksi Honda. Seperti Kita semua ketahui Motor dengan sistem Injeksi memiliki banyak sensor . ..  salah satunya adalah sesor kemiringan motor atau di sistem PGM Fi nya Honda disebut BANK ANGLE SENSOR kalau di Yamaha biasa dikenal dengan LEAN ANGLE SENSOR. Fungsi sensor ini adalah memerintahkan ECU motor untuk menyetop aktifitas percikan bbm oleh Injektor saat motor berada pada kemiringan yang ditentukan. Kenapa harus dihentikan? Ada alasan keamanannya dab . . . supaya semprotan bahan bakar nggak terus-terusan terjadi. Nah pertanyaan selanjutnya adalah . . . jadi Motor Injeksi nggak bisa diajak belok miring rebah ekstreem di sirkuit dong?

Ok sekarang sebelum menjawab pertanyaannya, Kita kenalan dulu dengan sensornya . .. Bank Angle sensor berlaku seperti bandul dengan poros di tengah (lihat gambar di atas 🙄 ) , nah posisi cincin pemberatnya berada selalu pada titik terendah karena adanya tarikan gaya Gravitasi bumi .

Saat Motor normal berdiri . . .posisi atas-bawah sensor akan sama dengan posisi atas-bawah motor atau boleh dibilang posisinya sejajar sehingga tidak ada sudut yang dibuat keduanya

ketika motor terjatuh maka posisi atas-bawah sessor akan tegak lurus dengan posisi atas-bawah motor. Sehingga boleh dibilang membentuk sudut 90 derajat . . . nah dapat dipastikan injektor akan dimatikan oleh ecu karena ecu mendapat sinyal bahwa cincin logam bertemu dengan pelat yang ada di samping (lihat gambar di atas 🙄 ) .

Nah Gimana saat menikung rebah di sirkuit? . . . saat menikung, Bank Angle Sensor selain dipengaruhi oleh gaya Gravitasi Bumi juga dipengaruhi gaya sentripetal akibat aksi menikungnya motor di tikungan . . . nah gaya sentripetal inilah yang menahan bandul bank angle sensor untuk miring dan membentuk sudut . . . atau boleh dikata saat motor berjalan dan miring rebah di tikungan, Posisi atas-bawah bandul sensor akan sejajar atau paling tidak hanya  membentuk sudut kecil dengan posisi atas-bawah motor . . . sehingga ECU tidak diperintahkan mematikan Injektor, dan mesin motor pun akan tetap menyala normal. jadi kira-kira begitu penjelasannya, cmiiw. Semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

foto paling atas, ngelink ke blognya Om Nugroho

136 COMMENTS

  1. kalo belok lumayan kenceng, gaya sentripetal membantu tapi kalo tidak akan lebih dominan gaya gravitasinya. mungkin lebih pasti, seberapa derajatkah maksimal beloknya biar tidak mati?

    Guest
  2. Fungsi sensor ini adalah memerintahkan ECU motor untuk menyetop aktifitas percikan bbm oleh Injektor saat motor berada pada kemiringan yang ditentukan <- berarti motor nya mati mendadak dong? bahaya tuh,,

    tapi inti nya bisa tetep rebah karena gaya sentripetal yg di hasilkan pada kecepatan tinggi,, kalo kecepatan rendah ga bisa belok rebah kale ya? dah keburu jatoh.. hmm,,

    Guest
  3. mantam Mas, kalau di Honda ini diaplikasikan di SUPRA X 125 PGM-FI, sehingga (kalau)terjadi motor rebah saat menyala, beberapa deti kemudiaa supra X akan langsung mati, untuk me aktifkan lagi off kan kunci kontak dan kemudian on kan lagi, motor bisa dihidupkan lagi ( Me-Reset namanya )

    Guest
  4. sekarang kalo motornya jatuh apakah sensor nya bs kembali normal lagi, dlm beberapa kasus pemilik motor yg pake PGM F1 nya honda, hanya karena jatuh karena motor di standar di tanah yg labil mereka harus ganti sensornya karena rusak dan harga sensornya juga lumayan….gimana kalo soal ini kang taufik ada penjelasan dari pihak honda? thanks 🙂

    Guest
  5. kalo kamera ontail nya valentino rossi kan gak ngikut gaya sentripetal jadinyaa ttp gikutin gaya gravitasi,
    iya kan? @atas, tapi paling irit,

    Guest
  6. Saya rasa teknologi Fuel Injection mengajarkan kita untuk lebih baik dalam bersikap di atas tunggangan kita, jangan asal belok sana-sini nggak karuan. Sistem ini juga mengajarkan kita untuk tidak terlalu banyak bergerak di jalanan, intinya bisa kita terapkan sebagai masukan agar tidak seenaknya dalam mengendarai kendaraan roda dua kita. SALAM BIKERS INDONESIA. (wildcarder)

    Guest
  7. Secara tidak langsung sistem EFI mengajarkan kita untuk tidak seenaknya berkendara di jalan, jangan asal belok sana-sini ngga karuan. Kemudian sistem ini mengajarkan kita untuk berkendara secara “Cantik”, tidak asal bergerak seenaknya untuk meminimalisir gerakan dan gesekan. (wildcarder)

    Guest
  8. Kl ga salah di cafe motor artikel spt ini dulu pernah dimuat deh. Seru waktu itu bakar2anya. Namun waktu itu msh bnyk yg belm paham kayaknya. Kl skr penjelasan bang opik bener2 bagus.

    Guest
  9. Mantap banget nih ilmunya!! Sebenernya udah ngerti sih tentang gaya2 itu, cuma ga nyadar aja ada pengaruhnya kesitu.. Tapi kayaknya yg garis ijo itu gaya sentrifugal, kalo sentripetal kebalikannya.. CMIIW 🙄

    Guest
  10. biar rebah selama ngga jatuh,ga bakal mati.co’z butuh beberapa saat untuk mesin dapat mati pada saat terjatuh.

    Guest
  11. @ Galih
    kalau motor majunya searah warna hijau, itu betul sentripetal, tapi kalau sebaliknya, itu sentrifugal, nah sayah juga belum ngerti, motor arahnya searah panah hijau atau gak … ???

    Guest
  12. menurut pengalaman saya, yang mengamati trouble terkait hal ini, Jangan pernah memasang posisi bank angle tersebut secara terbalik…,
    waktu itu teman saya vixion rider, sengaja membalik posisi sensor ini, ketika ditinggal parkir, dengan maksud sebagai kunci gandaa agar mesin tidak bisa menyala, (ok cara tsb simple dan berfungsi), namun ternyata setelah beberapa bulan mesin sering ngadat saat jalan, (mbrebet) analysa sampai ecu….. ehh pas ketemu ternyata bank angle nya yang error dan koit!, begitu diganti, langsung jozz……

    semoga bermanfaat, from Warung DOHC…. 😀

    Guest
  13. sentripetal bukannya gaya yg mendekati titik pusat’a ya??? bank angle sensor kaya’a pake prinsip sentripugal imho .. secara waktu motor nikung cincin yg di angle sensor seolah2 terlempar sesuai prinsip sentripugal (gaya menjauhi titik pusat gaya) .. cmiiw

    Guest
  14. UNDANGAN buat bro yg suka adu nyali….
    IKUTI JAMBORE NASIONAL TRAIL ADVENTURE
    TGL 4~5 DESEMBER 2010
    Start. MENARA SIGER BAKAHEUNI
    Finish. BANDAR LAMPUNG
    Contact Person.
    1. Ado : 0813 6922 3366
    2. Alwi :0811 724 534

    peace all

    Guest
  15. tahun 2013 ina menerapkan euro 3. sudah siapkah semua merek dengan sistem injeksi murah, snalpot berkatalis, bermaterial stenlis..
    oot……
    koq ademan di warung ijo ya… di toko sebelah ada yg gede ambeg..

    Guest
  16. Seingat saya di pelajaran Fisika, Gaya Sentrifugal adalah gaya yang bekerja pada benda yang sedang dirotasi yang arahnya menjauh dari pusat rotasi. Sedangkan gaya sentripetal gaya yang bekerja pada benda yang sedang dirotasi yang arahnya mendekat/ke arah puasat rotasi. Sehingga benda yang berotasi tersebut tetap berada pada jalur rotasinya. Klo saya perhatikan dari gambar di atas garis panah hijau itu adalah garis gaya sentrifugal. CMIIW

    Guest
  17. 57. moonraker – November 29, 2010
    tahun 2013 ina menerapkan euro 3. sudah siapkah
    semua merek dengan sistem injeksi murah, snalpot
    berkatalis, bermaterial stenlis..
    oot ……
    koq ademan di warung ijo ya… di toko sebelah ada yg
    gede ambeg..
    =====================
    wekekkekek koyo cah cilik yo 😀

    Guest
  18. @roni
    untuk vixi meskipun pernah rebah tetep bisa langsung dinyalain lagi. hanya di ecu_nya ngasih data bhwa pernah rebah dengan berubahnya indikator 0 ke angka lampu indikator yang dashboar juga akan berkedip. oh ya, motor gua pernah rebah dan BERES udag tahu dari baca indikator di ecu. ” pernah rebh ya mas ?” gitu dia tanya.yamha gak usah kawatir.

    Guest
  19. 65. scnk _salam one heart semakin di depan – November 29, 2010

    57. moonraker – November 29, 2010
    tahun 2013 ina menerapkan euro 3. sudah siapkah
    semua merek dengan sistem injeksi murah, snalpot
    berkatalis, bermaterial stenlis..
    oot ……
    koq ademan di warung ijo ya… di toko sebelah ada yg
    gede ambeg..
    =====================
    wekekkekek koyo cah cilik yo
    =============================
    Sampai ada yang muncul sebagai Pak Guru untuk memberikan nasihat.
    Saya berharap empunya warung ijo, benar-banar bisa menjadi penyejuk di kala suasana panas,dan tidak terbakar jika terkena percikan, bahkan bila dibakar sekalipun. Penengah dikala ada prahara, dan tetap teguh berada di tengah.
    Harapan ini hanya sebagai Watawa Saubi Sobri (saling mengingatkan dalam kesabaran) karena saya yakin juragan warung jauh melebihi saya dalam hal ini.

    Guest
  20. Bro…@moonraker , scnk & nhd
    yg lagi ngomongon / ngrasani warung lain…
    ingat jgn ada lg kurusetra jilid-2.
    malu lah…
    yg sudah ya sudah….biar berlalu
    ntar juga lupa…

    peace all..

    Guest
  21. @ Yahonsuwakanja

    ente romantis banget
    sampai aku bercucuran keringat

    ahihihihi

    * fby kehonda-hondaan makin romantisssssssss
    xixixixi…. tapi yang paling romantis adalah bro maRio … ati-ati kalau dia tiba-tiba memeluk dari belakang … wakaakakakaka … kaboooorrrrr

    Guest
  22. 79. uDien D’Kabayan
    sayang mukaku dah keriput gak laku walaupun di obral 😆
    75. chemonx
    muka siapa yang dipakai avatarnya bro… kok plesiran ke warung ini kikikikikiki…….

    Guest
  23. @ yahon-suka-manja (xixixi, sorry justqiding)

    mau dong, 234,
    buat pembakaran otak … xixixi

    @ tikungan lurus
    wah, kalau itu parameternya para komengtator punya banyak muka dong, termasuk sayah … hihihih

    Guest
  24. @ ridertua
    muka keriput itu bagus bro,
    teksturnya lebih keliatan ……… ahihihi

    @ yahon-suka-belanja (jusqding.lageeee)
    bagi dong yang lebih nendang,
    asal jangan ditendang horse … xixixi

    Guest
  25. Mantab sekali ilmunya bang taufik!!
    Ini nih baru namannya menjelaskan teknologi dengan bahasa yang lebih mudah dicerna.. Tapi teknologi PGMFi canggih ih..
    Oke deh

    Guest
  26. @ yahon
    wah, kalau udah masuk kebon susah ngudagnyah
    paling-paling ngumpet di bawah pohon terong …
    biar si terong amnesia yang newak …
    wak wak wak …

    Guest
  27. kalau Bonsai si Penggali Kubur ke aman yah
    di warungnya juga sepi, ada yang tau ???
    apakah dia punya b*j* baru ??? …. ahihihihih

    Guest
  28. @ ridertuwek
    sebenarnya kalau ngikut petuah kangjengmas maRio dicat merah … biar seng kinyiz-kinyiz pada nempel

    tapi petuah itu dipertanyakan, sebab kalau ada banteng kebo lewat ntar malah rumahnya ancur diseruduk … ahiiiii hihihi …

    Guest
  29. 72. yahonsuwakanja – November 30, 2010

    Bro…@moonraker , scnk & nhd
    yg lagi ngomongon / ngrasani warung lain…
    ingat jgn ada lg kurusetra jilid-2.
    malu lah…
    yg sudah ya sudah….biar berlalu
    ntar juga lupa…

    peace all..
    ==========================
    Harapan saya juga begitu.

    Guest
  30. sayah pancing-pancing jaos untuk mereplay koment sayah di warung tetangga, tapi dia seperti menghindar … ahihihi …

    jadi inget antara mental tempe vs mental karbon …

    xixixixi

    * melempar pancing umpan pake tempe …

    Guest
  31. Permisi kang mau ikutan nimbrung nih, …
    kita sih yg orang baru di motor mah selama ini terima aja info yg kita dpt dr penjual. Kebetulan ada teman yg beli mtr injeksinya si “merah” ktnya mesin yg mati waktu kemiringan tertentu tujuannya cuma untuk menjaga keselamatan pengendaranya.Atau mungkin motor injeksi yg di pakai tuk kegunaan sehari-hari harusnya beda ya klo buat di racing.

    Guest
  32. @ 80. ridertua – November 30, 2010
    75. chemonx
    muka siapa yang dipakai avatarnya bro… kok plesiran ke warung ini kikikikikiki…….
    ========
    dikiranya di sinih ada kejuaran tenes …. taunya ada balapan rider tuwek-tuwek … wakaaakakakak .

    Guest
  33. Wiss…..canggih nih, ternyata ada y alat gini.
    Gwa emang pernah denger tp ternyata alatnya ky gini y. Thanks banget bt om taufik nih, deskripsinya bwt gwa kebayang alur kerjanya.
    Good Job I Like It

    Guest
  34. emang bener sih pada kemiringan tertentu motor akan mati jadinya lebih aman terutama saat motor jatuh, jadi ga sampe menimbulkan bahaya lain. teknologi canggih bgt nih

    Guest
  35. di_warung_tetangga_katanya_nulis_dengan_hati, netral, blog_ikhlas_no_profit, blog_dengan_filsafat_ibu, tapi ???? mulai_jauh_panggang_dari_api

    justru_warung ijo yang sempet dicap kemerah-merahan malah memiliki apa yang digembar-gemborkan warung tetangga

    warung ijo lebih bijak, netral, menulis dengan hati dan sabar_ayo terus maju warung ijo !!!!

    Guest
  36. 115. Olie Tumpah – November 30, 2010
    ============================
    Sama dengan yang gua rasakan. Tapi gak tega nulisnya. Dan saya memang sudah merasakan pada saat nyindir munculnya iklan di warung ini.Tapi yang menurut saya sangat tidak dengan hati, pada saat membantai komentator CBR, dan ditambah pembantaian yang kemarin. Di mana hatinya?

    Guest
  37. Sangat Bermanfaat…
    Tekhnologi Injeksi = Hemat, ramah lingkungan, aman dunkkkkk
    Gua udah pake cuy…Rajanya Motor Bebek

    Guest
  38. Kayaknya pabrikan juga udah mikirin efeknya, apalagi untuk pabrikan yg gede dan maju, misalnya Honda, jadi ojo watir le…
    “gitu aja kok repot…”

    Guest
  39. Pastinya teknologi diciptakan untuk jadi lebih baik dan salut buat Honda yang telah jadi pelopor motor bebek injeksi di Indonesia

    Guest
  40. Waw…informasinya yahudd..baru tau ane..apa lagi kalau di bacaaan atau artikel nya banyak gambar nya jadi ane lebih bisa bisa membayangkan lebih cepat tentang isi artikel/bacaan…thx ya

    Guest
  41. emm.. menarik nih… setau saya bro.. BAS itu akan berfungsi pada kemiringan lebih dari 45% dan tidak akan langsung mati ketika si cincinnya menyentuh kawat sensornya.. klo ga salah sih sekitar 3 detikan baru tuh mesin mati.jadi ente tenang aja klo balapan pake motor injeksi.. ga bakalan jatoh.. tinggal sikil.. ngendarainya aja di latih lagie… 🙂

    Guest
  42. nice info gan

    tapi kalo ga salah, seinget ane di pelajaran fisika SMA namanya gaya sentrifugal, coz melemparkan benda keluar lingkaran, kalo sentripetal itu menahan atau menarik benda ke dalam lingkaran.. CMIIW

    tapi ada ga sih teknologi kaya gini di motor non-injeksi alias karbu?
    soalnya ane pake supra dan pernah waktu jatoh gitu, tau tau mati sendiri motornya..

    Guest
  43. Pabrikan HONDA emang keren, mikirin apa yang konsumen butuhkan dan apa yang pasar mau,,,,,

    teknologi dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun sudah semakin cangih aj….

    so, kita jangan ampe ketinggalan gara2 gak mengenal teknologi……

    🙂 🙂 🙂

    Guest
  44. itu sama dgn ketika kita memutar2 ember berisi air yg diikat dengan tali..gaya sentripetal-nya tidak membuat air tumpah walopun embernya miring yg jika kondisi normal (tidak diputar2) airnya pasti tumpah..
    nice info..

    Guest
  45. Mas sory, kreksi dkit y, ^.~
    Gaya sentripetal tu gaya masuk ato gaya kedalam, ato dlm hal ni adalah sesuai arah tikung dr motor yg dipngaruhi gaya mas, sdgkn gaya sentrifugal tu gaya semu yg merupakan imbas dr gaya yg berpengaruh dlm benda sblum’a, jd seolah terlempar bhsa ksarn’a, ato dlm hal ni yg mmbuat mtor tdk jtuh meski nikung ekstream, dn mmbuat giroskop pd sensor tdk brposisi mematikan engine, jd tu td maksud’a sentrifugal mas, srry aq c5 rang bdo ^^ c5 bca di bku PDTM

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here