About these ads
jump to navigation

Lihat bandrol bbm di saudi . . . bikin geleng kepala Desember 12, 2010

Posted by Taufik in Tentang Motor.
Tags: ,
trackback

Kerajaan Saudi arabia yang saya sambangi selama 40 hari dalam rangka ibadah kemarin juga memiliki sisi menarik untuk diketahui dan berhubungan dengan dunia otomotif yakni harga bahan bakar minyak  nya.  Kebetulan pondokan kloter saya yang terletak di distrik Raudhah Ma’abdah-makkah dekat dengan sebuah pom bensin atau spbu. Kondisi bangunan SPBU umumnya di tanah sudi, khussus nya di tiga kota yang saya sambangi Makkah, Jedah, dan Madinah tidak terlalu wah seperti di kota-kota besar di indonesia. Kalo Boleh dibilang mirip dengan spbu pertamina di era 90-an . ..  seadanya githulah ..  . gak kayak sekarang yang lengkap, rapi dan multi fungsi . . . ada lagi yang membuat saya cukup geleng kepala . ..  Yakni harga bbmnya yang relatif jauh lebih murah dibanding dengan harga disini.

Diluar kualitas bbmnya, Petrol beroktan 91 dijual 41 Halalas (0,41 Riyal Saudi) perliter dan Petrol oktan 95 dijual 61 Halalas . . . silahkan kurs kan sendiri dimana saat ini 1 Riyals Saudi sekitar Rp 2.500. Berarti bensin yang beroktan seperti Pertamax Plus dibandrol kurang dari Rp 1500 rupiah he he eh . .. pantas jika mobil-mobil ber cc besar yang biasanya boros bahan bakar seperti Hummer banyak berkeliaran di jalan-jalan saudi . . . yaah namanya juga negeri petro dolar Tapi yang pasti jangan harap bisa beli bensin setelah Azan berkumandang . . . spbu tutup semua he he he he. ..  demikianlah semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

About these ads

Komentar»

1. bay - Desember 12, 2010

1

2. bagoes - Desember 12, 2010

hadir :D

3. arumaarifu - Desember 12, 2010

wuiiihh

4. aanhamzah - Desember 12, 2010

Wah, klo pertamina masuk sana gimana yak?
xixixi

5. arumaarifu - Desember 12, 2010

4

6. ground zero - Desember 12, 2010

amankan poin

7. azizyhoree - Desember 12, 2010

tuh bener kan pertamax=1500/liter, belum ada kenaikan sejak tahun lalu, oiya tuh yg digambar spbu pribadi kali mas taufik?, soalnya yg berlogo seperti Total, petronas, dan shell supermodern, dan swalayan, ngisi sendiri, tinggal bayar belakangan :D coba deh, cari doc yg di jeddah, .. kemaren sempet lihat dealer aston martin, ferarri, dan lainnya ga? :D subhanallah, negara suci, namun super makmur :D

8. ocho99® pilot ROBOT OMPONG - Desember 12, 2010

coba di sini segitu rakyat makmur

9. #99 bro - Desember 12, 2010

kalau harga segitu rakyat makmur

10. ground zero - Desember 12, 2010

1500 perak pertamax plus,di mari 7rebu lebih,wadoh,.apa d sono ada spbu global(shell,petronas,dll)mas?

11. enal ins@ne.. - Desember 12, 2010

owh gitu yah,

andai aja……………….

-ins@Ne-

12. lay tambel ban - Desember 12, 2010

wihhhhh…..
murahnya

13. riehary - Desember 12, 2010

mangtaph…xixixixi

14. nhd - Desember 12, 2010

Ada mushollanya gak, Kang haji. Pasti gak ada tuh.

15. cak poer - Desember 12, 2010

bisa beli pake jerigen ga? :mrgreen:

16. basuki - Desember 12, 2010

wah jos ya…andaikan indonesia seperti di arab ya……(mimpi doang)hahaahhaa

17. thawil - Desember 12, 2010

pertamax jauh banget bedanya sama kita ya.. bukanya harga pertamax ngikutin harga minyak dunia?? :/

18. azizyhoree - Desember 12, 2010
19. reza - Desember 12, 2010

ajib dh…..mank negara kaya petronya.

20. yudibatang - Desember 12, 2010

Dijamin Shell, Petronas, Total gak ada yang berani buka disana… :D
https://yudibatang.wordpress.com/2010/12/12/sepeda-motor-riwayat-haruskah-disimpan-apa-dijual/

21. roby - Desember 12, 2010

Wiiih murahnyah….

22. Top gear - Desember 12, 2010

(HOT)
http://indianmotosblog.com/new-version-of-yamaha-yzf-r15-deciphered
^
^ – SPYSHOT NEW YZF – R15

HOT HOT HOT HOT

23. touringrider - Desember 12, 2010

indonesia punya kekayaan tapi dijual ke kapitalis melulu..

24. touringrider - Desember 12, 2010

yach kakean dosa, kena spam.

25. si kumbang - Desember 12, 2010

kalo harga bensin di Indonesia segitu, yg ada tambah macet aja jalanan.. penjualan motor makin gak terkendali.. makin banyak bikers sembrono gak taat aturan di jalanan..

26. Bogelz - Desember 12, 2010

Ga heran negara petro dolar.minyak buat rakyatnya kalo harga segitu mah ibarat gratis.ngga kaya indo,minyaknya yg pntng laku mahal ,rakyate mah suruh antri di pom

27. Bogelz - Desember 12, 2010

Test

28. Juragan Bebek - Desember 12, 2010

Absen pagi aja,,, :mrgreen:

29. pengen punya ducati 848 evo - Desember 12, 2010

bisa kita impor sendiri gk yah..
wkwkwk
buat konsumsi sndiri

30. anti korup - Desember 12, 2010

INDONESIA juga negara petro dollar! Lihat berapa persen APBN berasal dai Migas. Cuma…kita aja yang digoblokin….kebanyakan dikorup…harga mahal…rakyatnya miskin semua

31. hi hi hi - Desember 12, 2010

Indonesia gak kalah makmur…..harusnya….

32. yponk - Desember 12, 2010

Jd inget waktu SMU dulu.

33. kang Jo - Desember 12, 2010

@21 saat ini Indonesia juga sudah impor BBM…..

Kalo dihitung berapa subsidi pemerintah saudi terhadap BBMnya :
7.300-1.500 = 5.800,-
Besar juga subsidi kerajaan arab terhadap BBM nya….

34. andre_qatar - Desember 12, 2010

masih lebih murah di qatar bro..
premium = 0.70 qatar real
Super = 0.80 qatar real

1 real +_ 2500 rupiah
heee….
andai harga BBM ini dapat kita nikmati di negara sendiri…

mimpi dulu ah :D

35. arif rakhman - Desember 12, 2010

dengan harga segitu, coba bayangkan kalo populasi motor di KSA sebanyak di Indonesia? bisa klenger juga kan negara petrodollar itu?

36. arif rakhman - Desember 12, 2010

kita punya pohon pisang, pengen makan pisang goreng, tapi gak tau bikinnya, jadi nitip ke tetangga. tetangga yang ngerasa udah keluar tenaga (jual jasa gitu lah), bandrolin selangit banget harga pisang goreng yang pisangnya dari kebun kita sendiri. beda sih kalo kita punya pohon pisang dari kebun sendiri n tau gimana bikin pisang goreng.

37. Mercon C a.k.a Mercon Mretelli - Desember 12, 2010

wah, kalo BBM disana semurah disini,,, yaa,,,
motor makin menggila ini,,, wkwkwk
jualan sekali-sekali
http://otomercon.wordpress.com/2010/12/12/lucu-lucuan-bagasi-tambahan-di-honda-grand/

38. az147r - Desember 12, 2010

klo dinegeri kita, ngimpiiii…….klo nga salah,kita sekarang dah impor bbm kan??

39. agungde13 - Desember 12, 2010

emang sudah terkenal paling murah and masyarakatnya jadi nganggep enteng aja bro

40. az_here - Desember 12, 2010

padahal dengan harga segitu aja saya yakin pbrik yg ngolah bbm udah untung……(jiklau ngitungnya dri hrga pokok bhan baku)
ga kyk disini harga sgtu ngomongnya masih di subsidi

41. untungmarwoto123 - Desember 12, 2010

weleh-weleh.

42. masdiisya - Desember 12, 2010

absen kang

43. vyzex - Desember 12, 2010

Kita bisa kok bikin pisang goreng sendiri..pertamina punya kok kilang pengolahan premium..masalahnya, yg kita produksi (katanya) lebih kecil dari kebutuhan masyarakat.
Lagipula, seorang pejabat pernah bilang, kalo bisa beli, ngapain bikin sendiri.
Selain itu, bisnis impor bbm adalah bisnis yg sangat menggiurkan..komisinya itu lho…

44. satria_bajahitam - Desember 12, 2010

Oº°˚˚°ºoohH bener apa yang di bilang kaka saya,kalo di sana bbm murah banget,makanya dari motor sampe mobilnya pasti kelas premium semua.

45. karismanis - Desember 12, 2010

MERDEKA harganya :lol:

46. Bro ken heart - Desember 12, 2010

air 1lt 5000 rupiah, mau?

47. Pemain Baru Astrea Prima - Desember 12, 2010

kpn negara kita gabung dengan ksa…

48. sof - Desember 12, 2010

Buju buset…harganya…..borong borong borong, tiap hari full tank terus kalau harga segitu mah…., btw jangan2 harga aqua perbotol malah 50rb lagih, bebrbading terbalik dengan harga BBM

49. Agus81 - Desember 12, 2010

Lapor Kang Haji Taufik
Saya lagi jalan2 di Kaskus trus ketemu thread yang ngambil foto dan nyontek artikel Akang, tapi isinya seakan-akan dia yang naik Haji. Yang bikin saya bingung, apa yang di kaskus itu Kang Taufik juga?

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6244586

50. husni - Desember 13, 2010

Di KSA (kingdom of Saudi Arabia) bisa dibilang tax free.. bagi kita pekerja asing juga diperlakukan sama.. tidak ada pajak pendapatan, free pajak pembelian barang, free parking, dan banyak fasilitas umum jg free…

Mungkin inilah salah satu daya tarik bagi pekerja asing… alhamdulillah..

Salam,
husni – saudi arabia

51. husni - Desember 13, 2010

tes.. absen saja..

52. chemonx - Desember 13, 2010

pertamax di arab am di Indonesia beda lha… di Indoesia bnyk Preman Gayus nya, jd mimpi aj kali klo mo pertamaxmurah di indonesia…

53. chemonx - Desember 13, 2010

di Indonesia bnyk Gayus na

54. Oom Soer - Desember 13, 2010

Kalo disini harga bbm segitu, jalan pasti tambah macet, lha dijalan isinya mobil sama moge…

55. aldo TAHER - Desember 13, 2010

motor2′ny jadul truz pom benzin’ny jadul => kata’ny negara makmur koq aneh yaw..
bingung beneer.com

56. dave - Desember 13, 2010

negara kita punya minyak mentah nya,,
bisa produksi sendiri,,
SDM ada SDA ada,,
tapi kenapa ngaku nya sering merugi ya?
knp bbm masi disubsidi?
kenapa untung nya masi kurang?
aneh aneh aneh,,

57. Andri - Desember 13, 2010

Di arab saudi harga kendaraan sekitar 1/4 – 1/3 harga jual di indonesia dikarenakan bebas pajak. Cuma dr segi kualitas jauh banget dg barang2 yg dijual di kita bro.
Kalo masalah biaya perawatan, harga spare part sama dg biaya bengkel, contoh kalo turun mesin harga spare part 10 juta rupiah maka biaya bengkel sekitar 10 jutaan jg. Makanya byk banget bangkai2 kendaraan.
Utk kredit kendaraan gampang banget, selain cicilan sangat minim karena harga murah, juga kalo setelah 1 th masa cicilan kita gak mampu bayar ( contoh 5 th masa cicilan), kendaraan tinggal dikembalikan ke dealer tanpa kena denda karena sdh ditanggung asuransi kendaraan.

58. ninja150r - Desember 13, 2010

Kagak takut pake 2 tak dong disana? secara murah abis gitu :-D

nitip lapak gan . Kumpulan Gambar Modifikasi Yamaha Byson

http://ninja150r.wordpress.com/2010/12/11/kumpulan-gambar-modifikasi-yamaha-byson-update/

59. maRio - Desember 13, 2010

negara penghasil minyak juga y saudi??
sayang SPBUnya culun punya hehehe

60. darucreepy - Desember 13, 2010

Padahal indonesia punya ladang minyak banyak capedeh -_-

61. tonosaur - Desember 13, 2010

arab kan lumbung minyak..

62. Cyber™ - Desember 13, 2010
63. anton - Desember 13, 2010

hidup di indo cm bisa diboongi ama pemerintah & gayus yg korup…..
nasib………

64. kang Jo - Desember 13, 2010

Indonesia bukannya kagak bisa bikin BBM sendiri… Kualitas crude oil dari Indonesia kualitasnya lebih baik daripada crude oil negara timur tengah… makanya crude oil dari Indonesia di export dan indonesia Import Crude Oil kualitas dibawahnya dari timr tengah…karena BBM di Indonesia tidak perlu oktan tinggi…. dan dari sistem export import ini masih ada “gain” yang cukup menggiurkan….. namun efeknya Indonesia menjadi Net Import daripada Net Export…. dan efek lainnya Indonesia sekarang keluar dari OPEC… karena Indonesia termasuk Net Import Crude Oil…

Jadi semua itu hanya permainan… Indonesia bisa bikin BBM kualitas tinggi, Indonesia sebenarnya tidak perlu Import BBM asal kita bijak dalam menggunakan BBM…..

65. LSX - Desember 14, 2010

hmm kita kagak ekspor lagi :sad

66. choirul - Desember 14, 2010

wah kalau indonesia bisa niru bagus pak, kalau adzan semua spbu tutup….

67. Eva Ramadhani - Februari 19, 2011

Wah…. Kalo bensin abis gimana ya? Hahaha!

68. Eva Ramadhani - Februari 19, 2011

Muka nya cengo. Akibatnya mesti dorong mobil nya sendiri. nah lho!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.532 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: