Bro sekalian, menurut berita yang dilansir Nikkei Hero Group India setuju untuk nutupin saham yang di pegang Honda dalam Sinergis Joint venture Brand Ternama India, Hero Honda dan dengan ini Hampir resmi Talak Tiga dan mengakhiri 26 tahun kebersamaan mereka berdua :mrgreen: . Lucunya di 26 tahun kebersamaan Mereka mencoba berpisah dimana Hero Group membeli 26% saham ( senilai kira-kira 2 Juta Dolar US ) yang awalnya dimiliki Oleh Honda di perusahaan Joint Venture tersebut . . . angkanya sama ya he he he . ..  So dengan 52% Total saham yang dimiliki .. . Hero group dapat lebih leluasa dan mandiri dalam menentukan arah korporat

Menurut NDTV Profit Hero Group dan the Honda Motor Company berpisah dengan cara menandatangani sebuah MoU baru dimana beberapa pointnya berisi nota kesepahaman yang menyebutkan Hero Group masih dapat menggunakan Brand Hero Honda sampai 2014, dimana hero Group hanya bertugas memasarkan dan mendistribusikan Unit, sedangkan Honda sebagai penyedia teknologinya. Brand akan membayar royalti kepada honda atas setiap Unit yang terjual. Berita lain menyebutkan bahwa hero Honda kedepan akan berupaya lebih mandiri dalam mengembangkan Brand, strategi market sendiri termasuk upaya mendatangkan line up baru yang terlepas dari embel-embel Nama Besar Honda, cmiiw

Tahun Fiskal Yang lalu Ini hero Honda telah memproduksi sebanyak 4,5 Juta Unit Produk atau sekitar 48% dari Jumlah keseluruhan Market Motor India yang menempati Rangkin 2 terbesar setelah china dan selanjutnya diikuti Indonesia. Oh Ya Perkembangan ini di sinyalir karena Upaya Honda yang berusaha semakin menancapkan kaki kakinya di India terlebih setelah membuat Brand Sendiri dibawah bendera Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) dan ingin lebih fokus di dalamnya . . . demikian, semoga bermanfaat infonya

Taufik of BuitenZorg

 

68 COMMENTS

  1. Kalau Indonesia bagaigmana ya?Sepertinya konsumen Indonesia lebih suka yang berbau Jepang atau bahkan Thailan,mungkin ke depan malah kualitas India. Aneh? Lihat saja sponsor yang masih suka nyebut-nyebut standar asli Jepang. Kayaknya masalah mental.

    Guest
  2. Semakin banyak saham jepang pada sebuah industri semakin banyak fulus yang dibawa balik kesana…disini mungkin seperti TAM yang separonya TEMIN, atau seperti honda mobil dan yamaha yang di karawang…suzuki jepang juga isunya mau gebet semua saham indomobil…

    Guest
  3. @6. Gendix
    tadinya Ya
    dengan Brand Hero Honda, Honda berusaha masuk . . .setelah settle dan ada keinginan buat fokus sendirian baru deh pengen sendirian via bendera sendiri HMSI, cmiiw

    Administrator
  4. ooo gitu ya…moga aza Honda makin maju dalam hal menelorkan motor2 baru berteknologi tinggi.
    http ://anto81x.wordpress.com/2010/12/19/software-aplikasi-dan-game-gratis-buat-hand-phone/

    Guest
  5. kapan ya Astra membeli saham punya Honda Motor Jepang ya??? biar mandiri gitu… dan bisa ada brand sendiri” ASTRA “….

    Guest
  6. @ kang jo

    dulu kan udah
    namanya federal motor
    tapi karena krisis tahun 98
    sebagai bagian dari restrukturisasi utang, banyak utang astra internasional yg dikonversi ke saham..
    jadilah salah satunya astra honda motor.

    Guest
  7. Hero Honda selalu memimpin pasar india, kalo berpisah masih bisa mempertahankan prestasinya gak tuh??

    http ://blogpakyo.wordpress.com/2010/12/19/pejualan-november-di-india-honda-ngacir/

    Guest
  8. ini beritanya… tapi kepemilikan sekarang ane kurang paham…..

    Astra lepas 42,5% saham Federal Motor ke Honda
    JAKARTA (Bisnis): PT Astra International Tbk. (Grup Astra) akan melepas 42,5% sahamnya di PT Federal Motor kepada Honda Motor Co. dan 22,5% saham di PT Astratel Nusantara kepada CDC Capital Partners.

    “Sebenarnya MoU (nota kesepahaman bersama) mengenai persetujuan Honda Motor untuk masuk ke Federal Motor sudah ditandatangani, sekarang tinggal pelaksanaannya saja,” kata direktur Astra International Michael D. Ruslim di Jakarta, Rabu.

    Dia mengatakan rencana tersebut sebelumnya juga sudah diungkapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) beberapa waktu lalu. “Astra mengundang prinsipal untuk berperan lebih besar di perusahaan perakitan, sehingga akan lebih berperan dalam pengembangan pasar,” katanya.

    Namun, Michael tidak menyebutkan nilai dari penjualan saham tersebut karena kesepakatan akhir belum ditandatangani.

    Saat ini, Astra International menguasai 92,5% saham di perusahaan patungan itu, sedangkan sisanya (7,5%) dimiliki oleh Honda Motor Cycle, prinsipal sepeda motor Honda dari Jepang. Dengan pelepasan saham tersebut, komposisi saham Astra dan Honda berimbang 50%:50%.

    Menurut Ruslim, dengan seimbangnya kepemilikan saham prinsipal di Federal Motor, pasar sepeda motor Honda di dalam negeri diharapkan semakin kuat.

    “Selain itu, peluang ekspor dapat lebih terbuka, di samping akan mempercepat alih teknologi dari prinsipal,” ujarnya.

    Dia mengatakan pelepasan saham Astra di Federal Motor merupakan langkah lanjutan dari kebijakan manajemen Astra untuk meningkatkan peran prinsipal di lini manufaktur.

    Pada 1998, Astra melepas 20% sahamnya di PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Daihatsu Motor Co. Ltd (DMC), prinsipal mobil Daihatsu dari Jepang.

    Selain Daihatsu dan Honda, Astra juga sempat meminta kepada Isuzu Motors untuk menaikkan kepemilikan sahamnya dari 30% menjadi 40%, sehingga penguasaan Astra atas saham PT Mesin Isuzu berkurang dari 70% menjadi 60%.

    Ruslim juga mengungkapkan bahwa CDC Capital Partners (CDC) kini menguasai 22,5% saham PT Astratel Nusantara menyusul investasi CDC senilai US$30 juta di anak perusahaan PT Astra International Tbk. itu.

    “Astra dan CDC setuju melakukan aliansi strategis yang diawali dengan investasi CDC di Astratel,” ujarnya.

    Guest
  9. yamaha, YIMM hampir 100% Jepang, YMKI cuman njualin..
    Toyota, TMMIN hampir 100% Jepang, TAM cuma njualin dengan nama Auto2000.
    Honda, 50% Jepang dan 50% Astra..
    Daihatsu, itu mah level 2 nya Toyota…level paling tinggi grup Toyota adalah LEXUS……
    Suzuki, Indomobil cuma njualin…pernah ada restrukturisasi dimana karyawan level atas turun 2 grade karena diisi Jepang..

    NEO KOLONIALISME

    Guest
  10. Karizma!! 😀

    http ://adhanihoree.wordpress.com/2010/12/18/bonceng-pakai-helm-dulu-ya/

    http:// adhanihoree. wordpress.com/2010/12/14/penampakan-honda-next-racing-standard-250/

    Guest
  11. apa jd kayak MINERVA teknologi german, jdnya HERO teknologi japan. Tp klo modelnya dah ada 15 biji sih mngkn saja.. coba ntar liat respon konsumen yg pd make nih motor jadinya. dan apa mngkin harganya jg jd turun..? trus kwalitasnya..? he.he.

    Guest
  12. Asli motor dari Yogyakarta.
    DAIHEIYO : DAerah HEIstemewa YOgyakarta
    xixixi…
    Apa karna ngerakitnya dijogja apa ya, dinamakan begitu..?

    Guest
  13. keren juga tu klo astra pisah sama honda dan honda berdiri sendiri tanpa embel-embel astra kemungkinan honda bakal jualan motor yg lebih keren dari sekarang kaya pensiunin tiger trus diganti deh ama cb300…..

    Guest
  14. kenapa ahm ga pisah juga?ganti aja ama produsennya thailand .biar motor yang keren2 pada masuk 😀

    Modifikasi Honda CBR 250R Modif JDM MUGEN Keren lho 😀
    http: //ninja150r.wordpress.com/2010/12/16/modifikasi-honda-cbr-250r-jdm-sentuhan-mugen/
    (HOT) YAMAHA LUNCURKAN YZF R125 TAHUN DEPAN!
    http: //ninja150r.wordpress.com/2010/12/16/yamaha-luncurkan-yzf-r125-tahun-depan/
    Kumpulan Gambar Modifikasi Yamaha Byson
    http: //ninja150r.wordpress.com/2010/12/11/kumpulan-gambar-modifikasi-yamaha-byson-update/
    Modifikasi Yamaha V-Ixion Menjadi Yamaha YZF R125
    http: //ninja150r.wordpress.com/2010/12/15/modifikasi-yamaha-v-ixion/
    kupas tuntazzzz spesifikasi all new jupiter MX vs Old Jupiter MX
    http: //ninja150r.wordpress.com/2010/12/17/kupas-tuntas-spesifikasi-all-new-jupiter-mx/
    SPESIFIKASI HONDA CBR 250R
    http: //ninja150r.wordpress.com/2010/12/18/spesifikasi-honda-cbr-250r/

    Guest
  15. mumpung lagi trennya naturalisasi, pemerintah harusnya mengeluarkan kebijakan untuk Naturalisasi perusahaan asing, nggak usah full seratus persen lah,,, cukup punya saham yang bisa menjadi pengendali saja….. biar jadi tuan di negara sendiri….

    Guest
  16. ASTRA : udah hampir setengah abad masih maju berkembang terus.. etos kerja keras dan cerdas untuk kemajuan Bangsa Indonesia (dari Indonesia untuk kesejahterahan Indonesia)..Honda Toyota Daihatsu Isuzu Agro Lestari United Tractor Pama Persada CMNP , dll

    bukannya dari Indonesia untuk diangkut untuk kesejahterhan Jepang ..wkwkwkwk..kaya ymk*..hihihi…pegawai astra akhir tahun dapet bonus puluhan kali tapi ymk* meringis…pahlawan tanpa jasa 😀

    Guest
  17. Memang sangt bagus jk Indonesia bisa mandiri…
    Agar Negara bs mendapat manfaat yang lebih banyak lg dari Honda…
    Ksejah teraan tdk hanya untuk Karyawanny ja..

    Guest
  18. Perkembangan ini di sinyalir karena Upaya Honda yang berusaha semakin menancapkan kaki kakinya di India terlebih setelah membuat Brand Sendiri dibawah bendera Honda Motorcycle & Scooter India (HMSI) dan ingin lebih fokus di dalamnya
    keren!!!

    Guest
  19. Nyoba bikin analisa mas Taufik,
    kl baca forum di India (komentator di blog india jg).
    banyak yg sudah mengharapkan hal ini.
    ane liat, dr pihak Honda maupun Hero ada ketakutan,

    1. yg pertama dr honda dl, honda khawatir dg kebijakan hero honda suatu saat yg akan mengikuti saudara-saudaranya yg lain (pulsar n tvs) utk mandiri.

    2. dg diperbolehkanya industri sepeda motor asing langsung turun tangan tanpa joint venture, merupakan kesempatan emas bg honda, mengingat pasar india yg sangat besar. terciptalah HMSI.

    3. melihat hal ini Hero kuatir kl suatu saat honda akn lbh mengutamakan perusahaan sendiri drpd perusahaan join venture. oleh karena itu selalu dilakukan pertemuan rutin (triwulan cmiw) agar marketnya ga saling makan. trtm harga jual HMSI harus lbh tinggi dr hero honda pd segmen yg sama.

    4. HMSI mulai mengeluarkan motor-motor yg sgt kompetitif hingga isyu ckd cbr 250 (29 jt otr india) akan menjadi lawan tangguh bg kharisma zmr, dazzler yg mulai menghantui hunk, dan twister yg menjadi motor terbaik.

    Guest
  20. lalu bagaimana setelahnya :
    Prediksi akan lebih menguntungkan bagi HMSI dan merugikan bg Hero, tp ga tau kl bagi Honda sendiri.

    1. Honda dapat bebas menentukan harga (bahkan bisa dibawah hero).
    2. nama yg sdh terikat dan brand merk honda.
    3. bisa bertempur di segmen yg sama. mengeluarkan berbagai varian tp perlu khwatir menggangu penjualan hero/bertabarakn dg mereka.
    4.perkiraan sebelum 2014 HMSI sdh melewatt tvs di nomor 3, namun utk melewati bajaj msh sulit mengingat bajaj dah gabung dg ktm, kl utk nempel mah mampu.
    5. inilah salah satu alasan mengapa cbr 250 satu silinder. (agr dpt bersaing dg yg lain sehingga layak di ckd di india).

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here