Bro sekalian, Seperti Yang Telah saya tulis pada artikel terdahulu dari data per tiga Bulan Pertama Honda New megapro, Walaupun sepertinya masih kurang kenceng dan belum dapat Overtake Vixion . . . Angka distribusinya cukup stabil dan baik. Nilainya berada dikisaran 14-17 ribu Unit perbulan, FYI Secara fakta, Nilai ini merupakan perolehan yang lebih baik bila kita bandingkan statistik perolehan distribusi varian Lama Honda Megapro yang berada di angka 12-13 ribu-an perbulan, cmiiw.

Secara general IMHO, perbedaan antara New megapro, Vixion, Byson dan bahkan motor-motor Mid-End lain seperti TVS Apache dan bajaj Pulsar bila dilihat dari Kacamata Kualitas Produk sudah semakin tipis. Tiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kemudian Bagaimana Upaya pabrikan menjajah Mindset Konsumen tentang produknya melalui pelbagai upaya Promosi. Seperti yang telah dilakukan Yamaha Yang Menurut Blogger Edo Rusyanto sepertinya cukup berhasil menjajah Mindset Konsumen akan Motor Keren dan Irit pada diri yamaha V-Ixion ketika saya wawancara beberapa hari Yang lalu.

Apakah Ikhtiar Honda sudah terlihat Maksimal? Inisiasi Usaha Honda Menandingi Yamaha dalam mempengaruhi mindset konsumen terhadap produknya dengan menghadirkan New megapro sebagai pengganti megapro lama sudah cukup tepat bagi saya. NMP adalah sebuah Produk Yang sama sekali baru. Dahulu banyak Komentar miring bahwa Honda hanya berani gonta ganti baju, dengan Lugas Honda menjawab Komentar ini dengan NMP. Walau tetep aja di tengah perjalanan, aral rintangan telah menanti untuk ditanggapi dengan bijak seperti Isu kualitas tangki dan lain-lain.

Tanpa dibarengi dengan strategi promosi bagus, Informasi  Kelebihan-kelebihan sebuah motor tak akan bisa sampai ke Konsumen. Nah Bisa jadi Hal inilah yang selama tiga bulan ke belakang belum secara maksimal dilakukan Honda. tapi tunggu dulu . . .  menurut beberapa Informasi Yang masuk ke newsroom TMCblog.com, Tahun 2011 akan menjadi ajang Honda untuk lebih gencar lagi mengangkat Nama New megaPro ini dari segala penjuru, baik promosi, peguatan yang berbasis Komunitas, pricing strategy, dan lain sebagainya. Nah selain itu juga Honda bisa lakukan strategi diversifikasi produk, kayak apa maksutnya? . ..  silahkan tunggu artikel lanjutan hanya di tmcblog.com . ..  mean while, silahkan share komentar dan pendapat bro semua, semoga diskusi menjadi menarik dan bermanfaat bagi semua

Taufik of BuitenZorg

106 COMMENTS

  1. Dengan habisnya tahun 2010 dan dimulainya tahun 2011 pada bulan depan, kemungkinan besar semua pabrikan akan merevisi targetnya untuk setahun kedepan. Untuk Y**, kayaknya masih terkendala distribusi. Jika jor-joran promo trus akhirnya barang nggak ada, konsumen khan bisa kecewa? selain itu, efek dari pemberitaan pada bulanbulan sebelumnya masih terasa efeknya. saya kira Y** juga akan start, tapi di medio tahun.
    Apapun promonya, semoga semakin mendewasakan masyarakat dalam memilih kendaraannya.

    yaitu : lebih mementingkan azaz

    need > want.

    nitip jemuran juga kang
    ===================
    http://touringrider.wordpress.com/2010/12/26/cesi-cs-1-ban-bocor-akibat-over-muatankah-laporan-kopdar-sarangan-1/

    Guest
  2. New megapro kokpitnya sangar euy 😀
    moga aja promosinya bisa lebih bagus, jadi keunggulan new megapro bisa masuk ke mindset konsumen

    Guest
  3. NMP sip banget Mas Haji…
    Meki nggak naik motornya (coz sdh pernah)
    tau secara langsung saat Kopdar Lintas
    Propinsi di markas Bonsai.
    Mulai tgl 24-26, NMP menunjukkan motor yg
    pantas untuk “dikendarai”…
    😀

    Sip banget dah pokoknya.
    Salut buat yg udah punya 🙂

    Guest
  4. Betul pak haji mungkin dgn gencarnya promosi masyarakat jadi lebih tau apa yg tawarkan atpm ,kayak ymki dalam berpromosi gila gilaan ,lha masak tiap kali sponsor pasti ada iklan yamaha

    Guest
  5. Mesin lumayan oke, bodi butuh sedikit penyesuaian, kepala harus dirubah desainnya (maklum indihe banget), knalpot dan model ban tolong dirubah agar lebih sporty look, yang terakhir behel belakang yang model keliling lebih baik dipangkas agar tidak menghamburkan material dan merusak desain serta kebiasaan honda dalam menaruh footstep belakang harus dirubah menempel ke frame body saja agar sporty looknya lebih terasa. HANYA SEDIKIT SARAN SAJA, cmiiw.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!! (wildcarder)

    Guest
  6. kalo bener2 mau fight sama byson & vixion, lepas dulu lah itu sanggul (visor), lepas juga itu sayap wagu (shroud), jelek tau….. keluarin jurus black campaign ala beat&revo, pasti naik jualannya..

    *ga becanda, serius lho ini.. :mrgreen:

    Guest
  7. Pricing Strategy : usul NMP SW diturunkan biar ada jarak yang lebih menarik dengan versi CW. melihat fitur yang jauh lebih banyak di versi CW…

    Guest
  8. nih ada yang aneh ttg NMP, tetanggaku beli NMP terus lampu depan langsung diganti sama mega pro lama yang model bulet hmmm…. aneh2 aja selera konsumen ya.. 🙂

    Guest
  9. wah, wajar aja sih NMP di gencarin, soalnya kan pertimbangan CBR150R yang bakal keluar,,, takutnya MS 150CC semuanya kemakan, jadi yaa,,,
    Gemparin aja deh,,,
    http: //otomercon.wordpress.com/2010/12/26/galeri-modifikasi-vario-series-yang-unik-dan-ekstrim/

    Guest
  10. @Bung Dani WSP
    ya..ya.. saya juga salut sama rider NMP.. seperti Bung Jaos bilang.. butuh xtra confidence untuk menungganginya.. yaaa..you know lah.. wakakakakakaka.. :mrgreen:

    Guest
  11. harusnya dari dulu saya salut & respect sama rider h*nda.. lho kenapa Lee??

    ya karna dengan modal nekatnya, dia kendarai motornya dengan high speed, padahal piranti pengereman kurang apik.. alhasil.. pas posisi high speed, hard braking, bodi pontang panting.. roda jadi liar.. sering saya menemui rider matik h*nda & bebek h*nda seperti itu.. begitu juga ketika masuk tikungan, dipaksa rebah.. ngeri saya liatnya.. maksa bgt kesannya.. wakakakakakaka :mrgreen:

    *saya bicara gini karna pernah merasakan.. UJI ADRENALINE MU DENGAN H*NDA.!!! xixixixixixi

    Guest
  12. 36. thole – Desember 27, 2010
    ========
    sering saya menemui rider matik h*nda & bebek h*nda seperti itu.. begitu juga ketika masuk tikungan, dipaksa rebah.. ngeri saya liatnya.. maksa bgt kesannya.. wakakakakakaka
    =========

    saya juga pernah… 😀 ditantang ngebut sama absrevo, pas tikungan turun dia di depan miring abis… n gubrak… 😀 muter kayak kitiran… 😀

    Guest
  13. asem thole mulai… 😈 beat ku cuma nyalurin sisa bonusan aja le… 😆 kalo serius beli matic ya PCX/ yamaha T-Max aja sekalian biar bisa ajak kopdar kamu :ngakak:

    lapor…… sedih nya… kemaren bercanda ria @ magetan-sarangan… pagi ini bercanda via facebook 🙁

    Guest
  14. 48. Darmawan – Desember 27, 2010

    Absen pagi, NMP cakep juga kok, mungkin blom familiar aja ngeliatnya 😀
    ++++++++++++++++++++++++++++
    bener bnget bro… yg bilang jelek cuma FBY.

    Guest
  15. menurut sayah, nmp itu motor yang unik, dari segi design dia menggoyahkan motor-motor indihe, secara performa dia menggoyahkan si vixi apalagi si byson yang jual tampang doang …. :mrgreen:

    Guest
  16. keunikan lainnya, dari segi price dia menekan motor indihe, sehingga si pulsar harus nurunin harga ampe 2 jeti-an, dari segi price juga dia meletakkan si vixi dan si byson harus berebutan kue … :mrgreen:

    Guest
  17. @46 Luis
    sorry deh,
    tp saia serius lho, buat kebaikan AHM juga.
    kalo mau pertahanin tigi gpp, tp pasang mesin yg lebih superior aja, biar bisa ngelawan NMP.
    soale gak sehat kalo bentuk dan performa tigi harus berjibaku lawan kelas dibawahnya (NMP).

    coba aja ente jejerin NMP dan tigi, saia pernah lihat posisi jejer gitu, kayaknya bagusan NMP nya, IMHO

    Guest
  18. mas onthel kemaren seru banget.. kopdar sarangan, rugi bandar ga ikut (lpg) wkwkkw

    ini jemuran nya: kampes mbah wir 😀

    http: //www.facebook.com/#!/photo.php?fbid=1509507985268&set=o.174652859220017

    Guest
  19. @65 warung dohc
    iya, pastinya seru banget, tapi mau gimana lagi, saia cuma punya matic mungil, kalo bawa keluar kota bisa termehek2 ridernya… 🙁

    btw, liat fb nya ntar sore aja ah, dilarang buka fb pada senin pagi,, he he,, soale di list friend ku ada si boss,, wkwkwkkwk

    Guest
  20. kemaren ada temen kakak ipar gw yg mau beli byson.
    setelah ngomong klo doi mau ambil byson org2 pd nyaranin agar jgn beli byson karena cuma jual tampang doank.
    yg gw heran kok org2 udah pd tau klo byson cuma jual tampang doank sedangkan mesinnya memble…??
    nah lho???
    gw kira masalah kelemotan byson ini cuma diketahui sama org2 yg suka nongkrong diblog2 doank, eh… ternyata org awampun udah banyak yg tau.

    Guest
  21. wkwkwkwk.. Luis.. Luis..

    yang bilang NMP jelek itu cuma FBY.. tapi yang bilang NMP bagus itu cuma kamu thok jee.. lha piye truzan?? hakakakakak :mrgreen:

    coba kita tanya sama yang agak netral dikit.. mas Ashley atau mungkin pak bonsai menurut kamu NMP bagus ga sih?? atau jangan2 bagus banget?? (jawabnya ga usah jujur jujur banget ya.. takut iba saya) wkwkwkwkwk :mrgreen:

    Guest
  22. @au_ah
    basiiiii tauukkk.. :mrgreen:

    omongan mu itu pasti kalo ga jadul, lemot, pasti minim fitur, atau boros.. mbok yang rada variasi dikit gitu lho.. misal handling gimana, agility gimana, performa gimana sukur2 ngomongin soal mesin (tapi jangan cuma lemot & dodol aja) saya bosen tauukk dengernya.. :mrgreen:

    orang kog onengnya minta ampun.. wkwkwk :mrgreen:

    Guest
  23. 47. Onthel
    gud…
    dan lebih baik lagi tigi disuntik mati aja,, soale malah bikin nama besar h*nda jd jelek
    ==========================
    ga mungkinlah mo di diskontinyu….. lah katanya nu kalajengking mo tumbangkan ni tigor. tapi dah beberapa kali gonta ganti baju tetep aja tu kalajengking ga berkutik. bahkan bln kemaren si tigor malah naik 19% jualannya…nah Lo…. nah kalo si nyu kalajengking kabarnya gimana? ….. kali para marketing dan fby bisa menjelaskan dah sejauh mana penjualan nu kalajengking yg katanya perkasa itu……

    Guest
  24. Mongtor honda yg mnurut ane cukup bagus ; vartech cbs , supra pgm fi , cs1 dan….., eh cuma itu doang :mrgreen:

    nmp TIDAK termasuk :mrgreen:

    yang pada bilang NSZ jelek……, n pada bela2in tigor……, monggo dipikirken…., tigor picek ; desain parah, mesin parah , harga parah , cuma menang nama n rdb doang.!

    NSZ ; desain okelah kalo dianggap payah *menurut ane sih bagus* , mesinnya.? Lebih kenceng NSZ.! *hayo mana yg dari kemarin bilangin NSZ lemot :mrgreen:* harga juga lebih value NSZ.!! Tiger selamat karna namanya doang.!!

    Guest
  25. bagus ga bagus suatu produk ya biarkan konsumen yang milih..Tinggal lihat toh penerimaan pasar, dan buktinya NMP diterima dengan baik..itu yang penting!

    Guest
  26. @74. predik
    mungkin bahasa saia terlalu ‘keras’,
    tapi imho, memang sebaiknya tigi di perbaiki performanya dan bentuknya.
    baik jg pake nama tigi yg sdh melegenda, tapi bentuk & mesin tetep hrs dioperasi.
    baca ini sbg masukan, jgn sampai nanti sdh bener2 kronis baru dibenerin, keburu nama besarnya jatuh bro…

    utk scorpie beda lagi, saia jg kecewa penggunaan mesin yg sm dengan pendahulunya, seharusnya FZ250 aja dikasih embel2 nama scorpie.

    Guest
  27. Taufik
    Nah selain itu juga Honda bisa lakukan strategi diversifikasi produk, kayak apa maksutnya? . .
    =========================
    Injeksikah?

    Guest
  28. paling ga, NMP sudah lumayan buat kompetitor ketar ketir. 2011, honda pasti pny strategi yg bisa mengangkat jualannya NMP lebih dibanding sebelumnya

    Guest
  29. NMP VS Tiger VS PULSAR 180 n 200 menang siapa ya??? ada yang tau…
    Kalau Yamaha udah punya 2 jagoan adu kebut Scorpio dan Vixi yang belum bisa ditandingi sama merek2 pertama yang ane sebut….
    Makanya Yamaha meciptakan Byson oleh Yamaha diperuntukkan buat Fashion bukan kebut2an karena semuanya yang sudah besar dan berat,, seperti knalpot ramah lingkungan MID-MUFFLER berat 5kg…belum pelek lebar ban gambot dan shock terbesar 41mm……yang bikin BYSON nahan larinya… SETUJU…

    Guest
  30. mengapa ya produk-produk Honda selalu dipilih jadi hadiah bank-bank atau instansi besar?

    Sepertinya image brand cukup berpengaruh selain mungkin ada ‘yang khusus’ dari produsennya

    Guest
  31. NMP kereenn bangett..
    smoga ditahun dpan penjualan NMP smakin maju..
    jgn cma NMP aja meningkat smoga semua pabrikan Honda lebih lagi dari yang sebelumya..

    Amiiinnn..

    Guest
  32. NMP kerenn bangett..
    smoga ditahun depan penjualan NMP smakin maju..
    jangan cuma NMP aja meningkat smoga semua pabrikan
    Honda lebih lagi dari yang sebelumnya..

    Amiiinnn..

    Guest
  33. Sepertinya NMP bakal gencar lagi di 2011, tp Gwa setuju sama Bro Joni ga hanya NMP z tp semua merek Motor Honda bakal kebanjiran order lagi, biar kompetitor laen ga kebagian. Honda Forever 🙂

    Guest
  34. Setuju braderrr. NMP itu asli canggih bgt. Dibanding motor lain di kelasnya, jauhhh. Mesin uda 4 klep, monoshock adjustable, asli empuk broo. Tarikan responsif abiiesss. Coba dulu, baru bicara. Menurut saya Honda harus bikin acara test ride di berbagai kota, khususnya untuk pengguna motor merk lain, jadi pada tau bagusnya ^^

    Guest
  35. itu mah sudah pasti ga usah di tanya.. pasti akan gencar… tapi… sanggup ga menuhi pasar yang sangat cin sama Honda ini…. ini tantangan terbesar buat AHM …

    Guest
  36. Waaaaawwww… Muantappp Kaliii ini NMP, pastinya fitur2 ny cuanggih dehhh…. Hhhmmmmmmm kayanya di tahun 2011 Indonesia lautan One Heart !!!!

    Guest
  37. Ow gencar ya.. waduh… moga” Indonesia ga penuh sama motor ya… Jangan sampai deh…

    Kebayang klo ga ada ruang lg untuk mobil

    Guest
  38. Luar Biasa Honda New MegaPro ini,
    Pencapaian Jualannya Bagus,
    Tidak Menyangka aja NMP ini bisa diterima di lapisan masyarakat Indonesia,
    Terima Kasih Honda

    Guest
  39. Namanya juga New Mega Pro…so pasti wajah baru…tahun depan sudah seharusnya Honda mengangkat pamor NMP ini lebih tinggi lagi

    Guest
  40. di Lombok pada kenyataannya masyarakat lebih menyukai vixi dari pada Honda NMP, tapi itu dikarenakan persepsi masyarakat Lombok yg rata2 menyukai penampilan motor yg keren dan kecepatan tinggi,hal itu bisa dilihat dari banyaknya produk yemehe yg satu ini di jalanan. Tapi secara jujur saya katakan bahwa NMP adalah motor yg sangat responsif dan nyaman di jalanan, gayanyapun juga ok, makanya saya beli NMP ga mau beli vixi

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here