Setelah Byson dibandrol lebih tinggi dari New Megapro, kemarin Yamaha juga membandrol varian Lexam lebih tinggi dari kompetitornya di segmen bebek matik Yakni Honda Revo AT . Koq bisa begitu ya ? . ..  saya sendiri tidak mengetahui secara pasti alasan internal Yamaha yang pastinya bandrol ini merupakan keputusan yang sudah dipikirkan Masak masak oleh para think tank.  mari kita diskusikan bersama-sama dan mencoba menyelami pola pikir Yamaha dalam penentuian harga ini. Jadi begini . . .

IMHO, Yang pertama . . . Yamaha berani membandrol Lexam lebih tinggi dibanding Revo AT karena secara fakta penjualan Revo AT tidak terlalu bagus penjualannya. Sepertinya alasan ini sepele tapi coba bro renungkan . ..  apabila Revo AT sukses dan laris luar biasa, misalnya laku 10 rb Unit perbulan . ..  saya nggak yakin Yamaha mau melakukan pricing strategi seperti yang dilakukannya sekarang terhadap Lexam. Atau misalkan nanti Yamaha akan membuat skutik retro modern yang berkompetisi dengan scoppy yang notabenenya cukup bersinar di 2010 . ..  saya mensinyalemen bandrol harganya akan cukup kompetitif dengan scoopy

IMHO Yang Kedua . . . Yamaha mencoba menyelami mindset dan sifat konsumen indonesia. Konsumen Indonesia itu paling sensitif sama yang namanya Pride. Mereka Nggak mau menggunakan produk yang secara psikologis (ditunjukan dengan harga) lebih Inferior (dalam hal ini lebih murah) dibanding  produk lain. Produk murah, biasanya banyak mengundang pertanyaan . . . downspek kah? jangan jangan partnya KW ke sekian? atau sinyalemen-sinyalemen lain.

IMHO, Yang ketiga . ..  yamaha sadar sepenuhnya bahwa ini adalah varian motor  bebek yang cukup segmented, dan ini dibuktikan dengan patok target yang tidak terlalu heboh 1500-2000 an unit saja dalam sebulan. So Bisa Jadi Yamaha menentukan harga ini tanpa liat-liat ke kiri ke kenan atau dalam bahasa blak blakan nya . . . yamaha menganggap motor ini beda dengan Revo AT, so kenapa harus berpatokan pada Revo AT??  Lagi pula kan tinggian lexam dapur pacunya ( sekitar 3 cc )  gitu kali ya

Segala yang dituliskan diatas ini adalah murni hasil penerawangan TMCBlog.com, bukan dari internal yamaha, sekali lagi cuma penerawangan . . . pas atau nggak, cuma Yamaha dan Tuhan yang tahu . ..  bro bro sekalian pun dipersilahkan berkomentar bila memiliki penerawangan-penerawangan yang lain .. .  monggo di share, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. Yamaha berpikir produkna udah paling hebat, kalo penjualan turun tahun ini, hargana pasti diturunin semua…tahun depan atau diberikan iming-iming 1 milyar lg…

    Guest
  2. mainnya pelan2 dulu, kalo nanti moncer barulah mereka berani pasang target jualan lebih, kasus nya mio dulu juga gitu kan? yg penting calon bakal konsumen diedukasi dulu tentang ni motor

    Guest
  3. keduanya soal kualitas sepertinya 11-12 mas, jd tinggal masalah harga..

    Untuk kelas entri-mid kualitas saya ndak begitu percaya bedanya jauh :mrgreen:

    Guest
  4. dulu waktu belum laku ada slogan murah tp ga murahan… sekarang udah laku mulai menggeser mindset konsumen kalo produk yg ga murahan harganya ya ga murah… strategi marketing yg wajar buat pabrikan yg berkembang pesat dan merasa berhasil mengambil kepercayaan konsumen… pabrikan manapun n apapun biasanya begitu…

    salam cihuy :mrgreen:

    Guest
  5. Yamaha
    Semakin DiDepan YaMUAHALnyaaaaaaa…………!!!
    Mungkin untuk mengejar setoran kaleee….???
    YaMUAHAALkan sekarang udah gak VALUE FOR MONEY……!!!
    Salam penjajah jepang….??
    Aihihihihihiiiiiii…………….??

    Guest
  6. mungkin karna melihat byson yg dibandrol lebih tinggi namun pembeli tetap ngantri jdi sepertinya YMK* ingin mengulangi kesuksesnya kembali, kalupun gagal mungkin tahun depan bisa diturunkan harganya dgn program subsidi dll toh targetnya ga terlalu banyak ini

    Guest
  7. dilema terlalu gila mematok harga. Over price aja nih dari mulai jupi z xeon byson ampe lexam jiah

    http: //moyseventeen.wordpress.com/2011/01/16/yamaha-vs-honda-street-race/

    Guest
  8. Jangan sampe alasannya sama dengan perkiraan Akang yang kedua.. Kalau bener, berarti yamaha memanfaatkan celah “kebodohan” masyarakat dalam membeli suatu produk. Dengan kata lain, yamaha tidak ikut melakukan pencerdasan masyarakat dalam memilih suatu produk.

    Guest
  9. masak harga yamaha selalu lebih murah dari harga honda… kalau harga ini yamaha laku maka yamaha makin percaya diri

    Guest
  10. IMHO –> lebihnya buat nulis “semakin di depan” di motor JLo|99, kan mahal tuh… heuheu…
    #@mas hadiyanta: di bandung penampakan NMP dan Byson seimbang mas, yang jarang NSZ.. baru 1 yang dilihat wara-wiri.

    Guest
  11. Mending ga jadi beli terlalu mahal mending beli aja megapro sakalian dari pada metic deui mah…..!!! Sorry jack yamaha makin keong racun aja sekarang.

    Guest
  12. beberapa kemunginan:
    -imbas pricing harga yang dulu-dulu, yang mengakibatkan YNKI sulit berkembang. Tidak segera bisa nambah lineup produksi.(kurang laba)
    -Ymki sudah pede dengan penerimaan konsumen terhadap produknya dengan melihat harga sekennya.Di tampat saya harga seken vega r lebih tinggo dibanding supra fit, bahkan ada yang melebihi vega zr. Kasus ini mirip dengan eranya grand dengan legenda.
    -sponsor motogp.
    So, saya setuju dengan pendapat bahwa Yamaha sudah seperti Honda zaman dulu. Bedanya kalau honda dulu memegang 50% lebih pangsa pasar dan nomer satu tentunya. Sementara Yamaha baru bisa mendekati Honda di 2009 dan menjauh lagi di 2010. Terus apa yang diinginkan Yamaha?. Betul kata Kang Haji, “Hanya Yamaha dan Tuhan yang tahu”.

    Guest
  13. Beruntung saja konsumen yang dapat motor harga murah tapi tidak murahan, seperti vega r dan Jupi Burhan, juga vixi saat harga di bawah 20 jeti.
    Sekarang apeslah giliran dapat motor murahan dengan harga mahal.

    Guest
  14. Tahun 2010, tahun antiklimak Yamaha. Penjualan semakin tertinggal dengan Honda dibandingkan tahu 2009. Melihat strategi pricing yang sekarang, sepertinya 2011 akan semakin berat untuk mengejar Honda yang semakin di hati konsumen.

    Guest
  15. “Yamaha mencoba menyelami mindset dan sifat konsumen indonesia. Konsumen Indonesia itu paling sensitif sama yang namanya Pride. Mereka Nggak mau menggunakan produk yang secara psikologis (ditunjukan dengan harga) lebih Inferior (dalam hal ini lebih murah) dibanding produk lain”
    ==================================================
    wah kalo ini mah lihat2 barangnya dulu kali ya bang haji…kalo pake produk abal2 harga mahal mah namanya dongo…………..

    Guest
  16. penyesuaian terhadap kenaikan BBN. jadi masyarakat tidak kaget lagi. tapi kalo ternyata dalam beberapa hari ke depan harga byson dan lexam naik lagi, ya gak tau lagi apa maksudnya.

    Guest
  17. 47. myxfikri – Januari 17, 2011

    kira2 kapan ya pabrikan jepang ngejatoh2in harga kayak bajaj… 😀 pasti asik tu
    =========================
    Honda sudah sering tu. Yang terakhir, awal 2011 honda menurunkan harga Beat SW sebesar 300 rebu.Lumayan kan.

    Guest
  18. orang sini emang mau aja dibodohin kartel jepun! d vietnam lexam cm dibanderol14.5jt lha disini meledak jadi 16.4jt
    miris negeri yg telah menjadi market leader bagi pabrikan hanya diberikan p[roduk yg out of date n very-very overprice! S*#K

    Guest
  19. Saya yakin Lexam bakal jadi trend setter yang akan menarik pengguna bebek konvensional menjadi bebek matik. Karena emang di lexam semuanya ada: kelincahan bebek dan kenyamanan matik.

    Guest
  20. Pemikiran/penerawangan mas Taufik zudah pazti benar,harga yg lebih tinggi pazti barang’ny lebih baik pula,krn harga tdk pernah bohong..dlm kazuz NMP dan BYZON,harga lbh mahal byzon jd sudah pazti Byzon lbh baik dari New megi pret..wkwkwk..kompor meleduk euy..

    Guest
  21. harga mahal..

    tapi teknologi dan modelnya g berkualitas tuhhh..
    pintar-pintarnya orang dehh buat milih yang mana yang terbaik

    Guest
  22. kyaknya kt2 ampuh yamaha “murah tapi ngga murahan ” harus dirobah tu krn udh ngga sesuai dengan kenyataan dan kayknya yamaha udah mulai ngikuti jejak honda ni..

    Guest
  23. Yang beli orang sombong? Nih, gue baru beli motor mahal.

    Kalau aku justru bertanya, apanya yg bikin mahal? Mungkin tdk cuma buat bayarin lorenzo, tapi juga jaos dkk.

    Guest
  24. selisih 600rb itu gak banyak la…apalagi design jauh sangat menunjang….bandingkan sj dgn design mtr pic ke 2 di artikel atas…kan jauh.
    Design ymh beda tiap mtrnya, jd kalo yg make ini, org pada tau ni mtr memang ber-kelas utk di kelasnya…

    tapi kalo yg revo at itu, wah siapa yg perduli krn bentuknya sami mawon dgn yg revo nengkono nengkene…ya to? Jadi apa artinya la beli revo at.

    Guest
  25. kalo kutengoknya…
    soal design, ymh pintar memainkannya…
    sekarang soal harga lagi, pintar jg dia memainkannya…

    kalo kayak gini, saya gak heran kalo ymh semakin kuat di INA….pintar memainkan permainan…

    Guest
  26. Yang bikin gw bingung kok Thunder dari YMKI yang masih Tromol harganya di atas NMP ya yang sudah disc break? Padahal Thundernya Suzuki masih jauh dbibawah NMP. Entah kenapa setiap kali ketemu Byson saya ingatnya Thunder ya? Apa Byson itu modifannya Thunder Ya? :mrgreen:

    (lagiiseng.com)

    Guest
  27. engga ah, emang kemahalan, kalo emang berkelas dilihat dari mana??body??menurut saya biasa aja,revo AT pun ga kalah manis, malah bagian belakangnya lexam rada janggal bin aneh…apalagi masih pake karburator,,,hahahahag, konyol juga motor kalo ngaku motor dengan mutakhir

    Guest
  28. engga ah, emang kemahalan, kalo emang berkelas dilihat dari mana??body??menurut saya biasa aja,revo AT pun ga kalah manis, malah bagian belakangnya lexam rada janggal bin aneh…apalagi masih pake karburator,,,hahahahag, konyol juga kalo ngaku motor dengan teknologi mutakhir

    Guest
  29. cuma selisih 3cc, gak ngaruh lah buat revoAt.
    kl di data powernya 8.8ps/8000rpm apakah data itu benar ? itu nipu .
    contohnya byson power cuma 10.5ps ngaku2 14.ps..

    ymki tau kalo org indonesia bohongi lewat data power motor, makanya data spec di over pdahal ya apa bedanya dengan mochin.

    Guest
  30. bukan mustahil ini untuk ngerem kapasitas produksi, jadi kalo permintaan lexam terlalu banyak malah inden akan semakin numpuk apalagi ditambah indennya byson….so jelas sekali target perbulan 1500 cukuplah untuk tidak membuat inden menyemut….(menurut aq ya…)

    Guest
  31. @ 70 jaos
    perasaan koment yang kayak gini pernah baca om …
    ini koment jyadul ach ..
    jangan ulang-ulang koment ah … bioseeeeeeeennn ..

    🙂 🙂 🙂

    Guest
  32. mahal karena ini design baru beda dn revo at yg ambil design revo

    kedua: biaya yg harus dikeluarkan u/ biaya iklan mahal karena lorenzo sekarang dah jurdu,
    otomatis biaya iklan tsb dimasukkan dlm cost produksi dan dibebankan kepada konsumen.

    ketiga : membantu dan u/yamaha moto gp yg dalam kesulitan sponsor

    imho saja

    Guest
  33. Leksam mahal :
    jumlah produk dikit, padahal Ymh dah investasi banyak… misal umur produk 5 tahun, per bulan 2.000 motor, total investasi dibagi 120.000 doang.
    Bandingkan sama Jupi Z, angka 120.000 bisa didapet dalam itungan bulan. Padahal menurut penerawangan saya, investasinya sama gede nih motor, secara nih motor bodi ma mesin baru.

    Kalo si Kebo, sebenarnya akan dibandrol diatas 20 juta, dengan pertimbangan NMP dibandrol sama dengan MPL, tetapi ternyata NMP lebih murah.. Ymh hanya bisa perang dibawahnya, akhirnya main diangka psikologis 19 juta… jadilah 19,9
    (perkempol mode : ON)

    Guest
  34. my question …
    apakah dulu terlalu lowprice ?
    sehingga low profit ?
    akibatnya sekarang jadi over-overan ???

    ada yang bisa jawab … why kenapa kunaon ???

    Guest
  35. 76. nr 1908 – Januari 17, 2011
    kalo menganggap karena desain revo AT mirip abs revo terus di bilang murahan,jelas tuh orang belom pernah liat aslinya revo AT.dari desain,finishing,n’ fitur jelas REVO AT sangat ekslusif jauh dari kesan abs REVO.

    Guest
  36. Yang pasti harga Manufacturingnya lebih mahal drpd Revo AT, makanya harga jualnyapun lebih mahal!!!!!
    Trus kenapa bisa begitu, wong tenaganya gak ada, bukan injection, spek-nya dibawah Revo AT. Krn biaya riset & royality-nya kemahalan!!!!
    Mustinya yg di dpt konsumen sbanding dong dgn harganya, yaaaa … gitu deh?! (PASRAH).

    Guest
  37. 70. jaos – Januari 17, 2011

    kalo kutengoknya…
    soal design, ymh pintar memainkannya…
    sekarang soal harga lagi, pintar jg dia memainkannya…

    kalo kayak gini, saya gak heran kalo ymh semakin kuat di INA….pintar memainkan permainan…

    ==========================
    Semakin kuat apanya Kang Jaos. Gak lihat tuh, 2010 lebih dlosor dibanding 2009. Dn 2011, gqk tau deh, sudah dawali dengan harga Lexam yang tinggi. sementara tetangga menurunkan harga Beat SW 300 ribu.Padahal Beat merupakan matik paling laku di Honda. Itulah One Heart, kalau dagangan banyak laku, beri diskon. Jangan malah sebaliknya.

    Guest
  38. 73. hadi – Januari 17, 2011

    ===========================
    Terus dikemanakan hasil jualannya selama ini? Motor sudah laris, tapi tetap tidak bisa menambah kapasitas produksi.

    Guest
  39. 91. Loui$ – Januari 17, 2011

    Strategi YMKI yg jual murah bnget tp laku bnyak ternyata udah berakhir….. sekarang malah motor YAMAHA KEMAHALAN…….
    ========================
    Betul, betul, betul. Senjata makan tuan, namanya.

    Guest
  40. gile ne fb2 ..revo matic bodinya agak kurang bgus di banding lexam …emk yamaha harus sllu lbh murah dr honda apa …wkwkwkwk …klo gwe sih jg ogah beli matic n bebek dr H Y S K … :mrgreen:

    Guest
  41. 97. nhd – Januari 17, 2011
    73. hadi – Januari 17, 2011

    ===========================
    Terus dikemanakan hasil jualannya selama ini? Motor sudah laris, tapi tetap tidak bisa menambah kapasitas produksi.
    ————————————————–
    yach buat bayar utang dulu lah sama buat dan riset moto gp, khan cuma di ina aja yg penjualannya moncer

    Guest
  42. Tidak sj over pride, semakin norak aj masa iklan speda motor cc kecil pakai pembalut moto GP seolah ngedukasi bikers untuk adu kebut dijalanan…
    Kl masih pkai karbu & blm teruji kwalitasnya…segitu kemahalan…lagi2 korbannya tetap konsumen

    Guest
  43. Kl mnurutku . .soal desain aza. .revoAT kl d jalanan ttp aja kliatan revo biasa . .br kl brhnti n d bndingkan trnyata beda dikit 😀 lexam?bd dr bebek2 ymh lahh kl ktm d jln lgsng ktauan . .oh itu lexam lho yg hrgnya mahal. .untgna ptinggi ymh ga blg”target lexam adlh knsumen gaptek yg pny duit lbh” :mrgreen:

    Guest
  44. naik Revo AT ga ada sensasinya, footstep model moped, pijakan kaki ga mantab & bikin pegel, beda sama Lexam kaki betul2 santai, bisa napak sempurna ke footrest, sensasi matik rasa bebek lebih terasa di Lexam, lebih enak Lexam kayaknya..

    ada yang mau nguji ketangguhan 2 spesies ini ga? (Lexam & RevoT) HAHAHAHAHAHAHAHA :mrgreen:

    Guest
  45. ngomong2 soal Pride war, murah jangan2 spekdown bisa juga.. saya liat Vario & Vario Techno sekarang keliatan kusem & kumuh bgt, liat aja finishingnya ga rapi, bodi ga halus, bodi tipis, kalah sama finishingnya Mio Soul, liat aja Vario CW & Vario Techno kalo dijalan.. kayaknya betul2 spekdown..

    Guest
  46. cuma selisih 600rb dgn kompetitor, sdh ribut…
    dan anehnya malah ditimpalin dgn komen bgini “tambah dikit bisa beli nmp”..ha ha ha.
    Kan tambah dikit itu, tambah beberapa juta…jd besar mana tambah bbrp juta atau selisih 600rb tapi design ber-kelas?

    Kalo tadinya design buluk, br boleh bilang kemahalan..ha ha ha.

    Guest
  47. 111. thole – Januari 17, 2011
    btw sekarang produk YMKI kalo ngga desain bagus ( meeeong,bis-oon,n-jz ) atau hi-tech ( vixiong,n-jmx,keong ) pasti mmmuuuuaahaaal.

    Guest
  48. ckckck… YMKI mulai besar kepala,
    sepertinya buat modal nyokong pembalap motoGP nya tuh,
    maklum dananya terbatas.
    piss ah.

    Guest
  49. 105. “Cuma Penonton” – Januari 17, 2011

    Tidak sj over pride, semakin norak aj masa iklan speda motor cc kecil pakai pembalut moto GP seolah ngedukasi bikers untuk adu kebut dijalanan…
    ===========================
    Tadi siang lihat iklan Komeng naik MX, ternyata temanya masIh sama, TIDAK MENDIDIK.

    Guest
  50. nunggu kabar perkembangan lexam
    agak pesimis sama ni bebek

    =========
    http: //www.costumize.us/2011/01/honda-tiger-revo-shockbreaker-modified.html << check this out

    Guest
  51. saya mengerti fanboi menjerit krn merasa mtr ini mahal, pdhl cuma selisih 600rb dari kompetitor….
    saya memahami trauma masa lalu anda sekalian dari permainan hrg hnd yg kurang cerdik…
    ikut simpati la….

    coba dilihat dari sisi lain, ini betik yg berkelas, bukan skutik murni bukan bebek murni…beda ‘rasa’. Dgn demikian, trauma hrg bisa dihilangkan.

    Oh ya, siapa yg perduli soal injeksi di kelas ini. Ribet! Nanti ada waktunya!

    btw,saya gak dibayar apa2, cuma ‘fun’ aja komen beginian…ha haha

    Guest
  52. harga segitu dapat scorpio 2nd udah berwujud mantab seperti ini>>> cekidot>>>sisa 5 juta bisa buat kipas2 :mrgreen: / sumbangin ke panti asuhan 😎

    http: //azizyhoree.wordpress.com/2011/01/17/dijual-scorpio-modifikasi-jap-style/

    Guest
  53. Menurut saya Yamaha tidak mau banting2 harga di lezam,mungkin seperti yg kang bilang MS nya juga kecil,lebih baik yamaha banting harga di matik yang selama ini mulai di gerogotin dan semakin di kejar oleh matik Honda,Betul ga Kang?

    Guest
  54. Kalau harga nya ga seimbang ama kualitasnya sama aja boong…padahal secara kualitas teknologi udah ketinggalan ama “tetangga sebelah”, Yamaha Semakin Aneh-aneh saja, hahahahaa…

    Guest
  55. @ Cuma Penonton & nha
    Tidak sj over pride , semakin norak aj masa
    iklan speda motor cc kecil pakai pembalut
    moto GP seolah ngedukasi bikers untuk adu
    kebut dijalanan …
    ===========================
    Tadi siang lihat iklan Komeng naik MX ,
    ternyata temanya masIh sama , TIDAK
    MENDIDIK .

    Ente smua pernah liat iklan Honda Blade pake striping Repsol? Winning with Blade atau Loser with Blade?

    Ymh mau patok hrg mahal kek atw murah kek trserah aja, kok ente yg Revoat? Kalopun dipatok murah emang ente mau beli? gak mgkn kan? Sales hnd pd ngaco smua….

    Guest
  56. @paul

    yg dibahas safety riding bro..iklannya blade jg di sirkuit kan..coba tunjukin ke gua 1 produk yamaha yg ada fitur safetynya…ahh sales ymaha jg sama ngaconya

    Guest
  57. aje gile, harga selangit teknologi seimprit…bener2 ne manfaatin konsumen indonesia, masa karbu banderol sgitu…ckck

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here