Bro sekalian, hari ini saya membaca dua berita dari sumber yang berbeda tentang TVS di Republika dan Xbhp.com. Di republika Ibu Mieke dari TVS mengemukakan bahwa Apache RTR 180 akan keluar Akhir tahun 2011 ini . . .  sedangkan bebek super akan dirilis Kuartal Pertama 2011 ini artinya maksimal bulan April ini bebek yang disinyalir berkubikasi 125 150 cc ini akan resmi dirilis di Indonesia. Ini berati lebih dari satu setengah tahun setelah pada bulan april 2010 TVS Motor Company Indonesia (TMCI) mendaftarkan TPT Apache 180 di kemenperind. Dan bro pun tahun semua bahwa hasil pendaftaran tersebut berbuah diluluskannya izin memproduksi 5.000 Unit Apache 180 untuk tahap pertama.

🙄 TPT Apache 180 setahun yang lalu

🙄 TPT ‘bebek super’ 150 cc medio Oktober 2010 yang lalu

Bicara masalah Kans Apache 180 . . . Yaa memang berat, bukan karena kualitas Apachenya . . . akan tetapi karena medan pertempuran di segmen motor sport sedang dalam heat yang sangat tinggi, terlebih lagi bila nanti Honda jadi meluncurkan All New CBR 150i. FYI di India sana spesifikasi Apache RTR 180 adalah Memiliki kubikasi murni 177, 4 cc, power maksimal sebesar 17,3 ps pada 8500 RPM, lebih tinggi 1,9 Ps dibanding RTR 160  dan Torsi maksimum sebesar 15,5 Nm, lebih besar 2,4 Nm juga bila dibanding RTR 160 . . . apakah ini cukup kompetitif? seperti kata eyang edo dalam wejangannya variable value itu bergantung pada trisula Kualitas-harga- dan pelayanan purna jual . . . nah sekarang tinggal gimana TVS berusaha memaksimalkan ketiganya

🙄  Apache RTR 160 with ABS

Dari tanah India Via forum Xbhp malah diberitakan bahwa versi Upgrade dari TVS Apache RTR 180 malah akan dirilis secepatnya (soon). Banyak member forum berspekulasi bahwa obyek serius yang akan diupgrade adalah sektor pengereman dengan dtambahkannya fitur antilock Brake system (ABS) dan akan dirilis pada bulan februari 2011 mendatang . Apache dan ABS sebenarnya bukan berita mengejutkan lagi . . . wong setahun yang lalu TMCBlog sudah mengabarkan bahwa TVS Apache 160 RTR sudah dicangkoki fitur canggih ini. Bro Bisa lihat dari lubang-lubang gerigi di piringan cakram roda depan Motor pada gambar di atas. Itu salah satu ciri khas rem yang telah dicangkok sistem ABS. silahkan dikomentari dan semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

For blackberry User : Please dont mind to Use TMCBlog.com BlackBerry Launcher Application V 1.0

For Symbian Mobile phone User : Please dont mind to Use TMCBlog.com Symbian Launcher Application V 1.0

1 COMMENT

  1. jadi inget waktu peluncuran CBR 250 ABS ada yang bilang…

    Paket ABS gak suka, sebab saat nge rem jadi hilang fielingnya…

    *bukannya ABS bekerjaa saat nge rem dengan mendadak…?

    Guest
  2. Harusnya bodinya gonta-ganti gitu… Jangan itu-itu aja…
    Atau apa memang motor India pada begitu ya?
    (Ingat Pulsar 180, 200, 220)

    Guest
  3. ada motor yang daleman ganti2 malah protes,,

    ada motor yang cuma ganti2 striping juga protes..

    ane sih mending daleman yang di upgrade, daripada striping doang. Biar striping itu hasil imajinasi sendiri aja 😀

    Guest
  4. @14

    Saya setuju, tampilannya gitu trus, boring. Alangkah baiknya tampilan luar juga di refresh.. kalo mau laku.

    Guest
  5. Bakalan hadap-hadapan dengan Pulsar 180 niih..sama2 dari India sama2 mengusung mesin 180..menangan mana ya..??

    http://lexyleksono.wordpress.com/

    Guest
  6. #20
    saya percaya nggak semua orang butuh monoshock, masih banyak yang pengen stereoshock, tetap pede TVS
    http://newmegapro.wordpress.com/2011/01/25/gawat-honda-menampar-yamaha-fby-iso-modarr/

    Guest
  7. asal harga nya jgn mahal2 aja..hehe sensitif daku kalo menyangkut soal harga..ga kyk yg laen(maklum kelas ekonomi)hehe

    Guest
  8. @12. skydriver
    xixixi iyah betul 150 cc

    @23. aryoningrat
    kupikir seperti itulah strategi diferensiasi untuk meghindari hesd to head dengan motor yg telah ada

    @24. Lexy
    patut ditunggu

    Administrator
  9. TMCI ikut2 YMKI neh. lama banget mikirnya. padahal bisa aja Apachers 160 udah gak sabaran pengen naek kelas. udah jelas kemana arah tujuan berbisnis TMCI: ngutamain bebek, baru motor sport, seperti sinyalemen sodaranya mas Awi :

    http://awiguna.wordpress.com/2010/04/05/tmci-fokus-ke-kelas-bebek/

    buat Apache 180, tul banget kata wak kaji, berat banget neh persaingannya, utamanya dari saudara jauh, Pulsar 180 UG4 dan 220F/S.

    Guest
  10. Apache 180 punya LCD speedo yang bagus (backlit biru), ada jam digital.

    masalah paling utama yang sering dikeluhin dari varian Apache (termasuk 180???) adalah getar.

    rem belakangnya apache 180 juga kurang pakem kalo ngerem ndadak dibandingin punya pulsar 180 UG 4

    http://bikeadvice.in/tvs-apache-rtr-180-vs-bajaj-pulsar-180-2009/

    Guest
  11. @mas taufik,
    maap ni,q kn awam ni mslh mtr india,
    sebenere gmn kah kualitas mtr india?mksd kalo dibandingkan mtr jepun gmn,
    (masalahe masih terdoktrin produk jepang)
    mohon pencerahannya

    Guest
  12. barusan dapet brief dari bajaj….mo ada kejutan di bulan maret………….sssssssssst….nahan napas aja yah yg mo beli motor…..

    Guest
  13. 2011 tahunnya sport pairing..eh half pairing jg termasuk yah…hohohohohohohoho…doain menang pitching yaaaaah…..

    Guest
  14. Bicara motor sport, TVS aja dah ada berita jauh2 hari, Suzy juga akhir taun kedatangan motor sport yg masih misterius, tetangga dekat malah datangkan duet maut CBRnya, knapa yamaha malah adem ayem aja ga da berita apa2 selain gosip facelite vixinya??

    Guest
  15. abis liat iklan komeng yg baru katanya “jupiter mx baru, yg lain semakin pasraah.,.” wakakakakak..sumpah lucu abis tuh iklan, kreatif..selamat buat ymh deh, smg laku jualannya, tp kalo ngga laku siap pasrah ya..

    Guest
  16. Kabar gembira memang motor-motor yang dipasarkan di INDONESIA sudah ada yang mulai mengaplikasikan ABS, namun saya cukup takut jika nanti pengaplikasian ABS ini sudah marak diaplikasikan pada motor-motor yang umum beredar di jalanan NUSANTARA. Saya takut jika sikap dan attitude bikers-bikers di sini belum berubah, jangan-jangan mereka merasa cukup aman dengan piranti ABS ini dan malah memacu motor-motor mereka sekencang-kencangnya. Tapi semoga hal-hal tersebut tidak terjadi, karena saya percaya bikers-bikers kita sudah cukup dewasa untuk mentaati peraturan yang ada dan saling menghargai satu sama lain. AMIIIN.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!!

    Guest
  17. 100 besar absen dulu ah yang penting produk2 kaya gini masuk biar ngomporin produk jepang yang udah berkuasa biar ga seenaknya

    Guest
  18. Klo diliat tekad produsen India bikin penetrasi dan inovasi di Indonesia sebenernya sangat perlu diapresiasi, dan mudah2an konsistensinya bisa bikin koreksi harga2 motor2 jepun yg msh dianggap overpriced – kecuali suzuki mungkin – . Yang jelas kekurangan nilai desain , dan non monoshock nya mesti cpt2 dibenahi spy tetap dilirik calon pembeli . pis .

    Guest
  19. @ Sansiro
    Betul bro….
    Selama motor kita susah digeber diatas 180 km/j…buat apa dipasang abs?
    Kecuali kalo motor kita bisa lari 180 km/j ato minimal 150km/j dlm trek 300m baru wajib tuh abs.

    Guest
  20. Menurut saya akhir 2011 kelamaan, walaupun sekarang dilaunching juga gak ngaruh ama penjualan mengingat kondisi jumlah 3S-nya gak memadai atau malah kurang, terutama di Jakarta, lebih2 lagi di Jakarta Barat. Ini salah satu penyebab saya urung memboyong TVS Apache dan ganti pilihan ke Bajaj Pulsar di thn 2009.
    Saya sempet mikir kok kenapa begitu ya? Padahal TVS sudah bikin pabrik di sini, tapi kok jaringan 3S-nya melempem begitu. Jangan setengah2 kalo mau berhasil. Jujur aja saya melihat bahwa produk2 TVS itu bukan produk yg jelek, malah lebih bagus daripada produk Bajaj. Sayang sekali kalo TVS gak serius menggarap pasar Indonesia.
    Tentang TVS Apache ini, saya rasa alangkah baiknya modelnya didisain ulang, karena emang bosenin kyk lihat motor2 Bajaj Pulsar aja yg gitu2 aja dari thn ke thn. Model bebeknya bisa kreatif kok yg type sport gak bisa sih?
    Maju terus TVS…!

    Guest
  21. Jgn akhir tahun 2011, kapan lg mau bersaingnya…Blum lg harus pikirkan kualitas, harga, playanan.
    Nanti pasar habis sama CBR nya honda…whehehe

    Guest
  22. Mantap sudah pakai sistem ABS,
    Alangkah baiknnya lagi bila,
    Sistem Pengereman ABS dicombo dengan,
    Sistem Pengereman CBS yg ada di Honda Vario,
    Dijamin lebih mantap dah,
    Ide Bagus kan ini

    Guest
  23. desain dari india lumayan ciamik..tp kok mirip2 ya wajah motornya??

    kang taufik…ijin titip link ya..

    =================
    modif CBR 250 by Ride It
    http://www.stu69.blogspot.com
    =================

    Guest
  24. s7 ama mas kodokijo…tvs perbaiki dulu 3s-nya,secara kualitas produk ok gk kalah ma japan produk,n masih 1 tingkat di atas bajaj…n usul batok nya apache di kecilin dunk yg lebih proporsional lah,,,jgn kegedean,,,ampe ada yg bilang itu batok lampu apa helm yah hehehee….[moga2 di denger usulan na ama tuan thakur] peace ah…

    Guest
  25. yg 160 cc ajah harganya segitu, yg 180 apalagi ABS mo ditaruh diharga berapa?

    iklan : http://rodatiga.wordpress.com/2011/01/27/yamaha-mio-2011-modification-by-motor4difabel/

    Guest
  26. sayang banget sebenernya kalo mau suses di indon, apache harus merubah beberapa fitur :
    1. Body harus full fairing buat ngalahin tampang CBR.
    2. Suspensi harus mono shock biar dibilang motor sport beneran
    3. Mesin minimal kapasitas 200cc
    4. Rem gak harus abs, yang penting depan-belakang cakram.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here