πŸ™„ ini foto diambil dari lantai Tiga masjid Al Haram

Bro sekalian, Ini bukan artikel Ngaji . ..Β  akan tetapi sekedar share pengalaman ketika selama 40 hari kemarin beribada di dua Kota Suci. Mungkin banyak Yang kaget ketika saya dan istri memutuskan untuk pergi berhaji di musim haji kemarin dalam Usia yang cukup ‘muda’ bila dibandingkan umumnya Jamaah Haji Indonesia. Sebenarnya hal ini bukan sesuatu yang Ujug-ujug, Tercatat dari Tahun 2002 saya membuka tabungan Haji disebuah bank Syariah . . Saya ingat waktu itu saya tabungkan Uang kira kira sebesar 100 ribu saja. Entah kenapa keinginan untuk mengunjungi Rumah-Nya dan Berziarah Ke Makam rasulullah Tercinta sangat menggebu-gebu. Terlebih bila saya melihat segala kenikmatan Materi yang telah Allah Amanahkan ke saya . . . Saya Pikir, Koq saya ini kayak yang pilih kasih ya sama Sang Khaliq

πŸ™„ latar belakang Jumrah Aqobah

Sudah berkeluarga, Tempat tinggal sudah ada, Kendaraan Transportasi ada . . . Tapi koq sepertinya Saya menomor duakan DiriNya . . . Apa jadinya bila tiba-tiba saya nggak berumur panjang. Bagaimana saya menjawab Pertanyaan seperti ” kenapa Kau Tak Mengunjungi Rumah Ku ketika kau masih Hidup?” Oooh ya Rabb, kutahu kau pun memiliki rasa Cemburu Bila Hamba Mu menomor dua kan diri Mu

πŸ™„ Inilah keluarga terdekat saya selama 40 Hari . . . udah kayak di Shaolin Temple :mrgreen:

Bicara tentang Ibadah Haji . . . Perkataan banyak Orang tentang sifatnya yang benar-benar merupakan Ibadah Fisik, sepertinya ada benarnya mas bro sekalian. Bayangkan saja . . . Saya dan beberapa Jamaah haji asal Kota Bogor menempati Pemukiman Jamaah haji Yang letaknya lebih 3 km dari Masjidil Haram . . . Untuk Bisa memperoleh shaf subuh Nyaman di dalam Masjid Al Haraam Harus paling Nggak mulai berangkat dari Tempat mukim Jam 2.30 Pagi . .. terlebih lagi harus Jalan Kaki saat hari mendekati waktu wukuf karena Hampir Tak ada bus yang mengantar Masjid Al Haraaam Padeeet soale, muaceeeett diamana-mana. Pokoknya sedikit sekali waktu untuk bisa beristirahat disana, Kita akan terbiasa tidur malam hanya 2-3 jam saja. Oleh Karena itu saya sangat merekomendasikan bro untuk bisa mengunjungi Rumah Nya ini sedini Mungkin, agar paling tidak . ..tidak menyusahkan orang lain he he

πŸ™„ Bermalam di Muzdalifah hanya beratapkan langit Plus Pakaian Ihram hmmm nikmaaatt

memang sih untuk menabung sampai mencapai treshold 25 Juta (dulu 20 juta) untuk mendapatkan porsi cukup lah sulit, tapi akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin. Itupun setelah dapat nomor porsi harus sabar nunggu waiting List. waiting List DKI Jakarta bisa sampai 5 Tahun kalo Nggak salah, Kota Bogor mencapai 3 tahun, Kabupaten Bogor 2 tahun . . . tapi ini saya pikir masih nggak terlalu lama bila kita bandingkan dengan Orang Turki . . .Denger-denger Waiting List mereka untuk berhaji adalah 15 Tahun . . . wiiih . . . mungkin ini penyebabnya, Jamaah haji asal turki terlihat pada sepuh-sepuh . . . hmmm sekian dulu share pengalaman ini. Masih banyak catatan perjalanan religi ini saya simpan di ponsel berisi pengalaman, cerita lucu, tips dan Trik . . . Insya Allah akan saya rilis bertahap di Blog ini, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. Lebih2 lg saya punya istri yg dah haji..klo kumpul2 dgn 1 klmpok hajinya uh jadi ngiri..mendengar cerita2 saat disana

    Guest
  2. hmm nglihatnya aja sejuk…baru ke msjid Ampel Surabaya serrr.. palagi ke..Mekah Masjidil Haram..mungkin rasanya beribu-ribu kali sejuk…sulit mggambarnnya…semoga bisa segera nyusul amiiiin

    Guest
  3. Yang pasti saya masih banyak kekurangan. Namun panggilan jiwa selalu menghinggapi untuk pergi kesana. Ya Rabbi, hilangkanlah hamba dari perasaaan Riya serta dari Nafsu dunia. Amin YRA

    Guest
  4. setiap melihat gambar ka’bah darahku rasanya berdesir, apalagi melihat foto2 mas haji. . .

    ya Allah sampaikan umur para penghuni warung ini untuk berkunjung ke rumahMu. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  5. dulu ke jabal magnet gak kang? ulas fenomenanya ya, belum pernah ke tempat itu soalnya. mending ke masjid terus sampe puas.

    Guest
  6. “Apa jadinya bila tiba-tiba saya nggak berumur panjang. Bagaimana saya menjawab Pertanyaan seperti ” kenapa Kau Tak Mengunjungi Rumah Ku ketika kau masih Hidup?”

    “Kita akan terbiasa tidur malam hanya 2-3 jam saja. Oleh Karena itu saya sangat merekomendasikan bro untuk bisa mengunjungi Rumah Nya ini sedini Mungkin, agar paling tidak . ..tidak menyusahkan orang lain he he”

    ini yang selalu saya renungkan

    Guest
  7. Saya terilhami oleh mas taufik, di umur yang dibilang masih muda mas taufik sudah berhasil menunaikan tugas mulia. Saya juga pernah tertegun dengan tajam didepan gambar ka’bah. ketika itu tiba-tiba saja seluruh bulu kuduk saya berdiri, padahal saat itu tidak ada angin atau zat lain. Setelah itupun saya berjanji untuk secepat mungkin pergi ke tanah suci untuk menunaikan titah-NYA. Semoga mas taufik bisa menjadi contoh untuk kami semua untuk berserah diri kepada ALLAH S.W.T atas segala apa yang telah dianugerahkan-NYA kepada kita. Semoga mas Taufik benar-benar menjadi haji yang mabrur dalam arti kata yang sebenarnya. AMIIIN.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!!

    Guest
  8. dikota kami kalau tidak salah waiting list dah sampe 8-10 thn kang taufik (mertua saya),makanya masyarakat dsini byk umrah jg dl. Atau biasax mengambil ke kota di provinsi sebelah macam tamiang layang yg waiting listx cm 2-3 thn

    Guest
  9. Kami yg tinggal di KSA Alhamdulillah diberi kemudahan untuk berhaji tanpa harus mengalami waiting list… Cukup dalam 6 hari untuk menuntaskan semua rukun dan kewajiban haji…

    salam,

    Guest
  10. Betul… Selagi diberi mampu, selagi diberi waktu, selagi muda, segeralah ke sana. Haji perlu fisik yg kuat/sehat.
    Alhamdulillah, pd 2006 lalu tunai jg rukun kelima. Bertepatan haji akbar. Subhanalloh walhamdulillah…

    Guest
  11. yang ajib itu di antaranya air zamzam
    walaupun jamaah banyak minum air zamzam tapi tidak sering pipis, walau yang sebelumnya beser pun jadi tidak beser …

    ( itu kata emak gue ) πŸ˜€

    Guest
  12. InsyaAllah menyusul… Masih fokus memberangkatkan mertua yg terus bertambah tua. Syukur kalo bisa berangkat bareng agar bisa sekalian menjaga mereka.

    Alhamdulillah sudah beberapa kali diberi kesempatan utk mengunjungi rumah-Nya dalam rangka umroh di bulan Ramadhan. Memang rasanya berbeda dibanding liburan kemanapun. Selalu ada panggilan di hati yang mengajak kembali ke rumah-Nya

    Guest
  13. Subhanallah….smoga diberi kesempatan menunaikan rukun islam yang ke lima ini. Amin
    Makasih info dan ceritanya kang Taufik…..ayo rilis cerita yg lainnya.

    Guest
  14. untuk ulasan yang satu ini, ngiringan komen kang haji….

    Insya Allah, suatu saat saya dan keluarga berangkat menuju rumah Allah.

    mohon do’a nya

    Guest
  15. Taon 2006 ada kesempatan jadi Mahrom Ibunda tercinta, menggantikan posisi Ayahanda tercinta yg keburu pergi duluan dipanggil sang Khalik, tapi namanya belum dapat “panggilan(Hidayah)”, selain merasa ilmu belum memadai makanya belum berani, maafkan aku Ibunda, ampunkan hambamu ini ya Allah, mudah2an Engkau sudi untuk mengundang hambamu ini tuk berkunjung kerumah-Mu,”Robbifirli waliwalidayya, warhamhuma kama robbaya nissoghiro, RobbanaZolamna anfusana waillam taghfirlana watarhamna lanakunanna minal khosirin…

    Guest
  16. Pak Haji meng inspirasi sekali, by the way umurnya berapak sih Pak haji, soalnya kalau Insya ALLAH saya berangkat 7 tahun lagi masih muda nggak ya? 42 tahun.
    tapi saya juga masih muda dalam beribadah rutin kepada NYA, umur mungkin sudah tua, tapi kualitas Ibadah masih sangat kecil, membuat tidak begitu yakin akan bisa mengikuti Ibadah dengan sempurna mudah-mudahan 7 tahun adalah waktu yang cukup untuk menambah ilmu agama saya.

    Guest
  17. kalau boleh tau, usaha bisnis Kang Tuafik di bidang apa? Agar bisa menjadi inspirasi saya dalam hal mencari nafkah yg halal, untuk tabungan Haji saya kelak…

    Guest
  18. saya juga pengennya sich gitu mas,klo selagi muda, semua rukun haji dan sunah2nya dapat dilaksanakan dengan sempurna, kan masih kuat lari2 ..:)

    cuman ya itu…bugetnya dan waktunya..klo jadi salaryman susah waktunya..kecuali dah jadi wiraswataman..:)

    kapan ya bisa kesana..?

    Guest
  19. wahh saya jadi iri semoga bisa menyusul

    dulu visa haji saya dibatalkan sama orang kantor (Orang Sudan) ketika masih kerja di Qatar alasanya
    anda masih terlalu muda, belum menikah, masih banyak yang harus anda siapkan dalam hidup

    mo ngeyel tapi apa kata masih newbie akhirnya nrimo saja.

    Guest
  20. Shering yang luar biasa..
    Gada orang yang tau berapa dia punya jatah usia. Bayi meninggal, muda meninggal, tua meninggal. Bagi yang dah diberi kcukupan rezki oleh ALLAH SWT jangan tunda lagi untuk kesempurnaan agama…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here