Kenapa Honda Harusnya lebih mementingkan Pengembangan CBR 150R dibanding CBR FireBlade . . . sebuah ucapan  Visordown yang TMCBlog.com rasa tidak berlebihan setelah memperhatikan Grafik Penjualannya Honda sampai 2010 kemarin. Grafik (silahkan di klik untuk memperbesar) yang resmi dirilis oleh Honda tersebut menunjukan proges jumlah Unit Sepeda Motor berlambang sayap mengepak yang dijual di beberapa daerah yang berbeda Jepang, Amerika Utara, Amerika selatan, Eropa-timurtengah-Afrika, China dan  Asia Oceania . ..  dari Grafik terlihat bahwa memang Asia merupakan pangsa pasar terpenting Honda

🙄 from reuters Pictures

Bro bisa lihat di akhir 2010 . . . Bilapun jumlah penjualan otor honda di daerah Jepang, Amerika Utara, Amerika selatan, Eropa-timur tengah-Afrika, dan China digabung . . . belum tentu bisa mengalahkan jumlah penjualan Motor di Asia Oceaia yang di tahun 2010 mencapai 14 juta unit Motor . . . wedeeeww angka ini hampir dua kali lipat jumlah motor honda yang dijual tahun 2005 di asia. FYI penjualan tahun lalu motor honda di Amerika Utara cuma 198 ribu unit dan di eropa 258 ribu Unit. . . . Saya jadi pengen Tahu Grafik sales yamaha, kayaknya juga nggak jauh berbeda bentuknya neeh he he he

Oleh Karena itu juga sepertinya yang membuat Honda juga berupaya untuk mencangkokkan beberapa teknologi dan fitur kelas atas di motor-motor kecil seperti CV-matic, ACG Starter pada Honda PCX dan Juga teknologi Combined-ABS pada CBR 250R dan CB 300R misalnya. Indonesia sendiri menyumbang lebih dari 20% jumlah kendaraan yang terjual di asia sepanjang tahun 2010 yang lalu . . . so menurut saya, Sudah sepantasnya pula konsumen diberikan pelayanan dan produk yang memuaskan . . . Gimana Honda?

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. dengan jarak yg sangat jauh dalam jumlah penjualannya, asia memang pantas untuk didahulukan pengembangan” produk honda, kalo gak yo siap siap turun gunung aja.

    Guest
  2. dengan jarak yg sangat jauh dalam jumlah penjualannya, asia memang pantas untuk didahulukan pengembangan” produk honda, kalo gak, yo siap siap turun gunung aja.

    Guest
  3. @11. moonraker
    yup bro sodorkan matic yang keren, user friendly, canggih dan terjangkau . . . Itu Visordown mainnya didataran eropa . .. coba kalo di Asia sendiri . .. mungkin bukan CBR 150R yang disebut melainkan bisa jadi Vario, Beat, atau SH150 atau motor2 rakyat lainnya 😉

    @12. pakbambangnunggangjaran
    kalo wahahahah, setuju tuh he he he he

    Administrator
  4. semenjak mandul di GP, jualan juga rada seret. Fitur untuk ina beda kelas sama fitur yg nemplok di eropa amerika. Gak jadi beli tigor gara gara fitur krosak-krosak di rantai

    Guest
  5. Baguz itoe tandanya, udah tau market utamanyadi Asia, mongtor2x dicekoki technology canggih + fitur ciamik,,,,
    .
    salam One Heart 🙂

    Guest
  6. kalu ini sih ane sutuju sekali dgn kang haji.
    ayo semua pabrikan memberi yg terbaik buat pasar Asia khususnya Indonesia.

    SETUJU TIDAAAAAAKKK???

    Guest
  7. tapi kan yg di eropa mungkin keuntunganya besar d bnding asia. cz hrga mtr disana rata2 di atas 10000 us dollar.
    hrusnya fireblade pake bore maksimum 81mm trus pake teknologi moto gp ya screamer lah tapi d rubah grafik pengapianya biar user friendly. trus yg cbr 250 juga pake tuh piston yg sma. biar tenaganya nambah plus upgrade jd pure sport.

    Guest
  8. MUNGKIN. . .Justru karena pnjualan produk honda di luar asia yg kurang greget,makanya produk yg di jual disana kudu banyak dpt perhatian guna mendongkrak penjualan,dan buat pasar asia yg penjualannya dah tinggi cukup kasih minim inovasi aja,lha wong cuma ganti bodi doang aja dah bisa dongkrak penjualan,maap bang opik kalo’ salah,cuma pendapat awam nich,kabuuuur. . . .

    Guest
  9. Seharusnya si honda lebih mengutamakan asia, tapi mungkin segment pasar kita mesti di analisa dulu, apa masyarakat kita sudah mampu dan siap membeli produk2 yang berhitech……faktor investasinya mungkin juga terlalu besar sehingga lama untuk BEP

    Guest
  10. diluar Asia sono sukanya jalan kaki… gak perlu motor bnyak2…
    lain halnya di ina. orangnya males2…. gak mau jalan.. dikit2 naek motor… gak punya motor gak bisa hidup kayaknya…

    Guest
  11. hnd…sang sepotong sayap terpapar…tentunya sgt memperhatikan pasar asia, apalagi INA…
    tapi opini saya…bukan krn demi konsumennya mau diberi produk yg bagus….TAPI lebih krn gak mau MSnya dihabisin ymh.

    pergerakan ymh la yg menjadi ‘fktr utama’ motivasi utama hnd nengkene…alias kompetisi la motif utama.

    no ymh…no real competition…

    hai all…mngkn sebaiknya jgn merasa terlalu dianggap penting la sama atpm…ok? yes?…..yes.

    Guest
  12. 33. Onthel – Januari 28, 2011

    harusnya honda lebih mementingkan Ina dibanding thai
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ternyata kita-kita juga punya Thai loh… ternyata Thai emank dimana-mana….

    Guest
  13. 6. karismanis – Januari 28, 2011

    harusnya.. Pengembangan cbr150r itu design e ambil dari fireblade..! :mrgreen:
    ——————————————
    setuju neh,,

    28. Darma – Januari 28, 2011

    MUNGKIN. . .Justru karena pnjualan produk honda di luar asia yg kurang greget,makanya produk yg di jual disana kudu banyak dpt perhatian guna mendongkrak penjualan,dan buat pasar asia yg penjualannya dah tinggi cukup kasih minim inovasi aja,lha wong cuma ganti bodi doang aja dah bisa dongkrak penjualan,maap bang opik kalo’ salah,cuma pendapat awam nich,kabuuuur. . . .
    ————————————————-
    setuju jg..

    terus kapan cbr 150 versi AHM bisa di beli?

    Guest
  14. disodorin yg gak canggih2 amat malah laku keras,
    coba aja liat, yg diluarsana dan notabene penjualannya ga gedhe malah teknologinya canggih abis.
    ehhhh yg penjualannya laris malah teknologinya itu itu aja. Capek dehhh

    Guest
  15. hai mr louis..
    bila kau hanya konsumen yg cuma nonton sj…tentunya kau jg sadari trnyt produk2 merk2 non hnd lainnya banyak yg lbh bagus drpd produk2 hnd…yes?

    kecuali bagi fanboi…yes?

    Guest
  16. iya penasaran ama yamaha
    secara di ina penjualan yamaha terbesar di dunia
    tapi motor motor keren ya matik ya sport keluarnya di thai ma india, gimana ni YMK* ??

    Guest
  17. Sudah tentu pasti karena……
    Honda paham bahwa kelas CBR 150R lbh ‘dicari’ pasar
    daripada nantinya CBR Fireblade…….
    Karena Honda pasti tw juga tuch,
    Pake cc kecil bakal laku banget,
    jadi utk apa pake cc gede……

    Guest
  18. cuma bisa ngarep motor sport berjubelan di negeri ini, sekarang cukup senang dengan..
    bebek lagi… metik lagi…
    bebek lagi… metik lagi…

    Guest
  19. klo jualan yg spt skrg ini aja udah nguntungin sptnya honda berpikiran ngapain hrs ngeluarin modal utk varian lain yg tentunya lebih segmented yg mnrt sy sdh terwakili oleh cbr250

    Guest
  20. JAOS NEGATIF THINKING MULU
    KAPAN TENANGNYA BRO …

    TENANGKANLAH HATIMU DE,
    DI GUNUNG CIREMAI TUH BAGUS
    🙂

    * 33 Onthel
    sengtuju juragan

    Guest
  21. Pangsa pasar memang menentukan suatu produk untuk mendahulukan daerah mana yang memberikan kontribusi signifikan, sebagai contoh di INDONESIA sendiri HONDA belum sepenuhnya berpihak pada konsumennya, walau di tahun-tahun terakhir paradigma yang di usung HONDA sudah mulai berubah. Perubahan itu pun tidak lepas dari cambukan yang diberikan rival senegaranya sendiri, karena itu sayap HONDA yang tadinya dilipat kini mulai dikepakkan kembali. Namun berbicara dengan trend cc kecil yang ditanamkan pada produk-produk teranyar menurut saya itu tak lepas dari isu penghematan energi di seluruh dunia yang sudah diberlakukan. Bagaimana caranya agar produsen melakukan efisiensi bahan bakar, biaya industri namun menghasilkan engine yang efektif dan cukup mumpuni sambil merasakan teknologi motor-motor kelas atas untuk dipasarkan di berbagai negara,IMHO. Yaaa… hitung-hitung berhemat namun pada saat yang bersamaan menikmati keuntungan. Semoga pada akhirnya konsumen diuntungkan dan diberikan service yang lebih baik.
    Be ONE HEART everyone.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!!

    Guest
  22. Menurut ane sih pengembangan produk Honda sudah cukup signifikan, masukan2 dari konsumen dan blogger juga diperhatikan. Ane juga pernah ngerasain langsung layanan dari customer carenya, memuaskan, so apik lah sejauh ini, tinggal produk yang dipoles2 lagi maka Honda akan selalu di hati konsumennya…

    Guest
  23. betul om jaos….
    produk2 merk2 non hnd lainnya banyak yg lbh bagus drpd produk2 hnd…

    tapi yg lain itu bukana yamaha…coz yamaha tidak ada satupun yg bagus… dari nama2 saja aneh2 seperti modelnya nsz yg aneh…

    ada namana ibukota korea
    ada namana planet
    ada namana sabun mandi
    ada namana pemain sepak bola
    ada namana marga orang…vega wakakkakak
    ada namana jenis lampu…neon..wakakakkak
    ada namana jenis spray..pixi..wakakakkak

    udah ah….. pokoke aneh semua….
    dan rata2 knalpotna bunyina seperti kaleng digelinding…cempreng abizzz….

    Guest
  24. @ 33. Onthel – Januari 28, 2011

    harusnya honda lebih mementingkan Ina dibanding thai
    =========
    manpower+pajak lbh murah di thai … indonesia???? tau sendiri pajak’a ky gmn???

    Guest
  25. Betul Sekali Kang,
    Menurut saya Honda ingin memuaskan semua aspek lapisan masyarakat dengan pengembangan produk yang spektakuler,
    Ada Harga ada kualitas,
    Dan ada Harga ada tingkat kenyamanan saat berkendara,
    Ada Harga ada Fitur yang canggih,
    Luar Biasa HONDA

    Bravo Honda

    Pantas Sekali Tagline Honda “One HEART. dengan seluruh lapisan Masyarakat.

    Guest
  26. Betul Sekali Kang,
    Menurut saya Honda ingin memuaskan semua aspek lapisan masyarakat dengan pengembangan produk yang spektakuler,
    Ada Harga ada kualitas,
    Dan ada Harga ada tingkat kenyamanan saat berkendara,
    Ada Harga ada Fitur yang canggih,
    Luar Biasa HONDA

    Bravo Honda

    Guest
  27. Menurut saya Honda ingin memuaskan semua aspek lapisan masyarakat dengan pengembangan produk yang spektakuler,
    Ada Harga ada kualitas,
    Dan ada Harga ada tingkat kenyamanan saat berkendara,
    Ada Harga ada Fitur yang canggih,
    Luar Biasa HONDA

    Bravo Honda

    Pantas Sekali Tagline Honda “One HEART. dengan seluruh lapisan Masyarakat.

    Guest
  28. Yap sudah saat nya, Pasar Asia menjadi pilihan bagi HONDA, dalam pengembangan Productnya, terkait unit yang diinginkan oleh Konsumen Asia ( Khususnya Indonesia )karna Asia lah Psaryang paling productif dan berkembang.

    Guest
  29. hmmm…
    setuju banget kang haji.
    tp kita jg gak bisa samain indonesia dgn eropa dan negara2 maju lainnya.

    bayangin aja klo seumpama semua pabrikan mendiscountinue semua produk2nya yg sekarang dan diganti dgn produk2 global doank spt r1, r6, cbr1000rr, cb600rr yg harganya diatas seratusan juta, apa bakal laku disini?

    lha wong klo disini itu kadang nyari motor sing penting biso ngglinding kok.
    itu makanya mio dan vega zr yg minim fitur dan teknologi masih laris manis.

    bandingin dgn R1 sih belum apa2nya.

    Guest
  30. hai mr udin..
    kebetulan, saya pernah naik kapal CiRemai kelas 1…ha ha..ya tmpt bgs buat merenung sambil liat laut…oh sorry…gunung ya?

    hai all..fanbois…saya gak negatif tp kasi sudut pandang lain dgn opini saya….ok? yes…

    Guest
  31. @ jaos
    wakakakakak ….

    bagus bro …
    tapi sayang ente diem di sudut itu-itu mulu …
    so menyudutkan teruzzz … xixixi

    Guest
  32. hai mr udin…justru sebaliknya…itu saya lakukan krn saya mencintai kalian semua, fanbois…ha ha.

    @mr klingon new supriz..
    ha…sdh jelas kau membeli nama…atau makan merk. ok? yes…..do ya eat hnd’s brand eh? yes…

    Guest
  33. ayoo honda,… kpn nglahirin cbr 150…
    dh 9 bln 9 hr ane nggu…
    dah kl ga bs normal,.. di cesar ja gpp…
    tp jgn mahal2…

    Guest
  34. sayangnya kang taufik hanya segelintir dari kebanyakan masyarakat di asia yang suka motor hitech karena harganya nyang mahal ❓

    Guest
  35. 60. JAFFAR_THE CRAZY HORSE – Januari 28, 2011

    sayangnya kang taufik hanya segelintir dari kebanyakan masyarakat di asia yang suka motor hitech karena harganya nyang mahal ❓
    ====================================================
    Setuju Mas,Konsumen di Indonesia sukanya Tampilan dan harganya yang murah.

    Guest
  36. ina menyumbang 20% lebih untuk asia ckckckkck hebat jualanya !! produknya…..? tanya juragan bro rossy (juragan CBR)

    Guest
  37. Andai z emang CBR 150 dan CBR Fire Blade muncul di Indonesia, Gwa yakin pasti ada komunitas dan pecinta’y masing2

    Guest
  38. wah…slamat buat Honda atas penjualannya yang sukses di tahun 2010 smoga msih tetap bertahan ya n trus meningkat ditahun 2011 ini…mudah2an Honda selalu tau n mengerti apa yang diinginkan konsumenya..sukses selalu Buat Honda…

    Guest
  39. apa untungnya memberi ucapan selamat kpd atpm tertentu itu?

    apa atpm tertentu itu benar2 memberikan keinginan konsumennya?

    Guest
  40. @ jaos
    pada intinya hubungan jual beli itu adalah
    hubungan suka sama suka, ikhlas, tidak ada paksaan
    mau beli silakan, mau tidak yo jangan dibeli …
    hubungan dengan sesama manungsa harus dijaga…
    ucapan selamat kalau keluar dari hati yang ikhlas
    ucapkanlah, toch tak ada ruginya, bahkan mudah2an memacu semangat untuk meningkatkan kualitas,
    mau tidak memberi ucapan yo wisss … gak usahlah

    atpm, tentunya akan selalu memikirkan untuk memberikan yang terbaik buat konsumen, kalau tidak ada pemikiran seperti ini … yoooo ditinggalkan tuch atpm ….

    sampai saat ini, hnd msih jadi rajaa….

    orang dewasa bisa menilai lah….

    Guest
  41. @64 mr udin
    org dewasa atau anak2 bisa menilai…tapi naif itu gak boleh ada pd org dewasa…yes?…yes.

    tentu gak salah memberi ucapan selamat…tapi bnr2 memberikan apa yg diinginkan/yg terbaik konsumennya dan mempercayai hal itu….itu la kenaifan tigkt atas..

    bila hnd raja…raja apa? raja bebek…yes? yes…bila hanya raja bebek..artinya dia tidak memberikan apa yg diinginkan/yg terbaik konsumen…ok? yes….it’s impossible la.

    Guest
  42. @ jaos
    ach maca cih …
    ymh baru sekarang raja sport tuch …

    bebek sudah memberikan kontribusi besar
    bagi mobilitas rakyat kecil … do U kenow guy

    yes … susu yes kali …. xixixi

    Guest
  43. ngapain sich ribut2 nmnya selera orang beda2. Mungkin bgi kalangan atas plus mengerti mtr seleranya hi tech. Tapi bgaimana dgn rakyat bwah. Bgi mereka faktor ekonomis lah yg penting. Tapi bg kalangan atas nmun gk ngerti mtr. yg penting sensasi moge &prestige. Intinya kepuasan konsumen itu bd2. Kta gak bsa nilai pabrik tidak memuaskan konsumen. Tergantung segi pemasaran dan penjualanya. Nah penjualan tinggi itulah yg justru memuaskan konsumen terbanyak.

    Guest
  44. MASUUUKIIINN DOOONKK ITU NEW CBR 150 R!!! CKD IN!! MANAAAA… TPTNYA AJA BLOM ADAA…. DAH NGEBET NIIII…

    Guest
  45. Iyach sich kang, walaupun di bandingkan secara harga 20 unit motor honda di Asia(cbr150, supra, dkk) = harga 1 unit motor Honda di non Asia(Fireblade, VFR,dkk), tetep aja omset brutonya masih gedean di Asia, belum lagih di plus omset dari CBU-an

    Guest
  46. Cuma bantu temen di kaskus ada yang mau jual CBR250RR 4 cylinder punya, tahun95an tuch, 40jutaan dari yang Singapore-60jutaan yang dari Japan, tapi bodong, ada yang minat ngak? pricenya tinggi juga yach, udah bisa dapet New CBR250R 1 cylinder yang sekarang. tapi sensasi pasti beda, cuma takut di spare-partnya aja nih…., minat ngak kang Taufik?

    Guest
  47. Dikasih tekno itu2 aja udah laku melebihi bagian dunia lain, buat apa buang2 duit unt riset,
    cukup ganti striping aja.
    Modal kecil tapi hasil gedhe. Betol gak?

    Guest
  48. Penjualan memang merupakan hal yang penting dalam dunia bisnis, tapi untuk bisa memenangkan penjualan saya yakin AHM sudah melakukan survey customer, sehingga produk yang dikeluarkan sesuai dengan yang diharapkan oleh customer..

    Guest
  49. penjualan memang merupakan hal yang penting dalam dunia bisnin, tapi untuk bisa memenangkan penjualan saya yakin AHM sudah melakukan survey customer, sehingga produk yang dikeluarkan sesuai dengan yang diharapkan oleh customer..

    Guest
  50. penjualan memang merupakan hal yang penting dalam dunia dunia bisnis, tapi untuk bisa memenangkan penjualan saya yakin AHM sudah melakukan survey customer, sehigga produk yang dikeluarkan sesuai dengan yang diharapkan oleh customer

    Guest
  51. menurut saya mungkin cbr 150R lebih sesuai sama poster tubuh orang asia..kalo cbr fireblade lebih ke orang eropa kali yah..^^

    Guest
  52. 95. ann – Januari 31, 2011

    menurut saya mungkin cbr 150R lebih sesuai sama poster tubuh orang asia..kalo cbr fireblade lebih ke orang eropa kali yah..^^

    sepakat bgt tuh bro…
    lagian tunggu timing yg tepat buat itu..
    kasian juga nntar ma merk lain, ketinggalan jauh…

    Guest
  53. Honda bs berkembang pesat karena telah memberikan produk & layanan yang yang memuaskan. Jk ini ditingkatkan maka tentunya akan memberikan perkembangan yg sgt2 pesat lg…
    Dah banyak yg nunggu CBR 150R lho…

    Guest
  54. Sudah tentu donk, karena……Honda paham bahwa kelas CBR 150R lbh ‘dicari’ pasar
    daripada nantinya CBR Fireblade…….
    Karena Honda pastingerti,,,Pake cc kecil bakal laku banget,
    jadi utk apa pake cc gede…… Cc kecil aja laku? apalagi cc gede?

    Guest
  55. Honda paham bahwa kelas CBR 150R lbh banyak dicari pasar daripada nantinya CBR Fireblade…….
    Karena Honda pastingerti,,,Pake cc kecil bakal laku banget,
    jadi utk apa pake cc gede…… Cc kecil aja laku? apalagi cc gede?

    Guest
  56. Honda mengerti bahwa kelas CBR 150R lbh banyak ‘dicari’oleh pasar.
    Karena Honda pasti ngerti,,,Pake cc kecil bakal laku bange, gw ga sabar aja nungguin CBR 150. niihh

    Guest
  57. Hmmm….ya pastinya sebelum ngluncurin produk
    yang baru pabrikan dah banyak analisa lah…antara lain juga kondisi lalu lintas di Indonesia khususnya kota gede atuuuhh…kalu sering macet nya dari lancarnya mah wuuuiiiihhh….malah jadi repot tuh

    Guest
  58. Untuk menjadi Produk yang menang dipasaran, maka produk itu harus selalu inovasi terhadap produk dan jasa. Contoh : Matic Honda itu lebih aman dibandingkan dengan produk matic lain, untuk itu AHM sebagai produsen harus mengembangkan keuntungan lain agar semakin banyak fungsi yang dirasakan konsumen. Begitu juga dengan Pelayanan, itu harus berubah, jangan puas terhadap layanan yang ada, terus kembangkan sesuai kebutuhan konsumen.

    Guest
  59. setuju banget jeng rara ….lagian juga jalan di Indonesia emang segede apa….pake cc gede bukannya jadi berabe….10 x 10…cape deeeeehhhh…ayo Honda….cc kecil juga ok lah…yang penting bisa nyaman di pake nya…irit bensinnya…gak bikin “kanker” yang make…

    Guest
  60. Sekarang era customer…klo mau menang dalam kompetisi, manjakanlah konsumen dengan produk yang berkualitas dan layanan yang memuaskan…bagaimanapun pada akhirnya konsumen yang menentukan hidup matinya suatu produk…jadi pandai-pandailah memahami konsumen

    Guest
  61. kalo emang CBR bakal masuk ke Indo, pasti bakalan banyak konsumen yg kepincut.. krn konsumen uda yakin n percaya ama pelayanan serta kualitas mesin Honda..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here