🙄 gambar : reuters pictures

Bro sekalian, seperti yang telah kita ketahui bahwa tahun 2010 kemarin perkembangan skutik Honda cukup baik dengan jarak yang semakin dekat dengan yamaha sebagai Kompetitor terdekatnya. Bila kita simak data Grafik yang diolah oleh Bro Edo di bawah ini, jarak jumlah produksi antara Honda dan Yamaha di sektor skutik hanya terpaut di angka 100ribu-200ribu Unit saja pertahun. Honda yang sangat serius menggarap segmen skutik ini berupaya menutup setiap celah diferensiasi dengan menggelontorkan Banyak Varian. Nah Salah satu cara untuk Bisa berbicara lebih lagi di tingkatan market adalah dengan meningkatkan Peran Strategis masing-masing Varian. Di awal 2011, terlihat Honda Scoopy yang sedang dikatrol naik peran strategisnya dengan cara menaikkan kapasitas produksi.

Astra Honda Motor, seperti yang disampaikan oleh bapak sigit kumala,  mencoba untuk memperpendek antrian inden akan varian skutik retro modernnya, Honda Scoopy dengan menaikkan kapasitas terpasangnya lebih dari 80%.  Setelah hampir berumur 9 bulan wira wiri di market roda dua tanah air, kapasitas terpasang plant AHM akan Honda Scoopy akan dinaikkan dari awalnya 14.000 unit menjadi 25.000 unit per bulan. yup sebuah Kenaikan Yang cukup Fantastis, yang dapat menghindari Potential Customer untuk berubah pikiran memilih produk lain karena terlalu lama menunggu Inden.

Bila Kita lihat Grafik penjualan Scoopy yang dilansir oleh Blogger edo Rusyanto, terlihat pada 3 bulan terakhir 2010 Distribusi Skutik retro Modern ini sebenarnya sudah melampaui angka psikologis 20.000 Unit perbulan. Jadi sebenarnya setelah kapasitas produksinya dinaikkan, Tiap Bulan Honda Scoopy bisa membantu kenaikan rata-rata 5.000 unit, sehingga dalam setahun  penjualannya berperan memperkuat barisan Skutik Honda kira-kira 60 ribu Unit . . . sebuah angka yang harus diwaspadai, terlebih Yamaha Belum memiliki produk Tandingan di segmen Skutik Retro Modern ini. Silahkan share komentar bro semua, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

For blackberry User : Please dont mind to Use TMCBlog.com BlackBerry Launcher Application V 1.0

For Symbian Mobile phone User : Please dont mind to Use TMCBlog.com Symbian Launcher Application V 1.0

 

1 COMMENT

  1. semoga YMK* ga tutup mata, biar finonya dikluarin juga ato mungkin takut jeruk makan jeruk secara mio masih terlaris dari segi penjualan ato memang terkendala faktor produksi yg terbatas ??

    Guest
  2. kemaren melintas kedalam kawasan industri cibitung, lihat pabrik ke 4 dah berdiri, nampaknya sebentar lagi beroperasi, sepertinya bakal rekrut banyak operator.
    honda emang top, tambahkan banyak lapangan kerja baru.

    Guest
  3. Emang dijalanan udah mulai terlihat, skutik h makin banyak dijalanan dibandingkan skutik y yg semakin berkurang.

    Guest
  4. @13. karismanis
    kemungkinan besar karena alasan yang disampaikan oleh moonraker di komen #12 . . . ada pabrik baru ke 4 ahm yang didirikan di cikarang . . . so disinyalir tidak menggantikan varian tertentu, murni penambahan kapasitas saja, cmiiw

    Administrator
  5. korban artikel test ride dari blog ini,,,,ngiler tapi inden gudel lllllluuuuaaaammmmmmmaaaa pppppuuuuuoooooollllll

    Guest
  6. betul mas.AHM kabarnya sedang buka LoKer.
    pabriknya nambahjadi gk mengorbankan varian lain.
    saya jg domisili cikarang.beberapa tetangga ada yg kerja di ahm

    mas taufik gimana kabarnya pengganti vario cw(tipe lama)
    kan dithailand udah discontinue.apakah airblade yg akan datang?

    Guest
  7. Barangkali ini yang disebut “sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui”, tidak hanya sebagai ajang untuk menaikkan image skutiknya,AHM juga meraup untung serta memberikan lapangan kerja baru. Yang penting konsumen kita jangan pernah dirugikan apalagi jika harus menunggu sekian lama hanya untuk sebuah produk. Be ONE HEART.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!!

    Guest
  8. @17. pakbambangnunggangjaran
    waduh . . . jadi merasa bersalah saya xixixixixi :mrgreen:

    @18. cak poer
    sinyalemen seperti itu lumrah saja mas, secara motor ini cukup segmented bila dilihat dari desainnya . . . akan tetapi baru akan terlihat setelah penjualan pada tahun kedua nanti, mari sama-sama kita tunggu perkembangannya

    Administrator
  9. kalau dasar ngebet banget,biasanya ada ditoko luaran yg menawarkan scoopy,tp harganya beda dikitlahhh…..
    Ntp http://az147r.wordpress.com/2011/02/01/bebek-susah-punahnya/

    Guest
  10. motor tanpa saingan!!!
    hohohoho..

    http://agungsevi.wordpress.com/2011/01/31/belajar-sistem-pengapian-yuk/

    http://agungsevi.wordpress.com/2011/01/31/wah-ternyata-honda-repsol-berani-dengan-tiga-seragam/

    Guest
  11. saya merasa, yamaha indonesia seperti pemburu yang sedang menunggu buruan masuk jebakan. sejak diluncurin, Scoopy laris manis. tapi kalo kadang sama istri seorang suami bisa aja bosan, pigimana dengan (calon) biker yang tiap hari ngeliat scoopy? di sinilah ‘perangkap’ itu. yamaha indonesia menyadarinya lantas memasukkan Fiore, berharap publik menoleh.
    namanya juga IMHO, :mrgreen:

    Guest
  12. dari pertama muncul aja scoopy dah rame diganrungi orang2 karena keunikannya..

    sampe sekarang aja masih banyak yang inden tuuhh scoopy..
    manteepppp..

    Guest
  13. Harga pertamax naik lagi per 1 Februari 2011.Alhamdulillah, pertamina untung, bangsa untung.
    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/02/01/07042416/Wah.Harga.Pertamax.Kembali.Naik

    Guest
  14. ditunggu scoopy mesin vario (pake radiator..jadibisa main agak jauh gituuu). Koq para blogger nggak pernah mendorong ATPM dan Pemerintah untuk alih teknologi ke bangse kite …

    Guest
  15. @34. hampura
    input yang sangat konstruktif mas bro, tapi nanti bisa berimplkasi pada bandrol harga nggak ya? Tapi tetep input bagus buat Honda dalam rangka semakin memperrapat strategi diferensiasinya 🙂

    Administrator
  16. jujur aja … liat scoopy itu kaya motor mahal tapi harganya ngak terlalu mahal…liat aja cat bodynya benar2 lux…kecuali step flornya yang masih plastik item non cat..secara value oke..sampe skrg ngak bosen2 walaupun dah sering ketemu dijalan

    Guest
  17. scopy emang mantaap…. mencuri moment dari yamaha fino… yamaha how about you????
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/02/01/motocross-bike-ama-offroad-bike-beda-bro/

    Guest
  18. baru aja lewatin masa inrenyen sama scoopy ane nih.. dan balik standar.. padahal pas masih inrenyen ganti knalpot racing sama pake spuyer yang lebih gede.. :mrgreen: balik ke standar tarikan nya jadi maknyuuss…..!

    Guest
  19. bagus-bagus, harusnya ymki juga mengurangi produksi mio yg udah mulai berkurang peminatx dan mengalihkannya ke byson n vixion yg inden berat….

    Guest
  20. Kalau liat Scoopy suka senyum sendiri karena yang naik banyakan lady bikers yang masih muda dan ramping. Kalau liat miyoh suka males karena yang naik ibu-ibu yang berat tubuhnya diatas rata rata :mrgreen: bukan salah motornya sih tapi emang ibu ibu yang rada rada kelas berat ngak mau naik scoopy. Katanya ngak level ah. 😀

    Tapi kang haji kalau bisa sampaiin sama AH-M warna Scoopy bisa di perbanyak lagi dong.

    Guest
  21. go scoopy gooo :D, ane sampe mimpi ama scoopy gan, pokoknya motor ini sexy 😀

    Nitip lapak:50 Tahun yamaha di MotoGP

    http://motorkencang.wordpress.com/2011/02/01/50-tahun-yamaha-di-ajang-balap-grand-prix-akankah-semakin-di-depan/

    Guest
  22. ada juga yg gak mau pake’ Scoopy…. coz katanya scoppy buat cowok-cewek yg keren dan gaul…..
    berarti gue pas bnget dong kalo pake scoopy… sayang gue terlanjur naksir ama VArio suTekno..

    Guest
  23. Can’t stop the BEAT….
    Mio Sporty semakin seru….
    I’m Vario..What about You….
    Scoopy uniquely happy….
    Xeon semakin tak tertandingi….
    Suzuki Spin… ❓
    Skydrive … ❓

    Guest
  24. tinggal nunggu varian warnanya nich…kalo kaya gini dah laku…ngalamat bakal gak ada varian warna…bakal begitu aja…….kemaren liat yg scoopy warna merah ferarri….nyolok mata….plus pcx warna putih di blok m….keren…

    Guest
  25. maju tys scoopy, daah imut nyentrik, pelopor skutik retro laaagh, yang laen ngikuuuut,
    .
    ayo AHM tambahin doong variant warnanya, biar makin imut kinyis2 he3x,,,, 🙂

    Guest
  26. nha…
    betul tuch,,,,warnanya kurang beragammm…mustinya mulai dikeluain yg warna2 teenage….gak usah nunggu kelamaaan….ntar keilangan momen loooh…

    Guest
  27. …. Hmmm,,,
    Kalo aku sih, ambil sisi positifnya aja yah ..

    (indent = banyak ‘penggemarnya’ )
    jadi, kalo AHM mengambil langkah menaikkan kapasitas produksi Honda Scoopy menjadi 25.000, berarti AHM betul2 sanggup dan mampu donk utk memenuhi permintaan pasar …

    Mantafff :atb

    Guest
  28. jd ada dua versi,,,,,

    injeksi dengan warna yg lebih elegan…..offcourse…

    nah yg versi murahnya warna2 teenage aja…..atau lebih sederhana…..

    Guest
  29. MAs taufik…perlu dibahas neh varian warna…liat2 komment diatas…mengharapkan warna laen……biar aham mbaca…..

    Guest
  30. scoopy ini hampir 70% yg beli justru cow nie, apa cow skg pada feminim ya hehehe

    nitip ini aja kang haji
    http://mariodevan.wordpress.com/2011/02/01/mau-tau-brand-ambasador-lexam/

    Guest
  31. @mario:

    tergantung warna juga.. klo cewek sih pada umumnya beli yang pink atau putih.. tapi gw gak pernah liat cewek beli/naek scoopy warna violet.. gak tau ya klo pinjeman.. 😛
    dan pilihan gw tepat beli warna violet.. 😆

    Guest
  32. Gwa yakin Honda bisa dan pasti punya strategi buat gimana caranya naikin kapasitas produksi khususnya matik, Gwa perhatiin di Taun 2010 kemarin Honda hampir keteteran untuk pemenuhan Motor Matiknya, makanya ga heran klo Honda di taun 2011 ni punya strategi jitu.. Gwa tunggu realisasi dari strateginya, yakinlah Honda bisa..:-)

    Guest
  33. hik,hik,hik mas mario bisa aja,kalo tekno jangan di tanya lagi mas banyak benget yang ngantri,scoopy wow jangan di tanya juga,hehehehehe

    Guest
  34. sangat kelihatan AHM begitu menggebu2 & antusiat untuk menggebuk sekaligus segera mengkanvaskan YMKI di segment skutik di 2011….. pertarungan berdarah-darah ini menarik untuk terus disimak….semoga konsumen smakin diuntungkan dengan digelontorkannya produk2 berkualitas dari para ATPM

    Guest
  35. semakin kelihatan AHM begitu menggebu untuk segera mengkanvaskan YMKI di segment skutik di 2011……pertarungan yang seru untuk disimak dan nsayang untuk dilewatkan….smoga konsumen smakin diuntungkan dengan digelontorkannya produk2 baru dari ATPM

    Guest
  36. Kelihatan usaha AHM untuk segera mengkanvaskan YMKI di segment skutik di 2011 ini. pertarungan yang sangat menarik untuk disimak….

    Guest
  37. kemarin lewat depan AHM di MM2100 plant baru sedang dikerjakan, mungkin itu yang akan digunakan buat menaikan produksi scoopy

    Guest
  38. Strategy blue ocean honda kayanya berhasil neh, terbukti guna memenuhi permintaan pasar, ahm meningkatkan kapasitas produksi scoopy. Sepertinya honda ingin memenangkan pertarungan di segment matic neh, tp jgn lupa ama segment bebek nya, ntr malah kecolongan sama yamaha lg di segment bebeknya, krn terlalu fokus di matic…

    Guest
  39. om taufik…
    tadi pas cari2 katalog new mega pro nemu hal menarik di situs honda…

    ada logo CBR 250 dibawah…di banner dia..
    tulisannya coming soon

    gimana tuh?

    Guest
  40. 63. apand – Februari 1, 2011

    om taufik…
    tadi pas cari2 katalog new mega pro nemu hal menarik di situs honda…

    ada logo CBR 250 dibawah…di banner dia..
    tulisannya coming soon

    gimana tuh?
    +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    TPT CBR250RR sudah ada dr dulu, ya pastinya sebentar lagi brojol dong….

    Guest
  41. berita baik nie…jadi yang pada indent akan segera terpenuhi.honda scoopy emang motor yang unik n keren pantas aja banyak yang mo beli nie motor.

    Guest
  42. ^Loui$
    sama… wong labelnya masih cbu ya bakal mahal kaya PCX
    sabar menunggu adenya j toh tampilan ma tenaga sesuai, moga harga juga sesuai kantong xixixi

    Guest
  43. Variasi Produk yang semakin banyak akan menggugah konsumen yang tadinya tidak mau beli, karena produk yang ditawarkan oke, maka konsumen akhirnya membeli. Dan ini dimanfaatkan oleh Honda untuk mengalahkan Yamaha, karena Honda kalah start awal, maka Honda semakin berhasil dibandingkan dengan Yamaha

    Guest
  44. blum ada lawan..
    stuju dengan komen diatas, mulai diferensiasi warna, jangan nunggu kompetitor ngelawan..
    bakal lebih repot kalo nunggu mio facelift/fiore..

    Guest
  45. waduh scoppy memang gila.
    btw setuju dgn komen2 diatas kayaknya perlu ada penambahan warna spt di Thailand dan Vietnam sono.

    Guest
  46. Skutik Retro Modern saat ini SCOOPY Rajanya,
    Sampai saat ini,
    Febuari 2011,
    SCOOPY Tetap Rajanya Skutik Retro Modern,
    Apalagi Sekarang Pabrikan Honda menaikkan jumlah kapasitas Produksi SCOOPY,
    Sekarang Tambah Jelas Dah,
    SCOOPY Semakin Di Depan
    Bravo SCOOPY

    Guest
  47. alfa for scoopy..
    mank honda selalu de best deh..
    scoopy memang pilihan yang cocok bagi konsumen..keren bangedd tuh,tapi..kapan baru bs beli yah??

    Guest
  48. 25.000 per bulan? pasti bisa!! apalagi dengan bertambahnya pabrik baru di Cibitung. so, pecinta Honda Matik, buruan pake scoopy dijamin gak bakal Inden…

    Guest
  49. Yamaha Belum memiliki produk Tandingan di segmen Skutik Retro Modern..
    Suatu ksempatan baik Scopy untuk memenuhi keinginan konsumn di segmen ini krn memang sbelumnya banyak yang inden….

    Guest
  50. waoiiiii, jangan banyak2 produksinya !!! kasihani bumi ini , BIKIN SUMPEK2 KI jalan aja.

    BRAVO SEPEDA ONTHEL

    Guest
  51. Ane salut ama Honda yang jd pelopor teroozz n buat semakin banyak pilihan motor untuk konsumen, yakin deh ga lama lagi bakal ada pabrikan yg ngekor Scoopy..contohnya aja lexam yang ngekor revo AT, walaupun namanya ga mau disebut bebek skutik tp New DNA, bedanya opo toh?buat gw ya sama aja laaggh,, wkwkwkwk…

    Guest
  52. Wah..Honda memang sangat memperhatikan konsumen,ga mau ngecewain yg sdh inden scoopy lama…permintaan naik produksi jg hrs naik….

    Guest
  53. Kelihatan Honda ud sangat peduli sama konsumennya, kayaknya mereka belajar dari CS1 terdahulu, yang waktu itu beritanya peluncurannya Heboh tapi motornya susah dicari(apalagi di Indonesia Tengah n Timur)…

    Yakin ini nggak akan kejadian di Scoopy,karena AHM ud sangat serius dengan adanya pabrik baru yang otomatis ngangkat produksi motor ini.

    Btw sekarang terbukti lah Siapa yang SEMAKIN DI DEPAN

    Guest
  54. pengen buan9et scoopy warna hijau tosca,..
    wuiihhh keren ya !!!!
    sayan9 warnanya tidak banyak pilihan 🙁
    kasih saran donk warna y9 paling keren tp 9a cewek buan9et…trus palin9 laris tuh scoopy warna apa ?????
    ditun99u yaaaa GPL !!! 😀

    Guest
  55. Motor yang inden itu karena banyak peminat, trus produksi ditingkatkan kemungkinan juga inden ; namanya Honda……siraja 4 Tak . jd bro semua… buruan beli entar inden lagi.

    Guest
  56. Iya tuh bro, scoopy itu benar2 punya karakter…
    kuat banet malah… gw suka banget tuh modelnya…
    salut dah Honda berani keluarin produk seperti itu.
    sayang banget kalo nggak digali lagi kelebihannya.
    Peningkatan produksi dan menigkatkan komunitas motor retro mungkin akan sangat memberikan influence ( giman sich nulisnya? ) yach pokoknya berpengaruh gitu…hehehe

    Guest
  57. Walah komeng ane kena moderasi dulu nich… ga enak ahk…
    atau juragannya pake wp- super chace… jadi komengnya lambat muncul…
    uragan kudu delete chace nya dulu…

    Guest
  58. menurut saya sich emang si scoopy kudu digali lagi dech…
    karena, scoopy tuh punya karakter yang kuat loh…
    sayang banget kalo ga digenjot, mumpung masih hangat langsung bikin komunitas aja.. biar nanti dari komunitasnya yang berkembang,,,,

    Guest
  59. gue salut ama honda bisa melesat lebih jau dari pesaing merek lainya ya jangan di sebut takut pesaingnya kecewa bro…..!y, s, ,k sama aja jupiter mx,agak ngeden ama getar mesin kena setang terasa bo

    Guest
  60. Honda jangan tanggung2 ama Scoopy…sudah terbukti potensi pasar nya besar…mumpung belum ada saingan…manfaatkan peluang ini untuk membentuk mindset konsumen…”Skutik Retro…ya Scoopy”…seperti Mio yang dibiarkan kelamaan wara-wiri sehingga berhasil menancapkan mindset “Skutik ya…Mio” sehingga butuh waktu lama buat Beat nge-beat mindset itu

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here