Bro sekalian, Pengen tahu kenapa bajaj nggak nyemplung ke market motor komuter kecil macam bebek dan skutik? Ternyata ceritanya berasal dari tanah kelahiran Bajaj sendiri di India . . . .Gini ceritanya di tahun tahun lalu Bajaj Auto Chairman Rahul Bajaj menyatakan ingin masuk kembali ke segmen pasar scooter (skutik) yang sejak 2009 ditinggalkan. Hal ini sebenarnya Lumrah karena di India market Skutik dan motor kecil makin meningkat, mungkin juga disebabkan oleh meroketnya harga bbm disana.  Angka Kenaikannya di tahun fiskal 2010 46.57% dan mayoritas dilahap oleh Honda Motorcycle & Scoter India (HMSI)

Bajaj ngiler dooong . ..  pastilah . ..  Namun keinginan sang bapak ini ditolak mentah mentah oleh sang anak yakni Rajiv Bajaj yang merupakan Managing DIrector Bajaj Auto. Rajiv bilang :

Saat ini Kita telah jelas dan fokus . . . Pasar Motor Global

ditambah lagi . ..

Jika Kita ingin menjadi spesialis Motor, Kita nggak boleh Bikin scooter !!

wedewww…pedas dan daleeemmmm xixixiixxi :mrgreen: . . . Tapi apa emang begitu? . . . tho honda dan Yamaha jadi spesialis pembuat motor Hebat . . . juga bikin scooter tuuh . . . hmmm berarti secara empirik belom terbukti tuuuh, cmiiw. yah paleng nggak kita sekarang tahu, kenapa bajaj nggak ikut ikutan bikin bebek dan Skutik he he he, silahkan share komentar bro semua ..  . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber : forum xbhp

1 COMMENT

  1. :mrgreen: absen dari kota Bandung :mrgreen:

    bisa dianalogikan gini tidak yah; kalau perusahaan belum mempunyai sumberdaya yg kuat untuk membangun bebek dan skutik, shg masih concern ke based product-nya, dlm hal ini motor sport.. sebab, pasar dunia kan butuh diverensiasi, ga hanya main di ceruk yg kecil..

    TVS di Indonesia malah ketularan bikin bebek dan skutik ya Kang Haji? Wah, mendadak bebek dong.. 😳

    Guest
  2. Sang anak (rajiv..nickname:rio..)tuh sering main ke TMC makanya dia tau peta kekuatan motor dan penentuan prioritas jenis motor…dari pada kalah jadi arang lawan matic jepang..mending fokus ke bajaj eh maksudnya motor batangan….

    Guest
  3. Bisa aja pikirannya berubah setelah rebranding. Pulsar dan discovery memang tidak akan ada bebel/skutik tapi bs diciptakan merk lain untuk menampungnya

    Guest
  4. ooo ya… pasar global yg dituju mana yak? kalau tipe cub kan memang menjadi trend di Asia…

    kenyataan di Indonesia saja ceruk sport masih di bawah 10%, itu saja masih rebutan antara 4 ATPM lama..

    Guest
  5. xixixi acha acha keysa admie tum rajiv … :mrgreen: kya muskile skuter banaega chori chori cupke cupke (sambil ngedenger lagu indi) @(^_^)@

    Jemuran hot gan xixixi
    http:// moy 17.wordpress.com/2011/02/21/oh-so-sexy-raider-seksi/

    Guest
  6. Ni anak mirip honda dulu di thn 2004.
    Yamaha dah ngeluarkan mio,
    Anteng aja dia jualan supra

    Xixixi

    Lagian si anak sok bicara motor global segala..
    Lha…kalo di eropa dan amerika, emang nggak ada skutik?

    Terus, dengan tampilan kayak gitu, yakin tuh itu selera global?
    Kalo ktm ya mungkin.

    Guest
  7. bagus bang Jaja india itu….fokus dulu..nama mengglobal…setelah eksis…gampang mau bikin apa aja juga bisa… (aliansi strategis dengan KTM..contohnya)..

    Guest
  8. fyi aja, orang India mempunyai postur tubuh yang besar dan lebih mementingkan power dan torsi buat motor…..hahahaha…jadi kalo naik bebek dan skutik bisa2 gak narik tuh motor….hahahaha….just my 2 cents…:D

    Guest
  9. Ngga kebayang gimana bentuknya kalau Bajaj bikin skutik, Bisa ada yg ngasih gambaran ga gimana rupanya? Imut, lucu, futuristik, katro atau gabungan dari kesemuanya? hayo coba tebak gimana?

    Guest
  10. @59. stoner27
    hia ha ha ha ha :mrgreen: jadi inget malin Kundang

    @57. elsabarto
    yup itu analisa logis secara market mas

    @56. yudibatang
    sueeer mas, aku dapet dari xbhp.com

    @30. terong amnesia
    he he he mas tomy ada ada aja 🙂

    Administrator
  11. eettt daah bajaj top b.g.t deehh…
    nunggu varian semprot bajaj dengan nama “satria bajaj iteem”
    weeekzzzz piss. . . 🙂

    Guest
  12. Kalo dipikir menarik juga cerita tentang keluarga Bajaj. Produsen motor dimana penggagasnya masih hidup dan terus beregenerasi 🙂
    Rahul dan Rajiv Bajaj mungkin kaya Paul Sr. dan Paul Jr. yang gak pernah akur kali ya hahaha…

    Guest
  13. saya masih gak nangkep ama pernyataan si anak..

    ” Jika Kita ingin menjadi spesialis Motor, Kita nggak boleh Bikin scooter !! ”

    lha emangnya yang dulu2 itu bukan skuter..??
    misal Bajaj Super ato Bajaj Chetak..
    en dari skuter hasil “lisensi” tsb pan Bajaj udah bisa bikin sendiri karena adanya alih teknologi..

    sayang euy..hasil alih teknologinya “dibuang2” begitu..

    emang nich anak ngeyel pengen idealis.. beda ama bapaknya yang rasionalis…

    Guest
  14. kalo ngga mampu, memang perlu ngeles’….wkwkwkk…
    pasti kalo mau ekspansi ke skuter or bebek, perlu R&D yg kuat, SDM yg kuat, modal yg kuat….
    nehi kan?

    Guest
  15. imho,
    dari dialog di atas (kalau memang benar), kira2 si Rajiv Bajaj memang belum pernah hidup susah, lahir di keluarga konglomerat, mungkin beda sama Rahul Bajaj yang (mungkin) pernah membangun perusahaan dari belum gede menjadi raksasa…
    coz terkesan jawaban si rajiv kok gak nyambung dengan ajakan mr. Rahul

    acha…acha…

    Guest
  16. @4. Karismauyy :
    salah besar kalo dibilang gk laku2 amat, coba liat negara lain, melirik sekalian jauh ke amerika selatan, jgn liat di negara kita yg mindset-nya hanya motor jepun, akhirnya gk liat dunia luar..katak dalam tempurung 😀

    Guest
  17. 36. gaplek mania :

    “bukannya ahli motor harusnya bikin semua jenis motor.dari matic,sport,turing,motocross dll”

    kenapa ferrari gk bikin station wagon yah..hihihi.. itu namanya fokus bro..strategi bisnis..haduh payah..

    Guest
  18. Mungkin mau buat image yang menyatakan BAJAJ identik dengan motor cowok….!
    Demi sebuah brand… shg perjuangan kerasnya bisa fokus di sana aja,

    Guest
  19. Barangkali BAI ingin fokus, fokus dan super focus dahulu dalam memproduksi motor yang berkualitas dan reliable. Setidaknya sampai menyamai level pabrikan-pabrikan jepang barulah mereka membuat variasi motor jenis lain,IMHO.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!!

    Guest
  20. @63. Rial Hamzah
    yup . .. saya pun menulis demikian : “pasar scooter (skutik) yang sejak 2009 ditinggalkan . . ”

    @74. Ivan
    lho ada link sumbernya kan mas di bawah 🙂

    @77. Stop n’ Go
    totally agree

    Administrator
  21. Yach…sayank bngetz ea,,
    padahal peminat bebek n matik di indonesia bnyak bangetz loh…
    kali aja kalo mencoba bisa booming seperti H n Y…
    atau bajaj emank hanya akan selalu fokus sama motor gede ea?
    hemmm,siapa yang tau???

    Guest
  22. Wah sayang banget hanya dengan opini gitu doank gak mencoba utuk matik n bebek.
    padahal peminat matik n bebek banyak banget…
    ada alasan yang lebih kuat gak?
    apa bajaj akan tetap d motor gedenya atau akan beralih,,, gak ada yang tau???
    yach mana baiknya aja deh,,,

    Guest
  23. bener tuh kata rajiv…yg namanya motor emg mtr sport..bebek ma skutik dsebut skuter…makany gue jg pake mtr sport…kan kuda besi…bkn bebek besi…amit2 ma bebek n skutik(buat gue lho)…peace…

    Guest
  24. harusnya bajaj bikin skutik lain dari yg lain.

    misalnya ikutin pendahulunya beroda tiga dan pake hood (atap) jadi g keujanan,. pasti bnyak yg beli mungkin nanti gantiin generasi bajaj 2tak sama BBG..

    Guest
  25. bajaj itu menurut saya motor yg harus di modifikasi…
    contoh: mtor P135 ajj, itu klo di buat mono shock aj pasti org banyak yg tertarik, dri segi body mantep, gk gemuk gk kurus, langsing…!!!, mau bawa cewek juga OK… klo mau maju, ya pulsar hrus punya inovatif tinggi lgi dong.

    tpi mnurut gw pulsar emang OK kok…
    semangat Bro… 🙂

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here