Assalamualaikum wr wb .. . Bro sekalian, lama sudah kiranya saya tidak menuliskan artikel diskusi Jum’at , Kali ini saya mengetengahkan salah satu sifat Luhur Rasulullah terutama/Khususnya kepada orang yang memusuhinya yang sempat dimuat dikolom hikmah republika beberapa hari yang lalu. Diceritakan dalam perjalanan menuju Madinah Pasca bersembunyi di Gua Tsur dalam Upaya Hijrah dari Makkah ke Madinah bersama Sahabat nya Abu Bakar, Rasulullah dikejutkan oleh kejaran Suraqah bin Malik bin Jutsam , seorang pembunuh bayaran yang hendak membunuh rasulullah karena iming-iming hadiah 100 Unta dari Quraisy .

Saat Suraqah memacu kudanya mendekati rasulullah, tiba tiba kedua kaki depan kudanya terperosok sampai ke lutut  . . . Suraqah meminta pertolongan rasul, dan Rasul menolongnya. Lalu Suraqah diminta pulang Ke Makkah, namun beberapa ratus meter ia kembali memacu kudanya ke arah rasulullah dengan maksut membunuhnya, namun lagi-lagi kudanya terperosok. Dan kembali rasulullah menolongnya. kejdian ini berulang sampai tiga kali . . . sampai akhirnya Suraqah menyerah dan berfikir bahwa Pastilah rasulullah akan menahannya

namun Rasulullah yang sebenarnya tahu dengan jelas maksut suraqah bukannya menghukum malah berbuat baik seraya memaafkannya. Begitulah Rasulullah . . . Air Tuba dibalas air susu olehnya . . . segala cacian, hinaan, fitnahan dihadapinya dengan kepala dingin, Ia pasrahkan segala urusannya ke Rabb nya . . .Hasbunallahu wa ni mal wakil . . . ingin rasanya diri ini mengikuti kecerdasan moralmu Ya rasulullah, Ya Rabb Kuatkan Iman ini sehingga bisa sesabar dan setulus rasul Mu . . .

Taufik of BuitenZorg

gambar : http://www.pasarkreasi.com

1 COMMENT

  1. Masya ALLAH… ane masih belom bisa kyk gitu… malah di kantor rasanya pingin menikam dari belakang pemimpin perusahaan… Astaghfirulloh.. nice share kang haji… 😀

    Guest
  2. pencerah dalam masalah yg menimpa saya x ini p haji….terimakasih……moga saja saya bisa menyelesaikannya dgn sebaik2nya

    Guest
  3. Akhlak Rasululloh itu sungguh mulia dan sangat sempurna, dan saya yakin tidak akan ada manusia lain yang bisa menyamainya. CMIIW.
    Sungguh sebuah teladan yang patut ditiru.

    Guest
  4. Beliau (Nabi Besar MUHAMMAD S.A.W) merupakan nuur bagi kita sekalian beserta seluruh alam semesta, bukan hanya penyampai firman ALLAH S.W.T, tetapi merupakan ‘Role Model’ ciri kesempurnaan berfikir, berbuat, beriman dan berperilaku sebagai seorang manusia sejati. sebagai pengendara R2 selayaknyalah kita meniru keanggunan RASULULLAH dalam bersikap di jalan raya, tidak usah secara spontan berubah namun setahap demi setahap hingga mencapai level hampir sempurna. Kendaraan bukanlah mesin pembunuh, kendaraan hanyalah sebatas alat bantu kita untuk tiba di tempat tujuan dengan selamat tanpa kekurangan suatu hal pun, mari kita telaah lagi quotes berikut, “BIAR SANTAI ASAL SELAMAT”.
    HIDUP BIKERS INDONESIA !!!

    Guest
  5. setelah saya amati.. Berat ji.. Dalam 6bulan ini aye dah 3x dapet musibah.. Sebelum ROMADHON rumah aye kemalingan tv (rumah kosong setiap hari pagi dan sore kecuali minggu) lalu tuh maling aye do’ain biar insyaf.. Tapi setelah LEBARAN aye kemalingan tv+ perhiasan lalu tuh maling aye do’ain lagi biar insyaf ato dihukum ma ALLOH.. Kemaren jum’at tgl 18 aye kemalingan lagi, jetpump, tabung gas, sandal baru, gelas pajang, beras, sabun dan stock kebutuhan sehari2 ludes.. Untunglah tv lcd gak keambil coz lcd aye tempel ditembok n maling gobl*k gak bisa ngakalin (syukur tuh maling msh b*go).. Sekarang aye gak mau do’ain tuh maling insyaf.. Yang aye do’ain tuh maling ketangkep digebugin ampe mam*uuuuuuuus…. :@

    Guest
  6. berat untuk bisa seperti itu kang haji..
    tapi kalo bisa seperti itu, nanti orang menzalimi kita tapi kita maafkan, maka orang itu akan menyelamatkan kita di akhirat nanti kelak..
    Subhanallah..

    Guest
  7. @25. Stop n’ Go
    ganti ah…jangan “BIAR SANTAI ASAL SELAMAT”….tapi “BIAR SAMPAI ASAL SELAMAT”, soalnya santai juga kalo ga sampai2 ya…gimana ya….

    Guest
  8. wa’alaikum Salaam Wr. Wb. Mas Taufik…
    Alhamdulillaah, ada lagi artikel siraman rohaninya…terima kasih yah Mas Taufik… 🙂

    Guest
  9. inti ceritanya sama..
    tapi isi hadits diatas rasanya gak kayak gitu dech mas opik..!!
    ada potongan hadits yang ketinggalan..

    “ketika suroqoh mendekati Rasul SAW, kemudian dia mengacungkan pedang kearah Rasul sambil berkata; “jika demikian siapa yang akan menyelamatkanmu..??
    lalu Rasul menjawab; ALLAH yang akan menyelamatkanku..”

    kemudian suroqoh bergetar dan pedangnya lepas terjatuh ketanah.. kemudian Rasul mengambil pedang milik Suroqoh tersebut dan gantian mengacungkan pedang kearah Suroqoh, sambil berkata kembali ; “jika demikian siapa yang akan menyelamatkanmu..??
    suroqoh tidak dapat berkata apa-apa dan semakin bergetar karena ketakutan..
    lalu dia mohon ampun dan insyaf..
    dan Rasul pun memaafkannya..”

    karena takjub akan budi baik Rasul SAW.. Suroqoh pun masuk islam.. dan ia kembali kapada kaumnya dan menceritakan keadaan yang yang dialami kepada kaumnya..

    Kira kira begitu seinget saya.. CMIIW..!!!

    Guest
  10. @ Vespa Ijo Rider

    kalau itu mah kisah tentang Du’stur, riwayatnya begini ……

    …….ketika Rasul beristirahat setelah mengadaan perang, duduk di bawah pohon. Kemudian datang seorang quraisy bernama Du’stur menghunuskan pedangnya ke arah Rasul selaya berkata “wahai Muhammad, siapakah yang akan melindungimu dari kejahatanku?” dengan tegasnya beliau menjawab ” Allah “. Maka bergetarlah tangan Du’stur tadi dan melepaskan pedangnya. Kemudian Rasul mengambil pedangnya dan mengatakan sebaliknya “siapakah yang akan melindungimu ya du’stur?”, dan du’stur tersebut menjawab “tidak ada yang melindungiki ya Rasul” maka Rasulullah langsung merangkul du’stur tadi penuh dengan kasih sayang ………. (Dan memang benar Du’stur ini masuk Islam akhirnya)

    ========
    adapun yang dikisahkan kang taufik itu betul tentang Suraqah, ada kisahnya di kitab Tarikh Ibnu Hisyam …, lebih lengkapnya :

    http://bimcrot.tripod.com/alkisah/suraqah.html

    Wallohu ‘alam

    Guest
  11. @ 36. Vespa Ijo Rider
    Itu mah kisah tentang Du’stur bukan tentang Suraqah …

    untuk lebih jelasnya masih di USM komentku … 🙂

    Guest
  12. Semoga kita diberi sabaran oleh-Nya, amien!

    numpang nyales!
    http://jheren.wordpress.com/2011/02/25/tiga-hal-dalam-hidup-yang-tidak-bisa-kembali-lagi/
    *mohon saran, ane newbie

    Guest
  13. mungkin begini kah (IMHO)… kalo dalam konteks dimana Rasulullah secara individual/pribadi dihina dan disakiti oleh orang maka pada banyak riwayat musuh akan dimaafkan oleh beliau… Tapi begitu muslim society di Madinah mendapatkan ancaman secara serius oleh kaum Qurais Mekah maka Rasulullah mengorganisasi pasukan untuk mempertahankan diri… Rasulullah tidak sibuk dengan harga diri karena sudah mulia pastinya… kalo saya mungkin masih pada level sebaliknya…

    Guest
  14. Ini wajib di baca & diamalkan pra pemimpin negara kta dan jga warga negaranya, masa negara berpenduduk islam terbanyak didunia tp moralnya ancurr, sy malu bro klo liat seorang muslim diberitakan di media dgn bnyk tuduhan spt kasus pembuatan video porno, Zina yg tdk dipertontonkan aj besar dosanya, ap lagi sudah pnya istri & anak msh Zina dan kelakuannya sengaja direkam utk dipamerkan org lain. Nau’udzubillah, Inget org pst akan mati dan mempertanggung jawabkan ap yg dahulu dilakukanya..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here