Bro sekalian, naaaa, ahad pagi ayo kita berkebuuun . . . 😀 satu lagi tanaman yang tmcblog tanam di depan rumah berbuah . ..  tanaman ini bernama Beach Cherry. Kayak Apa Buahnya? Yah Bulat kecil . . . ya namanya Juga Cherry. Tanaman ini memiliki nama Latin Eugenia reinwardtiana . Selain beach Cherry Tanaman Ini dikenal juga dengan nama Chedar Bay Cherry. Ini adalah pohon yang paling disukai oleh anak anak saya yang masih kecil, karena tajuknya yang rendah dan rasa buah yang manis.

🙄 tajuknya rimbun, rendah dan lambat tumbuh

Tanamanan ini asli mana sih? Ini Bukan tanaman Asli Indonesia . . . Negri asalnya adalah di AUSTRALIA . .  . Konon Tanaman perdu berbatang kayu ini banyak ditemukan di pinggir pantai, itulah kenapa dinamakan Beach Cherry.  Tanaman Ini sangat lambat dalam pertumbuhannya, so bila bro mau menanamnya dari Biji butuh waktu yang lama . . . Tahun ke dua baru bisa berbuah saat ketinggiannya mencapai 30-40 cm . . . bandingkan dengan jambu air yang saat berumur 2 tahun bisa setinggi 1-2 meter.

🙄 buahnya Merah Manis . . . menarik buat anak anak

Saya sendiri menanam tanaman ini semenjak lebih dari 2 tahun yang lalu . . . Awalnya beach cherry ini ditempatkan di kebun, namun akhirnya dipindah ke halaman rumah karena tajuknya yang tidak meraksasa. Cara menanam Tanaman ini ya sama saja dengan menanam pohon biasa, jangan lupa pakai pupuk ya . . . saya sendiri menggunakan Kotoran Kelinci yang dipelihara di rumah  . . . jadi yaaa . . . nggak beli pupuk, asal mau ngumpulin aja itu kotoran kelinci he he he . . .

🙄 nah ini adalah ‘turunan’ dari pohon dewasa yang ditanam dari biji

Kalo pengen bentuk tajuknya rimbun, tanaman ini harus sering dipangkas. Selain merimbunkan . .. pemangkasan ini akan merangsang pembentukan bunga dan buah untuk tanaman yang sudah cukup dewasa. Selama tmcblog tanam . ..  pohon ini paliing jarang kena hama dan penyakit . . .bener bener tanaman tahan banting bro . ..  so pemeliharaannya gampang tho. Oh ya Buah Yang kelupaan di panen pada jatuh di sekitar tanaman induk dan tumbuh menjadi tanaman baru . . . tanaman ini pun saya tanam di  sekitar tanaman induk dengan harapan 2-3 tahun lagi akan ada banyak tanaman Beach Cherry yang berbuah serempak . . . Kalo yang berminat monggo dicari di gerai gerai/Nursery tanaman buah . . . Harga bibitnya sih lumayan, itu juga dikarenakan pertumbuhannya yang lumayan lampat he he he  . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. seleranya gak beda jauh sama bonsai/pak muhksin riadi 😀

    oot kang haji

    Hasil lengkap kualifikasi MotoGP Qatar

    Pos Pembalap Tim Waktu Selisih

    1. Casey Stoner Honda 1m54.137s
    2. Dani Pedrosa Honda 1m54.342s + 0.205s
    3. Jorge Lorenzo Yamaha 1m54.947s + 0.810s
    4. Marco Simoncelli Gresini Honda 1m54.988s +
    0.851s
    5. Ben Spies Yamaha 1m55.095s + 0.958s
    6. Hector Barbera Aspar Ducati 1m55.223s + 1.086s
    7. Andrea Dovizioso Honda 1m55.229s + 1.092s
    8. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 1m55.578s +
    1.441s
    9. Valentino Rossi Ducati 1m55.637s + 1.500s
    10. Colin Edwards Tech 3 Yamaha 1m55.647s +
    1.510s
    11. Randy de Puniet Pramac Ducati 1m55.656s +
    1.519s
    12. Hiroshi Aoyama Gresini Honda 1m55.724s +
    1.587s
    13. Nicky Hayden Ducati 1m55.881s + 1.744s
    14. Loris Capirossi Pramac Ducati 1m56.323s +
    2.186s
    15. Karel Abraham Cardion Ducati 1m56.665s +
    2.528s
    16. Toni Elias LCR Honda 1m57.992s + 3.855s

    Guest
  2. Berarti barengan nih ama cabe d rumah ane…. Lmayan kalo bikin sambel ga beli cabe… Mampir yu….

    Guest
  3. Seandainya dekat, tertarik juga nanem. Saya dulu pernah gila tanaman,sekitar akhir 2009 – awal 2000-an, tapi tanaman hias.

    Guest
  4. oalah ntu dibikin bonsai bisa kagak yak :mrgreen:

    nitip jemuran

    Brrrr Wajah Baru Absolute Revo ….. Makin Keren Aja

    http://ninja150r.wordpress.com/2011/03/19/brrrr-wajah-baru-absolute-revo-makin-keren-aja/

    TPT Honda CBR 150R udah didaftarkan …Gimana kabar yamaha?

    http://ninja150r.wordpress.com/2011/03/18/tpt-honda-cbr-150r-udah-didaftarkan-gimana-kabar-yamaha/

    Busetttt…QTT MotoGP Losail , Duo Honda Melesat…., Rossi Memble!!!!

    http://ninja150r.wordpress.com/2011/03/19/busetttt-qtt-motogp-losail-duo-honda-melesat-rossi-memble/

    Guest
  5. lebih manis rasa buah beach cherry ketimbang vermillion cerry ataupun shiantho / dewandaru.

    tahun lalu dibeliin teman di karawang, tinggi 40 cm seharga 50k.. kalau di lapak tanaman hias tinggi segitu biasanya dijual 150k – 250k.

    ma taufik ga tertarik untuk mengoleksi putsa merah / red jujube ?

    Guest
  6. teman” yg suka tanaman bisa bergabung di warga forum tanaman kaskus :
    http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=192

    atau gabung di group tabulampot fb :
    http://www.facebook.com/home.php#!/home.php?sk=group_137162269687652&notif_t=group_activity

    Guest
  7. 7. absoluterevo :Babat abis soalnya keamarin ga comment2 buah cheyri sama buah kupa beda ya kang haji?
    ——————–
    kupa aka gohok, jamblang, jambul,jamun,juwet. latinnya Syzygium polycephalum.

    berbeda dengan cherry

    Guest
  8. 28. irfan :punya tabulambot naga nggak bang>>??? punya ane nggak berbuah

    —————————

    pernah berbunga ga ? kudu dibantu kimpoi tengah malam biar jadi buah

    Guest
  9. @ 14. ridertua – Maret 20, 2011
    Speknya mas??? Yang lengkap.. 🙂
    ==============
    wakakakakakk PIKTOR LOE = PIKiran moTOR meluLOE

    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    Guest
  10. ternyata kang haji = rider tua = blogger ternak
    kang haji ternak kelinci, ridertuwek ternak lele

    aku ternak apa ya ???

    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

    Guest
  11. Salam Kenal Pak Taufik, maaf numpang promosi nih,,,,
    Saya menjual bibit pohon Beach Cherry dengan berbagai ukuran:
    1.Tinggi 30 cm Rp.20.000/pohon
    2.Tinggi 70 cm sudah berbuah Rp.500.000/pohon
    3.Tinggi 100cm sudah berbuah lebatRp.2.500.000/pohon
    Bagi yang berminat silahkan hubungi:
    Akin Tohari:085245244975, posisi di parung Bogor
    pesanan bisa di anter. Trims,,

    Guest
  12. Eh mas, daunnya kok mirip daun cermai india ya. Miriiip banget. Tapi kalo cermai india warnanya hijau dan berlekuk seperti belimbing. bentuknya bulat dan kecil-kecil. bertangkai panjang seperti cherry.kalo mau tanam bibitnya bisa dapat dimana ya mas?????

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here