Bro sekalian, Berita tentang Gempa yang disusul tsunami yang terjadi di Jepang Memunculkan Banyak spekulasi tentang Upaya Recovery dan Rekonstruksi pemerintah jepang Terhadap beberapa Industri yang Terkena dampak langsung Bencana tersebut. Tercatat beberapa Pabrikan otomotif seperti Nissan dan Honda serta beberapa pabrik komponen mengalami gangguan, bro bisa baca uraian Blog Asphalt and Rubber . Kalangan Otomotif banyak berpendapat bahwa efek dari Bencana ini Khususnya di sektor Industri otomotif baru akan terasa 2-3 Bulan kedepan.

Sinyalemen gangguan ini dapat terus menghantui bila kita masih berada pada positioning ‘menunggu bola’ sehingga dapat mengganggu industri Otomotif dalam negeri karena seperti kita ketahui banyak Unit kendaraan Yang dipasarkan di dalam negri ini yang belum 100% diproduksi partnya di Indonesia. Nah dengan momentum ini, Kalangan industri Otomotif  dalam negri, terutama yang berafiliasi ke Merk jepang  harusnya bisa melihat gangguan ini sebagai potensi.

Yup Potensi agar Pabrikan jepang bisa lebih mengalihkan industri manufaktur part part Otomotif ke Nusantara ini demi tujuan jangka menengah dan panjang  ke depan. Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat luarbiasa dan potensi jumlah sumber daya yang juga melimpah. Namun bila hal ini mau diterapkan di Indonesia, sektor industri hulu seperti bahan logam dan petrokimia harus siap dan lebih cepat lagi mengcover / mengimbangi kebutuhan industri Otomotif yang pergerakan sangat Masif. Nahhh ditunggu nih action pabrikan/ATPM untuk bisa menghadirkan upaya 100% atau paling tidak mendekati 100% made in indonesia, lagi pula Industri Otomotif menjadi Industri Nomor dua paling dipercaya Investor di tahun 2011 ini menurut TheCarConnection . . . gimana setuJa? silahkan di share komentar bro semua . . . semoga berguna.

Taufik of BuitenZorg

Gambar : istimewa, asphaltandrubber, jz09zws.blogsome.com

Jangan lupa ikuti :

1 COMMENT

  1. @11. #99 bro
    saya pikir polapikirnya bukan hanya untuk konsumsi dalam negri thoq mas . . . akan tetapi menjadi pusat industri otomotif regional dan bahkan global . . . jadi produknya nggak numpuk di sini saja tapi kemana2/ ekspor, cmiiw

    Administrator
  2. lha ahm kan udah bikin motor 95% buatan ina mas contoh pada new megapro yg impor cuma gigi tranmisi doang,inilah yg perlu di contoh para atpm biar harganya terjangkau

    Guest
  3. klo cuma 1pabrik ga pengaruh kayaknya mas,wong industri otomotif jepang besar bukan dinegaranya,tengok sj US ato eropa(inggris)
    Infinity,Accura,Lexus

    Guest
  4. produksi mesin mobil dan motor rata2 masih cbu asli dari jepang bahkan beberapa komponen asli dari jepang..barulah dirakit di beberapa negara sperti thai dan indo menjadi mobil dan motor.dengan kata lain kita hanya perakit saja..mungkin jepang akan berpikir 2x untuk melepas usahanya 100% di negara lain karena ini mempertaruhkan nama besar dan kualitas brand mereka.

    Guest
  5. Jepang dilanda bencana,recoverynya cm sebentar,kalo terjadi di indonesia bisa lama recoverynya.Jepang mau berinvestasi mungkin mesti mikir utk perbaiki mental pekerjanya spy barang2 produksi memiliki kualitas sesuai standar.

    Guest
  6. kita sebagai bangsa Indonesia janganlah merendahkan diri sendiri, jangan meragukan kualitas SDM dan SDA Indonesia ….

    bangsa Indonesia seperti sekarang ini dikarenakan oleh ulah para penjajah zaman dulu, saatnya Indonesia untuk bangkit … satukan hati dan tampillah ke depan dengan cerdas ….

    siyaaaaaaaaaaapppp …. (kok pada diem) :mrgreen:

    Guest
  7. Dengan banyaknya tenaga ahli jepang yang meninggal , saya berharap agar para mantan tki / pemagang / kenshusei dipermudah untuk masuk ke jepang lagi guna membantu pemulihan perekonomian bagi jepang.

    Guest
  8. Dampakny sekarang dah terasa,udh bnyk komponem mobil,terutama toyota,nissan&honda yg msh ckd ga bs dikirim lg

    Guest
  9. spt info dari sodare yg kerja di pabrik daihatsu, kerja hanya 3 hari saja….bahkan pabrik mobil toyota dan honda pd diliburkan untuk sementara waktu.

    Guest
  10. Hmmm…waktu Thailand diguncang kerusuhan bbrp waktu lalu, pelaku otomotif di sini juga sempat mencuatkan asa agar pabrikan yg selama ini memusatkan R&D-nya di Thailand bisa memindahkan ke sini. Tapi ternyata gak segampang itu, banyak hal yg harus dipertimbangkan. Apalagi dari pengalaman yg sudah2 (Jepang bbrp kali diguncang Bencana) Jepang leih mudah dalam melakukan recovery pasca bencana. So kayaknya harapan tersebut gak mudah terwujud gitu aja

    Guest
  11. intinya jepang asia! jepang raja asia! jepang matahari asia! alih teknologi sofware dan hardware?!!! nggak lah ya…. klo redup gmn? indo tempat perakitan aja…… suruh2 aja…. keruk uangnya saja….. mahal aja…. limbah aja…. hehe pingin indi ada bajaj…. indo? “similikiti motor”

    Guest
  12. memang betul, industri di Jepang baru akan merasakan dampaknya thdp hasil industri 2-3 bulan lagi……..

    So, buat para industri di tanah air perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, sebagai upaya mencegah dari hal2 yang nantinya bisa menghambat laju pertumbuhan industri….

    🙂 🙂 🙂

    Guest
  13. sudah terasa kok.
    pt tempat saya kerja adlh suplier nissan dan sumitomo(produsen perangkat rem mobil)
    order dari jepang menurun drastis.ketika dirut pt baru pulang dari jepang kemaren bilang.keadaan benar2 parah tidak ada listrik dan bbm serta jalan tol ditutup karena digunakan untuk rescue.beliau jg bilang diperkirakan jepang akan pulih dalam 3thn

    Guest
  14. 34. hadi – spt info dari sodare yg kerja di pabrik daihatsu, kerja hanya 3 hari saja….bahkan pabrik mobil toyota dan honda pd diliburkan untuk sementara waktu.

    ——————————–

    ???
    engine casting di yamaha karawang, valve dari nittan , seher dari izumi, wire harness dari bandung, knalpot dari futaba, press body di adyawinsa. apa alasan sehingga harus libur ?

    tadi pagi saya ke honda karawang, masih tetap produksi tuh….

    Guest
  15. Memurut saya ada dampaknya pada otomotif jepang, tapi secara keseluruhan dampaknya tidaklah sampai pada taraf yang mengkhawatirkan, sebab sebagian besar manufaktur otomotif jepang berada diluar jepang, sebagaimana kita ketahui bahwa untuk asia tenggara saja negeri gajah putih (thailand)& kampungnya tuan takur (india)- indonesia juga ga ya? – kini sudah menjadi pusat manufaktur otomotif jepang..

    Guest
  16. saya rasa ahm sudah mulai menuju ksana ,, bisa diliat dari plant ahm yg mau menginjak 8 plant ,, 7 pasti yg 1 msh wacana ,, mudah2an kedepan’a tempat riset m basic produksi jg dpindah k sini ,, saya yakin itu bukan mimpi selama pemerintah mendukung infrastruktur (jalan dll) + g ribet soal pajak pungutan liar m SPSI ,, jayalah indonesia ,, amin !!

    Guest
  17. Saya sangat setuju dengan ulasan mas taufik mengenai nasib dan potensi industri roda dua jepang dan INDONESIA. Jepang memang mengalami musibah, namun kita sekarang memiliki momentum untuk mengalihkan infestasi industri otomotif ke Tanah Air, agar kita bisa mendapatkan peluang dan kans, serta alih teknologi yang akan berarti demi kemajuan industri otomotif. Dan yang lebih dahsyat lagi jika kita bisa mengambil momentum ini menjadi tambang emas, maka di masa depan bukan hanya industri otomotif INDONESIA saja yang akan maju, tetapi akan merembet ke industri-industri lainnya. Hal ini akan membuat industri ‘berat’ di INDONESIA terakselerasi lebih cepat dan ‘bergairah’, kenapa tidak INDONESIA saja yang menjadi basis produksi otomotif R1 dan R2? mengapa musti negara kecil seperti thailand yang dijadikan basis produksi di ASEAN. Semoga hal ini bisa disikapi dengan baik dan positif oleh para petinggi-petinggi kita, AMIIN. Cmiiw.
    HIDUP INDUSTRI OTOMOTIF INDONESIA !!!

    Guest
  18. Ide Bagus,
    Saran aja bagusan mendirikan Pabrik kalau di Indonesia harusnya di Pulau kalimantan aja,
    Karena bebas dari Gempa dan Sunami,
    Agar Investasi jangka panjang berjalan dengan sukses.

    Guest
  19. Saran saya kalau mau dirikan pabrik di Indonesia,
    Paling tepatnya di kalimantan,
    karena jauh dari gempa & sunami,
    Mantap dengan adanya Pabrik,
    Membuat tingkat pengangguran Berkurang.

    Guest
  20. semoga bisa berdampak positip buat kita semua dan bisa mengurangi pengangguran juga, sukses selalu aja deh…

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here