Bro sekalian, Ini adalah artikel Tematis TPT yang kedua dari tmcblog setelah artikel analisa TPT impor dan produksi yang lalu. seperti kita ketahui bahwa setiap kendaraan yang mau dipasarkan di bumi nusantara ini harus memiliki Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan bermotor (TPT) Nah dari sini timbul pertanyaan, apakah Produk minor facelift dengan hanya berganti striping tanpa perubahan fisik harus memerlukan pendaftaran TPT ? ini menarik . . . ayo kita kupas bersama biar kita semakin ngerti dan membaca info-info yang ada di tpt

Sepanjang tmcblog analisa dari tpt, Secara Empiris lapangan bisa disimpulkan . . . apa bila sebuah motor akan dirilis tanpa perubahan fisik seperti perubahan jenis roda, perubahan body, perubahan mesin, perubahan lampu dll . . . maka perilisannya bisa dilakukan tanpa ATPM tersebut membuat TPT baru !! lho apa buktinya Bro?

gambar :Β http://motorplus.otomotifnet.com

Silahkan cek di TPT, kapan terakhir Astra Honda Motor mengeluarkan TPT Honda Supra X 125 ? Bila kita mau teliti dengan seksama Terakhir kali AHM mengajukan TPT Supra X adalah di bulan Agustus 2008 !! nggak ada sama sekali tpt bebek 125 ( Bisanya berkode NF125) di tahun 2010 ataupun 2011. Hmmm jadi maksut facelift Supra X 125 yang notabenenya cuma ganti striping doang dan belum berumur sebulan yang lalu apa dooong? You tell me bro? πŸ™‚ . . . . dari sinilah tmcblog memperkirakan bahwa honda masih berpotensi mengeluarkan kejutan lanjutan di bebek 125 cc. secara usia HSX 125 juga sudah cukup lama. Β ini hanya opini pribadi berdasarkan fakta tpt saja bro

semoga ilmu analisa tpt ini bisa bermanfaat, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

 

59 COMMENTS

  1. Produk barunya bebek apa skutik Sebenarnya?
    Mas taufik bahas isu Suzuki nex dong? Ada di kompas otomotif

    Guest
  2. Hmm.. jadi penasaran tampang HSX yang baru nanti gimana ya..??

    Satu lagi nih bang haji, di warung tetangga dah ada bocoran skutik baru Suzuki yang katanya bakal gantiin Spin, kalo bang haji juga ada bocoran apalagi bocoran yang lebih gede tolong ditampilin ya.. :>

    Guest
  3. memang benar analisanya.tapi kalo ganti kode engine daftar ke TPT, misal 5TP ke( 2P2 ke 30C )padahal sama2 jupiter z burhan cuma beda di di AIS…kalo gak slah.

    Guest
  4. Hasil latihan bebas 1 GP Spanyol

    1. Casey Stoner AUS Repsol Honda Team 1m 39.551s
    2. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team 1m 39.579s
    3. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro Team 1m 40.077s
    4. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini 1m 40.176s
    5. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 1m 40.420s
    6. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 1m 40.429s
    7. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing 1m 40.887s
    8. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 1m 41.063s
    9. Randy de Puniet FRA Pramac Racing Team 1m 41.064s
    10. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 1m 41.233s
    11. Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing 1m 41.398s
    12. Hector Barbera ESP Mapfre Aspar Team 1m 41.601s
    13. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 1m 41.816s
    14. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 1m 41.949s
    15. Toni Elias ESP LCR Honda MotoGP 1m 42.157s
    16. Loris Capirossi ITA Pramac Racing Team 1m 42.313s
    17. John Hopkins USA Rizla Suzuki MotoGP 1m 42.538s
    *OOT

    Guest
  5. @17. Smash Merah
    yup mas bro skutik itu
    siip saya sudah baca dari dapur pacu dan otomotifnet . . . mantab dah soale itu berasal dari suzuki langsung . . . so itu namanya bocor gede

    Administrator
  6. emang udah waktunya dipermak tuh HSX 125… πŸ˜€
    Siapa tau AHM ngamuk, gak peduli baru ganti striping, langsung rombak HSX125, secara lawan tangguhnya, MX udh ganti baju xixixixi… Lagian kan janjinya tiap bulan ada mongtor baru. πŸ˜€

    Guest
  7. hsx mutlak ganti.!! model jadul bgt dah out of date..

    @radit
    kl memang betul mio i keluar, berarti “yang katanya matik canggih” bakal kelihatan mutlak jadul kita tunggu di tpt, bro!

    Guest
  8. sialan gua tadi di jalan diambil konci motor gua ama orang yg kesinggungan, masa cuma mepet2 aja marah2 gua kan mau ke kiri, tu orang kalo ada disini ayo bakar

    Guest
  9. kalo buat supra kemungkinan besar sekitar tahun depan deh, soalnya khan tahun ini baru refresihing, mompong life cyclenya masih lama, mending blade aja diurusin jadi blade 125
    *ngarep.co.id

    Guest
  10. wah kayaknya dalam waktu dekat gk mungkin major facelift kalo udah minorfacelift

    kcuali ntar akhir tahun

    Guest
  11. nah gt dunk
    R n D nya suruh kerja
    heran, tp fakta.dr dulu jaman nya astrea grand, supra 100 cc series (X, Fit), supra 125 series, tigor series, CS1.
    Bener bener jago bikin striping.scara, desain body&performa TETEP.
    27 satrio. fakta nya, di indo, Sonic di downgrade jd CS1
    Ayam jago jd jetsky.kepala jetsky yg bikin gak nahan. so fakta lapangan&penjualan.CS1 kalah telak ma MX&FU

    Guest
  12. Ini bukan terawangan tapi bisikan orang dalem kali pak aji ya…he…he…bisa juga honda lagi ngumpan jebakan betmen pengen tau reaksi kompetitor begitu bidak musuh maju…baru hajar pake bidak kuncian.

    Guest
  13. tapi aku yakin gak ada yg ganti mesin..
    Karena kalau ganti mesin risetnya lamaaaa! Ya to? Untuk ngejar tiap bulan brojol paling yo ganti striping, mindahin sen dari batok kepala ke sayap, ganti rem cakram ke rem tromol.. Paling sekitar itu lah yg di otak atik

    Guest
  14. Di TPT kan ada jumlah unitnya tuh kang haji,ex:100rb unit.trus kalo penjualanya dah 100rb apa perlu daftar TPT lg?

    Guest
  15. Hasil Free Practice II MotoGP Spanyol

    1. Dani PEDROSA 1’40.101
    2. Casey STONER 1’40.289
    3. Jorge LORENZO 1’40.623
    4. Marco SIMONCELLI 1’40.701
    5. Valentino ROSSI 1’40.956
    6. Randy DE PUNIET 1’40.982
    7. Ben SPIES 1’41.053
    8. Nicky HAYDEN 1’41.058
    9. Hiroshi AOYAMA 1’41.292
    10. Karel ABRAHAM 1’41.304
    11. Colin EDWARDS 1’41.337
    12. Andrea DOVIZIOSO 1’41.407
    13. Hector BARBERA 1’41.665
    14. Loris CAPIROSSI I1’41.810
    15. Cal CRUTCHLOW 1’41.854
    16. John HOPKINS 1’42.305
    17. Toni ELIAS 1’42.690

    Guest
  16. Stripping HSX125 merupana stripping terbaik yg selalu jadi stripping sejuta motor.
    motor dari berbagai merk ane pernah lihat pake stripping HSX125 dan uniknya jadi tambah cakep….!!

    Guest
  17. Hmmm… Jangan2 scoopy jg mu ganti striping neh! Pengennya sih ada warna birunya gto! Secara buat slanker2 yg ada di penjuru dunia! Piss…! πŸ˜†

    Guest
  18. mungkin kebalik,
    di tpt kan ada jumlah produksi nya, nagh ketika jumlah izin produksi itu sudah mendekati kuota, pabrikan harus bikin izin tpt baru tho?
    sekalian aja bikin minor change, daripada gak dirubah apa2 padahal hrs perpanjang izin lagi.

    Guest
  19. hmmm..iyah menarik sekali analisis dari tpt ini.. jadinya, kita pada ga bisa nebak-nebak ya produk2 line up berikutnya..

    hsx potensial banget tuh padahal untuk facelift dan minor change..

    Guest
  20. hmmm..iyah menarik sekali analisis dari tpt ini.. jadinya, kita pada ga bisa nebak-nebak ya produk2 line up berikutnya..

    hsx potensial banget tuh padahal untuk facelift dan minor change…

    Guest
  21. Menarik sekali artikelnya mas Taufik, ngomong2 soal striping motor, mungkin ada yang berminat untuk facelift motornya atau ganti striping yang sudah baret / usang?
    Monggo di cek TKP: http://www.stripingmotor.com

    Stripingnya dijamin asli 100%, tahan bensin dan sinar matahari, harganya terjangkau. Thanks & sukses selalu! πŸ™‚

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here