About these ads
jump to navigation

Prediksi tmcblog terhadap produk baru Honda AHM April 2011 April 1, 2011

Posted by Taufik in Honda.
Tags: , , ,
trackback

Bro sekalian, Di hari pertama bulan April 2011 ini tmcblog mencoba untuk memprediksi gerak gerik apa yang akan dilakukan oleh Honda di Bulan April 2011 terutama mengenai Motor Barunya. Pernyataan Presdir PT Astra Honda Motor Yusuke Hori yang dilansir detik bahwa Honda akan merilis satu motor tiap bulan sampai Lebaran mendatang merupakan data pertama yang melatar belakangi prediksi tmcblog bahwa Bulan April ini sepertinya Honda AHM akan merilis produk baru . . trus apa lagi?

Mengenai Jenisnya bro . . . tmcblog memprediksi motor yang akan dirilis AHM di bulan April ini adalah Varian Skutik. Lho Kenapa Skutik, Yaaaaa penerawangan cetek aja bro  . . . Sport udah (CBR 250R), bebek Udah (Absolute revo-HSX125) lha tinggal skutik tho ? he he he. Selain itu ada info TPT yang sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa AHM telah mengajukan TPT produksi Motor masing masing 260.000 unit motor berkode NC11D1C AT dan 23.000 unit Motor bercode NC11D1D . . . Nah NC ini kan Kode Khas AHM untuk Varian Skutik

Walaupun awalnya tmcblog mengira kode tersebut adalah new Scoopy, akan tetapi kemungkinan Varian lain tentu masih terbuka lebar, secara kodenya sempet diubah jadi sangat beda bro . . . FYI Scoopy itu Kodenya NC11C1C. Tmcblog kembali memprediksikan bahwa segmen yang akan di ‘segarkan’ oleh AHM adalah segmen Mid-End dari Skutik . . . Lho Gimana niiih ?? kan di segmen Mid-End ini Skutik Honda sudah sangat Rapaaat Mulai dari Vario MMC lama yang mengawal di bawah, lalu naik ke Vario Techno Non CBS, dan ditutup oleh Vario CBS techno.

Prediksi tmcblog Honda akan menghadirkan sebuah produk yang cukup fresh dengan kesan Fashionable di segmen Mid-end ini. Possitioningnya bisa jadi di line Up terbawah dari segmen ini . . . atau dengan kata lain bisa jadi Produk ini akan menggeser Posisi Vario MMC alias Vario lama alias temen temennya si Pinky :D . Terlepas benar atau tidak kehadirannya akan me replace vario lama, Kehadirannya Patut di telaah karena bisa jadi bukan hanya sekedar refreshment ataupun jikalau ternyata Valuenya lebih kompetitif akan membawa misi Pricing strategy tertentu.

Akan tetapi seperti juga Strategy Honda di segmen Entry level bebek dengan menghadirkan Revo Fit . . . Kehadiran Next skutik baru honda ini bisa jadi sebagai pentriger  misi repositioning Line Up Skutik Honda. Bro Bisa Bayangkan . . . Apabila nanti Produk yang menurut beberapa bocoran unofficial yang masuk ke tmcblog bentuknya mirip dengan hayate 125 ini bisa mengatasi Varian Mio Soul dan Xeon sekaligus .  . berarti Vario techno Bisa lebih leluasa

Melihat gelagat 2-3 bulan terakhir terlihat bahwa skutik honda sudah mulai mendominasi market skutik bulanan dari kompetitornya Yamaha. Nah sepertinya Honda akan berusaha mati matian mempertahankan kemenangan ini seraya berusaha semakin memutlakkan kemenangan. Mungkin ini yang disebut bro Komeng MindGenesis dengan  Pressure Superiority All Out War !! . . . Yup Honda akan  mengubah posisi dari Follower di segmen skutik menjadi Raja Absolut segmen skutik yang dengan segala superioritas Grand Strategynya berusaha ‘mengendalikan’ mindset strategy kompetior.

Yamaha diharapkan cukup bijak membaca arah Grand strategy Honda ini, dan jangan terjebak di dalamnya sehingga reaksi reaksi terkesan hanya bermatra di permukaan saja. yamaha Juga kudu merilis Strategi Induk.

and last, artikel ini hanyalah sebuah opini prediksi, sekedar menyambung puzzle yang terserak, bisa tepat bisa juga meleset . . . Silahkan dikomentari, Semoga berguna.

Taufik of buitenZorg

About these ads

Komentar»

1. aWi - April 1, 2011

motor apa, ya?

2. aWi - April 1, 2011

Keren bisa pertama … xixixixi

3. aWi - April 1, 2011

Mudah-mudahan Skutik kelas medium …

4. semut - April 1, 2011

walah telat

5. aWi - April 1, 2011

Walaupun opini, mas H. Taufik… tapi ATPM membaca tulisan ini loo …

6. arinugroho84 - April 1, 2011

pasukan Scoopy merah marun + scoopy biru laut siap ambil bagian. hehe

7. absoluterevo - April 1, 2011

Sip deh……!!!!!!

8. astrea - April 1, 2011

i

9. Penonton - April 1, 2011

Oke dech ditunggu penampakanya..

10. hadiyanta - April 1, 2011

absen

11. kucrut_bike's - April 1, 2011

kalo modelnya kayak hayate berarti airblade dong? :D

12. ayume - April 1, 2011

Mudah2an air blade dan sutekno pricingnya digeser :D

13. Kakang ali - April 1, 2011

Emang blog terdepan dalam pemberitaan produk baru.
Memang AHM terlihat all out di semua lini tahun ini, terutama di skutik yang akan brojol untuk menutupi semua celah. Mengenai jebakan Honda yang mulai dilakukan sewaktu launching Blade yang diikuti Vega ZR ternyata amunisi sesungguhnya Abs Revo hingga saat ini sangat memusingkan ATPM tetangga yg terus mendapat masukan dari blogger yang katanya paling smart hingga konsultan marketing terkemuka di negri ini.
Kalau dianalisa lebih mendalam, simulasi pemasaran AHM selangkah lebih maju, mereka sdh menyiapkan plan A to Z, bila kompetitor bergerak kearah mana pasti langsung dihadang.
Untuk TPT ini rasanya AHM ngak mau sampai Hayate naik dan menggrogoti market mereka yang pada akhirnya mengurangi selisih dgn tetangga terdekatnya.

14. Speedy - April 1, 2011

Klo bener keluar varian baru lagi berarti akan ada yg semakin pasrah

15. Mr_Long'S - April 1, 2011

Yg pasti jalanan tambah macet akibat industri otomotif yg terus menggila :evil:

16. Safety Rider ex Legenda Rider - April 1, 2011

Air Blade is coming, yg 23rb yg versi CBS.

17. vyzex - April 1, 2011

Beli mio? Mau dong!!
Sapa tau dapat 2 milyar..

Beli vario? Mau dong!!
Keren dan elegan

18. kalimalang rider - April 1, 2011

moga2 BeAT yg headlampnya digeser k batok setang…

19. jakatimur - April 1, 2011

moge model phantom belum kapan keluar lagi ya?

20. desmo - April 1, 2011

kirain produk barunya mengisi celah antara vario cbs dengan pcx,,,ternyata malah dibawahnya,,,

21. roby - April 1, 2011

Kalau dipikir2 sbnernya strategy AHM bner2 mengerikan,setelah membaca ulasannya om komeng,AHM bkan semata2 ingin memenangkan penjualan,tetapi ingin menghancurkan lawan sampai tak berkuitk,ih ngeri deh.
Yah semoga saja pabrikan laen bsa melawannya dan akhirnya konsumen juga yg d untungkan dengan hadirnya produk2 baru yg fresh, Semoga

22. aryoningrat - April 1, 2011

brarti bukan airblade dong. . . . .
apa ya?

23. ridertua - April 1, 2011
24. robywibisono - April 1, 2011

Sebenrnya Kalau di pikir2 strtegy AHM bner2 mengerikan,setelah membaca ulasannya om komeng,AHM semata2 bukan ingin memenangkan penjualan saja tetapi membuat kompetitor hancur dan tak berkutik.
Yah semoga saja pabrikan laen dapat melawannya agar konsumenlah yg di untungkan dengan hadirnya produk2 yg baru dan fresh.

25. desmo - April 1, 2011

semoga bagasinya luas dengan body bongsor…secara,kan belum ada skutik kayak gitu..ada pcx tapi harganya 33 jt..

26. Ay - April 1, 2011

Botjor alus lagee neeh.
Moga2 Air Blade versi terbaru… :D

27. Imam Vega Oranye - April 1, 2011

Wah,,,peleknya 16 inchi ya Mas Taufik????
payu ra yo???

28. Semar - April 1, 2011

Sepertinya sech juga matic….

Keep Brotherhood & Keep Safety Riding

29. Smash Merah - April 1, 2011

Tes emotikon,
:) :( :P :D
:O ;)
8)
8| >:( :/ :’(
3:)
O:)
:*
:O
:V
:3
(^^^)

Bisa ga ya?

30. Smash Merah - April 1, 2011

Wah, ada yang bisa ada yg angga..

31. bad.munir - April 1, 2011

honda ruckus ok juga mas.

32. black rider - April 1, 2011

tetep aja suara starternya berisik…
apa g bisa y bikin suara yg halus….

:nohope:

33. Mercon C Lagi dilema - April 1, 2011

kalo menurutku sih selama ini yang melenggang leluasa walaupun lakunya cuma sedikit ya Nouvo Z ini, desain dengan dek depan yang lebih mirip dengan Hayate,,,
kalo udah gini, menurutku kemungkinan besar justru Airblade dan Airblade PGM-Fi

34. Mercon C Lagi dilema - April 1, 2011

yah, kuliah pagi di USM :mrgreen:

35. visitor - April 1, 2011

analisa dalem tapi mudah dicerna pembaca

36. roby - April 1, 2011

Yah komen ane dobel deh…!!

37. chi - April 1, 2011

yang pasti bukan air blade ,, tp boleh lah !!!!

38. uDien d'kab 234 - April 1, 2011

kang haji kalau produk baru ini disinyalir mirip hayate 125 berarti deknya gak rata, airblade kah???

>>>> kalau disinyalir airblade so kenapa temen-temen si pinky yang akan digeser, bukankah airblade itu di atas vario techno ???

mohon pencerahannya om …. hatur nuhun

39. joni - April 1, 2011

Kita tunggu aja bagaimana produksi Honda selanjutnya..
yang jelas g bakalan ngecewaiin..
hheeee

40. macet lagi - April 1, 2011

macet lagi.. Macet lagi.. Gara-gara ahm serakah..

41. bikers - April 1, 2011

wah… cbr150nya kapan yaa..?? ngebet neh :)

42. krupuk - April 1, 2011

pertamaxxxxx
ngawur.com

43. krupuk - April 1, 2011

nggak jauh dari air galon eh air blade maksudnya…hihihihihi

44. krupuk - April 1, 2011

honda akan merilis satu motor tiap bulan sampe lebaran……..
di sinyalir lebaran jatahnya ciebieer 150….

45. mangkurondo - April 1, 2011

Pasti Air Blade….
Air Blade…
Air Blade…
Air Blade…
Air Blade…
Air Blade…

46. idog - April 1, 2011

sampe lebaran??..

yang ada sampe Jakart meleduk, sampe motor ga boleh pake premium,sampe Trans Massal dibenahi.

sibier masuk list kayanya…

mengerikan. yang lain.. semakin pasrahh…

47. Iksa - April 1, 2011

Ha ha mantab prediksinya … makin rame nih skutik …

48. dave - April 1, 2011

wah,, dikirain cbr 150 yg keluar.. >.<

49. Stevan - April 1, 2011

Mantep Kang artikelnya :D

50. Arkham Ashylum - April 1, 2011

ngeri…..

51. uDien d'kab 234 - April 1, 2011

yang jelas motor ini masih bayangan item …

52. anton nugroho - April 1, 2011

semoga air blade, tapi spatbor depannya nempel di T-bawah ya.

53. Mr_X - April 1, 2011

product apa ya yang bakal brojool di bulan april ini? Jadi penasaran…
Tapi apapun produknya Honda Selalu Dihati…

54. SixBalak - April 1, 2011

Honda BITCH, upgradenya Honda BEAT, dah lama si Beat ini gak dapat penyegaran.
Udah waktunya mayor facelift dong.

55. setia1heri - April 1, 2011
56. satrio - April 1, 2011

aaaaaiiirrr blaaaade dunk….. Tapi klo line upnya dibawah vario ya kecil kemungkinan… Tapi klo mirip hayate ya airblade… Wah binguuun. Yo wes ditunggu aza

57. Matinman - April 1, 2011
58. smashrider - April 1, 2011

ngabsen…..mungkinkah Honda Air Blade????

59. esumitra2008 - April 1, 2011

Yup setuju berat,
kalo AHM mau menggilas semua line di roda2
O:)

60. esumitra2008 - April 1, 2011

O:)
yup betul sekali artikel nya

61. mario - April 1, 2011

menurutku beat injeksi :D

62. umarabuihsan - April 1, 2011

sebelum baca, ijin nebar jaring dulu ah

ATPM ngasih merchandise miniature motor sehari2 produk mereka…boleh lah

http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/01/atpm-ngasih-merchandise-miniature-motor-sehari2-produk-mereka-boleh-lah/

63. darsonosu - April 1, 2011

sepertinya yg disini om :
http://tmcblog.com/2011/03/09/bocor-haluuus-new-suzuki-spin-skywave-dan-sport-150-cc-suzuki/

itu skutik honda kalo liat bentuk cvt dan knalpotnya, dan footstep boncenger, cuma lampunya gak spt matik honda pada umumnya :D

64. deliciouso - April 1, 2011

hmm
bisa jdi calon pengganti vario lama .
Mas topik tdi saya baca koran jurnal katanya kmi mau ngeluarin ninja400r
mng bener?

65. scnk - April 1, 2011

mangstab :D

66. ichi1rahadi - April 1, 2011

Air Blade kah?

67. umarabuihsan - April 1, 2011

ymki 2011 = ahm 2008 ??? diam.
honda dah buktiin diam bertapa bukan diam melongo….ymki… ??? kita akan lihat.

68. hampura - April 1, 2011

Bagaimana dengan issue pasokan sparepart motor jepang yang hanya akan bertahan sampai dengan Mei pasca Tsunami?

69. apaajaboleh - April 1, 2011

lha ini calon sodaranya matic paling mahal buatan ahm hahaha :D
udah mahal dibeli, bangga pula peace :D

70. sandal jepit - April 1, 2011

busyet dah, jalanan makin penuh…

71. Cicakmerah - April 1, 2011

ane sih yakin tu yg dikeluarin ntar ruckus.. soalnya pas kemaren diundang survey ma honda [bukan astra].. di meja ada sketsa honda ruckus..

72. earphane - April 1, 2011

Moga aja upgrade tampang si beat.

73. nha - April 1, 2011
74. Gnomeo - April 1, 2011

Waduuh…klo macet mah banyak faktor penyebabnya gan, kalau AHM mbrojolin motor baru terus justru kita sebagai konsumen yang diuntungkan karna jadi banyak pilihan yang berkualitas toh?menurut ane sih, selama public transport kita belum memadai & para rider ga disiplin ya macet wae…wkwkwkwk….

75. Casey - April 1, 2011

moga aja motor barux, body baru dan mesin baru…hehehe…
sukses buat Honda, mudah2an bisa merajai di semua sekmen…
salam One HEART

76. dave - April 1, 2011
77. aconk - April 1, 2011

matic trus..kykny awal mulai kemusnahan undrbond&sport..

78. ariiiii - April 1, 2011

moga-moga konsumen indo makin puinter… ^^

79. ウィナ - April 1, 2011

siap2 T3(tuker tp tambah),klo modelnya ok

80. vixionr15 - April 1, 2011

jangan lupa, AHM bakalan brojol produk baru sampe lebaran :mrgreen:

81. yb - April 1, 2011
82. Amama Ali - April 1, 2011
83. mumi - April 1, 2011

Ada yang jadi pendobrak gak ?

Matic bongsor dengan bagasi segede pcx + bensin di depan/tengah tapi seharga vario/xeon series …..

Kalo ada saya inden 1 untuk menemani xeon saya hehehe……

sorry saya bukan FBY seperti yg kalian sangka,cuman penikmat motor saja . Ada yg value for money ya sikat

84. Az147r - April 1, 2011

@mario mengatakan:
menurutku beat injeksi
=====
Hemmm….knp saya juga berpikiran gitu,ya kita ngikut ajalah brojolx ky gimana

85. Arief - April 1, 2011
86. Evilnine - April 1, 2011

Kalau iya…
Hayate blum dikasi napas dah dihantam skutik baru lagi… :?

87. alternative - April 1, 2011

Mungkin yang keluar VARIO FIT hehehe

88. nanang - April 1, 2011

paling scoopy velg jari2

89. nanang - April 1, 2011

paling scoopy velg jari2 btul ga??

90. j4na - April 1, 2011
91. W0ng limbangjaya - April 1, 2011

Kapan kang haji cs1 Difacelift…

92. Arkham Ashylum - April 1, 2011

ngeri…..(duplicated komment)

93. tik-tak - April 1, 2011

kaya’e yg bakal kluar air blade(bukan air balado):mrgreen:
soal’e di fb orang dalem fp’e air balado smua eh salah air blade.. :mrgreen:

94. Mercon C Lagi dilema - April 1, 2011

atau AIR FIREBLADE :mrgreen:

95. nha - April 1, 2011

oot Kang Haji,

MotoGP
Free Practice Nr. 1
Finished

* Po. Name TeamGap First
* 1STONER C.Repsol Honda Team1:39.551
* 2PEDROSA D.Repsol Honda Team+0.028
* 3ROSSI V.Ducati Team+0.526
* 4SIMONCELLI M.San Carlo Honda Gresini+0.625
* 5LORENZO J.Yamaha Factory Racing+0.869
* 6DOVIZIOSO A.Repsol Honda Team+0.878
* 7SPIES B.Yamaha Factory Racing+1.336
* 8EDWARDS C.Monster Yamaha Tech 3+1.512
* 9DE PUNIET R.Pramac Racing Team+1.513
* 10HAYDEN N.Ducati Team+1.682
* 11ABRAHAM K.Cardion AB Motoracing+1.84

96. dy - April 1, 2011

@black rider:gak pernah nyobain PCX ya…..???cobain dulu baru comment.ok

97. dsebryant - April 1, 2011

Yang saya Amati sekarang ini,
Serangan Honda di Matik Luar Biasa,
Seperti Serangan Sekutu terhadap Musuhnya,
Pasti Dimenangkan Sekutu,
Mampukah Yamaha menahan gempuran bertubi-tubi dari Honda?????

98. Bahamut - April 1, 2011

Scoopy warna baru,,merah marun dan biru

99. TheAce10 - April 1, 2011

Beuh artikel baru keluar udah segini panjang antriannya, sadissss

100. yellowduck - April 1, 2011

skutik baru lagi nehh…
nunggu bocor alusnya ahhh.

101. kampretiz - April 1, 2011

FBY semangkin resaaagh…..
FBY semangkin gundaaagh…..

YMKI semangkin pasraaagh…….

No proud. No hope.

Huahhahhaaaaagh…… :mrgreen:

102. Stabilo Kuning - April 1, 2011

Air Blade is Coming ^_^

103. Komengtator - April 1, 2011

Airblade kali… Jadi positioning Vario non CBS mengganti Old Vario… Jadi kesannya gak bertumpuk2 terlalu dekat… Atau kalo tidak ya mungkin salah satu varian yang diupgrade menjadi injeksi.. Jadi AHM mungkin menyicil satu2 lineupnya untuk diinjeksikan… Yah… Kita liat saja lah…

104. kampretiz - April 1, 2011

Mantap skale honda ne..

105. kampretiz - April 1, 2011

FBY semangkin resaaagh…… semangkin gundaaagh…..

YMKI semangkin pasraaagh…….

No proud. No hope. :mrgreen:

106. Dradjad_Djati - April 1, 2011

prediksi ane SCOOPY jari2 dgn harga max 12.8 jt.

(www.ngarep.com)

107. Dradjad_Djati - April 1, 2011

@6. arinugroho84 – April 1, 2011

pasukan Scoopy merah marun + scoopy biru laut siap ambil bagian. hehe

=============================================

ane juga nunggu yg warna itu bro, dan jari2 biar nuansa retronya semakin kental.

108. arin - April 1, 2011

air blade ….
kini saatnya untuk memiliki skutik!!!!!
yang lain semakin aku tinggalin

109. Dradjad_Djati - April 1, 2011

disinyalir ada yg akan semakin pasrah…..

110. cah nglegok - April 1, 2011

kok kuatir banget ya sama Hayate (beberapa bocoran unofficial yang masuk ke tmcblog bentuknya mirip dengan hayate 125)?…ada apa garangan?…weeh weeeh

111. myselfowner - April 1, 2011

SEMAKIN PASRAH…

112. bundamahes - April 1, 2011

trus tiger dichange bulan apa pakdhe?

113. Dradjad_Djati - April 1, 2011

Hasil Free Practice II MotoGP Spanyol

1. Dani PEDROSA 1’40.101
2. Casey STONER 1’40.289
3. Jorge LORENZO 1’40.623
4. Marco SIMONCELLI 1’40.701
5. Valentino ROSSI 1’40.956
6. Randy DE PUNIET 1’40.982
7. Ben SPIES 1’41.053
8. Nicky HAYDEN 1’41.058
9. Hiroshi AOYAMA 1’41.292
10. Karel ABRAHAM 1’41.304
11. Colin EDWARDS 1’41.337
12. Andrea DOVIZIOSO 1’41.407
13. Hector BARBERA 1’41.665
14. Loris CAPIROSSI I1’41.810
15. Cal CRUTCHLOW 1’41.854
16. John HOPKINS 1’42.305
17. Toni ELIAS 1’42.690

114. sayidan - April 1, 2011

ternyata mbrojol tidak hanya lebaran saja ya,,,honda juga mbrojoli…
kalo air blade keluaran thailand dunk??bukan hal baru namaya??

115. roby - April 1, 2011

Absen lg ah :)

116. nhd - April 1, 2011

Absen saja

117. hanip - April 1, 2011

kta tmen yg krja d ahm., headlampny d batok kepala..,

118. 123khosikin - April 2, 2011

makin keren aja ya motornya. bisa enggak aku miliki nantinta.

119. casandra - April 2, 2011

dgr2 body lbh gede dari vartech

120. Rudy Biker - April 2, 2011

yamaha jangan mau kalah donk!!!

121. ciel92 - April 2, 2011

nitip jemuran yak hehe
http://bimo92.wordpress.com

122. Top Posts — WordPress.com - April 2, 2011

[...] Prediksi tmcblog terhadap produk baru Honda AHM April 2011 Bro sekalian, Di hari pertama bulan April 2011 ini tmcblog mencoba untuk memprediksi gerak gerik apa yang akan [...] [...]

123. dsebryant - April 2, 2011

Kang Taufik,
Sepertinya Benar neh ramalan nya Kang Taufik,
Sebentar lagi akan keluar Matik Baru Honda,
Luar Biasa Kang Taufik ini,
Informasinya Akurat banget,
Informannya Bisa diandalkan,
hahahahahahahahahahahahahahahahaha

124. Solusi SoalCINTA - April 2, 2011

jadi penasaran nih, sekeren apakah ?

125. aku indonesia - April 2, 2011

biasa aja paling yg itu2 aj….. dijajah org jepang bangga…..

126. moonraker - April 2, 2011

kekna neo beat..
kita lihat aja di akhir bulan ini..

127. Aris - April 2, 2011

Semoga harga kisaran 12jt – 14jt sj dengan fitur lebih dari beat.

128. meet_hana - April 3, 2011

wuihhh..

AHM semakin termotivasi ya dengan kenaikan MS mereka di segmen skutik taun lalu.. strategi mereka kebanyakan di nambah varian, good job, tapi harus ada peningkatan di intangible valuenyaa juga, jadi kalo suatu saat ga bs nambah varian, inovasi ga mati

129. Aeras - April 4, 2011

Revo AT versi karbu mungkin.

130. Gemini007 - April 4, 2011

Melihat antusiasnya masyarakat/konsumen dengan berbagai macam varian Matic Honda, ga ada salahnya donk AHM memproduksi SMH tipe Matic..

jadi ga sabar nunggu brojol’na ..

131. Aaron - April 6, 2011

Skrg baru keliatan Strategi mana yg jitu…dgn banyaknya varian akan membuat konsumen akan lebih leluasa memilih. Ujung2nya sih tetep konsumen yang untung..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 16.552 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: