Bro sekalian, Disinyalir SUzuki sedikit demi sedikit melakukan pembenahan dan Penguatan di segmen Skutik. Membuat Versi Livery racing dari SkyDrive, Perilisan Skutik Baru Hayate 125 sampai rumor calon pengganti suzuki spin siap siap mewarnai jagad berita khas roda dua tanah air. Mengenai Hayate sendiri, Pihak Indomobil motor sudah secara resmi Merilis nya Kamis kemarin dengan Harga OTR Jakarta 14,3 Juta Rupiah . . . nah bagaimana Kansnya?

Seperti bro semua ketahui, menurut data yang dilansir pak edo, bahwa sepanjang dua bulan pertama 2011 Suzuki hanya bisa menikmati 3% dari pangsa pasar skutik. Suzuki Skywave 125 menempati proporsi paling kecil yakni sekitar 0,41 persen . . . mungkin sebab ini lah yang membuat suzuki merasa perlu untuk mendahulukan penyegaran bagi Skywave, sehingga brojolah Hayate 125. Tapi kenapa namanya benar benar diubah? padahal Brand SkyWave bukan brand sembarangan lho . . . ibarat Brand Ninja di Kawasaki . . . Skywave merupakan Brand yang cukup terkenal, banyak big scooter Suzuki dikasih nama Skywave juga, cmiiw

Secara tampilan umumnya Hayate yang cukup fresh  memiliki potensi yang cukup kuat bagi suzuki, walaupun ada beberapa potensi yang membuat barier bagi motor ini untuk bisa lebih jauh moncer melaju . . . langsung aja . . . dek tengah yang nggak rata !! yup, skutik bisa sangat merakyat dalam 5 tahun terakhir bisa jadi karena sifat fungsionalnya-salah satu adalah dek depan lebar buat tempat barang  . ..  so terlihat untuk sebuah skutik kelas Mid-Low end . . . terlihat Hayate ini masih terlihat sedikit menentang arus. Tapi Walaupun begitu  tettep saja toh masih ada konsumen yang malah menyukai bentuk ini 🙂 . . . ini sekedar opini tmcblog . . . silahkan share opini bro semua akan kans suzuki Hayate ini? semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

1 COMMENT

  1. ya nasibny kurng lbih msih gtu2 aj.suzuki g bs bkin mtor yg bkin orng ngebet.g kyk honda dngn scoopy/pcx..,ymha sma xeon ny.soal iklan aj g diperhatiin.yamaha&honda yg mtorny laris rjin promo ny.suzuki GOOO….

    Guest
  2. Spin body ala luna maya terus bagasi nya geudeiin dikit yg muat helm full pace terus lamunya yg kerreeen di jamin deh suzuki bisa naik peringat 1persen lumyan kan…!!!

    Guest
  3. ane sih.. justru seneng ada central panel-nya alias dek ga rata.. kesannya kokoh, sporty, n cowo banget.. tapi ya side effectnya, susah bawa barang.

    chancenya klo cuma hayate sendirian.. ga bakal ngefek.. beda klo semua lini mengalami refreshment.. tapi kan belum tau refreshmentnya kaya apa..

    Guest
  4. Om haji kalo g salah dulu pernah berminat minang sw,nech dah fresh g jd ambil om?jgn2 keracunan kymco?ato mau nunggu piaggio yah?
    Ups..keceplosan..

    Guest
  5. yg ada dek tengahnya itu emg biasanya tulangan tengahnya lebih kuat, jadi kalo tabrakan frontal kaga jadi dendeng tuh skuter……….:p

    Guest
  6. konsumen indo diistimewakan oleh suzuki, selalu menjadi yang pertama buat launcing produk baru……repot2 pindah R&D ke indo pula//
    semoga suzuki bisa bangkit dan meramaikan persaingan

    Guest
  7. iyah sebenernya untuk perkembangan suzuki, penting sih mereka menambah variasi skutiknya, supaya MS mereka di skutik juga jadi lebh besar.. tetapi hal tersebut harus difollow up dengan promotion yang bagus.. ya ga harus terang2an iklan di tipi, tapi bisa juga manfaatin peluang di event..
    tapi pilihan Irfan Bachdim.. udh tepatlah

    Guest
  8. Gak bakalan jauh beda nasibnya ma skywave, apalagi kl kemasan promosinya kurang, bisa2 lbh buruk lagi.
    Suzuki bikin modelnya suka ada yg aneh2nya sih, kyk skydrive yg bikin area setang disekitar spidonya yg terlalu minimalis, jd gak balance estetikanya. CMIIW.
    Intinya, model2 motor suzuki selain FU, kurang kena di mindset konsumen Indonesia.

    Guest
  9. Sip ada aho nya,.. Utk pencerdasan masyarakat. Coz di daerah ane metro lampung kesadaran menghidupkan lampu di siang hari sudah mencapai 80%. Klw dijakarta hanya 40%.cmiiw

    Guest
  10. @kesha masih kalah dong sama Garut, di garut sudah 150% persen dah nyalakan lampu dari motor sampai mobil bahakan pedangang yg pake gerobak juga menyalakan lamu aho

    Guest
  11. Prediksi saya nasibnya ngga akan jauh beda dgn pendahulunya. Modelnya juga ngga seger2 amat, malah mirip2 tetangga. Apalagi penggunaan dual shock belakangnya yg bikin susah kalo mau tambal/ganti ban. Selain itu yg utamanya after sales service suzuki yg kurang mumpuni akan menjadi batu sandungan terbesar.

    Guest
  12. kalo hnd ud menancpkn d bnak konsumen dg skutik modis,irit n sfty..yamaha dg image kencang, maka suzuki mgkn suzuki bsa menanamkn image bhwa skutik suzuki nyaman,powerfull, n puny durabilitas bgus.
    Selain it harga suku cdg yg mahal n jml beres yg masi sdkt patt dperhtkn suzuki..merefres modl2 suzuki jd lbh gaul..mgkn it mjd jalan pmbuka buat hayate untk maju perang dg skutik lainnya..
    Btw,nama hayate dpake agar lbh familiar buat lidah org Indonesia mas taufik,bgtlh kr2 statement dr ptinggi suzuki.cmiiw
    Kans hayate menrt sy akn lbh moncer k dpannya asal promo dkmas lbh menarik n ngena d hati cln konsumen

    Guest
  13. ga bakal laku, sama kaya sodara2nya yg laen. bukan masalah motornya tapi aftersales suzuki yang payah. suku cadangnya itu lohh….!
    motor ini jg ga sesuai fungsinya. matic kok deknya ga rata?! bukannya yg laku malah spin. malah spin dibiarkan ga di update.

    Guest
  14. saya kok lebih setuju kalo skutic ini dimasukkan kekelas mid aja, soalnya kl untuk kelas low disana sudah ada spin dan skydrive. dek gak rata saya pikir gak ada salahnya, malahan kalo bawa anak kecil didepan sianak bisa duduk di jok karena relatif pijakan kakinya nyampe. karena untuk kelas mid desain motor ini cenderung besar dan gendut, jadi pasar yang disasar adalah orang2 yang masuk golongan badan lumayan gede, ya minimal yang badan gede naik motor ini gak kayak beruang sirkuslah. 🙂

    Guest
  15. kl menurut saya siih sangat besar change nya, karena dgn dana yang tidak seberapa cust dapat motor matik cc besar & bagasi besar pula, hehehe
    kompor mode on…..

    Guest
  16. hehe body nya keren lebih keren dari skiwep sy 🙁
    klo jaman sekarang masih mentingin brand sih bodo bgt haha :Peace:

    Guest
  17. Tumben koq pada nggak ngeh ama ini skutik. Brand Hayate (Thailand) emang keluar bareng ama Skywave di Indonesia, barang yang sama dinamain beda.
    Tentang Hayate yang ini, spek semua sama plek dengan skywave kemaren, selain desain body yg sama sekali berbeda, satu-satunya yang berbeda adalah panjangnya selisih 1 cm.
    Sedangkan IMHO, keluarnya Hayate adalah untuk menaikkan/mengembalikan pamor Skywave ke kasta aslinya, yaitu matik premium.
    Saya yakin dalam waktu yang tidak terlalu lama Suzuki Indonesia bakal ikut berkiprah di kelas Matic premium, pake nama Skywave, kecuali kalo suzuki tetep demen berak dicelana seperti sekarang ini.

    Guest
  18. bodinya keren kayaknya punya kans yang bagus

    jemuran siang
    http://sabdho.wordpress.com/2011/03/31/ini-tho-alasan-skywave-ganti-nama-hayate/

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  19. hayate nanggung !!!
    Bikin mirip kayak PCX sekalian…tangki di tengah trus bagasi full dibawah jok , trus boncengan dikasih back rest

    Guest
  20. berada di segmen sempit, honda dan yamaha terkadung mersuki
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/04/01/125cc-setara-ninja-250r-nyapu-jauh-megelli-std/

    Guest
  21. @mas Taufik
    Dari beberapa artikel soal Hayate, sampean selalu menilai kalau dek ngga rata adalah suatu kekurangan. Mungkin karna sekarang main sendirian di kelas mid jadi kliatan aneh walopun dulu ada Nouvo, padahal di kelas high ada PCX yg juga deknya ngga rata.
    Gimana nanti seumpamanya Airblade dan Nouvo Elegance hadir di mari, apa masih menilai juga itu adalah sebuah kekurangan?

    Saya hanya ingin mengingatkan, desain scooter dengan dual shock belakang “rata-rata” deknya ngga rata. Memang ada beberapa scooter dengan shock belakang dobel kayak Sixteen, Honda SH dan Kymco Grand dink deknya rata tapi hanya sedikit model. Selain yg big scooter, scoter imut dobel shock kayak Honda Leads dan Dazon deknya jg ngga rata. IMHO.

    Guest
  22. @67. Busa_tio
    yup bro, maksut saya bukan kekurangan fisik
    maksut saya kekurangan dari sifat fungsionalitas
    sebabdari segi fisik rangka yang ditengah tersebut (underbone) tentu punya maksut tersendiri bila dilihat dari segi rancang bangun, dan betul bentuk sok dobel juga merupakan suatu kelebihan
    makasih inputnya bro

    Administrator
  23. Kelebihan dek gak rata karena tuntutan rancang bangun yang mengharuskan begitu….. terasa pada Handling yang lebih mantab dan stabil… :)IMHO

    Guest
  24. subyektif nich, aku suka desain suzuki. bener2 fresh. cuma jamaknya disemua forum selalu ‘bagus-tidak’ nya suatu produk diukur dari besarnya penjualan. kenapa ya??? padahal dalam industri otomotif dunia setiap principal punya keunggulan-kekurangan serta fokus masing2. dan pasar sebagian besar bukanlah penikmat motor melainkan hanya melihat dari fungsi dan tren semata. piss…v74i

    Guest
  25. iya bocorannya dari sini http://otomotif.kompas.com/read/2011/04/01/11310329/Setelah.Hayate.Menyusul.Suzuki.Nex

    gambar2 nex http://test.autonet.com.tw/cgi-bin/file_view.cgi?a901014702008

    bukan jebakan betmen

    Guest
  26. @ralat komen no. 67
    Maksudnya Honda Dylan dan Dazon scorpion, bukan Honda Leads yg deknya ngga rata. Maap salah ngasih keterangan typenya. 😀

    Guest
  27. Kalau mau cari dek rata sudah ada spin atau skydrive. Skywave/hayate didesain untuk memiliki bagasi super gede. Saya akan memilih skywave/hayate jika memerlukan motor untuk transportasi harian di jakarta yang macet.

    Guest
  28. mau komen dari segi estetik. desain hayate tidak memiliki pola yang jelas. pada fairing dpn terlihat “runcing-runcing” tapi di bagian belakang justru terlihat membulat, akibatnya ya jadi kurang serasi.

    mungkin sebagai contoh bisa dilihat desain skydrive, atau vario tekno yang menerapkan desain yang senada .

    Guest
  29. Selamat buat suzuki yang telah menghadirkan Suzuki Hayate 125 (meskipun hanya ‘ganti kulit’dari SkyDrive … heheeh)

    Dengan mengambil Brand Ambassador seorang Irfan Bachdim setidaknya sedikit membantu promosi penjualan Suzuki Hayate,,, (sekedar sedikit saran aja: .. penguatan informasi soal produk harus lebih ditingkatkan, jangan sampai Hayate malah kalah pamor ama Irfan-nya heheh ..)

    Guest
  30. padahal shogun dan skywave sdh bagus dan pemakainya lumayan byk knp harus dirubah total.. ini membuat pemakain bakal mikir beribu kali karna usia motor yg tdk lama dan akan kluar model atau tipe baru…
    imbasnya harga motor akan jatuh & sparepart susah dicari…
    knp ga spin & thunder yg dirubah yah..!!!

    Guest
  31. gan, tadi gue ke BIP tunggang langsung nih skutik tongkrongannya manteb buangeth, bagasi luas, panjang cuma kalah sesenti sama SW. boleh dech jadi jawara baru ditambah pamor bachdim. pengen beli soale motor gue masih honda asdap tuh juga dipinjemin sama brother, nasiiiib bwt kuli kelas teri, gaji cuma 1,5 (tgl 1 gajian tgl 5 ludes). hwaaa . . .
    makasih ya gan dikasih jatah curhat.

    Guest
  32. Salam kenal untuk agan-agan semua. 18 Maret 2011 saya jual suzuki spin setelah saya pakai selama 3 tahun tanpa masalah yang berarti. Pada hari yang sama honda vario tekno jadi penggantinya. Saat masih senang-senangnya merasakan empuk dan halusnya vario tiba-tiba suzuki hayate mrojol. setelah pikir-pikir akhirnya 2 bulan kemudian suzuki shogun nr kesayangan saya jual buat dp suzuki hayate. habis desainnya keren banget sih. saya jadi korban keseksiannya. begitu naik hayate saya langsung merasakan posisi riding yang jauh lebih nyaman dari vario. dan setelah seminggu ini naik hayate ternyata rasa pegal-pegal yang biasa saya temui waktu naik vario sama sekali tidak ada bersama hayate. handlingnya benar-benar top markotop. tapi harus diakui suspensi hayate terasa keras dibanding vario yang sangat empuk. cuma untuk berboncengan hayate lebih nyaman dan stabil. hayate benar-benar menjawab keinginan saya. saya sudah malas mindah-mindahin gigi dan malas ngerawat rantai. menurut saya suzuki hayate sangat nyaman tetapi macho. shockbreaker belakang yang dobel membuat saya yakin akan keawetannya dibanding matic yang memakai shockbreaker tunggal. karena saya sering melihat roda belakang skuter matic yang oleng.

    Guest
  33. @86. joned .:. setuju bro…,, ane juga pake hayate.,, mantaff,, kakak ane pny mio&vario tp setelah gue coba tuch dua motor matic keluaran ymh&hnd trnyata msh enak mengendalikan si hayate.,, apa mkgn bodi ane yg besar jdny lbh nyaman nunggangin tuch hayate. go Suzuki….inovasi tiada henti…. go Honda….satu hati go Yamaha…sermakin terbelakang …..upzz salah SEMAKIN NENDANG… ech salah lg hehehhe SEMAKIN DI DEPAN…. peace all

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here