jump to navigation

Gunakan Oli sesuai Nilai Kekentalan Yang ditentukan April 8, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Ngoprek motor , trackback

Bro sekalian, Pada artikel ini tmcblog mengajak bro bro semua untuk sama sama berbagi ilmu mengenai pelumas sepeda motor. Kita Mulai dari yang ringan ringan saja ya he he he. Ok Jika Kita melihat buku petunjuk service disana bisa kita ketahui bahwa Pabrikan sudah menentukan spesifikasi Oli apa saja yang harus di pakai oleh motor kita. Spesifikasi dari Pelumas salah satunya bisa kita cek dari jenis SAE-nya. Gimana Cara Membaca Kode Multi Grade SAE suatu Oli/Pelumas dan memastikannya pas untuk mesin motor kita?

Ok kita pake contoh soal aja Ya. Sebagai Contoh kita Pakai Shell Advance Ultra 4T  yang paling tidak memiliki 2 jenis spek SAE 10W-40 dan SAE 15W-50. w disini artinya winter (musim dingin) 10W memiliki arti pelumas ini masih bisa digunakan di suhu dingin -20 s.d -25 deg C , sedangkan kode 15W memiliki arti pelumas tersebut bisa digunakan di suhu dingin -15 s.d -20 deg C. So tinggal tergantung kita gunakan motor di kondisi mana .  . . . kalau motor kita sering gunakan di dataran tinggi dieng ya butuh spek kode depan yang lebih kecil tentu, biar bisa bertahan di suhu paling dingin.

Gimana Tentang Kode yang mengikutinya? Masih dengan spek SAE 10W-40 dan SAE 15W-50 . . . angka SAE 40 dan SAE 50 di belakang angka w merupakan Kode yang menunjukan tingkat Viskositas/ kekentalan Pelumas pada kondisi suhu tinggi. Makin besar Nilai SAE maka nilai Viskositasnya akan semakin besar dalam artian Pelumas akan semakin kental. Coba cek tabel di atas, berdasrkan pengukuran Internal Shell Viskositas Advance Ultra SAE10W- 40 pada suhu tinggi 100 deg C adalah 15,8 mm2/sec seadangkan Advance Ultra SAE15W-50 pada suhu tinggi 100 deg C adalah 19,1 mm2/sec.

from : http://www.webbikeworld.com

So yang mana Yang kudu kita pake yang kental atau Yang encer niih? Kadang para mekanik yang awam akan Oli akan mengatakan Oli dengan SAE lebih besar akan membuat mesin lebih ‘adem’ dan Nggak Berisik . ..  Nahh menurut tmcblog pemilihan spek Pelumas bukan berdasarkan pengukuran hal hal yang subjektif seperti itu, akan tetapi menggunakan latar belakang jenis mesin motor kita. Setiap motor dibangun dengan celah celah antar komponen logam dalam mesin yang berbeda beda . . . dan membutuhkan jenis Oli dengan spek kekentalan yang berbeda pula.

Misalnya Bila biasanya motor kita menurut pabrikan harus menggunakan Oli dengan spek 20W-50 yang artinya cukup kental, atau dalam kata lain Oli yang menempel pada celah komponen cukup tebal. Jika Kita memaksakan menggunakan Oli dengan spek Yang lebih encer misalnya 10W-40 maka  pelumasan pada celah celah komponen akan lebih tipis dan bisa membuat suara mesin menjadi kasar, cmiiw. Nah begitu pula sebaliknya, Jika motor seperti Ninja 250R yang teknologi manufaktur mesinnya dibuat dengan presisi tinggi, membuat celah antara mesin menjadi sangat minim.

Nah apa jadinya jika celah komponen yang minim ini diberikan Pelumas yang memiliki spek lebih kental? yup dapat ditebak, pelumas tidak bisa secara efektif melumasi setiap celah . . . gimana akhirnya jika ada celah celah komponen mesin yang tidak terlumasi ?? . . . Gaswaaaat bro, Komponen logam akan bergesekan satu dengan yang lain  dan akan memimblkan keausan komponen serta suhu yang tinggi yang juga akan segera merember ke kerusakan mesin yang lebih besar lainnya . . . so jangan main main dengan spek Oli bro, Apapun merknya, Gunakan yang speknya sesuai dengan rekomendasi pabrikan, semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

 

Comments»

1. zackyjunior - April 8, 2011

1

2. snalpot99 - April 8, 2011

masih bingung milih oli yg pass

3. Vyzex - April 8, 2011

Iseng iseng donlot service book supra c 100.
Tertulis oli pake 10w30.
Wah..kaget saya..
Ya udah, motor di rumah (motor kenangan)..supra tahun 97 yg masih teromol itu sekrg dikasih oli ahm yg 10w30..
Sempat harap-harap cemas…maklum, mesin masih orisinil…takut ngebul..karena selama bertahun-tahun pake yg 20w50…
Eh…ternyata enggak tuh…ya udah lah..pake itu terus..lagian kalo servis di ahass, adanya ya oli itu.
Sdh 4 kali servis ( skitar 8000 km) pake oli itu terus…
Belum ngebul- ngebul juga.

Anehnya, pake yg 10w30 malah mesin gak gampang panas. Dulu pernah pake enduro racing yg 10 w40, baru dipake 5 menit. Kaki dah ngerasa panasnya..(maklum pake sandl jepit, hehehe)..

Intinya, setuju…yg tertulis di petunjuk atau manual book..
Itulah yg terbaik…
Karena itu insinyur jepAng pasti bukan orang bodoh…

mt - July 1, 2012

10w-30 dianjurkan kalo motor itu berada di jepang (punya musim dingin) dan musim panas gak terlalu panas. pengalaman temen ane supra nya dikasih gtu,, kopling jadi aus (umur pendek)

Slow_Down - December 6, 2012

kalo mesin dah tua mending oli kentel boss…

cz shogun ane juga wktu masih baru enak pake sae 10w-40, & tarikan enteng. tpi begitu umur mesin dah 50.000km terasa gejala geter di rpm tinggi, & sil-sil mulai keluar oli.

ganti oli 20w-50, gejala geter ilang, sil2 rembes oli berkurang. dan anehnya pda umur 50.000 km pake oli 20w-50 tenaga bawah terasa padat lagi. mungkin umur segitu celah dah mulai longgar.

tapi dua2nya baik 10w-40 ato 20w-50 itu produk yg sama pertamina.

4. ayume - April 8, 2011

hulupes raseb

5. dwi - April 8, 2011

pejwan

6. absoluterevo - April 8, 2011

5besar dulu

7. absoluterevo - April 8, 2011

Kalau di wilayah bogor kang haji mesti pake sae juga ya kang?

8. Baridin - April 8, 2011

info baru..ilmu baru

9. Az147r - April 8, 2011

udah lama nga ada yg bahas oli

10. hi hi hi - April 8, 2011

Fav 10 40 grade SL jaso ma buat mxku, merk dan type ganti ganti

11. mashanung - April 8, 2011

ngikut stadart pabrik aja kang

12. aryoningrat - April 8, 2011

bertahan dgn enduro racing untuk bebekku,
*enak dipakenya

13. scooter man - April 8, 2011

wah kalau ngikutin standart pabrik terus…. tarikan motor kurang nendang. Gimana thu Pak Haji.
Contoh ane punya scooter KYMCO yang recomendasi buku service manualnya 15w
50
tapi karena ane tinggal di pegunungan… oli dengan spec seperti itu membuat skutik berasa kurang responsif tarikannya.
Trus ane coba pake oli pabrikan tetangga sebelah dengan spec 10w 40. Walhasil tarikan Kymco jadi lebih enteng dan g ngos-ngozan buat nanjak pegunungan kampung ane.
Kira-kira apakah hal ini beresiko¿?

Richo - May 14, 2012

bahaya itu mending cari oli MOTUL 15W 50 API SL

mt - July 1, 2012

udah bener pilihan ente,, semakin dingin lingkungan harusnya menyesuaikan SAE nya

14. thole - April 8, 2011

buat harian & touring, 20W-40 sangat cukup, mesin alus, tarikan kurang mantap, tp high rpm mesin ga berisik.. :mrgreen:

byk yg bilang motor baru pake oli encer biar pelumasan sempurna, motor lama pake oli kental, karna kerenggangan antar komponen besar.. kalo motor2 di Indonesia mah sama saja, mau Y/H/S hahahaha :mrgreen:

yang pasti gunakan oli bukan berdasar viskositas tapi bahan dasarnya, mineral, semi sintetik / full sintetik.. satu lagi gunakan oli dgn spek SAE dengan angka depan tak jauh dari angka belakang.. 10W-30 20W-40

HARGA = KUALITAS

15. thole - April 8, 2011

ada yang ketinggalan, kuras oli saat kondisi mesin masih anget2 panas, jangan gunakan kompresor.. :mrgreen:

16. gaplek mania - April 8, 2011

pernah nyoba 10 w30 buat di tiger.jadi berisik bgt.
ganti lagi deh yg 15 w40

17. Wd6137 - April 8, 2011

Shogun 125 thn 2005 sy pke shel vsx 10-40. Ud 6th pake jos gandos tenan… Sjauh ini tdk ad msl mesin.

18. aryoningrat - April 8, 2011

wah kang haji pake jaring tingkat tinggi ni critanya,pantes masi sepi

19. Ay - April 8, 2011

Pantesan kl varioku diksh oli 10w-40 mesinnya geter bgt, beda kl diksh oli 10w-30, anteng benerrr…
Berarti celah antar komponen mesin vario sempit yak? :D

20. ninja250holic - April 8, 2011

klo pake yg kekentalan sma tapi suhu beda misal 10w50? gmn kang opik??

21. Wd6137 - April 8, 2011

Bro, ad pjelasan teknis kah ttg oli dgn nilai sae 20w-50 cenderung lebih lemot dlm akselerasi dan sensasiny agak berat bila d bndgkn dgn 10w-40. *pengalaman pribadi sih..

22. Ega972 - April 8, 2011

Kalo yang udah bukan standar pabrikan (Udah di kutak-kutik jeroan mesinnya) Gimana cara ngukurnya Mas..? Dulu sih enak pake yang SAE 20-50,, sekarang kok jadi beda ya rasanya..?

23. jakatimur - April 8, 2011

hmmm…… thanks infonya mas :D

24. Joko - April 8, 2011

Sebenarnya nggak sekritis itu. Mesin yg berumur boleh saja pakai yg lebih kental, krn toleransi mesinnya sudah mulai longgar. Mesin yg baru boleh saja pakai yg lebih encer, tapi harus yg kualitas lebih tinggi, jadi pelumasannya lebih bagus. Asal selisih sae nggak terlalu jauh aman2 saja.

25. 1001nickname_SiGantengKalem - April 8, 2011

@ Senalpot,
nganggo motor wes mangtahun-tahun kok ijik bingung mikiri oli,
tak kiro bingung mikiri pendampinge motor ning garasi….

26. Joko - April 8, 2011

Dan ukurannya bukan brisiknya mesin. Tapi gimana suhunya, normalkah. Tingkat penguapannya, apakah gampang berkurang. Tingkat keausan, harus pakai test lab. Tekanan olinya, motor nggak ada sensornya. :)
Nb. Dari mantan sales oli

27. Joko - April 8, 2011

Ganti oli pakai kompresor juga boleh kok, asal ada filter airnya, kalau bengkel resmi biasanya sudah komplit.

28. kidz - April 8, 2011

klo kita pake oli yang lebih encer dari yang disarankan di manual book gmn mas taufik?

29. Taufik - April 8, 2011

@14. thole
next article kita akan bahas berdasarkan bahannya, satu satu biar nggak kepanjangan artikelnya :mrgreen:

@24. Joko
nah itu dia yang penting ada dasarnya. . . .bromenggunakan oli yg lebih kental karena dasarnya motor yng sudah lama maka partnya akan semakin longgar, . .. reasonable

30. zackyjunior - April 8, 2011

wah pertamax .

jadi kangen 2008 dulu .
masih guampang pertamax nya .
lha wong minim 10 besar melesetnya .
sekarang wuuuuzzzz ….
langsung terlempar jauh .

masalah Oli untuk vixion saya cukup enduro racing.
gak ada masalah.
pa lagi cinta produk negara sendiri.
malu dunk pakai merk luar kalau merk negeri sendiri disampingkan .iya tho …. ??????????

31. myxfikri - April 8, 2011

ane cuma patokan angka belakangnya aja kang, oli recommended pabrik 20w-50, API SL, JASO MA, berhubung biasa di jakarta n kaga pernah ketemu sama yg namanya winter jadilah pake yang 15w-50 (yg sudah api sl jaso ma di pasaran banyaknya yg sae segini)

oya kang…bahas juga dong masalah sertifikasi API dan JASO ini di motor. apa efeknya kalo kita pake grade yg lebih rendah/tinggi dari yg disarankan pabrikan

32. Sherlock - April 8, 2011

Tanya bro…

di buku manual Ninja 250 R ada petunjuk bahwa penggunaan oli untuk ninja 250 masih bisa disesuaikan dengan cuaca di daerah masing2, kebetulan saya tinggal di Sulawesi (Palu) yg dilalui garis khatulistiwa jadi cuaca di sini agak panas, Boleh ngga saya ganti spek Oli yg standar SAE- 15W jadi SAE – 20W

33. akbarn4 - April 8, 2011

nitip ea mas

GAME : SKY FORCE RELOADED 320X240
APPS : DATA MONITOR | LIAT DATA PEMAKAIN
INTERNET di hp
Silahkan klik
http://akbarn4.wordpress.com

34. Daniel - April 8, 2011

Kebetulan br ganti oli!!!, bener juga kata Thole, jenis oli yang penting diperhatikan adalah kekentalan dan jenisnya yaitu antara mineral,semi sintetik, full sintetetik yang paling signifikan pengaruhnya. Shell Advanced Ultra enak bener… Sampai limit RPM si Dogar alias domba garut saya masih anteng banget pakai ni oli pdhl motor udh 3 tahun. ( Jauh enak ini dibanding motul 5100 ester)

35. Bonsai Biker - April 8, 2011
36. Dradjad_Djati - April 8, 2011

oh gitu ya gan,
nais impoh….

37. robywibisono - April 8, 2011

Wah msh bingung pilih oli.

38. ridertua - April 8, 2011
39. thole - April 8, 2011

@joko
ya lebih baik jangan, karna hampir sebagian besar bengkel punya kompresor nya yg tanpa filter air, di bengkel resmi (y*maha) saja jelas2 ga boleh.. pengecualian kompresor dilengkapi air filter seperti yg sampeyan sebut tadi..

@21. wd6137
coba pake logika saja, oli encer lebih mudah masuk ke celah2 tersempit, sehingga kinerja mesin jadi lebih ringan, efeknya tarikan jadi optimal..

40. kudalumping - April 8, 2011

hohoho,,,, bener om,,,

41. uDien d'kab 234 - April 8, 2011

nice infoh kang haji
sering-sering bahas yang ginian gan
termasuk maintenance ringan / harian
baca koment para komengtatornya juga enak
bagus-bagus komentnya,

jangan-jangan m*lutnya pake oli berkualitas tinggi nih … hihihih

42. rony - April 8, 2011

setuju mas taufik..kalo oli gak sesuai spek y mesin alamat bermasalah..kalo mau beda spek asal gak bda jauh,stau sy gpapa..lagian kita bisa liat peruntukan oli untk kndaraan taun bra ckp liat API-nya..misal buat kndaraan 2005 ke atas minim pake API SJ..btul gak mas?hehe..

43. Biker Manado - April 8, 2011
44. sabdho guparman - April 8, 2011

mantep mas. . .
selama ini aku menyalahi prosedure ternyata , dari pabrik disuruhnya pake 20w – 50 tapi tak kasih 10w-40 .
ikuti saran mas Haji aja dah . . . .

keep brotherhood,

salam,

45. nabra - April 8, 2011

trus oli bekas nya dikemanaian Pak Aji ?

46. lae togar anak medan - April 8, 2011

kalau zaya tetap percaya enduro dah. soalnya produk dlm negeri zendiri.

47. masbb - April 8, 2011

Motorku udah 2 tahun tak kasih sgo SAE 5W-30, tarikannya jadi enteeeeng, bensin irit, tapi mesin agak berisik.

48. uDien d'kab 234 - April 8, 2011

@ nabra
lha, sayah juga pengen nanyain ituh … :mrgreen:

49. uDien d'kab 234 - April 8, 2011

nitip nomor cantik buat yang berminat untuk kartu perdana

#
TMCblog.com Stats
* 7,991,299 Hits, thks to The Visitors

*isengudin.com :mrgreen:

50. Mercon C Lagi dilema - April 8, 2011

@all
minta saran donks buat blade :D

51. masdiisya - April 8, 2011

berarti bener oli mpx buat supra 02 keenceran…selang 3 bulan langsung ganti kopling otomatisnya…hehehehehe…emang pertamanya pas ngebut ngacir terus …eee ga taunya???

52. uDien d'kab 234 - April 8, 2011

@ Mercon
recomended pabrikan sajah berooo … :D

53. yudibatang - April 8, 2011
54. penggemar ninja - April 8, 2011

nilai kekentalan oli bukan yg angka didepan W itu pak haji..?

kyk 0W,5W, 10W, 15W..dst…

CMIIW

55. satriafu150 - April 8, 2011

Nice share kang…

56. p3p3 - April 8, 2011

kira2 kalo oli beda spec/merk dicampur efeknya gimana y?
#justasking #iseng

57. terong amnesia - April 8, 2011

Pak haji… Itu warung bonsai nyindir2… Katanya pak haji kumbokarno… :mrgreen:
*wadul…

58. dave - April 8, 2011

ijin copas mas..

59. nyonya aryoningrat - April 8, 2011

oli tahun 2030 kayak apa ya peformanya..???????

60. thole - April 8, 2011

yang pake oli MP*-1 / MP*-2 dicek deh, volume oli nya.. soalnya byk bgt keluhan oli ini terlalu encer & mesin cpet panas, saking overheat nya oli menguap.. kata seorang mekanik AH*SS di dealer xxx, pun bilang seperti itu.. kl ada pengalaman buruk, monggo di share, gan.. hihihihi :mrgreen:

61. Joko - April 8, 2011

@ 39. thole
Hampir di semua ahass sudah ada filternya, jadi aman saja.

@ 29. Taufik
Aku pakai oli yg lebih encer dari spek, sudah mau 7 tahun utk karisma. Tiap 10rb km baru ganti oli dan servis ke bengkel.

62. mercon - April 8, 2011

vixion ku pake oli yamaludin,,, eh, yamalube,,, :mrgreen:

* ra takon,,,,,,

63. Iksa - April 8, 2011

Oliku standar-standar saja …

64. Kyoghi - April 8, 2011

jangan pake oli mobil juga buat mesin motor, jangka panjangnya gak bagus, salah 1 favorit mekanik bengkel umum adalah Prima XP, emg bisa buat mesin motor jadi keliatan halus suaranya, dan itu juga biasanya trik yg dipake pedege motkas untuk nutupin kekurangan mesin dari motor dagangannya……

65. j4na - April 8, 2011
66. kangmase - April 8, 2011

saya selalu pake yang sesuai kok pakdhe, tapi kok sempet ada masalah juga ya?

http://kangmase.wordpress.com/2011/04/06/kredit-motor-di-kampung-lebih-murah-daripada-di-jabodetabek/

67. Je'em - April 8, 2011

nice info….thnk’s mas bro

68. yunus - April 8, 2011

bang opik,
bysonku ganti oli kmrn ta kasi oli motul 5100
saya lupa sae nya
cocok kah buat motor ku ini?
baru coba2 soalnya, RASANYA (feeling) koq encer bgt ya
bunyi di sekitar klep jd lbh jelas

mohon di advice

makasi

69. Mercon C Lagi dilema - April 8, 2011

@udien
oli AHM?? bisa berisik doank,,, tarikan ama koling gak enak banget

70. lovemybike - April 8, 2011
71. kang_ulid - April 8, 2011

setia dg enduro!

72. rony - April 8, 2011

@thole
Setju mas,ahm oil hany tahan beberapa hari.
Honda sy akhrny sy kasi minum bm1 sae 10-40,api sl jaso ma2. Bengsin irit,tarikan yahud..mesin alus

73. mattocaster - April 8, 2011

oom taufik kan pernah punya thunder 250 tuh om,nah itu spek olinya pke sae berapa om yang cocok? kita juga punya thunder 250,selama ini pke oli yg encer gitu,enak sih tarikannya

74. Hadip - April 8, 2011

bener mas, tigi saya dari baru tetep aja pake yang direkomended pabrikan tapi temen saya ganti-ganti merk oli mulu eh, malah dah ngebul tuh tiginya…

75. idjo - April 9, 2011

beli indonesia!!!!

76. fer - April 9, 2011

kalo supra x 125 r pake mesin apa ya biar motornya tambah maknyuss.. share di sini ya abang2 yg pinter..

77. hedy - April 9, 2011

om,motor saya honda cb 100 tapi mesinnya pake tiger
bagusnya pake oli dengan standart sae berapa?

78. ciel92 - April 9, 2011
79. arin - April 9, 2011

untuk supri mania, motornya dah kurang cocok pake federal oil, ahm oil sudah lebih bagus, gak terlalu kental kaya federal,tapi menurut ane ahm oil pun sudah 10-40 tetep pengupannya masih tinggi, masih bagusan repsol dan castrol (gambar ronaldo), pun agak lewat km gak terlalu banyak berkurang.

masukan tuh buat enginer pembuat ahm oil

80. hi hi hi - April 9, 2011

@kyogi
Prima xp dah keluar sebelum ada standard jaso ma (cmiiw), dulu andalanku ya prima xp kalo gak ya super, astea 800 ane seh sehat sehat saja. (94 ampe th 2000)

81. rony - April 10, 2011

@fer 76
Hsx 125 ane dua2ny sy kasi bm1 pc 1300 sae 10-40 api sl jaso ma2.
Alhamd bengsin makin irit,tarikan mulus..luar kota sanggup nempuh 70km untk 1 liter bbm dgn kcepatan kombinasi.

82. TMCBlog diundang Shell Pelumas . . . Perkenalan Teknologi R.C.E « TMCBlog – Motorcycle News - April 11, 2011

[...] spesifikasi Viskositas/Kekentalan yang berbeda benda, silahkan simak artikel tmcblog.com tentang penggunaan pelumas berdasarkan viskositasnya. Shell mengklaim, Varian Pelumas Shell Advance ini dapat mempertahankan nilai besaran viskositas [...]

83. jadun - June 22, 2011

motor ane pulsie. Pake prima xp tarikan enak bner, udah 2000km. Trus ane ganti ke repsol 20-50 1liter, kok baru 1000km mesin udah berisik, tarikan jadi berat. Kemarin ganti lagi ke prima xp, tapi baru tau ternyata prima xp itu oli mobil. Udah terlanjur di buka olinya, ane terpaksa byar juga dah. Sejauh ini sih belum kejadian slip kopling, mudah-mudahan aja kagak…
ane herman,kok bengkel banyak yg rekomended prima xp buat motor, dah tau tulisannya buat mobil. Apa aman prima xp untuk motor. mohon pertamina penjelsannya…

84. Fahrija Deni - June 25, 2011

ane pake shogun sp 2010,
kyk nya mau beralih ke ENDURO 4T racing 10w-40….
pke SGO 20w-50 kurang puas………..
secara medan yang d lalui lumayn berat tanjakanya ………………
sblum nya ane pke SHOGUN 110 oli nya UNIOIL(union)…….
cukp puas …
tapi d SHOGUN SP ane ragu kasi minum tu Oli(UNION) ke motor bru ane…….

85. aministi - August 3, 2011

mtor ane honda beat pake oli sae 10w-30, mau pindah alih k oli sae 10w-40, kira2 bgus ga? n ngaruh ga ma kinerja mesin y?
mohon penjelasan y, mksih.

86. dio - October 13, 2011

shogun sp lama gw pake
unioil 4t 20w-50 api sf jaso MA (yg dulunya union) itu mah mbahnya segala oli coz trmasuk merek lama n bikin mesin jadi adem anteng n nyaman,. pa lg yg sering touring kayak gw cocok bngt ma itu oli, ditmbah kasih minum prtamax maknyooss dah larinya..

87. Manu - October 19, 2011

klo mesin tiger 2000 getaranny keras banget tu kira2 apnya sob????
ksih tau donk?????

88. deni - October 21, 2011

makasih infonya,saya jd paham

89. hendri - November 6, 2011

motor ane shogun sp lama pke oli castrol power 1 4t SAE 10W-40 API SJ JASO MA2 (semi syntetis) n trjangkau lg cuman 32 rb, mesin adem anteng n wuuusshh top speed 120 km/h klo ada sayap bisa terbang tuh, kwkwkw… tiap 1500 km ganti meskipun anjuran na 3000 km coz biar performa slalu muantap n ngaciiirr,. hehehe..

90. hendri - November 6, 2011

motor ane shogun sp lama pke oli castrol power 1 4t SAE 10W-40 API SJ JASO MA2 (semi syntetis) n trjangkau lg cuman 32 rb, mesin adem anteng n wuuusshh top speed 120 km/h klo ada sayap bisa terbang tuh, kwkwkwkw… tiap 1500 km ganti meskipun anjuran na 3000 km coz biar performa slalu muantap n ngaciiirr,. hehehe..

91. yana88 - November 23, 2011

Tpi kadang spek oli yg dicantumkan dri buku pabrik gak sesuai bro.

dlu waktu pertaman beli Shogun 125 sya pake oli sesuai buku petunjuk pabrik pake enduro 20w-50, alhasil mesin kyany gk mau lari klo dh panas, kya yg gk masuk celah-celah gitu(“kekentalan”).

tpi stelah pake Enduro 4T racing 10w-40 motor gk ada lagi problem drop tuh ketika panas, malah larinya lebih stabil ketika udah panas, dripada 20w-50.

92. Rubi - December 9, 2011

Aslm,,kang klo oli yang bagus buat honda blade apa? mohon solusinya

93. Widodo teguh - February 4, 2012

Sy biasa pke oli Pertamina Enduro 4T Racing utk motor Yamaha Scorpio Z 2007,kmarin wkt gnt oli sy coba pk merk s***l advance ax7,krn sy bc di blog2 bro2 dcni ktnya kok yahud ni oli,akn ttp hslny wduh gwat,ddlm msn pio trdngr bunyi spt pasir besi yg mngalir (bkn mnjlkn produk ya) trus akhir nya sy kuras lg tu oli dan sy kmbli pkai Enduro 4T Racing,nah baru terasa nyaman,suara normal,tarikan jg normal,dg kata lain oli mang cocok-cocok kan ky mlih cw,jd jngn mdh tergoda dg iklan,pkai oli yg dirskn enk di mtor. Trims ” Bravo SCORPIO “

94. adibaseng - March 23, 2012

bener bro sekarang sy kalau pakai oli pertama beliat kode SAE nya sebelum pilih oli.sebab pada getaran beda lebih baik memakai oli yg seharusnya sesuai mesin.walah…dulu beli oli asal tertarik dng iklan stelah dipakai kok hasil yg diharapkan meleset oli encer sy pakai padahal motor cocok nya yg kental. 2hari ganti lg yg kental dan tarikan motor jd kenceng lg

95. PrideToBlack - April 10, 2012

Mas Taufik,…di buku manual vixion tertulis anjuran pake SAE 20W40 atau 20W50.
Sedangkan saya tinggal di Bogor,trus saya isi yg SAE 10W40 apa ada pengaruh nya kira2?
Tp untuk saat ini yang saya rasakan fine2 aja sich…tarikan mantab+akselerasi dpt.
Mohon pencerahan nya :) and thanks before

96. PrideToBlack - April 10, 2012

Saya pengguna vixion tinggal di bogor
Mau nanya mas…kalo di buku manual tertulis anjuran pake SAE 20W 40 atau 20W 50,sedangkan saya pake yang 10W 40 klira2 ada pengaruh nya ga mas?
Tp selama ini fine2 aja sich…tarikan and akselerasi mantab.
Mohon pencerahan and terima kasih atas jawaban nya :)

97. cakqim - April 15, 2012

salam kenal mazbro…ane kerja di perusahaan pembuat oli di timur tengah. mo nanya salah satu produknya 5w40 api sm mb aproval, bolehkah dipakai untuk motor vario125 ane, mohon pencerahan.

98. Egi46 - April 17, 2012

untuk yamaha Rx king,. saya menggunakan 10w-40
kalau jarak tempuh aga jauh.. ko terasa aga sulit jika mengurangi gigi,.
apakah olinya terlalu encer & harus ganti sama yang 20W-40

99. Ockye - May 7, 2012

Saya baru menggunakan Supra X 125 helm in injec…di buku petunjuk pakainya yang 10W-30. kalau saya ganti dengan motul 3100 10W-40 bagaimana mas bro?. secara saya belum ganti oli nih. dan dulu di supra fit dan thunder saya menggunakan Motul 3100, dan sekarang saya ingin menggunakan oli tersebut lagi. mohon Penjelasannya.

Terimakasih.

100. ken - May 7, 2012

saya pengguna honda cs1.beberapa hari ini kondisi mesin saya sangat cepat panas. bahkan bisa tembus pada level 4 padahal baru jalan sekitar setengah jam.suara mesin juga agak kasar. ini baru terjadi setelah saya ganti olinya.dulunya Oli Mesran tapi karena sering selip kopling, saya ganti olinya dengan enduro racing 4T.memang gak selip lagi tapi justru malah mesin cepat panas.jadi,mohon sharenya kira-kira mesin cepat panas apa karena olinya gak tepat atau gimana?kemudian oli yang cocok untuk CS1 itu apa dan supaya kopling gak selip kira-kira harus gimana?
terima kasih..

Ken

101. nugee - May 29, 2012

ada yang pernah nyoba oli BM 1 lom ya?

102. Ahmad - May 29, 2012

Mlam agan2,
Mwu nanya nich.. Klo untuk mtor inreyen hsx 125 d’pake dari garut ke tangerang, biar msen gk kaget.. bagusnya pke oli apa yaa..?
Kbtulan ni mtor ane pke jarak’y baru 50km..

Mhon saran’y.

Thanks

103. deny tj - July 3, 2012

Benar2 Blog yg sangat membantu bro…..ada yg mau saya tanyakan…..saya pengguna motor honda tiger revo 2011 dan sudah 2 tahun ini pake shell advanced ax 7. SAE 10-40, pertanyaan saya apakah olie yg saya gunakan sudah tepat….apa ada saran yg lebih bagus…..terima kasih

104. tomspiez - July 9, 2012

makasih mas sharenya…. kebetulan ane lagi butuh yg ginian, ijin sedot ilmunya gan…;)

105. anton - August 23, 2012

kalo saya sejak pake supra 125 sampe ganti vixion pake oli shell helix sae 15w-50,, tarikan tmbah ringan daripada rekomendasi standardx yaitu sae 20w-50,, maklum lebih encer dikit, cocok untuk wilayah saya magetan yg lumayan dingin,, sejauh ini blum ada kendala mesin berarti,,

saran saya oli sebaiknya dicek scara berkala, hrus ada d antara batas min n max, jgn sampe telat oli cz fatal akibatnya,,
n oli harus diganti secara berkala, krna oli smakin dpakai kwalitasnya smakin menurun (liat aja warnanya sampe item,,:P),, punyaku tak ganti tiap 2500 walau rkomendasi vixion 3000(eman mesin)…
sekian, trim..^^

106. Haji Muhidin - November 25, 2012

Emng kadang oli cocok2.

cz ane pake Enduro Racing 10w-40 ntu tarikannya bagus tpi, cuma 1 bulan. udah itu pindah gigi keras, & kaya slip kopling.

trus pake yg Enduro 20w-50 ntu oli kentel. tarikannya bisa dibilang lebih berat & lbih borosnya jauh dri yg 10w-40, pemakaian awal suara klep terasa lebih nyaring, dipanasin pagi2 agak lama. tpi ada lebihnya performanya gak turun drastis, pindah gigi terasa empuk walau udah lama, & yg bikin enak suara knalpot lebih ngebass. :D

107. max - January 10, 2013

nah,,saya udh ngrti…th.x gan ats info.x…

108. ipanase - February 1, 2013

baca sambil bilang, datang dari masa depan :D

109. Ryan Ben - March 9, 2013

Sebenarnya u/ di negara beriklim tropis, contohnya indonesia oli yg single grade aja udah cukup. Ada yg pernah denger oli yg bisa naikin top speed?

110. goew - March 13, 2013

deaaar

111. gamalrizaldi - June 5, 2013

sekarang pulsar 220f ane pake oli pertamina meditran sx 10W 30, tarikan dahsyat, panas berkurang, agak boros sih tapi motor lebih sehat, oli ganti tiap 1000km.
sebelumnya berbulan2 pake motul 20w 50, blom 500km udah ga enak tu motor.

112. Slow_down - July 22, 2013

yg penting oli mesin buat kopling basah/kopling manual tidak disarankan untuk memakai oli mobil dengan label ACEA/ ILSAC seperti PrimaXP karna terkandung aditif friction modifier yg bikin slip kopling.

adapun oli mobil tanpa label ACEA yaitu sperti mesran super cocok ntu untuk kopling motor

113. Parjo wae. - August 30, 2013

Kalo mesin ku cepet panas ni apa pnybbnya? Pke repsol,pa perlu gnti oli.?trus oli apa yg co2k?thanks gan.

114. Adi - September 5, 2013

banyak faktor seh coba ganti olinya, mungkin salah viskositas, oli berviskositas 10w40 relatif lebih cepat melepas panas jika dibanding dengan oli dengan SAE 20w50, ganti cairan coolant, atau bersihkan radiator, coba dicek di bengkel aja. Kalau nga coba pake Lucas Oil hrusnya da nga masalah.

115. rudy/ amin - September 14, 2013

Mau Oli Import Yang Bagus Gan ? Maaf sebelumnya ini cuman sekedar info dan promosi.

Merk : TRUST
Type : MIRACLE 831 – Series PTFE
SYNTHETIC GASOLINE ENGINE OIL

KETERANGAN PRODUK

MIRACLE 831-Series adalah minyak pelumas mesin yang dirancan untuk mesin-mesin berbahan bakar bensin, mengandung zat tambahan (additive) teknologi tinggi yang dikembangkan untuk dapat memberi daya tahan penggunaan minyak pelumas, lebih lama.

Produk istimewa ini sangat cocok digunakan pada segala jenis kendaraan, baik jenis sedan, jenis kendaraan niaga maupun generator pembangkit listrik.

MIRACLE 831-Series sangat tahan panas dan dapat menanggung beban mekanik ekstrim.

Disamping itu MIRACLE 831-Series dapat memberi hasil start mesin yang baik pada suhu rendah sehingga dapat mengurangi keausan metal (pada cold starting) hingga minimum.

MIRACLE 831-SERIES OLEH INDUSTRI-INDUSTRI AUTOMOTIVE DIKEMBANGKAN UNTUK PEMAKAIAN RATA-RATA LEBIH DARI 10.000 KM.

PEMAKAIAN TIPIKAL

– MIRACLE 831-Series dianjurkan untuk digunakan pada semua kendaraan berbahan bakar bensin dan solar sejauh memenuhi persyaratan klasifikasi API Service SJ/CF (untuk 20W50), SH/CF (untuk SAE 40)

– MIRACLE 831-Series dirancang khusus untuk melindungi kendaraan dari masalah pelumas, baik yang digunakan pada jalan raya mulus, maupun pada daerah yang bergelombang atau berbatuan (off-road).

– MIRACLE 831-Series dapat digunakan pada mesin traktor pertanian.
Memenuhi standar MIL-L-46152 B/C

KEUNGGULAN & KEUNTUNGAN

– Mengandung zat organik MOLYBDENUM untuk melindungi metal mesin.
– Mempunyai index kekentalan tinggi dan sangat tahan terhadap panas maupun oksidasi.
– Mengandung zat tambahan yang tahan beban berat dan tahan busa.
– Dirancang secara ketat untuk membantu menghemat bahan bakar.

Divisi pengembangan TRUST telah berhasil merancang jenis minyak pelumas untuk crankcase, gear box dan transmisi mesin-mesin yang berbahan bakar bensin yaitu : MIRACLE 831 PTFE, yang memenuhi persyaratan API Service SJ/CF (untuk 20W50), SH/CF (untuk SAE 40).

KARAKTERISTIK TIPIKAL
ASTM TEST & RESULT
SAE Grade : 20W50
Viscosity
@ 40 Celcius, cSt : D-445 160.8
@ 100 Celcius, cSt : D-445 17.94
Viscosity Index : D-2270 150
Gravity, API : D-1298 27.2
Flash Point, COC, Farenheit (Celcius) : D-92 460 (238)
Pour Point, COC, Farenheit (Celcius) : D-97 -6.8 (-21.5)
T.B.N. MgKOH/g : D-2896 7.5
Sulfated Ash, % wt : D-248 0.95
Physical Color : Blue

SAE Grade : 40
Viscosity
@ 40 Celcius, cSt : D-445 168
@ 100 Celcius, cSt : D-445 18.1
Viscosity Index : D-2270 151
Gravity, API : D-1298 28.7
Flash Point, COC, Farenheit (Celcius) : D-92 460 (238)
Pour Point, COC, Farenheit (Celcius) : D-97 -6.8 (-21.5)
T.B.N. MgKOH/g : D-2896 8
Sulfated Ash, % wt : D-248 0.94
Physical Color : Blue

TRUST ~ Lubricant Research & Development
180 West Poplar Avenue San Mateo, California 94402 U.S.A.
1 – 6 – 1 – 1007, Kaigan Minato – Ku, Tokyo 105 JAPAN

PT. INDOTERAS SUMATERA
INDUSTRIAL MAINTENANCE PRODUCT SPECIALIST
TOP OIL PRODUCT COMPANY
Rudy/ Amin
Hp. 081361041788
Head Office : Jl. Perbaungan 2 Q Medan

TiCtAc - July 4, 2014

harga miracle brp ndan?

116. anton - March 5, 2014

bermanfaat buat saya, seorang pelajar

117. Lukman - July 4, 2014

Umumnya di Indonesia viskositas oli ada 3 yg paling umum, yakni SAE xW-30, xW-40, dan xW-50

Jadi, xW-30 = Encer, xW-40 = Sedang, xW-50 = Kental

Tinggal sesuaikan kebutuhan aja, karena ke 3 viskositas tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan tidak terikat pada merk engine. Misalnya Engine Honda bisa aja kalo mau pakai SAE xW-40 dan SAE xW-50.

Yang penting adalaj rating API dan untuk motor juga penting standar JASO.

118. ardian - July 14, 2014

Thank’s bro aatas informasinya lagi pula untuk wilayah tropis dan untuk motor2 keluaran baru lebih cocok dengan viscocity yang rendah



%d bloggers like this: