Bro sekalian, waktu bermacet macet ria tadi di Jagorawi, tmcblog mantengin radio Elshinta dan mendengar Wawancara dengan nara sumber Bapak Kombes Royke Lumowa, Dirlantas Polda Metro jaya. Pak Kombes Royke mengatakan bahwa Hari ini kira kira jam 13.00 akan serentak di resmikan sistem Online Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ) yang akan menyatukan wilayah kerja 3 propinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Jadi maksutnya dengan sistem Online samsat ini Para Pemilik kendaraan bermotor di ketiga Propinsi tersebut dapat melakukan proses pengesahan/perpanjangan stnk di ke tiga daerah tersebut, jadi nggak harus di kota asal pembuatan STNK kendaraan.

Misalnya tmcblog, kendaraannya merupakan STNK Jawa barat, Bisa melakukan pembayaran pajak Kendaraan bermotor Tahunan di daerah propinsi banten dan atau DKI Jakarta dan sebaliknya. Layanan yang diberikan baru sebatas pembayaran perpanjangan STNK/pembayaran Pajak tahunan . . . sedangkan layanan lain seperti perpanjangan STNK 5 tahunan/Ganti Pelat Nomor belum bisa dilakukan Via samsat online ini.

foto : mediaIndonesia.com

Kombes Royke menjelaskan Pula, yang akan diresmikan hari ini belum merupakan sistem menyeluruh, baru semacam embrio pendahuluan saja. Yup layanan samsat Online baru untuk daerah Jakarta Depok tangerang Bekasi (JADETABEK)  . . .lhaaa ini mah yang pelatnya semua B kayaknya ya Pak Kombes? . . .buitenzorg/ bogor belom termasuk euuy 🙁 dan belum semua samsat bisa melakukan layanan ini, hanya Samsat jaksel, Samsat Cinere, Samsat BSD (tangerang Kabupaten) , samsat cikokol (tangerang kota), dan samsat bekasi (lupa euuy)

foto : MediaIndonesia.com

Lo koq cuma segitu doang, Kapan akan menyeluruh? Kombes Royke bilang mudah mudahan dalam 2 bulan kedepan sistem ini dapat dilakukan menyeluruh di kota kota yang tergabung dalam 3 propinsi tersebut. Sebenarnya Kalo untuk Jawa Barat siih gampang, soalnya Jawa barat sendiri sudah punya sistem Samsat Online, jadi sebenarnya tinggal digandeng aja tuh Jawa Barat . . .Oh ya syaratnya apa? Ya sama aja KTP, Asli, STNK asli, BPKB Asli (jika perlu) dan Jangan Lupa Uang Asli xixixixi begitu tambahan Kombes Royke setengah Guyon . . . siip semoga lancar Komandan !! semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

88 COMMENTS

  1. kang taufik ane tinggal di depok tapi kerja di jatake ( tanggerang ).berarti ane bisa bayar pajak kendaraan di tanggerang dong,aseeeeeeeeek 😆 😆 😆

    Guest
  2. mantaappp tuch.. mudah2n memberikan angin segar n kemudahan bagi masyarakat… maju terus..

    Video Bola Update masuk sini :
    http://bestsoccervideo.blogspot.com/2011/04/as-roma-0-1-internazionale-spectacular.html

    Guest
  3. Kang, RALAT dikit kang 😀
    samsat BSD itu kabupaten kang,
    yang Samsat Cikokol itu Kota Tangerang kang 😀

    Guest
  4. setelah saya amati.. Saya warga bekasi asli bang haji.. Samsat bekasi lupa euuy, ada didaerah mana ya? Tgl 5 mei 2011 mesti bayar pajak nih.. 🙂

    Guest
  5. wah untuk plat A rangkas bitung blom bisa ya? motor gw motor rangkas lagi mau perpanjang jadi ribet karna domisili gw di jakarta

    Guest
  6. maaf oot kang haji…tp msh ada hub. ma samsat. Aku abis beli motor 21 maret 2011. STNK dah jadi tp plat no sampe sekarang blm jadi. Banyak yg mengalaminya terutama plat B. Apakah permasalahan ada disamsat ato dimana? Tlng dong cariin info…mau ngadu gak tau musti kemana neh.

    Guest
  7. tapi kalo pindah ktp tetep harus cabut berkas. aneh juga padahal datanya sama2 di kepolisian, kok mesti dicabut yah. masa masih pake teknologi jaman purba, udah online gitu lho 🙂

    Guest
  8. saya ralat untuk syarat2nya: KTP ASLI, STNK ASLI, BPKB ASLI/ftcp. yg terakhir ini jg hukumnya wajib, bukan “jika perlu”. masalahnya jika tidak ada tidak akan dilayani.
    *kecuali pake calo (nego)

    Guest
  9. STNK saya di Samsat Jakarta, KTP saya saat ini domisili Tangerang krn saya pindah rumah. Sementara saat ini kendaraan dan saya berada di Bali. Apakah saya bisa memperpanjang STNK di Bali atau di Tangerang? Mohon bantuannya.

    Guest
  10. Bagaimana cara ngurus mobil saya merk ford laser tahun 1998 pajak terakhir tahun 2006. maksud saya mobil tersebut akan saya cabut untuk balik nama atas nama saya yang berdomisili di Jember Jawa Timur. mohon bantuan. terima kasih atas bantuannya.

    Guest
  11. hello mas bro sekalian, saya kan mau kirim motor kawasaki ninja 250r dari jakarta ke jayapura, kira” saya harus mutasi stnk nya di jakarta atau saya kirim aja dulu motornya ke jayapura. Truz disana baru saya Cabut berkas STNK dan NOPOL jakartanya truz di ganti dgn NOPOL jayapura. G!mana yaa..

    Guest
    • Enaknya dibawa ke jayapura, terus disana minta bantuan untuk gesek rangka dan mesin.nah hasil geseknya itu dibawa ke jakarta untuk cabut berkas. abis itu baru bikin surat2 di jayapura.

      Guest
    • Selamat siang Pak.. saya mau perpanjang pajak tapi ktp nya sudah mati alamat kodya tangerang,gimana ya pak?sedangkan ktp yang sekarang alamat kabupaten ,kira2 gimana solusinya ya pak?

      Guest
  12. tuk para WP (Wajib Pajak) bingung tdk tau kmn tuk urus surat kendaraan anda, hub kami via email L.DHI06@YAHOO.COM (Huruf kecil smua) kami juga mlayani pmasangan iklan surat kabar dan media elektronik..

    Guest
  13. Mau tanya nih, saya punya kendaraan mobil dgn alamat BPKB daerah Patal Senayan, dan akhir tahun ini mau bayar pajak tahunan. Tp berhubung pemilik kendaraan sebelumnya tdk mau meminjamkan KTP nya, shg saya harus balik nama. Namun permasalahannya saya tdk punya KTP daerAh Patal Senayan, yg saya punya KTP daerah Jakarta Barat. Pertanyaannya, bgm proses balik nama tsb, apakah saya harus ke Samsat Polda Metro dulu trus ke Samsat Jakbar atau dapat mengurus semuanya di salah satu Samsat tsb dgn KTP Jakbar untk balik nama. Mungkin ada rekan2x yg tahu solusinya atau langkah yg harus saya lakukan. Terima kasih

    Guest
  14. Nama saya riki hermawan
    saudara saya beli motor baru di jakarta, tetapi beliau ingin surat-surat kendaraannya beralamat di cirebon. apakah bisa? tolong jelaskan bagaimana prosedur yang harus ditempuh?

    Guest
  15. kendaraan saya plat B xxxx RT berada di kota paling ujung diJAWA
    bulan febuari jatah ganti plat nomor……
    pertanyaan saya, apa pelayanan samsat online tersebut bisa dilakukan di samsat online kota lain?????
    jadi gak usah transit ke kota asal kendaraan…………
    kalo sistem gesek rangka+mesin prosedurnya gmn????
    terus proses pengurusannya gmn???
    thank………infonya

    Guest
  16. Saya ditawarin mobil jakarta,sedangkan posisi saya ada di ntb.
    Boleh gak saya minta tolong dicekkan nomer kendaraan ini. Mobilnya Avanza Nomer Polisi B 8183 LQ,,,mobil itu dari daerah mana dan apakah mobil tersebut terlibat masalah di kepolisian.
    Dan kalau saya tarik berkas,syaratnya apa aja dan biayanya berapa.
    Terima kasih atas infonya.

    Guest
  17. pelayanan bagus yag transparasi ga seperti bekasi,,,masa di loket mutasi daerah saya dimintain uang 350 ribu,,maksudnya apa coba????calo ajah nawarin 370 beres semua..saya tanyai ajah” pak ada tanda terima gak???blibet juga tuh muka petugasnya..eh mash kena ajah 75 rb…dasarrrrrrrrr….kayak cek fisik udah ada loket diluar pengambilan hasil cek fisik eh suruh masuk kedlm dimintain 30 rb,,ya alloh gmn ini manusia kayak gn

    Guest
  18. Wah judul artikel atau istilah yang dipakai Polri yg membingungkan. Saya kira online di internet. Mungkin lebih tepatnya Samsat Bersama dibandingkan dengan Samsat Online

    Guest
  19. saya mau urus perpanjang stnk, masalahnya ktp saya udah pindah alamat, harus lampirin apa lagi ya?

    Guest
  20. kurang efektif , dengan adanya peraturan pemilik ktp harus langsung datang kesamsat on-line. kalo tidak datang di tolak.

    Guest
  21. nama sy yayat supriatna sy punya motor rxkig thn 1997 & mati pajaknya dr tahun 2008 sy denger ada pemutihan apa tuh pemutihan ya???apa sy ngga di kenakan denda/dikenakan denda& sy mau balik nama apa kena juga denda&bayar mohon komennya ???

    Guest
  22. wah bagus nih.. dari pada ke biro jasa RAPI yg di BUGEL Tangerang. ngurus perpanjangan STNK di Biro Jasa RAPI gak beres, perpanjangan pakai SIM-A dikenakan biaya ACC 25rb, padahal jika gak ada KTP asli bisa dengan SIM Asli, pungli.. KAPOK.. KAPOK

    Guest
  23. Brow mau tanya ni,
    saya kan plat AD BOYOLALI, posisi di jakarta, kalau mau perpanjang pajak lewat samsat online bisa ndak ya ?
    Suwun
    tolong jawaban di email ya jarang online

    Guest
  24. saya berharap banten bisa meniru samsat jakarta, dalam hal para pembayar pajak nya bisa mengetahui berapa pajak nya secara online tinggal klik masukin no plat kendaraan nya terus keluar deh.. biaya yg harus di bayar..tks

    Guest
  25. mohon informasi,sebenarnya berapa biaya yang diperlukan untuk cabut berkas dari tangsel ke DKI?karena biaya yang diajukan para biro jasa sangat ajaib (Rp 850 ribu),sedangkan mobil kami hanya seharga Rp50 jutaan.

    Guest
  26. pak saya mau tanya tentang pindah mutasi alamat motor dari depok ke kuningan berapa biaya dan apa saja dokumen yang harus diperlukan ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here