jump to navigation

Samsat Online DKI jakarta-Banten-JaBar akan Diresmikan Hari ini April 20, 2011

Posted by Taufik TMCBlog in : Blogging activity, Tentang Motor , trackback

Bro sekalian, waktu bermacet macet ria tadi di Jagorawi, tmcblog mantengin radio Elshinta dan mendengar Wawancara dengan nara sumber Bapak Kombes Royke Lumowa, Dirlantas Polda Metro jaya. Pak Kombes Royke mengatakan bahwa Hari ini kira kira jam 13.00 akan serentak di resmikan sistem Online Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ) yang akan menyatukan wilayah kerja 3 propinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Jadi maksutnya dengan sistem Online samsat ini Para Pemilik kendaraan bermotor di ketiga Propinsi tersebut dapat melakukan proses pengesahan/perpanjangan stnk di ke tiga daerah tersebut, jadi nggak harus di kota asal pembuatan STNK kendaraan.

Misalnya tmcblog, kendaraannya merupakan STNK Jawa barat, Bisa melakukan pembayaran pajak Kendaraan bermotor Tahunan di daerah propinsi banten dan atau DKI Jakarta dan sebaliknya. Layanan yang diberikan baru sebatas pembayaran perpanjangan STNK/pembayaran Pajak tahunan . . . sedangkan layanan lain seperti perpanjangan STNK 5 tahunan/Ganti Pelat Nomor belum bisa dilakukan Via samsat online ini.

foto : mediaIndonesia.com

Kombes Royke menjelaskan Pula, yang akan diresmikan hari ini belum merupakan sistem menyeluruh, baru semacam embrio pendahuluan saja. Yup layanan samsat Online baru untuk daerah Jakarta Depok tangerang Bekasi (JADETABEK)  . . .lhaaa ini mah yang pelatnya semua B kayaknya ya Pak Kombes? . . .buitenzorg/ bogor belom termasuk euuy :( dan belum semua samsat bisa melakukan layanan ini, hanya Samsat jaksel, Samsat Cinere, Samsat BSD (tangerang Kabupaten) , samsat cikokol (tangerang kota), dan samsat bekasi (lupa euuy)

foto : MediaIndonesia.com

Lo koq cuma segitu doang, Kapan akan menyeluruh? Kombes Royke bilang mudah mudahan dalam 2 bulan kedepan sistem ini dapat dilakukan menyeluruh di kota kota yang tergabung dalam 3 propinsi tersebut. Sebenarnya Kalo untuk Jawa Barat siih gampang, soalnya Jawa barat sendiri sudah punya sistem Samsat Online, jadi sebenarnya tinggal digandeng aja tuh Jawa Barat . . .Oh ya syaratnya apa? Ya sama aja KTP, Asli, STNK asli, BPKB Asli (jika perlu) dan Jangan Lupa Uang Asli xixixixi begitu tambahan Kombes Royke setengah Guyon . . . siip semoga lancar Komandan !! semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Comments»

1. Rockstone - April 20, 2011

Pertamax kahhh

2. hairus mataram - April 20, 2011

Enak nih lebih praktis

3. Rockstone - April 20, 2011

Wah podium jugaaa

4. hairus mataram - April 20, 2011

2nd

5. d4n1 - April 20, 2011

Siiippp

6. Iksa - April 20, 2011

Wah makin efisien … salut sama samsat ini yang bisa mulai meningkatkan reputasi polisi ..cepat sekali proses online ini ..

7. agunk_ae - April 20, 2011

10bsar maning

8. in - April 20, 2011

makin penuh aja deh pengantrinya di samsat terdekat.. cmiiw

9. fandy - April 20, 2011

pertamaxxx

10. black_viper - April 20, 2011

test

11. boga vespa doang - April 20, 2011

sepuluh besar

12. boga vespa doang - April 20, 2011

kesalip dah

13. #99 bro - April 20, 2011

We tempatku dah masuk.. Sukur lah.. Smoga makin maju..

14. UungFeri - April 20, 2011

Selangkah lebih maju,… Lanjutkan komandan,… Biar masyarakat semakin tertib karena pembayaran semakin mudah,… Salam

15. setyo p - April 20, 2011

hemm …. pantes utk dicontoh nih…manteb deh.

16. JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE - April 20, 2011

kang taufik ane tinggal di depok tapi kerja di jatake ( tanggerang ).berarti ane bisa bayar pajak kendaraan di tanggerang dong,aseeeeeeeeek :lol: :lol: :lol:

17. sabdho guparman - April 20, 2011

kalau balik nama gimana ya mas?

biar gak kena pajak progresif. . . :mrgreen:

keep brotherhood,

salam,

18. B'ja - April 20, 2011

semakin praktis aja nih…..

19. satriafu150 - April 20, 2011

Hari gini semua kudu online

20. sastrogenter - April 20, 2011

Mangstabbbbbb

21. nha - April 20, 2011

Tapi kalua pajak sudah dibayar pakai uang asli bikin jalan yang asli juga dong jangan campur tanah sama kubangan ya kan?

22. az - April 20, 2011

kenyang…

23. dave - April 20, 2011

belom punya kendaraan,, jadi ga ngerti..

24. avatarx - April 20, 2011

mantaappp tuch.. mudah2n memberikan angin segar n kemudahan bagi masyarakat… maju terus..

Video Bola Update masuk sini :
http://bestsoccervideo.blogspot.com/2011/04/as-roma-0-1-internazionale-spectacular.html

25. Bonsai Biker - April 20, 2011

manteb ki gan

26. Bonsai Biker - April 20, 2011
27. Ay - April 20, 2011

kirain boleh pake daun bayarnya hahahaha…

28. a - April 20, 2011
29. bauasem - April 20, 2011

Kang, RALAT dikit kang :D
samsat BSD itu kabupaten kang,
yang Samsat Cikokol itu Kota Tangerang kang :D

30. pengamat - April 20, 2011

setelah saya amati.. Saya warga bekasi asli bang haji.. Samsat bekasi lupa euuy, ada didaerah mana ya? Tgl 5 mei 2011 mesti bayar pajak nih.. :)

31. Bonsai Biker - April 20, 2011

bauwwangi

32. ウィナ - April 20, 2011

ooohhh…kirain online-nya bayar di atm,klo sistem online disini(yg spt itu) sdh diterapkan 2thn yg lalu kang(kepri)

33. Taufik - April 20, 2011

@28. bauasem
wah thks :D

34. satria biru - April 20, 2011

wah untuk plat A rangkas bitung blom bisa ya? motor gw motor rangkas lagi mau perpanjang jadi ribet karna domisili gw di jakarta

35. bagoes - April 20, 2011

uang aselii…? ya iyalah masa fotokopy… :mrgreen:
bang haji ngabodor :D

36. icaq's - April 20, 2011

maaf oot kang haji…tp msh ada hub. ma samsat. Aku abis beli motor 21 maret 2011. STNK dah jadi tp plat no sampe sekarang blm jadi. Banyak yg mengalaminya terutama plat B. Apakah permasalahan ada disamsat ato dimana? Tlng dong cariin info…mau ngadu gak tau musti kemana neh.

37. TheNomad - April 20, 2011

Kang,kalau buat SIM belom bisa ya?

38. hampura - April 20, 2011

pajak koq diurusi pulisi…..negara yang aneh …. :)

39. Maul Bond - April 20, 2011

Klo di samsat keliling (bus keliling) dah bisa lum pa aji ??

40. Arif - April 20, 2011
41. kangmase - April 20, 2011

jateng belum ya? hmm

42. Cicakmerah - April 20, 2011

waah.. samsat makin lama makin sepi nih..
wahai para agen stnk.. siap2 cari kerja sampingan yaa !!!

43. SWDKLLJR - April 20, 2011

Pajak kok makin mahal ya…..
jalan kok makin rusak ya…..

44. lutfi - April 21, 2011

tapi kalo pindah ktp tetep harus cabut berkas. aneh juga padahal datanya sama2 di kepolisian, kok mesti dicabut yah. masa masih pake teknologi jaman purba, udah online gitu lho :)

45. meonk - April 21, 2011

program bagus pak polisi..
coba ide ini muncul dari dulu ya pak..
be One Heart

46. aby - April 28, 2011

saya ralat untuk syarat2nya: KTP ASLI, STNK ASLI, BPKB ASLI/ftcp. yg terakhir ini jg hukumnya wajib, bukan “jika perlu”. masalahnya jika tidak ada tidak akan dilayani.
*kecuali pake calo (nego)

47. depi - May 23, 2011

mantap…..

48. Enno - September 21, 2011

STNK saya di Samsat Jakarta, KTP saya saat ini domisili Tangerang krn saya pindah rumah. Sementara saat ini kendaraan dan saya berada di Bali. Apakah saya bisa memperpanjang STNK di Bali atau di Tangerang? Mohon bantuannya.

49. asnan - October 3, 2011

Bagaimana cara ngurus mobil saya merk ford laser tahun 1998 pajak terakhir tahun 2006. maksud saya mobil tersebut akan saya cabut untuk balik nama atas nama saya yang berdomisili di Jember Jawa Timur. mohon bantuan. terima kasih atas bantuannya.

50. plisi_RUSAK - October 8, 2011

SARANG KORUPTOR YANG TAK PERNAH TERSENTUH

51. Baharudin - October 13, 2011

Bagaimana cara mengetahui jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar untuk wilayah kabupaten Bogor Jawa Barat.
trims.

52. Charles - October 17, 2011

hello mas bro sekalian, saya kan mau kirim motor kawasaki ninja 250r dari jakarta ke jayapura, kira” saya harus mutasi stnk nya di jakarta atau saya kirim aja dulu motornya ke jayapura. Truz disana baru saya Cabut berkas STNK dan NOPOL jakartanya truz di ganti dgn NOPOL jayapura. G!mana yaa..

lutfi - October 18, 2011

Enaknya dibawa ke jayapura, terus disana minta bantuan untuk gesek rangka dan mesin.nah hasil geseknya itu dibawa ke jakarta untuk cabut berkas. abis itu baru bikin surat2 di jayapura.

53. atho - October 31, 2011
54. Hendra Gunawan - November 22, 2011

Mau tanya nih, saya punya kendaraan mobil dgn alamat BPKB daerah Patal Senayan, dan akhir tahun ini mau bayar pajak tahunan. Tp berhubung pemilik kendaraan sebelumnya tdk mau meminjamkan KTP nya, shg saya harus balik nama. Namun permasalahannya saya tdk punya KTP daerAh Patal Senayan, yg saya punya KTP daerah Jakarta Barat. Pertanyaannya, bgm proses balik nama tsb, apakah saya harus ke Samsat Polda Metro dulu trus ke Samsat Jakbar atau dapat mengurus semuanya di salah satu Samsat tsb dgn KTP Jakbar untk balik nama. Mungkin ada rekan2x yg tahu solusinya atau langkah yg harus saya lakukan. Terima kasih

55. herry - November 30, 2011

Tolong cara Administrasi Balik Nama Dipercanggih jangan ketinggalan jaman.

56. riki - December 28, 2011

Nama saya riki hermawan
saudara saya beli motor baru di jakarta, tetapi beliau ingin surat-surat kendaraannya beralamat di cirebon. apakah bisa? tolong jelaskan bagaimana prosedur yang harus ditempuh?

57. tofan - January 21, 2012

kendaraan saya plat B xxxx RT berada di kota paling ujung diJAWA
bulan febuari jatah ganti plat nomor……
pertanyaan saya, apa pelayanan samsat online tersebut bisa dilakukan di samsat online kota lain?????
jadi gak usah transit ke kota asal kendaraan…………
kalo sistem gesek rangka+mesin prosedurnya gmn????
terus proses pengurusannya gmn???
thank………infonya

58. jenssen denny pangemanan - January 30, 2012

Saya ditawarin mobil jakarta,sedangkan posisi saya ada di ntb.
Boleh gak saya minta tolong dicekkan nomer kendaraan ini. Mobilnya Avanza Nomer Polisi B 8183 LQ,,,mobil itu dari daerah mana dan apakah mobil tersebut terlibat masalah di kepolisian.
Dan kalau saya tarik berkas,syaratnya apa aja dan biayanya berapa.
Terima kasih atas infonya.

59. yulianto - February 28, 2012

pelayanan bagus yag transparasi ga seperti bekasi,,,masa di loket mutasi daerah saya dimintain uang 350 ribu,,maksudnya apa coba????calo ajah nawarin 370 beres semua..saya tanyai ajah” pak ada tanda terima gak???blibet juga tuh muka petugasnya..eh mash kena ajah 75 rb…dasarrrrrrrrr….kayak cek fisik udah ada loket diluar pengambilan hasil cek fisik eh suruh masuk kedlm dimintain 30 rb,,ya alloh gmn ini manusia kayak gn

60. Gunawan - March 4, 2012

Wah judul artikel atau istilah yang dipakai Polri yg membingungkan. Saya kira online di internet. Mungkin lebih tepatnya Samsat Bersama dibandingkan dengan Samsat Online

61. miftah_rasya - March 13, 2012

pak bisa cek status plat no bermasalah atau tidak

62. eddy - March 29, 2012

Kami tinggal di Tangerang Barat mau bayar PKB kendaraan alamat STNK di wilayah Jakarta Selatan.

63. yulius sareng - April 11, 2012

wah klo ngurus stnk hilang , motor tanggrang dijakarta bisa dong

64. yulius sareng - April 11, 2012

tapi kira_kira lebih murah atau lebih mahal pak ??

65. anwidi - May 25, 2012

saya mau urus perpanjang stnk, masalahnya ktp saya udah pindah alamat, harus lampirin apa lagi ya?

66. dayat - August 23, 2012

kurang efektif , dengan adanya peraturan pemilik ktp harus langsung datang kesamsat on-line. kalo tidak datang di tolak.

67. yayat supriatna - October 16, 2012

nama sy yayat supriatna sy punya motor rxkig thn 1997 & mati pajaknya dr tahun 2008 sy denger ada pemutihan apa tuh pemutihan ya???apa sy ngga di kenakan denda/dikenakan denda& sy mau balik nama apa kena juga denda&bayar mohon komennya ???

68. ferry - November 26, 2012

wah bagus nih.. dari pada ke biro jasa RAPI yg di BUGEL Tangerang. ngurus perpanjangan STNK di Biro Jasa RAPI gak beres, perpanjangan pakai SIM-A dikenakan biaya ACC 25rb, padahal jika gak ada KTP asli bisa dengan SIM Asli, pungli.. KAPOK.. KAPOK

69. oceania - January 2, 2013

Sedih sekali, byk yg bertanya tp tdk ada yg bantu menjawab.. ƗƗaƗƗaƗƗa

70. Endan Prianto - February 11, 2013

pak kalau mati pajak bsa tidak lwt samsat online. ap hrus ke domisili asli stnk..

71. Budi thebrother - March 3, 2013

Brow mau tanya ni,
saya kan plat AD BOYOLALI, posisi di jakarta, kalau mau perpanjang pajak lewat samsat online bisa ndak ya ?
Suwun
tolong jawaban di email ya jarang online

72. Taufik - April 12, 2013

Oks, banget bayar pajak online, tapi lebih oks lagi seandainya bisa menggandeng beberapa bank, terus bisa dibayar Via ATM.

73. Heru - June 17, 2013

Pak mu tnya ni,kl cabut berkas bsa ga mlalui samsat online ?

74. syahril - August 6, 2013

saya berharap banten bisa meniru samsat jakarta, dalam hal para pembayar pajak nya bisa mengetahui berapa pajak nya secara online tinggal klik masukin no plat kendaraan nya terus keluar deh.. biaya yg harus di bayar..tks

75. salim - September 5, 2013

mohon informasi,sebenarnya berapa biaya yang diperlukan untuk cabut berkas dari tangsel ke DKI?karena biaya yang diajukan para biro jasa sangat ajaib (Rp 850 ribu),sedangkan mobil kami hanya seharga Rp50 jutaan.

76. oyr - January 7, 2014

mau tanya pak polisi kalo perpanjangan pajak tahunan dari wilayah samsat cikarang bisa sistem on line tks

77. lawers Pleasanton - March 13, 2014

Useful info. Fortunate me I found your website
unintentionally, and I am sureprised wwhy this coincidence didn’t happened in advance!
I bookmarked it.

78. yudi - April 4, 2014

pak saya mau tanya tentang pindah mutasi alamat motor dari depok ke kuningan berapa biaya dan apa saja dokumen yang harus diperlukan ?

79. rifai - July 7, 2014

tlong cek kir B9944VAB Tlat brp bulan
trimakasih

80. rifai - July 7, 2014

tlong info kir B994VAB pickup sdh tlt brp bulan

81. affiliate broker - July 24, 2014

Amazing! Its truly awesome article, I have got much clear idea about from this piece of
writing.

82. plumbing experts raleigh nc - July 25, 2014

I couldn’t resist commenting. Exceptionally well written!



%d bloggers like this: