jump to navigation

Kenapa Off Roader Riding Sambil Berdiri? April 21, 2011

Posted by Taufik in Safety Defensive Riding.
trackback

Bro sekalian, mungkin menjadi pertanyaan, atau mungkin saja diantara bro sekalian sudah ada yang tahu alasan kenapa rider motor trail atau dual purpose yang sedang melibas medan off road sering kedapatan riding sambil berdiri, bro dapat lihat sendiri saat rally paris-dakar atau Rally Baja di California. Bila pada artikel terdahulu tmcblog membahas dari segi rider manusianya, yakni untuk mencegah/meminimalisasi getaran yang merambat ke kepala sebagai pusat keseimbangan, maka kali ini yang akan kita bahas adalah motornya.

Seperti Kita ketahui Centre of Gravity dari motor itu letaknya di sekitar mesin. Nah jika ada kita nyemplak itu motor maka, titik pusat massa/ gravitasi tersebut akan secara virtual berpindah lebih ke atas. Hukum fisika dari sebuah benda adalah semakin tinggi titik gravitasi/ semakin jauh dari pusat gravitasi, maka akan semakin TIDAK STABIL.  Nah Jika kita berdiri pada foot peg, maka titik berat/ bobot tubuh  kita bukan lagi terletak pada (maaf) bokong, akan tetapi berpindah di telapak kaki. Nah ini akan secara drastis menurunkan letak centre of Gravity Motor + rider. Centre Of Gravity turun maka Motor akan lebih stabil . . . makanya lebih mudah melibas jalanan sempit sambil berdiri, dibanding sambil duduk di jok . . . silahkan di share pendapat bro semua, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

sumber bacaan : about.com

Komentar»

1. aiefz - April 21, 2011

Pertamax

2. ridertua - April 21, 2011

Absen

3. aiefz - April 21, 2011

Seep om :D

4. ridertua - April 21, 2011

Kalau drag rebahan mas :mrgreen:

5. ridertua - April 21, 2011

Kang yahon ahlinya neh…

6. Grand5497 - April 21, 2011

Sahur………….

7. ridertua - April 21, 2011

Atau syaratnya ridernya ambeien.. :lol:

8. bang kahar - April 21, 2011

Kiniku tahuuu

9. mangkurondo - April 21, 2011

Soalnya kalo sambil makan bisa berabe kang Haji hehehe

10. aryoningrat - April 21, 2011

naluri ìlmuawan dari kang haji keluar ni,
xixixi

11. absoluterevo - April 21, 2011

Kalau sambil duduk suka panas

12. encoes - April 21, 2011

soale kl dah duduk lupa berdiri! walah kok iklan. iklan jaman kuna lg……..

13. ridertua - April 21, 2011

Hal yang sama kita lakukan saat melibas polisi tidur…dengan berdiri (maaf juga) bokong kita juga aman dari sentakan motor..nyaman terkendali…mau coba??? Cari polisi tidur :mrgreen: lewati dengan kecepatan tinggi sambil berdiri..dijamin maknyussss…

14. wong gendeng - April 21, 2011

medan off road kan ajrut2an. kalo posisinya duduk, badan terasa tidak nyaman, posisi yg uenak ya agak berdiri mengikuti gerak naik turun motor he he he …

15. rahasia - April 21, 2011

@encoes
+1000 :mrgreen:

16. Jamus - April 21, 2011

Hmmm..
Nais inpoh..
:thumbsup

17. Ariel - April 21, 2011

Hmm…. maaf nih kang kalo saya agak beda pemahaman
Menurutku alasan rider berdiri mmg demi mengurangi
guncangan. Dan ini jelas akan positif bagi KESTABILAN
Tapi jika ditinjau dari aspek Centre of Gravity, maka:
CG motor= di sekitar mesin
CG rider= di sekitar pusar
Jika berdiri,otomatis jarak antar CG motor dgn CG rider
MENJAUH, sementara kita tahu jika bbrp obyek disatukan,
namun dgn jarak antar CG yg renggang, maka obyek tsb
akan KURANG STABIL dibandingkan jika CG obyek2 tsb
KUMPUL di 1 titik/ berdekatan
Rider berdiri sbg “kuda2″ menghadapi handicap
Rider (roadrace) SELALU duduk krn lebih stabil saat nikung
(CMIIW)

18. j4na - April 21, 2011
19. Adi Wibowo - April 21, 2011

Kalau saya sering juga pas tiba2 ada lubang mas. Secara reflek pasti berdiri.he…
Nice info mas, jadi tau sekarang :D

20. Taufik - April 21, 2011

@13.ridertua
yup mas . . .persis seperti yang pernah saya bahas di : http://tmcblog.com/2009/02/25/berdirilah-saat-melibas-polisi-tidur/

21. ilhamwhe - April 21, 2011

biar tubuh gak sakit waktu enjot2an kali…

22. speed - April 21, 2011

bagus sekali. sangat ilmiah mas3.
setuja

23. jakatimur - April 21, 2011

jalan sih gak sempit kalo di gurun karena ini area off jadi semuanya jadi medan jalan

24. Triyanto Banyumasan - April 21, 2011

yups betul

25. PakBambangNunggangJaran - April 21, 2011

kalau berdiri tangan pegel euy,,,
nitip pak kaji http://jaranwesi.wordpress.com/2011/04/20/apa-kata-klaksonmu/

26. dowey - April 21, 2011

kalo off road sambil duduk dijamin pantat cepet tepos… plus penyakit wasir dan hernia gampang dapetnya… :D

27. xxl123 - April 21, 2011

kirain jok nya yg tipis jadi cepat pegell :D

28. Bonsai Biker - April 21, 2011
29. dudung59 - April 21, 2011

@ariel…
wah orang fisika neh…
gini mas…
kalo kita duduk mungkin CG masing2 (motor n orang) akan berjauhan
tapi inget tumpuannya juga…
kalo duduk tumpuannya di jok…
sedangkan berdiri di footstep…
selanjutnya ya seperti penjelasan mamang haji…
kecuali kita berdiri diatas jok… nah kalo gitu baru bisa dibilang semakin merenggang

30. zaqlutv - April 21, 2011

saat bersepeda lewat jalanan terjal atau di perbukitan terutama mendaki atau menurun kalau tetep duduk di sadel dijamin terpelanting..

31. motorbreath - April 21, 2011

Kenapa Off Roader Riding Sambil Berdiri?

karena kalO tiduran lebih susah kayaknya :smile:

32. yuwono - April 21, 2011
33. the.ant - April 21, 2011

bener kata kang haji
+ meminimalisir goncangan kang haji dengan berdiri otomatis goncangan diredam sama persendian kita sendi engkel, lutut n panggul jd kepala kita selaku kontrol traksi tetep stabil n dengan berdiri kita gampang mengatur keseimbangan di karenakan yah itu, krn kita bisa mengatur titik berat badan kita utk menyeimbangkan motor dgn bantuan persendian kita
CMIIW…..

34. bennythegreat - April 21, 2011

Lha..kalo cuma naik motor batangan <250cc, jalanan mulus..tapi pake gaya berdiri2 segala di atas motor..itu piye kang?

Disinyalir touring rider wannabe atau sedang ambeien yah..hahaha..

35. Ariel - April 21, 2011

@29. Dudung
Bahasan soal titik tumpu & kestabilan:
Bukannya jika kita duduk, berarti titik tumpu di (maaf) pantat malah akan LEBIH stabil???
Karena Titik Tumpu (pantat) dekat dgn Pusar (CG)
Analoginya:
1) Coba dirikan Palu/ Godam di atas Kepalanya (yg bagian metal), VS jika didirikan pada bagian handle. Meskipun jika luas penampangnya sama, kira2 akan lebih STABIL mana???
2) Mana yg lebih STABIL: Mobil Box mengangkat barang DI ATAS box VS ngangkat barang DI DALAM Box??
3) Lebih berat mana: Motor apa Rider? Jika benda A bobotnya lebih berat daripada benda B, maka kestabilan dari benda A pasti LEBIH SIGNIFIKAN daripada benda B
4) Jika Duduk: Titik tumpu = Tangan, kaki, + (maaf) PANTAT :mrgreen:
Jika Berdiri: Titik tumpu = Tangan, kaki (saja)
Lebih stabil mana? 5 titik tumpu apa 4 Titik tumpu??? :D
CMIIW

36. Gusti - April 21, 2011

sama pak haji kayak olahraga Sepeda Downhill …. ridernya harus berdiri untuk lewat obstacle…

37. dave - April 21, 2011

@ 20. Taufik:

kalo misal nya sambil boncengan gt,, gmn kita berdiri nya mas? susah kayak nya.. cmiiw..
apalagi kalo boncengan nya yang ga ngerti motor ato gmn gt,, kaget kale kalo tiba2 rider nya berdiri.. hehe..

38. penggemar ninja - April 21, 2011

syartnya motornya juga offroad..:), klo motorgp sambil berdiri gimana tuch..

wakakaka

39. idr - April 21, 2011

ow, ternyata bgtu toh

hmmmm

40. stoner27 - April 21, 2011

Offroader riding sambil berdiri, karena kalo sambil tidur nanti ketinggalan sama temen2nya..

41. hampura - April 21, 2011

Itu mah naluri .. kemudian ditularkan …

42. uDien d'kab 234 - April 21, 2011

secara reflek biasanya itu dilakukan, tapi dengan memahami teorinya akan semakin menajamkan reflek tersebut ….

43. uDien d'kab 234 - April 21, 2011

@ 13 ridertuwek ft kang haji
kalau boncengan terus ngelewati polisi tidur dengan kecepatan tinggi gimana om ???
terus setelah melewati polisi tidur lantas polisinya bangun gimana tuch … :mrgreen:

44. aye - April 21, 2011

sayah suka artikel seperti ini kang… di tambah lagi dong…

45. Taufik - April 21, 2011

@40. stoner27
apalagi kalo sambil masak di dapur bhua ha ha ah ah :lol:

@43. uDien d’kab 234
ya nggak apa apa, kan kecepatan tinggi . . . paling tuh pak polisi nggak sempet ngejar :lol:
*ini sebenarnya pertanyaan retoris

46. uDien d'kab 234 - April 21, 2011
47. ekowd - April 21, 2011

Kirain emang buat meminimalisir getaran yang diterima tubuh. kalo duduk getaran diterima seluruh tubuh sehingga lebih capek, kalo berdiri ada peredaman di lutut.

Harus didukung juga sama motornya. Kalo motor enduro atau trail konstruksi motornya mendukung karena walau berdiri handle bar masih bisa dijangkau dengan nyaman. Tapi kalo motor street malah pegel karena harus nunduk jauh

48. beopat - April 21, 2011

kulonuwun,
sekedar sharing aja bro.
ketika duduk, jarak antara titik berat tubuh (pan*at) dengan permukaan lebih jauh dibandingkan ketika berdiri. Dalam hal berdiri, kaki menjadi tumpuan (titik berat), dimana kaki bepijak pada footstep yang jaraknya lebih dekat dengan ground (permukaan tanah). semakin kita dekat terhadap ground maka semakin stabil pergerakan yang terjadi.
*sedangkan saat kita duduk, tangan dan kaki bukanlah sebagai tumpuan. tangan dan kaki hanyalah balancer.

49. Vespa Ijo Rider - April 21, 2011

menurut ane sich.. ini insting dari si rider untuk mencari posisi yang lebih nyaman..
jadi si ridernya udah refleks ..

soalse kalo tetep nekat dalam posisi duduk, bakal cidera tulang ekor dan tulang punggung karena menanggung beban tubuh saat menerjang jalan yang tidak rata…

RIBET MAS NGOMONGIN CENTER OF GRAVITY…
kalo salah2 ngomong malah entar diketawain ama “anak fisika”…

50. guspur - April 21, 2011

Assalaamu’alaikum pak haji…

Wuidiiihh… bahas offroad jg skrg TMC… xixixixiii…

Newbie urun rembug dikit aahhh…
1> Handling; porsi tumpuan handling:
ONROAD -> 80/70% di pantat, 30/20% di footpeg.
OFFROAD kebalikannya :)
2> Respon antisipasi lebih cepat. Medan offroad sangat labil dan unpredictable… tanjakan, turunan, turun tiba2 ketemu gundukan… Body positioning sangat VITAL. Perubahan body positioning secara cepat dan tepat sangat dimungkinkan dg posisi dasar berdiri.
CMIIW

Snif… sniff… ;)

51. Taufik - April 21, 2011

@50. guspur
haduuh jai malu . . .mbahnya off road gabung he he he

makasih tambahannya gus :D

52. az - April 21, 2011

koment2nya pada smart euy…mantazb….lanjut

53. Vespa Ijo Rider - April 21, 2011

menurut ane sich.. ini insting dari si rider untuk mencari posisi yang lebih nyaman..
jadi si ridernya udah refleks ..

soalse kalo tetep nekat dalam posisi duduk, bakal cidera tulang ekor dan tulang punggung karena menanggung beban tubuh saat menerjang jalan yang tidak rata…

RIBET MAS NGOMONGIN CENTER OF GRAVITY…
kalo salah2 ngomong malah entar diketawain ama “anak fisika”… :D :D

54. guspur - April 21, 2011

@mas taufik
Lha makanya dr pagi kok aku pengen nengok kesini… tyt smpyn bakar menyan… :D

“Motor trail tanpa jok masih bisa dipake ke gunung… tapi kalo trail tanpa footstep dijamin ndlosor sejadi-jadinya…” wkwkwkwkkkk… :mrgreen:

Sniff… sniff…

55. uDien d'kab 234 - April 21, 2011

@ kang haji
naaaghhh …. ternyata kalo pake menyan yang ini nongol juga mbahnya off road … xixixi

56. uDien d'kab 234 - April 21, 2011

@ kang haji lagi
tandemnya mbah guspur sapa lagi kalo bukan sesama tukang ngabreet … ya kang yahon sukabelanja donk

tapi belum nongol tuch tukang ngabreeeeet ..

57. Taufik - April 21, 2011

@54. guspur
alhamdulillah, menyan cap footstep ku berhasil :mrgreen:

@56. uDien d’kab 234
jiakakakkaak, betuul . .. halo kang Yahooonnn xixiixixi

58. meonk - April 21, 2011

yup..mungkin karna medan offroad ga stabil yaa. kalo ada yg belom jelas..coba aja klo pas lewat polisi tidur ato gundukan, pasti reflek kita akan sedikit menaikkan badan kita.
yg penting safety riding yaghh
be One heart

59. Ariel - April 21, 2011

Sepakat sama Vespa Ijo Rider + Gus Pur
Yang membuat rider (cenderung) berdiri kala off road adalah faktor Refleks, Antisipasi, Getaran + HANDLING yang lebih dominan daripada Faktor CG
Tapi kalo SEKEDAR diliat dari aspek CG aja sih, malah mengurangi kestabilan (dampak negatif)
@ Beopat
Jangan “rancu” antara CG dengan titik tumpu bro
Mau duduk, berdiri, or tengkurep :mrgreen: , CG biker ya TETAP di pusar. Begitu juga Bobot Biker, ya segitu2 ajah. Titik tumpu berpengaruh terhadap kestabilan??? OFF COURSE!!! Tapi sekali lagi, BEDAKAN antara CG dengan Titik Tumpu.
Kembali ke analogi saya tadi:
Mobil Box yg memuat barang di taruh di ATAS atap apa di DALAM Box?
Okelah saya revisi lagi analoginya, biar persoalan titik tumpu makin jelas:
Mobil Box dengan muatan barang yg ditaruh di atas atap (di luar) dengan DIGANTUNG di atap (di dalam)
Titik tumpu (relatif) sama2 di atap
Tapi POSISI CG udah berubah
IMHO & CMIIW

60. Taufik - April 21, 2011

@59. Ariel
itu bassem wasef lho yang ngomong
jurnalis pengisi about.com yang menulis artikel :

How to Ride a Motorcycle in the Dirt: 10 Dirtbike Tips for Street Riders

silahkan baca disini : http://motorcycles.about.com/od/howtoridesafel1/ss/How-To-Ride-A-Motorcycle-In-The-Dirt-10-Dirtbike-Tips-For-Street-Riders_4.htm

61. Ariel - April 21, 2011

@60 Juragan Warung
Ane ngutip dari TeKaPe ya Kang:
“And though it sounds counterintuitive, standing on the footpegs actually drops the center of gravity dramatically, since all your weight is now resting on the pegs”
Here’s my Opinion:
Why is there a word “counterintuitive” on this article???
Same as Beopat, the writer’s has “misinterpretation” about the meaning of “Center of Gravity” with “Support”
The case is just likely common misused in using word “weight” = xx kg, which actually it has to be: “Mass” = xx kg
(IMHO) :D

62. uDien d'kab 234 - April 21, 2011

@ kang haji feat ariel
maaf ikut nimbrung nich
setelah berulang-ulang sayah baca, ternyata apa yang ditulis dalam trit ini dengan apa yang dibicarakan oleh ariel tidak ada pertentangan …
=======
CG motor dan masa motor tetap
CG rider dan masa rider tetap

tapi CG motor + rider akan berubah-ubah tergantung positioning titik berat/titik tumpu si rider …

naagh dengan berdirinya si rider akan menurunkan letak CG motor + rider …

so apa yang dipermasalahkan oleh sdr. ariel ???
sayah pikir tidak ada masalah ….

cmiiw
:mrgreen:

63. Iksa - April 21, 2011

Kirain sambil dongak-dongak cari kalau ada tukan bakso atau tukang sate jualan ..

baru tahu juga nih Kang

64. guspur - April 21, 2011

Saya sihh pure masalah feeling berkendara… krn kebetulan saya “pelaku langsung”… kalo masalah itung2an CG sya ora mudeng… :D
Kalo masalah tumpuan, memang itu “teknik berkendara”nya.
Berkendara offroad itu kalo diumpamakan kayak kita berdiri di atas – tengah2 jungkat-jungkit. Kedua kaki kita yg “maen” ke atas dan ke bawah bergantian dalam rangka menjaga tubuh tetep setimbang. Begitu kurang lebih feeling berkendaranya.

Contoh kasus masalah kesetimbangan juga bisa diliat pada TRIAL Rider… :)

Sniff… sniff…

65. Ariel - April 21, 2011

@ Mang Udien :mrgreen:
Sebenernya sih bukan dipermasalahkan Kang
Cuma agak “keganjal” aja sama kalimat ini:
“Nah Jika kita berdiri pada foot peg,
maka titik berat/ bobot tubuh kita bukan lagi terletak pada (maaf) bokong, akan tetapi
berpindah di telapak kaki. ”

Mungkin lebih cocoknya sih “titik tumpu/ handling” yang berpindah (TURUN) ke kaki. Sementara CG akan
berpindah (sedikit) KE ATAS dikarenakan sang rider
berdiri.
Sementara yg dari perut ke semuanya sih
itu menurut iklan susu anak2 DANC*W :mrgreen:

66. gogo - April 21, 2011

sma halnya menerobos polisi tidur dg kec menengah atas, klo duduk getarannya bkin pusing, klo berdiri lbih enak

67. torsi_diesel - April 21, 2011

nyeri tungir atuh kang mun sambil duduk pada medan berat mah…

68. Vickytrack - April 21, 2011

ohh gt ya ..
nice info ..

69. Schutzstaffel - April 21, 2011

Pantesan kalo sambil berdiri emang terasa ringan..

70. kuro22id - April 22, 2011

Dengan berdiri ada tekanan untuk mendorong ban depan tetap ditanah agar kemudi tetap stabil dan juga mengurangi getaran di kepala.

71. kangmase - April 22, 2011

sepertinya begitu, tapi po ya gak capek?

72. crossplanecrankshaft - April 22, 2011

Sensasi tak terlupakan ketika naik Dtrackr 250 melibas poldur di kecepatan 80 km/jam sambil berdiri… Tapi habis itu diteriakin warga sekitar.. :mrgreen:

73. LIONSTAR - April 22, 2011

ngelibas polisi tidur juga lebih enak berdiri mas…
lebih stabil :lol:

http://endlesslight711.wordpress.com/2011/04/22/japanese-monster-nissan-skyline-gt-r-r34/

74. Rollerman - April 23, 2011

makanya lebih mudah melibas jalanan sempit sambil berdir
===========================================

hmmmmm kyknya pernah nyoba,tp d bebek

dg cara posisi tubuh msh duduk biasa,namun kedua kaki lurus menjulur kebawah dletakkan d belakang footstep (foot step standard lho..)hasilnya tangan gak terlalu sering menyeimbangkan setir alias udah lurus/seimbang trus.hehehe

75. iwan jogja - Juni 23, 2011

Setuju dengan rilaxs, antisipasi goncangan dan keseimbangan… menurut pengalaman saya antisipasi getaran dan keseimbangan yg paling diutamakan.. saya sangat setuju dengan contoh naik motor lewat polisi tidur diatas.
saya pengemar advanture trail, dan trial bike.
Alasan 1..naik motor berdiri adalah untuk meminimalisir goncangan ketika melewati medan berat dan tidak rata.. apabila kita melewati jalanan berbatu dan bergelombang dengan posisi duduk di jok. maka kita akan jadi “menyatu” dengan motor yg terguncang2 hebat akibatnya beresiko jatuh dari motor. beda dengan posisi berdiri, rider akan lebih mudah mengontrol motor yang terguncang2 hebat naik turun akibat jalanan yang bergelombang ( bisa dikatakan tangan dan kaki rider berfungsi sebagai sock breaker )
Alasan ke 2 seperti gambar pertama diatas adalah kenyamanan si rider saat menempuh medan jauh.. duduk terus pegel mass.. coba deh ikut event trabas atau advanture trail klo mo ngerasain heheeee..
Klo yg gambar kedua itu motor sand digger yg biasa untuk rally paris dakkar.. rider akan duduk ketika dia melewati medan yang bisa degeber dengan kecepatan tinggi dan akan berdiri ketika dapet jalanan yang bergelombang itu sudah instingnya pembalap advanture ..
OHH iya buat temen2 yang hobby offroad dan trabas tanggal 10 juli 2011 akan diadakan Borobudur Bayangkara Offroad, start di lapangan candi borobudur magelang jawa tengah ,, ikutan yaa.. hadiahnya menarik 1 unit mobil jeep (khusus offroader) dan 2 unit motor KLX 150cc ( untuk trail trabaser )
Kok malah jadi iklan yaaaa heheeee
Sekian bro semua terima kasih,,salam trabasssss..

76. ndiex'z - Januari 30, 2012

bang punya referensi cara menentukan/menghitung centre of gra- biar handlig mantap u/ motocross


Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.292 pengikut lainnya.